Dari buku jadi komik bukunya mbak dedew (anak kos dodol) dan mbak rahmi (mak irits)

Tentu sudah pada kenal kan sama mbak Dewi Rieka atau yang akrab disapa mbak Dedew dan mbak Rahmi aziza yang terkenal dengan sebutan emak irit 😊.
Senin kemarin saya agak telat menghadiri talkshow buku jadi komik bareng mbak Dedew dan mbak Rahmi.
Karena di kantor akhir bulan sibuk numpuk faktur dan mendadak ketika mau pulang ada tamu dari GPFI.

Saya mengikuti percakapannya, Mbak Dedew katanya ketemu Pak Jati dulunya ketika buku anak kos dodol yang best seller itu dijadikan komik 😊.
Pengalamannya jadi anak kos waktu di Yogya dijadikan cerita dalam anak kos dodol ini, bahkan sempat lho AKD difilmkan, hebat ya ☺.
Mas Tepe juga bertanya awal mula senang nulis, kata mbak Dedew dulu pindah dari Bogor ke Semarang, dan sempet gak dapet kerjaan setaun pe nulis diary isi puisi cinta 100, terus dari situ senang ngeblog, lalu ditawarin nulis bertema, ada beberapa cerita di Anak Kos Dodol /AKD ditulis blog, lalu diminta nulis, dan mbak Dedew menemui tokoh2 di AKD kemudian ditulis jadi naskah AKD, sempat ditolak penerbit karena beda visi misi, akhirnya jodoh dengan Gradien Yogya terbitlah AKD.
Pas 2012 silam mbak Dedew menangkap momentum saat Raditya Dika muncul dengan kambing jantannya.

Saya juga sempat bertanya ide nulis sering dapet dari mana, kata mbak Dedew beliau sering stalking ke sosmed, lihat dari status2 anak2 SMU dan ABG sehingga bisa jadi deh 1 buku, contohnya buku 4G.

Saya sudah baca buku AKD begins dan bareng konco ngakak abis lucu 😁. 2 buku AKD beli di Gramedia ketika waktu itu sempat diajak nobar bareng mbak Dedew film AKD tapi tidak ada mase yang anter jadi gak ikutan hehe.

Dan 4G juga lucu, eh bener juga lho pernah mengalami beberapa kejadian kaya di buku 4G waktu sekolah jadi murid dan ngajar jadi guru 😊. Ini hadiah dari mbak Dedew waktu main ke rumahnya bareng suami Februari lalu hihi.
Review buku 4G pernah saya tulis di blog saya.

Mbak Dedew adalah ketua IIDN Semarang, ibu dari Nay dan Alde, salah satu founder blogger Gandjel Rel dan co founder ID Corners, hobi nulisnya sudah dari kecil, dan buku mbak Dedew genre komedi dan anak.


Mas Irfan tanya kenapa ibu2 bisa menulis cerita remaja bahkan anak2, mas Irfan ini baru lulus 4taun jadi sarjana tapi belum bisa move on pakai jaket almamater jadinya hehe, mbak Dedew menjawab wah katanya merasa tertohok hihi, ditambahkan oleh mas Tepe sama halnya dengan mas Irfan mbak Dedew juga susah move on dari kisah ngekos dan kuliah dulu makanya jadi buku, bahkan mas Tepe apa kelanjutan cerita anak kos dodol after lulus dan menikah gitu dibikin buku katanya 😊.
Mbak Dedew juga sering nulis parenting, tentang ASI, job review, menerima endorse dan diundang sana sini untuk nulis liputan. Tetapi lebih senang nulis tentang remaja dan anak2, masih baper dan gagal move on juga remako/remaja kolot candanya ☺.



Sekarang AKD bisa dibeli paket komplet di google play lho,
Menurut mbak Dedew kuncinya biar punya buku sendiri, sering eksis dan narsis di blog, update lalu share tulisan di blog, bikin tulisan kita makin enak dan renyah buat dibaca, mas Tepe menambahkan kalau dengan rajin nulis jadi terlatih ibarat kata kue udah empuk dan renyah tidak bantat lagi hehe.
Profesi menulis tidak usah dari lahir tapi bisa dilatih apapun profesinya pasti bisa nulis, ungkap mbak Dedew.

Saya juga kembali diminta share sama mas Tepe, kata mas Tepe saya ngefans sama mbak Dedew, karena dari 3 kali acara hadir selalu nyebut nama mbak Dedew, iya karena saya juga jadi rajin ngeblog dari Desember 2015 pe sekarang karena motivasi dari mbak Dedew, sering ditawarin dan diajak buat liputan juga, dari yang gaptek deh pe mbak Dedew screnshoot dulu jadi bisa nulis blog hihi, walau kenal udah dari 2010 waktu sama2 ikutan bisnis MLM 😁 dan gabung IIDN juga REOS dulu.

Ya saya juga kemarin bilang bahwa ngeblog bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.
Mas Tepe juga tanya berapa bayaran jadi blogger kalau diundang, saya hanya bilang bahwa mungkin tidak sebesar di Bandung, Jakarta atau Yogya, karena sudah pada tahu semua UMR Semarang hihi, dan kalau besarannya silahkan inbox mbak Dedew 😀.
Yang jelas sesuai judul blog saya warna warni hidup banyak diundang event dari finansial seperti manulife dan sunlife, bidang jasa seperti bluebird dan jne, kesehatan program kemenkes sms bunda, kosmetik clinique, fashion obermain dan hush puppies, mayanlah dapet produk, wawasan baru terutama, kalau uang atau voucher lumayanlah buat beli quota nulis blog dan transport hehe. Mas Tepe menambahkan pintar nangkap peluang, ya sempat dia bilang maruk, bukan maruk tapi rajin pengen belajar kan hidup berwarna hihihi.

Nah mau tahu tentang mbak Dedew lebih banyak ayo mampir ke blognya aja, kalau facebooknya katanya ada 2 tapi sudah full friends, toko nabihah.com dan semarang.com.

Ntar kalau ketemu minta kartu namanya aja biar nanti bisa belajar dan chit chat langsung ya 😊. Mbak Dedew baik hati dan tidak sombong kok. Cita2nya pengen banyak nulis buku lagi lalu terbit katanya.
Menurut mbak Dedew blog kita itu ibaratnya adalah tempat curhat sekaligus portofolio dan memperluas networking 😊.



Mbak Rahmi Aziza yang identik banget dengan mak iritnya, pembaca mak irit selain emak2 banyak juga anak2 dari mulai kelas 5 SD.
Mbak Rahmi juga sering ikut pelatihan kepenulisan dan idenya diambil dari kejadian sehari2, sekeliling, lalu harus cepat dicatet, isu politik atau kejadian yang lagi booming katanya.
Mbak Rahmi juga bikin buku mak irit diendorse mbak Dedew.
Menurut mbak Rahmi ngeblog itu dari curhat jadi nulis lebih terarah, latihannya ya dengan gabung komunitas dan sering nulis blog.
Strategi meningkatkan pembaca di blog adalah dengan gabung komunitas nulis, lalu saling komen dan berkunjung ke blog masing2.


Ini lho buku mak irits yang cinta gratisan ini irit banget deh tapi lucu ☺.
Behind the screen mbak Rahmi ternyata sama, bahwa saya juga kalau nulis artikel blog itu disela2 masak, nyetrika ma jemur baju, beberes rumah juga heuheu, ya namanya juga emak2 ya hihi, istri soleha gitu lho harus pinter ngurus anak, suami, rumah, sama cari duit 😊.


Nah kalau komik mak irit saya belum baca, karena bukunya baru dapet kemarin, kalau webtoonnya ngikutin pe update-annya pasti dibaca 😁.
Yang punya gadget bisa baca di webtoon juga lho.
Kalau pas kopdar ada waktu senggang saya juga suka bertanya sama mbak Rahmi tentang blog, pasti langsung praktek diajarin.
Mbak Rahmi juga ibu 2 anak dari Thifa dan Hana.
Mbak Rahmi juga salah satu founder dari blogger gandjel rel yang isinya emak dan embak 😊.
Cita2nya pengen komik mak irits masuk webtoon internasional.
Pengen lebih kenal mbak Rahmi ayo mampir di blognya makirits.com.

Saya doain cita2 mbak Dedew dan mbak Rahmi tercapai, insyaAllah dengan kebaikan kalian menulari virus nulis dan menjadi jalan rezeki bagi orang lain, insyaAllah Allah permudah semua urusannya Aamiin.



Di acara talkshow kemarin juga hadir mas Hanri, sebelah mas Tepe seorang komikus, yang cita2nya pengen ngomikin terus buku karya mbak Dedew 😊



Acara talkshow kemarin ditutup dengan foto bersama 😊.








Komentar

  1. Makasih mba reviewnya..
    bermanfaat bangeet, mb vita bener2 rajin, cepet up date nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak, Alhamdulillah masih sempat jadi langsung nulis 😊

      Hapus
  2. sayang kemarin nggak bisa datang.. :(
    tapi baca reportasenya mbak Vita, jadi tahu lah..gambaran acara kemarin seperti apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak ika biasanya hadir, iya mbak 😊

      Hapus
  3. Mak dew keren ya mbak ada aja ide nulisnya dan karyanya emang bagus2. Aku jg ngwfans ama beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak dew idenya mengalir terus udah hobinya nulis dari kecil katanya, dan nurun kayanya ama Nay 😊

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang