Sunday, February 28, 2016

Wisata santosa stable

February 28, 2016 10 Comments
Tadi siang aku sama suami ke santosa stable, hasil googling, nemu google map, ikuti petunjuk google map.
Rute dari rumah kami plamongan indah ke tol gayam sari keluar tol manyaran, ambil arah mijen BSB, terus belok kiri jalan jatibarang, lalu kanan jalan , keluar di jalan leban, ada petunjuk arah santosa stable, jalannya sempit dan banyak tikungan, naik turun, kesini bisa juga ambil arah dari BSB lurus Kubota, jatisari, arah mijen jalan hm.hadisubeno, terus lurus ada balai benih belok kiri di pertigaan depan indomaret terus ikuti petunjuk arah santosa stable.


Masuk ke santosa stable antri panjang jalan sempit diatur sama pengelola biar gantian mobil masuk keluar, bayar parkir mobil 3ribu rupiah.


Depan pintu masuk bayar lagi 5ribu rupiah per orang.
Gerbang pintu masuknya lumayan unik. Harus melewati kali mobilnya.



 
Tempat keliling naik kuda ditarif 50ribu rupiah




Kandang kuda


Antri naik kuda disini

 
Tempat keliling naik kuda


Bisa juga foto ama kuda hehe


Narsis dulu



Mungkin ini biasanya main perosotan pake ban tapi tadi gak ada airnya.
Atasnya ada tempat makan tapi gak ada nasi katanya sih abis cuma ada mendoan aja dicocol sambel kecap.
Di bawah ada juga cafe ada tempat main anaknya.
Sama juga menu sup buntut ama ayam lalap komplit tapi katanya harus ngantri lama karena nasinya abis, kita pesan batagor ama tahu selimut dan lemon tea hangat total 40 ribu rupiah, dan nunggunya hampir 1jam.
Pemandangan di cafe liat sawah heu.

 
Area bermain anak




Yah lumayan pemandangan adem dan gerimis, bisa jadi tujuan wisata murah meriah pula.
Tapi kalau menurut saya bedalah ama lembang hehe.












Monday, February 15, 2016

Pantai marina

February 15, 2016 7 Comments
Masih semarang juga, tepatnya semarang barat dekat kampung laut atau PRPP, sudah 5x sepertinya berkunjung ke pantai ini, pernah hanya berdua pakai motor, pakai motor dan mobil bareng ortu dan adik2 2x, bareng kakak ipar ma ponakan, dan kemarin bareng mertua.

Pantai Marina sekarang ada yang naik perahu keliling di batas tanda pantai juga di tepian yang tidak terlalu dalam ada anak2 berenang, juga banyak bapak2 yang memancing ikan.
Banyak juga yang jualan makanan dari pecel, sate, rujak ma siomay, juga kelapa muda. Ada musola dan toilet juga dan ada kandang kancil.

Tiket masuk pantai marina lumayan murah hanya 4 ribu rupiah per orang.
Di pantai marina juga banyak yang menabur bunga atau larung (menebar abu jenazah).






Friday, February 12, 2016

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

February 12, 2016 21 Comments
Waktu hari senin kemarin bapak mertuaku operasi katarak di rumah sakit islam sultan agung semarang, domisili bapak di ponorogo, sebelumnya minta rujukan dari rumah sakit harjono ponorogo.

Rentetan surat rujukan lumayan panjang, pertama minta rujukan dari dokter askes atau bpjs yang tertera di kartunya, selanjutnya minta rujukan dokter rumah sakit harjono yang dokter mata dan rumah sakitnya, ada lagi surat rujukan bpjs ponorogo ke bpjs semarang (nah surat ini waktu kemarin kurang).

Proses mau operasi juga lumayan abis waktu seharian, berangkat dari rumah jam setengah 6 pagi, lewat tol nyampe sana jam 6 pagi.

Naik ke lantai 2 bagian eye center, ternyata sudah banyak yang antri, berkas kelengkapan fotokopi 2rangkap masing2 ktp, kartu askes/bpjs, surat rujukan 3 dari dokter mata, rs ponorogo dan bpjs ponorogo, jadi totalnya 5lembar x rangkap 2 jadi 10 lembar.



Disini setelah dipanggil berkas dikasih nomer antrian untuk selanjutnya di loket 1 dientri data dan diperiksa kelengkapan data juga konfirmasi pihak rs sultan agung ke bpjs semarang dan ponorogo karena kalau gak ditanggung bayar biaya operasi tunai 8juta 500ribu rupiah untuk satu mata dan lensa yang bagus 750ribu rupiah, lumayan kan heu.
Kalau ditanggung bpjs biaya operasi saja 8juta 500ribu rupiah, tapi lensa yang standar gratis,tetapi jika memilih lensa yang bagus bayar lensa 750 ribu rupiah saja untuk 1 mata.
Operasi tidak bisa sekaligus 2 mata karena yang ditanggung bpjs satu mata untuk satu waktu tindakan, kata bagian loket 1.
Di loket 1 kita kurang syarat rujukan yang dari bpjs ponorogo ke bpjs semarang,tetapi karena jauh untuk kali ini acc tapi jika operasi satu mata lagi persyaratan harus dilengkapi, padahal sebelumnya kita sudah nunjukin fotokopi berkas dan katanya sudah lengkap di bagian penumpukan berkas.

Akhirnya dari jam 6 antri dapet no.6 untuk ke loket 1, setelah beres di loket 1 dapet no.antrian 12 untuk periksa di ruang 1, terus waktu loket 1 disuruh milih dokter, kita milih dokter Harka laki2, yang lainnya dokternya perempuan semua.

Waktu periksa dari satu ruangan ke ruangan lainnya lumayan agak lama, bapak periksa ruang 1 dulu, terus ruang 6 periksa langsung sama dokternya boleh didampingi keluarga, lanjut ruang 2, ruang 1 dan 2 hanya pasien yang boleh masuk, terakhir di ruang 3 untuk tanda tangan persetujuan operasi, suamiku sebagai anaknya bertanggungjawab tandatangan dan bapak sebagai pasien juga harus tanda tangan, untuk selanjutnya ke ruangan karantina sterilisasi dan nunggu giliran operasi. Dari jam 6 pagi pe jam 10 pagi proses ini kami lalui.

2minggu berlalu tibalah kontrol mata kiri, dan ternyata dokter menganjurkan untuk operasi katarak mata yang kanan juga karena sudah matang.
Dan betul selama ada label kontrol dari dokter pasien masih bisa menggunakan rujukan sebelumnya, betul kata mas yang di front office waktu memperlihatkan berkas dulu.
Oalah dalah tiwas balik lagi ponorogo mesake mertua bulak balik, tetapi ambil hikmahnya saja bisa terapi kaki dulu disana.
Proses dan prosedur operasi mata kanan sama seperti operasi mata kiri dulu, ditanggung BPJS juga dan hanya bayar lensa 750ribu rupiah.



Setelah jam 10 itu bapak masuk ruangan ini tidak keluar2 lagi, sampe akhirnya setengah 4 sore baru keluar, kok batinku lebih cepetan dokter perempuan pasiennya sudah pada keluar.

Sebelum jam 10 itu disela menunggu periksa itu sarapan dulu dengan menu ayam goreng tepung ama nasi seporsi 14 ribu rupiah di cafetaria karena daerah rs sultan agung agak susah cari makan di luar rs, cafetaria pun laris manis.


Akhirnya proses yang memakan waktu 9jam itu beres juga operasi katarak mata sebelah kiri bapak.
Perban boleh dibuka setelah 3jam tepatnya jam 7malam, setelah itu boleh dibuka dan ditetesi obat mata 3jenis untuk anti nyeri, anti infeksi dan antibiotik masing2 satu tetes tiap 2 jam sekali selama 24jam.
Untuk mata yang kanan pun sama dikasih obatnya dan perlakuan perawatannya.

Besoknya selasa disuruh kontrol, dateng jam 7 seperempat kebagian no.14, seperti biasa kasih berkas rujukan serta ktp dan kartu bpjs masing2 2rangkap lagi ke bagian penumpukan berkas lalu ke loket 1 lagi, dan kemudian periksa di ruang 1 dan ruang 6 periksa dengan dokter harka, dokter harka kadang meninggalkan ruangan dulu jika harus operasi lasik atau ada pasien gawat karena kecelakaan mesti operasi saat itu juga, waktu kontrol tidak bayar lagi dan hanya dikasih obat tablet natrium diklofenak untuk nyeri.

Dari nunggu setengah 8 pagi kontrol beres jam 10 pagi.
Untuk selanjutnya obat tetes mata kemarin dilanjut tiap 3jam sekali dari jam 7 pagi sampe 7 malem alias 12jam sehari sampai obat tetes mata habis juga tabletnya harus dihabiskan, selanjutnya nunggu kontrol selasa minggu depan.

Tiap kali kontrol harus bawa fotokopi masing2 2 rangkap.
Bapakku tidak disuruh pakai kacamata hitam, cuma manti di akhir kontrol harus ganti kacamata, entahlah apakah yang harus pakai itu yang operasi lasik atau lensa standar yang gratis.
Karena ini pakai lensa yang bayar 750ribu yang bagus.
Melihat pasien lainnya juga ada yang harus pakai kacamata hitam dan ada yang tidak.



Tuesday, February 9, 2016

Bukit cinta Ambarawa

February 09, 2016 3 Comments
Waktu sabtu kemarin dari rawa pening terus ke daerah banyubiru ambarawa ada bukit cinta, disini naik dikit pake tangga, tiket masuk per orang 6 ribu rupiah, parkir 2 ribu rupiah.

Disini ada tempat mainan anak2 seperti ayunan, ada joglo di atas atau babancong dalam bahasa sunda, ada tempat kaya makam petilasan juga, ada perahu juga buat keliling rawa.
Sandal jepit 5 ribu rupiah heu murah banget.
Banyak pohon rindang adem banget ditambah hawa mendung romantis hihi.
 
 
di sudut rawa pening

 
belakang kita babancong kata orang sunda mah

 
ada nelayan yang sedang mencari ikan pakai jaring dan perahu

 
bisa sewa perahu disini

 
ikon bukit cinta naga

 
di depan kepala naga

 
kalau yang mau naik perahu ada pelampungnya kok jadi aman

rawa pening ambarawa

February 09, 2016 0 Comments
Sabtu kemarin kita ke ambarawara tepatnya rawa pening rest area di tengah sawah, cuaca mendung bikin angin semilir enak adem.

Masuk ke rawa pening cuma bayar 5 ribu rupiah parkir mobil, kecuali mau naik perahu keliling rawa, atv, mobil listrik atau vespa kecil atau memancing bayar lagi, tarifnya beda2.
Kita hanya duduk lesehan sambil menikmati suasana pemandangan sawah bukit disana.

Udara segar, jadi pengen ngemil, kita jajan rujak satu wadah cup 10 ribu rupiah, kerupuk tela besar 5 ribu rupiah, pisang keju isi 4 buah 10ribu, wedang jahe segelas 5 ribu rupiah, tempe mendoan isi 10 biji 12 ribu 500 rupiah. Tempe kedelai belum jadi satu pasang isi 2 1 ribu rupiah beli 10 biji jadi 5 ribu rupiah, tape ketan 6 biji 5 ribu rupiah.

Di rawa pening juga ada flying fox. Tempat2 makan di atas kolam rawa seperti saung2.

 
ada patung gajah dan beca air

 
banyak anjungan di atas air tapi kosong
 
 
rawa pening ini masih ada sawah dan pemandangan gunung, asri ya

 
langit dan sawah seakan waktu berhenti disini bikin betah

 
bisa juga mengitari rawa dengan perahu

 
bisa juga flying fox disini.

Saturday, February 6, 2016

Penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti

February 06, 2016 2 Comments
Demam berdarah dengue/DBD,  Chikungunya dan zika semuanya disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.
Yang membedakan adalah gejalanya.

DBD gejalanya demam tinggi sepanjang hari, sakit kepala, nyeri saat menggerakan bola mata, nyeri punggung kadang disertai pendarahan dan trombosit turun, masa inkubasi  4 pe 7 atau 14 hari, kasus berat bisa nyeri ulu hati, pendarahan saluran cerna, syok hingga kematian.

Cikungunya gejalanya badan terasa demam diikuti linu di persendian, timbul rasa pegal2, ngilu, juga rasa sakit pada tulang, nyeri sendi juga terasa di tangan, jari, lengan dan bahu, timbul bintik2 kemerahan, masa inkubasi 7 pe 10 hari, sering disebut flu tulang, demam biasanya 5 hari disertai pendarahan ringan, ruam2 merah setelah 3 pe 5 hari, kelumpuhan sementara, sakit bila berjalan, kadang timbual mual muntah.
Bedanya dengan demam berdarah tidak ada pendarahan hebat, renjatan maupun kematian.

Gejala kena virus zika, demam, lemas, sakit kepala, nyeri otot dan sendi masa inkubasi sampai satu minggu, kemerahan di tubuh, konjungtiva/ mata kemerahan karena radang, setelah pemeriksaan laboratorium beda dengan DBD virus zika tidak menurunkan trombosit, akan tetapi pada ibu hamil menyebabkan bayi lahir kepala kecil/ mikrosefali.

Pencegahannya bisa dengan pemberantasan sarang nyamuk, menguras bak mandi, penampung air disikat pe bersih hingga telur nyamuk hilang, menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air, semprot seluruh ruangan dengan obat antinyamuk banyak merknya ya, atur cahaya dan ventilasi rumah, bisa pake kelambu saat tidur, jangan sering menggantung pakaian dalam rumah, 3M (mengubur, menimbun dan menguras), bersihkan selokan depan rumah agar mengalir lancar, air kolam ikan harus bersih.

Makanan yang meningkatkan trombosit yaitu kurma, angkak, sayuran hijau, jambu merah dan gandum utuh.

Semoga kita semua sehat semua, beberapa tabloid, koran dan internet membahas hal ini sekarang karena lagi musim hujan.


Wednesday, February 3, 2016

guru gaul guru galau bener2 gaul dan no galau

February 03, 2016 5 Comments
Berawal di hari senin ketika niatan ngantor, tiba2 ditelfon bose suamiku bahwa akan datang big bos dari jakarta, jadi sebagai suami istri yang kerja di satu line perusahaan gak boleh ketauan bisi jadi masalah.
Hmm padahal sih dah baca peraturan kontrak kerja dan undang2 gak ada kalimat yang melarang, lagipula kami itu beda perusahaan walau satunya produsen satunya distributor.

Ya udahlah kata suamiku ikut aja ke ungaran ke pabrik biskuit salah satu custumer perusahaan suamiku.
Ooh iya ingat ke mbak dedew rumahnya kan di ungaran ama mbak devi, ntar anter mampir rumahnya ya mas kataku,iya kata suamiku sudah beres urusan pasti dianter.

Setelah whatsapp-an ama mbak dedew tibalah di rumahnya, rumahnya enak ada angin semilir sepoi2 adem serasa di bandung atau bogor hehe.
Kita disuguhin minuman anget bandrek dan air putih, walau pedes enak sih biar gak masuk angin dan gejala flu batuk hush2 sana hihi.

Ngobrol ngalor ngidul senengnya karena sudah lama tidak berjumpa, karena masih jam kerja harus balik kantor lagi kita pamitan, dan dikasih buku 4g guru gaul guru galau plus ttd-nya mbak dedew, wah senengnya.
Kita berdua emang penggemarmu mbak, suamiku aja ikut baca buku anak kos dodol begins dan anak kos dodol konco, sayang belum ada ttd-nya hehe.
Sebelum pamitan pulang difoto dulu dunk, pengennya lama2 tapi belum ke kantor plus ambil gaji wkwkwk.

Pulangnya diajakin maem lewat whatsapp sama mbak devi dan mas drajat soto sedep banyumanik ditraktir pula, sambil curcol tentang belum ada momongan sekaligus nitip service nano sprayku yang rusak.
Senin itu happy banget dewh tambah naik gaji walau gak seberapa Alhamdulillah ya sesuatu pisan.


Setelah ngantor 2hari ini seharian ini di rumah baca buku 4G ini mesem2 sendiri, wah jadi nostalgia nih inget pas zaman smp sama smu dan pas ngajar di smk.

Tokoh pak ruben yang ramah alias rajin menjamah, diriku pernah ngalamin pak guru fisika waktu smp mirip gitu omes alias otak mesum rajin mencolek atau meraba2 miniset siswi2, untung gak pernah dicolek, serem emang, salut di novel ini ada tokoh mariana, gladys, riko dan ega yang kreatif bikin gurunya sadar, dulu mah zaman diriku smp gak kepikiran ya, yang ada takut aja.

Tokoh pak prabu sang idola, sama pernah ngalamin waktu smp bapak guru bahasa inggris sampai kalau dia ngajar semuanya seneng sorak sorai, suatu waktu dibayarin ongkos angkot seneng banget deh bikin siswi lain ngiri hehe. Tapi pak guru bahasa inggrisku dulu gak punya pacar satu sekolah kaya pak prabu ama bu raissa hehe.

Ada juga dulu kepsek tempatku ngajar mirip banget mr. roar pak galang tokoh novel ini yang pencitraan sok calm tapi padahal galak suka teriak misuh2 heuheu, maaf ya pak hehe.

Ada juga temanku ngajar satu profesi semua2 diduitin dijual ke murid2 mirip pak bayu yang matre hehe, iya juga sih ya kok ya kasian toh murid2 dan entar ada karmanya lho kaya tokoh pak bayu di novel 4G ini kecele di akhir.

Diriku zaman ngajar dulu suka jadi tempat curhat anak2, tapi aku tidak mirip bu mina yang suka nulis blog cerita anak2 hihi, dan aku takut nyetir ama naik motor, klo bu mina kan dandanan vintage ama suka naik mobil motor lawas heuheu.

Menurutku kalau buku ini jadi sinetron laris deh soalnya mengangkat kejadian sehari di sekolah masa sma, wah ntar kalah deh film nostalgia sma hehe.

Mbak dedew emang top dewh kece badai bisa meramu cerita lucu tapi tidak berkesan menggurui ini.
Semoga buku ini ada bagian 1, 2 dst. ya mbak dedew, bisa kaya anak kos dodol banyak versinya sampe difilmkan.
sukses terus buat mbak dedew.