Friday, September 3, 2021

Dongeng Dukung Eksplorasi Si Buah Hati

September 03, 2021 0 Comments


Di usia putriku sekarang 22 bulan atau 2 tahun kurang 2 bulan, sangat suka bereksplorasi, rasa ingin tahu juga imajinasi dan kreatifitasnya makin berkembang. Salah satunya yang mendukung perkembangan daya eksplorasinya melalui baca buku dongeng.

Dengan dibacakan buku dongeng bagi anakku banyak manfaatnya, diantaranya adalah memperkaya kosakatanya, meningkatkan percaya diri, dan melatih kelak ketika sekolah mempelajari bahan bacaan yang lebih sulit.
 

Menurut penelitian  lewat mendongeng bisa membantu membentuk nilai moral dan karakter. Nestle Dancow Aku dan Kau mengeluarkan buku seri dongeng cerita rakyat sebanyak 15 seri, dimana diantaranya adalah Balas Budi Sang Rusa, aku baru punya ini dan anakku suka, ada lagi Buaya Tembaga, Kancil dan Kerbau, Keong dan Kerbau, Keong Kecil dan Rumahnya, Mengapa Anjing Tidak Bertanduk, 5 seri ini untuk anak usia 1+, 5 seri buku dongeng buat anak usia 3+ yaitu Biwar Si Pemberani, Ibu Kami Seekor Kucing, Kisah Burung Kekekow, Pangeran Palarasa Si Lembut Hati, dimana kemarin pas 2 September Kak Ariyo Zidni membacakan dongeng ini, Si Kurus dan Harimau Loreng. 5 seri buat anak usia 5+ yaitu Asal Mula Nama Salatiga, Kilip dan Putri Bulan, Kluntung Waluh, Pangeran Arya dan Guling Kecilnya, Suwidak Loro.


Menurut Ibu Lydia Sahertian selaku Brand Manager DANCOW Nutritods untuk tumbuh kembang anak, Toddler dan Prasekolah stimulasi dengan dongeng sejak dini banyak manfaatnya buat si buah hati yaitu kemampuan kognitif, bahasa, emosional, dan perilaku sosialnya. Melalui program Dongeng Aku dan Kau tema Indonesia mendongeng bisa mempererat hubungan emosi antara orang tua dengan anak, memberikan stimulasi dan menjadikan dongeng sebagai tradisi tak ternilai bagi orang tua dan anak.

Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah pada usia 18-24 bulan (Colson, 1997), memasuki masa toddler dan prasekolah (3-6 tahun), dimana kemampuan kognitif, bahasa dan emosional juga perilaku mengalami perkembangan pesat menjadi fondasi perkembangan kognitif (Rosales, 2009). Agar stimulasi mendongeng diterima maksimal oleh si Buah Hati, penuhi kebutuhan nutrisi dan aktivitas buah hati dengan lingkungan penuh cinta dari Ayah Bundanya.


Menurut Bunda Ratih Ibrahim, M.M, Psikologi klinis, membacakan dongeng rakyat adalah stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan tumbuh kembang buah hati, juga membantu si buah hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita, anak akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng akan menjadi momen tak terlupakan yang akan dikenang oleh anak sampai dia dewasa kelak. Waktu mendongeng boleh kapan saja, kita luangkan waktu bersama anak dan tak hanya dilakukan ketika mau tidur saja. 

Menurut Mba Meisya Siregar, ketika mendongeng dengan anaknya Bambang duduk sejajar dengan intonasinyang tepat, dan ajak anak yuk Bunda ceritain, Bambang mau yang mana, ketika anak antusias dia bakalan penasaran menyimak dongeng yang kita bacakan tadi.

Menurut Kak Ariyo Zidni, dongeng rakyat Indonesia itu mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain juga membantu si Buah hati menghadapi tantangan hidup sehari-hari, misal dongeng Pangeran Palasara, mengajarkan anak tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama.

Kegiatan Indonesia Mendongeng ini mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Pendidikan Anak, juga didukung oleh Ibu Athalia Kamil dan Ibu Nur Asia Una juga Ibu Neny Baswedan. Semoga semua anak Indonesia berkesempatan mendengarkan cerita dongeng. Kemendikbudristek pun terus mendorong peningkatan kompetensi untuk guru/PAUD(Pendidikan Usia Dini) dan orang tua.  Yuk Ayah Bunda mendongeng untuk buah hati tercinta kita, mau dongeng sebelum tidur atau kapan saja kita luangkan waktu untuk anak kita, dengan cerita rakyat atau cerita lainnya yang penuh pesan moral biar anak kita kelak berkarakter budi pekerti baik dan berbudaya luhur.

Monday, August 9, 2021

Tetap MengASIhi Dikala Pandemi

August 09, 2021 0 Comments

 


ASI adalah rezeki seorang ibu untuk anaknya. Semua ibu di dunia ini pasti mau memberikan yang terbaik buat anaknya. Tidak ada ibu yang tak sayang anaknya, cuma pada kenyataannya rezeki tiap orang itu berbeda termasuk ujiannya. Ada ibu yang melimpah ASI-nya sampai penuh di kulkas bahkan didonorkan. Tapi ada ibu yang ASI-nya sedikit walau sudah pijat laktasi dan minum  berbagai suplemen pelancar ASI. Aku termasuk ASI-nya dikit walau sudah pijat laktasi, suami support dan dipompa ASI. 


Waktu hari Sabtu 7 Agustus kemarin ada Shopee live Philips Avent mengenai tetap mengASIhi dikala Pandemi. Ya saat Pandemi ibu-ibu cenderung stress karena bisa jadi jenuh dengan rutinitas, tapi harus rileks dibikin santai dan dibawa happy biar ASI tetap ada. Kata dokter Andreas ibunya harus banyak makan buah dan sayur, disupport bapaknya dan melakukan pijat laktasi.
Jika ada ibu yang positif covid bisa tetap mengASIhi anaknya menurut dokter Andreas. Katanya ibu menyusui gak usah tergantung dengan suplemen pelancar ASI, tapi boleh mendapatkan vitamin zinc, zat besi dan D.


Kunci mengASIhi biar sukses di pelekatan yang pas dan harus sering mengosongkan payudara biar ASI tetep ada. Teknik pumping yang benar serta alat pumping ASI yang tepat juga bisa bikin ASI banyak deras. Kalau aku pumping elektrik suka sakit apalagi pumping manual, lebih suka pumping silikon. Tapi banyak review ibu menyusui cocok dengan pompa ASI Philips Avent.


Nah aku pun ketika menyusui ASI-ku dikit dan anakku ada tounge tie dan lips tie harus diinsisi atas saran dokter anak sekaligus konselor ASI. Ya memang menyusui lebih bagus DBF atau bayi langsung menyusu dari payudara ibunya. Cuma waktu itu aku gak mau diinsisi, dan bayiku sekarang usia 20 bulan artikulasi bicaranya pun jelas. Karena dulu sempat khawatir katanya jika tidak diinsisi bicaranya bakalan gak jelas. Anakku memang gak pinter DBF tapi harus pakai dot, pemilihan puting DOT pun yang sesuai bentuk puting ibu. Memang betul kata dokter anak-ku dan dokter Andreas lebih baik pakai sonde atau sendok ASI-nya tapi waktu itu udah dicoba bayiku takut tersedak dan dia kesusahan akhirnya pakai dot atau botol susu. Sekarang mau dibiasakan di tempat minum ada sedotan dan gelas. Dan aku pun pernah ketika pumping payudara sampai habis, karena ketika selesai menyusui aku terus pumping, ternyata pumping itu ada waktunya satu jam atau dua jam dikasih jeda dulu. Jadi full ASI anakku hanya seminggu, itu pun jarang DBF tapi pumping ASI masukan botol susu, sampai akhirnya dicampur sufor. Ya katanya harus keras kepala ketika menyusui dengan ASI, tapi karena di usia anakku seminggu harus dirawat di perina tinggi bilirubin disinar selama 24 jam karena beda golongan darahku dengan anakku O Rhesus positif dan B Rhesus positif, sementara ASI-ku dikit jadi keterusan campur sufor sampai sekarang. Walau aku tak sukses memberikan ASI bonding aku dan anakku kuat. Walau ada yang bilang harus ASI full biar ibu anak bonding kuat, tapi namanya anak dan ibu kandung tetap kuat kok. Jadi jika sesama ibu dan wanita kita harus saling support gak usah membandingkan antara lahiran normal dan operasi SC , keduanya sama pertaruhkan nyawa. Full ASI atau campur sufor, bukan berarti ibu yang kasih sufor itu gak usaha maksimal atau stress dan tak sayang anaknya karena malas menyusui. Belajarlah berempati sebagai manusia yang punya kelebihan dan kekurangan. Dan jika yang lulus mengASIhi sampai 2 tahun selamat itu anugerah-Nya. Dan bagi yang tidak gak usah berkecil hati karena tetap jadi seorang ibu dan anaknya juga sehat ceria aktif. Dan ketika anak full ASI katanya ketika MPASI gak GTM, pada kenyataannya ada juga anak full ASI mengalami GTM. Kalau MPASI terletak di variasi makanan biar anak gak GTM dan kebiasaan makan suplai dari ibunya ketika di kandungan juga anak MPASI belajar makan, lambat laun seiring waktu anak kenal berbagai tekstur dan rasa makanan minuman dan apa yang dia suka. Buah dan sayuran kalau dokter anak bilang hanya perkenalan karena belum terserap maksimal oleh pencernaan anak. Tapi anakku suka sayur dan buah biar gak sembelit, kalau protein lebih suka ikan daripada  daging.

Tuesday, August 3, 2021

Pengalamanku Bayar Iuran dan Manfaat BPJS Kesehatan

August 03, 2021 0 Comments

Dulu waktu aku masih bekerja di Semarang didaftarkan BPJS Kesehatan oleh kantor tapi atas nama pribadi masing-masing, ada yang dapat kelas II dan III, aku kebagian kelas II, dulu daftarnya di kantor BPJS Semarang dan bayarnya bisa di Indomart atau kantor pos. Aku bayar itu dibayarin kantor full Rp 75.000 kalau sekarang kelas II Rp 100.000. Nah sempet tuh setelah resign karena ikut suami pindah kota dari Semarang ke Jakarta, ada tagihan ke rumah ortuku di Garut oleh petugas dari Desa. Aku kan heran soalnya kan udah gak pakai KTP Garut sejak nikah KTP Semarang, nah aku klarifikasi ke kantor Semarang dan kantor suamiku di Jakarta karena aku istri otomatis jadi ikut BPJS Kesehatan kelas I dan ikut suami sebagai tanggungan. Ngurusin ini agak lama kita bayar pribadi dulu yang selama kelas II kalau gak salah Rp 600.000 tagihan BPJS Kesehatanku selama 8 bulan, lalu sampai sekarang aku BPJS Kesehatan kelas I ikut kantor suami otomatis dipotong gaji per bulan sebesar Rp 300.000. Nah aku pun sudah klarifikasi ke petugas desa di Garut jangan nagih ke ortuku karena mereka gak tahu apa-apa plus KTP sesuai domisiliku pindah juga sudah otomatis potong gaji. Semenjak itu gak ada tagihan via telfon lagi, nah harusnya data peserta JKN melalui BPJS Kesehatan ini harus diupdate sesuai alamat di KTP walau NIK-nya sama biar gak ada salah paham seperti yang kualami itu.

 

 Ini potongan gaji per bulan dari kantor suamiku untuk kami berdua, BPJS emp (1%) Rp 72.046 dan BPJS Comp (4%) Rp 288.184 jadi total  Rp 360.250 per bulan. Kalau ini sudah tak ada kendala lagi sudah aman karena otomatis dipotong dari gaji suamiku, cuma rada susah nih buat daftarin anak kami biar punya BPJS Kesehatan juga.


Nah kami pernah pakai BPJS Kesehatan waktu sakit ringan, aku dan suamiku di Faskes I waktu berobat radang tenggorokan dan maag di klinik As Salam dikasih obat generik buat 3 hari lumayan sembuh. Cuma memang antri, nah ketika aku mau lahiran karena kami juga ada fasilitas asuransi yang sama dipotong gaji periksa kehamilan dicover asuransi, cuma ada limitnya. Aku dianter suami dan ortu lagi hamil besar pernah bertanya ke BPJS Kesehatan kabupaten Bogor, disana disuruh print kartu BPJS Kesehatan sendiri dan kami harus konfirmasi RS swasta tempat kontrol kehamilan dan lahiran, ternyata gak bisa menggunakan BPJS Kesehatan karena dari awal sudah gunakan asuransi, harus tetep pakai asuransi sampai batas limit habis dan sisanya bayar uang pribadi. Kecuali katanya jika dari awal pakai BPJS Kesehatan bisa, cuma masalahnya dokter kandunganku juga gak terima BPJS Kesehatan karena ada pembatasan suplemen dan obat.


Nah kami rasakan sekali manfaat dari rajin bayar iuran BPJS Kesehatan / Kartu Indonesia Sehat ini ketika kami kena covid di Mei Juni kemarin.
Terus terang kami gak punya cukup tabungan buat rawat inap apalagi biaya ICU di RS swasta. Aku dan anakku yang balita gejala ringan cukup isoman obat dan vitamin pribadi gak dikasih dari Puskesmas, tapi dengan adanya KK, KTP dan Kartu Indonesia Sehat/BPJS Kesehatan kita dapat tes antigen dan PCR gratis dari Puskesmas yang dateng ke rumah. Dan waktu itu suamiku dan mamahku harus dirawat inap karena saturasi oksigen rendah juga ada sesak nafas, bapakku almarhum harus masuk ICU karena gejala berat covid dan ada komorbid diabetes dan darah tinggi.
Untung punya Kartu Indonesia Sehat mamah bapakku yang iuran dipotong dari gaji pensiunan PNS, jadi ketika masuk IGD RSUD sebelum masuk kamar perawatan dan ICU kita cukup membawa KTP, KK dan Kartu Indonesia Sehat. Coba bayangkan kami yang gak punya tabungan banyak biaya perawatan di RS buat 3 orang itu gak murah, bayar darimana coba untuk 3 orang pasien dengan almarhum bapak 10 hari di ICU, mamah 11 hari rawat inap, suami 8 hari rawat inap. Alhamdulillah tertolong banget dengan adanya BPJS Kesehatan, dan sukanya lagi kasus kemarin yang kita alami walau domisili ortu di Garut bisa langsung ditangani di RSUD Cibinong Kabupaten Bogor. Nah begini gak usah ada rujukan jadi pasien cepat dapat perawatan plus termasuk pemulasaran jenazah bapak pun oleh pihak RSUD termasuk peti, kain kafan dan jenazah dicover Kartu Indonesia Sehat. Dan ketika jenazah hendak dimakamkan sesuai alamat domisili KTP dengan prokes tidak ribet harus ada pengantar hanya ada surat keterangan kematian dan jenazah yang sudah dimandikan dikafani, dikasih APD dan peti jenazah.
Terima kasih BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat kami merasakan manfaatnya dikala pandemi dan kena covid kemarin. Selamat HUT yang ke 53 buat BPJS Kesehatan, semoga makin baik dan terus memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat sebagai peserta JKN.

Thursday, July 8, 2021

Tumbuh Kembang Balita Optimal Dengan Nutrisi Dan Stimulasi Yang Tepat

July 08, 2021 0 Comments



Ini putriku Alesha, usia 19 bulan udah makin pinter Alhamdulillah, BB-nya 8.7 kg TB-nya 82cm. Di usianya ini dia sudah bisa ikutin Allohuakbar gerakan solat sama sujud, suka bantuin Maminya nyiram tanaman, makan sendiri, bisa lari dan nari ikutin irama musik, mainan masak-masakan, suka Corat coret gambar di buku dan terkadang di dinding, main boneka dan masak-masakan juga playdough aneka warna dicetak terus dia mainkan. Dulu putriku lahir via SC BB 2.75 kg dan TB 49 cm. Alhamdulillah sehat dan kuat walau gak full ASI campur sufor S26.


Kemarin aku berkesempatan mengikuti YouTube live bersama Wyeth #CaraPintarMom Talk&Play, "Pentingnya Memastikan Tumbuh Kembang Anak sesuai Tahapan Usianya di Masa New Normal", paling kiri Mbak Vera Niki Gozali ( Brand Manager S-26 Procal), tengah Bu Dr.dr.Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH ( dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang), paling kanan Mbak Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi. (psikolog).


Menurut Mbak Prita masa pandemi ini tanpa disadari pengaruh kepada hubungan emosional antara orangtua dan anak. Kuantitas pertemuan mungkin bertambah, tapi koneksi antara ortu dan anak berkurang.
Ibu tak harus memaksakan diri multitasking karena misal masak, beberes dan ngurus anak dalam satu waktu bisa memicu stress, akibatnya menaikkan intonasi bicara ke anak emosi. Iya juga sih kadangkala kalau capek jadi bentak anak, maaf ya nak.
Nah ini caranya biar kita gak cepat emosi dan gak stres :
  1. Blocktime/bagi waktu, gak usah merasa seperti wonder woman, tapi luangkan waktu di kesibukan kita urusin rumah kudu ada waktu main sama anak, tatap anak ngobrol main dengan tatapan langsung ke anak dan sentuhan lembut ke anak.
  2. Milestone, kita harus tahu anak kita usianya berapa, berapa batas BB dan TB yang harus dicapai, stimulasi apa yang harus diberikan dan anak kita skillnya udah nambah apa saja nih. Misal anak 19 bulan harus bisa dia dua suku kata, nah sesuai anakku bisa tiga suku kata seperti Mami tolong Caca, terus kita harus bisa kenali aktifitas anak kita sukanya lagi apa nih, misal anak suka gambar coret-coret kasih buku ma krayon atau pensil atau pulpen, jadi bakat minat anak terasah dan terstimulasi.
  3. Melibatkan anak dalam keseharian kita, ya benar Aku suka ajak Shasha masak dia happy, pas selesai masak sup misalnya dia bilang yummy terus makan sendiri habis. Ajakin bantuin jemur baju, keluarkan baju dari mesin cuci Maminya yang jemur diatas jemuran, dia juga happy tolong Mami katanya. Kukira hal sederhana ini sepele tapi manfaatnya ternyata melatih motorik halus si kecil.
Tidak ada ibu yang benar-benar sempurna, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Membentuk lingkungan kondusif buat si kecil sangat perlu di masa new normal ini. Jadi walau di rumah saja kita sediakan media untuk bermain dan belajar si kecil yaitu dengan cara : 
  1. Membangun hubungan responsifnes ke si kecil, perhatikan apa kebutuhan dan minat si kecil, misal anak usia 2 tahun suka gerak sediakan perosotan, anakku kusediakan sepeda dan perosotan dia happy. Si kecil punya skill tiap hari yang bikin kita ortunya bangga, berhasil BAK sendiri, pakai baju sendiri, sikat gigi sendiri, habisin makanan sendiri atau minum susu sendiri walau masih belepotan. Nah kita beri respon puji si kecil hebat, aku pun suka ma Shasha, wah Shasha hebat keren Alhamdulillah dia senang kalau dipuji, jadi sinapsnya kata Mbak Pritta sinyal otaknya nyambung, bikin si kecil makin pintar. Hal sepele gini untuk bekal dia besar calistung, bersosialisasi, dalam bermain dan belajar di rumah tak hanya Mamnya saja tapi Papnya harus ikutan biar si kecil makin pintar.
  2. Stabilitas, dalam keluarga tetap tenang dalam kondisi stres itu harus. Contoh buat aturan jangan diganti-ganti. Ketika mengajari anak sesuatu tatap matanya, misal nak kamu makan dulu baru mandi atau sebaliknya harus konsisten setiap hari. 
  3. Papinya harus terlibat dalam pengasuhan si kecil jangan Maminya Mulu, karena anak berdua harus mengasuh juga berdua agar anak tumbuh kembangnya optimal. Jadi poinnya pertama stimulasi harus tahu sesuai milestones tumbuh kembang anak kita, kedua si kecil di periode sensitif terhadap apa nih fasenya. Si kecil pinter suka ngoceh berarti sering ajak ngobrol dengarkan lagu balita. Si kecil suka estafet main bola, coba suruh si kecil kelompokan berdasarkan warna bolanya, aku suka nih saat mandikan dan anaknya happy. Si kecil suka pegang play dough bagus buat sensori nya, Shasha suka warna warni playdough lalu dicetak di cetakan kue mainannya.
  4. Hand puppet, bermain dengan boneka tangan ini mendukung perkembangan sosial si kecil, anakku belum ada hand puppet baru boneka biasa. Contohnya nih ngajarin toilet training, tatap mata si kecil ayo ini boneka kelinci atau pandamu aja mau pipis dan pup di toilet masa kamu enggak, ayo kamu bisa. Beri si kecil kesempatan untuk bercerita bersama boneka atau hand puppetnya, pura-pura gosok gigi, pakai baju, jadi melatih perkembangan emosional dan kognitif si kecil.


Menurut Mbak Vera, Wyeth Nutrition mengembangkan rasa baru yang lezat yaitu S-26 Procal Nutrissentials rasa madu, mengandung protein, zat besi, Kolin, kalsium dan ini susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun. Shasha susunya selama ini S-26 Procal gold dan procal Nutrissentials rasa vanila, nanti nyobain rasa madu ini ah, selain asupan makanan, buah sayur dan susu juga penting biar bantu tumbuh kembang optimal yang mendukung proses belajar si kecil. Walau pandemi si kecil butuh stimulasi dan kasih sayang juga nutrisi. S-26 Procal Nutrissentials berkomitmen mendampingi orang tua dalam memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan sesuai tahapan usianya.


Menurut Bu dokter Bernie pertumbuhan anak dilihat dari pertambahan BB/berat badan anak, pertambahan TB/tinggi badan dan LK/lingkar kepala anak. Alhamdulillah anakku nambah terus walau BB-nya naik Dikit tapi sesuai milestones bayi perempuan dan TB-nya naik pesat, kalau LK jarang diukur waktu imunisasi.
Perkembangan ditandai dengan gerak kasar, halus, bahasa, personal sosial, kemandirian, milestones anak sesuai usianya. Misal anak 1 tahun belum bisa mengucapkan kata bunda baru mam atau mama. Anak usia 2 tahun dua kata Mami mamam, enak yummy, mami mau Mimi susu. Alhamdulillah anakku 19 bulan udah bisa 'Mami tolong Caca' ketika dia gak bisa, atau ketika mau susu 'Papi Caca mo susu' abis dibikinin bilang makasih. Intinya di 1000 hari pertama periode emasnya anak  stimulasi tepat dan nutrisi yang pas mendukung tumbung kembang anak menjadi baik. Kita perhatikan juga di buku KMS atau KIA, kurva pertumbuhan sesuai gak, terus milestones anak sesuai tabel diatas kartu DDTK, kalau sudah sesuai semuanya tumbuh kembang anak kita optimal. 
Jadi tumbuh kembang balita akan optimal dengan stimulasi dan nutrisi yang tepat.

Mbak Kimberly Ryder juga suka ajakin anaknya Ryden main hand puppet loh, bagus buat stimulus anak.
Mbak Poetri pun kemarin bercerita tentang madu gayanya asyik karena beliau seorang story teller buat anak-anak dengan hand puppet Bee yang lucu.
Wah jadi makin semangat nih ceritain dan ngajari anakku dengan story telling dengan boneka atau hand puppet. Gimana Mam and Pap yuk semangat dalam mengasuh dan mendidik anaknya biar tumbuh kembangnya optimal.

Sunday, July 4, 2021

Brain Academy Dari Ruangguru

July 04, 2021 0 Comments

 


Guru sejatinya orang yang digugu dan ditiru, didengar dan dicontoh, baik tutur kata, sikap teladannya. Masih mau bilang dalam mendampingi belajar anak ibu emosi jiwa atau pusing. Tenang ada bantuan dari Brain Academy dari Ruangguru. Gimana semangat kita baik ibu-ibu dan anak- anak masih suka dengan PJJ atau sudah mulai bosan karena bikin stres. Ibu adalah madrasah pertama dan terbaik buat anaknya.

Brain Academy dari Ruangguru ini keunggulannya yaitu :

  • Ruangguru bisa menjadikan siswa menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter
  • Ruangguru membantu anak mendapatkan kampus impian
  • Ruangguru tempatnya guru-guru terbaik
  • Ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak
  • Persiapan orang tua dalam menyambut tahun ajaran baru dengan Brain
  • Academy, biar mendampingi anak belajar gak stres apalagi di musim pandemi gini
  • Brain Academy lebih baik dari segi fitur, harga, dan layanan dibangingkan bimbingan belajar lainnya
  • Cerita dari teman sesama orang tua murid, tentang anaknya yang berhasil lolos UTBK dengan berlangganan Brain Academy Ruangguru
  • Cerita dari kerabat tentang pengalaman pengguna Brain Academy yang berhasil masuk ke kampus/sekolah impiannya.

Brain Academy dari Ruangguru yang tersedia secara offline. Lokasinya antara lain:

- Bali

- Jakarta

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Riau

- Sumatera Barat

- Sumatera Selatan

- Sumatera Utara

- Yogyakarta




Sebagai orang tua yang merasakan bahwa Ruangguru dengan produk

Brain Academy mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk

memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang

lebih dalam memahami beragam mata pelajaran. Brain Academy sebagai solusi orangtua yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ, sehingga hubungan ortu anak jadi lebih harmonis. Jangan sampai ibu dan anak jadi renggang karena masing-masing stress. Orang tua yang terbantu pembelajaran anaknya karena harga bimbel Brain Academy lebih murah dibanding kompetitor, ini juga penting dikala pandemi penghasilan berkurang, tapi kebutuhan meningkat, bisa lebih hemat pengeluaran. Saya sebagai orang tua yang sering kesulitan memahami materi sekolah yang diberikan untuk menemani dan membantu anak saya belajar sangat terbantu dengan adanya Brain Academy dari Ruangguru sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar.



Fitur-fitur menarik di bimbingan belajar online Brain Academy Online yaitu :

  • kelas Live interaktif dengan Star Master Teacher

  • full modul belajar dikirim ke rumah

  • belajar via HP atau laptop

  • kelas pengembangan soft skill

  • klinik PR

  • komunitas hobi kekinian

  • Paket terbaru Brain Academy (Regular, Premium, Elite)

Fitur-fitur menarik diatas sangat membantu anak mudah paham berbagai mata pelajaran, belajar tetep menyenangkan gak stres.

Anak-anak yang masih harus didampingi ketika belajar, harus kita perhatikan juga agak tak berlama-lama depan hp dan laptop kasian matanya dan efek radiasi. Beri jeda waktu belajar ketika mengerjakan PR dengan belajar wajib saat PJJ sesuai jam online sekolahnya. Berikan waktu buat istirahat dan bermain di rumah agar tak jenuh. Makanan dan minuman yang sehat bernutrisi dan bergizi membantu daya tangkap kecerdasan otak anak juga. Suasana rumah yang bersih, rapi, sirkulasi udara bagus, nyaman dan tenang juga mendukung belajar anak kita di rumah makin optimal dan menyenangkan.

Jangan lupa biar rileks anak kita sebelum belajar olahraga di halaman belakang atau dalam rumah, biar tubuhnya bugar da segar, mata ketika menatap layar hp dan laptop terus lihatlah pemandangan langit atau tanaman di halaman depan rumah.

Thursday, July 1, 2021

PJJ Asyik Bareng Ruangguru

July 01, 2021 0 Comments



Pandemi ini sudah mau 3 tahun ya, anak-anak kasian belajar di rumah terus atau PJJ. Bayangkan anak SMP dan SMU masuk ketika wabah Corona ada, keluar pas mau 3 tahun ini, selama ini PJJ terus, ntar reuninya virtual aja papasan kenal gak ya, so sad. 

Jaman ketika wabah belum menyerang, anak-anak semangat happy ke sekolah belajar bersama guru-guru dan ketika istirahat bermain bersama teman-temannya. Kalau sekarang belajar ya online via zoom hp dan laptop. Bikin stress dan bete anak juga ibunya terkadang.

Anak bosan mendengar materi di laptop dan hp, terus ibunya harus menemani belajar. Materi pembelajaran anak zaman now beda sama kita sekolah SD, SMP dan SMU dulu. Seiring perkembangan zaman tentu materi pembelajaran makin sulit dipahami. Guru jaman sekarang minimal harus bergelar Sarjana S1, bagus lagi bergelar Sarjana S2.

Sebagai orang tua yang sering kesulitan memahami materi sekolah saya tentu harus banyak belajar lagi, bapaknya juga WFH tentu tugas ibunya mendampingi anaknya. Saya cari nih aplikasi pembelajaran yang mudah juga harganya terjangkau. Nemu nih Ruangguru, materi di Ruangbelajar by Ruangguru untuk menemani dan membantu anak saya belajar di rumah dengan mudah.



Manfaat dari Ruangguru ini yang kita rasakan adalah : 

  1. Ruangguru bisa menjadikan anak menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter, metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh anak tidak bikin anak jenuh saat PJJ.
  2. Ruangguru tempatnya guru-guru terbaik, Ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anaknya, sebagai mantan seorang guru SMK aku merasakan guru jaman sekarang harus update ilmu pengetahuan dan gak boleh gaptek. Nah guru di Ruangguru kompeten banget.
  3. Persiapan saya sebagai orang tua dalam menyambut tahun ajaran baru Juli ini dengan ruangbelajar dari Ruangguru biar bisa menemani anakku belajar tanpa ribet tetep asyik.
  4. Ruangbelajar dari Ruangguru bagus baik dari segi fitur mudah dipahami, harga gak terlalu mahal, layanannya lengkap.
  5. Sebagai orang tua saya merasakan bahwa Ruangguru dengan ruang belajar mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran di sekolah. 
  6. Ruangguru sebagai solusi orangtua yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ, sehingga hubungan ortu anak jadi lebih harmonis, ibu gak senewen pusing ngajarin anaknya hehe.
  7. Orang tua yang memiliki anak SD terbantu dengan video animasi Dafa Lulu di ruangbelajar for SD.
  8. Fitur di ruangbelajar by Ruangguru yaitu :
  • ruangguru PET 
  • ruangguru adventure 
  • jadwal belajar 
  • asah otak 
  • bank soal 
  • laporan belajar 


Oh iya di awal bulan Juli ini ada fitur baru di ruangbelajar by ruangguru : 

Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.


Tujuan fitur

  • Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya

  • Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur

  • menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu

  • Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah

  • Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti 

Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan fitur

  • Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari diaplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran. Tujuan fitur ini menemukan materi belajar secara lebih cepat.

Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batue evolusihewan peliharaan.

Tujuan fitur ini Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar.

Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC.

Tujuan fitur:

● Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri anak.

● Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning.

● Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat anak yang ditunjang oleh bakat yang anak miliki.


Yuk ibu-ibu mari kita tetap semangat dan happy menemani anak kita belajar di rumah, kalau ibunya udah gak happy biasanya seisi rumah terdampak baik anak ma bapaknya hehe. Ya seorang ibu mah kudu multitasking, segala bisa, jadi dokter pribadi anak ma suami, jadi manajer keuangan rumah tangga, jadi guru buat anaknya, dan jangan lupa bahagiakan diri sendiri dulu baru bisa menularkan kebahagiaan ke anak dan suami. 


Tuesday, June 8, 2021

Covid itu Nyata Ada

June 08, 2021 0 Comments


Sabtu 22 Mei 2021, Bapak dan Mamah ke Cibinong Bogor berniat bawa Bapak berobat lambung dan batuk flu yang gak sembuh-sembuh di Sentra Medika. Di RS Jabodetabek jika ada keluhan flu batuk pasti diswab antigen, Bapak diswab antigen dan hasilnya reaktif positif. Lalu harus dirawat setelah tiga hari isoman dan diberi obat oleh dokter spesialis dalam RS Sentra Medika total antigen dan obat setengah buat 3 hari Rp 1.250.000. Hari Selasa tanggal 25 Mei 2021, Bapak di Pcr dan positif, Mamah pun sama diswab antigen di Lab swasta dekat Pemda Cibinong total antigen dan Pcr Rp 1.110.000. Nah Selasa itu Mamah pun ada gejala batuk flu dan nyeri sendi, kita lapor satgas covid perumahan. Lalu karena Bapak tetep gak mau makan dan minum plus ada sesak, oleh satgas covid dari puskesmas Pabuaran Puskesmas Cibinong, dan satgas covid perumahan disarankan dirawat di RSUD Cibinong. Lalu suamiku pakai APD dari satgas covid perumahan dan anterin mamah bapak ke IGD RSUD Cibinong.

Sampai IGD mamah bapak diminta KK, KTP juga Kartu Indonesia Sehat atau BPJS Kesehatan. Mamah dapat kamar di ruang inap RSUD Cibinong, Bapak baru Rabu pagi dapet ruang di ICU RSUD Cibinong.

Kalau di ICU tak boleh bawa hp dan baju, mamah pakai baju pribadi dan boleh pegang hp karena di rawat inap.

Kita kalau komunikasi dengan bapak nunggu video call perawat ICU. Bapak sempet segeran. Tapi Qodarullah 1 Juni 2021 bertepatan hari Selasa Nenek ibunya bapak masuk RS Imanuel Bandung lalu koma dan meninggal, Bapak pun makin drop kondisinya di ICU padahal kita gak beri tahu, mungkin ikatan batin ibu dan anak. Sempat harus donor plasma konvalesen, tapi sudah tiga orang ada yang sudah 3 bulan dan antibodi turun juga leukosit tinggi gak bisa donor. Dan karena aku dan anakku isoman di rumah, plus hari Jumat 28 Juni 2021 suamiku dirawat juga karena ada sesak dan demam di RSUD Cibinong, sendiri pakai APD dari satgas covid perumahan, bawa KK, KTP dan Kartu Indonesia Sehat dirawat dan hasil antigen juga pcrnya juga positif, aku dan anakku hari Kamis ya diswab Antigen dan Pcr dari orang Puskesmas yang datang ke rumah. Cuma aku dan anakku gejala ringan jadi gak perlu dirawat di RS.

Aku ada demam meriang sehari semalam dan batuk juga nyeri sendi, anakku ada demam sehari semalem dan nyeri badan plus diare 3hari, ooh iya aku dan anakku ada gatel 2 hari mandi pakai cetapil enakan gak gatel. Aku sempet anosmia juga 2 hari Balur kayu putih cap lang dan nyium vikcs inhaler dan vikcs vaporoub pelan2 kembali penciumanku.

Aku dan anakku isoman 14 hari sampai besok Rabu 9 Juni 2021 dan mendapatkan surat dari Puskesmas bahwa bisa beraktifitas kembali dengan menerapkan prokes 5M ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).


Obat mamah dan suamiku pulang dari RS lanjut isoman di rumah. Obat covid belum ada, tapi vitamin C dan D, analgetik, antivirus dan antibakteri juga susu disarankan untuk yang isoman, dan diberikan untuk yang rawat inap di RS.


Selama ini juga entah tuh virus datengna darimana sehingga kita kena, adik-adikku pada negatif, demikian juga dengan adik- adik bapakku padahal ada kontak.

Tanggal 1 Juni 2021 hari Selasa jam 11 siang, nenekku meninggal karena sakit virus covid ini dan dimakamkan di makam keluarga di Cileunyi Bandung dengan protokol kesehatan, yang makamin pakai APD, dan almarhumah sudah dimandikan juga dikasih kain kafan juga APD dan dimasukan ke dalam peti, dari RS Imanuel dibawa dengan ambulan. Kalau nenek harus ada surat pengantar dari RT RW setempat selain surat kematian dari RS buat syarat dimakamkan.

Qodarullah Kamis, 3 Juni 2021, bapakku pun berpulang jam 11 malem. Adikku bersama istrinya dari Karawang langsung datang ke RSUD Cibinong, Alhamdulillah dipermudah dari sewa ambulan swasta Rp 4.200.000 buat sampai Tarogong Garut, karena pemakaman harus sesuai KTP domisili, bapakku meninggal di usia 66 tahun, Alhamdulillah semua keinginan nya sudah tercapai, Alhamdulillah setelah dimandikan dikasih kain kafan dan APD dimasukan peti bapakku wajahnya bercahaya berseri bersih dan cakep, kaya tidur pulas gak sakit, padahal bapak alm. Sudah berjuang melawan Corona disertai komorbid diabetes dan darah tinggi. Lalu kita juga solat ghaib jenazah di rumah masing-masing, bahkan sahabat bapak pak haji dan pak ustadz menyolatkan lagi di mesjid Tarogong dan Cikajang. Dan biaya untuk yang gali kuburan karena ada 8 orang lebih Rp 1.000.000, jika lebih gak apa buat sedekah atas nama Bapak alm., Bapak waktu dibawa ambulan hanya dengan surat keterangan kematian dari RSUD Cibinong saja. Bapak tepat 10 hari di ICU Insyaallah Husnul khatimah dan syahid karena perang lawan wabah Corona. Alhamdulillah banyak yang mendoakan dari grup keluarga, tetangga, teman dan sahabat juga kerabat hampir 300 orang lebih. Bapak almarhum ditahlilkan di mesjid Al ikhlas di Tarogong Garut, Alhamdulillah suka banyak yang datang, dan ada rejeki Bapak. Yaa Pak Barakallah Bapak menjabat ketua DKM disitu dari 2015 jadi sudah 6 tahun, bahkan nunggu in dibangunnya, belanja isinya dan urusin taraweh, tadarus juga penerimaan dan penyaluran zakat fitrah, bahkan qurban kalau Idul Adha. Pak yang tenang Insyaallah surga menantimu.



Obat dan vitamin juga herbal aku selama isoman di rumah 14 hari, obat batuk nya siladek.


Tentunya kami sedih harus ikhlas dan legowo karena semua mahluk yang bernyawa pasti mati. Kita semua bakalan pulang ke haribaan Alloh. Tugas kami jagain mamah dan melanjutkan hidup dengan penuh amal kebaikan dan hal yang manfaat, biar kelak berkumpul di surga Alloh.

Bapak dimakamkan di Joglo Tarogong Garut dekat rumah Mamah Bapak hari Jumat pagi tanggal 4 Juni 2021, Alhamdulillah semua lancar walau mengikuti protokol kesehatan, yang gali gak pakai APD, tapi yang makamkan pada pakai APD.


Obat anakku sanmol waktu demam dan bye bye fever, zamel vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Hari Jumat itu Alhamdulillah Mamah boleh pulang setelah 11 hari dirawat, suamiku pun sama boleh pulang setelah 8 hari dirawat di RSUD lanjut isoman di rumah, suami dan mamahku Senin kemarin dan Rabu besok kontrol ke RSUD lalu diswab juga pcr lagi, hasilnya belum diberikan pihak RS. Alhamdulillah hasil pcr mamah sudah negatif, dan Rabu kemarin tanggal 9 Juni 2021 kami berempat dapat surat selesai isoman dari Puskesmas, dan mamah dapat surat dinyatakan sembuh dari covid dari RSUD. After sembuh negatif covid efeknya masih ada cepek capek kalau aktifitas di aku dan suamiku, anakku sariawan sekalian vaksin setelah seminggu negatif covid dikasih Enystin dan mamahku sempet gatel mata rada bengkak ke UGD klinik 24 jam dikasih Loratadine dan salep Betametason sembuh.

Cuma kata bidan puskesmas dan perawat RSUD walau hasil masih positif virusnya dalam tubuh mati setelah 10 hari, dan virus mati 4 jam jika dalam ruangan. Suamiku masih, dan aku juga anakku harus swab antigen pribadi karena dari Puskesmas jatahnya hanya satu kali antigen juga pcrnya. Suamiku 4x sama dengan yang dari puskesmas dan RSUD 3x dan mamahku mah di RSUD sudah  swab pcr 4x dari kartu Indonesia sehat gratis dan waktu awal pribadi di Lab. Arkatama Cibinong dekat Pemda 1x total 5x.


Orezinc dan lacto b waktu anakku diare.

Kami tahu bahwa Alloh memberikan ujian sesuai kemampuan hambanya. Kami ikhlas dengan ketentuan episode kehidupan yang harus kami lalui ini. Semoga Alloh ampuni dosa kami semuanya, dinaikkan derajat kami disisi-Nya.

Alhamdulillah biaya di RSUD bapak sampai dimandikan, dikafani dan dimasukan peti termasuk petinya itu dari RSUD gratis dengan Kartu Indonesia Sehat/BPJS. Dan termasuk mamah dan suamiku juga ditanggung oleh BPJS alias Kartu Indonesia Sehat. Karena mamah bapak pensiunan PNS dan suamiku juga bayar tiap bulan potong gaji BPJS kesehatan. Di RS waktu itu bapak pakai oksigen dan sempat ventilator, obat-obatan suamiku, bapakku dan mamahku vitamin C dan D, antibiotik dan antivirus, yang diinfuskan juga ada yang disuntikkan.

Yang dikasih tetangga, kerabat dan sahabat selama isoman.

Kita semua suka olahraga, bapakku almarhum suka sekali bersepeda ke daerah sepi yang menyatu dengan alam, mamah pun suka jalan kaki, aku dan suamiku juga anakku suka berjemur dan berolahraga keliling perumahan saat pagi masih sepi dan di rumah dengan alat yang ada. Jadi kadang kita sudah hati-hati tetep aja kena, padahal ya suka minum kelapa muda juga madu dan vitamin. Ya Qodarullah, hati-hati waspada gejala ringan hanya kaya batuk flu biasa juga ada nyeri sendi dan lambung, jika gejala berat sesak nafas dan demam, kalau kita dewasa cenderung demam dan batuk, kalau anak balita cenderung demam, nyeri sendi dan diare ke pencernaan ngaruhnya si corona/covid.

Kalau aku dan anakku obatnya pribadi, terima kasih pertolongan Alloh melalui para tetangga dan teman yang kirim makanan matang dan mentah, sabun cuci, sabun mandi, sabun botol, sabun piring, keresek dan minuman vitamin C, kelapa, juga susu dan buah jeruk, pisang dan pepaya, sop iga, SOP bening, dan vitamin flumucil, zamel, juga kayu putih, vicks, jus buah, bye bye fever. Alhamdulillah perbuatan baik almarhum dan kita dibales dengan kebaikan balik lagi ke kita selama ini, Alhamdulillah segalanya dipermudah lancar. Semoga kita semuanya selalu diberi kesehatan dan perlindungan dari Alloh SWT. Pokoknya mah terimakasih baik tetangga Cibinong Bogor dan Tarogong Garut. Tahlilan di mesjid Al ikhlas juga masih setiap hari buat almarhum bapakku bareng adik-adikku juga pak ustadz dan tetangga sana, disini enggak ngundang tetangga karena masih isoman dan masih ada tuh si covid.


Waktu Kamis tanggal 27 Mei 2021 kita bertiga positif baik antigen dan PCr oleh satgas covid puskesmas dateng ke rumah , tanggal 11 Juni 2021 Alhamdulillah kita antigen dan PCr udah negatif homeservice. Dan surat isoman beres dari Puskesmas 9 Juni 2021. Mamahku juga hasil pcr tanggal 7 Juni 2021.

Bapak almarhum suami yang setia buat Mamah, bahkan bapak pernah bilang jika mamah duluan gak akan nikah lagi. Bapak yang baik lulusan STM, PNS pensiun sampai jadi Kasie, kuliahin anaknya sampai jadi Apoteker aku, Sarjana teknik dua adikku, selalu ada saat anak mantu cucu suka dan duka. Yaa Alloh berdua mamah bilang kok serasa mimpi kudu ttd ahli waris, pelimpahan Taspen. Jika memilih bisa mah mending apih masih ada, cuma takdir berkata lain, sudah tuntas beres tugas bapak selama 66 tahun lebih 2 bulan di dunia ini. Kami bersaksi almarhum orang baik dan Soleh, tugas kami anak-anak, istrinya dan mantu juga cucu melanjutkan hidup dengan sebaik mungkin biar kelak berkumpul lagi di surga-Nya. Yaa Alloh Apih begitu banyak kebaikan dan rejeki yang engkau tinggalkan buat kami, Barakallah pih.


Hasil positif tanggal 27 Mei 2021 hari Kamis, setelahnya mamah dan bapak tanggal 25 Mei 2021 positif, sedih tapi harus Nerima dan hari-hari terberat tapi kudu dibawa happy dua Minggu setelah ini.


Happy setelah bebas covid, sejenak bisa lepas masker di rumah karena aku, mamahku dan anakku juga suamiku sudah negatif. Selama ini kami prokes kok selalu dimasker kalau keluar, bawa handsanitizer juga, cuma memang Qodarullah kena. Sayang serasa mimpi ketika kami beres isoman dan negatif dari si covid, bapak almarhum malah dapet surat kematian dan sudah dimakamkan. Begitulah hidup episode suka duka, susah senang berganti. Kita tetep Alhamdulillah karena yang terbaik dari Alloh, dan jika ingin surga kita kudu mampu lewatin ujiannya.

Tetap protokol kesehatan kita lakukan dimanapun berada, setidaknya kita usaha dan doa, walau jika sudah takdir tetap kena. Dan berbuat baik kepada siapa saja, suatu saat kebaikan akan kembali kepada kita, jangan nyakitin orang lain. Kutulis sebagai self healing dan siapa tahu pengalaman kami bisa dipetik hikmahnya oleh semuanya.

Catatan :

Penyintas covid boleh divaksin covid setelah 3 bulan negatif covid. Ayo pada vaksin, dengan vaksin walau kena gak akan parah karena tubuh sudah punya antibodi. Kenapa yang udah kena tetep kudu vaksin ya karena imunitas antibodi alami akibat sudah kena sakit ini 3 sampai 6 bulan saja, buat cegah agar gak kena dua kali.

Balita dan batita tetep bisa lanjut vaksin untuk balita sesuai rekomendasi IDAI seminggu setelah negatif covid. Contohnya anakku kena Covid kemarin udah vaksin PCV 4x dan influenza 2x gejalanya ringan dan cepet pulihnya.

Pasien Covid dengan komorbid ada juga yang selamat kok, balik lagi ya takdir, kebetulan bapakku ada komorbid dan sudah ikhtiar semaksimal mungkin dengan ventilator, cari donor plasma konvalesen selama 4 hari gak dapet yang cocok, Qodarullah bapak wafat dan menuju surga-Nya via sakit ini. Semuanya bakalan meninggal cuma gak tahu jalannya dan caranya pulang gimana, juga waktunya kapan gak ada yang tahu kecuali Alloh. Tapi jangan anggep enteng juga sakit ini sehingga abai prokes, kita taat prokes aja masih kena, InsyaAllah mati syahid kena wabah jika kita sudah berikhtiar dan berdoa maksimal.

Kami survive dengan Covid, selamat sembuh dari Covid, aku, suamiku, anakku usia 19 bulan dan mamahku usia 63 tahun. Kami dikasih kesempatan kedua buat memperbaiki diri, balik lagi imunitas diri masing-masing ya, karena tiap individu beda selain takdir tadi bukan masalah untung atau enggak, stress atau enggak, aku juga stress waktu itu ya karena aku berdua ma batitaku aja, bapak di ICU, mamah ma suamiku dirawat di RSUD. Karena penilaian manusia dan Alloh itu beda, terburuk bagi kita justru terbaik menurut Alloh buat kita.