Umroh plus Turki





Siapa sih yang tidak pengen umroh dan jalan-jalan ke luar negeri.
Umroh adalah sunnah hukumnya bagi umat muslim, bisa dilaksanakan setelah ibadah haji yang hukumnya wajib atau sebelum ibadah haji.

Madinah, Mekah dan Jedah adalah 3 kota benua Asia negara Arab salah satu negara dan kota yang selalu ingin kukunjungi.
Turki pun adalah negara Eropa yang ada sejarah Islamnya yang pengen kukunjungi.

Berikut adalah pengalaman umrohku tahun 2013 dan pengalaman suami trip ke Turki 2014.

Kami berangkat bertiga umroh pada februari maret 2013 tepatnya 12 hari, aku, suamiku dan adikku, kami mengalami shalat jumat di Madinah dan Mekah. Setiap prosesnya bikin wow amazing banget deh, dari bikin paspor aku sama adikku, karena suamiku sudah punya suka dapet trip reward luar negeri dari kantornya, suntik meningitis ke dekat pelabuhan aku sama suamiku hujan-hujannan mana banjir naik motor karena mobil dijual buat biaya umroh hehe, sampai beli perlengkapan ibadah, manasik umroh walau ikut sehari, karena domisili di semarang ikut berangkat dari garut.

Dari garut perjalanan naik bis sama jamaah lainnya, tiba di bandara Soetta pake pesawat Malaysia air lines buat transit di Kualalumpur lanjut dengan pesawat Saudi arabia air lines Jedah.
Tiba di Jedah naik bis ke Madinah, nyampe Madinah jelang subuh, mandi, istirahat, dan hotelnya lumayan dekat dengan mesjid Nabawi, kesan pertama Subhanalloh Yaa Alloh seneng campur haru, aku sama adikku sama2 perempuan ke shaff wanita, suamiku ke shaff lelaki, takjub hari pertama dan bisa shalat berjamaah, pas di Madinah kami sekamar bertiga karena mahram, suami istri dan adik.

Tapi kamar mandinya dipake berenam dengan ibu-ibu  beserta adik kakak plus ibunya.
Pak ustadz pembimbing sudah mengingatkan maklum jika ada yang baru pertama kali ke hotel gak ngerti bathtub dan toilet duduk, dan benar saja, ibunya yg sudah uzur pup di lantai dan pipis di bathtub MasyaAllah sabar dewh, memberi tau anaknya yang ternyata menantunya, dengan sabar si menantu membersihkan kotoran ibu mertuanya di kamar mandi, sehabis itu nenek yg ibu mertuanya dikasih tau tata caranya.

Waktu di Madinah yg paling ditunggu adalah ke Raudoh shalat sunnah, wanita Indonesia kebagian giliran shaff paling belakang karena kata askar (pengurus mesjid dan membimbing tata cara ibadah di mesjid nabawi dan masjidil haram) disana biar gak terdesak karena orang indonesia pendek-pendek, sebelum nunggu giliran kita semua ngaji Alquran dan berdzikir juga berdoa, dibimbing oleh askar yg aslinya dari Indonesia ternyata. Dalam proses tunggu giliran ada pula jemaah dari negara lain yg nyerobot bahkan gak sabar berdesakan, untungnya grup kami pada sabar, sehingga pas tiba giliran ke raudhoh karpet hijaunya hmm semerbak wangi, shalat 2 rakaat lalu berdoa tak terasa air mata menetes.

Karena giliran tidak boleh berlama-lama berada disana, selama disana biar yang lain kebagian shalat dan berdoa juga, menurutku hal ini pembelajaran supaya disiplin, tidak egois dan bersabar.
Alhamdulillah selama 5 hari di Madinah kebagian ke raudoh 2x.
Selama di Madinah wisata rohani ke makam nabi Muhammad saw, siti aisyah ra, mesjid Ali bin Abi Thalib, mesjid Abu Bakar, mesjid Umar bin Khatab, kata pak ustadz pembimbing, dulunya mesjid-mesjid beliau adalah rumah-rumah beliau tempat tinggalnya.

Mampir pasar kurma dan melihat langsung pohon kurma, kita membeli kurma ajwa dan serbuk kurma muda.
Hingga tiba saatnya untuk miqat di Bir Ali untuk umroh ke Mekah, perjalanan menggunakan bis, setelah miqat dilarang ngobrol juga makan minum, selama perjalanan melafalkan "Labaik Allohhuma Labaik Labaikalaa sarikalabaik innalhamda wanikmata lasarikala".

Tiba di Mekah beserta jamaah lainnya tawaf 7x putaran, mulai dari Hajar Aswad sambil bertakbir dan berakhir di Hajar Aswad juga. Pas melihat pintu Ka'bah melambai tangan dan berucap "Bismillahi Allohuakbar", setiap putaran rukun Yamani baca doa sapu jagad "Robbana atinaa piddunya hasanah wafilakhiratihasanah waqinaa azabannaar", selesai tawaf shalat 2 rakaat di belakang maqam Ibrahim, kemudian keluar menuju bukit Safa dan Marwah naik ke atasnya, lalu menghadap Ka'bah baca tahmid serta takbir 3x sambil mengangkat tangan berdoa, dan ucapkanlah 3x sunah Rasul, disini juga bisa mendoakan orang lain sanak saudara yg belum kesini supaya bisa cepat kesini, percaya atau tidak sudah banyak terbukti, tentunya jika yang disebut juga sudah siap dan niat juga ada dananya untuk kesini.
Kemudian turun untuk sa'i tujuh kali putaran dengan berlari-lari kecil antara dua tanda lampu hijau, dan berjalan biasa sebelum dan sesudah dua tanda tersebut, kemudian naik ke atas Marwah lalu membaca tahmid dan melakukan seperti apa yg dilakukan di Safa, jangan khawatir karena kita melakukan berjamaah atas bimbingan pak ustadz. Setelah beres Sa'i maka cukurlah rambut boleh sebagian boleh dipendekkan atau dicukur habis, disebut Tahallul.

Bedanya dengan ibadah haji rangkaian ibadah umroh adalah tidak adanya mabit di Mina, melempar jumroh dan wukuf di Arafah.Selama disana minum air zam-zam dan bisa bawa ke botol yg langsung ambil disana dibungkus selotif biar aman di bagasi diselipin diantara baju. Walaupun dikasih jatah yg dibotol 10 liter untuk dibawa.

Alhamdulillah selama di Mekah bisa umroh 4x, miqat dari Bir Ali, mesjid Taneem, Jaronah dan Hudaibiyah. Yang paling dekat adalah Taneem.

Selama di Mekah juga wisata rohani ke mesjid Quba untuk shalat sunah 2 rakaat, mesjidnya penuh sehingga harus antri dan giliran,lagi-lagi melatih disiplin, tidak egois dan sabar.
Memang ibadah umroh dan haji selain ibadah yg mahal biayanya juga butuh ketahanan fisik, disiplin dan kesabaran.

Sempat juga berkunjung ke Jabal Uhud gunung yang nanti kelak di akhirat juga bakalan ada kata ustadz pembimbing.
 Jabal Rahmah  bukit tempat bertemunya pertama kali Siti Hawa dan Nabi Adam as. Dan ditandai dengan tugu batu warna hitam putih.

Subhanalloh atas semua karunia Alloh, Ka'bah kata ustadz pembimbing satu-satunya benda yg menjadi saksi kelak di akhirat, takjub, haru, syukur tiada henti.
Membuat pengen lagi kesana.
Sayang pabrik Al quran terlewat karena ada jamaah kakek yg sempet terkunci dalam kamar hotel.

5 hari di Mekah sudah berlalu tiba hari terakhir perjalanan ke Jedah melewati makam Siti Khadijah dan tempat Qisas penghukuman orang yang mencuri atau membunuh.
Di Jedah juga mampir ke mesjid terapung mesjid di atas laut untuk shalat Isya dan shalat sunahnya,
Mampir pas sore harinya di mall sana juga makan baso si Doel hehe.

Seperti kata pepatah kejarlah duniamu seakan mau hidup seribu tahun dan kejarlah akhiratmu seperti mau mati besok.
Kita selama Madinah, Mekah dan Jedah tidak lupa membeli oleh2 untuk kerabat dan ortu, tasbih, kerudung, tas, karpet, pacar bubuk, pacar hena, gelang asesoris, anting dan gelang emas, kurma ajwa dan serbuk kurma.


Hudaibiyah perternakan unta sekaligus ambil niat untuk umroh


Depan pintu mesjid nabawi


Jabal Rahmah, banyak yang berdoa di atas Jabal Rahmah setelah shalat sunat 2 rakaat, adikku termasuk diijabah doanya setaun kemudian menikah dapet jodoh, kita berdoa agar rumah tangga sakinah, mawaddah warahmah, langgeng bahagia dunia akhirat Aamiin.


Bukit safa marwah tempat sa'i


Mitosnya kalau pengen punya anak harus kasih makan burung merpati cuma sayang waktu itu beras merah dan kacang hijaunya dikasih jamaah lain harusnya bawa sendiri biar afdal katanya. Walohhualam bisawab.


Selat Bosporus Turki


Bersky main salju di Ulludag Mount Turki

Sayang foto suami di Turki di Blue Mosque dan Hagia sofia hilang karena laptop sama handycamnya hilang ketika rumah ditinggal mudik maret 2014 lalu.

Semoga kita berdua bisa umroh sekaligus ke Turki honeymoon lagi ya, Aamiin.
Turki bagus-bagus sejarah Islamnya pernah diceritakan di bukunya mbak Hanum Rais 99 cahaya di langit Eropa.


Masih ada kenang-kenangan dari Turki ☺.

Seperti Rosullulloh yang berumroh 3x dan ibadah haji 1x, aku pun ingin berumroh dan sekaligus traveling ke Turki.
Travel Tour Wisata Turki ada paket  lho 😊.
Semoga bisa mengajak ortu yang udah ibadah haji tapi pengen umroh lagi, dan suami juga adik-adik ya Aamiin.







Komentar

  1. kangen pengen ke tanah suci lagi, semoga ada rejekinya mmiin bisa naik haji bareng suami aamiin..

    BalasHapus
  2. Amien Allohumma Amien, ya mbak selalu ada magnet yang menarik kita kesana

    BalasHapus
  3. Aiiih baksi si dul itu memang ciri setiap jemaah Indonesia yang haji atau umroh ya, kangen pengen shalat di Nabawi, di karpet hijau. Juga kangen suasana ibadahnya yang khusuk nggak kayak di tanah air.

    BalasHapus
  4. Betul semangat ibadah disana kadang heran kenapa disini kita tidak sesemangat disana, disini lebih banyak godaan setannya x yaa

    BalasHapus
  5. Waah, senengnya.. semoga aku bisa kesana sama suami.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, insyaAllah, niat dan nabung biar lekas terwujud 😊😇

      Hapus
  6. Barakallah mb vita sudah mengunjungi rumah Allah. Do'akan saya segera menyusul yaa..Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, insyaAllah niat yang kuat dan nabung juga mbak 😊😇

      Hapus
  7. Subhanallah banyak cerita berkesan ya mbak vita.
    Semoga Qt slalu diberi kemudahan untuk kembali beribadah ke tanah suci. Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang