Friday, June 21, 2019

3 Cara Mengatasi Insomnia

June 21, 2019 0 Comments


Bagi sebagian orang, begadang adalah solusi paling tepat untuk mengerjakan aktivitasnya. Namun biasanya, kebiasaan begadang juga lama kelamaan bisa mendatangkan penyakit sulit tidur. Insomnia sendiri adalah situasi di mana orang-orang sulit untuk memejamkan mata dan tertidur. Kesulitan tidur ini juga sangat buruk untuk tubuh karena dapat menyebabkan kurang fitnya tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Namun, tidak dapat disangkal lagi, banyak sekali jumlah orang yang sudah mengalami penyakit ini setiap tahunnya. Rata-rata usia penderita berkisar antara 16-20 tahun ke atas.  Banyak orang yang memang masih menganggap sepele soal gangguan tidur yang satu ini. Padahal, jika dibiarkan gangguan tidur satu ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.

3 Cara Ampuh Menangani Insomnia
Insomnia ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan kadar otak. Penderitanya juga cenderung mengalami kegelisahan yang lebih sering dibandingkan dengan orang normal. Selain mengalami kegelisahan, penderita penyakit ini juga sering mengalami kagetan. Kedua hal ini disebabkan oleh kurangnya konsentrasi otak yang bersumber dari kurangnya istirahat. Gangguan tidur yang satu ini juga dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti obesitas dan penurunan daya ingat. Bagi kamu yang sering mengalami gangguan tidur ini berikut 3 cara ampuh untuk mengatasinya.

1.     Rutin mengonsumsi buah kiwi
Buah kiwi kaya akan melatonin yang merupakan zat kimia alami yang dapat membantu kita tertidur dengan pulas. Sebaiknya, makanlah 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur karena nantinya zat melantonin akan bekerja lebih baik dan akan membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak. Konsumsilah buah ini secara rutin sekiranya sekitar empat minggu sampai insomnia yang kamu alami mulai perlahan hilang.

2.     Jauhkan alat-alat elektronik
Pastikan untuk menyingkirkan alat alat elektronik seperti handphone, televisi, laptop, dan yang lainnya. Karena selain membuat tidur anda tidak nyenyak, alat-alat ini juga memancarkan radiasi yang tidak hanya dapat mengganggu tidur tapi juga dapat merusak mata serta mempengaruhi daya kerja otak. Suara maupun gambar yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat merangsang otak dan membuat kamu sulit tertidur.

3.     Mengonsumsi makanan bertryptophan sebelum tidur
Tryptophan sendiri merupakan zat kimia yang dapat merangsang otak untuk memejamkan mata dan mempercepat tidur. Tryptophan adalah salah satu dari 20 asam amino yang menyusun protein bagi manusia. Namun, sayangnya zat kimia ini tidak diproduksi di dalam tubuh kamu, melainkan bisa kamu dapatkan melalui beberapa makanan seperti daging ayam, kalkun, kacang kedelai, ataupun ikan tuna.

Selain menerapkan 3 cara mengatasi insomnia di atas, anda juga bisa melakukan update mengenai informasi-informasi seputar kesehatan melalui situs sehatq.com. Tidak hanya informasi seputar kesehatan saja, di situs ini kamu juga bisa berkonsultasi soal keluhan kesehatan terhadap pakar medis yang sudah berpengalaman karena situs ini menyediakan forum diskusi untuk tanya jawab.



Tuesday, June 11, 2019

Mengurus Surat Pindah dari JATENG ke JABAR

June 11, 2019 0 Comments

Karena sudah pindah dari Semarang Demak ke Jakarta Timur dari Februari 2018, dan dulu mah pindahnya sementara karena rumahnya masih ngontrak. Sekarang Alhamdulillah udah beli lagi rumah di Cibinong Bogor. Nah untuk mengurus surat pindah, harus cabut berkas di Dukcapil Demak. 

Syaratnya adalah :
1. Minta surat pengantar pindah dari RT RW di perumahan tempat tinggal asal tempat kita tinggal.

2. Minta surat pengantar pindah dari Kelurahan Batursari di Batursari Raya No. 25-26 Tlp 024-70793079.
Di kelurahan diminta unjuk lihat KTP suami istri, KK,  Akte Nikah asli buat data, dan foto suami 4x6 1 lembar. Di Kelurahan ditanyain juga pelunasan PBB tahun yang berjalan. Jadi surat rekomendasi pindah dari Kelurahan. 

3. Di Kecamatan Mranggen minta surat pindah. Diminta KTP, KK dan Akte Nikah juga bukti pelunasan PBB rumah Batursari Mranggen Demak,  berikut foto copynya. Bawa rekomendasi dari Kelurahan Batursari. 

4. Ke Dukcapil Kabupaten Demak, bawa satu berkas yang udah dibendel dari Kecamatan Mranggen, yaitu KTP suami istri foto copy, Akte Nikah Foto copy,  KK Foto Copy, Foto 4x6 3 lembar. Surat pengantar pindah dan rekomendasi dari Kelurahan dan Kecamatan. Prosenya hanya 2 jam menunggu surat udah jadi. 
Dukcapil kabupaten Demak beralamat di Sasana Kyai Mugni Nomor 1016 Demak Kode Pos 59511. Telepon 0291-685972.
Yang akan diserahkan nanti ke Dukcapil Cibinong Bogor adalah E-KTP yang sudah digunting, sementara KK asli dibawa oleh Dukcapil Demak karena sudah cabut berkas. Lalu ada surat keterangan pindah WNI dari Dukcapil Demak dan Biodata Penduduk Warga Negara Indonesia yang ada barcodenya.

Itu 4 syarat untuk dapat surat pindah dari kabupaten Demak ke kabupaten Bogor.


Lalu ngurus lagi di Dukcapil Cibinong Bogor,  dengan menyerahkan surat yang ada berkas satu bendel dari kabupaten Demak. Dari Dukcapil kabupaten Bogor suratnya jadi 1 hari, dan E-KTP yang digunting diminta untuk arsip di Dukcapil Cibinong. Kemudian disuruh ke Kecamatan Cibinong untuk bikin KTP-El dan KK-nya. Dari Dukcapil Cibinong dikasih surat kedatangan WNI berikut satu berkas bendel dari Dukcapil kabupaten Demak yang sudah diambil E-KTP asli yang udah digunting.
Dukcapil Cibinong beralamat di Jl. Curug No.31, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16915.

Dari Dukcapil Cibinong,  kita ke kelurahan Harapan Jaya dulu, sebetulnya kita waktu itu kecamatan dulu. Dari kecamatan disuruh ke kelurahan tanya RT RW-nya lalu minta pengantar ke ketua RT RW-nya. 

Akhirnya ke Kelurahan Harapan Jaya di 
Lalu ke kecamatan di Jl. Kayu Manis No. 30 telp.  8753879. Untuk syarat bikin KK baru, surat pengantar RT RW kita, surat pengantar Dukcapil Cibinong,  FC KTP suami istri lama,  FC surat nikah,  FC akte kelahiran suami istri,  FC ijazah terkahir suami istri. 
KK-nya jadi sebulan karena kita kebagian kuota 9. Kaya haji aja ada quotanya hihi. 


Lalu nanti buat KTP dikasih form F1. 21 dari kelurahan, bikin KTP-nya di Kecamatan setelah KK jadi. Sebulan kemudian KK akhirnya jadi, dan kemudian kita dikasih KTP sementara yang sebesar selembar kertas HVS itu, berlaku untuk 6 bulan. Nanti KTP-Elnya jadinya maksimal 6 bulan. 

Kita mengurus KK dan KTP selalu sesuai domisili, sebetulnya udah 4x ngurus, karena pindah dari Garut, lalu ke Semarang, kabupaten Demak dan sekarang kabupaten Bogor. Apalagi sekarang untuk mengurus Akte Kelahiran dedek bayi nanti setelah lahiran. 
Adapun syarat untuk Akte Kelahiran di Dukcapil Cibinong kabupaten Bogor adalah :
1. FC KK dan aslinya
2. FC KTP ayah dan ibu juga aslinya
3. Akte Nikah asli dan FC yang dilegalisir KUA setempat, jadi nikah di Garut boleh legalisir di Cibinong. 
4. Surat pengantar kelahiran dari RS tempat melahirkan. 
5. Surat pengantar kelahiran dari kelurahan Harapan Jaya, kecamatan Cibinong gak usah katanya. 

Demikian semoga bermanfaat untuk kalian yang pindah antar provinsi. 

Tuesday, June 4, 2019

MESJID DI JAKARTA DAN SEKITARNYA YANG BAGUS ARSITEKTURNYA

June 04, 2019 0 Comments

 Mesjid Ramlie Musofa

Besok kita umat muslim akan berlebaran 1 Syawal 1440 H, dimana setelah berpuasa sebulan lamanya, meraih kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Mau di kota manapun pasti pagi hari bersama keluarga tercinta akan pergi untuk solat Idul Fitri berjamaah di mesjid, atau lapangan jika jamaah tidak tertampung di mesjid. Kalau dulu di Semarang Demak aku solat Idul Adha di mesjid Agung Jateng, kalau Lebaran Idul Fitri di Garut aku solat Idul Fitri di halaman mesjid Agung Tarogong atau mesjid agung Garut. Kalau di Ponorogo solat Iednya di lapangan dekat mesjid.
Ketika suami dipindah ke Jakarta aku sudah pernah solat Idul Adha di Istiqlal, solat Dhuha di Ramlie Musofa, dan solat Dzuhur di AT-Tiin dan Ashar di Kubah Mas.

Ada 4 mesjid di Jakarta dan Depok yang bagus arsitekturnya yaitu : 
1. Mesjid Ramlie Musofa, terletak di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C -14A RT.13/ RW.16, Sunter Agung. Tanjung Priok Jakarta Utara. Sekilas bangunannya mirip Taj Mahal India, selain tulisan Arab ada tulisan Cina disini, jadi ada 3 bahasa Indonesia, Arab dan Mandarin di mesjid ini. Mesjid ini dibangun 2011 oleh bapak Ramlie keturunan Thinghoa. Musofa adalah singkatan dari nama anaknya Muhammad, Sopian dan Fabian. Selain solat  dipakai akad nikah juga disini. Aku dan suamiku baru sekali kesini untuk solat Dhuha, boleh juga kok berfoto disini.


I
 Mesjid Istiqlal

2. Mesjid Istiqlal terletak di Jl. Taman Wijaya Kusuma Ps.Baru Kec.Sawah Besar Jakarta Pusat. Bisa menampung 200 ribu orang, selesai dibangun 1978. Istiqlal artinya merdeka, terbesar di Asia Tenggara dekat dengan Monas, dan gereja Katedral Jakarta. Masuk mesjid ini jika ada pejabat negara kita bakalan diperiksa dulu di depan, disarankan bawa plastik untuk wadah sendal, jika hari Raya penuh mesjidnya. Kalau hari biasa gak terlalu penuh. Sudah 2x aku dan suamiku ke mesjid Istiqlal pas solat Idul Adha dan solat Dzuhur pas hari biasa bersama ortuku. Banyak makanan dan minuman dijual di halaman mesjid ini dekat area parkir, ada sate padang, rujak buah, dan kelapa muda juga teh hangat.

Mesjid AT-Tin

3. Mesjid AT-Tin, terletak di Jl. Taman Mini I No. 3, RW.3 Pinang Ranti Kec. Makasar Jakarta timur. Dibangun oleh keluarga presiden kedua RI bapak Soeharto, inisiatif anak-anaknya setelah ibu Tien pergi ke Mekkah ingin bangun mesjid. Di mesjid ini juga sering dipakai akad nikah, aku dan suamiku sudah 2x kesini untuk solat Dzuhur dan Ashar bersama ortuku. Mesjid At-tin dibangun tahun 1999 dan bisa menampung 9 ribu orang, luasnya 70 ribu meter persegi, menampung 1850 orang.

Mesjid Kubah Mas

4. Mesjid Kubah Mas, terletak di Meruyung Limo  Depok Jawa Barat, kubahnya ada 5 yang terbuat dari emas. Mesjid ini didirikan oleh Dian Al Mahri pengusaha asal Banten yang gemar sedekah. Bangunannya selesai 2006, dan luasnya 50 hektar juga bisa menampung 20 ribu orang. Banyak yang itikaf disini kemarin, ada yang berasal dari Depok, Jakarta dan Bogor bahkan Jawa untuk beritikaf disini. suasananya mendukung khusyu untu beribadah. disediakan takjil dan makan sahur plus mesin cuci untuk jamaah yang menginap disini untuk itikaf. Ada beberapa Al quran untuk tilawah, dan solat Tarawehnya 23 rakaat, jumlah bacaan hampir 1 juz. Kemarin aku dan suamiku hanya solat Ashar disini dan ngaji Yasin. Dulu pernah sama mamahku kesini ikut piknik om dan tanteku, kalau gak salah gak jauh dari sini ada kampung Cina. Masuk parkir mobil disini 15 ribu rupiah.

Memang perempuan bagusnya solat di rumah, tetapi asalkan bersama mahramnya boleh ikut solat jamaah di mesjid. Di setiap daerah aku senang terhadap mesjid sekalian solat dan istirahat, mesjid Demak dulu pernah 2x solat disana, mesjid Pekalongan dan Tasikmalaya juga mesjid Sumedang pernah disinggahi ketika mudik ke rumah ortu atau mertua. Mesjid yang kangen selalu ingin kesana lagi bagiku dan suamiku adalah mesjid Nabawi, mesjid Aqso dan masjidil Haram. Kalau ke LN juga suamiku udah pernah ke mesjid Biru Istanbul Turki. Dan kemarin bulan Rajab bisa solat magrib  di mesjid selat Melaka, mesjid Jameek wanita gak boleh masuk karena mau dipakai Jumatan waktu itu, dan Dhuha mau Dzuhur di mesjid Putrajaya Malaysia. Ketika kaki melangkah ke mesjid malaikat menyertai, dan coba saja tengok ketika ada musibah mesjid tetap berdiri kokoh seperti mesjid Baiturrahman Aceh. Itu sebabanya aura ibadah makin semangat kalau berjamaah di mesjid. Semoga kita semua termasuk manusia yang suka memakmurkan mesjid ya, Aamiin.




Monday, May 27, 2019

15 WISATA DI YOGYAKARTA YANG GAK BOSAN DIKUNJUNGI

May 27, 2019 2 Comments
Liburan Lebaran sebentar lagi nih, biasanya aku dan suamiku mudik ke Ponorogo dan Bandung Garut. Tahun ini kami enggak, karena aku lagi hamil 3 bulan maju 4 bulan, gak boleh kemana-mana dan jangan terlalu capek kata dokter demi dedek bayi dalam perut. Kebiasan kita kalau mudik, sekalian wisata mampir kota yang kelewatan. Salah satunya adalah Yogyakarta. Ada 15 wisata di Yogyakarta yang gak bosan untuk dikunjungi yaitu :

1. Pantai Indrayanti 

Lokasi Pantai Indrayanti, yang biasa dibilang pantai pulang Sawal atau Pantai Pulsa,  yaitu di Kabupaten Gunungkidul terletak di sisi timur Pantai Sundak/ pantai Krakal. Pantainya cukup luas, pasirnya halus menyentuh kaki,  dan laut biru bersih. Jaraknya 66 KM dari pusat kota Yogya, sekitar 2 jam kalau kesini dari Yogya. Disini disedikan payung-payung,  gazebo, juga ada toilet dan kamar mandi, ada tempat main anak dan sewa jetski. Buat tiket masuk ke pantai indrayanti Rp 10.000, sewa payung Rp 20.000, toilet dan kamar mandi bilas Rp 2.000 - Rp 5.000, sewa jetski Rp 250.000/ 15 menit. 

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal dinamakannya karena banyak pohon Duras di sepanjang pantai,  15 menit dari Pantai Indrayanti.  Ada sewa payung Rp 20.000, sewa tenda dome Rp 60.000, area camping Rp 5.000 - Rp 10.000, warung makan sekitar Rp 7.000 - Rp 20.000, parkir kendaraan Rp 3.000 - Rp 15.000, toilet umum Rp 2.000 - Rp 3.000. 

3. Kidz Funs Yogyakarta

Ada beberapa wahana mainan anak di kidz fun Yogya, diantaranya wahana ban air, petualangan dinosaurus,  atv dan lainnya.  

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur, adalah candi Buddha di Borobudur Magelang Jateng,  dengan piramida berundak dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci. Tiket masuknya untuk wisatawan lokal Rp 40.000, untuk wisatawan asing Rp 125.000. Mau naik Borobudur disediakan kain batik, kita harus memakainya,  ada beberapa souvenir stupa dan candi dari abu merapi dan topi juga kaos bergambar Borobudur. Aku udah 3x ke Borobudur, pas SMP, berdua suamiku, dan waktu bersama ortuku. 

5. Candi Prambanan  

Candi Prambanan identik dengan kisah Roro Jongrang, merupakan candi Hindu yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tiket masuk Rp 40.000, dekat candi Prambanan ada candi Boko,  tebing breksi,  spot riyadi dan candi Barong. 

6. Malioboro

Malioboro suka disebut titik nol Yogya,  dekat dengan benteng vredeburg atau gedung agung Yogya dan pasar Beringharjo Yogya,  di sekitar Malioboro banyak batik khas Yogya dijual dan spot foto bagus. Kalau aku suka beli batiknya di Mirota karena gak gampang sobek dan beladus.  

7. Merapi dan Museum Merapi

Merapi merupakan gunung api teraktif di Indonesia,  dulu juru kuncinya Mbah Mijan yang meninggal karena letusan gunung Merapi. Ada museum Merapi selain kawah Merapi dan banker Merapi. Di museum ada banyak perabot rumah tangga yang jadi saksi bisu ketika letusan terjadi, ada yang meleleh bahkan gelas. Ada juga keris yang gak boleh difoto dan divideo. Entah kebetulan atau tidak handycam kami ketika kesana tak sengaja merekam keris-keris itu, dan gak lama kemudian handycamnya hilang. 

8. Yogya Bay

Yogya Bay terletak di Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Jenengan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiket masuknya sekitar Rp 60.000 -  Rp 100.000. Yogya Bay water park yang didesain petualangan bajak laut.  Main air di Yogya Bay seru deh, dari memo racer,  bekti adventure,  volcano coaster, timo-timo rider, museum air, brando boomeranggo,  jolie raft river dan kolam ombak. Memang uji adrenalin banget disini. Selain untuk dewasa ada juga buat anak seperti mimi family,  hip playground,  ziggy giant barrel dan donte wild river, juga ada program mimi bermain. Ada drama musical di Yogya bay dan flying jose juga holidayfest, puas deh bermain disini bisa seharian bersama keluarga. 

9. De Mata 

De mata museum Yogya terletak di XT square Jl. Veteran no.  150-151 Pandeyan Kec. Umbulharjo kota Yogyakarta.  Tiket masuknya Rp 75.000 individu,  paket famili minimal 5 orang Rp 150.000.  Ada 120 gambar 3D, bisa foto sebanyak-banyaknya deh disini. 

10. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta di pesisir Selatan kota Yogyakarta. Di sepanjang pantai ini bisa berfoto di spot foto yang ada bunga-bunganya,  bisa juga naik andong. Ada kolam renang di sisi pantainya, pantainya eksotis dan suka dikaitkan mistis dengan kisah Ratu pantai Selatan. Pernah juga dipakai syuting AADC 2, Cinta dan sahabatnya main ke pantai ini di film. 

11. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di Imogiri  Kec. Dlingo Kab. Bantul Yogya, masuk kesini murah cuma Rp 5.000. Bisa lihat kabut awan dan sunrise di atas gardu pandang. Jalan kesini naik terus sampai puncak, walau agak lelah di atas pemandangannya emang keren banget. Dan ada aneka minuman dan makanan dijual diatas dengan harga yang terjangkau. Beberapa buah seperti rambutan dan yang lainnya hanya berbuah musim tertentu, banyak buah lokal ditanam di kebun buah mangunan ini. 

12. Watu Lawang

Watu Lawang terletak di Nganjuk Yogya, udaranya disini sejuk. Banyak pohon rindang dan tangga untuk mendaki ke atas. Pemandangan di atas indah,  tracking aku dan suamiku memang hobi, kita mah wisatanya banyak jalan kakinya dan menikmati suasana alam yang hijau, nikmat banget rasanya. 

13. Tebing Breksi

Tebing breksi ini sekilas mirip Brown Canyon di Semarang. Ada burung hantu disini dan dekat candi Prambanan. Kalau ke Prambanan sekalian aja ke tebing breksi ya. 
14. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Penembahan Kec. Kratob,  kota Yogyakarta,  arsitekturnya kental dengan budaya Jawa.  Disebut juga keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bisa pelajari tradisi Jawa Yogya disini. 

15. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu terletak di Magelang Jateng. Dipakai syuting AADC 2 ketika cinta dan rangga kembali bernostalgia. Bisa melihat sunrise di punthuk setumbu,  dekat dengan gereja ayam borobudur. Berlatar gunung Merapi Merbabu indah banget deh. 


Nginepnya kalau aku favorit di the Rich Yogya dan Reddorz Near Casa Grande , karena dekat pusat kota dan tempat wisata juga harganya terjangkau.   Nah sudah tinggal menghitung hari ke libur Lebaran, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta dan berwisata seru bersama keluarga tersayang ya. 15 wisata tadi jangan lupa dikunjungi karena Yogyakarta selain Bandung, merupakan kota yang paling asyik buat wisata alam dan kuliner juga belanja. Nah kalau ke Yogyakarta dari Jakarta bisa menggunakan mobil pribadi, kereta api, bus atau pesawat. 


Tiket pesawat lagi mahal katanya, cuma jika kita beli jauh-jauh hari dan ambil promonya, gak akan terlalu mahal deh. Pesan tiket pesawat Yogya Jakarta di pegi-pegi aja. Harga tiketnya bervariasi dari 400 ribuan sampai 1 jutaan, tergantung maskapai apa yang kita pilih. Lumayan terjangkau daripada nyetir mobil belum bensin tolnya pasti lebih dari 1 jutaan juga. Dan kereta api jika milih eksekutif rada lumayan ketika libur lebaran ini. Pesawat lebih hemat waktu dan gak terlalu capek di jalan. 


Tuesday, May 21, 2019

MENU BUKA PUASA DAN KUE LEBARAN KHAS

May 21, 2019 2 Comments
Mixer Cosmos CM-1579

Sudah pertengahan Ramadhan, bagaimana puasanya, kalau aku banyak batalnya, karena lagi hamil trimester pertama, dan masuk ke trimester kedua. Karena suka pusing dan dedek diem aja kalau diajak puasa, aku khawatir jadi buka saja, nanti bayar fidyah dan qodho kalau bisa. Menu buka puasa dan kue Lebaran tentu setiap keluarga ada menu khasnya. Kue favorit suamiku bolu kukus dan aku favoritnya sagu keju dan nastar. Nah tentunya pas buka puasa selain air putih hangat suka berbuka dengan makanan manis. Kurma yang sudah mateng coklat itu aku gak begitu suka, sukanya kurma mateng pohon yang fresh yang ditaruh di freezer seperti anggur, kurmanya merah atau hijau bukan coklat.

Bahan bahan bolu kukus, dan pengocokan telur juga tepung pondan dan pencairan 3 sendok margarin. 

Ooh iya dari dulu aku belum punya mixer, adanya kocokan manual dan blender, nah akhirnya punya deh mixer cosmos CM-1579, warna hijau favoritku. Soalnya selama ini kalau pakai kocokan manual dan blender, kuenya jadi bantat, mau dikukus ataupun dioven heuheu. Kemarin nyobain bikin bolu kukus zebra keju. Bahan-bahannya mudah dan praktis, yaitu :
1. pandan bolu kukus spesial 400 g
2. telur ayam                           5 butir
3. air                                        3 sendok makan
4. margarin cair                       3 sendok makan
5. cokelat bubuk                      1 sendok makan munjung

Proses pembuatan coklat dengan air hangat 3 sendok, dan pencampuran adonan dengan margarin. 

Cara membuatnya yaitu ; 
Panaskan kukusan dengan api besar sebelum mengocok telur, kemudian kocok telur dengan mixer cosmos kecepatan tinggi selama 1 menit (aku pakai di angka 3), lalu masukkan pondan bolu kukus spesial dan air, kocok lagi dengan kecepatan tinggi selama 6 menit sampai adonan putih mengental. Terakhir masukkan margarin cair, aduk sampai merata dengan soletan. Ambil 1/3 adonan, campurkan dengan coklat bubuk (yang sudah dilarutkan dengan 3 sendok makan air panas). Tuang 4 sendok makan adonan putih ke tengah loyang bulat ukuran 24 cm yang telah dioleh margarin, kemudian tuang 2 sendok makan adonan cokelat diatas adonan putih. Ulangi terus dengan cara yang sama sampai adonan putih dan adonan cokelat habis (adonan paling atas adonan putih). Kukus selama 25 menit sampai matang, dan dikukus dengan api besar.

Proses adonan dicampur coklat lalu ditutup adonan putih lagi dan dikukus 25 menit. 

Cosmic/Cosmos Mixer with Container, containernya gak mudah pecah dan bisa digunakan untuk menyimpan alat pengaduk dan pengocok agar tersimpan rapi dan tetap hygienis. Alat pengaduk dan pengocok anti karat yang aman untuk membuat adonan.

Kenapa aku milih Mixer Cosmos ini karena :
  1. Turbo knob, mudah dijangkau 1350 RPM sehingga proses menghaluskan lebih maksimal dan efisien.
  2. Thermostat Overheat Protection, pelindung motor mixer yang akan memutus aliran listrik untuk mencegah motor terbakar pada saat suhu motor mencapai ambang batas panas yang ditentukan, jadi motor lebih awet.
  3. Unbreakable Container, dilengkapi tempat penyimpanan untuk beater dan dough hook.
  4. Compleate with 2 beaters, 2 dough hooks, ada 2 pengaduk dan 2 pengocok.
  5.  5 variable speed level,mengatur kecepatan pengaduk sesuai dengan kebutuhan.
  6. Push Button tilting for removing the beaters from mixture easyly, mempermudah untuk melepas pengaduk dan pengocok, sehingga mudah dibersihkan.

Bolu kukus matang ditaburi parutan keju kraft. 

Mixer cosmos CM- 1579 ini input powernya 200 W, tegangan/frequencynya 220V, dengan 5 tombol kecepatan, 2 pengaduk dan 2 pengocok. Cara menggunakannya yaitu :
  1.  Pastikan pengatur kecepatan pada posisi 0.
  2.  Pasang steker ke stop kontak , nyalakan alat.
  3. Pasang aksesoris yang dibutuhkan ke bodi pencampur.
  4. Atur kecepatan tombol : 1. pengaduk adonan untuk mentega dan kentang, 2. pengocok untuk susu dan saus, 3. pengaduk adonan kue kering, 4. pengocok adonan makanan penutup dan krim, 5. pengocok putih telur dan krim kocok.
  5. Gerakan alat perlahan ke atas dan ke bawah ketika mengocok adonan. Gunakan mangkuk ukuran sedang dengan tepi yang tinggi. Aku pakai dalaman rice cooker cosmos harmond yang anti gores.
Ooh iya pas buka puasa kemarin, suamiku suka bolu kukusnya, gak eneg dan enak katanya, juga tumben gak bantat katanya, iyalah ngadonnya kali ini bukan pakai blender atau kocokan tangan, tapi mixer terbaik yaitu cosmos CM 1579 hihi. Nanti sabtu nyobain bikin nastar ah, bukan apa-apa biar ada suami bantuin nyuci-nyuci peralatannya, karena bumil duduk kelamaan sakit pinggang, berdiri kelamaan sakit kakinya heu. Juga biar pak suami bantuin nata kue di loyang dan masukin ke oven, ovenku udah mau 3 tahun hadiah Lebaran dari bumer, suka kupakai bakar ikan dan ayam juga selain bikin kue.


Nah tetep ya kita mah belum makan nasi belum kenyang katanya. Sejak nikah 2018 lalu, dari rumah kontrakan sampai rumah sendiri di Semarang Demak dan kontrakan di Jakarta sampai rumah sendiri di Bogor, kehitung sudah mau masuk usia 11 tahun nikah. Rice cooker Cosmos udah punya 3 dong, 5 tahun pertama nikah yaitu Cosmos Harmond biru, itu wadahnya awet banget gak gores sampai sekarang, sayang wadah luarnya penyok ketika pindahan dari Semarang ke Jakarta, dan pas pindah dari Jakarta Bogor ditinggal di rumah kontrakan, yang kedua rice cooker Cosmos yang sebelah kiri motif batik putih kuning itu, kepakai 5 tahun, sayang yang ini wadah dalamnya mengelupas, cuma masih bisa dipakai. Nah sekarang aku punya seri angry bird, imut kan ya, buat anakku nanti kalau MPASI ah. Kapasitasnya cuma 0,8 liter, beda dengan 2 cosmosku dulu dengan kapasitas 2 liter, terbukti ya awet sampai 5 tahun dengan pemakaian setiap hari.


Rice cooker cosmos harmond series ini anti gores, tuh yang pertama punya beneran  mau 11 tahun awet, kupakai wadah adonan kue sekarang dan tetep awet gak tergores adonan mixer. Jadi panci anti gores, tidak mengelupas dan lebih sehat, dengan teknologi nano. Kemarin bikin nasi kuning, berasnya 2 1/2 gelas ukur airnya 3 gelas plus santen setengah gelas ukur. Takaran yang pas adalah 1 gelas ukur beras airnya 1 1/2 gelas ukur, 2 gelas  ukur beras airnya 2 1/2 gelas ukur, dan 3 gelas ukur beras 3 1/2 gelas ukur airnya. Bumbu nasi kuning yaitu bawang merah 2 siung, bawang putih 2 siung, kunyit 1 buku ruas jari dan garam juga penyedap secukupnya, dihaluskan lalu campur ke dalam nasi dan santan tadi, tinggal tekan tombol masak sampai tombol matang dan warm. Praktis bukan, jadi pengen mencoba bikin nasi kebuli deh.

Produk Cosmos bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, juga online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee (Official Store Cosmos). Produk Cosmos selain mixer dan rice cooker ada oven dan blender juga loh. Kalau mau tahu lebih lengkap tentang produk cosmos, dan ada banyak resep juga tips bermanfaat, cuzz ke www.cosmos.id ya.



















Thursday, May 2, 2019

RUMAH AIR BOGOR DEKAT DEVOYAGE

May 02, 2019 0 Comments

Rumah air Bogor dekat Devoyage Bogor, beralamat di Jl. Raya Boulevard CBD,  No. STA 00-02 Bogor Nirwana Residence Bogor Selatan Indonesia. Telpon 0251-8200444.
Sabtu lalu aku, suamiku dan ortuku jalan-jalan. Tadinya mau ke CCM makan mujigae, tapi masih pagi mall belum buka, dan nonton avenger endgames gak jadi nontonnya di aplikasi handphone aja udah ada kok hihi.  Hamil muda kudu dijaga, tetapi kemarin kan naik mobil dan gak terlalu banyak jalan kaki. Hanya dari parkiran mobil ke restoran rumah air Bogor. Suasananya enak, saung-saung di atas air,  musik Sunda mengalun. Dan tempat ini juga ramah anak. Arealnya cukup luas dan parkir pun luas. Aku hanya duduk di saung, sementara suamiku keliling rumah air bersama bapakku. 


Di Rumah Air Bogor selain restoran makanan khas Sunda, ada juga kafe De resto menyajikan pizza, dan aneka cemilan juga minuman. Ada mainan anak-anak, ada sepeda mobil mirip mobil mister Bean,  ada sepeda air juga. Ada bola air dan area bermain anak. Anak-anak dan dewasa bakalan betah disini. 


Tempatnya juga instagramable, banyak lukisan mural tematik dan suasana asri banyak pohon dan kolam air. Ikan emas gede-gede, dikasih nasi pada muncul ke permukaan, sayang air kolamnya agak keruh jadi gak begitu terlihat ikannya jika gak muncul ke permukaan. 


Yang kita pesan,  ayam goreng, gurame goreng,  karedok,  kurupuk, nasi 4 porsi,  pepes ikan asin peda, pepes jamur, pepes tahu. Minumnya juice sirsak, mangga, semangka dan stroberi. Segini abis sekitar 400 ribuan rupiah, pajak dan service aja hampir 50 ribuan rupiah heuheu. Harganya kehitung lumayan mahal, rasanya lumayan aja cukup. 

Aneka Menu di Restoran Rumah Air Bogor.

Menunya aneka macam masakan khas Sunda, dan aneka jus, bahkan bajigur dan kelapa muda aja tersedia. Cemilan seperti tempe, singkong dan pisang goreng juga ada. Harganya beragam dan seperti harga di mall standarnya. Nasi timbel juga ada, penyajian makanan cukup lama, mungkin karena yang disediakan fresh semuanya. Ada tulisan jika kita terlalu lama di saung dan pengunjung lagi rame, kita bisa kena denda. 


Ini ya daftar harga permainan di rumah air Bogor. Ada kolam pemancingan anak dan mini roaler coaster juga. Lokasinya masuk perumah BNR/Bogor Nirwana Residence,  dekat the Jungle dan mini zoo. Kalau ke rumah air Bogor tiket masuk gak bayar, hanya makan aja yang bayar dan ketika kita akan mencoba salah satu wahana permainan disini, ada ATV juga. Parkir mobil kemarin hanya bayar Rp 5.000 saja. 


Ternyata aku baru tahu bahwa Rumah Air Bogor dekat dengan Devoyage Bogor, tiket masuk devoyage Rp 25.000 weekdays, Rp 35.000 weekends dan libur tanggal merah. Tadinya mau masuk cuma takut kecapekan jalannya, karena dilihat suamiku lumayan luas. Isinya ada minuatur menara Eeifel dll. Akhirnya kita cuma foto depannya aja diantara Devoyage dan Rumah Air Bogor heuheu. Nah kalau kalian weekend ini mau makan sekaligus wisata ke Rumah Air dekat Devoyage Bogor aja ya. Ada paket juga devoyage-rumah air atau devoyage-deresto,  setelah selfie di devoyage bisa makan siang di rumah air atau deresto dengan bayar hanya Rp 65.000.




Tuesday, April 23, 2019

NGIDAM PADA BUMIL

April 23, 2019 0 Comments

Ngidam saat hamil itu wajar ya, aku ngidam banyak makanan. Entah kenapa kalau makan mah mau, dan gak terlalu mual muntah, karena suamiku juga sangat mendukung kehamilanku ini. Tetapi jika bau toilet, bau karbol RS dan bau bensin atau parfum suami dan parfum mobil, apalagi bau masakan dan gorengan wah bisa mual lalu muntah deh. Kata orang kalau sensitif bau-bauan bisa jadi bayinya perempuan, mau perempuan atau lelaki yang penting anaknya sehat dan sempurna tak kurang apapun juga. 

Ngidam menurutku yaitu ketika ibu hamil ingin sesuatu dan harus, katanya sih gak diturutin ntar anaknya ngeces mulu hihi, amit-amit deh.  
Ngidamku yang belum keturutan adalah mangga bangkok dan mangga kualalumpur, teh apel turki, kimchi asli korea, kurma beku depan mesjid quba. Jauh banget sih belinya, suamiku bingung belinya juga haha. 


Kalau cuma cilok, baso aci,  bapau, degan /kelapa muda dan pisang keju coklat mah suamiku bisa belikan hihi. Nah aku mah kalau pengen mesti dimakan. Aneh lagi pengen biskuit khong guan, padahal lagi gak hamil gak suka biskuit ini sukanya monde hehe. Donut j-co yang jpops juga doyan. Ada lagi combro ama rengginang, udah ada mah dimakan beberapa gak abis hihi, dan kolak singkong dimakan itu mah abis. Dan ada kue jahe alias bangket, suamiku udah muter nyari di semua toko kue kering di Cibinong gak ada, untung mamahku beliin dari Garut. 


Untung ya suamiku mah sabar, mau apa aja dibelikan buat dedek utun yang banyak maunya. Pengen karedok dan nasi timbel khas sunda ya dimakan dihabiskan, cuma ternyata selama hamil ini aku jadi gak suka ama ikan, bau amis rasanya, ikan asin mah masih suka wkwk. Anehnya lagi aku jadi suka sedikit pedas, padahal gak doyan pedas sama sekali tadinya. Nasi padang dengan lauk rendang dikasih emping wah doyan banget. Dorokdok alias kerupuk kulit katanya jangan dulu hihi. 


Ini pengen nasi lemak, roti canai dan teh tarik untung ada di CFD Pakansari. Nasi uduk ama goreng ayam plus lalapan pun mau asal hangat,  anehnya lagi jadi suka nasi rames yang dari warteg haha. 


Itu nasi bakar teri beli via go food dan tumpeng mini dari tetangga syukuran, nasi bakar abis kumakan. Tetapi nasi tumpeng kok jadi lebih suka nasi tumpeng pagi hari , ama dadar telur yang dibeli suami dari penjual, ama bakwan sayur alias bala-bala hehe. Aku gak bisa nyium bawang, mau bawang goreng, bawang mentah apalagi hii bikin mual muntah. Untungnya jika suamiku belikan tanpa bawang goreng. 


Nah ini dia nemu jus mangga asli waktu kontrol di rs, karena mangga sedang gak musim. Bahkan rujak beubeuk sempet beli dekat dukcapil, dan rujak buah cuma dimakan kedondong ama bengkoangnya dan jambu air hihi. Rujak cireng pas udah ada dengan minyak banyak jadi gak mau hehe. Jadi suka banget alpuket,  mau di es campur, bikin sendiri dikasih yoghurt atau di es kopyor, esnya mah gak mau dimakan alpuketnya aja. 


Ada lagi jadi pengen ramen, tuh dibelikan suamiku, abis sih walau abis itu muntah dikit, sepertinya sejak hamil itu eneg ama msg atau micin, jadi kudu sehat tanpa pengawet. Aku suka lagi sukro cikur ama endog lewo,  untung ada di ampera ama superindo hihi, cuma dimakan dikit, kebanyakan muntah. Aku tadinya kan gak suka kopi, nah kemarin pengen banget, untung masih ada kopi javara dibikin dengan sedikit susu kental manis enak banget rasanya hihi. 


Dan entah kenapa sama pizza dan bakso sekarang eneg, nyiumnya aja bikin mual pengen muntah. Masih mending mie yamin tanpa bawang goreng. Kalau kalian waktu hamil ngidam apa aja ya. Dan ada lagi entah kenapa pengen banget ke Mekah Madinah lagi, juga Korea dan Jepang atau Turki ingin pegang salju asli wkwk. Dan ada yang lucu kalau lagi pening selain dengerin solawat juga dibawa ngaji anteng ilang peningnya, juga lihat koleksi perhiasan emas dan berlian hihi. Wah dedek bayi jangan matre ya haha. Itu kurma ini mau dikit, es krim suka banget yang segar, yang ada susunya gak terlalu suka tapi jangan banyak-banyak ya, sesekali aja hihi. 

Pantes memang ya surga di telapak kaki ibu, karena ibu udah mengandung kita selama 9 bulan, menyusui dan melahirkan. Bapak juga mencari nafkah, belikan ini itu buat istrinya yang ngidam. Aku jadi makin sayang ama mamah bapakku dan suamiku.

Selama ngidam ini aku juga senang wangi-wangian buah dan bunga. Jadi abis mandi pakai bodyshop stroberi dan minyak telon my baby. Juga muka karena jerawatan pakai tea tree oil body shop. Kulitku jadi kering, makanya sabun mandinya jadi cussons kids yang anggur, gak pakai lux mawar lagi. Pokoknya memang ya demi anak mah apa yang enggak, asalkan kita mendidiknya dengan tauhid dan ahlak yang baik sejak dalam kandungan. Mengenai pakai gunting dan bawa bangle, aku gak lakukan selama hamil, takut musyrik, lebih percaya ngaji ma solat dan doa aja juga dokter secara medis. 
Kehamilanku sehat dan normal Alhamdulillah, cuma aku tetep gak boleh kemana-mana dulu dan ngapa-ngapain dulu, karena kehamilanku alami di usia 37 tahun dan di usia pernikahan 10 tahun. Lebih menjaga aja, daripada nanti nyesal kalau ada apa-apa.