Friday, October 14, 2016

Umbol Ponggok Klaten

Rabu kemarin setelah pekerjaan suami beres di Jogja, sorenya sekalian pulang,  kita mampir ke umbul ponggok Klaten.
Umbul Ponggok ini  terletak di desa ponggok pulonharjo Klaten,  ditempuh 1jam perjalanan kalau dari Jogja. Tepatnya di Jl. Ponggok KM 1 Polanharjo.


Harga tiket masuk Umbul Ponggok ini seorang Rp15.000 dan dapet snack stick duri ikan nila. 



Dekat gerbang masuk umbul ponggok kita juga ditawari buat foto paketan dengan fotografernya. 
Foto underwater 30menit background batu dan terali besi Rp 60.000.
Kalau 1jam Rp 100.000.


Property foto bayar lagi,  becak/motor/set love/ayunan Rp 100.000.
Sepeda Rp 30.000.
Tenda Rp 75.000.
Set kursi Rp 100.000.
Tv/laptop&kursi Rp 60.000.



Sewa masker snorkel Rp 13.000.
Pelampung Rp 7.000.
Kaki katak Rp 7.000.
Kalau sewa bayar di muka,  sama ninggalin KTP. 


Sewa loker buat nyimpan tas dan baju ganti Rp 3.000.


Kalau kamar mandi bayar Rp 1.000 kalau cuma ganti baju atau pipis,  jika mandi Rp 2.000.


Umbul ponggok adalah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkling yang terkenal di Klaten. 
Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda ukuran 50x25 meter. Kedalaman 1,5-2,6 meter. 
Airnya jernih dan segar di badan,  tidak bau amis walau banyak ikan,  karena airnya mengalir terus. 
Dasar kolam umbul ponggok bukan keramik,  melainkan bebatuan dan pasir juga banyak ikan warna warni sehingga seperti di laut.  Banyak digunakan latihan diving buat penyelam pemula. 

Bagi yang mau foto underwater gak usah takut walau gak bisa berenang,  bisa sewa pelampung,  dan dibantu oleh operator merangkap fotografer. 


Sembari nunggu operator datang,  kita bisa duduk di pinggiran kolam sambil menikmati suasana,  liat ikan warna warni ataupun berenang. 



Di umbul ponggok disediakan juga kolam anak, sehingga anak-anak aman berenang disini. 

Kalau mau foto underwater sebaiknya kita pemanasan dulu renang-renang,  dan latihan nyelam sambil nahan nafas, biar tubuh gak kaget dan kita gak panik. 


Untuk nyampe dasar kolam,  pelampung kita lepas,  operator mengikatkan pemberat di pinggang kita. 
Nah yang background batu ikan ini,  saya mencoba beberapa kali gagal,  tidak kuat nahan nafas di bawah sini apalagi kudu sambil senyum hehe,  rasanya engap banget dan kaya tenggelam hihi.  Suami saya yang berhasil mencoba foto disini. 
Kita berdua juga gak bisa renang. 

Nah mas operator sekaligus operatornya sangat baik dan telaten,  saya dianter ke tengah kolam yang ada besinya,  nunggu foto selanjutnya,  sembari nunggu suami yang ambil foto di dasar kolam ada batunya itu. 

Hhmm kok rasanya dingin,  takut tenggelam juga,  mana berat karena pinggang udah dikasih pemberat,  dan tangan saya satu pegang besi juga kaki napak besi,  dan tangan satunya pegang pelampung,  rasanya deg-degan banget,  jadi bayangin gimana kalau di laut hii. 


Nah kalau ada besinya ini saya berani karena berdua dan bisa pegangan,  walaupun sayang sebenernya karena takut dan agak panik juga gak bisa renang hanya sedikit yang pose fotonya bagus,  yang lainnya lucu jadinya haha. 

Eh tapi seru lho,  jadi ketagihan lagi foto underwater dan nyelam hehe. 
Pas jelang 30menit malah kita jadi betah di dasar kolam,  sudah pinter nahan nafas sambil pose bagus,  eh keburu waktunya habis deh.

Wajarlah kemarin kan baru permulaan jadi agak shock hihi. 
Kapan-kapan nyoba lagi ah kesini bareng keluarga besar kayanya lebih seru,  ayo uji adrenalin di umbul ponggok,  sebagian tiket yang kita beli juga disumbangkan amal. 


Beneran lho foto di bawah air kolam umbul ponggok bikin ketagihan,  kita udah mandi dan ganti baju jadi pengen nyoba nyemplung lagi buat foto underwater,  cuma udah makin sore setengah 5 , dan sebaiknya sebelum jam 4 sore ya kesini biar masih ada fotografernya dan bisa sewa property juga. 


















15 comments:

  1. Seru juga yaa umbul Ponggok, dalam ya vit? Airnya jernih yaa, aku takut hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dalam, kalau pertama pe dasar eungap pisan heu, harus latihan pernafasan, tapi kalau udah berhasil sekali pe dasar asyik mbak dew, ketagihan heuheu

      Delete
  2. Pengeen mba..tapi aku ga bisa renang jg mb :(
    Tak kira itu imitasi lho mba awalnya, tnyt beneraan..keren

    ReplyDelete
  3. Pengeen mba..tapi aku ga bisa renang jg mb :(
    Tak kira itu imitasi lho mba awalnya, tnyt beneraan..keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita juga gak bisa berenang, tapi berhasil menyelam pe dasar dan foto underwater cha heuheu

      Delete
  4. Dipi ga bs berenang mba vit.. Hahaha, tpi pgn snorkeling n foto cantik pake gaya kyk mba vit gitu. Menarik tempatnya. :)
    Salam
    Dipi-bandung-www.dipiwarawiri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dipi boleh dicoba foto underwater di umbul ponggok pasti ketagihan abis asyik dan seru 😊

      Delete
  5. Pengen banget ke Umbul Ponggok, budgetnya lumayan juga ya mba buat sewa ini- itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku properti sepeda, motor dll.nya enggak rin, cuma bonus kemarin properti bunga aja, sama sewa pelampung dan loker juga kamar mandi buat ganti baju ama mandi, dan tiket masuk juga foto sewa kamera sekaligus fotografernya 60ribu, jadi total abis berdua 114 ribu aja kok ☺

      Delete
  6. whoa seru banget.. tadi pas awal kaget kalo masuknya cuma bayar 15 ribu, tapi pas baca terus ternyata property fotonya bayar lagi ya.. hihihi.. boleh lah dicoba nih kalo main ke klaten.. :D

    ReplyDelete
  7. Another BW from Lombok.
    Semoga suatu hari bisa main ke Klaten, terutama ke Umbul Ponggok ini.
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak bunsal, iya aku juga pengen ke Lombok, udah kemana-mana, Bali belum heuheu

      Delete
  8. mantaff bangett tempatnyaa nihh..sebagai referensii lumayann buatt ke sanaaa....masukan daftar list traveling..hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kok walau di kolam renang tapi serasa di laut underwaternya

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup