Thursday, November 7, 2019

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Persalinan dan Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan

November 07, 2019 4 Comments

Para mamah atau mami atau umi atau amma juga ibu,  yang baru punya anak pertama pasti menyiapkan segala sesuatunya untuk dedek bayi lahir ke dunia ini.  Segala sesuatu perlengkapan bayi biasanya dibeli saat kehamilan masuk usia 7 bulan. Aku pun begitu soalnya katanya pamali kalau belum 7 bulan,  dan tentunya biasanya udah 7 bulan bahkan dari 5 bulan kehamilan jenis kelamin bayi ketahuan perempuan atau lelaki. 
Aku pun saat usia kehamilan 7 dan 8 bulan setengah mulai nyicil beli-beli perlengkapan bayi di baby shop, yang pertama bersama suamiku, yang kedua bersama ortuku. Baju-baju bayi yang lucu dan bahannya halus jangan sampai bikin kita kalap. Soalnya bayi cepat tumbuhnya, jadi beli baju new born/NB secukupnya saja. 

Dari RS tempat kita akan bersalin pasti diberi catatan yang harus dibawa dan dipersiapkan. Ini dia perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan :

Ada untuk admistrasi yaitu :
  • Buku medik ibu, catatan selama kontrol kehamilan bulan 1 sampai 9 dan usg dedek bayi plus catatan BB atau bila ada keluhan saat kehamilan dan alergi obat. 
  • Lembaran peraturan pelayanan rawat inap/registrasi.
  • Foto kopi KTP suami istri 1 lembar
  • Hasil pemeriksaan Lab,  EKG,  USG,  biasanya sudah ada di buku rekam medis kita di RS tempat kita kontrol dan temapt bersalin. 
  • Surat jaminan (jika pakai asuransi dan kita memilih kamar perawatan dan tindakan melebihi asuransi).
  • Kartu asuransi atau kartu BPJS jika tidak bayar dengan uang pribadi.
  • Atm dan uang tunai jika harus ada yang dibeli dan dibayar di luar asuransi. 

Perlengkapan Ibu untuk 3 atau 4 hari :

  • Blus dengan kancing depan 4 buah
  • Kain panjang/jarik atau sarung wanita 2 buah
  • Gurita atau korset 2-3 buah
  • Pakaian dalam
  • Handuk dan alat kecantikan
  • Pembalut dan perlengkapan mandi disediakan RS, tapi bawa saja buat persiapan.
Perlengkapan bayi :
Perlengkapan bayi biasanya disediakan RS pada saat akan pulang 2 set, 1 set untuk cadangan. 
Tetapi alangkah baiknya kita siapkan juga :
  • Baju bayi 6 stel NB, aku bawa 9
  • Popok kain bayi 6, aku bawa 9 karena di RS 4 hari dan karena lahiran SC.
  • Diapers NB
  • Sarung tangan dan sarung kaki 2 set
  • Bedongan 6
  • Selimut dan handuk bayi



Di rumah juga kita siapkan lagi popok kain kalau aku beli 20 lebih, jadi ke RS bawa 9 di rumah ada 11-an lagi,  baju bayi juga di rumah ada 5 stel NB,  tisu basah, kapas bulet,  tisu kering,  diapers bayi dan ibu (ini kubawa juga ke RS. Karena aku SC buat nifas kemarin nyari pembalut nifas gak nemu, aku beli popok dewasa, takutnya jika darahnya banyak dan aku masih kerasa nyeri biar di popok dulu hehe. 
Bak mandi bayi plastik dan baskom plastik, jika bayi ngompol dan pup di kamar buat ganti popok wadah air hangat. Wadah bedak bayi. Ooh iya siapkan juga baby oil, minyak telon, bedak bayi, sabun bayi, dan krim untuk ruam popok takutnya bayi lecet kena diapers. Jangan lupa perlengkapan bayi yang di rumah dan dibawa ke RS dicuci dulu dengan sabun khusus pakaian bayi, biar bayi tidak iritasi atau alergi. Gurita bayi aku bawa juga 6, gurita ibu 1, gurita ada yang pakai perekat ada yang pakai tali. 
Buat bapaknya juga kita bawa 2 stel baju,  1 handuk dan pakaian dalam, karena bapak bayi bakalan nemenin ibu dan bayi saat rawat inap di RS. 
Pertimbangkan juga saran dokter untuk lahiran normal atau SC, karena tentunya demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi. Jangan diperdebatkan karena kedua cara lahiran tersebut sama-sama berjuang mempertaruhkan nyawa dan berpahala   di sisi Alloh, juga menghapus dosa sang ibu. 

Biasanya dokter akan memutuskan untuk operasi caesar ketika kontrol kehamilan 37 minggu, dan SC dilakukan di usia kehamilan 38 minggu. Sebelum hari H operasi dilakukan, dokter menyarankan cek Laboratorium lagi, dan sang ibu didampingi bapak bayi,  konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam/internist dan dokter anastesi. 
Jika semua cek Lab. oke dan rekam jantung EKG juga tekanan darah oke, hari H yang sudah dijadwalkan sang ibu harus puasa dari jam 6 pagi sampai tindakan operasi. Aku pun demikian, dianjurkan sarapan dulu nasi plus lauk pauknya jam 5 pagi. Jam 6 pagi harus puasa makan dan minum. Aku dibius/anastesinya setengah badan, dengan biusan epidural di tulang ekor belakang InsyaAlloh.  
Kalau kepengen mah normal cuma karena usiaku 37 tahun mau masuk 38 tahun,  dan kehamilan pertama setelah 10 tahun lebih menanti dengan serangkain progmil, dianjurkan untuk SC karena walau sehat aku dan bayiku, posisi bayiku melintang saat usia 6 dan 7 bulan, 8 bulan sempat balik normal, pas 9 bulan balik lagi melintang. Dan semua sudah sesuai takdir yang tertulis di Lauhul Mahfuz-Nya. Yang penting sehat dan selamat ibu dan bayinya. 
Alhamdulillah BB debay, air ketuban dan posisi plasenta pun normal. 
Selain semua itu perlu persiapan mental agar kita happy dan tawakal menjalani semuanya. Bagiku dan suamiku segala sesuatunya sudah sesuai kehendak Alloh. Kita sebagai manusia berusaha yang terbaik dan berdoa yang maksimal. Bismillah InsyaAlloh SC selasa depan 12 Nopember 2019/15 Robiul Awal 1441 H,  ketemu dedek bayi cantik solehaku yang kami nanti selama 10 tahun 2 bulan, dan ini merupakan hadiah anniversary pernikahan kami yang ke-11 Desember nanti, ngepasin nanti saat dedek bayi usia 40 hari InsyaAlloh. 








Thursday, October 24, 2019

Kamu Bisa ke Paris dengan Tabungan Liburan Mulai dari Rp10.000

October 24, 2019 2 Comments

Ingin ke Paris tapi bingung harus menyiapkan tabungan liburan? Simak tips menabung mulai dari 10 ribu berikut ini!
Selain terkenal sebagai Capital of Fashion, Paris juga identik sebagai kota wisata yang sarat dengan romantisme. Menara Eiffel sebagai landmark utama adalah salah satu destinasi wisata romantis di dunia. Belum lagi dengan beragam tempat keren lainnya yang kian menjadikan ibu kota Perancis ini sebagai tujuan wisata populer.


Foto dari cometoparis.com

Namun tentunya, untuk bisa berkunjung ke kota ini dibutuhkan biaya yang tak sedikit. Anda harus bisa mengelola keuangan, termasuk dengan menyiapkan tabungan liburan dari sekarang. Tabungan ini pun bisa dimulai dengan nominal yang tidak terlalu besar, yakni hanya Rp10.000. Bagaimana bisa? Simak cara-cara berikut!
1. Rencanakan Tujuan dan Buat Anggaran
Sebelum mulai menabung, Anda harus terlebih dulu menyusun anggaran biaya/dana yang dibutuhkan agar nantinya bisa memperkirakan lamanya waktu untuk mencapai jumlah tabungan tersebut. Dengan sebelumnya, Anda juga telah membuat perencanaan terkait waktu, akomodasi, dan tujuan wisata.
Agar lebih hemat, sebaiknya hindari berkunjung ke Paris saat peak season, yakni pada masa liburan sekolah di akhir musim semi dan panas. Selain ramai oleh banyaknya wisatawan, bisa dipastikan biaya transportasi dan akomodasi juga cenderung lebih mahal.
2. Mulai Menabung Rp10.000/hari
Menyiapkan tabungan liburan sebenarnya bukan hanya soal nominal uang yang ditabung, melainkan lebih pada konsistensi dari menabung itu sendiri. Tak masalah jika Anda hanya mampu menabung 10 ribu setiap hari asalkan konsisten. Dengan cara seperti ini, Anda tidak akan terlalu terbebani namun juga bisa secara perlahan mewujudkan impian untuk berlibur ke luar negeri.
Agar lebih semangat, Anda bisa menuliskan kata-kata motivasi terkait destinasi impian, misal, "Paris, Menunggumu!" pada celengan atau tempat yang mudah dilihat. Kata-kata tersebut ibarat alarm yang akan selalu mengingatkan Anda untuk konsisten menabung demi sebuah impian.
3. Ikut Arisan sebagai Sarana Menambah Uang Tabungan
Sebenarnya, esensi dari arisan tak jauh berbeda dengan menabung. Hanya saja, arisan lebih melibatkan banyak orang sehingga konsistensi dan tanggung jawab lebih terbentuk. Karena ini pulalah, arisan juga sering dianggap sebagai tabungan 'tanpa sadar' karena seolah-olah Anda tidak menabung tetapi membayar iuran yang sifatnya wajib.
Anda bisa mengikuti arisan di keluarga besar, tempat kerja, atau bahkan kompleks perumahan. Sedangkan bagi para pria, bisa menitipkannya pada ibu, saudara, atau bahkan teman perempuan. Ketika Anda dapat giliran, uang hasil arisan bisa digunakan untuk menambah tabungan liburan. Lumayan, kan?
4. Memanfaatkan Sistem Tabungan Autodebet
Selain menabung dengan celengan dan arisan, sistem tabungan autodebet juga bisa Anda manfaatkan. Sistem ini akan secara otomatis memotong uang dari rekening Anda setiap bulan selama waktu yang ditentukan. Potongannya sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan sekaligus kebutuhan. Misal, jika Anda ingin menabung 10 ribu per hari, berarti akan terpotong kurang lebih 300 ribu setiap bulan. Hasil akumulasi beserta bunganya bisa Anda ambil ketika waktu sudah jatuh tempo.
Selain di bank, investasi ini juga bisa dilakukan melalui qazwa.id; sebuah platform investasi syariah yang sudah terdaftar di OJK. Di sini, Anda bisa berinvestasi tanpa riba dan sesuai dengan syariat Islam. Tak hanya berupa deposito, setidaknya terdapat 5 jenis investasi lain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jadi, bagaimana? Yuk, wujudkan impian berlibur ke Paris dengan menyiapkan tabungan liburan dari sekarang!

Thursday, October 10, 2019

Mutasi Motor Dari Kabupaten Demak ke Kabupaten Bogor

October 10, 2019 0 Comments

Tanggal 15 Agustus 2019 kemarin suamiku urus cek fisik dan gesek rangka motor Honda matic 2014 di Samsat Cibinong Kabupaten Bogor. Plat Nomer motorku itu Kabupaten Demak. Nah karena belinya tunai Rp 14.500.000 tahun 2014, 2019 ini Oktober harus gesek rangka karena sudah 5 tahun. Karena kita sudah domisili di Kabupaten Bogor, otomatis ngurusnya di Cibinong. Soalnya masa motornya kudu dibawa lagi ke Mranggen Demak heuheu. Nah Cek Fisik dan Gesek Rangka hanya sebentar ngurusnya, syaratnya bawa motornya, BPKB motornya dan KTP asli pemilik motor. Biaya yang dikenakan hanya kasih sukarela, suamiku ngasih Rp 5.000 saja hehe.

Nah setelah itu suamiku ke Semarang, dan ke Samsat Demak tanggal 21 Agustus, bawa Cek fisik yang dilegalisir dari Samsat Cibinong, KTP sementaraku karena KTP dari Kabupaten Bogor belum jadi,  BPKB motor dan STNK motor. Pas disana karena pemilik asli gak harus hadir, cuma kudu disertai surat pindah, sementara sudah diserahkan untuk urus pindah KK dan KTP, gak mungkin urus lagi,  padahal aku sudah bikin surat kuasa bermaterai Rp 6.000, tapi tetap kudu ada surat pindah KK ma KTP. Akhirnya Samsat Demak menyarankan seolah-olah motornya dibeli suamiku Rp 12.000.000 dan bermaterai Rp 6.000, jadi atas nama di STNK yang dimutasikan atas nama suamiku, biar gak ribet.

Samsat Demak

Di Samsat Demak  masukin berkas kita yaitu :
Semua berkas foto copy rangkap 4 ( KTP, STNK motor, BPKB).
Lalu kita dikasih STNK sementara yang berlaku sampai 30 Oktober 2019. Nunggu berkas keluar dulu di Samsat Demak yaitu Cek fisik dan Gesek rangka dilegalisir lagi disini, berkas yang dari Samsat Cibinong Bogor diserahkan Samsat Demak. Nunggu dipanggil petugas berkas lagi, ngurus Fiskal dulu, lalu balik lagi ke Jasa Raharja, kemudian  ke BRI bayar Rp 150.000.

Setelah itu tidak bisa diambil saat itu juga STNK dan BPKB mutasinya, baru bisa tanggal 11 September keatas diambil lagi ke Samsat Demak. Pas pengambilan bisa diwakilkan, surat pengganti STNK-nya harus dibawa dulu, nanti dipakai buat ngambil berkas  yang sudah jadi, dan dibawa buat pakai motor disini biar gak ditilang jika ditanyakan STNK-nya. Nunggu 3 mingguan jadi STNK asli yang dimutasikan, nanti STNK-nya jadi atas nama suamiku sebagai pembeli motornya. Akhirnya tanggal 11 September surat untuk pengambilan mutasi STNK dan BPKB dikirim suamiku ke kantorku dulu di Semarang, minta tolong teman kami disana untuk ambilkan di samsat Demak. Pengiriman pakai J&T hanya Rp 18.000, isi berkas surat pengambilan/STNK sementara,  fotocopy KTP sementara kami berdua dan fotocopy BPKB motor.  Berkas baru diterima teman kami tanggal 16 September 2019, dan langsung teman kami ambilkan BPKB dan STNK mutasinya di Samsat Demak. Alhamdulillah teman kami pun tanggal 17 September ke Jakarta untuk ikut seminar, jadi sekalian dibawakan.

Setumpuk berkas ini dari Samsat Demak dibawa ke Samsat Cibinong Bogor, buat mutasi BPKB dan STNK juga ganti plat nomer motor. 

Berkas ini suamiku serahkan tanggal 20 September 2019, katanya akan diproses 14 hari kerja di Samsat Kabupaten Bogor. Ada pun biayanya yaitu terdiri dari :
- PKB  
- BBNKB (2/3 X PKB)
- SWDKLLJ  Rp 35.000
- administrasi STNK Rp 25.000
- Administrasi TNKB Rp 60.000
- Administrasi/daftar Rp 100.000
- Tergantung berapa PKB-nya
- Belum bikin BPKB baru Rp 225.000, diluar biaya2 administrasinya.

Samsat Kabupaten Bogor, ada tempat bermain anak. 

Tanggal 10 Oktober suamiku baru sempat ke samsat Cibinong lagi, akhirnya dari plat nomer motor  H AAE jadi F FAR. Bayar BPKB saja 225 ribu rupiah, dikasih resi dulu, nanti ngambilnya di polres Bogor dua bulan lagi. Faktur pembelian dikembalikan, nanti kalau dapet BPKB baru distaples disatukan. Lumayan ngantri bayar pajeknya, pajeknya total Rp 505.000 terus print STNK, baru ambil plat nomer, total bayar 730 ribu rupiah. Memang ya sehari ngurusnya,  cuma nunggu jadinya lumayan ya 3 minggu di Demak,  di Bogor 2 minggu.  


Bukti  STNK sementara diserahkan ke bagian mutasi masuk untuk dapat berkas kita. Lalu ke bagian registrasi ambil formulir pengajuan baru. Dilengkapi, diserahkan balik ke bagian TU penomoran buat dapat nomer motor. Terus ke BBn2 bayar BPKB 225 rb, dikasih resi buat ambil ke polres Bogor, 2 bulan kemudian diambil.


Terus ke kasir buat bayar STNK, selesai tunggu dipanggil buat terima STNK yg sudah jadi. Tinggal ke bagian plat nomer, serahkan yang merah tadi,  kan dikasih seperti foto diatas 3 lembar itu, beres deh plat nomer/TNKB.



Tuesday, October 1, 2019

Zuzhu dan Zazha Karakter Animasi Edukatif Frisian Flag Milky

October 01, 2019 28 Comments

Minggu tanggal 29 September 2019 kemarin di Theater Garuda TMII Jakarta Timur,  diadakan launching karakter animasi edukatif Frisian Flag yaitu Zuzhu dan Zazha. Zuzhu yang warna biru,  pangeran spesies dynamilk dari tetesan susu  terbaik mengandung vitamin dan mineral yang memiliki kekuatan super. Zazha warna pink pemimpin soopies,  memiliki kecerdasan tinggi, rambut super dan skiil pemimpin,  ayahnya spesies soopies, ibunya keturunan dynamilk jadi Zazha seorang hybrid. Susu cair Frisian Flag Stroberi dan Coklat tersedia dalam 2 kemasan kotak 115ml dan 180ml. Tokoh Zuzhu dan Zazha ini dibikin versi e-comic dan film animasi pendek, dengan kisah cerita inspiratif dan edukatif. Karakter animasi Zuzhu dan Zazha ini untuk menanamkan kebiasaan baik sejak dini kepada anak-anak. 
Ada juga tokoh megalond yang mewakili sifat buruk seperti pemarah, pemalas dan susah makan. Nanti Zuzhu dan Zazha melawan megalond di negeri Cowsmos. 


Menurut Ibu Aliah Shalihah (Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia), Frisian Flag sebagai perusahaan yang secara konsisten menghadirkan inovasi melalui rangkaian produk susu berkualitas dan terjangkau, inovasi dari FFI juga direalisasikan melalui ragam inisiatif yang dihadirkan. Dengan teknologi dan digitalisasi yang saat ini sangat lekat dengan anak-anak generasi Alfa dan digital, duo karakter Zuzhu dan Zazha hadir dalam bentuk cerita inspiratif, format cerita bergambar dan seri film pendek. Kehadiran Zuzhu dan Zazha diharapkan menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, agar tertanam pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan susu sebagai minuman yang sehat dan aman dikonsumsi, jadi penerapan gaya hidup sehat sejak dini. 

Menurut Ibu Putu Andani, M.Psi. (Psikolog), anak-anak dalam masa middle childhood/kurang lebih usia 6-12 tahun,  faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak mencakup orang tua, teman, guru, juga konten hiburan, anak-anak rata-rata menghabiskan  2-3 jam per hari untuk menonton konten digital, baik di televisi dan website internet. 
Orang tua wajib mendampingi anak dalam menikmati konten animasi dengan cara :
  1. Pastikan e-comic dan film animasi sesuai dengan usia anak.
  2. Cari tahu dan cermati terlebih dahulu gambaran singkat mengenai kisah dan karakter. 
  3. Fokus dan arahkan anak saat membaca e-comic dan menonton film animasi. 
  4. Ajak anak berdiskusi setelah membaca e-comic dan menonton film animasi. 
Agar anak menginternalisasi karakter positif yang terdapat pada konten animasi seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif. Ortu harus dampingi anak dengan pengawasan dan bisa jadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak. 


Menurut Pak Bambang Gunawan Santoso (animator Indonesia), karakter animasi bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. Dari segi visualisasi, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak. Tak kalah penting,  pemilihan alur cerita menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama, dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan,  agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Makanya FFI menciptakan dan mengembangkan karakter cerita Zuzhu dan Zazha. 


Menurut Rani Wijaya ( Senior Marketing Manager Alfamart)  karena era sekarang generasi Alfa cocok Frisian Flag kerjasama dengan Alfamart. Karena Alfamart merupakan jaringan ritel ternama di Indonesia.  Membantu orang tua menghadirkan asupan dan jajanan yang aman serta sehat bagi anak-anak. Dengan susu cair Frisian Flag Milky yang mengusung karakter Zuzhu dan Zazha, tersedia di 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia. 

FrieslandCampina, salah satu koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda,  FFI mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal,  agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang diperoleh dari susu. FFI produksi di Pasar Rebo dan Ciracas Jakarta Timur, dengan produk susu cair, susu bubuk dan susu kental manis. FrieslandCampina menyediakan produk gizi bayi dan balita, maupun industri makanan dan sektor farmasi di seluruh dunia. 

Kemarin di Theater Garuda juga diadakan aktivitas menggambar dan mewarnai yang melibatkan lebih dari 16.000 anak dan bersamaan dengan ini diselenggarakan juga di 16 kota di seluruh Indonesia. Dan acara ini mendapat penghargaan dari MURI. Seru ya acara launchingnya, anak-anak memang perlu minum susu, apalagi ada karakter animasi edukatif ini, anak kita makin aktif dan cerdas juga mempunyai sikap yang baik dalam kesehariannya.




Saturday, September 21, 2019

Kelebihan dari Traveloka Xperience

September 21, 2019 37 Comments


Wah jaman udah serba digital kaya jaman now apa-apa mudah ya. Siapa yang suka travelling, nonton bioskop, pergi dengan pesawat, kereta api dan bus, dan ketika travelling suka nginap di hotel. Aku suka semuanya nih. Pernah ya waktu mudik 2018 ke Jatim dari Jakarta. Kita kan kemaleman terus capek, lupa juga belum booking penginapan. Eh untung bawa token BCA dan ada aplikasi Traveloka di handphone,  ya udah booking hotel di aplikasi Traveloka, dan lumayan banget dari harga Rp 600.000 per malam cuma jadi Rp 350.000, mayan hemat kan ya Traveloka Xperience #XperienceSeru. 
Aku memang hobi travelling, walau baru seputar Pulau Jawa, Bandung, Garut dan Tasikmalaya (Jabar),  Semarang, Yogyakarta, Solo, Klaten, Wonosobo (Jateng) , Ponorogo, Malang dan Pacitan (Jatim) . Pengen sih kalau ada rezeki lagi pulau lainnya di Indonesia. Dan Asia Tenggara baru Malaysia (Kualalumpur, Melaka),  Thailand (Bangkok, Pattaya), pengen juga nih ke negara Asia lainnya. 


Sekarang ada Traveloka Xperince nih,  yang memudahkan kita untuk beli tiket atraksi, tiket bioskop,  dan nonton konser hiburan bisa booking dan beli di aplikasinya langsung. Gak usah antri lama dan buang waktu ke TKP, lalu gondok di TKP tiket gak kebagian habis hehe. Bisa juga loh booking buat tur wisata sekeluarga,  atau untuk pesan tempat di spa biar gak antri lama begitu, tinggal datang. Kalau aku travelling bisa ala koper dan ransel, pernah merasakan keduanya, ada kelebihan dan kekurangannya. 
Kalau nobton film dulu pernah nih jaman film Harry Potter dan Twighlight smpai antri2 buat dapetin tiketnya, eh sampai depan kehabisan wkwk, sekarang untung ada Traveloka Xperince, pesan tiket bioskop buat film dalam dan luar negeri bisa mudah dan efisien. 


Kelebihan dari  Traveloka Xperience ini adalah kita bisa hemat waktu, dapat harga promo, efektif dan efisien gak harus lama antri buat beli tiket. Juga bisa update ada apa saja nih event atau show teranyar yang lagi happening. Dari hiburan keluarga, olahraga sampai relaksasi, bebas pilih cara pembayaran,  custumer service 24 jam dengan 6 pilihan bahasa, juga hemat kertas karena gak perlu cetak tiket. Jadi gak usah bingung akhir pekan atau liburan mau kemana,  kita tinggal ciptakan #XperienceSeru kita sendiri dengan Traveloka Xperience. Yang penting selalu tersedia juga dana di rekening kita untuk liburan dan hiburan, plus ada waktunya untuk liburan dan rekreasi. 


Jaman now siapa sih yang gak suka menghabiskan waktu liburan dengan travelling ke destinasi wisata baik dalam atau luar negeri. Nonton film favorit di bioskop,  hal yang menyenangkan setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan padatnya rutinitas keseharian. 
Traveloka Xperience hadir dengan berbagai pilihan aktivitas dan rekreasi dengan harga terbaik. Proses pemesanan tiket pun lebih praktis dan efisien. Ini dia berbagai aktivitas dan rekreasi yang bisa dipesan melalui Traveloka Xperience yaitu tur,  tiket bioskop, tiket event, hiburan, karaoke, spa dan kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, makanan dan minuman serta kursus dan workshop. Ada selusin ya heuheu mencakup liburan, hiburan dan gaya hidup di Asia Tenggara. 
Jadi Traveloka dulu, bayar kemudian heuheu. Lagi hamil trimester 3 ini enak kayaknya ke spa khusus ibu hamil ya, rileksasi, biar badan fit dan makin siap untuk persalinan nanti. Aku lagi pilih yang dekat rumah buat spa di Traveloka Xperience nih. 
Ya hidup memang kudu seimbang ya, antara capek cari uang, dan rileksasi buat hiburan dan liburan juga memanjakan diri. Asalkan tidak besar pasak daripada tiang, harus pinter atur uang, agar dana buat kebutuhan pokok, sedekah, cicilan dan budget buat dana pendidikan anak dan hiburan juga liburan ada. Kamu udah cobain belum nih aplikasi Traveloka Xperience #XperienceSeru ini. 





Monday, September 16, 2019

Family Gathering di Trans Studio Cibubur

September 16, 2019 12 Comments
Trans Studio Cibubur

Family Gathering selama suamiku kerja di Merck 11 tahun selalu ikut. Dulu di Semarang family gatheringnya ke Solo, Malang, Yogyakarta 2x, juga Ungaran. Selain ke tempat wisatanya juga staycation di hotel atau homestay setempat. Biasanya dananya ada yang pas atau kita nambah sendiri. Perdana di Jakarta ikut family gathering di Trans Studio Cibubur. Tiket masuk jika weekdays Rp 300.000, ketika weekends Rp 400.000. Di dalam gak bayar2 lagi, cuma gak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Dan jika sudah masuk kalau keluar mau masuk lagi kudu beli lagi tiket. Jadi sudah di dalam puas-puasin semua wahananya ya hehe. 

Welcome dance dan dekat photo counter

Trans studio Cibubur ini terletak di Trans Mall Cibubur lantai 3. Kalau dari rumahku di Cibinong kesini gak ada sejam, via tol. Trans Studio Cibubur buka jam 9.30 WIB dan tutup 21.00 WIB. Begitu masuk kita akan lewat gerbong kereta, dan difoto dulu di photo center, difotoin pihak trans studio Cibubur, boleh dengan handphone, boleh juga dengan kamera mereka, bisa dicetak lalu dibeli. Kita mah gak dicetak sih hehe, soalnya lumayan Rp 50.000. Lalu kita sebelum masuk wahana-wahananya disambut oleh welcome dance. 


Pintu masuk dan keluar masuk gerbong kereta api, dan disambut alunan musik, dan setelah welcome dance di zona beach walk, ada carousel juga. Balita ama ortunya boleh kok naik carousel. 




Monday, September 9, 2019

ISTILAH DALAM USG DAN TES DARAH YANG DISARANKAN UNTUK BUMIL

September 09, 2019 34 Comments

Ketika seorang Ibu Hamil, Dokter kandungan akan menyarankan kontrol via USG setiap bulannya, agar tahu perkembangan janin, juga berat badan dan tinggi badan janin. Selain itu untuk mengetahui plasenta ibu dan air ketuban. Agar kita makin paham hasil USG dan bisa membaca sendiri di rumah, selain penjelasan dari Dokter kandungan, berikut cara membaca hasil USG :
1. LMP/Last Menstrual Period
LMP, sama dengan HPHT/ Hari Pertama Haid Terakhir, untuk mengetahui perkiraan kelahiran bayi.
2. EDD/Estimated Delivery Date 
EDD, sama dengan HPL/Hari Perkiraan Lahir, HPL ditentukan berdasarkan HPHT, EDD akan  ditentukan berdasarkan LMP.
3. GS/Gestational Sac.
GS menunjukan ukuran kantung amnion di trimester awal, ukuran amnion ini diukur melalui ukuran bulatan hitam yang merupakan cairan amnion.
4. FHR/ Fetal Heart Rate
FHR yaitu frekuensi detak jantung bayi, jantung adalah organ pertama bayi yang mudah dideteksi sejak masa awal kehamilan.
5. FW/Fetal Weight 
FW berat janin yang menjadi indikator status pertumbuhan janin. Berat janin bisa diketahui bersamaan dengan nilai Indeks Cairan Amnion atau AFI/Amnion Fluid Indeks, dan beberapa ukuran kehamilan lainnya seperti BPD, FTA dan FL.
6. CRL/Crown Rump Length
CRL menunjukkan ukuran panjang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki bayi, untuk mengukur panjang janin pada trimester awal kehamilan.
7. GA/Gestasional Age 
GA perkiraan usia kandungan, GA diukur dari panjang lengan, panjang kaki dan diameter kepala janin.
8. HC/ Head Circumferencial 
HC, ukuran lingkar kepala janin. Lingkar kepala janin menjadi tolak ukur tumbuh kembang janin.
9. AC/ Abdominal Circumferencial
AC, lingkar perut janin.
10. BPD/ Biparietal Diameter
Nilai BPD menyatakan ukuran tulang pelipis kedua sisi janin, hasil BPD baru ada jika usia kehamilan masuk trimester 2 dan 3.
11. EFW/ Estimated Fetal Weight
EFW, perkiraan berat bayi dalam gram.
12. FL/ Femur Lenght
FL, indikator untuk mengukur panjang tulang paha bayi, FL baru terlihat di trimester 2 dan 3.
13. FTA/ Fetal Trunk Abdominal
FTA, untuk mengukur panjang badan di trimester 2 dan 3.

Jadi aku sejak usia kehamilan 1 bulan sampai 7 bulan ini rutin USG dan kontrol kehamilan dengan dokter kandungan, kadang di RS Sentra Medika Cibinong, kadang di RSIA Taman Yasmin Bogor.
Biaya konsul dokter kandungan di RS Sentra Medika Cibinong : Rp 130.000 kalau di RSIA Hermina Taman Yasmin Rp 205.000 , USG plus print : RS Sentra Medika Cibinong Rp 150.000, kalau RSIA Hermina Taman Yasmin lebih mahal, tetapi hasil USG lebih jelas dan komplit. Ketika bulan ke-5 dan ke-6 USG di Hermina, keliatan dedek bayi InsyaAlloh perempuan, tetapi selama USG di Sentra Medika tidak terlihat, bahkan usia kandungan 7 bulan kemarin hehe. 


Tes Darah untuk bumil di trimester 3 dianjurkan oleh dokter kandungan, untuk diagnosa klinis. Sehingga jika golongan darah dan ibu beda, tidak ada masalah buat kesehatan ibu dan bayinya.
Berikut 5 tes darah buat bumil  yang disarankan dokter kandungan :
1. Hematologi  seri DHF (Hb, Ht, leuko, trombo)
Tes ini untuk mengetahui apakah kadar hemoglobin dalam sel darah merah ibu hamil normal atau terlalu sedikit, jika terlalu sedikit berarti anemia. Juga untuk mengetahui jumlah sel darah putih, jika meningkat sel darah putih bumil, artinya ada infeksi.
2. Hematologi (golongan darah/ Rh)
Tes golongan darah dilakukan untuk mengetahui golongan darah (A, B, AB dan O) dan resus darah ibu hamil positif atau negatif. Jika resusnya bumil beda dengan janin maka ibu hamil akan diberi suntikan imunoglobulin, untuk mencegah pembentukan antibodi yang dapat menyerang darah janin.
3. Karbohidrat (gula sewaktu)
Pemeriksaan kadar gula darah ibu hamil biasanya dilakukan di trimester 2, tetapi jika bumil overweight dilakukan sejak trimester 1, aku di trimester 3 karena BB aku dan debay normal. Untuk cek apakah ada diabetes gestasional atau tidak.
4. Hepatitis (HBsAg)
Untuk mendeteksi virus hepatitis B sejak dini, dan mendapatkan pengobatan jika hasil tesnyanya positif. Jika bayi kena harus segera diimunisasi hepatitis B paling lambat 12 jam setelah lahir. Karena virus hepatitis B menyebabkan penyakit hati yang serius.
5. Infeksi Lain (Anti HIV)
Infeksi HIV penyebab AIDS bisa menular dari ibu ke janin, atau saat melahirkan dan menyusui. kenapa perlu dilakukan karena Indonesia termasuk negara dengan angka kasus HIV tinggi.

Total biaya 5 tes diatas kalau di RS Sentra Medika Cibinong sekitar 1,1 juta rupiah, kalau RSIA Hermina Taman Yasmin lebih mahal, tapi dapat diskon sebesar 10 persen jika kita sudah booking kamar VIP untuk lahiran sebesar 25 ribu rupiah.
Alhamdulillah kehamilan pertamaku setelah menanti 10 tahun ini, terjadi secara alami karena kuasa Alloh, dan mungkin usaha dan doa kami selama ini tidak ada yang sia-sia. So far so good kata Dokter Florencia dokter kandunganku mah, baik aku dan dedek bayi dalam kandunganku.