Bedah buku dan literasi Sesrawung


Sabtu, 22 April kemarin aku dan suamiku daftar ikutan acara bedah buku 4G, guru gaul guru galau mbak Dedew, dan literasi yang disampaikan mbak Ulin, free entry asalkan kita bawa buku cerita anak atau peralatan sekolah seperti buku tulis, pulpen dan pensil.


Tempatnya di Oak Tree hotel, lantai 2 sebelah kolam renangnya.
Wah angin sepoi-sepoi sambil menimba ilmu nih, asyik banget deh.


Nah setelah sambutan dari Sesrawung dan Saung Buku Semarang, tiba ke sesi bedah buku bersama mbak Dewi Rieka dan moderator.
Mbak Dedew sudah punya 34 buku yang sudah diterbitkan lho, keren ya, diantaranya ada buku parenting, buku anak, buku remaja, buku komedi dan bahkan lagi diminta nulis tentang buku perlistrikan.

Karya mbak dedew yang kutahu Anak Kos Dodol, Guru Gaul Guru Galau dan Rambut Panjang Alisya.
Mbak Dedew lahir di Makasar tanggal 2 April 1980.
Tapi pernah domisli di Bogor, jadi bisa bahasa makasar, bahasa sunda dan jawa karena setelah menikah dengan mas Bagus Priyambada diboyong ke Ungaran.

Awalnya mbak Dedew terinspirasi oleh mas Baim Lebon yang nulis Lupus, hingga terjun menulis komedi remaja juga.
Menurut mbak Dedew jadi penulis itu harus anti baper, misal ditolak penerbit, royalti lama cair, atau kalah lomba nulis, pokoknya no baper deh. 
Ide nulis itu dikejar bukan ditunggu, jadi jika sudah kirim naskah tulisan ke penerbit jangan ditunggu, mending nulis yang baru lagi.

Awalnya jadi penulis ngeblog dulu saja, biar semangat tulisan kita ada yang apresiasi via komen di blog kita.
Tulisan itu menunjukkan eksistensi kita, rekam jejak, tulisan itu akan abadi bahkan sampai kita telah tiada, bisa tetap jadi amal jariyah kita, insyaAllah ilmu yang bermanfaat, seperti almarhumah Kartini, almarhum WS.Rendra dll.


Acara kemarin juga bertepatan dengan peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April lalu, dan hari Buku yang jatuh pada hari ini 23 April.
Wah senangnya menimba ilmu sambil kopdar komunitas, happy banget deh.


Suamiku juga ikut menyimak acara ini 😊.
Menurut mbak Dedew pernah ikutan workshop yang harganya ratusan bahkan jutaan, terus ditegur mas Golagong dan mbak Pipit senja kalau mau nulis nulis aja, jangan kebanyakan ikut pelatihan tapi tidak nulis-nulis hanya sekedar wacana, lebih baik langsung praktek nulis biar segera terealisasikan tulisan kita.


Mbak Ulin juga menyampaikan tentang literasi, yaitu kemampuan mengenali, memahami, merespon data dan informasi baik secara lisan, tulisan, video atau gambar.
Termasuk kalau kita menonton TV itu literasi kata mbak Ulin.

Menurut mbak Ulin sayangnya berita hoax itu mirisnya disebar oleh orang yang berpendidikan, sayang jadi bukan dari gelap menuju cahaya, tapi hoax itu malah dari terang digelapkan.

Mbak Ulin juga membahas tentang Kartini yang menulis surat untuk sahabat di Belanda. Dan Belanda waktu itu paling bagus dalam hal menyimpan dokumentasi arsip tulisan.

"Andaikata aku jatuh di tengah-tengah perjalananku, aku akan mati bahagia, sebab bagaimanapun jalannya telah terbuka, dan aku telah ikut membantu jalan itu yang menuju kepada kemerdekaan dan kebebasan wanita Jawa/wanita Indonesia"(Kartini).



Nah di meja belakang kita itu, bisa daftar jadi member komunitas Sesrawung, saung buku semarang lho.
Nah kalau mau tau tentang komunitas ini, bisa follow instagramnya @saungbuku.smg, atau webnya saungbukusmg.weebly.com ya.


Komentar

  1. thanks for sharing mb fit, ilmu yg bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama mbak icha, Alhamdulillah , InsyaAllah 😊

      Hapus
  2. Setujuuu, kalo mo nulis ya nulis ajah, sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak wuri, menulis biar gak ganjel dalem hati 😊

      Hapus
  3. Waahhh serrruuu..kalo aku ke Semarang, pasti ikutan nih :) Btw mb, dirimu ikut pas kopdar ma aku dan gandjelrel itu ga? hehe, ga apal satu2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru mbak prita, yang kopdar di blue bird, lunpia delight atau yang sesrawung ini mbak, aku juga suka lupa lagi yang mna mbak prita saking banyak member GR, kecuali yang sering ketemu pasti hafal ☺

      Hapus
  4. Asikkk bangeet mbaak acaranya 😁😁 bener juga mbak ya kalau pengen tulisan bagus tdak sekedar ikut pelatihan terus tp juga harus nulis terus. Biar makin terasaah. . Learning by doing 😁😁

    BalasHapus
  5. Makasih udah hadir viiit...semoga bermanfaat yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama mbak dew, Aamiin, InsyaAllah mbak dew 😊

      Hapus
  6. Iya, kalau mau nulis mah nulis ajaaah *lalu getok pala ndiri krn ga pernah nulis naskah buku lagi hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat nulis buku lagi mbak niek 😊

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang