Launching Website Kalkulatorzakat.com dan Gerakan One Month One Care


Kemarin Jumat 10 Maret 2017, bertempat di D'Cost Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Ada launching website www.kalkulatorzakat.com, yang merupakan bagian dari dompet dhuafa.


Menurut Mas M.Imam Baihaqi, Dompet Dhuafa/DD merupakan lembaga Nirlaba milik masyarakat yang berdiri sejak 1993, yang berkhidmat untuk mengangkat harkat dan martabat kaum dhuafa dengan mendayagunakan dana zakat, infak, sedekah, wakaf dan dana sosial lainnya, baik dari individu, kelompok maupun perusahaan.
Dompet Dhuafa basis dananya dari zakat, baik zakat fitrah dan zakat maal.

Sedekah itu adalah semua perbuatan baik seperti menolong orang lain, senyum, mengerjakan pekerjaan rumah, menyusui anak, istri membantu suami mencari nafkah, suami yang membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah, jadi sedekah itu bukan berupa harta benda.

Infak adalah mengeluarkan 2,5 % atau berapa pun besarnya dari penghasilan walaupun penghasilan atau harta kita belum mencapai nisabnya, hukumnya sunnah.

Zakat adalah mengeluarkan 2,5 %, 5 % bahkan 10 % sesuai ketentuan nisab harta dan penghasilan, hukumnya wajib.

Wakaf adalah harta yang dihibahkan bisa berupa tanah atau rumah yang dijadikan mesjid atau panti asuhan atau rumah singgah untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan.


Sebelum kenal kalkulatorzakat.com saya sempat menghitung zakat via kalkulatorzakat.co.id, sama seperti dijelaskan kemarin penghasilan yang dihitung zakatnya sesuai nisab atau setelah dipotong cicilan mobil, cicilan rumah dan cicilan motor asalkan aset tadi digunakan untuk tempat tinggal dan digunakan dalam mencari nafkah atau bekerja, kecuali sudah beli rumah yang kedua atau motor dan mobil kedua juga mewah itu tidak dipotong dulu untuk dihitung zakatnya walaupun nyicil.



Mas Krarismaji menjelaskan secara teknis landing page web www.kalkulatorzakat.com








Caranya mudah tinggal mengisi jumlah penghasilan kita, kalkulator zakat otomatis akan menghitung berapa yang harus kita bayar zakatnya, dan disini pun dijelaskan berapa batas nisabnya.



Mas Satrio Prajab menceritakan kisah nabi Ibrahim ketika mau dibakar , ada cicak yang ikut membantu menyalakan api, dan semut yang ikut membantu memadamkan api.
Ibrah/pelajarannya yang diambil dari kisah ini adalah Allah Maha Tahu siapa berpihak kepada siapa.
Jadi kita tinggal memilih mau memihak kebenaran atau kebatilan, tentu kebenaran dong ya.

Untuk mengajak lebih banyak masyarakat dalam menunaikan zakat dan berbagi kebaikan pada tahun 2017 DD Jateng meluncurkan website www.kalkulatorzakat.com dan Gerakan One Month One Care.


Kopi Kemloko dari Temanggung dan Keripik pisang Robanna kelompok Mekarsari Rowosari adalah salah satu makanan yang diolah dengan dana dari dompet dhuafa, yang beli dan komsumsi ini pun berarti membantu dompet dhuafa untuk disalurkan kepada mustahik/yang berhak menerima zakat.


Yang berhak menerima zakat adalah fakir, miskin, amil/pengurus/lembaga zakat, muallaf, orang yang berhutang, orang yang berjuang di jalan Allah, orang yang sedang dalam perjalanan jauh/musafir.



DD Jateng menggandeng Blogger Gandjel Rel, komunitas mahasiswa berbagi/Komaber, 1000 guru, Kojek Semarang dan Runners Semarang, Volunteer dan media untuk mendukung gerakan one month one care dan mensosialisasikan kalkulatorzakat.com.


Acara ditutup dengan berfoto bersama, akhwat dan ikhwan dipisah dari duduk, makan dan foto.

Jadi makin jelas tentang zakat ini, dan tidak khawatir lagi dalam masalah jumlah yang harus diinfakkan dan dizakatkan juga tentang sedekah juga wakaf. Lega rasanya karena selama ini takut kurang harta yang dikeluarkan untuk zakat dan infak ini.



Dompet dhuafa sudah punya 12 cabang di dalam negeri, 5 cabang di luar negeri.



Membantu kaum dhuafa di bidang pendidikan , ekonomi, kesehatan, sosial dan kemanusiaan.
Saya pun mencoba menghitung penghasilan saya dan suami di kalkulatorzakat.com setelah dipotong utang cicilan rumah dan mobil, ternyata harta saya dan suami selama 8 taun ini belum mencapai nisabnya, yang selama ini kami keluarkan 2,5% tiap bulannya adalah temasuk infak, karena penghasilan kami belum mencapai nisabnya dan tidak punya harta simpanan yang mencapai nisab pula.
Tetapi kebaikan itu jangan ditunda walau hanya sedekah dan infak mending kita keluarkan saja biar lega juga berkah insyaAllah Aamiin.


Gimana sudah menghitung zakat dan infak atau harta kita sudah mencapai nisabnya wajib hukumnya ya bayar zakatnya, kalau setelah berpuasa apalagi wajib bayar zakat fitrah, bentar lagi kita masuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Informasi lebih lanjut
Kantor : Jl. Abdulrahman Saleh 199 D Semarang
No.telp./ Hp : 024- 7623884/08157798783
Website : jateng.dompetdhuafa.org








Komentar

  1. Setelah ikut acara kemarin, Alhamdulillah semakin paham yaa mb..ngitung zakat jg ndak ribet lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak icha, jadi kalau aku ternyata masih infak kategori bukan zakat karena belum nyampe nisab, dan sedekah pun jadi makin paham, kan berarti selama ini masih banyak masyarakat masih salah kaprah, aku jadi makin mantep insyaAllah sudah benar 😊

      Hapus
  2. Alhamdulillah, semoga bermanfaat mba Pusvitasari

    BalasHapus
  3. membayar zakat jadi lebih praktis dengan kalkulator zakat ya mbak vita.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, kegiatannya bermanfaat banget ya viit..

    BalasHapus
  5. Sangat Bermanfaat nih, mempermudah untuk umat islam melaksanakan kewajibannya.
    semoga barokah

    BalasHapus
  6. Waah..kumplit ya mbak.. TFS mb Vita..

    BalasHapus
  7. Zakat memang enaknya disalurkan lewat lembaga yang kredibel ya, Mbak. Semoga bisa tepat sasaran. Suka dengan programnya yg ekonomi rakyat. Jadi, kaum dhuafa nantinya bisa mandiri dan syukur2 bisa gantian menjadi donatur. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak anita 😊 Aamiin, tetapi seperti yang diriwayatkan Rosullulloh jika kaum dhuafa sudah tidak mau menerima zakat infak sedekah dan mereka sudah mapan juga sehingga di dunia ini tidak ada yang mau menerima zakat infak sedekah tandanya sudah dekat akhir zaman, walohhualam bisowab

      Hapus
  8. Alhamdulillah seneng bisa update ilmu sama2 lagi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak indri jadi lebih paham dan gak ragu takut salah 😊

      Hapus
  9. Bener2 praktis dan mudah ya Mbak. Aku bau tahu lho. Makasih infonya Mbak Vita :)

    BalasHapus
  10. Menghitung zakat emang mestinya dilakukan secara mandiri ya :)

    BalasHapus
  11. Wah aku baru tau ini, makasih mba Vita, mempermudah banget pas ngitungnya :)
    Zakat memang perlu diawasi juga ya mba supaya nggak salah penyaluran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak, Alhamdulillah kalau gitu, iya mbak kalau lewat dompet dhuafa kalkulator zakat ini langsung disalurkan ke yang berhak menerima zakat 😊

      Hapus
  12. Waah mau ikut one month one care dong. Apa cuma di jateng aja ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan saya iya mbak, baru ada di Jateng tepatnya Semarang ini kalau one month one care baru berdiri gak lama setelah launching kalkulator zakat ini, kalu dompet dhuafanya sudah ada di seluruh Indonesia 😊

      Hapus
  13. Wah makin mudah dan nggak ribet bayar zakat . .

    BalasHapus
  14. Enak sekarang, makin mudah jadinya

    BalasHapus
  15. zaman semakin canggih aplikasi semuanya ada termasuk zakat
    dan saya dukung banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang