Saturday, December 31, 2016

Danone Indonesia

December 31, 2016 3 Comments
Tanggal 22 Desember lalu bertepatan dengan hari ibu, kita diundang buat menghadiri acara gathering media Danone Indonesia. Bertempat di Vina house Semarang.
Danone merupakan perusahaan makanan dan minuman global yang berpusat di Paris Perancis, yang memiliki misi untuk membawa kesehatan melalui produknya.
Bisnis Danone terdiri dari 4 kategori yaitu produk susu segar,  air,  nutrisi awal kehidupan dan nutrisi medis.



Karyawan Danone 100.000, hadir di 130 negara.
Danone internasional mereknya yaitu activia, actimel, danette, danonino, danio, evian, volvic, nuttilon/aptamil,nutricia.
Danone merek lokal yaitu oikos, prostokvashino, aqua, bonafont, mizone, bledina, cow dan gate.

Tahun 1919 melihat banyaknya anak spanyol yang menderita infeksi usus, Isaac Carasco yang tinggal di Barcelona pada 1910-an mulai melirik penelitian fermentasi laktat oleh Ilya Mechnikov yaitu yoghurt.
Nah asal mula nama Danone adalah nama anaknya Daniel biasa dipanggil Danon,  jadilah 1919 diluncurkan produk yoghurt oleh Isaac yaitu Danone.

1972 pertemuan Daniel Carasso dan Antoine Riboud jadilah merger antara BSN dan Gervals Danone. Perusahaan ini peduli terhadap lingkungan dan sosial.

Danone Indonesia ada 3 kategori yaitu minuman AMDK (Aqua&Vit) dan minuman ringan non karbonasi (Mizone, Levite),  nutrisi untuk kehidupan awal (nutricia dengan produknya Nutrilon Royal dan Bebelac, serta Sarihusada (SGM eksplor,  SGM Bunda, Lactamil)  serta nutrisi medis.
Danone Indonesia memiliki 24 pabrik,  15 depot dengan 15.000 karyawan tersebar di seluruh Indonesia.

Menjaga kehidupan awal melalui program edukasi dan pengembangan komunitas, Danone Indonesia mengimplementasikan berbagai program untuk kesehatan ibu dan anak terdiri dari :
- taman pintar : taman air menari sarihusada, zona PAUD Barat dan Timur dan Zona  Air Aqua   merupakan sarana interaktif untuk anak-anak  bermain dan belajar.
- warung anak sehat yang berada di 124 titik di  Indonesia telah melatih 270 guru lewat 124            pelatihan.
- PAUD 1000 anak bangsa : Danone merevitalisasi   21 PAUD yang tersebar di Jakarta dan Jawa  Tengah.
- Duta 1000 hari pertama kehidupan untuk               menjaga kesehatan ibu hamil.

 Karyawan Danone diberi cuti hamil 6 bulan dan  saat melahirkan suami yang istrinya mau  melahirkan diberi cuti 10 hari.

Program ini berlangsung dari 2009 sampai sekarang.

Melindungi daerah aliran sungai/DAS, meningkatkan kualitas,  kuantitas dan akses air juga dilakukan Danone dengan konservasi 250 lubang biospori dan sumur resapan,  19 taman kehati,  2 juta pohon tertanam.
Restorasi irigasi pertanian, meningkatkan akses air bersih bagi komunitas di sekitar wilayah operasional dan praktik pertanian berkelanjutan.

Mengurangi karbondioksida dengan membuat kemasan ramah lingkungan juga dilakukan Danone Indonesia,  daur ulang kemasan dilakukan, bahkan pemulung di recycling business diberi gaji bulanan dan bpjs kesehatan.

Danone Indonesia juga menciptakan lapangan pekerjaan mulai dari pemasok, distributor,  toko dan kaki lima bahkan koperasi.














Saturday, December 17, 2016

Kulit sehat dan lembut dengan Redwin Sorbolene moisturiser

December 17, 2016 40 Comments

Sudah pada tau kan ya, udara di Semarang itu panasnya terasa banget.
Walaupun sudah 8 taun disini ketika panas teriknya menyengat, kulitku pasti gatal kemerahan.
Wah udah pakai bedak dan lotion, anti biang keringat kok gak mempan ya.
Dan sejak tinggal di Semarang jadi alergi ama body lotion, entah kenapa sudah berbagai merk produk lotion mengandung moisturiser kupakai, malah jadi gatal-gatal.
Nah tetapi kalau gak pakai lotion yang mengandung moisturiser, kulit jadi kering banget.
Akhirnya ku menemukan solusinya nih, yaitu Redwin Sorbolene Moisturiser.


Redwin Sorbolene Moisturiser ini produk pelembab Sorbolene dari Australia lho, efektif banget nih buat seluruh tubuh, karena mengandung vitamin E, 10% glycerine dan sorbitol.
Redwin sorbolene moisturiser ini halal kok, cocok banget buat kulitku yang sensitif, karena diformulasikan tanpa pewarna, wewangian dan parabens/bahan pengawet.
Sorbolen tidak akan menyebabkan alergen, jadi aman buat kulit bayi sekalipun.


Setiap habis mandi di rumah dan habis cuci piring, biasanya kupakai Redwin Sorbolen Moisturiser, karena formulasinya bisa melembabkan dan mempertahankan kelembutan kulit juga melindungi kulit, mengatasi dan mencegah masalah-masalah kulit kering, kasar juga bersisik, meningkatkan elastisitas kulit untuk kulit yang lebih kenyal.
Jadi sekarang kulitku sudah halus dan kenyal.


Setiap pergi ngantor dan mudik atau wisata yang di luar rumah, aku pun pakai Redwin Sorbolene Moisturiser ini, karena kandungan vitamin E dari minyak biji gandum sebagai anti-oxsidant untuk melawan radikal bebas, mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit yang rusak akibat masalah kering.


Pada bayi yang memiliki kulit kering dan sensitif, pemakaian krim kulit dan sabun yang mengandung deterjen, pewarna, wewangian dan parabens/bahan pengawet sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan alergi /iritasi pada kulit bayi.
Karena kulit bayi masih sangat rentan dan dapat menyerap lebih banyak kandungan kimiawi berbahaya melalui kulit mereka dibandingkan dengan kulit orang dewasa, jadi pengen ngasih Redwin Sorbolene Moisturiser buat keponakanku di Bandung nih, yang kepanasan dikit langsung merah-merah, dan ada ruam popok, karena masih balita tiap hari pakai popok.


Redwin Sorbolene Moisturiser, ada pula bodywashnya lho, sangat baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah pada kulit bayi, seperti : ruam kulit bayi, ruam popok dan kulit bayi yang kemerahan.
Sorbolene bisa digunakan pada kulit bayi yang baru lahir sekalipun, karena sangat aman tidak mengandung zat-zat aditif keras seperti pewarna, wewangian, parabens/bahan pengawet dan deterjen juga pH balance.



Wah Redwin Sorbolene Moisturiser ini recommended banget buat segala usia, segala jenis kulit dan telah lulus uji dermatologist.
Menurutku lebih hemat dan sehat juga lembut buat kulit seluruh keluarga kita.
Tidak lengket di kulit jadi dipakai sangat nyaman.

Di Australia produk Sorbolene ini no.1 lho dan best seller pula.
Kalau di Indonesia bisa didapatkan di :
Watsons
Guardian
Century
Kimia Farma
Toserba Yogya
Carrefour
Aeon
Grandlucky
Baby parcel
Ranch market
Farmers
The food hall
Daily
Kem Chicks
Papaya fresh gallery
LotteMart
Suzanna babyshop

Redwin Sorbolene Moisturiser bisa dilihat di
Facebook Redwin Indonesia
Twitter @RedwinID
Website www.redwin.com.au

Sekarang bye bye kulit kasar dan kering, dan gak ada ruam merah karena kepanasan, welcome kulit sehat dan lembut dengan pemakaian tiap hari sehabis mandi dengan Redwin Sorbolene Moisturiser 😊.
Jadi pengen nyoba bodywashnya juga nih, karena membersihkan tubuh dengan lembut tanpa menghilangkan kelembaban, juga menjaga kelembaban dan meningkatkan elastisitas kulit.











Friday, December 16, 2016

Resolusiku di 2017 semoga Alloh mengabulkan doaku

December 16, 2016 28 Comments

Alhamdulillah ya, Alloh masih memberikan kesehatan dan kehidupan juga keselamatan kepada kita.
Tiap kali Desember datang, diriku suka mengingat kejadian setaun ini dan apa yang mau dilakukan di tahun depan.
Desember adalah bulan yang spesial bagiku, 2 momen di bulan ini, tgl. 20 Desember adalah tanggal dimana diriku menikah, dan tgl. 22 Desember adalah tanggal dimana aku dilahirkan😊.
Resolusi menurutku adalah sebuah keinginan dan cita juga asa yang pengen diwujudkan di tahun berikutnya.

Sejak dulu mungkin sudah biasa bikin resolusi, sedikit flashback tahun 2005 2007 adalah tahun pengen lulus Sarjana Farmasi dan Profesi Apoteker, tahun 2008 resolusinya menikah, 2009 pe 2012 resolusinya sama pengen punya anak, rumah sendiri gak ngontrak dan umroh juga berkarir lagi di dunia farmasi, juga punya mobil walau second.
Di 2013 baru kesampaian punya rumah dan umroh juga berkarir kembali.
2014 pengen ganti motor dan bangun rumah, 2015 pengen punya mobil baru dan jalan-jalan ke luar negeri gratis.
2016 ini resolusinya punya tabungan haji juga ngajak piknik bareng sekeluarga besar baik keluargaku dan keluarga suami.
Nah Alhamdulillah banget semuanya itu tercapai. Hikmah yang bisa diambil itu adalah kita harus yakin dulu doa dan keinginan kita akan diijabah Alloh disertai ikhtiar dan doa. InsyaAlloh bakalan terwujud 😊.

Nah resolusiku di 2017 yang paling aku inginkan adalah punya anak kandung, 8 tahun menanti, segala ikhtiar sudah dilakukan, dari suplemen, vitamin, program hamil alami sampai inseminasi, pengobatan medis dan tradisional pun sudah dilakukan. Kalau mau tahu bisa baca artikel di blogku yang program hamil dan inseminasi, panjang soalnya.
Kami tidak menyerah lho, apa pun itu asal sesuai syariat Islam kami lakoni demi dapetin buah hati tercinta, ini cara secara duniawi ikhtiarnya, yang secara ruhiyah yaitu lebih dekat ke Illahi Robbi yang Maha segalanya, kami selalu coba shalat on time 5 waktu, zakat, sedekah, infak ke keluarga dekat maupun orang lain, puasa wajib disertai sunah, shalat sunah qobla ba'da, shalat dhuha dan shalat malam.
Menurut ustadzku semua ibadah dan ikhtiar secara ruhiyah mah jangan karena ngarep sesuatu, tapi ikhlas lillahitaala.
Iya juga sih, soalnya kalau ikhtiar secara ruhiyah itu termasuk ibadah taqarob kepada Alloh, sudah menjadi kebutuhan kita sebagai manusia dan muslim.
Alhamdulillah rutinitas itu sudah dilakukan sedari kecil.

Ya setiap manusia gak akan ada yang hidupnya sempurna, pasti ada ujiannya sesuai kemampuannya, tapi sebagai manusia kita harus ikhtiar doa juga tawakal.


Nah ini adalah yang selalu kubaca bareng suami tiap hari, hanya kepada Alloh kami meminta, tidak putus harapan, karena Alloh Maha Mendengar juga Maha Segalanya.


Karena sudah sering juga konsumsi vitamin dari dokter dan obat hormon, kami stop dulu, ketika tidak ke dokter kami konsumsi fertilaid, royal jelly dan serbuk kurma ini.
Ditambah banyak makan buah, sayur, protein juga air putih.


Nah ikhtiar demi lekas hamil adalah olahraga dengan alat ini, alat ini bisa menguatkan organ kewanitaan termasuk panggul, karena kerjaan banyak duduk juga memperbaiki tulang ekor.
Selain dengan alat ini di rumah, kita jalan kaki keliling komplek menghirup oksigen segar setelah shalat subuh.

Nah itulah resolusiku yang paling ingin terwujud di tahun 2017 ini, yaitu memilik anak kandung, kalau mupu anak kita mah gak mau, karena ketika punya anak kandung malah jadi beda sayangnya dosa, anak panti asuhan cukup dengan donatur tetap aja, kalau keponakan masih kita sayang, tapi gak akan dikasihkan oleh ortunya atuh, masa iya kaya pinjem boneka, kita yakin kok pasti Alloh ngasih, toh selama ini ikhtiar beli suplemen atau ke dokter bahkan inseminasi mahal ya iyalah, tetapi Alloh Maha Kaya selalu kasih rezeki dari arah yang tak disangka.
Ada yang bilang bayi tabung aja, waduh itu tuh ya tabungan kami belum sebanyak itu, dan lagian dalam Islam pun mengajarkan jika masih diusahakan alami, ya alami aja sesuai syariat, itu mah pilihan terakhir banget.
Ironis lho suamiku kerja si Merck, hormon kesuburan yang disuntikkin ke tubuhku itu sewaktu insem adalah produk Merck semua hehehe. 
Kita juga udah nyoba ruqyah, biar adem hatinya, karena menurut ustadz walaupun rajin ibadah suka ada setan atau jin yang ganggu.
Bekam dan akupresur pun kita lakoni.

Nah selain punya anak kandung, resolusiku di tahun depan adalah pindah ke Jakarta, dah dari sejak 2009 pe sekarang aku masih ngarep bisa pindah ke Jabar, karena terus terang gak betah di Jawa, selama ini ya dibetah-betahin aja karena rezekinya udah disini, tetapi terkadang ketika imannya melemah, sendirian di rumah pas suami ke luar kota, kok merasa sendiri, hanya Alloh aja yang diajak curhat atau mamahku.
Ya karena mungkin dulu adat beda, terus teman yang sevisi misi juga dikit disini, awal-awal nikah pas gak kerja kegiatannya pkk ama ngaji ma ibu-ibu seumur mamahku atau ibu mertua sama nenek-nenek.
Pas weekend jalan-jalan deh ama suamiku.
Tapi kesini-sini rasa gak betah tinggal di Semarang mulai pudar, apalagi kenal IIDN dan gandjel rel juga REOS, sering kopdar, walau temen dianter jemput suami, nah nemu nih teman-teman yang enak kaya kuliah dulu.
Ya makanya itu kadang ya hiburan itu drama korea, 2 hari beres itu 16 episode hehe, dulu mah sempet pasang indovision ma telkomvision, sekarang mah mending beli dvdna atau streaming pas ada wifi hemat hehehe.

Nah pindah ke Jakarta, aku sama suamiku malah yakin rezeki bakalan nambah, terus mudik ntar yang jauh cuma ke ponorogo aja, bandung garut pan deket ya.
Ya semoga kabar di awal bulan ini tidak hanya angin segar, mudah-mudahan beneran untuk kali ini.
PHP dipindah sudah membuat kita 3 taun ngontrak karena beli rumah takut dipindah, beli rumah masih asli, gak dipager gak dibangun selama setaun jadinya kemalingan hihi, pada akhirnya dibangun dan dipager juga di 2014.
Tapi hikmahnya Alloh mungkin jawab doa pengen pindah kota itu di taun depan, dan kita sudah lebih siap, punya sedikit tabungan dan rumah ini bisa buat investasi juga.
Ya makin kesini aku sadar, betul kata-Nya, sesudah kesulitan ada kemudahan, apa yang kita sukai belum tentu menurut Alloh, begitupun sebaliknya apa yang baik menurut Alloh belum tentu menurut kita, kita bakalan tersadar setelah melewati semuanya.
Apalah kita hanya manusia yang mengharap surga, nabi aja dijamin masuk surga banyak ujiannya.

Nah di 2017 juga pengen makin istiqomah ibadahnya, baik yang wajib ataupun yang sunah, apa lagi coba, yang dibawa kelak itu amalan kita bukan harta benda kita.
Makin banyak silaturahmi dan ilmu baru yang manfaat, makin baik lagi hablumminannas dan hablumminallohnya, sehat jasmani rohani, selamat dunia akhirat dan bahagia 
lahir batin, Aamiin Allohumma Aamiin.

Selain itu resolusi 2017 pengen punya tanah untuk dijadikan kuburan keluarga dan tanah wakaf buat dibangun mesjid atau rumah buat anak yatim, seperti kakek nenek buyutku contohin.
Ya biar dunia akhirat seimbang, barangsiapa mengejar akhirat insyaAlloh dunia dalam genggaman 😊.


Nah readers, inilah resolusiku, bagaimana dengan kalian, apa resolusi kalian di tahun depan, Alloh itu senang lho jika kita meminta kepadanya dengan berdoa. Kitanya pun berusaha terus mengambil hati-Nya biar Alloh mangabulkan doa-doa kita 😊.











Wednesday, December 14, 2016

Sarangan Magetan Jatim

December 14, 2016 15 Comments
Minggu lalu, kami sekeluarga barengan ibu mertua dan kakak ipar beserta keponakan piknik barengan ke telaga Sarangan.
Mumpung libur, dari rumah Ponorogo berangkat jam 8.30 pagi.
Karena ini family day, kita nyantai di jalannya.
Berangkatlah 2 mobil, mobilku dan mobil mertua, kita tepatnya 11 orang.



Kiri kanan jalan yang kita lewati sangat enak dipandang mata, segar, hijau dan udaranya pun sejuk.
Kurang lebih 2 jam setengah perjalanan dari rumah ponorogo ke magetan telaga sarangan ini.


Jalan menuju telaga sarangan nanjak mudun tapi asyik.




Kita wefie dulu nih formasi lengkap keluarga suamiku, tapi kurang bapak mertua yang gak ikutan, ini tuh depan jembatan bawahnya sungai hehe.


Mau masuk gerbang telaga sarangan antri dan macet, maklum liburan besoknya tanggal merah pula, rame banget deh.


Udah mau masuk telaga sarangan, kita bayar tiket per orang Rp 7.500, dan parkir per mobil Rp 5.000.


Wefie depan tugu srangan 😊.


Sebelum turun telaga sarangan, beli jagung bakar 1 buah Rp 7.500.


Duduk di pinggir telaga sarangan sambil menikmati sate kelinci dan lontong seporsi Rp 15.000, rasanya mirip sate ayam, katanya kalau gak makan sate kelinci ya belum ke sarangan heuheu.


Duduk di atas tikar dan di bawah payung besar sambil menikmati jagung rebus yang dijual keliling oleh si mbok yang lewat wara wiri depan kita hihi, 3 buah Rp 10.000, atau jagung bakar yang dibeli di atas tadi juga gorengan.


2 ponakanku ini malah asyik memandang telaga sarangan liatin orang yang naik perahu.


Aku dan kakak iparku juga keempat ponakanku nyobain naik speed boat, satu putaran keliling telaga sarangan Rp 60.000.
Asyik dan seru lho, kaya di pantai jadinya hehe.



Pemandangan telaga sarangan indah bukan, diriku suka banget pemandangan alam Indonesia.


Dari siang terik jadi agak mendung, wonderfull Indonesia.



2 ponakanku yang lain naik kuda  di atas, keliling satu putaran juga Rp 60.000.


Di sekitar telaga sarangan di pinggiran jalan menuju masuk telaga, banyak yang jualan souvenir, ada tas, dan baju batik juga kaos bertuliskan telaga sarangan, asal pinter nawar dari 50 ribuan rupiah jadi 20ribuan atau 30ribuan murah kan heuheu.


Ada juga yang jualan bunga, disekitar sini juga banyak hotel dan homestay.
Di Sarangan Magetan ini terkenal wisata kota dingin, selain telaga sarangan ada air terjun watu ondo, gunung lawu dan air terjun pundak kiwo.
Sebenernya pengen jelajah semua, cuma kasian ponakan nanti gak kuat naik, dan kita pe sana sudah siang jam 11 pe jam setengah 2.


Disini ada juga yang jualan oleh-oleh makanan, per bungkusnya rata -rata Rp 10.000, ada pula 3 bungkus Rp 10.000, bahkan 4 bungkus Rp 10.000, cemilan snack ini lumayan enak-enak lho.


Disini tuh segala ada yang dijual menurutku, sampai kapal-kapalan otok-otok ini pun ada, es krim, mie ayam bakso dan sea food pun ada komplit kan. Bahkan sayur buah juga lengkap dekat ke tempat parkir.


Di belakang toko baju itu adalah taman, asri teduh banyak pohon besar, bisa main ayunan, sewa mobil-mobilan, jadi anak-anak bisa anteng sementara kita belanja hehe.



Atau hanya duduk sambil menikmati semangkuk bakso hanya Rp 10.000 semangkuk.


Selepas shalat dzuhur tadi di musola dekat parkiran mau keluar telaga sarangan, kita lalu pulang sekitar jam setengah 2 siang, di perjalanan pulang, kita mampir makan di lesehan di atas telaga wurung makan nila bakar dan goreng, juga ayam goreng dan bakar, seporsinya Rp 25.000.
2 jam kita disini, nunggu pesanan datang lumayan lama sejam setengah hehe, untung pemandangannya indah gini dari atas, sambil gogoleran, juga sesekali nyeruput jeruk hangat.


Di telaga wurung ini banyak yang main sepeda air dan ada keramba ikan.
Mitosnya telaga wurung jika pacaran katanya suka gak jadi nikah, karena artinya wurung itu urung atau tidak jadi hihi.


Kita mampir shalat ashar setengah 4 sore di mesjid alun-
alun kota magetan ini.
Piknik hari itu nyampe pulang ke rumah pas adzan magrib berkumandang.




























Monday, November 28, 2016

Kegemukan dan kesuburan

November 28, 2016 24 Comments
Minggu kemarin, aku dan suami diundang hadir di seminar kesehatan, Kegemukan dan Kesehatan Reproduksi di SMC Telogorejo.
Pembicaranya dr. Arie Sutanto, Sp.OG. spesialis obstetri, ginekologi dan bayi tabung, dan dr. Arien Himawan, M.Kes, Sp.GK. spesialis gizi klinik.

Obesitas bisa pengaruh ke fertilitas, rata-rata setelah menikah berat badan melonjak naik.
Dan kegemukan/obesitas adalah suatu penyakit, karena erat kaitannya dengan penyakit metabolik dan peningkatan lemak pada perut.

Nah cara menghitung BMI/body mass index adalah dengan berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan, contoh beratku 56 kg, tinggi 1,6 m.
Jadi 56: (1,6×1,6) = 21,875


Nah ini dia tabel BMI, berdasarkan WHO Amerika dan Asia, kita mah ikut Asia aja karena Indonesia pan ya.

Kenapa kita harus memperhatikan BMI, karena efek obesitas pada kesehatan reproduksi yaitu, gangguan siklus haid, gangguan ovulasi, gangguan reproduksi pria, aku dan suami termasuk melonjak dratis hampir naik 15kg-an, BMI-nya sih normal, tapi berat badan yang melonjak mempengaruhi hormon reproduksi.

Karena berat badan waktu gadis cuma 38 kg dan sekarang jadi 56 kg, aku terkena sindroma ovarium polikistik sel telur banyak tapi kecil-kecil hingga sulit ovulasi, tandanya ada kumis tipis, rambut rontok dan haid gak teratur, siklus panjang. Yang normal itu siklus haid 21 pe 32 hari, wah aku mah kacau banget deh 38 hari pe 45 hari heu. Tapi kadang normal sih. Nah ikut seminar ini jadi paham, asal mulanya dari makanan, jika sering ngemil kue, coklat, minum susu pasti siklusnya panjang deh.
Tapi jika rutin olahraga minimal jalan kaki setelah subuh 30 menit dan makan buah pagi hari siklus normal.

Dan kata dokter kemarin jangan ngemil atau tiduran apalagi sambil nonton drama korea yang panjang, mending banyak gerak deh, wah merasa tertohok pantes kemarin telat mundur haidnya hehe secara nonton dram korea mulu sambil tiduran hihi.

Naik berat badan dan pcos juga akibat stress, karena stress bikin kita pengen makan yang manis-manis.
Sementara gula dan karbo itu gak bagus buat tubuh.

Walaupun yang obesitas itu bisa hamil, tapi ada resiko, gestastional diabetes, preeklamsia, persalinan prematur, bayi besar, nurun pada anaknya obesitas juga, ini dialami kakak iparku dulu hamil anak kedua obesitas, preeklamsia akhirnya operasi sesar dengan bayi prematur, dan benar saja sekarang ponakanku juga obesitas hii.

Nah kalau pada pria obesitas bisa menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan ketika istrinya hamil mengalami keguguran.

Penyebab kegemukan atau obesitas adalah bisa turunan/genetik, kurang aktifitas fisik, kebiasaan ngemil, dan stres.

Komplikasi dari kegemukan bisa terkena hipertensi, stroke, katarak, jantung, diabetes, kolesterol, asam urat, osteoartitis, pcos, sakit liver dan pankreas, tumor dan kanker.

Kalau terlanjur obesitas kita harus merubah pola hidup dan pola makan.
Diet, banyakin aktifitas fisik jangan mager alias malas gerak, dengan obat dan operasi.

Diet obesitas bisa dengan prinsip terapi gizi, memilih jenis terapi gizi, komposisi diet, membuat menu dan mengatasi masalah.


Nah ini dia komposisi diet yang seimbang, bukan sama sekali tidak boleh karbo tapi dikurangi, banyakin serat dan protein, kurangi juga lemak.
Kita harus mengurangi makanan yang mengandung fitoestrogen yang menghasilkan estrogen tidak bagus buat kesehatan dan kesuburan.
Yang tinggi fitoestrogen yaitu kacang-kacangan terutama kenari, minyak sayur, produk kedelai, sereal dan roti, produk daging.
Nah caranya jangan terlalu sering konsumsi tahu, tempe, roti, kue, kacang dan daging yang tinggi lemak juga kolesterol.

Banyaklah makan makanan yang mikronutrien, banyak mengandung kromium, zinc, iodium, magnesium,coenzim, vitamin B, omega 3, vitamin E, vitamin D.
Banyaknya sih di ikan, dan kita kurangi mengolah masakan dengan digoreng, apalagi gorengan jangan sering-sering deh, ikan dipepes, atau sayuran ditumis dan banyak dimasak pakai kuah bening tapi gak banyak santan, hindari juga makan makanan kalengan dan sudah dipanaskan atau dihangatkan berulang-ulang.


Yuk jaga kesehatan tubuh kita, sehat itu mahal.
Diriku sendiri juga lagi berusaha nih, pcos fighter juga.
Es krim dan susu suka banget, tapi sekarang ganti yoghurt.
Kue bolu, brownies dan coklat juga keju kujuga suka, pizza hmm, sekarang harus ganti konsumsi biskuit dan roti dari tepung gandum.
Hot cokelat, kopi, dan milo kuga sereal suka banget, sekarang harus dihindari deh, mending jus buah aja deh.
Memang yang enak-enak itu bikin gak sehat, tapi yang bikin sehat kadang kita males konsumsi masih tergoda aja nyicipin, kaya cireng cimol, batagor, baso aci waduh itu tepungnya berapa, sekarang kulkas isi buah, sayur, ikan aja, daging rendah lemak.
Dan ternyata susu kedelai tempe tahu juga memicu pcos.
Yah padahal suka, cuma kudu diganti sayur-sayur, buah-buah, masak sayur bening, pepes ikan, nasi ma kentang kurangi.
Kentang pun gulanya gak bagus buat pcos.



Yang pcos fighter, yuk kita rubah pola hidup dan pola makan, mungkin selain sehat dan langsingnya ntar bisa lekas hamil bonusnya, aku pun masih belajar diet sehat nih 😊.
Yang obesitas dont worry, gak ada kata terlambat diet dan olahraga yuk ☺.










Thursday, November 17, 2016

UKM membantu perekonomian masyarakat

November 17, 2016 19 Comments
                                   

Istilah UKM tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, ya usaha kecil menengah.
Waktu tahun 2014 lalu, saya pernah diundang ke acara PEMKOT/pemerintah kota Semarang dan DINPERINDAG/Dinas perindustrian perdagangan kota Semarang di Balai Kota.
Acara tersebut dimaksudkan agar kita mendorong UKM untuk lebih maju dalam menghadapi MEA/masyarakat ekonomi asean.
Para narasumber membahas tentang betapa potensialnya UKM di negara kita pada umumnya, juga Jawa tengah pada khususnya.
Dari kerajinan tangan, produk makanan dan minuman olahan, juga kain batik.

Nah dalam menghadapi MEA para pelaku UKM juga perlu memperhatikan label sertifikasi produknya, sudah dipatenkan apa belum, kalau makanan halal atau tidak, bisa diurus ke DINPERINDAG, DINKES/dinas kesehatan, dan BBPOM/balai besar pengawasan obat makanan, juga PEMKOT setempat.
Dan waktu halal bihalal taun ini acara GPFI/gabungan perusahaan farmasi dan GP jamu/ gabungan perusahaan jamu, dibahas tentang potensi Jawa Tengah untuk mengembangkan UKM jamu biar go internasional, tentunya harus memenuhi standarisasi ekspor. Bayangkan kalau berhasil bisa menambah devisa negara kita.
Nah untuk mengasah keterampilan pelaku UKM dan kualitas produk UKM itu sendiri, pelaku UKM harus sering mengikuti pelatihan dan up date sertifikasinya, pemerintah sering kok mengundang peserta UKM untuk ikut pelatihan di Balai Kota.
Dan jangan lupa harus menguasai bahasa, selain bahasa daerah tentunya, bahasa nasional Indonesia harus bisa pastinya, dan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris mau gak mau biar kita bisa bersaing di era MEA.

Saya sudah lama menggunakan dan mengkonsumsi produk UKM, beberapa diataranya yaitu :



Tas, ada yang dari kain batik yang warna hitam biru itu, ada yang tas rajut warna ungu, tas dari akar wangi warna oranye, dompet anyam merah dan rajut ungu, produk UKM ini selain cantik juga awet lho.


Ini HBO/ hand bag organizer, selain buat tas bisa untuk nyimpan boneka lho, kalau saya lebih suka ada resleting di pinggir kanan kiri jadi tidak kena debu.


Selain buat tas dan boneka, bisa juga HBO ini buat nyimpan pasmina dan dalaman jilbab.


Selain simpel HBO ini muat untuk 5 tas, tidak makan terlalu banyak tempat, cocok buat rumahku minimalis.


HSO/hand shoes organizer, selain buat nyimpan sepatu, bisa buat nyimpan jilbab instan/bergo.


Produk makanan UKM, yang kusukai adalah cireng, endog lewo, bajigur, panganan khas sunda ini sekarang ada di Semarang.


Nugget frozen kuro, ini adalah salah produk UKM milik temanku Agustina DJ.  Yang kocobain itu adalah nugget sayur, tekstur dan rasanya mengingatkanku pada combro cemilan urang sunda ☺. 

Nah kalau kalian milih jadi pengguna produk UKM seperti saya sekarang ini, atau mau jadi pelaku bisnis UKM.
Saya sendiri sih, suatu saat nanti pengen juga jadi pelaku UKM, kan dengan berbisnis dan berdagang adalah satu usaha yang dicontohkan oleh Rosullulloh.
UKM sebagai roda penggerak perekonomian rakyat, bisa menguntungkan bagi pemilik UKM itu sendiri, menambah devisa negara, membuka lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi angka pengangguran.

Tulisan ini diikutkan dalam giveaway "UKM sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat" yang diadakan Agustina DJ.