Kegemukan dan kesuburan

Minggu kemarin, aku dan suami diundang hadir di seminar kesehatan, Kegemukan dan Kesehatan Reproduksi di SMC Telogorejo.
Pembicaranya dr. Arie Sutanto, Sp.OG. spesialis obstetri, ginekologi dan bayi tabung, dan dr. Arien Himawan, M.Kes, Sp.GK. spesialis gizi klinik.

Obesitas bisa pengaruh ke fertilitas, rata-rata setelah menikah berat badan melonjak naik.
Dan kegemukan/obesitas adalah suatu penyakit, karena erat kaitannya dengan penyakit metabolik dan peningkatan lemak pada perut.

Nah cara menghitung BMI/body mass index adalah dengan berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan, contoh beratku 56 kg, tinggi 1,6 m.
Jadi 56: (1,6×1,6) = 21,875


Nah ini dia tabel BMI, berdasarkan WHO Amerika dan Asia, kita mah ikut Asia aja karena Indonesia pan ya.

Kenapa kita harus memperhatikan BMI, karena efek obesitas pada kesehatan reproduksi yaitu, gangguan siklus haid, gangguan ovulasi, gangguan reproduksi pria, aku dan suami termasuk melonjak dratis hampir naik 15kg-an, BMI-nya sih normal, tapi berat badan yang melonjak mempengaruhi hormon reproduksi.

Karena berat badan waktu gadis cuma 38 kg dan sekarang jadi 56 kg, aku terkena sindroma ovarium polikistik sel telur banyak tapi kecil-kecil hingga sulit ovulasi, tandanya ada kumis tipis, rambut rontok dan haid gak teratur, siklus panjang. Yang normal itu siklus haid 21 pe 32 hari, wah aku mah kacau banget deh 38 hari pe 45 hari heu. Tapi kadang normal sih. Nah ikut seminar ini jadi paham, asal mulanya dari makanan, jika sering ngemil kue, coklat, minum susu pasti siklusnya panjang deh.
Tapi jika rutin olahraga minimal jalan kaki setelah subuh 30 menit dan makan buah pagi hari siklus normal.

Dan kata dokter kemarin jangan ngemil atau tiduran apalagi sambil nonton drama korea yang panjang, mending banyak gerak deh, wah merasa tertohok pantes kemarin telat mundur haidnya hehe secara nonton dram korea mulu sambil tiduran hihi.

Naik berat badan dan pcos juga akibat stress, karena stress bikin kita pengen makan yang manis-manis.
Sementara gula dan karbo itu gak bagus buat tubuh.

Walaupun yang obesitas itu bisa hamil, tapi ada resiko, gestastional diabetes, preeklamsia, persalinan prematur, bayi besar, nurun pada anaknya obesitas juga, ini dialami kakak iparku dulu hamil anak kedua obesitas, preeklamsia akhirnya operasi sesar dengan bayi prematur, dan benar saja sekarang ponakanku juga obesitas hii.

Nah kalau pada pria obesitas bisa menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan ketika istrinya hamil mengalami keguguran.

Penyebab kegemukan atau obesitas adalah bisa turunan/genetik, kurang aktifitas fisik, kebiasaan ngemil, dan stres.

Komplikasi dari kegemukan bisa terkena hipertensi, stroke, katarak, jantung, diabetes, kolesterol, asam urat, osteoartitis, pcos, sakit liver dan pankreas, tumor dan kanker.

Kalau terlanjur obesitas kita harus merubah pola hidup dan pola makan.
Diet, banyakin aktifitas fisik jangan mager alias malas gerak, dengan obat dan operasi.

Diet obesitas bisa dengan prinsip terapi gizi, memilih jenis terapi gizi, komposisi diet, membuat menu dan mengatasi masalah.


Nah ini dia komposisi diet yang seimbang, bukan sama sekali tidak boleh karbo tapi dikurangi, banyakin serat dan protein, kurangi juga lemak.
Kita harus mengurangi makanan yang mengandung fitoestrogen yang menghasilkan estrogen tidak bagus buat kesehatan dan kesuburan.
Yang tinggi fitoestrogen yaitu kacang-kacangan terutama kenari, minyak sayur, produk kedelai, sereal dan roti, produk daging.
Nah caranya jangan terlalu sering konsumsi tahu, tempe, roti, kue, kacang dan daging yang tinggi lemak juga kolesterol.

Banyaklah makan makanan yang mikronutrien, banyak mengandung kromium, zinc, iodium, magnesium,coenzim, vitamin B, omega 3, vitamin E, vitamin D.
Banyaknya sih di ikan, dan kita kurangi mengolah masakan dengan digoreng, apalagi gorengan jangan sering-sering deh, ikan dipepes, atau sayuran ditumis dan banyak dimasak pakai kuah bening tapi gak banyak santan, hindari juga makan makanan kalengan dan sudah dipanaskan atau dihangatkan berulang-ulang.


Yuk jaga kesehatan tubuh kita, sehat itu mahal.
Diriku sendiri juga lagi berusaha nih, pcos fighter juga.
Es krim dan susu suka banget, tapi sekarang ganti yoghurt.
Kue bolu, brownies dan coklat juga keju kujuga suka, pizza hmm, sekarang harus ganti konsumsi biskuit dan roti dari tepung gandum.
Hot cokelat, kopi, dan milo kuga sereal suka banget, sekarang harus dihindari deh, mending jus buah aja deh.
Memang yang enak-enak itu bikin gak sehat, tapi yang bikin sehat kadang kita males konsumsi masih tergoda aja nyicipin, kaya cireng cimol, batagor, baso aci waduh itu tepungnya berapa, sekarang kulkas isi buah, sayur, ikan aja, daging rendah lemak.
Dan ternyata susu kedelai tempe tahu juga memicu pcos.
Yah padahal suka, cuma kudu diganti sayur-sayur, buah-buah, masak sayur bening, pepes ikan, nasi ma kentang kurangi.
Kentang pun gulanya gak bagus buat pcos.



Yang pcos fighter, yuk kita rubah pola hidup dan pola makan, mungkin selain sehat dan langsingnya ntar bisa lekas hamil bonusnya, aku pun masih belajar diet sehat nih 😊.
Yang obesitas dont worry, gak ada kata terlambat diet dan olahraga yuk ☺.










Komentar

  1. karena stress bikin kita pengen makan yang manis-manis.
    Haaah... pantas klo aq stress maunya ngemil terus yg manis2
    Tambah bulat saja badanku hiks

    Mb vita semangat yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak biasanya kalau dikejar deadline ya, homesick atau lagi alone hihihi, iya mbak ku tetep semangat dan optimis 😊

      Hapus
  2. Ternyata kegemukan mempengaruhi kesuburan itu bukan sekedar mitos ya mbk, TFS ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak betul itu fakta, aku udah promil dari 2009, udah konsol dengan 11 dokter kandungan hehe, termasuk sering diundang ke acara seminar kesehatan, karena pernah insem di rs tersebut hihi

      Hapus
  3. Serius nih mba, dulu 38 kilo? Widih, langsing amat, aku aja dulu 42 kilo dibilang kuruss :D
    Yuk mari kita ikuti pola makan yg lebih sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbal ev, langsing banget, pas jadi pengantin itu masih 38kg heuheu

      Hapus
  4. Hihihi tertohok yg nonton drama korea ituh mbk. Kalo pengalaman temen2ku yg suka senam subur2 bgt orange. Jd kalo hamil berombongan. Ngefek banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak wahyu, aku kemarin sama rajin senam di sanggar senam perumahan, eh malahan pelatih senamnya sekarang pindah karena pisah ma suaminya, kalau yang jauh aku susah soalnya gak bisa naik motor dan mobil takut bawa sendiri hihi

      Hapus
  5. Siklus haidku panjang mungkin krn suka ngemil ya..hrs ngurangi ngemil nih tfs ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak kurangi ngemil yang tepung ma gula, mending ngemil buah ama olahraga juga

      Hapus
  6. aku bulan in i juga blm datang bulan...lupa bulan kemarin selesainya kapan...siklus normal 21-32 hari ya..harus aku inget2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tandain di kalender tin biar bisa ngitung siklus haidnya

      Hapus
  7. Siklus haidku panjang mungkin krn suka ngemil ya..hrs ngurangi ngemil nih tfs ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak bisa jadi karena terlalu banyak ngemil yang dari bahan tepung atau karbohidrat dan manis ada gulanya itu

      Hapus
  8. Wah berarti harus diperhatikan banget ini ya mbak, untung saja saya gak suka yg terlalu manis2 gtu, kecuali coklat sih hehe, seperti silverquin gtu.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi coklat juga gak boleh banyak-banyak

      Hapus
  9. sepertinya berat badan kita semasa gadis sama Mba, alhamdulillah BBku sekarang naik menjadi 49kg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak ira Alhamdulillah ya, walau baju banyak yang gak muat, dikasihin orang lain aja, iya dulu langsing, sekarang berisi 😊

      Hapus
  10. Menjaga pola makan mmg penting ya mba.. Tdk hanya utk menjaga bentuk tubuh tp lbh kpd menjaga kesehatan...

    BalasHapus
  11. Huhuhu jadi termenung mbak setelah baca ini 😢 hikss emang susah banget menjaga pola hidup sehat. Selalu tergoda dgn makanan yg enak" apalagi males olahraga. . 😰😰 hmmm thank you sharingnya mbaak. .

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Pcos itu policistik ovarium syndrom, alias sel telur banyak tapi kecil kecil

      Hapus
    2. Oh..wah untung aku alergi tahu tempe ternyata bagus jg ga mkn tahu tempe. Oya mba pernah periksa ke dr arien ga. Berapa biayanya?

      Hapus
    3. Iya tahu tempe kedelai Tak bagus untuk wanita, gak tau mbak belum pernah soalnya 😀

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang