Friday, July 27, 2018

SUPERQURBAN RUMAH ZAKAT

Rendang dan Kornet Superqurban.

Kemarin tanggal 26 Juli 2018, ikut menghadiri milad rumah zakat yang ke-20. 
Rumah zakat sudah menyalurkan amanah Zakat, Infak,  Shadaqah (ZIS)  para donatur kepada penerima layanan manfaat (PLM)  yang terdiri dari berbagai bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Saat ini rumah zakat sudah memiliki 8 klinik Pratama, 51 ambulance, 20 mobil klinik, 18 sekolah juara, dan 2 mobil juara,  menurut CEO rumah zakat Bapak Nur Efendi.  
Rumah Zakat juga konsen di bidang ketahanan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat melalui optimalisasi program ibadah qurban. 

Qurban berasal dari kata qaruba wa qurbaanan/masdhar, qaruba/fi'il madhi, yaqrabu/ fi'il mudhari artinya mendekati atau menghampiri (Matdawam 1984). Menurut istilah qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah baik berupa hewan sembelihan maupun yang lainnya (Ibrahim Anis et.al 1972). 
Hewan qurban di Indonesia biasanya sapi dan kambing. 

Dalam Al Quran qurban dilatarbelakangi dari satu rasa penghambaan, kecintaan, kepeduliaan dan kasih sayang. Ketika seorang ayah yaitu nabi Ibrahim diuji oleh Allah keimanan dan ketakwaannya harus memotong kepala nabi Ismail, putra semata wayangnya yang ditunggu lama hadirnya.  Ketika mau dipenggal kepalanya Allah gantikan dengan seekor domba/kambing. Nabi Ibrahim lulus ujian kepatuhannya terhadap Allah, dan Allah tetap mengijinkan nabi Ismail hidup. Setelah itu ketika umat muslim ibadah haji, di hari tasyrik selepas Idul aqdha ada pemotongan hewan qurban. Satu orang muslim bisa satu ekor kambing, dan 7 orang muslim dengan satu ekor sapi. 


GBK Go Food Festival.

Momen Idul Adha dapat menjadi saat yang tepat bagi umat muslim.  Sejak jaman nabi Yusuf umat manusia sudah diajarkan pengelolaan pangan agar kebutuhan masyarakat ketika musim paceklik masih bisa menikmati makanan. Teknik pengawetan makanan dan sirkulasi pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan negara. 

Protein hewani masih rendah di Indonesia yakni 11.6 kilogram per kapita per tahun. Idealnya harusnya 34,19 kilogram per kapita per tahun. Salah satu upaya yang dilakukan rumah zakat sejak tahun 2000 adalah mengolah daging qurban menjadi kornet dan rendang, dikenal dengan Superqurban. Daging qurban dioptimalkan menjadi makanan olahan rendang dan kornet, sehingga awet untuk waktu lama dan bisa disebarluaskan ke seluruh pelosok Indonesia. 

Selain disalurkan di 34 provinsi di Indonesia,  termasuk ke Ambon yang sedang mengalami bencana kelaparan. 3000 kornet dan rendang Superqurban dikirim  ke Ambon kemarin 26 Juli 2016. Tepatnya kepada warga suku Amuse Ane di gunung Morkelle Maluku Tengah.  Dan sudah menjangkau Palestina, Filipina, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Somalia dan Syria. Dari Jakarta menuju Ambon  menggunakan pesawat, perjalanan laut 3 jam dari pelabuhan Tulehu ke Pelabuhan Amahe di Maluku Tengah. Lalu relawan melakukan perjalanan 8 jam menuju lokasi penyaluran kepada suku Mause Ane di Gunung Morkelle kabupaten Maluku Tengah.  Didoain semua biar semua lancar, ujar Bapak Nur. Semoga tidak ada lagi yang meninggal dunia seperti 1 lansia dan 2 balita karena busung lapar. 


Aneka produk binaan rumah zakat.

Di Tasikmalaya juga ada fasilitator desa berdaya rumah zakat di desa gunung sari kabupaten Tasikmalaya. Supaya anak balita tercukupi gizinya, tidak ada lagi kasus seperti Bion balita yang mengalami gizi buruk, setelah pemantauan gizi selama 3 bulan Bion jadi berangsur membaik. 

Bersama bapak ketua MPR dan bapak Menteri Desa PDTT juga CEO rumah zakat.

Acara milad rumah zakat ini dihadiri juga oleh Bapak Ketua MPR yaitu Zulkifli Hasan, dan diberikan anugerah sebagai tokoh peduli zakat dan pemberdayaan Ekonomi dari Rumah Zakat. Dan beliau aktif mendukung gerakan membayar zakat untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan. Juga bapak Eko Putro Sandjojo Menteri Desa Pengembangan Daerah Tertinggal/PDTT dan Transmigrasi.
Superqurban siaga bencana, siaga gizi dan penyerahan langsung kepada peserta dan yang berhak menerima qurban.  

Kelebihan dari Superqurban adalah: 
  1. Sesuai syariah.
  2. Praktis, mudah dibawa dan dibuka. 
  3. Kesehatan hewan qurban terjamin, di bawah pengawasan dokter hewan. 
  4. Kornet tahan lama hingga jangka waktu 3 tahun.
  5. Aksi distribusi dilakukan sepanjang tahun, tidak hanya habis sepekan hari raya kurban. 
  6. Mengjangkau pelosok Indonesia hingga daerah terpencil. 
  7. Memberdayakan petani lokal.
  8. Solusi efektif bantu korban bencana.
  9. Cocok sebagai tools atau alat bantu perusahaab dalam menggelar aksi kepedulian lingkungan. 


Bersama teman-teman blogger. 

Zakat itu wajib hukumnya, sedekah infak juga tidak akan mengurangi harta, malah Allah kasih berlipat ganda nanti dan rezeki kita makin berkah. Bentar lagi Idul Adha, yuk  beli hewan qurban untuk berbagi dan insyaAllah dapat pahala. Rumah, mobil, motor, baju, tas dan sepatu branded juga emas bisa kita beli, jika setahun sekali berqurban,  hanya mengeluarkan uang sebanyak Rp 2.375.000 untuk seekor kambing,  sebanyak Rp 2.575.000 kalau retail per orang.  Sapi kalau untuk 7 orang sekitar Rp 17.250.000.

Kalau mau berqurban lewat Rumah Zakat,  bisa ke Rekening Qurban. 
Mandiri 1320004819745
BNI Syariah 1555555589 
A.n. Yayasan Rumah Zakat Indonesia. 
Instagram @rumahzakat. 

22 comments:

  1. Dengan super Qurban tidak ada daging qurban yang mubazir ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, bagusnya daging qurban tidak boleh sisa setelah 3 hari, cuma terkadang jika kita yang kebagian hak sebagai yang qurban juga udah dibagikan masih sisa, solusi tepat dibikin rendang dan kornet qurban ini awet sampai 3 tahun :)

      Delete
  2. Ayao kita tingkatkan berwurban untuk saudara-saudara kita yg berada diplosok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah agar tak ada yang gizi buruk dan busung lapar di daerah terpencil, biar kebagian protein hewani semuanya :)

      Delete
  3. Pas banget momennya, bulan depan sudah lebaran haji, reminder untuk berqurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, bentar lagi momen Idul Adha tiba dan sudah sepantasnya muslim yang mampu berqurban :)

      Delete
  4. Hasil qurbab dalam bentuk kornet dan rendang, unik ya mba Superqurban 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kreatif dan inovatif, sesuai ajaran nabi Yunus dan nabi Muhammad mengawetkan makanan untuk dibagikan saat musim paceklik :)

      Delete
  5. Ayao kita tingkatkan berwurban untuk saudara-saudara kita yg berada diplosok

    ReplyDelete
  6. berqurban di Rumah Zakat benar-benar akan disalurkann sampai ke pelosok-pelosok Indonesia ya mbakk , apalagi dengan kaleng superqurban nya yang dijamin higines serta bergizi yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, sodara kita yang lagi kesusahan dan membutuhkan bisa tetap mendapatkan protein hewani jadinya :)

      Delete
  7. ini namanya inovasi kurban kekinian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kreatif dan inovatif serta bermanfaat :)

      Delete
  8. Hebat. Inovasi Super Qurban membuat daging qurban lebih tahan lama dan bisa disalurkan ke berbagai penjuru daerah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, jadi yang membutuhkan di daerah pelosok dan korban bencana bisa kebagian daging kurban ini :)

      Delete
  9. Menjadi kebanggaan sendiri bisa membantu masyarakat memberdayakan pangan ya. Rumah Zakat semoga terus lancar dan banyak donatur Aamiin

    ReplyDelete
  10. Alhmdulillah ada super qurban pasti masyarakat yg didaerah lbh terbantu dendengan inovasi barunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah banget terasa manfaatnya :)

      Delete
  11. Alhamdulillah emang paling solutif Qurban dari Rumah zakat, semua produk lainnya jg solutif Dan digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali makin inovatif dan kreatif makin besar manfaatnya untuk sodara kita yang membutuhkan, dan distribusi zakat sampai ke pelosok nusantara sampai mancanegara :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup