Infertilitas

Sabtu 27 agustus lalu, aku dan suamiku mengikuti seminar, tentang kemajuan teknologi infertilitas merupakan harapan baru dalam mewujudkan si buah hati.




Wah ternyata pesertanya banyak banget, kebanyakan pasangan suami istri yang sudah lama mendamba adanya si buah hati.
Seminar dimulai dengan penjelasan dari dr.Fadjar Siswanto, Sp.OG(K).
Anda ingin punya anak?begitu tutur dr.Fadjar, kebetulan kami pun sudah mencoba inseminasi dengan beliau, tapi belum berhasil.

Apa sih infertilitas itu?kata dr.Fadjar infertilitas adalah ketidakmampuan hamil setelah melakukan hubungan suami istri secara teratur lebih dari 1 tahun.

Ada 2 jenis infertilitas:
1.Infertilitas primer : tanpa KB lebih dari 1 tahun tetapi belum        hamil.
2.Infertilitas sekunder : dengan KB, pernah melahirkan juga,            tetapi sulit lagi untuk hamil.

Apakah penyebabnya:
Bisa dikarenakan gangguan tiroid jangka panjang, sering sakit pinggang, pegal dan keputihan sehingga ada perlekatan tuba.
Dan penggunaan pembasmi nyamuk semprot terlalu sering, obat nyamuk semprot menggunakan metil chlorine/pestisida bisa mengganggu kesuburan, karena bisa nempel pada seprei dan masuk ke kulit.
Bisa juga akibat dari sering menggunakan celana ketat baik suami/istri.
Stres psikis, banyak pikiran, di usia produktif tidur cenderung tidak efektif, karena biasanya pikiran masih melayang kemana-mana.

Skortum pada pria harus selalu adem, di bawah 37 dejarat celcius, gak boleh kepanasan. Juga pada suami tidak boleh ada infeksi pada saluran sperma.
Indung telur wanita pun harus sehat, bebas kista (terutama kista coklat yang cenderung cepat kambuh), miom dan tidak hidrosalping juga pcos.

Sel telur bersifat monogami, jadi hanya satu yang bisa membuahi. Kalau sel sperma bersifat poligami, cenderung berlomba-lomba membuahi sel telur.
Usia sperma yang bagus adalah 3-5 hari atau 4 hari belum dikeluarkan.
Ciri wanita pas masa subur adalah suhu tubuh tinggi, temperamen tinggi dan ada cairan vagina.

TORCH bukan urutan pertama penyebab sulit hamil, akan tetapi kelainan sperma, sel telur dan kekentalan darah sangat berpengaruh.
3 faktor utama untuk kehamilan yang baik yaitu, keadaan indung telur, saluran rahim dan sel sperma, juga tidak adanya infeksi.
Pemeriksaan infertil bisa diketahui dengan SIS, cek sperma, HSG,USG transvaginal juga test kit pada pasangan suami istri, baik saluran dan hormonal dan antibodi.

Salah satu peserta seminar sharing dan bertanya, mereka sudah inseminasi 3x, bayi tabung di Gladiol 1x, pernah operasi kista endometrium dan ada hidrosalfing 1 cm sudah diambil, juga sudah HSG, dokter menjawab memang kita manusia hanya bisa berikhtiar dan berdoa, Alloh Tuhan kitalah yang memutuskan ikhtiar kita berhasil atau tidak.
Inseminasi kemungkinan berhasil hamil adalah 8-15%.
Bayi tabung sekitar 30-45% keberhasilannya, jadi tidak ada jaminan 100% berhasil.

Hmm betul juga setelah inseminasi gagal, rasanya sedih gak karuan, malah asam lambung naik jadi sakit, mending ikhlasin ma jalan-jalan aja berdua suami waktu itu ke Dieng, cukup bikin happy.
Tidak mudah lho bagi pasangan yang udah tes ini itu, program ini itu terus belum berhasil, rasanya wow gitu.
Dokter Fadjar juga bilang jangan katakan mandul, itu nyakitin, atau mupu anak deh, atau kurang sedekah, itu bisa bikin down pasangan yang belum punya momongan.

Ada lagi yang sharing pasangan yang pas program bayi tabung bayi tabung, post embrio transfer gak nempel di rahim, jadi gagal.
Memang kata dokter Fadjar pas menanam embrio ke rahim itu harus pas waktunya, kualitas embrio harus bagus, kalau embrio bagus pasti nempel di rahimnya.

Istilahnya window implatation membrant antara pesawat dan landasan encouring.

Ada lagi kasus sperma oligosperma, varikokel, operasi kanan kiri, setelah operasi menjadi oligosperma, terato dan astheno.
Jadi gimana dok katanya, dokter bilang kualitas sperma dilihat dari jumlah, gerak dan morfologi harus bagus semuanya, kurang bagus salah satunya bisa susah membuahi sel telur.

Jika sudah pernah gagal inseminasi, setelah pernah pakai obat penyubur juga gagal, harus diteliti lagi, apakah ada hidrosalping atau autoimun lekosit.

Ada lagi peserta seminar bilang sudah laparoskopi, pernah hamil 3x tapi gugur usia 2 bulan, itu penyebabnya abortus berulang karena kelainan genetik.

Saya pun bertanya kenapa inseminasi kemarin bisa gagal, kata dokter fadjar bisa akibat jumlah sperma kurang dari 2jutaan harusnya di atas 5juta.
Tidak perlu pemeriksaan ulang kalau tidak adanya infeksi, bisa coba lagi inseminasi.
Hemm biaya nya itu yang bikin stress, mending banyakin puasa senin kamis, jalan-jalan, shalat malam dan sodakoh aja, sambil tawakal doa terus ma Alloh, kagak punya duitnya apalagi program bayi tabung kudu ada 50 pe 60 jutaan, dari hongkong kali yee,, haha..

Nah dr.Arie Sutanto, Sp,OG(K), menjelaskan kenali kelainan yang berpengaruh terhadap kesuburan.
Stres harus dihindari, dibawa happy, ini yang kadang susah, ketika ditanya berapa anaknya mesti jadi stres haha,,
Harus terpenuhi gizinya, banyak zinc dan selenium, 4 sehat 5 sempurna.
Makin muda katanya makin baik untuk hamil, jangan di atas 38 tahun, tuh kan stres lagi usiaku 35, suamiku 37, piye iki, pasrah ajalah..



Acara ditutup dengan sharing motivasi seorang bapak dan ibu yang menunggu 10 tahun buat punya anak, mereka pun sama dengan kita gunta ganti dokter, pernah berhenti dulu program karena terbatas biaya, si bapak kerja di angkasa pura, sempet stres juga, gagal inseminasi hampir 5x, bayi tabung 1x, dan ketika dia benar2 pasrah kudu ngapain lagi, ketika bayi tabung kedua kali padahal sel telur istrinya yang bagus cuma satu, dan dia 2x buat dipilih spermanya yang bagus, stres galau gak karuan eh malah jadi, ini semua berkat kebesaran Alloh, bagi Alloh tidak ada yang tidak mungkin, doa terus ikhtiar terus, jangan patah semangat dan harapan.
Ujian dari Alloh, duit juga dari Alloh, berhasil tidaknya juga karena Alloh, medis dan manusia hanya perantara.

Wah saya sama suami jadi semangat, yakinlah di balik ujian ini mau 8 tahun berumah tangga, asal solid menjalani, insyaAlloh kami nanti diberikan buah hati anak kandung kami sendiri.
Ikhlas, sabar dan tawakal itu kuncinya, yakin iman pada qada dan qadar Alloh, berprasangka baik pada Alloh, doa adalah senjata terampuh bagi kita umat muslim, secanggih apapun metodenya jika Alloh belum kasih ya gak berhasil, tapi justru di saat kita benar-benar pasrah malah Alloh kasih, yakin aja 😇.

Komentar

  1. Semoga Allah mudhkan mb vita dan suami utk dpt momongan. Aamiin

    BalasHapus
  2. Semangat ya vita tak ada yang tak mungkin bagi Allah, temanku ada yang 15 tahun baru dikasih anak, usia mau 40 baru hamil, Cynthia lamusu tahu2 hamil kembar.. Allah maha segala, semangaaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak dew, harus yakin sama Gusti Alloh yang Maha Segalanya, kudu rajinin FC dan olahraga lagi, makasih ya 😊

      Hapus
  3. Semangat mbak... aku waktu kuret berulang sempat program ini itu juga, terus suami tes sperma juga, ternyata hasilnya memang jumlahnya tidak sebanyak yang seharusnya... sudah down dan pasrah aja deh waktu itu, dikasih alhamdulillah nggak ya berarti disuruh pacaran terus...

    Nothing impossible lah buat Allah.. tanteku 8 tahun juga baru dikasih momongan, sudah 35an juga waktu itu... kapan hari waktu ikut seminar kesehatan ada yang 17 tahun baru dikasih momongan...

    Tetap semangat ya mbak... honeymoon lagi aja... tapi jangan pake jalan2... staycation aja mbak.. nginep hotel semalam atau dua malam.. nikmatin waktu di kamar... ngobrol ngalur ngidul.. sayang2an... hehe... dulu waktu Ifa, aku n suami gitu rahasianya :D :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Delman resto semarang

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang