Monday, April 23, 2018

Tips Cemilan yang Sehat buat Anak


Aku memang belum punya anak kandung, tapi 3 keponakanku anak-anak adikku ini sudah seperti anak sendiri, Azka 2 tahun 8 bulan, Azkia 1 tahun 8 bulan dan Aruna 8 bulan.

Anak-anak ini sudah MPASI, dan selain ASI minum sufor.

Azka kesukaannya ngemil keripik tempe, pangsit dan kentang goreng juga es krim dan permen, buah sukanya cuma kelengkeng dan suka kue brownies.
Dan gak begitu suka sayuran dan buah lainnya.
Kacang-kacangan tapi suka.

Azkia kesukannya ngemil kue dan buah pepaya juga jeruk dan kerupuk kulit.
Suka sayur kacang dan ngemil kacang.
Es krim dan permen suka juga.

Aruna suka ngemil yang snack untuk batita yang gurih, makanan gak suka yang instan suka bubur bikinan sendiri dan suka semua sayur.


Nih ya kalau ketemu 3 bocah itu kalau minta permen kukasih Pindy Permen Susu.
Baca caption di instagram @pemenpindy_id
PINDY Permen susu ini sudah bersertifikat halal MUI. Dan sudah lulus uji BPOM, jadi aman dikonsumsi oleh anak-anak.
Rasanya juga gak terlalu manis.
Dan karena terbuat dari susu dan pewarna yang aman aku jadi gak was-was kasih permen pindy susu ke para keponakan tercinta.

Pindy Permen Susu ini pun rasanya ada coklat dan stroberi juga vanila sesuai dengan cita rasa anak, yang rata-rata doyan sama rasa ini.
Aku pun mencoba pindy permen susu ini,  enak dan empuk, pantesan Azka doyan.

Tapi kalau aku kasih permen sehari juga gak banyak dan harus setelah Azka abis makannya dengan lauk pauknya dan habisin cemilan buahnya.
Biar 4 sehat 5 sempurna dong ya.
Azkia lihat kakaknya makan permen ini juga mau kucoba kukasih satu dia bisa ngunyah loh dan tidak tersedak.
Kecuali Aruna aku belum berani kasih.



Ini Aruna belum boleh makan permen, karena lihat Azka dan Azkia makan permen dia hanya boleh mainin saja.
Karena sebaiknya agar tidak tersedak, anak mulai boleh makan permen saat usia 2 tahun.

Tips memilih cemilan yang sehat untuk anak :
1. Bahannya harus alami
2. Tidak mengandung bahan berbahaya
3. Pewarna makanannya aman
4. Jika cemilan yang digoreng, gunakan minyak sehat dan baru, bukan minyak bekas goreng sesuatu atau bukan minyak jelantah
5. Kalau bisa lebih banyak cemilan yang dikukus atau dipanggang
6. Jika kue pastikan bahan-bahannya yang berkualitas baik dan aman untuk anak
7. Kalau sayuran dan buah cuci bersih dahulu dan kalau sayur mending dikukus, tanpa msg
8. Jika ada bahan yang harus dicampur santan lebih baik ganti dengan susu yang sesuai umur anak
9. Hindari banyak jajan cemilan di pinggir jalan 
10. Jangan biasakan memberikan cemilan yang ada msg dan pengawet
11. Kalau buah-buahan, jika anak masih batita lebih baik diblender dulu dihaluskan, atau balita pun kasih buah yang lunak dan tanpa biji
12. Anak balita kasih cemilan buah yang manis jangan yang asam rasanya
13. Kalau bikin baso atau mie pastikan bahan yang dimasak berkualitas dan kalau bisa bikin kaldu sendiri, dan baso juga mie bikinan sendiri alami tanpa msg dan pengawet
14. Jika anak pengen ngemil es krim, kalau bisa juga bikin sendiri dari buah-buahan atau susu yang sesuai usia batita dan balita
15. Jika pengen permen kasih yang empuk dan tidak terlalu manis juga tidak berwarna mencolok dan dari susu atau buah.

Cemilan anak-anak memang gampang-gampang susah bikinnya ya. Terutama jika si anak picky eater.

Cuma kita ibunya kudu pinter berkreasi dan kreatif bikin cemilan sehat.
Keripik biasanya anak suka tuh.
Alangkah lebih baik kita bikin keripik bayam dan tempe sendiri, dengan tepung beras, no micin, dan sayur bayam juga tempe tentunya pilih yang segar dan digoreng dengan minyak baru.

Cemilan kurang sehat bisa menyebabkan anak sakit.

Kalau bikin puding pun sama alangkah lebih baik dengan air yang sudah matang atau air mineral, dikasih buah.

Kacang, daripada cemilan yang sudah ada perasa, pengawet dan micinnya mending kita beli kacang tanah atau mete sendiri dicuci bersih bumbuin sedikit garam dan bawang putih agar gurih. Gorengnya dengan minyak baru dikasih margarin atau mentega.

Kalau anak suka brownies coklat kita bikin aja beli tepung yang berkualitas, kasih susu, coklat yang bagus, manisnya bisa dikasih gula yang pas gak terlalu manis. Lalu panggang di oven atau dikukus.

Kita juga bisa loh bikin siomay dan baso kukus beli kulit pangsit dan daging cincang sendiri lalu diolah.

Kalau es krim nih ya bisa kita bikin jus buah dengan sedikit gula lalu bekukan freezer di cetakan es krim.
Bagi anak yang gak suka buah lumayan jadi doyan buah tapi berupa es krim.

Atau bikin es krim susunya anak dicampur buah yang manis dijadikan es krim.

Kalau anak doyan kentang goreng bisa kok kita bikin sendiri di rumah, beli kentang di pasar atau swalayan yang berkualitas bagus, iris sesuai potongan kentang goreng, goreng di minyak baru yang panas.

Jika anak doyan pizza atau roti juga kita bisa berkreasi beli tepungnya yang berkualitas, beli kejunya, mozarella kasih tomat atau sosis atau daging cincang.
Sehat dan enak juga.

Ya jajan di luar sesekali bolehlah, asal jangan keseringan.
Apalagi kalau tempat beli jajanan tidak bersih dan jauh dari keamanan pangan.
Dan kurangi junkfood.

Cuma kalau anak kita ingin sehat dan cerdas, selain asupan makanan yang sehat, pola asuh yang baik, pendidikan ahlak bagus dan perhatikan cemilannya, kita harus rajin bikin juga biar sehat.

Kalau kita beli cemilan harus perhatikan itu tadi, pewarna makanan, pengawetnya, bahan yang terkandung apa saja, halal atau tidak, sudah lulus uji BPOM atau belum.

Dan lihat label makanan dan tanggal kadaluwarsanya juga.

Yuk kasih cemilan yang sehat buat anak kita.





20 comments:

  1. buat naka hrs cermat ya kasih camilan yg sehat

    ReplyDelete
  2. ya untuk si kecil cari camilan sehat itu penting ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak harus sehat cemilan buat anak-anak 😊

      Delete
  3. Yang susaaah itu cari cemilan sehat.. secara anak-anak sukanya yang manis-manis..

    ReplyDelete
  4. Waaahhh baek bener. Perhatian bgd sm camilan utk keponakan. Slm ya buat keponakan2 dikau yg lucu2 itu ya mbk.

    ReplyDelete
  5. Anakku biasanya tiap jumat aja bawa uang jajan, selebihnya kubawakan bekel kue2 yg mana beli juga di pasar hihi. Paling ga ada aku bs milihin lah jajanan yg aman. Oya permen susu ini kasang anakku juga beli di warung deket rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul itu mbak mi kalau kita pilihkan jajan pasar juga ada yang sehat juga permen pindy susu ini enak dan aman buat anak-anak 😊

      Delete
  6. Kadang anaku juga ada waktunya makan permen, paling suka dia memang permen susu atau coklat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus dibatasi dan pilih permen susu yang aman buat anak

      Delete
  7. Anakku kubolehin makan permen juga Mbak..Salah satunya Pindy peremen susu ini Dan mereka suka. Tapi, aku tetap membatasi jumlahnya, jadi masih terkontrol konsumsi camilan manisnya sehingga enggak mengganggu asupan lainnya:)

    ReplyDelete
  8. Kak Ghifa kalau makan permen nggak bisa berhenti kalo nggak habis, Mbak. Beneran deh. Aku sampai heran. Hahaha.

    ReplyDelete
  9. lucu banget siiih ponakan mu viiit.. makasih artikelnya bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  10. hiii teteh apa kabar.. duh cute banget babynya.. aman ya mba buat cemilan si baby.. cari ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah damang, samulihna kumaha teh novi 😊, iya aman mbak nov buat balita usia 2 tahun ke atas dan anak-anak ☺

      Delete
  11. Baru tahu kalo ada permen Pindy. Keponakan mba Vita lucu dan imut ya. Keponakanku udah gede jadi lucunya udah ilang. Hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup