Monday, November 28, 2016

Kegemukan dan kesuburan

November 28, 2016 24 Comments
Minggu kemarin, aku dan suami diundang hadir di seminar kesehatan, Kegemukan dan Kesehatan Reproduksi di SMC Telogorejo.
Pembicaranya dr. Arie Sutanto, Sp.OG. spesialis obstetri, ginekologi dan bayi tabung, dan dr. Arien Himawan, M.Kes, Sp.GK. spesialis gizi klinik.

Obesitas bisa pengaruh ke fertilitas, rata-rata setelah menikah berat badan melonjak naik.
Dan kegemukan/obesitas adalah suatu penyakit, karena erat kaitannya dengan penyakit metabolik dan peningkatan lemak pada perut.

Nah cara menghitung BMI/body mass index adalah dengan berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan, contoh beratku 56 kg, tinggi 1,6 m.
Jadi 56: (1,6×1,6) = 21,875


Nah ini dia tabel BMI, berdasarkan WHO Amerika dan Asia, kita mah ikut Asia aja karena Indonesia pan ya.

Kenapa kita harus memperhatikan BMI, karena efek obesitas pada kesehatan reproduksi yaitu, gangguan siklus haid, gangguan ovulasi, gangguan reproduksi pria, aku dan suami termasuk melonjak dratis hampir naik 15kg-an, BMI-nya sih normal, tapi berat badan yang melonjak mempengaruhi hormon reproduksi.

Karena berat badan waktu gadis cuma 38 kg dan sekarang jadi 56 kg, aku terkena sindroma ovarium polikistik sel telur banyak tapi kecil-kecil hingga sulit ovulasi, tandanya ada kumis tipis, rambut rontok dan haid gak teratur, siklus panjang. Yang normal itu siklus haid 21 pe 32 hari, wah aku mah kacau banget deh 38 hari pe 45 hari heu. Tapi kadang normal sih. Nah ikut seminar ini jadi paham, asal mulanya dari makanan, jika sering ngemil kue, coklat, minum susu pasti siklusnya panjang deh.
Tapi jika rutin olahraga minimal jalan kaki setelah subuh 30 menit dan makan buah pagi hari siklus normal.

Dan kata dokter kemarin jangan ngemil atau tiduran apalagi sambil nonton drama korea yang panjang, mending banyak gerak deh, wah merasa tertohok pantes kemarin telat mundur haidnya hehe secara nonton dram korea mulu sambil tiduran hihi.

Naik berat badan dan pcos juga akibat stress, karena stress bikin kita pengen makan yang manis-manis.
Sementara gula dan karbo itu gak bagus buat tubuh.

Walaupun yang obesitas itu bisa hamil, tapi ada resiko, gestastional diabetes, preeklamsia, persalinan prematur, bayi besar, nurun pada anaknya obesitas juga, ini dialami kakak iparku dulu hamil anak kedua obesitas, preeklamsia akhirnya operasi sesar dengan bayi prematur, dan benar saja sekarang ponakanku juga obesitas hii.

Nah kalau pada pria obesitas bisa menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan ketika istrinya hamil mengalami keguguran.

Penyebab kegemukan atau obesitas adalah bisa turunan/genetik, kurang aktifitas fisik, kebiasaan ngemil, dan stres.

Komplikasi dari kegemukan bisa terkena hipertensi, stroke, katarak, jantung, diabetes, kolesterol, asam urat, osteoartitis, pcos, sakit liver dan pankreas, tumor dan kanker.

Kalau terlanjur obesitas kita harus merubah pola hidup dan pola makan.
Diet, banyakin aktifitas fisik jangan mager alias malas gerak, dengan obat dan operasi.

Diet obesitas bisa dengan prinsip terapi gizi, memilih jenis terapi gizi, komposisi diet, membuat menu dan mengatasi masalah.


Nah ini dia komposisi diet yang seimbang, bukan sama sekali tidak boleh karbo tapi dikurangi, banyakin serat dan protein, kurangi juga lemak.
Kita harus mengurangi makanan yang mengandung fitoestrogen yang menghasilkan estrogen tidak bagus buat kesehatan dan kesuburan.
Yang tinggi fitoestrogen yaitu kacang-kacangan terutama kenari, minyak sayur, produk kedelai, sereal dan roti, produk daging.
Nah caranya jangan terlalu sering konsumsi tahu, tempe, roti, kue, kacang dan daging yang tinggi lemak juga kolesterol.

Banyaklah makan makanan yang mikronutrien, banyak mengandung kromium, zinc, iodium, magnesium,coenzim, vitamin B, omega 3, vitamin E, vitamin D.
Banyaknya sih di ikan, dan kita kurangi mengolah masakan dengan digoreng, apalagi gorengan jangan sering-sering deh, ikan dipepes, atau sayuran ditumis dan banyak dimasak pakai kuah bening tapi gak banyak santan, hindari juga makan makanan kalengan dan sudah dipanaskan atau dihangatkan berulang-ulang.


Yuk jaga kesehatan tubuh kita, sehat itu mahal.
Diriku sendiri juga lagi berusaha nih, pcos fighter juga.
Es krim dan susu suka banget, tapi sekarang ganti yoghurt.
Kue bolu, brownies dan coklat juga keju kujuga suka, pizza hmm, sekarang harus ganti konsumsi biskuit dan roti dari tepung gandum.
Hot cokelat, kopi, dan milo kuga sereal suka banget, sekarang harus dihindari deh, mending jus buah aja deh.
Memang yang enak-enak itu bikin gak sehat, tapi yang bikin sehat kadang kita males konsumsi masih tergoda aja nyicipin, kaya cireng cimol, batagor, baso aci waduh itu tepungnya berapa, sekarang kulkas isi buah, sayur, ikan aja, daging rendah lemak.
Dan ternyata susu kedelai tempe tahu juga memicu pcos.
Yah padahal suka, cuma kudu diganti sayur-sayur, buah-buah, masak sayur bening, pepes ikan, nasi ma kentang kurangi.
Kentang pun gulanya gak bagus buat pcos.



Yang pcos fighter, yuk kita rubah pola hidup dan pola makan, mungkin selain sehat dan langsingnya ntar bisa lekas hamil bonusnya, aku pun masih belajar diet sehat nih 😊.
Yang obesitas dont worry, gak ada kata terlambat diet dan olahraga yuk ☺.










Thursday, November 17, 2016

UKM membantu perekonomian masyarakat

November 17, 2016 19 Comments
                                   

Istilah UKM tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, ya usaha kecil menengah.
Waktu tahun 2014 lalu, saya pernah diundang ke acara PEMKOT/pemerintah kota Semarang dan DINPERINDAG/Dinas perindustrian perdagangan kota Semarang di Balai Kota.
Acara tersebut dimaksudkan agar kita mendorong UKM untuk lebih maju dalam menghadapi MEA/masyarakat ekonomi asean.
Para narasumber membahas tentang betapa potensialnya UKM di negara kita pada umumnya, juga Jawa tengah pada khususnya.
Dari kerajinan tangan, produk makanan dan minuman olahan, juga kain batik.

Nah dalam menghadapi MEA para pelaku UKM juga perlu memperhatikan label sertifikasi produknya, sudah dipatenkan apa belum, kalau makanan halal atau tidak, bisa diurus ke DINPERINDAG, DINKES/dinas kesehatan, dan BBPOM/balai besar pengawasan obat makanan, juga PEMKOT setempat.
Dan waktu halal bihalal taun ini acara GPFI/gabungan perusahaan farmasi dan GP jamu/ gabungan perusahaan jamu, dibahas tentang potensi Jawa Tengah untuk mengembangkan UKM jamu biar go internasional, tentunya harus memenuhi standarisasi ekspor. Bayangkan kalau berhasil bisa menambah devisa negara kita.
Nah untuk mengasah keterampilan pelaku UKM dan kualitas produk UKM itu sendiri, pelaku UKM harus sering mengikuti pelatihan dan up date sertifikasinya, pemerintah sering kok mengundang peserta UKM untuk ikut pelatihan di Balai Kota.
Dan jangan lupa harus menguasai bahasa, selain bahasa daerah tentunya, bahasa nasional Indonesia harus bisa pastinya, dan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris mau gak mau biar kita bisa bersaing di era MEA.

Saya sudah lama menggunakan dan mengkonsumsi produk UKM, beberapa diataranya yaitu :



Tas, ada yang dari kain batik yang warna hitam biru itu, ada yang tas rajut warna ungu, tas dari akar wangi warna oranye, dompet anyam merah dan rajut ungu, produk UKM ini selain cantik juga awet lho.


Ini HBO/ hand bag organizer, selain buat tas bisa untuk nyimpan boneka lho, kalau saya lebih suka ada resleting di pinggir kanan kiri jadi tidak kena debu.


Selain buat tas dan boneka, bisa juga HBO ini buat nyimpan pasmina dan dalaman jilbab.


Selain simpel HBO ini muat untuk 5 tas, tidak makan terlalu banyak tempat, cocok buat rumahku minimalis.


HSO/hand shoes organizer, selain buat nyimpan sepatu, bisa buat nyimpan jilbab instan/bergo.


Produk makanan UKM, yang kusukai adalah cireng, endog lewo, bajigur, panganan khas sunda ini sekarang ada di Semarang.


Nugget frozen kuro, ini adalah salah produk UKM milik temanku Agustina DJ.  Yang kocobain itu adalah nugget sayur, tekstur dan rasanya mengingatkanku pada combro cemilan urang sunda ☺. 

Nah kalau kalian milih jadi pengguna produk UKM seperti saya sekarang ini, atau mau jadi pelaku bisnis UKM.
Saya sendiri sih, suatu saat nanti pengen juga jadi pelaku UKM, kan dengan berbisnis dan berdagang adalah satu usaha yang dicontohkan oleh Rosullulloh.
UKM sebagai roda penggerak perekonomian rakyat, bisa menguntungkan bagi pemilik UKM itu sendiri, menambah devisa negara, membuka lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi angka pengangguran.

Tulisan ini diikutkan dalam giveaway "UKM sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat" yang diadakan Agustina DJ.












Thursday, November 10, 2016

Waspada terhadap kanker

November 10, 2016 20 Comments
Sebagai wanita tentunya kita harus pandai merawat diri dan kesehatan. Biar kita bisa mendampingi suami dan membesarkan anak hingga dewasa nanti.
Apa sih kanker, kanker itu biasanya sel yang mematikan, merusak daya tahan imunitas tubuh.
Pemicunya dari radikal bebas, kebanyakan konsumsi makanan instan dan banyak pengawet, pola hidup dan makan yang tidak sehat, polusi, rokok.

Banyak saya dengar cerita tentang kanker baik kanker payudara dan kanker rahim.
Kanker payudara dulu sepupunya mamah saya dan tetangga ibu kos.
Saya pernah lihat sepupu mamah saya pe diangkat payudayaranya karena kanker, jadi rata.
Tetangga ibu kos payudaranya rusak digerogoti kanker sampai meninggal.

Yah terkadang memang sudah takdir juga, tetapi ya bisa dicegah, atau diobati hingga sembuh lagi asal semangat dan disiplin.
Nah baik yang kanker payudara dan rahim ada yang bertahan hidup atau survival kanker, ada pula yang tidak bertahan.

Dari orang-orang yang pernah mengalami kanker, saya banyak belajar, bahwa kita harus pandai memilah makanan yang kita makan, pernah mereka bercerita karena seneng banget sama mie instan atau pake bumbu MSG juga ayam boiler.
Nah karena kita punya hormon juga, bisa-bisa jika toksin pemicu kanker ada dalam tubuh, suatu saat aktif ya jadi kanker.
Olahraga, istirahat yang cukup, mengurangi makanan dan minuman berpengawet dan banyak buah juga sayur bisa detoksifikasi toksin penyebab kanker.
Menurut survival kanker, kita juga harus sering berpositif thinking, tidak memendam rasa  marah atau negatif dalam jiwa, banyak zdikir.
Kalau sudah kena, perbaiki pola makannya, makan yang sehat banyak sayur buah dan protein juga serat dan menghindari radikal bebas.
Pola hidup dan pola pikir juga, karena kurang istirahat itu tidak baik buat tubuh, jangan sering lembur atau nonton tv ampe malam.
Kanker itu belum ada obatnya, tapi setidaknya obat baik medis ataupun herbal bisa menghilangkan sel kanker, caranya biar sel kanker itu gak hidup lagi ya harus disiplin betul dalam pola makan, pola hidup dan pola pikir. Harus yang sehat dan tidak memakan makanan yang dapat memicu kanker.

Ada juga hal sederhana bisa dilakukan dengan sedari dini periksa payudara setelah haid, dengan 3 jari gerakan memutar searah jarum jam, periksa ada benjolan atau tidak.
Ada juga buah dan sayuran juga herbal alami yang mencegah kanker dan bisa mengobati biar sel kanker tidak aktif lagi atau meluas, jika dikonsumsi rutin yaitu tomat, temu putih, temu lawak, temu mangga, wortel, asparagus, lobak, brokoli, buncis, kacang panjang dan toge.


Ayo lawan kanker hingga akhir buat survival kanker, tidak ada yang tidak mungkin bagi Alloh asal kita mau usaha dan berdoa.

Yuk dukung teman atau saudara yang kena kanker agar tetap semangat menjalani hidupnya, #finishthefight #gopink #breastcancerawareness.


Yuk ladies mulai sekarang kita rawat tubuh kita dengan makanan dan asupan nutrisi yang sehat.
Dan tunjukan pedulimu dengan mendukung gerakan "Lets finish the fight" #breastcancerawareness #go pink 😊.





Cantik luar dalam di Usia Cantik

November 10, 2016 53 Comments
Besok Desember di hari ibu, usiaku pas 35 tahun, usia yang menurut dokter tidak mungkin hamil secara alami, tapi aku yakin menurut Alloh tidak ada yang tidak mungkin.
Di usia 35 tahun ini, aku mengalami ketenangan batin, kemapanan dalam penghasilan, kedewasaan yang bertambah.

Semua doa dan keinginan sudah dicapai di usia 35 tahun ini, umroh, rumah sendiri dan kendaraan pribadi, yang menurutku Alhamdulillah sudah cukup.

Ya usia 35 tahun sudah banyak suka duka kulalui, tapi setelah menghitung nikmat Alloh banyak sukanya ternyata.
Di saat usia 20-an, mengalami hal tidak mengenakan pasti langsung nangis, usia 35 tahun ini lebih tegar, jika ada yang gak suka denganku ya biarin ajalah, aku tetap silaturahmi ama dia. Toh sebaik apa pun diriku pasti ada yang gak suka, dan gak bisa maksa buat semua orang suka sama diriku ya kan.

Nah di #usia cantik 35 tahun ini daku harus memelihara pikiran positif, bagiku baik kejadian senang atau sedih seijin Gusti Alloh kok, pasti selalu ada hikmahnya, ingat qada qadar yang telah ditulis di Lauhul Mahfuz-Nya sudah takdir Ilahi Robbi.
Dan yang baik menurutku belum tentu baik menurut Alloh, yang buruk menurutku juga belum tentu buruk menurut-Nya.
Biasanya akan menyadari setelah di depan nanti.
Dan jangan pula berandai-andai kalau seperti ini dan itu, juga hindari perdebatan, karena skenario Alloh pasti yang terbaik bagiku.

Cara merawat kecantikan batin menurutku adalah dengan mengaji, shalat 5 waktu, sedekah, puasa sunah dan shalat sunah, mendekatkan diri dengan selalu beribadah bisa mengerem kita berbuat tidak baik, dan akan terpancar kecantikan dari dalam/inner beauty. Dan jangan suka suudzon, berprasangka buruk pada orang lain itu tidak baik, lebih baik khusnuzon/berprasangka baik pada orang lain, dan sebisa mungkin dalam sikap dan tutur kata dijaga, agar tidak menyinggung atau menyakiti orang lain.

Kalau kecantikan lahir aku harus pandai merawat wajah, karena tidak dipungkiri noda hitam di wajah dan kerutan akan muncul di usia 35 tahun ini, ketika usia 28 tahunan aku sering pakai produk L'Oreal, karena efektif memelihara kelenturan dan mencegak flek hitam. Memang harganya agak lumayan tetapi hasilnya sesuailah, tidak mengecewakan, seiiring dengan waktu suka gunta ganti kosmetik, tetapi wajahku yang sensitif ini tetep cocok dengan produk L'Oreal.
Nah selain kosmetik banyak asupan sayur dan buah juga air putih dan olahraga bisa bikin kita cantik lho.



Ini ceritaku di #usiacantik ini. Banyak hal yang patut kusyukuri, selalu bersyukur, nikmat dari Alloh akan bertambah insyaAlloh.
Nikmat sehat, iman, pasangan yang baik, ortu yang masih ada dan sehat, karir yang stabil, komunitas yang hebat, saudara yang sayang, tetangga yang baik, ponakan yang lucu, itu adalah anugerah terindah.
Dengan selalu bersyukur dengan dukungan orang terkasih membuatku makin cantik di usia cantik 35 tahun ini. Tanpa doa mereka aku tidak akan sukses.


Di usia cantik 35 tahun ini refleksi diri buatku, banyak bercermin, apakah aku sudah jadi istri soleha buat suamiku, apakah aku sudah jadi anak yang berbakti buat ortuku, apakah aku sudah menjadi patner yang baik buat rekan kerjaku, apakah aku sudah baik sebagai seorang teman dan sahabat juga tetangga.


"Lomba Blog ini diselenggarakan oleh BP  Network dan disponsori oleh L'Oreal Revitalift Dermalift."






Tuesday, November 8, 2016

Khoja resto (nasi mandhi,biryani&kebuli)

November 08, 2016 16 Comments
Tau nasi biryani dan kebuli kan, dulu pertama kali makan tahun 2013 waktu di Mekah, menu makan di hotel ada nasi Biryani, dan pas mau miqat dari Taneem, ditraktir makan nasi Biryani oleh pembimbing kita. Waktu itu ingat porsinya senampan gede dan daging ayam satu ekor, minumnya jus jeruk, sensasi makan waktu itu gak bisa lupa, abisnya enak sih.
Nah udah lama nih pengen makan lagi, baru tau di Semarang ada, rekomemdasi mbak Uniek nih.
Jadilah minggu lalu kita makan siang di Khoja resto.
Letaknya di Jl.Pandanaran I No.33 Semarang. Masuknya gang Pandaranan I samping toko buku Merbabu.


Nah ini dia resto Khoja.


Tempat parkir mobil dan motornya lumayan luas.


Dalam resto Khoja dihiasi oleh background kaya mau hajatan ya, kaya di film India 😊.
Begitu masuk udah terdengar alunan musik India.


Kita bisa milih duduk di meja kursi ini atau lesehan.
Ada es krim walls dan aice juga disini. Juga berbagai snack khas India juga dijual disini.


Kita milih duduk disini lesehan, di atas karpet permadani, dan ada gorden juga kaya film India persis hehe.




Nah ini dia deretan menu di khoja resto, ada nasi biryani, kebuli, cemilan roti maryam madu dan kacang almond, emping.
Bagi yang gak doyan makan daging kambing kaya aku, ada daging sapi dan ayam kok.
Kalau porsi buat 3 orang dan banyakan itu dikasih di nampan kaya di Arab dan India. Cuma kita kan cuma berdua jadi pesan porsi personal aja di piring.


Nah ini dia pesanan kita nasi kebuli khoja sapi, sepiring itu Rp 33.500, rempahnya pas enak, ada acarnya, ada sambel goreng ati sapi, daging sapi dan telurnya. Dimakan sama emping makin endess.


Nah kalau ini nasi biryani khoja sapi, ada empingnya, daging sapi, tiap bulir nasi biryaninya enak banget, dilengkapi tomat, irisan bawang bombay dan acar tomat cabe bawang, perpaduan yang klop banget. Sepiring ini dibandrol Rp 39.500.




Berbagai minuman hangat, dingin dan aneka jus pun ada di khoja resto.


Nah kita pesan es teh khoja rasa, aku rasa blackcurrant, suamiku rasa jahe, segelas penuh es teh ini Rp 12.500, saking hausnya udah abis setengah gelas, cocok diminum saat terik siang hari.


Nah kalau ini krupuk magesty, 1 bungkus plastiknya Rp 6.500.
Pas liat pertama kata suamiku ini kok kaya kicimpring atau opak singkong itu. Eh pas dimakan ternyata ini krupuk kentang lho, enak.


Yuk nyobain sensasi makanan khas Arab dan India di Khoja resto yang sensasional 😊.

Kalau minat buka cabang dan jadi mitra bisnis Khoja resto juga boleh kok, hubungi 085641641918, jadi pengen buka di Garut atau Bandung nih ☺.





















Friday, November 4, 2016

De Mata Jogja

November 04, 2016 17 Comments
Sabtu malam kemarin, kita ke De Mata Museum Jogja, bisa foto 3D disini, yang Indonesia aku baru ke De Mata, yang dulu pernah 3D art gallery di Bangkok Thailand.
Kalau mengambil foto 3 dimensi kita harus sesuaikan angle di petunjuknya, biar hasil fotonya sempurna.


Harga tiketnya Rp 40.000 per orang dewasa.


Kita nyobain foto disini, masukin kepala ke dalam kotak berisi banyak cermin, nanti yang ambil foto di sebelah ujungnya, bisa minta bantuan petugas yang disana ya.


Ini foto pra wedding ya bukan pre wedding heuheu.


Yang ini suasanya kaya di Belanda, ngeteh ada pemandangan bunga tulife dan kincir angin ya, semoga suatu saat nanti bisa ke Belanda beneran ya Aamiin.




Yang ini seolah2 mau jatuh dari air terjun ya hihi.



Kalau yang ini seolah ada di dalam kolam ikan dan snow ball ya.


Kaya lagi elus-elus ikan paus beneran hehe.


Lagi piknik dekat menara pisa ceritanya wkwkwk.

Nah kan gimana mau nyoba narsis di 3D De Mata Jogja, sekarang gak usah jauh ke luar negeri Indonesia juga ada lho 😊.










Thursday, November 3, 2016

The Sahid Rich Jogja Hotel

November 03, 2016 12 Comments
Saya dan suami sering banget ke Jogja, nah kalau lebih dari 1 hari, biasanya nginep di hotel, selama ini kita udah pernah nginep di Lynn hotel, Kangen hotel, Griya Persada hotel, dan Sabtu kemarin kita staycation di The Sahid Rich Jogja.
Tempatnya dekat dengan Jogja city mall dan Kangen hotel. Di jalan Magelang-Jogja.

Nah kemarin itu kita kebagian nginep di lantai 19, hmm tinggi banget, di liftnya pun lama lho heuheu.
Sementara yang lainnya teman suami beserta anak istrinya di lantai 9 semua.

Wah aku emang takut ama ketinggian, tapi kalau udah di atas mah seneng-seneng aja tuh.
Sensasi yang kurasakan jika gordennya dibuka kaya tidur di atas awan, atau lagi di pesawat 😊.


Dari Semarang pagi jam 8, ke Kopeng dulu main pe jam 11.20, mampir ishoma di grand artos mall. Cek in di hotel The Rich Jogja 14.30.


Di Lobby kita disuguhi minuman es kuwud dan infuse water.


Nah ini dia tempat tidurnya, nyaman banget, betah disini heu.


Di sudut kursi itu bisa dipake sholat dengan di atasnya ada petunjuk arah kiblat, karena lumayan luas bisa berjamaah berdua suami.


Nah ada kursi depan meja rias ini juga cermin, perlengkapan dandan bisa ditaruh disini dengan rapi.


Dipojok kamar ada lemari plus gantungan baju juga brankas buat barang berharga, komplit deh.


Ada TV LED berikut tayangan Indovision.


Nah spot ini buat bikin teh atau kopi, lengkap beserta air mineral, teh, kopi, krimer, gula, dan teko pemanas. Ada lemari pendingin juga.


Westafel lengkap dengan toiletriesnya.


Toilet dan tempat mandi berikut shower di balik kaca, handuk bersih dan air panas.


Pemandangan siang itu di balik jendela kamar lantai 19, kamar 1905.


Sambil ngopi dan ngeteh, kita ngobrol sambil lihat bawah sini, ke jalan raya, perumahan, kolam dan gazebo bawah itu.


Kalau ini pemandangan sore hari.


Malam hari pun, masih bagus dengan gemerlap cahaya lampu.


Nah ini pemandangan pagi harinya.

Alhamdulillah atas semua nikmat yang Alloh telah berikan kepada kita.


Makin siang langit makin biru, Subhanalloh indahnya.

Karena kami harus sarapan, maka kita turun ke bawah.


Saya milih buah dan salad campur yoghurt, cheese chifon cake dan sereal campur susu, menu lainnya ada nasi goreng, dan nasi beserta sayur dan daging, mie dan siomay pun ada.


Setelah sarapan kita berkeliling di bawah dekat lobby dan lantai 1. Kamar kita di lantai 19 atas sana, tinggi banget ya, mobil pun di parkir di mall, karena ramai ada komunitas moge yang ada acara sumpah pemuda.


Di gazebo ini banyak pasangan yang melakukan foto pre wedding, bagus ya.


Kolam renangnya berhadapan dengan kamar-kamar di lantai 1, yang nginep di lantai 1 ada pintu keluar langsung ke kolam ini.


Ada taman juga disini.


Ada kids corner juga di hotel ini. Sebelah restorannya dan atasnya ada kolam renang juga.


Staycation di The Rich Jogja sangat menyenangkan, fasilitasnya komplit banget, ada spa juga ☺.