Thursday, April 12, 2018

Mudik ke Jatim mending pakai Kereta Api


Bentar lagi bulan Ramadhan, dan tentunya Lebaran.
Dulu tinggal di Semarang, mudik ke Jatim tepatnya Ponorogo hanya 6 sampai 8 jam dengan mobil pribadi, dan mudik ke Jabar tepatnya Bandung hanya 10 sampai 12 jam dengan mobil pribadi.

Sekarang tinggal di Jakarta, mungkin kalau ke Bandung cukup 3 sampai 5 jam dengan mobil pribadi, tapi Jakarta ke Jatim jauh banget nih bisa 22 jam lebih kalau dengan mobil pribadi.

Kebiasaan keluarga kami, jika Lebaran selain silaturahmi, juga wisata bareng keluarga besar.

Pengen nih sekalian mudik ke Jatim, mampir lagi ke Malang.
Dulu ke Malang kita mampir ke Jatim Park 2, Museum angkut dan Taman Safari 2, pengen gitu ke Jatim Park 3 dan Bromo.

Setelah berembug dengan suami, nanti mau nyetir sendiri pakai mobil atau naik kereta nih. Kata suamiku capek kalau mau nyetir sendiri mah, belum lagi kalau di Jatim salam-salaman kudu jalan keliling ke rumah-rumah tetangga sana dan pengen jalan-jalan juga pan disana.

Akhirnya nyari-nyari Kereta Api Jakarta Malang. Nemu kereta Bima dan Gajayana, dua-duanya kereta eksekutif, dengan harga tiket kurang lebih 400 sampai 500 ribuan rupiah untuk satu orang. Dan ada juga kereta api ekonomi kurang lebih 100 ribuan sampai 200 ribuan rupiah, ada Majapahit, Jayabaya dan Matarmaja.

Lihat Jadwal Kereta Api di tokocash tokopedia, eh ada loh kereta Bima 16.30 dan Gajayana 11.40 WIB.
Wah lumayan beda beberapa jam dengan pakai mobil.

Yang penting sekarang sehat dan nabung dulu deh danana, soalnya tokocash itu sistem dompet digital tokopedia yang memudahkan kita untuk membayar dan membeli semua produk yang ada di Tokopedia termasuk tiket dan pulsa.
Selain Malang juga pengen menyusuri pantai di Pacitan, baru sempat ke pantai Klayar saja waktu itu.

Kalau kalian lebih suka pakai kereta api atau mobil sendiri kalau mudik dan liburan.
Dulu sebelum ada mobil kita pun sering menggunakan kereta api, bisa tidur di jalan, kalau pakai mobil berhenti-henti istirahatnya kurang. Dan pernah dari Garut ke Ponorogo 2 hari perjalanan dengan mobil capek banget.

Selain nyaman dan aman naik kereta api juga mempersingkat waktu perjalanan.

Kenapa tokopedia karena bisa bayarnya di Alfamart dekat rumah nih.
Caranya pun mudah tinggal masuk ke aplikasi tokopedia tokocash lalu cari tiket.



Mau Jakarta Bandung atau Jakarta Malang tinggal pilih deh.

Di Malang juga ada kerabat ibu mertuaku mungkin besok sekalian mampir sana.
Dan kalau ngajakin keponakan, anaknya adikku yang suka banget sama kereta api, pasti dia antusias banget deh senang naik kereta api.

Malang pun kenapa pengen kesana karena udaranya sejuk, dan kulinernya juga enak, apalagi keripik buahnya terutama apelnya ada minumannya juga.

Urusan tiket aman nih tinggal urusan ijin cuti nih biar agak lama liburan lebarannya.
Gak sabar nih untuk eksplore Malang, melihat Sunrise dan Sunset di Bromo.
Penasaran juga apa sih bedanya Jatim Park 2 dan 3 bagusan mana juga ama Jatim Park 1, dan tempat wisata ini bisa ngajakin seluruh keluarga dari ortu, mertua, kakak dan adik, ipar, para keponakan dari yang masih balita sampai yang SMP, seru deh kayanya.

Tinggal dua bulan lagi nih sabar menanti.
Selain uang buat tiket kereta api yang harus disiapkan selama mudik yaitu baju yang nyaman, karena kereta api biasanya dingin bawa jaket dan kaos kaki juga, kalau makanan minuman hangat sih pasti ada di resto kereta api.

Dan jangan lupa baju ganti disimpan di koper biar rapi, juga obat-obatan pribadi misal obat masuk angin, obat sakit perut dan obat batuk flu, sebaiknya bawa yang tablet atau sachet biar mudah dibawa dan dikonsumsi, bukan ngarepin sakit tapi untuk persediaan saja.

Bawa cemilan dan minuman ringan juga boleh, terus aromatherapy dan penghilang pegal untuk kaki biasanya kan tetep capek kalau mudik dan liburan itu karena banyak jalan kakinya heuheu. Dan air mineral agar kita tak dehidrasi dan daya tahan tubuh tetap terjaga.






12 comments:

  1. Pulang atau mudik dengan kereta api lebih menyenangkan. Aman pula. Harga juga sudah terjangkau.

    ReplyDelete
  2. setuju banget, aku kalo mudik pakai KA, nyaman kok, lebih cepat cuma 4 jam, kalo bawa mobil bs 7 jam hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih nyaman dan cepat pakai kereta api, gak capek juga ya mbak wur 😊

      Delete
  3. Kereta api jaman sekarang dah nyaman. Sayang semarang cilacap ga ada rute

    ReplyDelete
  4. Kereta api yang ekonomi pun sekarang nyaman. Jadi ga khawatir buat perjalanan jauh

    ReplyDelete
  5. Dulu, sempat beberapa tahun saja, menggunakan bus Lorena karena pool-nya dekat rumah. Sekarang selalu menggunakan kereta karena stasiun tujuan dekat dengan rumah. Kereta jelas lebih nyaman dan aman ditambah pelayanan yang sekarang jauh lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya naik bus nyerah deh soalnya saya parno dari kecil naik bus suka mual, lebih baik kereta api atau pesawat dan mobil pribadi

      Delete
  6. Aku belum pernah naik kereta api ke Jatim, biasanya naik bus. Kalo naik kereta api memang lebih cepat sampai dan nggak kena macet ya mbak. Nice sharing mbak Vita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku malah lebih enak mobil pribadi kalau suami kuat nyetirnya, dan mending kereta api jika jauh biar bisa istirahat 😊

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup