Friday, July 19, 2019

Hidrokinon Pemutih Kulit Amankah Digunakan?

July 19, 2019 0 Comments

Pemutih pada kosmetik sudah banyak digunakan oleh para wanita. Berbagai macam krim,  sabun juga lulur, agar kulit putih cerah. Tetapi gak semua ingin putih bukan, ada yang putih dari bawaan lahir, ada yang suka hitam eksotis. Kalau aku dari SD sampai Kuliah sukanya pakai produk bayi, tentu tidak pas ya seiring waktu usia kita nambah. Gak masalah kan kita menua, karena pada akhirnya mau kita pakai skincare apapun pasti jadi keriput dan kendor juga. Kalau kulitku putih, cuma area wajah karena males pakai rangkaian skincare jadi agak kusam dan cenderung lebih gelap, terutama pas hamil akibat hormon. Banyak yang nebak anakku itu lelaki, padahal hasil usg masuk bulan kelima mau enam ini perempuan hehe. Tapi kita lihat aja nanti pas lahir ya.

Ada 2 tipe pemutih yaitu :
1. Skin lightening,  untuk mencerahkan warna kulit. 
Cara menggunakan skin lightening, oleskan tipis secara merata pada permukaan kulit. 
2. Skin Bleaching, untuk memudarkan noda-noda hitam pada kulit. 
Cara menggunakan skin bleaching oleskan tipis-tipis hanya pada noda-noda hitam, gunakan sesuai aturan pakai. Jangan digunakan secara merata pada kulit, gunakan saja pada area tertentu. Pemutih yang mengandung hidrokinon tidak boleh untuk anak dibawah 12 tahun.
Hal penting lainnya lihat kode registrasi kosmetiknya ada dari BPOM dan label halal dari MUI. 

Kenapa sih noda-noda hitam dan warna gelap pada kulit muncul, ini penyebabnya :
  1. Pembentukan melanin pada epidermis kulit/pigmentasi.
  2. Kulit yang terkena sinar matahari secara langsung (kulit menjadi lebih gelap).
  3. Penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. 
Hal yang perlu diperhatikan tentang pemutih yaitu :
  1. Baca aturan pakai,  sebelum menggunakan produk pemutih kulit. 
  2. Jika saat menggunakan produk tersebut timbul kemerahan gatal-gatal, iritasi dan gejala lain, hentikan pemakaian. 
  3. Jangan menggunakan pemutih yang mengandung Merkuri. 
Hidrokinon adalah salah satu bahan kimia yang paling umum digunakan dan diizinkan sebagai pemutih kulit atau pemucat noda kulit. Bentuk sediaan kosmetik yang mengandung Hidrokinon biasanya krim dan lotion. Hidrokinon bentuknya kristal putih, yang dapat berubah warna menjadi gelap bila terpapar cahaya dan udara. 
Kenapa Hidrokinon bisa memutihkan, karena meningkatkan pengeluaran melanin dari sel melanosit dan mencegah pembentukan melanin dalam melanosit. 
Penggunaan Hidrokinon untuk mengurangi pigmentasi pada kondisi kulit yang hiperpigmentasi seperti freckles dan melasma. 
Penggunaan hidrokinon yang aman yaitu 2% maksimalnya dalam sediaan kosmetik (BPOM RI No. HK 00.05.4.1745. Jika digunakan berlebihan bukannya memutihkan, tetapi malah menyebabkan hiperpigmentasi yang bersifat permanen, terutama jika digunakan untuk area kulit yang sering terpapar sinar matahari. 

Efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan Hidrokinon yaitu :
  • Ochronosis yaitu hiperpigmentasi kulit biru kehitaman dan bersifat irreversibel/permanen.
  • Eritema yaitu kemerahan pada kulit. 
  • Iritasi kulit
Penggunaan Hidrokinon harus dihentikan, jika dalam 2-6 minggu tidak menunjukan perubahan efek yang signifikan. 

Tidak ada pemutih yang tidak berisiko, kulit cantik dan sehat tidak harus putih, karena kulit berwarna gelap relatif lebih awet muda, dan terhindar dari kanker kulit.
Kadang kita suka tergiur iklan kecantikan dan kosmetik. Lebih aman lagi menggunakan bahan alami, terutama saat hamil dan menyusui. 
Asupan makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi,  serta step by step perawatan bisa membuat kulit cantik dan sehat. 
Sumber : 
Matindale,  The complete drug refence 32 Ed. 1999 dan Keputusan Ka. Badan POM RI No HK 00.05.4.1745 tentang kosmetik. 

Semoga bermanfaat, ingat pelajaran Farmasetika dan ketika Kerja Praktek dulu di BBPOM Bandung waktu kuliah profesi Apoteker. Tulisan berikutnya aku bakalan bahas tabir surya, tunggu ya. Apoteker itu gak melulu soal obat-obatan, ada tentang makanan dan minuman, juga kosmetik loh kita kuliahnya, bahkan beberapa temanku juga ada yang berkerja di industri obat, industri kosmetik dan industri makanan minuman. 

Thursday, July 4, 2019

D'kandang Farm Depok

July 04, 2019 0 Comments

Sejak Domisili di Cibinong Bogor dan hamil, aku gak berani pergi ke luar kota yang agak jauh, masalahnya takut kecapekan. Kandungan yang dinanti selama 10 tahun tentunya harus dijaga. Nah paling keluar ke daerah Sentul, Bogor dan Depok saja. 
Weekend kemarin hari Minggu kita ke D'kandang Farm, bermodal GPS, ternyata jalannya melewati perkampungan agak jelek dan sempit. Kurang lebih 40 menit nyampai sini, tepatnya ada di jalan Penarikan Pasir Putih Sawangan Depok. Ada area untuk panahan, ATV dan  memberi makan wortel ke kelinci dan kambing. 


Kalau weekdays cukup bayar tiket Rp 18.000, kalau weekend Rp 20.000,terhitung murmer karena tiket bisa dituker dengan 1 botol yoghurt rasa buah. Untuk parkir mobil bayar Rp 15.000, areal parkir cukup luas walau berdebu karena masih tanah. Kalau mau naik ATV, naik Delman kuda, dan beli wortel buat kasih makan hewan bayar lagi ya. 


Ada resto dan bisa makan pop mie, seblak, dan aneka cemilan kaya sosis bakar, kerak telor dan jagung bakar. Kita nyampe sini jam 9 pagi, kirain masih sepi ternyata sudah rame. Anak-anak bersama keluarganya juga banyak, ada sapi, kambing dan ayam, bebek, juga kerbau bule disini. Waktu pemerahan susu sapi ada jam dan hari khusus, jadi gak bisa sembarangan diperah, termasuk sapi yang lagi hamil, gak boleh diperah susunya dan gak boleh menyusui bayi sapinya. 


Ada juga lahan untuk menangkap ikan, ikan hias boleh dibawa pulang. Ada air mancur, musola dan taman yang ada kupu-kupu buatan yang besar itu. Ada peta wisata di D'kandang farm ini jadi bisa baca dulu kita mau kemana dulu mainnya.


Areanya gak terlalu luas seperti Kuntum Farmfield, beda konsep wisata alamnya. Tetapi lumayan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta yang murmer dan bikin fresh lagi happy.

Selain itu bisa beli yoghurt, es stick yoghurt, dan aneka cemilan juga asesoris bahkan squishy di D'kandang Farm Depok ini. Ada juga gazebo buat arisan atau pertemuan keluarga atau gathering kantor disini.


Ada taman baca di D'kandang Farm Depok ini, bisa juga main ayunan dan perosotan di area taman bermain, bisa keliling naik Delman kuda bareng keluarga. Selain itu naik kuda mengitari areal D'kandang Farm ini, ada rumah kecil bisa buat bermain anak-anak. Jadi buat liburan akhir pekan besok bisa ke D'kandang Farm Depok saja nih. 

Monday, July 1, 2019

Gudeg Sagan Jogja Dengan Cita Rasa Khas Yang Tidak Boleh Dilewatkan

July 01, 2019 22 Comments
Yogyakarta memang merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata kuliner. Salah satu yang harus Anda coba adalah gudeg khas Kota Yogyakarta dengan rasa yang spesial. Gudeg merupakan makanan tradisional khas Yogyakarta hal ini yang membuatnya sangat mudah ditemui. Ada banyak tempat yang menyajikan makanan bercita rasa manis satu ini. Dan disetiap tempat makan memiliki keunikan rasa tersendiri. Aku suka mampir Yogyakarta kalau mudik ke Ponorogo rumah mertua. 
Akan tetapi, terdapat satu tempat makan atau restoran gudeg yang tidak boleh Anda lewatkan. Soal rasa sudah pasti dijamin tidak akan mengecewakan, suasana yang diberikan di restoran ini juga sangat nyaman dengan bangunan modern kekinian. Terdapat beberapa pilihan menu gudeg yang disajikan secara berbeda dan tentunya harga yang diberikan juga sangat terjangkau. Gudeg yang dapat anda lihat ulasannya di Traveloka Eats ini bernama Gudeg Sagan. Apa sih keistimewaan Gudeg Sagan Jogja ini? Yuk kita lihat lebih lanjut!

Sejarah Singkat Makanan Gudeg Jogja

Bagi para pecinta kuliner yang belum mengetahui sejarah gudeg, berikut kami rangkumkan sejarahnya secara singkat, ringkas, dan jelas. Gudeg sendiri berasal dari kata berbahasa Jawa yakni hangudeg yang memiliki arti mengaduk. Dimana proses pembuatan makanan ini perlu dimasak dan diaduk dalam waktu yang cukup lama. Gudeg bukan hanya dari bahan buah nangka muda saja, ternyata gudeg juga dapat dibuat dari bahan bunga kelapa (manggar) atau dari rebung.
Dalam perkembangannya, gudeg terdiri dari dua jenis yakni gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg basah merupakan gudeg yang dibuat hanya sampai proses perebusan, masih mengandung cukup banyak air dan akan disajikan dengan tambahan santan. Sedangkan jenis gudeg kering memiliki proses pengolahan lanjutan yakni berupa penumisan untuk mendapatkan hasil yang lebih kering.

Sejarah Singkat Gudeg Sagan Jogja

Gudeg Sagan awalnya adalah gudeg kaki lima yang sudah berdiri sejak tahun 2000, gudeg ini kemudian menjadi sangat populer setelah liputan salah satu stasiun televisi. Liputan tersebut mengulas menu andalan gudeg basah yang dimiliki Gudeg Sagan. Rasa khas nikmat yang tiada duanya membuat restoran ini menjadi melejit hingga saat ini.
Sejak tahun 2003, konsep baru dengan selera anak muda pun diusung oleh restoran ini, dilengkapi dengan outdoor area dan live music. Konsep ini dibuat untuk mengakomodir selera konsumen Gudeg Sagan yang mayoritas adalah anak muda. Tempat makan ini juga tetap menyediakan lokasi khusus untuk Anda yang lebih suka duduk lesehan. Tempatnya juga luas dan nyaman sehingga akan membuat Anda betah saat menikmati gudeg spesial ini.

Ulasan Menarik Gudeg Sagan Jogja

Terdapat banyak ulasan yang menggambarkan rasa dari Gudeg Sagan Jogja, seperti Gudeg Sagan menyajikan Gudeg Basah yang sangat istimewa dengan ayam kampung. Banyak juga yang mengatakan bahwa Cita rasa gudeg ini tidak terlalu manis atau semanis gudeg kering. Rasa yang cenderung gurih dan disajikan dengan sambal krecek yang sedikit pedas, sehingga perpaduan rasanya sangat pas dilidah.
Selain itu lokasi dari Gudeg Sagan mudah dicari. Gudeg Sagan juga nyaman dan memiliki fasilitas memadai seperti bangunan yang modern, memiliki outdoor area, area lesehan, live music, parkir luas, toilet bersih, tempat shalat yang memadai menjadi keunggulan Gudeg Sagan.

Menu yang Disajikan & Harga Gudeg Sagan Jogja

Menu yang disajikan di Gudeg Sagan diantaranya nasi gudeg krecek dengan berbagai macam lauk sesuai selera Anda. Mulai dari tempe, telur, tahu, sayap, paha, uritan, rempela atau ampela hati dan lain sebagainya. Harga juga sangat terjangkau mulai dari Rp.8.000 sampai Rp. 30.000.
Menu minuman juga sangat bervariasi, mulai dari es teh, es jeruk, saparella, kopi, minuman panas dan masih banyak lagi. Dibandrol juga dengan harga bersahabat, mulai dari Rp. 3.500 hingga Rp. 12.500.

Cara Menuju Gudeg Sagan Jogja

Alamat dari Gudeg Sagan berada di Jl. Professor Dr. Herman Yohanes No. 53, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY, 55223. Jika dari Bandara, Anda dapat menuju ke arah barat hingga sampai di perempatan Galeria Mall, kemudian menuju ke arah utara kurang lebih sekitar 500 meter, Gudeg Sagan berada di kiri jalan sebelah Toko Wijaya. Buka setiap hari mulai pukul 09.00-24.00 WIB. 
Waduh bikin ngiler nih gudeg sagan Jogja ini, apalagi bumil lagi ngidam, nanti udah lahiran mampir sini ah ama dedek bayi dan suamiku. 

Friday, June 21, 2019

3 Cara Mengatasi Insomnia

June 21, 2019 0 Comments


Bagi sebagian orang, begadang adalah solusi paling tepat untuk mengerjakan aktivitasnya. Namun biasanya, kebiasaan begadang juga lama kelamaan bisa mendatangkan penyakit sulit tidur. Insomnia sendiri adalah situasi di mana orang-orang sulit untuk memejamkan mata dan tertidur. Kesulitan tidur ini juga sangat buruk untuk tubuh karena dapat menyebabkan kurang fitnya tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Namun, tidak dapat disangkal lagi, banyak sekali jumlah orang yang sudah mengalami penyakit ini setiap tahunnya. Rata-rata usia penderita berkisar antara 16-20 tahun ke atas.  Banyak orang yang memang masih menganggap sepele soal gangguan tidur yang satu ini. Padahal, jika dibiarkan gangguan tidur satu ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.

3 Cara Ampuh Menangani Insomnia
Insomnia ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan kadar otak. Penderitanya juga cenderung mengalami kegelisahan yang lebih sering dibandingkan dengan orang normal. Selain mengalami kegelisahan, penderita penyakit ini juga sering mengalami kagetan. Kedua hal ini disebabkan oleh kurangnya konsentrasi otak yang bersumber dari kurangnya istirahat. Gangguan tidur yang satu ini juga dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti obesitas dan penurunan daya ingat. Bagi kamu yang sering mengalami gangguan tidur ini berikut 3 cara ampuh untuk mengatasinya.

1.     Rutin mengonsumsi buah kiwi
Buah kiwi kaya akan melatonin yang merupakan zat kimia alami yang dapat membantu kita tertidur dengan pulas. Sebaiknya, makanlah 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur karena nantinya zat melantonin akan bekerja lebih baik dan akan membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak. Konsumsilah buah ini secara rutin sekiranya sekitar empat minggu sampai insomnia yang kamu alami mulai perlahan hilang.

2.     Jauhkan alat-alat elektronik
Pastikan untuk menyingkirkan alat alat elektronik seperti handphone, televisi, laptop, dan yang lainnya. Karena selain membuat tidur anda tidak nyenyak, alat-alat ini juga memancarkan radiasi yang tidak hanya dapat mengganggu tidur tapi juga dapat merusak mata serta mempengaruhi daya kerja otak. Suara maupun gambar yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat merangsang otak dan membuat kamu sulit tertidur.

3.     Mengonsumsi makanan bertryptophan sebelum tidur
Tryptophan sendiri merupakan zat kimia yang dapat merangsang otak untuk memejamkan mata dan mempercepat tidur. Tryptophan adalah salah satu dari 20 asam amino yang menyusun protein bagi manusia. Namun, sayangnya zat kimia ini tidak diproduksi di dalam tubuh kamu, melainkan bisa kamu dapatkan melalui beberapa makanan seperti daging ayam, kalkun, kacang kedelai, ataupun ikan tuna.

Selain menerapkan 3 cara mengatasi insomnia di atas, anda juga bisa melakukan update mengenai informasi-informasi seputar kesehatan melalui situs sehatq.com. Tidak hanya informasi seputar kesehatan saja, di situs ini kamu juga bisa berkonsultasi soal keluhan kesehatan terhadap pakar medis yang sudah berpengalaman karena situs ini menyediakan forum diskusi untuk tanya jawab.



Tuesday, June 11, 2019

Mengurus Surat Pindah dari JATENG ke JABAR

June 11, 2019 0 Comments

Karena sudah pindah dari Semarang Demak ke Jakarta Timur dari Februari 2018, dan dulu mah pindahnya sementara karena rumahnya masih ngontrak. Sekarang Alhamdulillah udah beli lagi rumah di Cibinong Bogor. Nah untuk mengurus surat pindah, harus cabut berkas di Dukcapil Demak. 

Syaratnya adalah :
1. Minta surat pengantar pindah dari RT RW di perumahan tempat tinggal asal tempat kita tinggal.

2. Minta surat pengantar pindah dari Kelurahan Batursari di Batursari Raya No. 25-26 Tlp 024-70793079.
Di kelurahan diminta unjuk lihat KTP suami istri, KK,  Akte Nikah asli buat data, dan foto suami 4x6 1 lembar. Di Kelurahan ditanyain juga pelunasan PBB tahun yang berjalan. Jadi surat rekomendasi pindah dari Kelurahan. 

3. Di Kecamatan Mranggen minta surat pindah. Diminta KTP, KK dan Akte Nikah juga bukti pelunasan PBB rumah Batursari Mranggen Demak,  berikut foto copynya. Bawa rekomendasi dari Kelurahan Batursari. 

4. Ke Dukcapil Kabupaten Demak, bawa satu berkas yang udah dibendel dari Kecamatan Mranggen, yaitu KTP suami istri foto copy, Akte Nikah Foto copy,  KK Foto Copy, Foto 4x6 3 lembar. Surat pengantar pindah dan rekomendasi dari Kelurahan dan Kecamatan. Prosenya hanya 2 jam menunggu surat udah jadi. 
Dukcapil kabupaten Demak beralamat di Sasana Kyai Mugni Nomor 1016 Demak Kode Pos 59511. Telepon 0291-685972.
Yang akan diserahkan nanti ke Dukcapil Cibinong Bogor adalah E-KTP yang sudah digunting, sementara KK asli dibawa oleh Dukcapil Demak karena sudah cabut berkas. Lalu ada surat keterangan pindah WNI dari Dukcapil Demak dan Biodata Penduduk Warga Negara Indonesia yang ada barcodenya.

Itu 4 syarat untuk dapat surat pindah dari kabupaten Demak ke kabupaten Bogor.


Lalu ngurus lagi di Dukcapil Cibinong Bogor,  dengan menyerahkan surat yang ada berkas satu bendel dari kabupaten Demak. Dari Dukcapil kabupaten Bogor suratnya jadi 1 hari, dan E-KTP yang digunting diminta untuk arsip di Dukcapil Cibinong. Kemudian disuruh ke Kecamatan Cibinong untuk bikin KTP-El dan KK-nya. Dari Dukcapil Cibinong dikasih surat kedatangan WNI berikut satu berkas bendel dari Dukcapil kabupaten Demak yang sudah diambil E-KTP asli yang udah digunting.
Dukcapil Cibinong beralamat di Jl. Curug No.31, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16915.

Dari Dukcapil Cibinong,  kita ke kelurahan Harapan Jaya dulu, sebetulnya kita waktu itu kecamatan dulu. Dari kecamatan disuruh ke kelurahan tanya RT RW-nya lalu minta pengantar ke ketua RT RW-nya. 

Akhirnya ke Kelurahan Harapan Jaya di 
Lalu ke kecamatan di Jl. Kayu Manis No. 30 telp.  8753879. Untuk syarat bikin KK baru, surat pengantar RT RW kita, surat pengantar Dukcapil Cibinong,  FC KTP suami istri lama,  FC surat nikah,  FC akte kelahiran suami istri,  FC ijazah terkahir suami istri. 
KK-nya jadi sebulan karena kita kebagian kuota 9. Kaya haji aja ada quotanya hihi. 


Lalu nanti buat KTP dikasih form F1. 21 dari kelurahan, bikin KTP-nya di Kecamatan setelah KK jadi. Sebulan kemudian KK akhirnya jadi, dan kemudian kita dikasih KTP sementara yang sebesar selembar kertas HVS itu, berlaku untuk 6 bulan. Nanti KTP-Elnya jadinya maksimal 6 bulan. 

Kita mengurus KK dan KTP selalu sesuai domisili, sebetulnya udah 4x ngurus, karena pindah dari Garut, lalu ke Semarang, kabupaten Demak dan sekarang kabupaten Bogor. Apalagi sekarang untuk mengurus Akte Kelahiran dedek bayi nanti setelah lahiran. 
Adapun syarat untuk Akte Kelahiran di Dukcapil Cibinong kabupaten Bogor adalah :
1. FC KK dan aslinya
2. FC KTP ayah dan ibu juga aslinya
3. Akte Nikah asli dan FC yang dilegalisir KUA setempat, jadi nikah di Garut boleh legalisir di Cibinong. 
4. Surat pengantar kelahiran dari RS tempat melahirkan. 
5. Surat pengantar kelahiran dari kelurahan Harapan Jaya, kecamatan Cibinong gak usah katanya. 

Demikian semoga bermanfaat untuk kalian yang pindah antar provinsi. 

Tuesday, June 4, 2019

MESJID DI JAKARTA DAN SEKITARNYA YANG BAGUS ARSITEKTURNYA

June 04, 2019 0 Comments

 Mesjid Ramlie Musofa

Besok kita umat muslim akan berlebaran 1 Syawal 1440 H, dimana setelah berpuasa sebulan lamanya, meraih kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Mau di kota manapun pasti pagi hari bersama keluarga tercinta akan pergi untuk solat Idul Fitri berjamaah di mesjid, atau lapangan jika jamaah tidak tertampung di mesjid. Kalau dulu di Semarang Demak aku solat Idul Adha di mesjid Agung Jateng, kalau Lebaran Idul Fitri di Garut aku solat Idul Fitri di halaman mesjid Agung Tarogong atau mesjid agung Garut. Kalau di Ponorogo solat Iednya di lapangan dekat mesjid.
Ketika suami dipindah ke Jakarta aku sudah pernah solat Idul Adha di Istiqlal, solat Dhuha di Ramlie Musofa, dan solat Dzuhur di AT-Tiin dan Ashar di Kubah Mas.

Ada 4 mesjid di Jakarta dan Depok yang bagus arsitekturnya yaitu : 
1. Mesjid Ramlie Musofa, terletak di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C -14A RT.13/ RW.16, Sunter Agung. Tanjung Priok Jakarta Utara. Sekilas bangunannya mirip Taj Mahal India, selain tulisan Arab ada tulisan Cina disini, jadi ada 3 bahasa Indonesia, Arab dan Mandarin di mesjid ini. Mesjid ini dibangun 2011 oleh bapak Ramlie keturunan Thinghoa. Musofa adalah singkatan dari nama anaknya Muhammad, Sopian dan Fabian. Selain solat  dipakai akad nikah juga disini. Aku dan suamiku baru sekali kesini untuk solat Dhuha, boleh juga kok berfoto disini.


I
 Mesjid Istiqlal

2. Mesjid Istiqlal terletak di Jl. Taman Wijaya Kusuma Ps.Baru Kec.Sawah Besar Jakarta Pusat. Bisa menampung 200 ribu orang, selesai dibangun 1978. Istiqlal artinya merdeka, terbesar di Asia Tenggara dekat dengan Monas, dan gereja Katedral Jakarta. Masuk mesjid ini jika ada pejabat negara kita bakalan diperiksa dulu di depan, disarankan bawa plastik untuk wadah sendal, jika hari Raya penuh mesjidnya. Kalau hari biasa gak terlalu penuh. Sudah 2x aku dan suamiku ke mesjid Istiqlal pas solat Idul Adha dan solat Dzuhur pas hari biasa bersama ortuku. Banyak makanan dan minuman dijual di halaman mesjid ini dekat area parkir, ada sate padang, rujak buah, dan kelapa muda juga teh hangat.

Mesjid AT-Tin

3. Mesjid AT-Tin, terletak di Jl. Taman Mini I No. 3, RW.3 Pinang Ranti Kec. Makasar Jakarta timur. Dibangun oleh keluarga presiden kedua RI bapak Soeharto, inisiatif anak-anaknya setelah ibu Tien pergi ke Mekkah ingin bangun mesjid. Di mesjid ini juga sering dipakai akad nikah, aku dan suamiku sudah 2x kesini untuk solat Dzuhur dan Ashar bersama ortuku. Mesjid At-tin dibangun tahun 1999 dan bisa menampung 9 ribu orang, luasnya 70 ribu meter persegi, menampung 1850 orang.

Mesjid Kubah Mas

4. Mesjid Kubah Mas, terletak di Meruyung Limo  Depok Jawa Barat, kubahnya ada 5 yang terbuat dari emas. Mesjid ini didirikan oleh Dian Al Mahri pengusaha asal Banten yang gemar sedekah. Bangunannya selesai 2006, dan luasnya 50 hektar juga bisa menampung 20 ribu orang. Banyak yang itikaf disini kemarin, ada yang berasal dari Depok, Jakarta dan Bogor bahkan Jawa untuk beritikaf disini. suasananya mendukung khusyu untu beribadah. disediakan takjil dan makan sahur plus mesin cuci untuk jamaah yang menginap disini untuk itikaf. Ada beberapa Al quran untuk tilawah, dan solat Tarawehnya 23 rakaat, jumlah bacaan hampir 1 juz. Kemarin aku dan suamiku hanya solat Ashar disini dan ngaji Yasin. Dulu pernah sama mamahku kesini ikut piknik om dan tanteku, kalau gak salah gak jauh dari sini ada kampung Cina. Masuk parkir mobil disini 15 ribu rupiah.

Memang perempuan bagusnya solat di rumah, tetapi asalkan bersama mahramnya boleh ikut solat jamaah di mesjid. Di setiap daerah aku senang terhadap mesjid sekalian solat dan istirahat, mesjid Demak dulu pernah 2x solat disana, mesjid Pekalongan dan Tasikmalaya juga mesjid Sumedang pernah disinggahi ketika mudik ke rumah ortu atau mertua. Mesjid yang kangen selalu ingin kesana lagi bagiku dan suamiku adalah mesjid Nabawi, mesjid Aqso dan masjidil Haram. Kalau ke LN juga suamiku udah pernah ke mesjid Biru Istanbul Turki. Dan kemarin bulan Rajab bisa solat magrib  di mesjid selat Melaka, mesjid Jameek wanita gak boleh masuk karena mau dipakai Jumatan waktu itu, dan Dhuha mau Dzuhur di mesjid Putrajaya Malaysia. Ketika kaki melangkah ke mesjid malaikat menyertai, dan coba saja tengok ketika ada musibah mesjid tetap berdiri kokoh seperti mesjid Baiturrahman Aceh. Itu sebabanya aura ibadah makin semangat kalau berjamaah di mesjid. Semoga kita semua termasuk manusia yang suka memakmurkan mesjid ya, Aamiin.




Monday, May 27, 2019

15 WISATA DI YOGYAKARTA YANG GAK BOSAN DIKUNJUNGI

May 27, 2019 2 Comments
Liburan Lebaran sebentar lagi nih, biasanya aku dan suamiku mudik ke Ponorogo dan Bandung Garut. Tahun ini kami enggak, karena aku lagi hamil 3 bulan maju 4 bulan, gak boleh kemana-mana dan jangan terlalu capek kata dokter demi dedek bayi dalam perut. Kebiasan kita kalau mudik, sekalian wisata mampir kota yang kelewatan. Salah satunya adalah Yogyakarta. Ada 15 wisata di Yogyakarta yang gak bosan untuk dikunjungi yaitu :

1. Pantai Indrayanti 

Lokasi Pantai Indrayanti, yang biasa dibilang pantai pulang Sawal atau Pantai Pulsa,  yaitu di Kabupaten Gunungkidul terletak di sisi timur Pantai Sundak/ pantai Krakal. Pantainya cukup luas, pasirnya halus menyentuh kaki,  dan laut biru bersih. Jaraknya 66 KM dari pusat kota Yogya, sekitar 2 jam kalau kesini dari Yogya. Disini disedikan payung-payung,  gazebo, juga ada toilet dan kamar mandi, ada tempat main anak dan sewa jetski. Buat tiket masuk ke pantai indrayanti Rp 10.000, sewa payung Rp 20.000, toilet dan kamar mandi bilas Rp 2.000 - Rp 5.000, sewa jetski Rp 250.000/ 15 menit. 

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal dinamakannya karena banyak pohon Duras di sepanjang pantai,  15 menit dari Pantai Indrayanti.  Ada sewa payung Rp 20.000, sewa tenda dome Rp 60.000, area camping Rp 5.000 - Rp 10.000, warung makan sekitar Rp 7.000 - Rp 20.000, parkir kendaraan Rp 3.000 - Rp 15.000, toilet umum Rp 2.000 - Rp 3.000. 

3. Kidz Funs Yogyakarta

Ada beberapa wahana mainan anak di kidz fun Yogya, diantaranya wahana ban air, petualangan dinosaurus,  atv dan lainnya.  

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur, adalah candi Buddha di Borobudur Magelang Jateng,  dengan piramida berundak dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci. Tiket masuknya untuk wisatawan lokal Rp 40.000, untuk wisatawan asing Rp 125.000. Mau naik Borobudur disediakan kain batik, kita harus memakainya,  ada beberapa souvenir stupa dan candi dari abu merapi dan topi juga kaos bergambar Borobudur. Aku udah 3x ke Borobudur, pas SMP, berdua suamiku, dan waktu bersama ortuku. 

5. Candi Prambanan  

Candi Prambanan identik dengan kisah Roro Jongrang, merupakan candi Hindu yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tiket masuk Rp 40.000, dekat candi Prambanan ada candi Boko,  tebing breksi,  spot riyadi dan candi Barong. 

6. Malioboro

Malioboro suka disebut titik nol Yogya,  dekat dengan benteng vredeburg atau gedung agung Yogya dan pasar Beringharjo Yogya,  di sekitar Malioboro banyak batik khas Yogya dijual dan spot foto bagus. Kalau aku suka beli batiknya di Mirota karena gak gampang sobek dan beladus.  

7. Merapi dan Museum Merapi

Merapi merupakan gunung api teraktif di Indonesia,  dulu juru kuncinya Mbah Mijan yang meninggal karena letusan gunung Merapi. Ada museum Merapi selain kawah Merapi dan banker Merapi. Di museum ada banyak perabot rumah tangga yang jadi saksi bisu ketika letusan terjadi, ada yang meleleh bahkan gelas. Ada juga keris yang gak boleh difoto dan divideo. Entah kebetulan atau tidak handycam kami ketika kesana tak sengaja merekam keris-keris itu, dan gak lama kemudian handycamnya hilang. 

8. Yogya Bay

Yogya Bay terletak di Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Jenengan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiket masuknya sekitar Rp 60.000 -  Rp 100.000. Yogya Bay water park yang didesain petualangan bajak laut.  Main air di Yogya Bay seru deh, dari memo racer,  bekti adventure,  volcano coaster, timo-timo rider, museum air, brando boomeranggo,  jolie raft river dan kolam ombak. Memang uji adrenalin banget disini. Selain untuk dewasa ada juga buat anak seperti mimi family,  hip playground,  ziggy giant barrel dan donte wild river, juga ada program mimi bermain. Ada drama musical di Yogya bay dan flying jose juga holidayfest, puas deh bermain disini bisa seharian bersama keluarga. 

9. De Mata 

De mata museum Yogya terletak di XT square Jl. Veteran no.  150-151 Pandeyan Kec. Umbulharjo kota Yogyakarta.  Tiket masuknya Rp 75.000 individu,  paket famili minimal 5 orang Rp 150.000.  Ada 120 gambar 3D, bisa foto sebanyak-banyaknya deh disini. 

10. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta di pesisir Selatan kota Yogyakarta. Di sepanjang pantai ini bisa berfoto di spot foto yang ada bunga-bunganya,  bisa juga naik andong. Ada kolam renang di sisi pantainya, pantainya eksotis dan suka dikaitkan mistis dengan kisah Ratu pantai Selatan. Pernah juga dipakai syuting AADC 2, Cinta dan sahabatnya main ke pantai ini di film. 

11. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di Imogiri  Kec. Dlingo Kab. Bantul Yogya, masuk kesini murah cuma Rp 5.000. Bisa lihat kabut awan dan sunrise di atas gardu pandang. Jalan kesini naik terus sampai puncak, walau agak lelah di atas pemandangannya emang keren banget. Dan ada aneka minuman dan makanan dijual diatas dengan harga yang terjangkau. Beberapa buah seperti rambutan dan yang lainnya hanya berbuah musim tertentu, banyak buah lokal ditanam di kebun buah mangunan ini. 

12. Watu Lawang

Watu Lawang terletak di Nganjuk Yogya, udaranya disini sejuk. Banyak pohon rindang dan tangga untuk mendaki ke atas. Pemandangan di atas indah,  tracking aku dan suamiku memang hobi, kita mah wisatanya banyak jalan kakinya dan menikmati suasana alam yang hijau, nikmat banget rasanya. 

13. Tebing Breksi

Tebing breksi ini sekilas mirip Brown Canyon di Semarang. Ada burung hantu disini dan dekat candi Prambanan. Kalau ke Prambanan sekalian aja ke tebing breksi ya. 
14. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Penembahan Kec. Kratob,  kota Yogyakarta,  arsitekturnya kental dengan budaya Jawa.  Disebut juga keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bisa pelajari tradisi Jawa Yogya disini. 

15. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu terletak di Magelang Jateng. Dipakai syuting AADC 2 ketika cinta dan rangga kembali bernostalgia. Bisa melihat sunrise di punthuk setumbu,  dekat dengan gereja ayam borobudur. Berlatar gunung Merapi Merbabu indah banget deh. 


Nginepnya kalau aku favorit di the Rich Yogya dan Reddorz Near Casa Grande , karena dekat pusat kota dan tempat wisata juga harganya terjangkau.   Nah sudah tinggal menghitung hari ke libur Lebaran, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta dan berwisata seru bersama keluarga tersayang ya. 15 wisata tadi jangan lupa dikunjungi karena Yogyakarta selain Bandung, merupakan kota yang paling asyik buat wisata alam dan kuliner juga belanja. Nah kalau ke Yogyakarta dari Jakarta bisa menggunakan mobil pribadi, kereta api, bus atau pesawat. 


Tiket pesawat lagi mahal katanya, cuma jika kita beli jauh-jauh hari dan ambil promonya, gak akan terlalu mahal deh. Pesan tiket pesawat Yogya Jakarta di pegi-pegi aja. Harga tiketnya bervariasi dari 400 ribuan sampai 1 jutaan, tergantung maskapai apa yang kita pilih. Lumayan terjangkau daripada nyetir mobil belum bensin tolnya pasti lebih dari 1 jutaan juga. Dan kereta api jika milih eksekutif rada lumayan ketika libur lebaran ini. Pesawat lebih hemat waktu dan gak terlalu capek di jalan.