Thursday, January 11, 2024

GAK DRAMA MATA KERING LAGI ADA INSTO DRY EYES


Aku sudah berkacamata sejak masih duduk di bangku SMA, waktu itu masih minus mata kanan 3/4, mata kiri 1/2, seiring usia bertambah malah nambah minus, silinder dan plus. Coba bedakan mataku dan mata anak bungsuku ini, anak usia 1 tahun 8 bulan matanya masih bening jernih. Beda dengan mataku suka agak merah, sepet dan gak sebening dulu heuheu.
Kebiasanku suka baca buku sambil tiduran, sering mantengin layar menulis artikel dan nonton drakor hadeuh hehe.


Di kacamata itu gak enak loh kalau kelamaan telinga suka sakit dan kepala pusing, enak seperti anak sulungku yang masih awas walau jarak jauh bisa lihat dengan jelas. Ujar anak 4 tahun 1 bulan itu kalau aku salah bacain buku dan dia sudah apal isinya, Mami pakai kacamata atuh heuheu.
Iya pakai kacamata itu enak jarak jauh jelas, cuma entah kenapa kalau aku pas bagian plusnya kaca bawah itu pas baca atau turun tangga malah pusing gak nyaman. Jalan-jalan, ke mall atau kelamaan di ruang AC mataku jadi merah dan kering gak enak banget deh, solusinya mata harus terhidrasi.


Sekarang dan kalau dulu jaman masih ngantor karena aku penanggungjawab harus input data ke komputer dan laporan data ini berjam-jam mantengin layar, walhasil kering sepet agak perih dan agak merah mataku. Aku selalu bawa #InstoDryEyes #SolusiMataKering nih cukup masing-masing mata kiri kanan satu atau dua tetes udah enakan mataku.


Gejala mata kering yaitu mata pegel, mata sepet, gak nyaman bahkan iritasi kemerahan.
Mata merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap iritasi karena hanya dilindungi oleh kelopak mata. Banyak hal di sekitar kita yang dapat membuat mata terkena iritasi, terutama polusi, debu, dan kotoran. Makanya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Mulai dari menjaga kebersihan mata, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan lainnya, juga melindungi mata dari benda-benda yang dapat menimbulkan iritasi.

Saat mata terkena iritasi akan terasa tidak nyaman, berair, kemerahan. Meskipun gejala iritasi mata bisa sama namun penyebabnya bisa berbeda-beda. Gejala yang seringkali muncul saat mata terkena iritasi adalah rasa perih, bisa kering atau berair, warna kemerahan pada konjungtiva (bagian putih pada mata), mengeluarkan kotoran mata (belek) lebih sering dari biasanya.
 

Kacamata yang atas sudah ada plus, minus dan silindris.
Kacamata yang bawah minus dan silindris. Sudah 4x ganti kacamata seumur hidupku ini.

Bahaya mata kering, Mata kering adalah kondisi ketika permukaan kornea dan konjungtiva mengalami kekeringan akibat air mata tidak dapat melumasi mata dengan baik. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan dry eye syndrome. 

Mata kering berbahaya jika tidak ditangani dengan baik, bisa merusak permukaan mata akibat adanya peradangan atau infeksi. Jadi menurunkan kualitas hidup lantaran penderita mata kering tidak dapat beraktivitas dengan optimal.

Penyebab mata kering yaitu :
  1. Penuaan
  2. Efek samping obat 
  3. Penggunaan komputer dan gadget
  4. Operasi Laser
  5. Pengaruh hormon
  6. Kekurangan Vitamin A
  7. Paparan angin
  8. Sindrom Sjorgen, kelainan aoutuimun yang menyebabkan sel darah  menyerang kelenjar ludah dan kelenjar air mata, sehingga mengurangi air mata.
  9. Kondisi autoimun lainnya seperti artitis, lupus dan diabetes
  10. Kondisi blepharitis, ketika kelenjar minyak kecil di kelopak mata bagian dalam tersumbat dan meradang.
  11. Alergi
  12. Dehidrasi ringan.
  13. Kelembaban rendah
  14. Merokok
  15. Penggunaan lensa kontak.
(Halodoc)


Insto dry eyes sebagai solusi obat untuk mata kering, tetes mata steril yang mengandung hydroxypropyl methylcellulose. 
Sekarang mau di rumah atau tasku ketika bepergian selalu sedia Insto dry eyes, gak drama mata merah lagi karena ada insto dry eyes.

2 comments:

  1. Mbaak kita sama sama pakai kacamata dan emang bener ga pakai kacamata udah paling enak deh :')

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup