Tuesday, May 23, 2017

Makanan favorit saat berbuka puasa Ramadhan

Menjawab mbak Ika Hardiyan Aksari dan mbak Wati, tentang makanan favorit di bulan puasa Ramadhan, puasa tinggal beberapa hari lagi nih. Ayo siapkan hati dan badan biar suci kembali dan fit selalu selama berpuasa sebulan penuh.

Nah ya kalau aku suka berbuka dengan air putih, sup buah, kolak pisang kolang kaling juga biji salak atau candil.
Kadang gak begitu suka makan nasi saat berbuka, biasanya sehabis taraweh baru makan nasi dan lauknya dibanyakin protein dan sayur.


Nah yang jelas tiap buka aku dan suamiku mesti ada sup buah, supnya dari air mineral, sirup cocopandan/stroberi/melon/lychee, susu cair/kental manis, sama yoghurt rasa buah.
Nah buahnya biasanya 4 macam, kadang semangka, apel, buah naga dan mangga, kadang isi melon, anggur, apel dan stroberi.
Ini mah favorit banget deh, bikin seger dan kenyang sekaligus sehat.



Nah atau minuman segar dari buah kaya gini, pengen nyoba nih resep baru dari internet, delima suka banget, semoga saat puasa nanti ada delima di swalayan, pokoknya bahan dasar buah aku pasti suka.


Nah kalau yang ini, besok pengen nyobain bikin sesuai resep dari internet ini, candil kalau di Sunda, kalau di Jawa biji salak, biasanya beli kalau ini mah, sore hari berburu tajil pasti beli ini kalau gak lagi bikin sup buah.
Selama ini beli, rasa yang ngangenin yang ada di pasar ceplak Garut dekat tukang awug, ah top banget deh.


Nah kalau kolak pisang nangka kolang kaling ini, biasanya aku beli pisang raja nangka sesisir, kolang kaling seperempat beli di pasar atau swalayan, tinggal siapin air mineral sepanci, pisang dipotong-potong, kolang kalingnya dibagi 2, terus daun pandan, santan kara paling enak menurutku sama gula jawa, jadi deh, enak banget bau daun pandan dan pisang nangka yang manis agak kecut, rasa khas kolang kaling, wah enak banget deh berbuka puasa makan ini.

Wah pokoknya ini menu wajib saat berbuka puasa di keluarga kecilku, gimana denganmu, apa makanan favorit saat berbuka puasa nanti 😊.




39 comments:

  1. Kocak biji salak beuhhh kesukaanku banget.
    Es buah uh ... enak-enak. Kurang berapa hari lagi kita puasa Alhamdulillah masih bisa mengikuti ya mba Vita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum enak mba nyi, iya semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran selama berpuasa sebulan besok, juga keselamatan saat mudik 😇

      Delete
  2. Candil, tempatku jenenge jenang candil Mbak uenak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget ya, apalagi kalau yang bikin candilnya pas manis ama komposisi beras ketannya beuh enak tenan ya mbak 😊

      Delete
  3. wah itu dikasihhh sama nenek duluuu huhu kangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau almarhumah nenekku sukanya bikinin aku ali agrem ama serundeng kelapa ama ketan, enak banget, ama gorengan kacang kedele yang khas kalau puasa ☺

      Delete
  4. Kalo pas puasa baca ini langsung ngeces mbak, jadi pengen kolak niih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin mbak, atau nanti besok sabtu atau minggu sore udah ada yang jualan takjil pasti ada kolak tinggal beli gak usah bikin, tapi lebih enak bikin sendiri 😊

      Delete
  5. aq kira biji salak itu malah sunda mbak, di semarang aku bilangnya candil juga

    mohon maaf lahir batin ya mbak vita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candil mbak indri, iya sama2 mbak 😊

      Delete
  6. saya biasanya ga bisa ketinggalan sama yg namanya kolak. jadi favorite di ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kolak pisang dan kolang kaling memang top deh

      Delete
  7. Di Semarang candil juga kok mbak istilahnya, aku malah asing kalau biji salak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biji salak itu berarti jakarta ya 😀

      Delete
  8. Hihihi...Lihat es buah kok ingetin budaya di keluargaku, Mbak. Hihi.

    Kalau pas awal puasa gini semangat banget, Mbak, bikin gituan. Etapi kalau sudah setengah jalan puasanya paling bikin es sirup sama teh yg hangat2. Hihihi.

    Makasih ya, Mbak, sudah meramaikan arisan blog yang kedua ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama mbak ika, iya seger es buah, dan lebih nyaman di perut, jngan yang berat dulu, aku sebenernya suka es teh tapi suka perih lambungku 😊

      Delete
  9. Kalo aku semua menu masakan ibu favorit mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ama mamahku jauhan sih aku di jateng, mamahku jabar, jadi kalau sekarang masak sendiri atau beli 😊

      Delete
  10. Wah jadi pengen bubur candil nih mbak Vita, sudah lamaaa sekali saya nggak makan ini. Kalau berangkat kerja sering lewat ibu-ibu yang jualan ini tapi mau mampir beli takutnya nanti kesiangan karena yang antri banyak bingit. Ternyata masih banyak orang yang suka dengan kuliner aneka jenis bubur ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Semarang bukan biji salak mba.... Biji salak apa si 😂😂😂 klo candil iya ada 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti semarang sama dengan garut candil ya mar, biji salak jakarta kali ya 😀

      Delete
  12. Ibu ku juga dulu selalu bikin sup buah seperti itu dan kolak buat buka puasa.. seger dan enak bgt ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya mbak sup buah dan kolak pisang kolang kaling 😊

      Delete
  13. kolak dan biji salak itu sudah khas banget buat buka puasa ya mbak...
    anak2pun suka sekali
    apalagi kalau ada es buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak khas dan selalu enak, tiap Ramadhan favoritku ini 😊

      Delete
  14. Wah candil...sudah lama nggak makan jadi kangen euy :)

    ReplyDelete
  15. bubur biji salah tuh kalau di di tempatku namanya bubur candil mbak, enak dan mengenyangkan

    ReplyDelete
  16. Hidup kolak pisang lah pokokny! 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum everlasting ya selalu enak kolak pisang raja nangka plus kolang kaling mantap ☺

      Delete
  17. Hadeuhhh aku buka di jam jam rawan haus mbaaa hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti pas buka ya makan minumnya, sabar dulu 😊

      Delete
  18. iya mbak enak pake gula jawa ya sedeeep

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup