Wednesday, January 16, 2019

Sampah Bisa Jadi Berkah dan Musibah

January 16, 2019 2 Comments

Akhir-akhir ini banyak terjadi banjir, longsor, tsunami, angin puting beliung dan bahkan di tanah suci pun banyak serangga. Fenomena apakah ini? Tidakkah manusia sadar kerusakan di muka bumi ini akibat ulah manusia yang serakah, yang berbuat melampaui batas tak sesuai aturan dan norma, dan selalu eksplotasi alam. 
Jika gunung bisa bicara, hai manusia kenapa aku meletus, tentu sebagai pengingat akan kekuasaan Allah. Karena sering manusia serakah mengeruk pasir di gunung hingga gundul dan gersang. Banyak pohon ditebang, yang mereka pun mahluk hidup jika bicara tidakkah manusia membiarkan pohon agar tetap hijau asri. Malah dibabat abis sampai pohon itu sudah sedikit sekali dijumpai. Hukum alam, sekarang pesawat banyak yang jatuh, ikan makan bangkai dan ikan makan plastik, hingga mati mengenaskan. 
Kata ikan, hai manusia aku kan bukan seperti kamu mahluk yang punya akal pikiran, mana yang harus kumakan atau tidak, bagiku yang masuk ke laut ya makanan. 
Manusia itu memang aneh padahal paling tinggi derajatnya di muka bumi ini, dengan akal pikirannya, tapi kadang kelakuan sudah seperti hilang akal pikirannya. 
Alam dan mahluk hidup lainnya harus dijaga agar tak jadi musibah dan bencana. 
Mungkin slogan buanglah sampah pada tempatnya hanya sedikit yang mempraktekan. Tahukah sampah pempers, pembalut dan plastik itu susah diurai. Bahkan ada kemarin itu pembalut bikin teler, hiiy manusia apakah sudah hilang akalnya. 
Apakah susah bawa wadah saat belanja? Apakah susah belanja gak harus dengan keresek atau plastik? Kan bisa pilih dus atau tas kain. 
Apakah susah memisahkan sampah organik atau anorganik, sampah basah dan sampah kering. Belum sampah barang rusak seperti baju lusuh dan perabot yang sudah tidak terpakai. 
Sudah banjir aja kenapa begini dan begitu, gak ngaca diri kamu manusia kita kan benda mati, baik gunung, pantai dan sungai, juga lingkungan harusnya kamu yang menjaga kami.


Manusia aku sampah, gak bisa dari pelepah daun pisang dan dedaunan kering ini menjadi pupuk kompos cair seperti ini tinggal dipakai oleh kalian, harus kalian yang mengolah kami jadi begini. Toh nanti bermanfaat untuk kalian juga. Dengan pupuk cair ini kalian bisa makan tanaman hasil bumi ini. 
Manusia kami memang jelek bau jika terurai oleh mikroba. Tapi eceng gondok aja jika tumbuh di danau atau sungai jika manusia kreatif dan bisa kreasikan jadi tas bagus menjadi punya nilai jual, dan kami sebagai benalu dianggap sampai dari tak ternilai jadi bernilai dan itu membantu ekonomi kalian juga. 


Plastik pun coba berapa bungkus minuman serbuk sachet, plastik makanan ringan kalian buang begitu saja, bahkan botol minuman kemasan numpuk di TPA/Tempat Pembuangan Akhir, banyak pemulung tertolong makan dari sampah yang kalian buang, alangkah lebih baik kalian kumpulkan begini dalam satu wadah agar pemulung tinggal loakin aja. 
Manusia dulu bumi bersih, kalian yang bikin kotor, dan menyalahkan kami sampah sebagai penyebab bencana dan musibah yang terjadi, padahal kalian sendirilah yang menciptakan kami sampah itu sendiri. 

Tulisan ini menjawab challenge pekan kedua dari jelang  Ultah 4 tahun Blogger Gandjel Rel bertema Zero waste tapi fiksi, entahlah aku baru bisa nulis sesuai real daripada fiksi. Jika ini kurang fiksi karena dikaitkan dunia nyata maafkan heuheu. 


Monday, January 14, 2019

Minim Resiko, Berikut 3 Cara Dapatkan Uang Cepat

January 14, 2019 4 Comments

Roda kehidupan memang selalu berputar, membuat kita terkadang berada di bawah, terkadang berada di atas. Saat berada di bawah, beragam kesulitan hidup seakan kompak berkerjasama datang sekaligus, membuat kita panik bahkan putus asa. Apakah persoalan kehidupan yang paling menyiksa? Adalah ketika tidak punya uang disaat bejibun tagihan jatuh tempo.

Ketika uang tabungan, cadangan dana darurat, bahkan kartu kredit tidak lagi mampu untuk dijadikan andalan, di sanalah solusi uang cepat dibutuhkan.  Mau tidak mau Anda harus putar otak agar uang yang dibutuhkan segera berada dalam genggaman.

Minim Resiko, Berikut 3 Cara Dapatkan Uang Cepat

·        Jadi juragan sewa
Menjadi juragan sewa tidak terbatas hanyak untuk orang-orang kaya saja. Seorang mahasiswa sekalipun bisa menjadi juragan sewa.
Apa yang bisa disewakan?
Sewakanlah apa yang bisa Anda sewakan. Seperti baju, sepatu, buku, tempat parkir, gudang, kamar kosong, dan lain-lain. Agar tidak monoton, Anda bisa memasang tarif mulai dari perjam, harian, atau bulanan.

·        Garage sale
Punya barang-barang berharga yang tidak terpakai lagi? Mengapa tidak dijadikan uang? Buatlah garage sale versi Anda sendiri. Untuk barang-barang dengan merek terdaftar dan berfungsi baik masih bisa Anda jual dengan harga minimal 25%-30% dari harga baru. Apalagi jika barang yang Anda miliki adalah seri limited edition, Anda bisa mendapatkan harga tinggi bahkan hingga 70% dari harga barunya. So, daripada barang tak terpakai menumpuk di gudang, jadikanlah uang. Rumah Anda pun jadi terasa lebih lega.

·        Loak besi  dan elektronik rusak
Jangan pernah berpikiran bahwa memulung itu adalah perkerjaan yang rendah karena faktanya dari loak besi Anda berpotensi mendapatkan uang hingga satu juta rupiah perhari. Besi adalah salah satu barang loak yang harganya cukup tinggi di pasaran. Begitu juga barang elektronik yang rusak. Gadget mati total sekalipun tetap bisa menghasilkan uang. Jadi jangan pernah biarkan barang elektronik yang rusak hanya menumpuk di gudang. Kumpulkan dan bawalah ke tukang loak, di jamin dana segar akan berada di tangan Anda.

Nah, itu dia 3 cara mudah mendapatkan uang cepat tanpa resiko. Semoga bermanfaat, ya.



Friday, January 11, 2019

Dijual Rumah Permata Batursari L8B no. 5 Batursari Mranggen Demak Plamongan Indah

January 11, 2019 0 Comments

Dijual Rumah Permata Batursari Blok L 8B no. 5 RT. 15 RW 35 Kelurahan Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. 
Lokasi rumah ini perbatasan Semarang Timur dengan Kabupaten Demak. Untuk menuju rumahnya masuk dari gerbang Perumahan Plamongan Indah. Ancer-ancernya setelah Giant Penggaron dan pabrik Apparel. Dulu aku ngantor di pusat kota Semarang, dari rumah ke kantor gak sampai 1 jam kok. Perumahan ini bebas banjir. 

Lingkungannya bersih, jalan di paving block,  dan dekat ruko-ruko,  dekat alfamart,  indomaret, dekat RSIA Plamongan Indah dan klinik 24 jam dan dokter umum.  Dekat dengan sekolah dan tempat ibadah juga apotek dan pasar. 


Luas tanah 90 meter persegi,  luas bangunan sekitar 63 meter persegi. 2 Kamar tidur, dapur sudah ada meja kompor dan westafel untuk cuci piring,  2 kamar mandi,  ada ruang tamu dan teras juga ruang makan. Ada taman dan kolam ikan sederhana. Ada pompa air dan torn air otomatis ngisi jika sudah abis dan berhenti ketika sudah habis,  juga gorden dan otomatis lampu depan. 
Sudah berpagar besi ada gemboknya juga canopy,  dan pintu depan juga jendela sudah pakai teralis besi. Carport masuk 1 mobil dan 1 motor. Bangunan rumah didirikan april 2013, dan full bangunan april 2014, sudah dicat ulang. 
Listrik pakai token pulsa listrik, 1300 watt daya listriknya.

Klik untuk melihat video rumah full

Keamanan 24 jam ada satpam di depan blok pintu masuk,  bayar iuran pemeliharaan lingkungan 75 ribu rupiah per bulan untuk bayar satpam, sampah dan air artesis. Jika pemakaian lebih airnya nambah bayar airnya ada di admin dekat kantor pemasaran Kini Jaya Indah. 
Rumah ini sudah SHM/Sertifikat Hak Milik sejak Januari 2018 dan sudah mengurus royanya. SHM-nya atas nama suamiku dan ada Surat IMB-nya ya. 
Dijual di harga 365 juta rupiah nett ya karena ini sudah 2019, kalau kemarin 2018 masih bisa nego tipis. 
PBB sudah lunas sampai 2018, per tahun Pajak Bumi dan Bangunannya 97 ribu rupiah. Tiap dua tahun PBB-nya naik karena NJOP Bumi dan Bangunannya naik juga di wilayah ini. 
Yang beli cash atau tunai ke kita langsung 365juta, bisa sistem DP dulu ke kita dan lalu di- KPR -kan ke bank sesuai penghasilan dan acc bank pembeli silahkan maunya ke bank apa.

Pajak pembelian,  biaya KPR jika di KPR-kan dan BPHTB dari pembeli ya, kita hanya bayar pajak penjual. Dan biaya notaris juga balik nama dari pembeli. Kalau berminat silahkan hubungi suamiku Annas  di 08111807203.





Wisata Sentul dari Bukit, Gunung, Kuliner dan Taman Budaya

January 11, 2019 44 Comments

Bukit Sentul Nirwana

Sentul dekat dari Jakarta dan Bogor juga Cibinong. Di Sentul kawasannya masih asri,  dekat mesjid Andalusia punyanya ustadz Arifin Ilham, dan banyak tempat wisata disini dan dekat perumahan Sentul. Ini salah satunya Bukit Nirwana Sentul,  dengan aksara Sentul Nirwana dan di bukit dengan rumput hijau dan pohon pinus. Berfoto disini gratis, bisa jajan kuliner yang ada depan Bukit Sentul Nirwana ini. Masih lumayan adem,  waktu aku bersama keluargaku kesini banyak juga yang jogging dan sepedahan disini. 

Berfoto dekat pohon pinus bukit Sentul Nirwana

Pohon pinusnya pun tumbuh hijau segar di mata, ditata oleh pengurus taman di bukit Sentul Nirwana ini. Asri dan udaranya segar.

Nasi Briyani ayam dan tahu gejrot juga teh lychee dan pisang goreng Ah Poong

Nasi Briyani ayam pasar bersih Sentul

Di Sentul juga bisa kulineran di pasar bersih Sentul, selain di resto Arab dan menikmati roti canai dan nasi briyaninya, ada bakso,  minuman segar di gerai makanan di pasar bersih Sentul. Tetapi baik nasi briyani Ah Poong dan pasar bersih Sentul tetep enak yang di Mekah langsung plus di Khoja Resto Semarang menurutku hihi. Di Ah Poong kalau beli kulinernya kita deposit dulu nuker uang tunai dan bisa kartu debit dengan kartu kuliner Ah Poong minimal 50 ribu rupiah dan bisa refund jika sudah beli minimal 80 ribu rupiah. 

Kulineran di Ah Poong

Favoritku makanan di Ah Poong adalah teh lychee dengan nukar tiket masuk 10 ribu, udah tiga kali ke Ah Poong. Tempe mendoan dan pisang gorengnya, tahu gejrotnya, cakue dan es krim singapore juga wedang tahunya. Bakso, siomay batagornya juga favorit disini sama es kelapanya dan snack korenya heuheu. 

Restoran Lembur Kuring

Selain makanan ringan, ada juga makanan berat khas Sunda di restoran Lembur Kuring,  ada ikan bakar,  ayam goreng komplit dengan lalap dan sambelnya. 

Spot berfoto di Ah Poong ada robot besar dan patung Gajah Mada beserta kuda poni kesayangannya

Selain kulineran terdapat juga wisata air,  keliling naik kuda, spot foto dekat resto Mang Kabayan di wilayah belakang Ah Poong. 

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul isinya adalah permainan anak-anak bisa main perahu air, sepeda,  ATV di dalam, tiket masuknya 12 ribu 500 rupiah kesini. Dan di sebelahnya banyak yang jualan mie instan rebus dan terdapat juga Indomaret,  parkir tetep bayar disini.

Neo hotel dekat Taman Budaya Sentul

Ada Neo hotel dekat Taman Budaya Sentul, jadi seumpama ada yang dari Luar Kota bisa menginap disini. 
Di Sentul juga Jungle Land tempat rekreasi  anak dan dewasa juga bisa berenang disini. 

Wisata Alam Gunung Pancar

Wisata Alam Gunung Pancar ini masuk per orang 7 ribu rupiah,  parkir mobil bayar lagi 15 ribu rupiah di gerbang masuk dan pas keluar dari atas gunung bayar lagi parkir 12 ribu rupiah hehe. Di gunung Pancar juga ada kolam pemandian air panas. 

Pohon pinus di gunung Pancar

Gunung Pancar juga dikelilingi pohon pinus,  untuk berswafoto. Di gunung Pancar juga banyak makanan dijual dari soto, masi, mie bakso, dan gorengan, pisang gorengnya enak. Banyak juga yang jualan pisang golek mentah, nangka, pete dan sayuran, ini mengingatakan ke Bandungan Ungaran. 

Spot buat foto di gunung Pancar

Spot fotonya kece-kece tapi sayang semua spot foto kudu bayar hehehe. 

Spot foto di gunung Pancar

Nah besok sudah Sabtu dan lusa Minggu, buat kalian weekend atau quality time bersama keluarga bisa pilih nih, mau ke Bukit Sentul Nirwana,  kulineran di pasar bersih Sentul atau Ah Poong,  ke gunung Pancar,  atau taman budaya Sentul,  happy nice weekend. 



Monday, January 7, 2019

DUA PULUH TEMPAT DI SEMARANG YANG KUDU DIKUNJUNGI

January 07, 2019 30 Comments
1. Mesjid Agung Jawa Tengah

Semarang kota yang kutinggali selama 9 tahun penuh kenangan, terutama tempat wisatanya. Harga tiket masuk yang murmer dan kalau di Semarang dari Timur ke Barat, Utara ke Selatan bisa ditempuh dalam satu jam perjalanan saja karena 2009 sampai 2017 gak begitu macet. Tetapi macet itu daerah Bandungan terutama kalau libur panjang. 
Setelah mengumpulkan foto kenangan tempat wisata dan dalam rangka menyambut ultah Gandjel Rel,  komunitas blogger perempuan Semarang,  aku tulis nih dua puluh tempat wisata yang kudu dikunjungi kalau ke Semarang. Yang pertama yaitu Mesjid Agung Jawa Tengah, mesjid yang payungnya mirip payung di Mesjid Nabawi Madinah,  sudah lima kali kesini,  pas solat Idul Adha dua kali,  bareng keluarga Garut satu kali dan keluarga Ponorogo satu kali dan ikutan pengajian.  Selain untuk solat dan ikut kajian di MAJT ini bisa juga naik lift di menara pandangnya, bisa lihat pemandangan dari atas menara, akan terlihat kota Semarang bawah dari atas sini. 

2. Gua Kreo dan waduk jatibarang

Di Waduk Jatibarang ada Gua Kreo, banyak kera disini, dan kalau gak salah ada wisata selfie wefie kaya di atas awan disini.

3. Pantai Tirang

Pantai Tirang berada dekat bandara Ahmad Yani Semarang, masuknya lewat perumahan Graha Padma,  pantainya bisa dipakai renang di pinggir pantainya atau main pasir di pesisir pantai kaya aku waktu itu. 

4. Pantai Marina

Pantai Marina, disini suka ada kapal pesiar yang berlabuh,   ada kuliner di pinggir pantai dan suka ada yang mancing ikan, juga menabur abu jenazah ke pantai Marina ini, istilahnya dilarung, sudah tiga kali kesini, berdua suami dan bersama keluarga Garut dan Ponorogo. Kalau mau lihat sunset saat jelang Magrib dan cuaca cerah bagus banget di pantai Marina. 

5. Pantai Maroon

Pantai Maroon waktu itu masih bisa kesini namun jalannya agak berdebu, entah sekarang mungkin sudah bagus. 

6. Kawasan Kota Lama

Kawasan kota Lama ikonnya adalah gereja Blenduk ini yang sudah ada sejak jaman Belanda dulu, dekat kawasan kota lama ada taman Srigunting dan pasar barang antik. Juga suka ada kegiatan Semarang night carnaval atau ikut komunitas jalan kaki menelusuri jalur segitiga emas dan jalur trem jaman dulu di dekat kawasan kota lama asyik loh walau capek heuheu. Di kota Lama aku suka gelatto buah Spiegel, dan banyak bangunan tua bersejarah juga museum disini. 

7. Curug Lawe dan Benowo

Curug Lawe dan Benowo di kabupaten Semarang, di desa Kalisidi tepatnya. Untuk menempuh curug Lawe dan Benowo lebih baik pagi hari atau siang, jangan sore jelang malam, karena waktu tempuh sangat lama untuk naik ke curug Lawe dan Benowo ini dan butuh waktu untuk turun sebelum gelap. Jalur trekking dan hiking curug Lawe dan Benowo beda,  walau capek keindahan curug mengobati rasa lelah itu. 

8. Eling Bening

Eling Bening di kabupaten Semarang ada kuliner,  pemandangan dari atas Eling Bening melihat ke bawah kabupaten Semarang, terlihat gunung, bisa menyaksikan sunset,  dan sawah. Ada juga kolam renang di Eling Bening.  Ngemil tempe mendoan dan goreng pisang nikmat dengan teh hangat atau kopi disini sambil menikmati suasana. 

9. Umbul Sidomukti

Kolam renang tertinggi ini sejuk udaranya,  ada flying fox dan bisa berkuda disini. Ada restoran juga penginapan disini. 

10. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco disebut TMII-nya Jawa Tengah,  selain ada anjungan rumah adat Jateng juga terdapat trekking mangrove disini. Bisa juga naik perahu kayu melewati jembatan harapan di Puri Maerokoco ini. 

11. Museum 3D Old City

Museum 3D old city ini berada di kawasan kota lama, bisa berfoto ria tiga dimensi disini. 

12. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm ini adalah kebun bunga krisan warna warni,  terdapat beberapa spot selfie dan gardu pandang disini. 

13. Kampung Krisan Clapar

Turun dari Setiya Aji bisa mampir kampung krisan Clapar, jenis bunga krisannya lebih sedikit dari Setiya aji,  cuma ada ternak kelinci dan hamster juga gardu pandang disini. 

14. Air terjun menari saat PRPP dan di BKB

Setahun sekali PRPP Semarang suka ada festival dan pameran, selama di Semarang kesini udah tiga kali. Dan yang menarik ada pertunjukan dancing fountain atau air mancur menari dengan lagu enak didengar di jam tertentu,  bagus pokoknya, setiap tahun beda lagu dan beda gerak tarian air mancurnya. Nah yang baru dibuka air mancur menari di BKB alias Banjir Kanal Barat,  aku belum lihat langsung yang di BKB ini. 

15. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia juga berada di kawasan wisata Bandungan,  terdapat miniatur wisata dunia di sini, seperti miniatur rumah hobbit, miniatur patung Marlion dan miniatur menara Eiffel dan kincir angin ada disini. 

16. Santosa Stable

Santosa Stable, untuk menuju kesini mobil bisa gantian karena cukup sempit, gerbang depannya ada seperti sungai unik,  dan bisa berkuda disini,  kudanya banyak dan ada kuda poni juga,   terdapat restorannya juga disini. 

17. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, mau berkuda mengitari ke sembilan candi yang dari satu candi ke candi lainnya itu cukup jauh dan menanjak, atau jalan kaki jauh juga naik ke atas dan ketika turun ke bawah. Konon katanya jika sampai dari candi yang pertama ke candi yang kesembilan segala keinginan kita bisa terkabul mitosnya. Disini ada  yang jual sate kelinci dan jagung bakar. 


18. Lawang Sewu

Pernah masuk ke dalam Lawang Sewu bareng tour guidenya dan keluargaku, kalau jelang magrib kita sudah harus keluar, disini dipercaya kuat aura mistisnya. Padahal dulunya kantor kereta api, ada penjara bawah tanah yang agak merinding kalau dekat tangganya aja gelap singup.


19. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong patilasan Laksamana Cheng Hoo,  orang tionghoa muslim,  dan kelenteng ini suka dipakai ibadah orang Kong Hu Cu. Sam Poo Kong melambangkan toleransi beragama. 

20. Taman Indonesia Kaya

Nah Taman Indonesia Kaya aku keburu pindah jadi belum sempet foto disini, nanti ya kalau ke Semarang lagi mampir sini. Dulunya disini adalah taman KB, sekarang dijadikan taman budaya.

Kalau GRes mau baca alamat lengkap sembilan belas wisata tadi bisa baca artikelku di blog ini dengan judul sama dan label travelling ya. Nah ini dia keduapuluh tempat yang kudu dikunjungi di Semarang.


Sunday, January 6, 2019

LIMA SITU SEPUTAR CIBINONG KABUPATEN BOGOR

January 06, 2019 14 Comments
1. Situ Cikaret Kecamatan Cibinong

Situ atau danau, Situ Cikaret dulunya adalah perkebunan karet, tapi membentuk cerukan air yang lama kelamaan jadi besar, selain dulunya adalah tanggul untuk mencegah pelebaran rawa, Situ Cikaret juga dijadikan reservoir air, letaknya dekat PEMDA Cibinong. 
Banyak yang mencari ikan dengan jaring dengan menaiki rakit kayu dan memancing ikan dengan kail di Situ Cikaret ini, banyak juga di depannya yang jualan mie ayam bakso. Sambil makan mie ayam bisa melihat pemandangan Situ Cikaret. 

2. Situ sebelah perumahan Cibinong Lakeside

Situ ini terbentuk sebagai tempat penampungan aliran air di dekat perumahan Cibinong Lakeside,  danaunya membikin perumahan tampak asri,  dan ada tamannya sebelah Situ ini. Banyak yang sekedar olahraga pagi disini atau sekedar bercengkrama di taman pinggir danaunya, dan banyak penjual durian Lampung di seberang danau ini.  

3. Situ Gedong

Situ Gedong kecamatan Cibinong ini dijadikan saluran irigasi. Di Situ ini banyak orang memancing ikan, atau sekedar menikmati nasi padang,  nasi rames dan es kelapa gula aren yang dijual di pinggir danau.

4. Situ Cilodong

Situ Cilodong ini perbatasan Cibinong dan Depok, dulu ada tradisi Ngubek Situ dimana masyarakat sekitar rame-rame masuk ke Situ untuk mencari ikan dengan tangan. Sekarang selain dipakai untuk memancing ikan, Situ Cilodong ini dijadikan tempat wisata, ada permainan bola air, ada mainan odong-odong, perosotan dari balon, mewarnai karakter dan banyak kuliner seperti tape uli dan soto mie bogor dijual disini. 

5. Situ Ciriung

Situ Ciriung ini letaknya dekat dengan pasar Cibinong,  di depannya ada penjual buah-buahan dan dvd juga gorden. Dari kelima Situ di seputar Cibinong ini lumayan menarik, apalagi untuk menikmati pemandangan disini gratis, sembari menikmati kuliner di pinggir Situ, namun sayang sampah plastik dan bekas makanan juga daun kering dan tanaman liar tumbuh di setiap sudut Situ, coba ya pada jaga kebersihan, dan ditata ulang pasti makin menarik dan indah kelima Situ ini dan bisa makin nyaman untuk berwisata disini. 

Monday, December 31, 2018

Review Harga dan Spesifikasi Toyota Ft86

December 31, 2018 2 Comments

Apa jadinya kalau Toyota dan Subaru bekerjasama untuk membuat sebuah mobil sedan sport? Tentu saja hasilnya adalah Toyota 86 atau kita kenal sebagai Toyota FT 86.
Toyota FT 86 sendiri merupakan jenis mobil coupe sport atau orang Indonesia menyebutnya mobil sedan sport. Dengan desain yang kompak dan dinamis serta harga yang bisa dibilang sangat terjangkau menjadikan mobil ini primadona di kalangan pecinta otomotif muda. Bagaimana tidak? Toyota FT keluaran Auto2000 ini memang tergolong mobil sport paling murah di Indonesia pada tahun 2018 ini. Dengan harga beli yang kurang dari Rp. 1 Miliar saja, kalian sudah bisa membeli Toyota FT 86 Auto2000 ini.
Toyota FT 86 sendiri di seluruh dunia memiliki 3 nama yang berbeda-beda. Untuk kawasan Amerika Selatan, Australia, Afrika dan Asia khususnya Indonesia mobil sport ini diberi nama Toyota 86. Lalu untuk pasaran Eropa, mobil ini lebih terkenal dengan nama GT-86. Namun sedikit berbeda dengan pasaran di Amerika Serikat dan Canada, bahwasanya mobil ini dikenal tanpa embel-embel 86 pada namanya dan mobil ini dikenal dengan nama Scion FR-S.

Toyota FT 86 ini digerakkan dengan mesin datar alias flat boxer engine berkapasitas hampir 2000 cc atau lebih tepatnya 1998 cc. Mesin ini bertipe 4U-GSE yang sudah dilengkapi dengan teknologi Toyota D-4S atau Direct Injection 4 Stroke Gasoline Superior. Dengan mesin tersebut, Toyota FT 86 ini mampu menghasilkan tenaga sampai dengan 197 PS pada 7000 RPM. Namun yang mencengangkan adalah meski tenaga yang dihasilkan sedemikian besar, mobil ini tetap ramah terhadap konsumsi bahan bakarnya.
Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan posisi CG yang cukup rendah sekitar 406 mm dari permukaan tanah. Hal tersebut tentu membuat mobil ini semakin nyaman untuk dikendarai di berbagai medan dan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan bagi mereka yang gemar memacu adrenalin.
Seperti kebanyakan mobil sport yang beredar di pasaran, Toyota FT 86 ini juga dibekali dengan konfigurasi kursi 2+2 dengan 2 pintu. Kemudian pada interiornya, mobil ini dibekali dengan kombinasi warna hitam dan merah serta menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi pada joknya.
Seperti yang dikatakan oleh Chief Engineering Toyota FT 86 ini bahwa “Driver Should Be Always The Hero, Not Vehicle”, mobil ini termasuk mobil berukuran kecil yang mampu untuk memberikan pemicu adrenalin bagi pengemudinya. Hal yang tentu juga berbeda dengan kebanyakan mobil sport lainnya bahwa kalian bisa memilih untuk tidak memakai perangkat komputer untuk sekedar melakukan konfigurasi dan kalian bisa enjoy ketika berkendara. Hal ini dikarenakan bahwa Toyota FT 86 ini memiliki perangkat komputer tersendiri yang mamu mengontrol traksi dan ESP, dan kalian hanya perlu menekan satu tombol untuk mematikan fitur tersebut.
Kemudian kombinasi ban yang tipis dan suspensi yang telah diatur sedemikian rupa oleh pihak Toyota mampu memberikan cengkraman yang seimbang antara roda depan dan belakang. Dengan kemampuan tersebut, kalian bisa mengendalikan mobil secara manual sampai batas grip mencapai titik akhir tanpa perlu khawatir.
Bahkan jika kalian mau sedikit meluangkan waktu melihat video di Youtube, kalian akan menemukan satu video dimana Toyota FT 86 ini mampu melakukan drifting sampai dengan kecepatan 217km/hours dan hal tersebut tercatat sebagai rekor dunia. Nah, jadi buat kalian yang hobi melakukan aksi-aksi drifting di sirkuit, Toyota FT 86 ini sangatlah cocok untuk kalian pilih karena pada dasarnya mobil ini sangatlah mudah untuk mencapai posisi sliding saat berkendara, terlebih bagi kalian yang sudah mahir.
Berbicara soal harga beli dari mobil sedan sport idaman ini, kalian tidak perlu merogoh kocek sangat dalam. Pasalnya Toyota FT 86 ini dijual dengan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan mobil sport dari merek lainnya. Berikut ini adalah daftar harga Toyota FT 86 sampai dengan akhir tahun 2018 yang dilansir dari website resmi Auto2000.
     Toyota FT 86 Manual Black Interior                           = Rp. 719.000.000,00
     Toyota FT 86 Automatic Black Interior                       = Rp. 726.000.000,00
     Toyota FT 86 Automatic TRD Black Red Interior       = Rp. 761.000.000,00
     Toyota FT 86 Automatic TRD Black Interior              = Rp. 761.000.000,00

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk segera memiliki satu dari beberapa tipe Toyota FT 86 ini? Untuk melakukan booking atas pembelian atau sekedar melihat daftar harga dari mobil keluaran Toyota kalian bisa mengunjungi Auto2000.