Sunday, February 26, 2017

Takdir hidup kita sudah dirancang Alloh dan dituliskan dalam Lauhul MahfuzNya

February 26, 2017 24 Comments
Ketika diajakin mbak Rahma buat ikutan giveawaynya mbak Dian Onasis, saya Alhamdulillah tahun ini sudah benar-benar ikhlas masalah belum ada keturunan dalam rumah tangga kami, dalam kurun waktu 8 tahun menikah belum juga kunjung mendapatkan keturunan, tahun ke 9 ini bener legowo, mungkin betul seperti kata mbak Noorma sabar dulu dan shalat, Alquran dan hadis serta doa-doa untuk mendapatkan keturunan sudah sering kami rafal.
Ada titik balik saya mensyukurinya, karena kebahagian itu datang dari hati, bukan karena anak, harta atau faktor lingkungan, itu semua adalah perhiasan dunia.

Jangan pernah mengatakan yang belum punya anak itu belum dipercaya, justru jika ujian itu dikasih sama Alloh sesuai kemampuan hambanya.
Jangan nyinyir atau mencibir kepada wanita yang belum punya anak, karena wanita semulia Siti Aisyah istri Rosullulloh beliau dijamin masuk surga, tidak mempunyai anak.
Dan jangan sekali-kali bilang kurang sedekah, Yaa Alloh terima kasih sudah mengingatkan, tapi kita pun insyaAlloh suka kok zakat, infak sedekah, itu mah kewajiban sebagai muslim, pernahkah membaca riwayat kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria, beliau-beliau itu soleh dan dijamin masuk surga, tapi baru memperoleh keturunan di usia senja.

Yah manusia ya, pasti dilihat hanya hasil, dan tidak melihat prosesnya, sekarang kalau posting di medsos tentang anaknya begini dan begitu banyak orang dengan cueknya itu hal biasa, nah ya biasa juga dong kita share piknik, jalan-jalan ke luar negeri, kuliner, ya kan, bukan pamer juga, medsos kan tempatnya share kan ya, kalau curhat mah di buku diary aja, kalau masalah pamer mah tergantung niatnya ya, kalau niat kita kasih review dan pengalaman biar orang lain nyoba kulinernya dan tempat wisatanya jadi pengen bikin orang kesana juga itu mah gak pamer atuh heu, kasih informasi, apalagi selain apoteker merangkap blogger.

Balik lagi ke hati ya, nah ada lagi dulu mah suka tersinggung dengan omongan mupu anak aja, kalau sekedar kasih sumbangan ke anak yatim piatu rutin tiap bulan gak apa-apa, kalau adopsi itu tidak semudah bicaranya ya, itu tetep aja gak sedarah dan khawatir jika punya anak kandung jadi beda sayangnya.

Dan ada lagi nih ya yang bilang bayi tabung aja, sok atuh kasih kami biayanya ya, bukan gak mau, gak ada uangnya dan itu tuh bagi kami adalah jalan terakhir. Perlu dana yang besar dan mental baja.
Coba ya sebelum menyampaikan sesuatu itu raba dulu diri sendiri, aku mah gitu orangnya.

Bahkan ngobrol ama mbak Ima/Manda, justru banyak bersyukur, iya juga sih. Jujur ini mah aku ama suamiku gak pernah sedih hati lho akan masalah belum datangnya buah hati, bener, kami sedih itu justru ketika ada orang lain bicara ini itu dengan entengnya tanpa rasa bersalah. Seolah mereka sudah sempurna hidupnya, sudah punya segalanya, sudah diijabah segala doanya.
Kita mah yakin semua orang ada ujiannya masing-masing gak ada yang sempurna, misal ya banyak anak eh suaminya nikah lagi, ada anak jauhan ama suaminya, anak banyak tinggal serumah anak diurus pembantu, dibentak jika ingin sesuatu ada juga sampai dijewer atau dipukul, lho katanya cari uang demi anak gimana toh heuheu.
Nah ada anak suaminya gak perhatian, ada anak rezeki berupa materi sulit, ya beda-bedalah, tak bermaksud menilai orang lain, cuma bener lho hidup itu adalah dari sudut pandang mana kita bersyukur. Ada dari segi harta berlimpah dan suami juga dekat, kadang anak atau malah sendirinya sakit.

Berumah tangga selama 8 taun, dari ngontrak pe punya rumah sendiri, sudah bisa ibadah umroh, sudah punya kendaraan, pulang tiap lebaran ke rumah ortu dan mertua, masih bisa bagi rezeki ama saudara dan tetangga walau tidak banyak.
Masih sehat, bisa shalat, ngaji, puasa, makan minum enak, tidur nyenyak, suami yang baik dan mau bantuin pekerjaan rumah, antar jemput ke kantor dan acara blogger.
Adik dan kakak yang sudah pada cukup dengan rumah tangga masing-masing, ortu sudah beribadah haji, mertua sudah umroh, mereka punya gaji pensiun, sehingga tak pernah membebani anak-anaknya.
Anugerah yang patut disyukuri banget, sekarang ya tubuh kita sendiri aja titipan dari Alloh bukan milik kita, apalagi anak, harta, jabatan, suami, ortu pun semua titipan yang akan dimintai pertanggungjawabannya kelak. Jadi apa atuh milik kita itu, itu semuanya titipan aja dari Alloh buat kita. Dunia fana akhiratlah yang abadi.

Dan lihat anak jaman sekarang anak SMP aja beda dengan era kita dulu, malah kita sering di rumah sama ortu daripada main, keluar pun hanya untuk les komputer dan bahasa inggris.
Anak sekarang nonton bareng ma temannya, makan ama temannya, nah menjurus ke pacaran, MasyaAllah deh, gak semua sih, cuma kebanyakan sekarang gitu era 2000an beda dengan era 90an ya.

Nah aku dan suamiku kegiatan sehari-hari kerja, kalau aku ngantor gak tiap hari, pas barengan pasti pulangnya belanja kebutuham sehari-hari, shalat ma ngaji bareng, masak, beberes, jemur baju dari mesin cuci bareng sambil ngobrol, bahkan nyetrika pun berdua, apalagi travelling dan kuliner, kecuali kalau suami dapet gratis cuma buat dia sebagai karyawan.
Nah ya dilihat-lihat kerjaan kami pun tidak terlalu sibuk yang jadi kurang piknik, justru dengan misal suami keluar kota sembari visit custumer, setelah beres ya jalan-jalan dong ke tempat wisata dan icipin kulinernya. Ini makin membuat aku bersyukur terus, jika jauhan whatsappan terus kita.
Apa coba yang harusnya kukeluhkan, kalaupun sangat rindu sudah terhibur ama keponakan yang rajin banget video call atau pas wisata bareng, family gathering pun lumayan suka dapet dari kantor suami ke tempat baru, pas kami pengen travelling dengan uang sendiri pun suka ada rezekinya Alhamdulillah, nikmat mana yang akan kita dustakan coba. Sakit pernah tapi hanya isfa atau lambung aja naik asamnya karena salah makan, atau gak teratur karena kecapekan abis mudik atau jalan-jalan malahan heuheu.

Nah ya jadi bener deh aku dan suamiku di tahun ke 9 pernikahan kami ini bener-bener tawakal, yang artinya sudah berdoa dan berusaha maksimal sesuai kemampuan kami. Sudah gak baperan deh kalau kata anak jaman sekarang mah.
Malah pengen nabung buat ibadah haji dan jalan-jalan ke luar negeri berdua, menjelajah dunia, tentulah kami pun nanti nabung buat kelak pendidikan anak kami. Dan walau uang bukan segalanya, segalanya pakai uang, membahagiakan ortu ngajak wisata bareng pakai uang, qurban pakai uang yang dibeliin kambing, domba atau sapi dan kerbau, beli ini itu pakai uang, sedekah pakai uang, ibadah haji dan umroh pakai uang, yang gratis mah shalat dan puasa betul tidak, gratis tapi terkadang ada godaan setannya. Kita meninggal nanti pun sama kainnya kain kafan, kendaraannya keranda mayat yang diusung sama pundak orang lain.

Ya Gusti Alloh itu Maha Adil dan Maha Kaya juga Maha segala-Nya.
Nah ya jangan bilang anak itu adalah harta, karena harta esensinya adalah apa yang kita makan, apa yang kita pakai dan apa yang kita sedekahkan.
Jadi anak itu tepatnya rezeki dan anugerah dari Alloh sama halnya dengan suami atau istri sebagai pasangan hidup, ilmu yang kita dapat dan kita amalkan.

Ikhtiar program hamil yang dari asam folat sama vitamin E dosis tinggi, lalu Berbagai suplemen dan herbal, dan Sampai akupresur, akupuntur, bekam dan pijat refleksi pernah dilakukan kita berdua.
Bahkan HSG dan SIS pun sudah dilakukan untuk cek saluran tuba palopi dan rongsen bentuk rahim, dan Hidrotubasi 2 x untuk menghilangkan hidrosalping ringan akibat infeksi keputihan. Dan taun kemarin pun kami sudah mencoba Inseminasi.

Setelah dipikir-pikir walaupun kesemuanya mahal kami dikasih rezekinya sama Alloh, jadi kalau bagiku dan suamiku ujian belum hadirnya buah hati dalam rumah tangga kami makin membuat kami mendekat pada-Nya, jika kami selalu diberi segala kemudahan, mungkin untuk satu hal ini Alloh sangat menyayangi kami tapi belum memberikannya karena waktunya belum tepat menurut-NYA.
Kami ikhlas Yaa Alloh atas semua ketentuan-Mu karena itu adalah yang terbaik bagi kami, karena mungkin dalam berikhtiar kadang kami cepat ke dokter dengan uang rezeki dari-Mu, tapi ampuni kami jika konsultasi kepada Engkau kami nomer duakan, dan mungkin kami minta nasehat pada ustadz dan ustadzah, tapi kami lupa tadabur Al-quran, dan ngobrol lama dengan-Mu di sepertiga malam, puasa sunah kami pun masih kurang tidak seperti para Nabi-Mu mereka selalu banyak mengerjakan sunah Rosul dan kewajiban pada-Mu.
Yaa Alloh jangan kau hukum kami atas kelalaian kami sendiri atau para leluhur kami, berikanlah kami istiqamah dalam menaati segala perintah-Mu dan segala larangan-Mu.
Keinginanku tak neko-neko, hanya pengen hidup tentrem, sehat, selamat, tidak terlilit hutang, rezeki berkah serta turah biar bisa ke Mekah Madinah lagi, meninggal nanti khusnul khatimah, dan semua hal yang dilakukan selama hidup ini diberkahi Alloh, semoga juga dikasih bonus keturunan yang soleh dan soleha Aamiin, semua takdir yang telah Allah tuliskan di Lauhul Mahfuz-Nya adalah yang terbaik bagi kami insyaAlloh.

#GADianOnasis

Salam kenal mbak Dian dari kami yang masih berdua 😊.







Wednesday, February 22, 2017

Jepret Kuliner Khas Garut Kota Intan

February 22, 2017 71 Comments


Garut kota intan adalah kota kelahiranku, 35 tahun yang lalu aku dilahirkan mamahku di kota Garut, tepatnya di Bidan Fuji dekat alun-alun kota Garut, kenapa disebut kota intan karena mojang atau gadis garut itu gareulis atau cantik dan kulitnya bersih, karena letak kota garut dikelilingi gunung, airnya juga jernih, udanya sejuk.
Nah Garut terkenal dengan dodolnya, makanya kalau kepincut gadis garut dijamin lengket nempel terus gak bakal bisa lupa, ini bukan mitos lho hehe, dodol pan liket lengket.
Selain dodol juga domba Garut yang gagah menjadi ikon kota ini.

Nah sebenernya banyak banget kuliner khas Garut lho, yang kusuka dan ngangenin makanya pengen pulang terus ke Garut, akan kuulas disini ya.


Dokpri.

Nasi liwet, aneka nasi liwet Garut ada nasi liwet jambal, nasi tutug oncom dan nasi liwet teri juga nasi kuning ini menggugah selera. Sekarang sudah banyak dijual instan dalam kemasan dus, tanpa harus dicuci berasnya, tinggal dimasukan magic com tambah air jadi deh.

Dokpri.

Nasi liwet jambal, nasi liwet dulu dimasak pakai panci kastrol, nasi dikasih daun salam dan batang serai juga irisan bawang merah, ditambah potongan ikan asin jambal dimasak jadi satu, rasanya enak gurih.

Dokpri.

Nasi tutug oncom, khas Tasik yang digemari warga Garut, nasi dikasih oncom yang sudah ditutug atau diuleg bareng bumbu rempah lainnya dan dikasih cabe jadi pedas gurih pas tambah nikmat.

Dokpri.

Nasi kuning, biasanya disajikan saat acra syukuran atau nikahan, nasi dikasih bumbu kunyit, rempah dan santan, enak deh.



Nasi hangat atau nasi liwet tambah nikmat jika ditambah dengan dorokdok makannya, kerupuk dari kulit sapi ini renyah dan gurih, kalau di Jatim ada rambak kulit kerbau, di Jateng juga dikenalnya dengan rambak, mungkin sama kulit sapi juga, cuma rasanya beda menurutku.

Dokpri.

Bajigur, minuman  santan dan gula merah ini menjadi kegemaran warga Garut apalagi diminum selagi hangat.

Dokpri.

Cireng, aci digoreng, dari tepung kanji, kudapan ini hits ke seluruh Indonesia, dicocol saus, kecap atau bumbu rujak juga enak.

Funfoodfrolic

Nah icip kuliner, lalu kita abadikan pake smartphone diunggah ke medsos, udah jadi trend ya sekarang, apalagi ngambil jepretan fotonya dengan Asus Zenfone, dengan Pixel Master Camera hasilnya jernih banget, bikin kita ngiler lihat foto itu makanan deh. PIXEL MASTER CAMERA pada ASUS ZENFONE mempunyai kelebihan yaitu : kualitas gambar yang menakjubkan, mode low-light yang sempurna, kamera menggunakan 5 lensa, fiture time rewind, image stabilizer, fitur panorama, hasil selfie yang baik, dept of field, focus terkunci, zoom im dan zoom out tetap jelas, kamera siap kapan pun, pilih ekspresi terbaik, smart remove, edit sekaligus dengan efect yang indah, beautification, gif animation (khedisfile.com).
Apalagi nih ya ASUS ZENFONE 3 yang memiliki kamera utama:
  1. resolusi : 23MP sony sensot, 5488×4112 pixels, f/2.0 aperture
  2. fitur : 6 P Largan lens, Auto Focus, 0.03 second laser auto-focus, 32 second long expusure,     4-axis 0, 4 stops optical image stabilization, 0.03 sec ultrafast tritech auto focus, color               correction (RGB) sensor, Dual-LED real tone flash
  3. fitur Pixel Master 3.0 : mode back light(HDR), low light, manual   mode (seperti DSLR), Real time beautification mode, super resolution, night mode, depth of field mode, photo effect mode, selfie panorama, selfie mode, GIF animation mode, miniature,  time rewind mode, smart remove, all smiles mode
  4. video rec : 1080p@30fps, 2160p (4k)
  5. fitur video : slow motion, time lapsr, 3-axis electronic image  stabilization
Kamera depan
  1. resolusi : 8MP f/2.0 aperture, 85° wide-viewing angle
  2. Fitur : auto focus, Pixel Master 3.0, back light (HDR), low light  mode, real time beautitification mode, night kode, photo effect,  selfie panorama, mode selfie, GIF mode
  3. video rec : 1080p@30fps
  4. fitur video : slow motion

Nah itu spesifikasinya, fungsinya apa saja nih.
Pada kamera utama :
  1. PIXEL MASTER 3.0 yaitu fokus kamera cepat hanya 0,03 detik  saja di berbagai kondisi      pencahayaan.
  2. Laser Autofocus yaitu memfokuskan ke objek gambar super cepat hanya butuh waktu 0,03 detik saja.
  3. OIS ( Optical image stabilizer) berfungsi untuk mengoptimalkan gambar agar hasil tidak kabur.
  4. Real time HDR dengan teknologi ASUS PixelEnchancing yang  membuat hasil jepretan lebih terang 400%
  5. Low light, mode saat cahaya minim hasil jepretan terang 
  6. GIF animation berfungsi untuk membuat gambar bergerak

Pada kamera depan :
  1. PIXEL MASTER 3.0 merupakan teknologi kamera terbaru Asus  yang membuat hasil jepretan lebih maksimal
  2. Mode HDR dengan teknologi ASUS Pixel Enhancing yang  membuat hasil selfie lebih terang hingga 400 %
  3. Mode Low Light saat selfie minim cahaya hasil jepretan jadi lebih terang 400 %
  4. Fitur beautification berfungsi untuk memutihkan, menghaluskan, memperindah bentuk wajah secara real time
  5. GIF animation berfungsi untuk membuat foto selfie bergerak
  6. Panorama selfie untuk membuat foto selfie melengkung
 (Hpsaja.com)


Tokopedia

Baso aci, bulatan basonya terbuat dari tepung kanji, kenyal dan enak kalau kuahnya pedas, mantap.

Resep sehari-hari

Opak sampeu/singkong dibuat dari singkong dikukus, lalu dihaluskan lalu dibentuk bulatan tipis, dikasih taburan bawang daun, dijemur lalu digoreng, rasanya asin gurih.

Wikipedia

Opak ketan, terbuat dari ketan yang dihaluskan, rasa ketan asin gurih.

Olx

Saroja, atau kalau orang Betawi bilangnya kembang goyang, kalau di Garut ada yang asin dan manis, ada yang dari tepung beras dan tung ketan.


Rangining, rasanya asin dari tepung ketan, ini lebih halus udah gak kelitan nasi ketannya.


Tokopedia

Ranginang, dari nasi ketan biasanya rasa khas yang dikasih terasi, ada dari beras ketan putih dan hitam.

Ragam kuliner

Emplod atau endog lewo, banyak dijumpai di Malangbong Garut, bulet asin agak keras, dari singkong.


Nah kalau dodol, awal mulanya adalah dodol ketan susu Picnic, lalu muncul dodol Khadijah yang warna warni atau disebut dodol zebra, dan dodol aneka buah, dari sirsak, tomat, terung juga ada.


Tokopedia

Kalau ini Wajit, dari tepung ketan, santan kelapa, gula merah putih, manis dan tekstur ketannya masih terasa, dibungkus daun jagung.

Kuliner panduan wisata

Kalau ini Angleng, biasanya dari ketam hitam dan putih, bedanya sama wajit angleng ini lebih lembut dan beda cara bungkusnya walau sama dibungkus daun jagung.

Resep Nasional

                                               

Colenak, dicocol enak, dari tape singkong atau peuyeum yang dibakar, dicocolin ke gula merah cair dengan parutan kelapa, legit, maknyus deh. Yang jual depan BNI Garut.

Dapur Asik
                                                   

Surabi oncom, favoritku yang depan apotek Garut, dari tepung beras dikasih oncom, dimasak di kuali kecil dari tanah liat, oncom itu dari kacang tanah ama kelapa yang difermentasi, jadi bukan tempe busuk ya.

Majalah kuliner

Burayot, artinya bergelantung, dibuat dari tepung ketan dikasih gula merah.
Disajikan pas mau acara hajatan nikahan atau khitanan biasanya.

Aneka resep masakan enak dan sehat

Ali Agrem, dari tepung beras dan ketan dikasih gula merah dan santan lalu dibentuk cincin seperti donat dan digoreng.

Minuman starbuck

Bandrek, enak diminum hangat, ada jahenya, santen dan gula merah.
yang jahe merah di mulut terasa lebih pedas.

Resep nasional

Kue widaran, dari tepung beras ketan putih dibentuk angka delapan lalu digoreng dan ditaburi gula halus.

Toko mesin

Comro dan misro, comro oncom dijero, rasanya asin, singkong yang diparut dibentuk bulat diisi oncom lalu digoreng, kalau misro amis dijero, rasanya manis, singkong yang udah diparut dibentuk bulet diisi irisan gula merah lalu digoreng.


Chocodot, chocolate dodol, rasanya manis banget, inisiatif salah satu pemuda Garut foundernya, bikin kreasi coklat dodol dengan kemasan menarik seperti ini, ada chocodot nagka bahkan cabe pun ada heuheu.

Jelajah Garut


Goyobod, yang jual depan penjara dan SMUN Garut depan alun-alun Garut dari aku kecil pe sekarang, isi goyobod minuman segar ini adalah es serut, santan, gula cair, sari pati kacang ijo yang dibekukan disebut hunkwe, kelapa muda, alpukat, potongan roti tawar.

Nah kan pada mupeng ya sama kuliner khas Garut ini, yuk atuh main ke Garut. kulinernya edun pisan, tempat wisatanya pun menarik lho.

Youtube













Wednesday, February 15, 2017

Romansa di Eling Bening Ambarawa

February 15, 2017 35 Comments
Minggu sore kemarin, aku diajak suamiku ke Eling Bening, dari rumah Semarang Timur yang masuk kabupaten Demak, lewat tol, perjalanan hanya 1 jam kurang lebih.
Masuk tol Gayamsari, keluar tol Bawen, terus belok kanan sampai terminal Bawen, lurus ke arah Ambarawa sampai lampu merah, 100 meter setelah itu belok kiri ada petunjuk arah wisata Eling Bening.
Eh kok romantis banget hujan rintik-rintik ngajak ke tempat yang dingin hahay deuh.
Taun kemarin udah pernah jalan-jalan ke Bukit cinta dan


Eling bening, kok jadi inget arti di bahasa Sunda ya eling itu berarti senantiasa inget sama Allah dan selalu di jalan yang lurus.
Bening artinya jernih dan indah juga bagus.
Menurutku pas banget dengan tempat ini, karena berada di ketinggian dan hawa yang tak begitu panas, adem dan indah pemandangannya.


Sore itu dengan rintik hujan, menambah syahdu suasananya, langit yang mendung, gunung yang mulai tertutup kabut, jalan yang berada di tengah kecil mengular, sawah dan perumahan yang terbentang luas.


Seperti hidup sesekali boleh melihat ke atas karena biar kita ingat kepada sang Pencipta dan menunduk ke bawah agar kita bersyukur atas semua rahmat dan karunia-Nya. Di atas langit selalu ada langit.


Semoga bukit yang masih banyak pohonnya tidak ditebangi, agar bumi semakin tidak rusak ya.
Banyak kursi di pinggir tepian teras Eling bening, buat menikmati pemandangan anugerah Illahi.


Kolam renang ini tepat di depan resto dan gazebo, cuma kalau renang disini malu ya dilihat orang yang lagi makan minum heuheu.


Di atas sini banyak juga disediakan kursi, untuk selfie atau wefie, banyak spot bagus buat foto di Eling bening ini.
Instagramable pokoknya 😊.


Bagaimanapun hasil karya manusia indahnya, tak bisa menandingi ciptaan Allah Subhanahu wata'ala.


Sebetulnya hidup di dunia ini adalah proses untuk menuju jalan pulang kembali ke Sang Pencipta, tak ada yang kekal abadi dan sempurna, sejatinya kita mahluk hidup yang harus menaati segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.



Selain kita harus beribadah kepada Allah, kita pun masih perlu berinteraksi sosial dengan manusia lainnya, masih butuh makan minum, tapi makanlah yang halal dan bergaullah dengan orang soleh dan kita sebagai manusia harus memberi manfaat buat orang lain, tapi jangan mau dimanfaatin ya.


Disini juga kita bisa pesan makanan dan minuman hangat dengan menu yang berbeda dengan yang dijual di tenda-tenda tadi, tinggal pilih sesuai selera ya.


Ah makin bersyukur, hidup itu sendiri pengembaraan, jauh dari kampung halaman, mengembara di kota lain, tak terasa mencapai titik dimana dulu dicita-citakan. Betapa kita sangat butuh Allah dan dukungan keluarga juga doa ortu.


Nah disini pun kita bisa menikmati sup iga dan soto ayam ini di cuaca dingin Alhamdulillah nikmat.


Dan cemilan pisang goreng, semua menu ini merogoh kocek 88 ribu rupiah.


Nah ini dia tenda yang jual sup iga dan soto ayam tadi, bakso juga dijual disini.


Kalau ini aneka gorengan, termasuk pisang goreng tadi. Rata-rata seporsi isi 5 gorengan seharga 22 ribu rupiah.


Kalau yang ini aneka wedang.


Di Eling bening menikmati romansa suasana romantis berdua pasangan atau keluarga diiringi lagu enak didengar oleh penyanyi lokal.
Wah tambah betah deh.


Nah ada lagi kolam renang di bawah sini, cuma karena dingin lagi hujan, gak ada yang renang disini, jadi di Eling bening kolam renangnya ada 2, di atas dan di bawah.


Gimana, mau ke Eling bening tiket masuk hanya 15 ribu rupiah per orang yang bisa dituker dengan sebotol air mineral, dan parkir mobil hanya 5 ribu rupiah.


















Thursday, February 9, 2017

3 hari di Malang jelajahi Jatim park 2, museum angkut dan taman safari 2

February 09, 2017 19 Comments
Desember 2014 lalu, masih ingat di benakku, pinjem mobil Bapakku Avanza, untuk ikutan family gathering suamiku di Malang Jatim, seperti biasanya jika dari kantor, satu keluarga jatah per orangnya adalah 500 ribu rupiah, kami berdua dapet 1 juta rupiah dan nambah ngeluarin uang pribadi 600 ribu rupiah untuk berdua, kalau bensin mobil dari sendiri pulang pergi semarang malang kurang lebih 600 ribu rupiah.
3 hari 2 malam, Malang dingin disertai hujan waktu itu, kita pun sempat muter-muter cari penginapan.
Ya maklum musim liburan natal dan taun baru, ya walhasil susah dapetin hotel atau homestay apalagi villa, penuh semua, dengan rasa letih akhirnya nemuin penginapan Army, ya hotel kelas biasa, ah tak apalah sudah capek waktu itu, disertai hujan deras, pengen gelosor di kasur istirahat. Hari pertama hanya keluar makan malam saja. Karena menempuh perjalanan Semarang Malang jauh plus macet.

Nah hari kedua, dari pagi hari, setelah sarapan kita ke Jatim Park 2, karena tempatnya luas sekali, kita dari pagi pe sore disini, semuanya dijelajahi, pe pegal nih kaki dan badan, akhirnya waktu itu kami pun siangnya refleksi kaki, tangan dan punggung di Jatim Park 2 yang banyak di setiap sudutnya, luasnya berapa hektar ya, pokoknya mayan deh kalau keliling semuanya capek, kita mah mesti mau jalan kemana saja gak mau rugi kehilangan momen, dijelajah semua πŸ˜€.


Siap mengeksplor Jatim Park 2 yang menurutku komplit deh serba ada disini.


Di dalam museum satwa ini banyak binatang yang sudah mati yang diawetkan, seperti kupu-kupu, belalang bahkan monyet,  serem heu hawanya, sayang lupa lagi fotonya dimana ya, gunta ganti hp terus soalnya hehehe.


Ada berang-berang ama itik, ada Eco green, dimana banyak binatang dan tanaman seperti anggrek, dan berbagai jenis burung juga, ada berang-berang ma itik nih.


Eh ada kambing gunung juga seperti di kebun binatang Australia lho disini.


Nah di Jatim Park 2 ini pun ada seperti di Seaworld, aquarium raksasa dengan berbagai jenis ikan.


Ada gajah juga, pokoknya kalau kesini puterin semua deh karena bagus banget, kalau capek bisa sewa apa namanya itu ya semacam otoped pake listrik bisa kita jalanin sambil duduk, tapi menurutku sih, kan ramai orang disini, lebih enak jalan kaki, capek bisa duduk sambil ngemil, nikmatin makanan minuman yang banyak dijual di area Jatim Park ini, atau makan di resto nuansa hutan ala tarzan disini.
Hmm sayang fotonya entah kemana heuheu.


Disini juga selain liat berbagai jenis hewan dan tanaman, ada Fantasy land juga, buat anak-anak pasti betah main disini, kalau kesini mending beli tiket terusan ya lebih hemat untuk menjelajahi semuanya, ada rumah hantu, rumah miring juga lho di Jatim park 2, bisa sekalian berteduh dari hujan masuk ke rumah tadi hehe.


Nah jangan lupa bawa payung karena kalau tiba-tiba hujan gak basah baju kita, karena areanya terbuka.
Buat yang suka renang, ada kolam renang dengan water boomnya, ada gelas tumpah komplit deh.
Setiap spot area wahana ada juga kuliner dan restonya, cuma harus sabar antri kalau ramai musim liburan banyak pengunjung.



Nah selain yang jalan kaki tadi ada area bisa naik kereta, keliling liat hewan lagi, tentunya beda sama yang tadi, ada apa ini namanya ya rusa atau kerbau heuheu.


Ada keledai juga, buat naik kereta dan liat hewan-hewan ini hanya perlu antri dan beli wortel aja buat dikasihin hewan disini, gak perlu bayar lagi.



Unta sekarang bisa hidup di Jatim park 2 ini, ternyata tak hanya di Mekah Madinah aja ini unta ada hehe.


Nah kalau ini kuda poni, imut ya.
Ada lagi badak dan kudanil, kalau gak salah, area hewan dan tanaman dikelaskan berdasarkan habitat aslinya disini. Pokoknya ikutin peta di setiap lokasi ya biar bisa terjelajahi semuanya dan gak masuk ke tempat yang udah kita lewatin tadi.


Nah ada juga kaya teater 3 dimensi sebelah sini, tapi kita gak masuk karena harus bayar lagi dan capek, jadi kita milih yang gratis duduk nonton pertunjukan anjing laut dan berang-berang yang lucu dan pintar.


Nah kalau ini di atas kapal miniatur kapal nabi Nuh disebutnya. Sayang gak punya foto utuh kapalnya heuheu.


Binatang buas seperti harimau putih ini, ada macan hitam, harimau sumatera, ular ditaruh di kaca di Jatim park ini, kalau ular aku mah geli jadi kulewatin sambil berlari gak mau lihat hehe.


Kalau ke Jatim park pasti nemuin gajah dari tv dan komputer bekas yang dirangkai, kan biar eco green, jadi sampah didaur ulang jadi karya seni.

Sorenya kita balik ke hotel istirahat dan mandi biar segar, malamnya kita lanjut ke Museum Angkut.


Berbagai sepeda jadul dipamerkan disini.


Ada bemo jaman baheula.


Kalau gak salah ini oplet ya.


Disini bagus kalau malem emang, ada ala-ala Amerika gitu disini Broadway.


Ala-ala Holywood gitu deh ☺.


Ala-ala Paris menara eifel.


Disini ada floating marketnya juga buat mencicipi aneka kuliner.
Jalan-jalan itu walau capek selalu menyenangkan, setelah makan malam kami pun balik hotel.


Hari ketiga sekalian pulang ke Semarang kami mampir ke Taman Safari 2 di Pasuruan Jatim. Taman Safari kan ada juga di Cisarua Bogor.


Eh ketemu ma unta lagi nih hehe.



Ada jerapah yang jangkung, inget dulu punya boneka jerapah pas saat balita dulu wkwk.
Waktu itu kita milih tiket biasa gak paket terusan soalnya udah capek ,takut gak dijelajahin semua.
Hati-hati menjalankan mobil disini karena ada singa dan harimau juga, sesuai instruksi di taman safari ini aja ya biar aman, dan jangan buka kaca mobil jika lewatin binatang buas.


Waktu itu kami menonton pertunjukan gajah show, kisah gajah yang bekerja sama dengan polisi hutan menangkap penjahat yang menebang pohon secara ilegal, seru dan lucu deh, gajah emang cerdas, inget gajah show di Thailand.

Nah gimana, mau ke Malang, bagus bukan😊.
Kapan-kapan pengen ngajakin keluarga besar kesini deh.