Thursday, December 31, 2015

Wisata pantai klayar pacitan

December 31, 2015 4 Comments
Jumat kemarin tgl. 25 desember 2015, aku, suamiku berikut ortuku ke pacitan jatim, dari rumah semarang jateng jam 10 pagi nyampe pacitan jam 8malam, lumayan padat ramai lancar, kita lewat solo wonogiri.

Nyampe sana hotel2 dan resort penuh semua, setelah kita keliling2 nyampe dekat pantai teleng ria tepatnya dekat loketnya arah kiri banyak homestay, kita cuma kebagian 1 kamar semalam 150ribu rupiah, fasilitas kamar mandi 1, tv 14 inchi 1, kipas angin 1 dan tempat tidur 1, karena sudah capek kita menginap disini.

 Aku sama ibuku tidur berdua di tempat tidur, sementara bapak dan suamiku tidur di bawah beralaskan selimut dan kain sarung.
Di homestay ini kita bisa pesan makanan minuman nasi goreng ,kopi, dengan harga 4 ribuan pe 8 ribuan, kamarnya pun cukup luas.

Besok paginya hari sabtunya kita menuju ke pantai klayar, kurang lebih 2jam.
Nyampe sana kita sarapan dulu dengan menu nasi putih 5ribu 1 porsi, ikan tuna goreng tepung  seperempat isi 4 20ribu, dan tumis kacang panjang tempe 5ribu, plus air kelapa muda  7ribu 1 buahnya, yang segar sebagai minumannya.

Setelah makan kita turun ke pantai menikmati pemandangan pantai klayar, tiket masuk wisata pantai klayar ini 1 orang 10ribu rupiah, parkir mobil 5 ribu rupiah.

Pantai klayar termasuk destinasi wisata pesona indonesia, bagus banget menurutku dibanding pantai indrayanti dan pok tunggal yogya juga pangandaran ciamis, pameungpeuk garut juga dibanding dengan pantai bandengan jepara masih tetep paling indah pantai klayar pacitan. Pasirnya putih. Tetapi tiap pantai punya keelokan tersendiri.







Subhanalloh ya lukisan alam ciptaan Allah tiada duanya.

Thursday, December 10, 2015

Family gathering/outing kantor ke yogya

December 10, 2015 0 Comments
Family gathering atau piknik bareng keluarga dari kantor suami rutin dilakukan tiap akhir tahun.
Satu orang jatahnya karyawan, istri dan anak masing2 500ribu rupiah.

2010 ke solo nginep di paragon hotel dan wisata ke pandawa juga tlatar.

2011 tidak piknik tapi diambil jatahnya uangnya saja.

2012 ke purwokerto nginep di aston hotel dan wisata ke owabong.

2013 ke yogya nginep di kangen  hotel wisata kuliner dan belanja di malioboro, beli batik dan bakpia aja sekitar 500ribu rupiah, lalu nginep di griya persada  hotel wisata ke merapi sewa jeep buat off road.

Piknik yang 2010, 2012 dan 2013 tidak nambah uang pribadi dicukupkan jatah dari kantor kita ikut mobil temannya suami.
2014 ke malang nginep di armi hotel, wisata ke jatim park 2, batu secret zoo, eco green, museum angkut dan taman safari 2.

Walaupun hotelnya udah mirip losmen sederhana kita pakai mobil bapakku yang kebetulan lagi ke semarang, tetapi buat makan dan bensin dan nambah tiket wisata juga oleh2 minuman sari apel, keripik salak, keripik apel dan keripik nangka, kita nambah biaya 1juta 500ribu rupiah, jadi total berdua ke malang dengan wisata tempat tadi selama 2hari ngabisin biaya 2juta 500ribu rupiah.

2015 diambil di nopember kemarin ke yogya lagi nginep di lynn hotel  kebetulan lagi promo dari 650ribu semalam jadi 480ribu semalam yang deluxe. Wisata ke pantai indrayanti, pantai pok tunggal, sindu park dan kids stasion. Bawa mobil pribadi nambah biaya bensin, makan sekitar 1juta, total berdua jadi 2juta.

 Pantai indrayanti lagi ada family gathering juga kantor lain pake baju kuning2


Makannya mau siang mau malem rame2 satu tim sekantor suami 4orang sama istri masing2 dan anak2nya total 15 orang


 Pantai indrayanti deburan ombaknya syahdu


  Di pantai indrayanti ada yang berenang juga di tepian pantai


 Pantai pok tunggal jaraknya gak begitu jauh dari pantai indrayanti


Di pantai pok tunggal ombaknya lebih besar jadi orang hanya jalan2 kecil di pesisir pantai


Kids stasion kita mah hanya mejeng di foto



Anak2 menikmati wahana di kids stasion


Satu-satunya wahana yang bisa kita naiki kereta dinosaurus di kids stasion

Kalau di sindu park kita waktu itu malam hari kesana naik bianglala raksasa menikmati kota yogya dari atas bianglala. Dan kita juga bisa naik mobil listrik keliling sindu park juga naik sepeda bebek yang ekstrem takut jatuh ke bawah. Kurang lebih 100ribu pakai kartu yang bisa diisi ulang atau diambil kembalian, berhubung kita belum ada anak ya cuma naik 3 wahana itu pas 100ribu berdua, sayangnya foto-foto agak buram berhubung malam dan kamera hp hehe.




Wisata ke waduk jatibarang dan gua kreo semarang

December 10, 2015 0 Comments




Bulan oktober kemarin lihat liputan waduk jatibarang dan gua kreo di tv, jadi tertarik karena belum pernah selama di semarang, sudah pernah itu ke mesjid agung jateng yang payungnya mirip mesjid nabawi madinah, pantai maroon dan marina sudah, bonbin mangkang juga musium ranggawarsita sudah.

Nah kita berangkat sabtu pagi dari daerah kalipancur naik ke atas terus belok kanan ada ancer masuknya.
Nyampe sana bayar tiket masuk mobil 5ribu, orang 3ribu 500rupiah murah ya.

Nyampe sana banyak anak SD yang wisata beserta gurunya, juga banyak monyet yang sering rebut makanan dari pengunjung yang bawa kantong plastik isi makanan.



Nah kan lumayan liat air di waduk, dan ternyata guanya itu kecil, kalau masuk pengap kayanya, jadi cuma foto depan gua aja, pas turun mayan asyik angin semilir gak kerasa karena sangat panas terasa waktu itu, pas naik lagi ngos2an mayan tangganya hehe.


Daftar bpjs ketenagakerjaan agar di masa tua bahagia punya dana pensiun

December 10, 2015 8 Comments
Dari Desember 2015 kemarin kantor saya disuruh ngurusin BPJS ketenagakerjaan sama Direktur, yah memang ya tugasku sebagai APJT tidak perlu standby di kantor, tetapi saya bertanggungjawab dari bikin protap perusahaan, memberi tahu tata letak barang- barang, surat-surat penting urusan birokrasi, menghadapi sidak dari pemerintahan dan pelanggan, juga laporan triwulan tentunya, enteng sih tapi kalau ada apa-apa selalu harus gerak cepat, mikir cepat tapi tepat dan kalau ada apa-apa mesti kena duluan hehe.



Alhamdulillah sudah 3 tahun ini aman terkendali.
Direktur sukanya pengen beres, tapi beliau mau nurutin peraturan undang-undang, terutama setelah ketemu pasalnya, maunya cepat diurus dan beres.
Nah salah satunya setelah semua perijinan yg memakan waktu 1 tahunan diurus, BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Berhubung tahun 2014 kemarin saya mesti urus 3 ijin terkait birokrasi, BPJS kesehatan diurus sama kepala gudang kami, ngurusin BPJS kesehatan di Sultan agung sementara BPJS ketenagakerjaan diurus di kantor Pemuda.

Saya googling, ketemu syaratnya, SIUP, NPWP dan TDP perusahaan.
Sementara buat personal pegawai harus ngumpulin KK, KTP dan foto berwarna 2x3 1 lembar, hampir sama dengan syarat BPJS kesehatan.

Di kantor BPJS pemuda hari pertama tanya pak satpam lalu dijelaskan mau daftar BPJS KT/ ketenagakerjaan, sama pak satpam disuruh ke bagian custumer service/ CS lantai 1 di pojok no.6.
Sampai di loket Bapak CS, bapaknya ramah setelah dijelaskan, dia memberi 2 form masing-masing 2 rangkap, satu formulir isian buat perusahaan, yang kedua formulir isian buat masing-masing pegawai.

Isian buat perusahaan harus mengisi nama perusahaan, jenis usaha, SIUP/surat ijin usaha perdagangan dan NPWP/nomor pokok wajib pajak juga alamat dan telp.serta fax.perusahaan.
Lalu nama direktur berikut alamat dan no.telpon.

Ada bagian akhir jumlah upah keseluruhan per bulan dan pilih jenis BPJS yang mau diambil apa cuma kecelakaan dan kematian atau yang satunya lagi kecelakaan dan kematian juga jaminan hari tua. Formulir ini ditandatangan direktur perusahaan.

Nah kalau cuma kematian dan kecelakaan kasian pegawainya, karena hanya bisa dicairkan kalau terjadi kecelakaan dan kematian saja.

Tetapi jika memilih daftar kecelakaan dan kematian juga jaminan hari tua bonus pensiun iuran bpjs ketenagakerjaan bisa dicairkan sebulan setelah resign dari perusahaan dengan syarat bawa KTP asli, KK asli dan surat resign yg ditandatangan direktur dan dicap perusahaan.

Nah formulir buat personal pegawai diisi nama, no.KTP, alamat, no.Hp dan nama ibu kandung, plus tandatangan, nama asli juga jabatan.
Formulir ini ditandatangani oleh masing-masing pegawai.

Dilengkapi syarat KTP buat nanti ditulis di kartu BPJS KT, KK karena biar tahu siapa ahli warisnya, jika status KTP belum kawin, ahli waris orangtuanya atau kakak adik kandung jika orangtua sudah meninggal.

Jika status KTP kawin yang berhak jadi ahli waris adalah suami atau istri sah yang tertera di kartu keluarga.

Setelah berkas komplit lalu menyerahkan semua berkas ke lantai 3 sama Bapak yang tugas di loket 2.
Nah ya lumayan ke lantai 3 naik tangga karena gak ada lift olahraga hehe.
Nyampe lantai 3 ngos-ngosan mungkin karena faktur usia wkwk. Nyampe sana, Bapaknya oh oke tanpa periksa berkas langsung tanya mau bayar iuran kapan ya Bu, karena bayar dulu baru diproses, sama Bapak yg di lantai 1 loket 6 pas ditanya harus bayar yang penting berkas dulu karena antri, tapi kata Bapak di lantai 3 loket 2 bayar dulu, hadeh gimana sih nih, kutanya Bapaknya yg di lantai 3 itu malah ya mau kapan bayarnya, kartu bisa langsung jadi asal langsung bayar apalagi cuma 10 orang karyawannya, ya udah Pak saya balik lagi bawa uang dan sampaikan ke Direktur dulu. Kata Bapaknya terserah lebih cepat lebih baik karena mumpung lowong gak numpuk sementara Januari 2016 masih lama, kutanya lagi jam berapa kantor BPJS tutupnya bilangnya jam 5.

Akhirnya saya balik ke kantor plus bilang sama Direktur, Direktur langsung hubungi bagian keuangan dan kasih uang ke saya terus balik lagi heuheu ke kantor BPJS, untung dekat antara kantor ke kantor BPJS KT.
Pas nyampe sana, sales counter kantor udah gak mau anter saya kesana karena capek, saya balik lagi dianter supir Direktur, ya udahlah yang penting cepet beres.
Nah taunya nyampe kantor BPJS KT jam 3 sore kurang seperempat, nah ya ketika saya ngos-ngosan baru nyampe, Bapaknya yg di lantai 3 loket 2 bilang maaf Bu sudah tutup banknya sejak jam setengah 3 tadi karena kalau bank yang di bawah tutup kas jam setengah 3 sore, kenapa tadi bilang jam 5 atuh pak heu. Ya sudah daripada ibu kecewa saya inputkan data yang tadi ibu serahkan untuk persyaratan, saya input kata Bapaknya, besok datang jam 9 pagi tinggal bayar dan cetak kartu. Alhamdulillah waktu itu walau bulak balik gak sia-sia deh.

Nah Bapaknya bilang mau ikut iuran yang UMK berapa, karena semakin tinggi gaji semakin banyak iuran yang ditanggung perusahaan dan sebagian dipotong dari gaji karyawan.
Hitungannya perusahaan nanggung bayar 6%-nan, karyawannya bayar 3%-nan.

Hmm pasti perusahaan milih yang murah yang UMK minimal 1juta 680ribu hehe. Katanya biar seragam dan gak iri-irian, ntar ketauan gajinya beda-beda bisa gontok-gontokan dan perusahaan keluar banyak uang buat iuran hehe.

Ya udahlah oke pilih iuran yang cuma 155ribuan heu dikali 10 orang ya 1juta 550ribuan. Itupun perusahaan keluarin 105ribu aja subsidi sisanya 50ribu potong gaji. Teman-teman lain ketika dikasihtahu sepertinya agak berat dipotong 50ribu, tapi setelah kujelaskan manfaatnya di kemudian hari mereka setuju semua.
Akhirnya pagi itu dianter supir Direktur jam 9 pagi lebih dikit. Pas daftar UMK terendah Rp 1.670.000, tahun 2015 UMK terendah Rp 1.909.000, jadi iuran yang harus dibayarkan sekitar 170ribuan, hampir 112 ribu rupiah dari perusahaan dan karyawan dipotong gaji 56ribuan. Tahun ini untuk kota Semarang UMKnya jadi Rp 2.145.000, total iuran kita pegawai dipotong gaji 64ribuan, sisanya yang bayar perusahaan sekitar 120ribuan.



Contoh ilustrasi jika gaji sesuai UMK minimal Rp 1.685.000 (ini tahun 2015)

Lalu nunggu antrian 1orang tiba giliranku, eh malah Bapak yang di lantai 3 loket 2 bilang sistem komputernya error suruh lanjut kamis, ah gak mau Pak saya tunggu aja capek juga bulak balik, si Bapaknya akhirnya sibuk sms pusat minta diperbaiki sistem dan saya minta diberi salinannya untuk dokumentasi kantor, ya sembari nunggu Bapaknya sibuk mencopot lembaran salinan yg kuning untuk arsip kantorku, yg asli disimpan di kantor BPJS KT.

Akhirnya setelah setengah jam bisa dicetak rincian iuran buat dibayar, lalu diriku disuruh ke lantai 1 bagian bank mandiri buat pembayaran, di lantai 1 bank isi slip, isian ada contohnya plus NPP yg telah dicetak di lantai atas. Nunggu antrian sekitar 10 menitan beres bayar kas sesuai tadi yg dicetak 1juta 550ribu 700rupiah. Lalu masih di lantai 1 agak belok dikit ke belakang dikasih rangkapan isian formulir bayar untuk cetak kwitansi, proses ini nunggu sekitar 5 menitan. Taun 2016 iuran per bulannya 1juta 745 ribu rupiah untuk 10 karyawan, taun 2017 ini menjadi 1juta 909 ribu rupiah per bulannya, cara bayarnya kita ke web bpjsketenagakerjaan.go.id,  lalu masukkan email dan nama perusahaan lalu pilih cetak iuran, baru kita bayarkan di bank mandiri atau kantor bpjs ketenagakerjaan.


Ini contoh ilustrasi iuran yang dibayarkan dan hitungannya juga dapat berapa jika kecelakaan, meninggal dan pensiun,  sesuai UMK minimal 2016 Rp 1.909.000 untuk kota Semarang. 


Nah habis ini naik lagi ke lantai 3 ke paling pojok sama mbak-mbak yang bagian cetak kartu BPJS KT, dia entri data lanjutin yang bagian tadi sudah terkoneksi online semua, dia cetak sertifikat dan kartu bpjs 10 lembar, juga menjelaskan bagaimana nanti bayar iuran perbulan karena nomor iuran berubah terus demi keamanan, jika kesulitan hubungi Bapak yg loket 2 lantai 3 yang sudah memberi kartu namanya.

Nah ternyata cepat juga ka, kita harus pintar cara menyampaikannya sama mereka, sehingga pelayanan cepat.
Dari 9 seperempat sampe jam 11 tepat proses beres dalam sehari tapi setelah hari sebelumnya kasih berkas.
Nah sebetulnya makin tinggi gaji harusnya hak pegawai makin tinggi disubsidi dibayarin kantor iurannya plus potong gajinya juga hehe.


Contoh ilustrasi jika gaji kita di atas 4 jutaan rupiah.


Sebagai contoh bapaknya kasih hitungan kalau gaji 2juta 500ribu rupiah dibayarin kantor 156ribu pegawai potong gaji 75ribu. Dan kalau 4juta 300ribu rupiah kantor bayarin 268ribu 400rupiah pegawai dipotong 129ribu rupiah.

Semuanya balik lagi ke kebijakan perusahaan dan kesepakatan pegawai, karena kalau mau upgrade iuran harus seragam sekantor yang didaftarkan. Dan wajib bagi perusahaan per 2016 kemarin, kalau tidak ada BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan perusahaannya bisa kena sanksi.
Pokonya dari total gaji iuran yang harus dibayar 6,24% perusahaan 3% pegawai.


Ini contoh ilustrasi jika gaji di atas 2 jutaan rupiah. 


Menurutku sih banyak keuntungannya, sudah saya rasakan sejak taun 2015 suami dapat pencairan BPJS KT, kalau dulu Jamsostek selama 7 taun karena ganti perusahaan, waktu itu dapat sekitar 11 juta rupiahan lebih, adik pun yang resign karena anaknya sudah 2, pencairan dana selama 8 tahun bekerja sebesar 12 jutaaan rupiah.
Karyawan swasta atau buruh dan pegawai bahkan wiraswasta bisa daftar dan tiap bulan bayar iuran untuk mendapatkan dana pensiun kelak.


Aplikasinya bisa diinstal via playstore di tablet atau android, memudahkan untuk daftar, pembayaran iuran dan kalau pencairan dana.



Sunday, December 6, 2015

Trip gratis ke bangkok pattaya thailand

December 06, 2015 11 Comments
Sudah lama pengen jalan2 berdua ke luar negeri tapi budget minim, di kantor suami suka ada reward trip ke luar negeri tapi biasanya hanya untuk karyawannya saja.

Setelah sering suami bawa2 oleh2 tas kain, magnet kulkas, boneka, gantungan kunci, pajangan dinding, sajadah dan snow ball dari australia, singapura, hongkong, thailand dan turki.

Alhamdulillah 2015 ini suami dapat reward nya dapet tiket pesawat dan hotel 2malam di bangkok thailand.

Akhirnya september 2015 kemarin diambil deh, kita honeymoon, gratis gak juga sih hehe, soalnya yg dibayarin kantor cuma tiket pulang pergi semarang-jakarta-bangkok.
Satu orang tiket pesawat garuda pulang pergi 7juta jadi berdua 14juta.Mungkin karena kantor belinya dadakan jadi mahal deh.

Di bangkok dikasih nginep di novotel semalem 1juta 200 ribu rupiah, dikasih buat 2malam. Nah kalau guide dan bayar tiket masuk tempat wisata juga mobil buat anter jemput bandara hotel juga tour disana bayar sendiri hehe, ada paketan termasuk ke pattaya nginep di hotel hiso semalam, berdua sebesar 3juta 650ribu rupiah.

Nah  buat beli oleh2 dikasih 5000 bath dari kantorku dan uang pribadi 500ribu. Itung2 cuma ngeluarin duit 4jutaan bisa kesana lumayan ya hee.

Hari pertama berangkat dari Semarang pake taxi ke bandara Ahmad Yani, pesawat pagi ke Jakarta.



Akhirnya dari bandara Ahmad Yani terus ke bandara Soekarno Hatta lanjut bandara Suvarnabhumi Bangkok.
Di airport dijemput guide asli Thailand tapi sudah fasih berbahasa Indonesia, dan mobil toyota HIS.
Disana hujan deras, adem secara disini belum ada hujan. Nyampe novotel sore, masuk kamar mandi dan 

rebahan bentar karena habis magrib mau ke MBK mall cari makan.


Hotel lumayan nyaman mengahadap pemandangan kota Bangkok langsung.


Di mall MBK kita dari hotel naik taxi mana supirnya gak ngerti bahasa Inggris pake bahasa isyarat, ongkosnya 60bath, 1bath sekitar 417rupiah. Di MBK makan KFC, tapi anehnya disana susah dapet nasi katanya kalau diatas jam 7 malem gak jual nasi tapi cuma kentang karbohidratnya.
Ya udah daripada kelaparan, kalau air putih 10bath, KFC sama harganya kaya di Indonesia.

Makan udah kita keliling mall, beli tas buat mamah dan ibu mertua, tas tenun Bangkok gambar gajah warna hijau dan ungu satunya 250bath, beli pasmina 250bath 3biji, wah kalap belanja liat di Naraya beli tas kain juga dari yang 60bath sampe yang 290bath. Suami ngingetin udah inget lho masih hari pertama belum hari besok sisa 3hari. Ya udah deh balik hotel naik tuk2 lebih mahal dari taxi mana ngebut lagi angin2nan heu.



Hari kedua sarapan dulu di hotel hmm harus ati2 karena ada banyak pork, ampir suamiku makan sayur yg ada babinya, untung aku segera liat tulisan di meja prasmanan dan ngingetin suami diganti nasi goreng tanpa minyak babi dan omelet telur cuma dikasih garam dan merica, banyak makan buah, jus dan yoghurt aja, manggis, rambutan, semangka dan jambu batu.

Kita dijemput guide jam 8nan pagi kurang lebih, waktu Bangkok sama persis dengan Indonesia di garis waktu yang sama.
Nah lumayan agak jauh dari bangkok ke pattaya naik mobil toyota HIS, bawa koper dibatasi karena barengan dengan wisatawan dari surabaya juga jakarta, kita cuma bawa tas ransel 2, koper ditinggal dititip di novotel.
Sebelum nyampe pattaya perjalanan dari bangkok, mampir2 ke Budha emas duduk.



Disini ada yg beribadah juga harus beli sesajen dupa sama baju buat biksu, karena kita muslim, ya cuma foto2 saja hehe.
Lalu kita ke Wat Arun pake mobil dan nyebrang pake perahu. Disini belanja lagi beli gantungan kunci gajah sama tuk2 ada yg 100bath isi 10, ada juga 60bath isi 6, juga snow ball 80bath,tas kain 210ribu rupiah dapet 3, dan 250bath dapet 3 juga, disini uniknya uang rupiah laku hehe. Beli kaos 100bath satunya tentunya gambar gajah juga hee, beli 5biji buat suami, bapak, bapak mertua, adikku.





Lalu kita mampir Gems Jewelery tidak boleh foto berlian dan sejenis batu jamrud safire tapi harganya belasan juta, mahal, ah karena kasian sama mas2 sales yang buntutin kita dari tadi kita beli cincin mutiara asesoris saja cuma 90 bath wkwkwk.

Kita ke Big Bee juga dimana ternak lebah dan produksi serba serbi madu, kita hanya beli royal jelly katanya bagus yang buat program hamil harganya 350ribu rupiah bisa gesek debit tanpa kena charge.


Kita mampir juga ke 3D art galerry foto2 selfie hihi, disini sepatu harus dibuka cuma kaos kaki boleh sama halnya di masuk ke patung buddha.



Lumayan nih jalan2 seharian dari pagi pe malam capek tapi senang heuheu. Siangnya makan di restoran muslim sudah masuk paket tour sekalian buat shalat, menunya ikan kaya gurame asam manis, sayuran seperti terancam kalau di jawa, nah nasinya enak cuma bumbu Thailand cenderung asam dan agak hambar seperti kurang bumbu hihi.Sebelum ke hotel Hiso untuk nginep di pattaya kita makan malam dulu di bufe hotel depan pantai pattaya ini sudah masuk paket tour juga, ada soto ayam tapi lagi2 rasanya hambar, cuma banyakin buah semangka, melon dan jambu bangkok.
Akhirnya kita nginep di hotel Hiso.

Besok paginya sarapan di hotel bubur ayam tapi encer dan hambar tapi ada roti selai, salad sayur, jus dan buah. Sarapan depan kolam renang.

Kita juga jalan pagi ke pantai pattya dari hotel hiso.



Balik ke hotel siap2 dijemput guide untuk wisata di Pattaya.
Kita ke floating market dulu, beli manisan mangga 10bath 1bungkus yang dikeringkan dan makan manisan ketan mangga 20bath,khas sana juga kelontengan buat depan rumah ada gajahnya60bath.


Kita juga ke Nong Nooch Vilage disana banyak taman bunga2 patung2 binatang lucu juga lihat gajah show dan pertunjukan nyanyi dan muangthai katanya banyak bancinya penarinya. Kita juga makan siang disana ada tahu kaya dikasih santan daging ayam dibumbuin dan buah juga.





Sebelum pulang lagi ke Bangkok mumpung masih di Pattaya mampir Budha laser dan Silverlake. Disini udaranya sejuk dan romantis hihi.


Jujur paling berkesan di Silverlake ini, selain adem juga romantis hihi.
 Kita beli permen anggur buat oleh2 1bungkus 65bath. Silverlake dapet award juga lho karena pemandangannya bagus banget.


Setelah banyak ngambil foto di Silverlake, beneran betah deh, kita persiapan balik ke Bangkok, mampir dulu ke dry food, beli manisan mangga kemasan agak besar 60bath, lagian bathnya dah abis hehe. Nyampe Bangkok kita sama tournya diajakin lagi ke MBK sekalian makan malam karena masih masuk paket tour. Yah ikut aja deh kan dah bayar juga, sekalian abisin sisa bath beli dompet naraya 65bath, sama kaos buat suami dan ponakan 99bath satunya, disana tiap ke kamar mandi harus bayar 3bath, karena langsung masukin ke pintu, setelah dimasukin 3bath baru tuh kebuka pintunya heuheu. Balik ke Novotel.

Udah beres deh 3hari di Bangkok dan Pattaya, malam keempat tidur dan packing buat persiapan pulang besok, boarding pas harus dari agak pagi karena dari novotel ke bandara jauh belum antri karena pesawat Garudanya jam 2siang. Tapi setelah sarapan sebelum dijemput ke bandara kita jalan kaki mampir patung Erawan dulu yang sempat ada bom, dari novotel lurus lalu naik jembatan penyebrangan.


Akhirnya nyampe bandara Suvarnabhumi siap2 pulang ke jakarta terus ke semarang.
Jadi ketagihan ngetrip ke luar negeri tapi siapa ya yang mau bayarin hehehe.