Dukung GERMAS untuk menuju Indonesia sehat


Senin,  28 Agustus 2017 lalu,  kami sebagai blogger diundang di acara temu blogger kesehatan, acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan/Kemenkes RI. 
Kenapa blogger diundang,  agar menyebarkan informasi yang tepat mengenai Gerakan Masyarakat Sehat dari narasumber yang tepat melalui sosmed,  agar viral sehingga makin banyak masyarakat yang tahu,  makin banyak juga yang sehat,  dan tidak termakan isu kesehatan yang bersifat hoax. 


Acara dimulai jam 9 pagi dengan games Kahoot, seru loh gamesnya tentang pertanyaan mengenai GERMAS. 
Seru cepat-cepatan menjawab pertanyaan dengan games online diperlukan keterampilan jari dan pengetahuan tentang GERMAS itu sendiri,  mbak Dian Nafilah yang menenangkan games ini, langsung dapat hadiah dari Bapak Indra Rizon, SKM, M.Kes. selaku Kepala Bag. Hubungan Media& Lembaga.

Pengerian GERMAS yaitu suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup (Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017).

Menurut Bapak Indra, GERMAS itu ada 7 yaitu : 1. melakukan aktifitas fisik 30 menit sehari, 2. Mengonsumsi sayur dan buah, 3. cek kesehatan tiap 6 bulan sekali, 4. Tidak merokok, 5. Tidak mengonsumsi alkohol, 6. Membersihkan Lingkungan, 7. Menggunakan Jamban.

Sesi berikutnya pemaparan materi oleh dokter Ari ketua perhimpunan ahli penyakit dalam(PAPDI),  Dr.dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD,KGEH, merupakan dokter sekaligus blogger, banyak menulis tentang artikel kesehatan, kalau mau tahu lebih banyak langsung ke blognya www.dokterari.com.
Menurut dokter Ari, penyakit kronis yang tidak bergejala pada awal sakit yaitu, kolesterol, asam urat, diabetes, hepatitis, anemia, dan hipertensi.
Jika gula darah naik, lalu menumpuk di pembuluh darah besar dan kecil, kemudian terjadi penyakit jantung koroner jika pembuluh darah koroner, terjadi stroke jika pembuluh darah otak, gagal ginjal jika pembuluh darah ginjal, kesemutan jika persyarafan kaki.
Hepatitis gejalanya seperti sakit maag, jika sudah kronis disertai muntah darah atau kaki dan perut bengkak.

Tujuan GERMAS, kesehatan terjaga, produktif, lingkungan bersih dan biaya berobat berkurang.

Kemudian sesi penyampaian oleh Kepala Dinkes Kota Semarang, dr.Widoyono, MPH.
GERMAS Semarang sudah mulai dengan tempat nyaman untuk pejalan kaki dekat kampung pelangi, CFD mulai jam 5 pagi setiap hari Minggu, kawasan bebas rokok jika kedapatan merokok disini akan ditangkap satpol pp, nota snack ketika rapat di Dinkes harus ada menu sayur dan buah, peregangan 2x sehari disela aktifitas yaitu jam 10 pagi dan jam 2 siang, sosialisasi GERMAS melalui WA dan youtube.

Dan sesi selanjutnya penjelasan dari bapak Yulianto selaku Kepala Dinkes Provinsi Jateng .
Dimana ada 3 pilar program Indonesia Sehat, yaitu 1. PARADIGMA SEHAT, program produktif, preventif, sebagai landasan pembangunan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, keterlibatan lintas sektor.
 Pilar 2 yaitu penguatan Yankes, program peningkatan akses terutama pada FKTP, optimalisasi sistem rujukan, peningkatan mutu.
Pilar 3  JKN program benefit, sistem pembiayaan asuransi azas gotong royong, kendali mutu& kendali biaya.
Pendekatan GERMAS dimulai dari Keluarga.
Di Jateng ada program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng, artinya memperhatikan ibu hamil, biar selamat ibu dan bayinya.


Lalu pemeriksaan kesehatan yaitu tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Berat badan yang ideal dan tekanan darah tinggi normal sebagai penanda kita sehat, tetapi jika overweight dan tekanan darah tinggi atau rendah bisa sebagai penanda awal suatu penyakit.


Sambil ngantri diperiksa kita swafoto dulu,  seru. 
Kita pun ada sesi dengan mas Anwari Natari (trainer, fasilitator, moderator, editor), mengulik bahasa, jadi lebih tahu makna dan penerapan bahasa yang lebih tepat, harus terus berlatih nih untuk hal ini.


Dan diakhiri dengan berfoto bersama blogger jabotabek dan semarang untuk acara hari pertama, besoknya kita akan kunlaptik ke puskesmas sidorejo dan B2V2PRP


Komentar

  1. Ahhh, aku masih belum bisa move on nih dengan acara ini. Seru, menarik, heboh, nambah wawsan juga ya Vit. Beruntung bisa jadi bagian acara ini :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. huum mar, semoga besok besok sering diajakin acara kaya gini ya

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Delman resto semarang

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang