Liburan Lebaran yang sangat berkesan bersama keluargaku


Yuhuu i am come back, tak terasa 12 hari berlalu liburan lebaran, walau badan masih pegal, hati riang dan plong, sudah ketemu keluarga tercinta, harta paling berharga adalah keluarga.
Menjawab tema arisan blogger gandjel rel periode kelima dari mbak Muna Sungkar dan mbak Wuri Nugraeni.
Liburan Lebaran buatku selalu berkesan, karena semuanya kumpul, mertua, ortu, adik, kakak, ipar, sepupu, keponakan, paman bibi, uwak, pale bule, seneng deh ketemu semuanya.

Dan berbagi rezeki dengan berbagi angpau dari isi 10 ribuan pe 100 ribuan heuheu, bagiku dan suami tentu saja banyak ngasih, gak kaya adik atau kakak ipar yang ngasih dikasih lagi, lah pan kita belum ada anaknya. Untuk mudik, udah kusiapin budgetnya dari bulan sebelumnya, buat bayar utang cicilan, tabungan, infak sedekah dan zakat, bensin, beli oleh-oleh, makan dan piknik, siap deh, Alloh selalu kasih rezeki berlebih, uang THR-ku biasanya kuhabiskan buat agenda mudik dan perintilannya.


Nah mudik bagian pertama taun ini ke Ponorogo Jatim dulu, Kamis Ramadhan lalu kita coba jalan baru, dari Semarang via tol Salatiga lalu ke Solo, Tawangmangu dan Sarangan. Hampir 10 jam karena kita mampir dulu salah satu konsumen, ceritanya mudik sambil kerja 😁.
Nah dekat telaga Sarangan ada kebun stroberi, kita mampir memetik di kebunnya, cuma dapet 10 buah, akhirnya beli deh setengah kilogram stroberi 40 ribu rupiah dan labu kuning kecil 1 buah 10 ribu rupiah.

Lebaran di Ponorogo masakan sama dengan hari biasa aja, gak pernah bikin ketupat opor walau hari ketujuh lebaran pun, bumer masak pecel sayur, daging sapi serundeng kelapa, dan soto ayam. Menu favorit mertuaku. Udah 5x lebaran hari pertama di Ponorogo, ada acara bukber di mesjid dekat rumah mertua, biasanya mertuaku maksa ikut, biar gak usah masak lagi 😁.
Ikut taraweh dan shalat ied di lapangan.


Nah H+2 lebaran kita berangkat dari Ponorogo menuju Garut, lewatin Wonogiri, Kulonprogo, Daendels, masuk arah Cilacap, Majenang, Banjar, Ciamis, Tasik, Singaparna lalu nyampe Garut, hampur 21 jam termasuk ishoma.

Nyampe rumah udah disiapin air hangat buat mandi, teh manis hangat dan setelah terang dipanggilkan tukang pijat refleksi langganan ortuku.
Memang ya kasih sayang ortu tiada tara, sarapan pun tersaji di meja.
H+3 main nih ma dua balita imut ini keliling perumahan, menikmati sinar mentari dan menghirup udara segar.



Setelah istirahat, sorenya beli pizza di Mall dan main nih kekeretaan dan momobilan.

                           

Bareng adik-adikku juga, ya minus suami dan ortuku karena masih capek😁.



H+4 main lagi halaman belakang ama 2 bocah lucu ini, nyanyi dan joged 😀.
Lalu kita ke salon keramas dan potong rambut, aku, adikku, mamahku, adik iparku, niatnya biar ponakanku mau dipotong rambutnya, soalnya dia gak mau dipotong mulu, gondrong deh haha, pasti nangis kalau mau dipotong rambutnya.



Sementara suamiku, mamah, bapak dan adikku bakar sate sapi buat makan siang 😊, enak loh, tiap lebaran suka bikin sate.

Rumah ortuku ada 2, rumah di Bandung jarang diisi, biasanya kalau rumah ini hanya dipakai ketika kumpul semua dan jalan-jalan di Bandung, ortuku menempati rumah Garut, karena lebih luas dan pensiun disana juga banyak teman pengajiannya.
H+5 kita ke Bandung lewat Kamojang. Makan di Saung Palupuh. Lalu ketemuan ama ponakan dari sepupu dan nenek juga paman dan bibi.


Baru H+6 main ke Dago Dreampark, tiket per-orang 20 ribu rupiah, parkir mobil 10 ribu rupiah. Nanti potongan tiket untuk ditukar dengan gantungan kunci, magnet kulkas dan stiker berlogo dago dreampark.


Kawasan dago dreampark ini luas banget loh, dan nanjak mudun, ada hampie, sky gliding, amphitheater, hook a fish, horse around, kiddies boat, love padlock, lost in paradise, pirate's ship, row a boat, resto, musola, cafe, ATV, anti gravity, dayang sumbi etnic village, selfie ekstreme di atas karpet aladin dan sepeda di atas kawat, bayar lagi tetapi 20 ribu dan 30 ribu rupiah.


Kalau naik perahu dayung disini, safety, pakai pelampung, demikian juga flying foxnya pakai helm, dan tali pengaman, cuma bayar lagi tiap wahananya hihi.
Jadi kita mah enggak cuma menikmati suasana aja, naik kuda pun 30 ribu per orang, jadi gak naik wkwk. Kasian bumil dan balita soalnya.


Karena bawa balita dan bumil kalau jalan mah pasti ngos-ngosan saking luas arealnya, kita naik bus wara wiri bayar tiket 7 ribu rupiah per-orangnya, 2 x naik dan 2 x pemberhentian.


Setelah beres solat Jumat disini, kita makan nasi timbel merah kompit dengan ayam, tahu, tempe di rumah makan mekar sari punclut.


Kalau barengan gini mah langsung disantap, karena udah pada lapar hihi.


Lalu lewatin teras cihampelas dari dago, beli princess cake nu kacida raosna tea.


Sekotak isi segitiga, ada rasa coklat, mangga, stroberi dan mocca.
Sayang saking rame dan antri, kita kebagian coklatnya saja, sekotak isi bolu segitiga ini 70 ribu rupiah.
Rasanya lumayan enak, apalagi ditaruh kulkas, krim coklatnya kaya es krim, tengahnya chesee cake, bawahnya pastry.
Emang raos bener deh.


Hujan di Bandung, kita ashar sekalian makan es krim di mangkuk manis.


Aku pesan es puding mangga ini, enak loh, hujan makan es krim tetep enak.


Lihat cerianya mereka makan es coklat kelapa ini, cemong deh haha.
Harga 3 mangkuk  es krim ini 98 ribu rupiah.
Tempatnya nyaman.


H+8 jalan ke asia afrika alun-alun Bandung.


Penasaran sering lewat tapi mampir buat sholat aja dulu mah.


Banyak ternyata yang main bola, main gelembung sabun di rumput sintesis Mesjid Raya Bandung ini.
Sayang rumputnya agak bau.
Untuk kesini gak bayar tiket masuk, hanya bayar parkir 10 ribu rupiah saja.
Banyak mainan dijual, ponakanku langsung mau pistol lumba-lumba buat gelembung sabun 25 ribu, bola mah udah punya hehe.


Lalu kita siang sekalian ishoma ke Situ Ciburuy Padalarang, tiket masuk 5 ribu rupiah per orang, dan parkir 10 ribu rupiah.


Nah kalau keliling pulau dan situ di Ciburuy 90 ribu rupiah, ditawar jadi 70 ribu rupiah hehe.
Menyenangkan semilir angin sambil menikmati sekeliling, gak pakai pelampung, padahal dalamnya situ ciburuy ini 3 meter loh, Bismillah aja, Alhamdulillah selamat.
Kalau makan lotek, teh tawar dan cuanki di Ciburuy  3 piring 1 mangkok 88 ribu rupiah, marema lebaran jadi agak mahal hee.
Di tepian pulau situ Ciburuy ada resto tapi masuknya 5 ribu lagi per orang, kita mah jadi milih balik lagi ke darat pakai perahu ini, lewat saja hii.


Ini keluarga suamiku, minus kakak ipar 1 yang lagi parkir mobil hehe.


Ini keluargaku, minus adik ipar 1 karena harus buka tokonya marema soalnya kalau lebaran.

Ini liburanku yang berkesan, setaun 2x paling pulang Jabar Jatim dari Jateng, kita cuti agak panjang, selain jauh jaraknya, pengen nyenengin semua juga. Momen begini tak akan terulang, dan berkesan karena semuanya makin menua dan yang kecil tambah besar, sejenak liburan bersama selalu menyenangkan dan berkesan, gimana dengan liburanmu kawan .

Komentar

  1. Waaaa seru dr jateng-jatim-mluncat ke jabar 😅 ke jabar lewat jateng lg gak mb 😅
    Pengen bgt ngrasain mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak langsung jalur selatan mar, huum mudik itu asyik walau badan pegel semua tapi happy dan ada rezekinya buat mudik Alhamdulillah 😊😉

      Hapus
  2. Mbak Vita nggak ada capeknya ya alhamdulillah, tetap semangat meskipun mudik liburan di mertua dan orang tua yang jaraknya lumayan jauh :)

    Seru sekali ya mbak liburannya, bisa ketemu dengan semua keluarga, baik keluarga sendiri maupun keluarga suami.

    Momen paling ditunggu tuh pasti bagi-bagi angpao nih buat keponakan2. Memang sih disini berlaku istilah banyak anak banyak rejeki, hehe.. Meskipun belum punya anak, tapi pasti tetap senang ya mbak bisa bagi-bagi angpao buat keluarga..

    Saya doakan mbak Vita segera punya momongan dan sodakohnya akan diganti dengan rejeki yang lebih berlipat dan barokah oleh Allah SWT, aamiin.. aamiin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capek mah capek mbak Anjar, tapi rasa capek terkalahkan dengan rasa bahagia, huum mbak, Aamiin Allohumma Aamiin 😇😊

      Hapus
  3. Wahh bener2 puas yaa liburan lebarannya, touriiing..asyiknyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak dew Alhamdulillah 😊

      Hapus
  4. Baca cerita liburannya mbak Vita nih kaya ga kelar2.. asik banget mudiknya bisa sambil touring :D


    dhe-ujha.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita memang senang jalan-Jalan, iya Asyik Alhamdulillah 😊

      Hapus
  5. Itu princrss cake sekotak kira2 bs buat dimakan berapa orang mba? Mayan juga ya 70 😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin kita makan 10 orang mbak rahmi hehe, kalau ukuran di Bandung mah segitu lumayan murah 😄

      Hapus
  6. Berkalil2 liburan ke Bandung, kok ya selalu ada aja tempat main baru. Jadi selalu pengen kesana lagiii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selalu ada yang baru mbak nurul dan beda dari yang lain 😊

      Hapus
  7. Kalai gini ceritanya, pengen linuran terus mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih dan kebetulan memang kita hobi jalan-jalan 😀

      Hapus
  8. Kebayang itu perjalanan lintas provinsi capek banget pasti ya mbak tp klp udah ketemu bapak ibu n sodara2 jd hepy lagi apalagi bisa jalan2 bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pegalnya masih ada hingga kini mbak mun, udah dipijat, krim analgetik dan aromatherapy nih 😀

      Hapus
  9. Es puding mangganya mau dong Mbak Vita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu atuh ke Bandung di Mangkuk Manis enak pisan 😊

      Hapus
  10. Wuiih....padeeet acara liburannya ya mba.. Alhamdulillah bisa ketemu dua keluarga semua... Eh, saya kemecer dg es krim mangganya..hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah, hayuk ke Mangkuk Manis Bandung mbak mechta 😊

      Hapus
  11. seru banget Vit, liburannya... duh senengnya kumpul keluarga besar rame rame. capek tak terasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rame banget mbak Din, iya capek waktu tak terasa saking senangnya, pulang sini baru kerasa pegalnya 😀

      Hapus
  12. Stroberinya merrraaaahhh...

    BalasHapus
  13. Keren mba, bisa keliling pulau jawa..benar2 warna warni liburannya yaa mba. Aku sll tertarik sama kota bandung, tapi sayang belum pernah jalan jalan disana..dulu wkt kecil katanya pernah diajak tapi kan ga inget lagi ya mb hiks. Semoga next time, Aamiin..

    BalasHapus
  14. Keren mba, bisa keliling pulau jawa..benar2 warna warni liburannya yaa mba. Aku sll tertarik sama kota bandung, tapi sayang belum pernah jalan jalan disana..dulu wkt kecil katanya pernah diajak tapi kan ga inget lagi ya mb hiks. Semoga next time, Aamiin..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang