Tuesday, February 4, 2020

Mesin EDC SPOTS Di Beberapa Gerai Makanan Minuman CCM

February 04, 2020 2 Comments

Rumahku di Cibinong dekat dengan Cibinong City Mall/CCM. Nah kalau belanja pempers dan susu, sekalian makan dan minum, juga belanja bulanan,  seringnya di CCM ini. 
Nah kalau belanja biasanya aku tuh cashless, alias suka pakai kartu debit BCA atau Mandiri atau BNI. Sekarang ada perangkat kasir berbagai mesin EDC, ada dari BCA, Mandiri, Go-Pay dan SPOTS. Mesin EDC SPOTS ini juga bisa digunakan dengan kartu debit, dan bahkan nantinya bisa kartu kredit.
Di CCM gerai makanan yang perangkat kasirnya ada mesin EDC SPOTS salah satunya adalah Puyo dessert, puding aneka rasa yang yummy, suka banget dengan dessert ini aku tuh.


Apa sih SPOTS itu, SPOTS adalah aplikasi kasir online/ sistem Point of Sale untuk mengelola pesanan  mesin EDC SPOTS bisa digunakan UMKM hingga bisnis franchise untuk memudahkan transaksi penjualan. Sebelumnya hanya mengandalkan Go-Pay, tetapi sekarang EDC SPOTS bisa dengan kartu debit dan kartu kredit.
Gerai makanan di CCM yang bisa bayar pakai EDC SPOTS lainnya yaitu Takon sushi, menikmati sushi dengan harga terjangkau yummy. Kategori makanan, minuman dan cemilan gerai lainnya juga ada yang pakai mesin EDC SPOTS ini. Perangkat kasir di Takon Sushi yang dilengkapi dengan mesin EDC SPOTS, kira-kira berapa ya harga mesin EDC ini.


SPOTS bagian layanan powered by GOJEK, merupakan mesin kasir dari Gojek. Sudah digunakan lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. SPOTS merupakan POS plus EDC plus printer. Bisa sekalian cetak struk pembelian di SPOTS. Cetak resi instan, SPOTS perangkatnya dilengkapi dengan printer, tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi. Ekonomis dan praktis untuk pengusaha pemula, karena harga mesin EDC SPOTS ini dengan fasilitas itu semua cukup terjangkau.

Dan gerai minuman di CCM bisa bayar di mesin EDC SPOTS itu salah satunya yaitu Chatime, minuman favoritku nih.


Kemarin membeli Chatime dengan kartu debit BCA di mesin EDC SPOTS. Ternyata transaksi mudah dan cepat, layaknya mesin EDC lainnya pakai SPOTS ini. Dengan harga mesin EDC SPOTS yang cukup terjangkau bisa menguntungkan pelaku bisnis makanan, minuman atau cemilan nih.


Ada instagram SPOTS juga nih, kalau yang ingin lebih tahu mengenai mesin EDC ini, barangkali punya bisnis UMKM dan franchise yang ingin pakai mesin kasir ini.
SPOTS terintegrasi GoBiz, atur menu, terima pesanan GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, buat promo diskon, dan bisa mendapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS.
Harga Mesin EDC  SPOTS ini juga murah loh hanya Rp 490.000 untuk biaya pendaftaran  dan alat, biaya langganan per hari Rp 4.900, cukup terjangkau bukan.


Harga mesin EDC SPOTS worth it banget kan segitu mah.
Mesin EDC SPOTS ini memudahkan kita untuk : 
  1. Mencetak transaksi/struk mudah dan instan
  2. Melihat laporan harian lengkap
  3. Tanpa batas input menu
  4. Mudah digunakan
  5. Tidak perlu repot isi ulang tinta lagi
  6. TERKONEKSI DENGAN INTERNET secara OTOMATIS
  7. Powered by gojek ( terintergrasi dengan Gopay dan Goresto)
Awalnya kukira dengan kelebihan diatas harga mesin EDC SPOTS ini mahal, ternyata cukup terjangkau. Lebih dari 50.000 outlet makanan, minuman dan cemilan di Indonesia menggunakan mesin EDC SPOTS.
Jadi kepengen punya bisnis sendiri terus kasirnya pakai mesin EDC SPOTS ini deh.
Mesin EDC SPOTS juga tersedia di outlet red beans, rumah makan padang dan burger king juga wendys. Kemarin aku nyoba beli chatime, takon sushi dan payo dessert dengan bayar di mesin EDC SPOTS, gak ribet juga malah praktis, gak usah khawatir gak bawa uang tunai deh.





Thursday, January 23, 2020

Perkiraan Biaya Progmil Dari 2009 Sampai 2019

January 23, 2020 0 Comments

Sampai hari ini banyak yang tanya apa saja program hamilku sampai berhasil,  silahkan baca di postingan blogku label program hamil ya.
Nah aku kebetulan nemu nih biaya ketika periksa dan vitamin apa saja dari 2009 sampai 2019.


2009 : dr. Wen B. Beny Hermina Pandanaran Semarang
Biaya periksa Rp. 80.000 sampai Rp 90.000 usg abdomen, 3x periksa
Biaya resep Eturol dan Folavit Rp 110.000 sampai 130.000.

2010 : dr. Dadan Susandi Garut
Biaya periksa Rp 80.000 usg abdomen
Biaya resep Folaplus dan Santa E Rp 125.000
Analisa sperma suami Rp 80.000.

2010 : dr Hary Tjahjanto Wologito Semarang
Konsul usg abdomen Rp 80.000.

2011: dr. Syarif Taufik Hermina Pandanaran Semarang
Konsul pertama Rp 110.000
Analisa sperma Rp 85.000
Usg 2 dimensi abdomen Rp 125.000
Usg transvaginal Rp 270.000
Resep immunos dan promestan Rp 180.000.

Konsul kedua Rp 125.000
Resep diphten, pectocil buatku Rp 200.000 dan suamiku zeman Rp 130.000.

Konsul ketiga Rp 125.000
Cek telur usg transvaginal Rp 270.000
Resep promestan dan immunos
Cek hormon progesteron Rp 250.000.

Konsul keempat Rp 125.000
Resep promestan dan immunos
SIS/ Histerosonografi Rp 350.000.

2012 : dr. Prima Hermina Pandanaran Semarang
Konsul Rp 115.000
Usg 2D abdomen Rp 125.000
Resep folavit, isprinol dan duphaston Rp 850.000.

2013: dr. Ratnasari Dwi Cahyati Gunung Sawo Semarang
Konsul pertama Administrasi Rp 25.000
Konsul Rp 130.000
Resep xidane, endometril Rp 502.000.

Konsul kedua
Konsul Rp 135.000
Administrasi Rp 25.000
Drainase C. V.  Rp 75.000
Ozon DR Rp 150.000
Usg tranvaginal Rp 514.100
Resep xidane, fladystin, halfylin syrup, extropect,  indexon kurang lebih Rp 200.000
Analisa sperma Rp 195.000
HSG/Histerosalpingografi Rp 589.400.

Konsul ketiga Rp 135.000
Administrasi Rp 25.000
Resep endometril, kalnex, cefilla, xidane, tradyl  Rp 670.350.

Konsul keempat Rp 110.000
Administrasi Rp 25.000
Hidrotubasi Rp 400.000
Resep omeprazole, tradyl, xidane, fladystin ovula, gitas plus Rp 907.000.

Konsul kelima usg transvaginal+ jasa dokter Rp 125.000
Administrasi Rp 25.000
Resep xidane, eraphage, cycloprogynova Rp 360.000.

Konsul keenam jasa dokter Rp 125.000
administrasi Rp 25.000
Hidrotubasi Rp 400.000
Resep xidane, cycloprogynova, tradyl, gitas, albothyl ovula kurang lebih Rp 460.000

2014 dr. Fadjar Siswanto Hermina Pandanaran Semarang
Konsul dokter kesatu Rp 234.000
Usg transvaginal plus print Rp 349.000
Resep asam folat dan diphten Rp 218.500.

Konsul dokter kedua Rp 175.000
Administrasi Rp 34.000
Usg transvaginal plus print 349.000
Resep folavit,  dextamine Rp 67.000.

Konsul ketiga Rp 209.000
Analisa sperma Rp 217.000
Resep duphaston Rp 200.000.

Konsul keempat Rp 175.000
Administrasi Rp 34.000
Resep Diphten Rp 154.000.

Konsul kelima Rp 175.000
Administrasi Rp 34.000
Usg 2D plus print Rp 349.000
Resep Surbex buat suami,  aku cortidex dan silex Rp 222.700.

Konsul keenam Rp 209.000
Resep profertil.

2014 : dr. Inu Plamongan Indah Semarang
Resep Climadan dan Tragyl.

2015: dr. Muchlis Plamongan Indah Semarang biaya Konsul Rp 100.000
Resep climadan, norelut, profertil, lanturol.

2015 : dr. Erwinanto Hermina Pandanaran Semarang
Konsul Rp 162.000
Resep eturol, vitan Rp 465.000

2016 : Jovem Gluberry  2 dus Rp 300.000

2016: dr. Fadjar Siswanto
Usg trans vaginal dan resep diphten dan asthin force buatku,  oligocare buat suami total Rp 1.088.800

Inseminasi di Telogorejo Semarang total biaya Rp 6.439.000 dengan rincian :
Suntik gonal 3x Rp 750.500
Suntik pregnyl Rp 566.200
Inseminasi Rp 2.532.500
Dan ada 2x cuci sperma dan obat diminum tablet utrogestan.

2016 : minum apple orchad, soya drink dan greenfield melilea,  suami istri sepaket  Rp 500.000.

2016 : istri fertil aid for women, ova boost,  fertile CM, suami fertil aid for men,  motility boost, count boost, sepaket suami istri Rp 2.650.000.

2016 : Bidan Lisa Semarang periksa Rp 25.000
Resep pregtenol dan fundamin E Rp 75.000

2016: OW water 1 dus Rp 150.000
Teh bunga telang 1 botol Rp 8.000

2017 : Androlog dr. Taufiq Sultan Agung Semarang
Yang diperiksa suami Rp 170.000
Resep zeman dan coenzim Q, sanmol dan sanprima Rp 724.000

2017 : dr. Felicia Telogorejo Semarang
Konsul dan resep eturol, folavit, smecta Rp 300.000.

2017 : ruqyah 2x Rp 150.000
Bekam Rp 100.000

2018 : dr. Monica Hermina Pandanaran Semarang
Konsul dan resep clanexsi 500 dan Neo Gynova ovula Rp 540.000

2018: sepaket suami istri supleman Rp 291.000
Suami wellman, istri pregnacare

2018 : Bekam suami istri Rp 265.000 BRC Jakarta

2018 : Klinik Herbal Teh Mayang Bintaro total Rp 7.000.000
Terapi istri di kaki, betis, perut, punggung dan pinggang
Terapi suami di kaki
Obat herbal kapsul istri 12 botol buat rahim dan keputihan bulan pertama plus buat lambung dan jamu digodog 3 pack.
Bulan kedua buat istri bersih darah dan rahim,  12 kapsul dan jamu 3 pack.
Buat suami vitalitas bulan pertama jamu 3 pack dan kapsul 12 botol,  bulan kedua vitalitas kapsul 6 botol.

2018 : HPAI istri ekstrafood, HPAI suami truson kapsul

2018 : dr. Florencia Hermina Taman Yasmin Bogor, November dan Desember
Konsul kesatu, Usg 2D abdomen, resep dismeno 100 mg total Rp 530.000
HSG  Rp 1.441.000 plus obat suppositoria Rp 19.500
Analisa sperma Rp 299.000
Diathermy 10x Rp 90.000 = Rp 900.000.

2019 : Konsul kedua ke dr. Florencia Januari dikasih resep theragran M buat istri, oligocare dan vitan buat suami, diulang sampai 3 bulan,  kita konsumsi hanya satu setengah bulan  sekitar Rp 300.000 lebih.

Nah Alhamdulillah bulan April hamil sudah 1 bulan, Maretnya honeymoon ke Malaysia ala ransel Rp 3.600.000.

Untuk pejuang garis dua, jangan menyerah sampai buah hati itu hadir. Tetap optimis dan berbaik sangka pada Alloh,  disertai ikhtiar dan doa juga tawakal untuk hasilnya. Tidak ada perjuangan yang sia-sia dan tidak ada doa yang tak terkabul. InsyaAlloh semua ada waktunya terbaik menurut Alloh. Alloh kasih ujian disertai jalan keluarnya, tidak ada yang tidak mungkin bagi Alloh.












Sunday, December 1, 2019

Lahiran SC dengan Asuransi Astra Life di RS Sentra Medika

December 01, 2019 0 Comments
Kamar VIP utama Sentra Medika

Melahirkan seorang anak adalah hal yang diidamkan oleh semua wanita di dunia ini, ada yang lahiran secara spontan via miss V alias suka disebut normal, ada yang via operasi caesar/SC. Lahiran secara SC bukan pilihan terakhir,  ada SC terencana dan SC cito. Aku termasuk SC terencana, mengingat infertil selama 10 tahun usia pernikahan, hamil di atas usia 35 tahun yaitu 37 tahun, kategori kehamilan dan melahirkan dengan faktor resiko. Posisi bayiku saat 37 minggu kehamilan melintang. Dan ada pula varises di rahimku, tandanya miss V bengkak, rada gatal dan serasa ada penekanan nyeri seperti bayi mau keluar. Dokter kandunganku baru kasih tahu ketika operasi SC berlangsung. Menurut dokter Florencia, lebih aman SC demi keselamatan bayi dan ibunya, kalau dipaksakan lahiran normal takutnya pendarahan dan bisa pecah pembuluh darah, juga takutnya kehabisan tenaga saat ngeden lahiran normal, ujung-ujungnya induksi yang sakit dan SC. Mending dari awal SC, diputuskan SC saat usia kehamilanku 38 minggu. 

Waktu ke RS Sentra Medika harusnya dijadwalkan SC jam 11 siang, tapi malah maju jadi jam 9 pagi. Entahlah drama atau skenario, ada bidan atau suster yang mengatakan bahwa aku katanya cancel padahal enggak, mungkin ada miss komunikasi di poli kebidanan dan kandungan. Ah sudahlah yang penting aku udah siap dari jam 7 pagi dan udah puasa dari jam 5 pagi. Sarapan dulu habis solat subuh.  

Perbandingan biaya melahirkan normal dan SC di Hermina dan Sentra Medika juga yang dicover Asuransi Astra Life.

Kenapa memilih RS Sentra Medika Cibinong, menurut temanku yang dokter, RS paling bagus di Cibinong, terus dekat dengan rumahku, dan paling penting dokter kandunganku yang dari awal progmil di Hermina Taman Yasmin Bogor dengan dokter Florencia juga praktek di RS Sentra Medika, silahkan baca kalau mau tahu progmil di label progmil blog ini juga ya. Nah memang pengalamanku di Semarang 9 tahun progmil dari segi administrasi dan pelayanan nyaman Hermina karena RSIA, tetapi memang lebih mahal. Aku gak mikirin itunya, karena dana juga penting, bagi kami yang baru lunasin rumah pertama, dan mau lunasin mobil kedua juga, dan baru setahunan pindah ke Jakarta Bogor, lagi gak ada tabungan sama sekali. Jadi kami memilih yang dicover asuransi Astra life. Kami sejak kontrol kehamilan di bulan pertama sampai keenam pakai jatah asuransi Astra Life, baik di Hermina atau Sentra Medika. Tinggal bayar 10 persennya saja. Nah kenapa gak BPJS padahal kami punya yang kelas 1, karena pindah baru diurus kantor, dan udah terlanjur berobat pakai Asuransi. Sejak kandungan usia 7 bulan sampai 9 bulan juga cek Laboratorium udah pakai uang pribadi. Fasilitas VIP utama Sentra Medika,  1 tempat tidur pasien bisa ditinggikan dan direndahkan, 1 meja makan,  1 sofa,  lemari pakaian, meja rias,  lemari es,  AC,  TV flat,  kamar mandi ada air panas dan dingin,  air mineral 600 ml 2 botol,  1 termos air panas,  1 botol alkohol buat cuci tangan, ada pencetan call untuk suster atau bidan. Cuma VIP utama tetap dikontrol bidan dan suster, dan mereka kalau ada apa-apa dengan kita langsung hubungi dokter on call,  terutama malam pertama setelah operasi 24 jam bahkan sampai jelang pulang ke rumah. Jam besuk jam 11 sampai jam 1 siang, dan jam 5 sore sampai 7 malem bayi harus di ruangan bayi. Dan ketika bayi dimandikan pagi dan sore. Ya macem-macem kalau suster ma bidan menjalankan tugas sesuai SOP RS, ada yang ramah dan sedikit jutek hehe. Biasalah itu mah kan manusiawi. Belum jika mereka kena marah atau omel dokter hehe. Tapi aku mah Alhamdulillah deh soalnya obat-obatnya dikasih yang bagus, sehingga pasca operasi aku gak terlalu kerasa nyeri. Dan cepat pulih, tetapi mereka gercep kok ketika dipencet bel langsung dateng. Dari RS dikasih 1 tas biru kecil berisi perlengkapan mandi ibu, cangkir plastik buat cebok dedek bayi, waslap 2 dan konicare minyak telon 2, sleek ruam popok, sleek deterjen baju bayi dan sleek buat botol bayi. 

Proses pelekatan puting ibu ke mulut bayi juga diajari langsung walau secara spontan karena aku kesusahan menyusui dedek,  cuma memang bayiku ada tounge tie dan lips tie, ah banyak jalan agar ASI tersampaikan, dipumping lalu kasih dot, ASI-ku gak terlalu banyak, jadi aku campur dengan Sufor S26, bukan gak mau usaha udah minum teh pelancar ASI, makan sayur dan buah juga protein, bahkan sampai hari ini tetep usaha agar ASI melimpah. Hmm jadi ibu itu memang kudu sabar dan banyak syukur. 
Lahiran Selasa, pulang ke rumah Jumat malem. Senin pas kontrol bayiku bilirubinnya sempat tinggi lebih 4.2, harusnya 10 ini 14.2, dokter anak Yesy bilang jika gak mau dirawat takutnya ada kejang otak, ah amit2 ya, udah nurut aja deh walau merebes mili nangis aku gak henti-henti hehe sampai tensiku tinggi ketika malemnya ganti perban oleh dokter kandungan. Perbedaan golongan darah antara ibu dan bayi itu ngaruh loh ke bayi jadi kuning. Aku O sementara dedek B sama dengan papinya, untungnya dedek aktif dan kuat minum susunya, jadi bilirubinnya gak terlalu tinggi. Kenapa gak dijemur matahari aja, beda sinar matahari jam 7 sampai 8 pagi hanya mengandung vitamin D, sementara sinar untuk bayi kuning 24jam dengan dobel lampu sinar. Sinarnya itu untuk membantu memecah bilirubinnya sehingga bayi gak kuning lagi. 

Jadi ganti perban itu 3x,  Selasa SC, Jumat mau pulang ganti, Seninnya ganti lagi, baru Senin depannya perban dilepas oleh dokter kandungan. Nah PR ASI yang susah pelekatan antara bayiku dan putingku bahkan dokter anak anjurkan untuk rawat inap di klinik laktasi Depok atau bayiku mau digunting tounge tienya. Ah aku gak mau, pasti yang Alloh kasih udah terbaik, bukan berarti sufor dan ASI-ku juga gak bermanfaat buat bayiku. Buktinya bayiku Alhamdulillah sehat dan naik terus BBnya, bahkan aktif dan responnya bagus. Balik lagi doa yang utama minta ke Alloh lalu tawakal setelah ikhtiar. Ganti perban habis Rp 330.000, lepas perban Rp 250.000 dengan biaya dokter kandungannya. 

Alhamdulillah hanya semalam bayiku disinar di Perina, karena lewat dari jam 12 siang besoknya makanya dihitung 2 hari,  ya gak apalah yang penting bayiku bisa cepat pulang tidur bareng lagi sama ortunya. Lumayan semalam dengan 2 lampu sinar dan dihitung 2 hari habis Rp 2.008.000 denga biaya dokter anaknya dan cek Lab Bilirubin lagi. 

Total Biaya SC di RS Sentra Medika VIP Utama

Biaya SC di RS Sentra Medika VIP utama adalah Rp 23.600.000, dicover Astra life hanya Rp 18.000.000, jadi RP 5.600.000 nambah uang pribadi, sempat kesal dengan administrasi ketika mau pulang, lama konfirmasi dari asuransi ke RS-nya jadinya nunggu 3 jam, pulang ke rumah akhirnya jam 11 malem dan tetap nambah uang pribadi. Tapi ya udahlah semuanya sudah terlewati memang hidup mah kagak ada yang sempurna pan ya. Ada yang nanya eh nyaman gak VIP utama sentra medika, menurutku tempat ternyaman itu adalah di rumah sendiri, di RS mah mau VIP atau deluxe super juga kagak betah di RS manapun juga hehe. 

Buah hati tercinta yang dinanti selama 10 tahun. 

Ada yang lucu, kami itu udah beli anting2 bayi di Madinah waktu umroh 2013, kan dulu siapa tahu punya bayi perempuan, eh pas dikasih bidan itu antingnya kegedean ini mah buat balita katanya. Akhirnya suamiku sama bapakku ke mall Cibinong dekat RS Sentra Medika beli anting buat bayi baru lahir, hari kedua anakku Alesha Shavira Yasmeen ditindik pakai anting, dan sorenya divaksin hepatitis, pas kontrol pasca disinar imunisasi polio sekitar Rp 242.000 sama biaya konsul dokternya,  nanti bulan depan dedek Shasha imuninasi BCG mami kontrol jahitan SC pas 40 hari dedek, semoga sehat dan ada rezekinya pengen Aqiqah dedek, Aamiin. Arti nama anakku selalu dilindungi Alloh dan beruntung bersinar seperti permata mulia juga baik hati, bagus rupa dan ahlak Aamiin. Pas dedek pulang dari disinar, pas akte kelahirannya jadi. Dedek Shasha juga pas hari kedua di RS selain ditindik anting, juga vaksin hepatitis dan dikasih vitamin K juga tetes mata gentamycin oleh dokter anak. 

Proses operasi SC sekitar 40 menitan,  jam 9 masuk ruang operasi dibius sebagian badan dari bagian perut ke bawah, ke atas mah sadar, ditutupin kain, pas dedek sudah dikeluarkan dari perutku dokter Flo bilang nengok ke atas bu, Assalamualaikum ibu, dedek shasha nangis deh, aku terharu sekaligus bahagia, pas mau dibius sampai proses bayi dikeluarkan dan perutku dijahit lagi aku dzikir terus sambil berdoa. Jam 9.40 dedek lahirnya, TB 49cm,  BB 2.705 kg Alhamdulillah. Lalu dikasih waktu IMD, ASI-ku dari awal banyak yang kiri heuheu. Setelah itu dedek dan maminya dihangatkan sebelum dipindahkan ke ruang perawatan pasca ruang operasi. Mami mah gak boleh mandi setelah operasi 24jam, dedek mah setelah 6 jam dimandikan oleh bidan di RS, ketemu udah harum wangi khas bayi. Dedek Shasha diadzanin papinya waktu sudah berada di ruangan bayi sehat, kalau pas peralihan dari ruang operasi dibawa ke ruang bayi belum boleh, sesuai SOP RS-nya. 

Ooh iya waktu abis lahiran, bali alias plasentanya sudah dikasih wadah kaya kendi gitu dikubur di halaman belakang rumah sama Amih Apihnya. Dan dikasih Surat Keterangan Lahir dari RS Sentra Medika yang dittd oleh dokter kandungan. Kalau urus akte kelahiran sudah kutulis di postingan blogku sebelumnya ya. Sekarang aku makin pulih, dedek makin sehat, tugasku dan suamiku mendidik anak ini menjadi anak cerdas nan solehah, sukses dunia dan akhirat, bahagia lahir batin, Aamiin. Total biaya rawat jalan dan inap lahiran dicover Asuransi,  Rp 6.000.000 + Rp 18.000.000 = Rp 24.000.000, biaya dari dana pribadi Rp 15.000.000 lebih. Alhamdulillah pas butuh pas ada aja walau ada dana talangan dari amih apihnya, uti akungnya, tantenya ama budhenya hehehe. Biaya segini sebetulnya gak berat karena Alloh kasih jalannya. Ada dedek bayi yang tak ternilai dengan harta benda. Anugerah terindah hadiah anniversary ke 11 kami Alhamdulillah. Jika flashback 10 tahun penantian dengan segala progmil, belum sedih kalau gak berhasil, terbayar sudah oleh bayi cantik dan InsyaAlloh solehah Aamiin. 

Friday, November 22, 2019

Ngurus Akte Kelahiran, KIA dan KK

November 22, 2019 0 Comments

Ketika anak kita lahir, dokumen yang harus diurus adalah surat keterangan lahir di RS tempat bersalin. Syaratnya: 
1. fotocopy KTP ibu dan bapaknya 
2. nama lengkap anak   
3. Berat badan/BB anak 
4. TB/tinggi badan anak 
5. tempat tanggal lahir anak. 
Setelah surat keterangan jadi, biasanya dikasihkan ketika ibu dan bayi akan pulang ke rumah. Dikasih 2 rangkap yang ada cap kaki bayi dan cap jempol ibu buat dokumentasi kita, yang gak ada cap kaki dan cap jempol buat dikasihkan ke kelurahan. 

Di kelurahan menyerahkan syarat untuk pengantar akte kelahiran ke Dukcapil :
1. Fotocopy surat keterangan lahir
2. Fotocopy akte nikah
3. Fotocopy KTP ibu dan bapak
4. Fotocopy KK
5. Mengisi blanko buat KK baru di Dukcapil oleh petugas kelurahan.
6. Surat rekomendasi dikasih kelurahan untuk mengurus akte lahir, KIA dan KK baru di Dukcapil. 

Dari kelurahan ke Dukcapil menyerahkan syarat :
1. Surat Keterangan Lahir dari RS
2. Fotocopy akte nikah yang dilegalisir oleh KUA setempat (walau nikah di Garut dilegalisir di KUA Cibinong Bogor), plus asli ditunjukkan
3. KK asli yang lama
4. Fotocopy KTP bapak ibu bayi plus asli ditunjukkan
5. Surat rekomendasi dan pengantar dari kelurahan setempat sesuai domisili
6.  Mengisi SPJA/ surat pernyataan jangka kelahiran anak dihitung dari usia pernikahan (karena kita nikah 2008 punya anak 2019/jangka waktu 10 tahun) 
7. SMS ke 08155556154 ketik ANTRI#AKTA LAHIR#JUMLAH BERKAS#TANGGAL (nomer antrian berlaku hanya untuk hari itu juga )
8. Fotocopy KTP 2 orang saksi kelahiran (aku mah kebetulan mamah bapakku) 

Proses di Dukcapil 1 hari kerja,  3 jam antri beres deh KK, KIA dan Akte Kelahirannya. 

Thursday, November 7, 2019

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Persalinan dan Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan

November 07, 2019 4 Comments

Para mamah atau mami atau umi atau amma juga ibu,  yang baru punya anak pertama pasti menyiapkan segala sesuatunya untuk dedek bayi lahir ke dunia ini.  Segala sesuatu perlengkapan bayi biasanya dibeli saat kehamilan masuk usia 7 bulan. Aku pun begitu soalnya katanya pamali kalau belum 7 bulan,  dan tentunya biasanya udah 7 bulan bahkan dari 5 bulan kehamilan jenis kelamin bayi ketahuan perempuan atau lelaki. 
Aku pun saat usia kehamilan 7 dan 8 bulan setengah mulai nyicil beli-beli perlengkapan bayi di baby shop, yang pertama bersama suamiku, yang kedua bersama ortuku. Baju-baju bayi yang lucu dan bahannya halus jangan sampai bikin kita kalap. Soalnya bayi cepat tumbuhnya, jadi beli baju new born/NB secukupnya saja. 

Dari RS tempat kita akan bersalin pasti diberi catatan yang harus dibawa dan dipersiapkan. Ini dia perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan :

Ada untuk admistrasi yaitu :
  • Buku medik ibu, catatan selama kontrol kehamilan bulan 1 sampai 9 dan usg dedek bayi plus catatan BB atau bila ada keluhan saat kehamilan dan alergi obat. 
  • Lembaran peraturan pelayanan rawat inap/registrasi.
  • Foto kopi KTP suami istri 1 lembar
  • Hasil pemeriksaan Lab,  EKG,  USG,  biasanya sudah ada di buku rekam medis kita di RS tempat kita kontrol dan temapt bersalin. 
  • Surat jaminan (jika pakai asuransi dan kita memilih kamar perawatan dan tindakan melebihi asuransi).
  • Kartu asuransi atau kartu BPJS jika tidak bayar dengan uang pribadi.
  • Atm dan uang tunai jika harus ada yang dibeli dan dibayar di luar asuransi. 

Perlengkapan Ibu untuk 3 atau 4 hari :

  • Blus dengan kancing depan 4 buah
  • Kain panjang/jarik atau sarung wanita 2 buah
  • Gurita atau korset 2-3 buah
  • Pakaian dalam
  • Handuk dan alat kecantikan
  • Pembalut dan perlengkapan mandi disediakan RS, tapi bawa saja buat persiapan.
Perlengkapan bayi :
Perlengkapan bayi biasanya disediakan RS pada saat akan pulang 2 set, 1 set untuk cadangan. 
Tetapi alangkah baiknya kita siapkan juga :
  • Baju bayi 6 stel NB, aku bawa 9
  • Popok kain bayi 6, aku bawa 9 karena di RS 4 hari dan karena lahiran SC.
  • Diapers NB
  • Sarung tangan dan sarung kaki 2 set
  • Bedongan 6
  • Selimut dan handuk bayi



Di rumah juga kita siapkan lagi popok kain kalau aku beli 20 lebih, jadi ke RS bawa 9 di rumah ada 11-an lagi,  baju bayi juga di rumah ada 5 stel NB,  tisu basah, kapas bulet,  tisu kering,  diapers bayi dan ibu (ini kubawa juga ke RS. Karena aku SC buat nifas kemarin nyari pembalut nifas gak nemu, aku beli popok dewasa, takutnya jika darahnya banyak dan aku masih kerasa nyeri biar di popok dulu hehe. 
Bak mandi bayi plastik dan baskom plastik, jika bayi ngompol dan pup di kamar buat ganti popok wadah air hangat. Wadah bedak bayi. Ooh iya siapkan juga baby oil, minyak telon, bedak bayi, sabun bayi, dan krim untuk ruam popok takutnya bayi lecet kena diapers. Jangan lupa perlengkapan bayi yang di rumah dan dibawa ke RS dicuci dulu dengan sabun khusus pakaian bayi, biar bayi tidak iritasi atau alergi. Gurita bayi aku bawa juga 6, gurita ibu 1, gurita ada yang pakai perekat ada yang pakai tali. 
Buat bapaknya juga kita bawa 2 stel baju,  1 handuk dan pakaian dalam, karena bapak bayi bakalan nemenin ibu dan bayi saat rawat inap di RS. 
Pertimbangkan juga saran dokter untuk lahiran normal atau SC, karena tentunya demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi. Jangan diperdebatkan karena kedua cara lahiran tersebut sama-sama berjuang mempertaruhkan nyawa dan berpahala   di sisi Alloh, juga menghapus dosa sang ibu. 

Biasanya dokter akan memutuskan untuk operasi caesar ketika kontrol kehamilan 37 minggu, dan SC dilakukan di usia kehamilan 38 minggu. Sebelum hari H operasi dilakukan, dokter menyarankan cek Laboratorium lagi, dan sang ibu didampingi bapak bayi,  konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam/internist dan dokter anastesi. 
Jika semua cek Lab. oke dan rekam jantung EKG juga tekanan darah oke, hari H yang sudah dijadwalkan sang ibu harus puasa dari jam 6 pagi sampai tindakan operasi. Aku pun demikian, dianjurkan sarapan dulu nasi plus lauk pauknya jam 5 pagi. Jam 6 pagi harus puasa makan dan minum. Aku dibius/anastesinya setengah badan, dengan biusan epidural di tulang ekor belakang InsyaAlloh.  
Kalau kepengen mah normal cuma karena usiaku 37 tahun mau masuk 38 tahun,  dan kehamilan pertama setelah 10 tahun lebih menanti dengan serangkain progmil, dianjurkan untuk SC karena walau sehat aku dan bayiku, posisi bayiku melintang saat usia 6 dan 7 bulan, 8 bulan sempat balik normal, pas 9 bulan balik lagi melintang. Dan semua sudah sesuai takdir yang tertulis di Lauhul Mahfuz-Nya. Yang penting sehat dan selamat ibu dan bayinya. 
Alhamdulillah BB debay, air ketuban dan posisi plasenta pun normal. 
Selain semua itu perlu persiapan mental agar kita happy dan tawakal menjalani semuanya. Bagiku dan suamiku segala sesuatunya sudah sesuai kehendak Alloh. Kita sebagai manusia berusaha yang terbaik dan berdoa yang maksimal. Bismillah InsyaAlloh SC selasa depan 12 Nopember 2019/15 Robiul Awal 1441 H,  ketemu dedek bayi cantik solehaku yang kami nanti selama 10 tahun 2 bulan, dan ini merupakan hadiah anniversary pernikahan kami yang ke-11 Desember nanti, ngepasin nanti saat dedek bayi usia 40 hari InsyaAlloh. 








Thursday, October 24, 2019

Kamu Bisa ke Paris dengan Tabungan Liburan Mulai dari Rp10.000

October 24, 2019 2 Comments

Ingin ke Paris tapi bingung harus menyiapkan tabungan liburan? Simak tips menabung mulai dari 10 ribu berikut ini!
Selain terkenal sebagai Capital of Fashion, Paris juga identik sebagai kota wisata yang sarat dengan romantisme. Menara Eiffel sebagai landmark utama adalah salah satu destinasi wisata romantis di dunia. Belum lagi dengan beragam tempat keren lainnya yang kian menjadikan ibu kota Perancis ini sebagai tujuan wisata populer.


Foto dari cometoparis.com

Namun tentunya, untuk bisa berkunjung ke kota ini dibutuhkan biaya yang tak sedikit. Anda harus bisa mengelola keuangan, termasuk dengan menyiapkan tabungan liburan dari sekarang. Tabungan ini pun bisa dimulai dengan nominal yang tidak terlalu besar, yakni hanya Rp10.000. Bagaimana bisa? Simak cara-cara berikut!
1. Rencanakan Tujuan dan Buat Anggaran
Sebelum mulai menabung, Anda harus terlebih dulu menyusun anggaran biaya/dana yang dibutuhkan agar nantinya bisa memperkirakan lamanya waktu untuk mencapai jumlah tabungan tersebut. Dengan sebelumnya, Anda juga telah membuat perencanaan terkait waktu, akomodasi, dan tujuan wisata.
Agar lebih hemat, sebaiknya hindari berkunjung ke Paris saat peak season, yakni pada masa liburan sekolah di akhir musim semi dan panas. Selain ramai oleh banyaknya wisatawan, bisa dipastikan biaya transportasi dan akomodasi juga cenderung lebih mahal.
2. Mulai Menabung Rp10.000/hari
Menyiapkan tabungan liburan sebenarnya bukan hanya soal nominal uang yang ditabung, melainkan lebih pada konsistensi dari menabung itu sendiri. Tak masalah jika Anda hanya mampu menabung 10 ribu setiap hari asalkan konsisten. Dengan cara seperti ini, Anda tidak akan terlalu terbebani namun juga bisa secara perlahan mewujudkan impian untuk berlibur ke luar negeri.
Agar lebih semangat, Anda bisa menuliskan kata-kata motivasi terkait destinasi impian, misal, "Paris, Menunggumu!" pada celengan atau tempat yang mudah dilihat. Kata-kata tersebut ibarat alarm yang akan selalu mengingatkan Anda untuk konsisten menabung demi sebuah impian.
3. Ikut Arisan sebagai Sarana Menambah Uang Tabungan
Sebenarnya, esensi dari arisan tak jauh berbeda dengan menabung. Hanya saja, arisan lebih melibatkan banyak orang sehingga konsistensi dan tanggung jawab lebih terbentuk. Karena ini pulalah, arisan juga sering dianggap sebagai tabungan 'tanpa sadar' karena seolah-olah Anda tidak menabung tetapi membayar iuran yang sifatnya wajib.
Anda bisa mengikuti arisan di keluarga besar, tempat kerja, atau bahkan kompleks perumahan. Sedangkan bagi para pria, bisa menitipkannya pada ibu, saudara, atau bahkan teman perempuan. Ketika Anda dapat giliran, uang hasil arisan bisa digunakan untuk menambah tabungan liburan. Lumayan, kan?
4. Memanfaatkan Sistem Tabungan Autodebet
Selain menabung dengan celengan dan arisan, sistem tabungan autodebet juga bisa Anda manfaatkan. Sistem ini akan secara otomatis memotong uang dari rekening Anda setiap bulan selama waktu yang ditentukan. Potongannya sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan sekaligus kebutuhan. Misal, jika Anda ingin menabung 10 ribu per hari, berarti akan terpotong kurang lebih 300 ribu setiap bulan. Hasil akumulasi beserta bunganya bisa Anda ambil ketika waktu sudah jatuh tempo.
Selain di bank, investasi ini juga bisa dilakukan melalui qazwa.id; sebuah platform investasi syariah yang sudah terdaftar di OJK. Di sini, Anda bisa berinvestasi tanpa riba dan sesuai dengan syariat Islam. Tak hanya berupa deposito, setidaknya terdapat 5 jenis investasi lain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jadi, bagaimana? Yuk, wujudkan impian berlibur ke Paris dengan menyiapkan tabungan liburan dari sekarang!

Thursday, October 10, 2019

Mutasi Motor Dari Kabupaten Demak ke Kabupaten Bogor

October 10, 2019 0 Comments

Tanggal 15 Agustus 2019 kemarin suamiku urus cek fisik dan gesek rangka motor Honda matic 2014 di Samsat Cibinong Kabupaten Bogor. Plat Nomer motorku itu Kabupaten Demak. Nah karena belinya tunai Rp 14.500.000 tahun 2014, 2019 ini Oktober harus gesek rangka karena sudah 5 tahun. Karena kita sudah domisili di Kabupaten Bogor, otomatis ngurusnya di Cibinong. Soalnya masa motornya kudu dibawa lagi ke Mranggen Demak heuheu. Nah Cek Fisik dan Gesek Rangka hanya sebentar ngurusnya, syaratnya bawa motornya, BPKB motornya dan KTP asli pemilik motor. Biaya yang dikenakan hanya kasih sukarela, suamiku ngasih Rp 5.000 saja hehe.

Nah setelah itu suamiku ke Semarang, dan ke Samsat Demak tanggal 21 Agustus, bawa Cek fisik yang dilegalisir dari Samsat Cibinong, KTP sementaraku karena KTP dari Kabupaten Bogor belum jadi,  BPKB motor dan STNK motor. Pas disana karena pemilik asli gak harus hadir, cuma kudu disertai surat pindah, sementara sudah diserahkan untuk urus pindah KK dan KTP, gak mungkin urus lagi,  padahal aku sudah bikin surat kuasa bermaterai Rp 6.000, tapi tetap kudu ada surat pindah KK ma KTP. Akhirnya Samsat Demak menyarankan seolah-olah motornya dibeli suamiku Rp 12.000.000 dan bermaterai Rp 6.000, jadi atas nama di STNK yang dimutasikan atas nama suamiku, biar gak ribet.

Samsat Demak

Di Samsat Demak  masukin berkas kita yaitu :
Semua berkas foto copy rangkap 4 ( KTP, STNK motor, BPKB).
Lalu kita dikasih STNK sementara yang berlaku sampai 30 Oktober 2019. Nunggu berkas keluar dulu di Samsat Demak yaitu Cek fisik dan Gesek rangka dilegalisir lagi disini, berkas yang dari Samsat Cibinong Bogor diserahkan Samsat Demak. Nunggu dipanggil petugas berkas lagi, ngurus Fiskal dulu, lalu balik lagi ke Jasa Raharja, kemudian  ke BRI bayar Rp 150.000.

Setelah itu tidak bisa diambil saat itu juga STNK dan BPKB mutasinya, baru bisa tanggal 11 September keatas diambil lagi ke Samsat Demak. Pas pengambilan bisa diwakilkan, surat pengganti STNK-nya harus dibawa dulu, nanti dipakai buat ngambil berkas  yang sudah jadi, dan dibawa buat pakai motor disini biar gak ditilang jika ditanyakan STNK-nya. Nunggu 3 mingguan jadi STNK asli yang dimutasikan, nanti STNK-nya jadi atas nama suamiku sebagai pembeli motornya. Akhirnya tanggal 11 September surat untuk pengambilan mutasi STNK dan BPKB dikirim suamiku ke kantorku dulu di Semarang, minta tolong teman kami disana untuk ambilkan di samsat Demak. Pengiriman pakai J&T hanya Rp 18.000, isi berkas surat pengambilan/STNK sementara,  fotocopy KTP sementara kami berdua dan fotocopy BPKB motor.  Berkas baru diterima teman kami tanggal 16 September 2019, dan langsung teman kami ambilkan BPKB dan STNK mutasinya di Samsat Demak. Alhamdulillah teman kami pun tanggal 17 September ke Jakarta untuk ikut seminar, jadi sekalian dibawakan.

Setumpuk berkas ini dari Samsat Demak dibawa ke Samsat Cibinong Bogor, buat mutasi BPKB dan STNK juga ganti plat nomer motor. 

Berkas ini suamiku serahkan tanggal 20 September 2019, katanya akan diproses 14 hari kerja di Samsat Kabupaten Bogor. Ada pun biayanya yaitu terdiri dari :
- PKB  
- BBNKB (2/3 X PKB)
- SWDKLLJ  Rp 35.000
- administrasi STNK Rp 25.000
- Administrasi TNKB Rp 60.000
- Administrasi/daftar Rp 100.000
- Tergantung berapa PKB-nya
- Belum bikin BPKB baru Rp 225.000, diluar biaya2 administrasinya.

Samsat Kabupaten Bogor, ada tempat bermain anak. 

Tanggal 10 Oktober suamiku baru sempat ke samsat Cibinong lagi, akhirnya dari plat nomer motor  H AAE jadi F FAR. Bayar BPKB saja 225 ribu rupiah, dikasih resi dulu, nanti ngambilnya di polres Bogor dua bulan lagi. Faktur pembelian dikembalikan, nanti kalau dapet BPKB baru distaples disatukan. Lumayan ngantri bayar pajeknya, pajeknya total Rp 505.000 terus print STNK, baru ambil plat nomer, total bayar 730 ribu rupiah. Memang ya sehari ngurusnya,  cuma nunggu jadinya lumayan ya 3 minggu di Demak,  di Bogor 2 minggu.  


Bukti  STNK sementara diserahkan ke bagian mutasi masuk untuk dapat berkas kita. Lalu ke bagian registrasi ambil formulir pengajuan baru. Dilengkapi, diserahkan balik ke bagian TU penomoran buat dapat nomer motor. Terus ke BBn2 bayar BPKB 225 rb, dikasih resi buat ambil ke polres Bogor, 2 bulan kemudian diambil.


Terus ke kasir buat bayar STNK, selesai tunggu dipanggil buat terima STNK yg sudah jadi. Tinggal ke bagian plat nomer, serahkan yang merah tadi,  kan dikasih seperti foto diatas 3 lembar itu, beres deh plat nomer/TNKB.