Tuesday, October 30, 2018

KELUARGAKU SEGALANYA UNTUKKU

October 30, 2018 22 Comments

Keluargaku adalah segalanya untukku, yang pertama tentu suamiku, kalau perempuan sudah menikah kan milik suaminya, bisa masuk surga dari pintu mana saja asal nurut ma suami, tentunya nurut yang positif sesuai syariat ya. Kalau suamiku mah keinginanku apa saja pasti diturutin, mau perhiasan, rumah kendaraan aja dibeliin apalagi cuma tas, pakaian dan makanan minuman heuheu. Mau istrinya terkadang uring-uringan juga sabar diem we dengerin hihi. Sudah mau masuk 10 taun pernikahan udah soulmate banget deh, kalau ke luar kota pasti whatsapp dan telfon ngabarin sudah nyampe, dan nanya makan ma apa dan cerita di rumah dan di tempat suami kerja apa aja kejadiannya heuheu. 


Yang kedua orangtuaku, mamahku dan bapakku, walau kadang suka debat hal sepele tetapi curhat apa saja aman di mamahku mah hihi. Dan jasa mamah bapakku adalah menyekolahkanku dari TK, SD, SMP, SMU hingga kuliah S1 Farmasi dan profesi Apoteker hingga menikahkan. Biaya kuliah gak sedikit mamah dan bapak dari gaji PNSnya dan kadang kalau mamah menang arisan. Kuliah profesi selain dapat ijazah buat kerja juga aku mendapat ijabsah karena ketemu suamiku waktu kuliah profesi apoteker. 


Ketiga adalah  keponakanku ini Azka, Azkia ma Aruna, karena tahu mereka ketika masih dalam kandungan dan sampai lahir ke dunia ini, juga tiap ultah mereka hadir, mereka dekat denganku sampai manggilnya juga mami mereka ke aku hehe. Kalau keponakan dari suami sudah pada gede dan sibuk main sama teman-temanya, kalaupun kumpul jarang ngobrol banyak dan jarang ketemunya hihi. Ketiga anak ini juga selain lucu dan menghibur hati ketika main ke rumahku atau video call, kadang kalau pas ke Bandung dan Karawang mereka suka ikut ke acaraku. 

Waktu piknik bareng ke taman legenda keong emas TMII bareng adik perempuanku dan kedua anaknya dan ortuku.

Nih ya kadang suka pengen ngasih  mereka hadiah atau asuransi buat ortu yang hanya punya bpjs. Biar pas sakit uang pribadi gak terlalu keluar banyak. Untung ada TCASH nih,  tinggal aktifkan dengan 12 digit nomer serial di belakang stiker NFC,  hubungi *800*80*No.Serial*TCASHPIN#, lalu tempel stikernya di belakang hape. 
TCASH adalah uang elektronik yang  oleh Telkomsel yang terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia,  memiliki fungsi sama dengan uang tunai sebagai alat pembayaran yang sah. Di mana nilainya setara dengan nilai uang tunai yang disetorkan terlebih dahulu ke akun TCASH. Uang yang disetorkan bukanlah simpanan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perbankan.  Oleh karena itu,  TCASH tidak memberikan bunga serta tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.


Waktu syukuran rumahku, bareng suami, ortu, adik lelaki dan istri juga anaknya.

Sekarang pengguna TCASH, sekarang pengguna TCASH gak harus pengguna operator kartuHalo, simPATI, KartuAs dan LOOP saja tapi bisa dipakai operator lainnya juga loh. TCASH TAP adalah metode pembayaran/payment TCASH berteknologi chip NFC berupa stiker atau bentuk lainnya yang dipasangkan dengan akun TCASH dan digunakan di merchant fisik melalui terminal pembayaran TCASH TAP / EDC.  Stiker TCASH TAP adalah perangkat identifikasi menggunakan frekunsi radio yang menyimpan data elektronik. Transaksi pembayaran menggunakan TCASH TAP adalah prosrs pengurangan saldo akun TCASH untuk membayar transaksi belanja atau lainnya yang dilakukan di penyedia barang atau jada dengan menempelkan stiker NFC TCASH TAP pada EDC.
TAP TAP TAP pada TCASH bisa untuk membelikan makanan, belanja, tiket kereta api, bis,  dan bisa bayar listrik atau beli token. 
Jadi #BuatKamu keluargaku mau apa saja bisa #pakeTCASH :), termasuk membelikan makanan kesukaan keponakanku nih. 


Kalau aku pribadi suka pakai TCASH untuk beli pulsa internet dan beli makanan. Dan juga sangat membantu ketika misal rekening saldonya kosong atau belum gajian dan invoice belum pada cair, punya saldo TCASH nih lumayan banget kan. 








Sunday, October 28, 2018

PESONA MUSEUM NUSANTARA

October 28, 2018 15 Comments
Dokpri. 
Dramatari Sumpah Putra Nusantara

Memperingati Hari Museum Nasional Indonesia yang jatuh pada setiap  tanggal 12 Oktober, di Taman Mini Indonesia Indah digelar acara Gebyar Pesona Museum Nusantara. Acara ini diadakan di Museum Pusaka TMII 2 hari,  yaitu kemarin tanggal 27 Oktober dan besok 28 Oktober 2018. Pada tanggal 28 Oktober juga diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. 
Kemarin aku dan suamiku memperoleh undangan langsung untuk mengikuti talkshow bersama bapak Arbain Rambey ahli fotografi dan menyaksikan dramatari sumpah putra nusantara. Dimana mengisahkan cerita kerajaan Majapahit patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya ingin menyatukan Nusantara Indonesia.

Dokpri. 
Simbol Garuda

Diingatkan oleh dramatari ini bahwa kita bangsa Indonesia itu satu, dengan perlambang burung Garuda, kokoh kuat jika bersatu beserta kita gotong rotong membangun bangsa, jauhkan keangkaramurkaan, kemunafikan, keakuan dan juga sifat serakah. Agar senantiasa bangsa kita aman, nyaman damai makmur sentosa. 

Dokpri. 
Lambang Keanekaragaman

Dimana bangsa kita terdiri dari berbagai suku, adat, budaya, bahasa dan agama, tetapi keanekaragaman itu hendaklah mempersatukan kita bukan merenggangkan kita. Dalam akhir dramatari ini kami pun di depan museum pusaka bersama-sama mengikrarkan dan melafalkan lagi Sumpah Pemuda, agar kita ingat Sumpah Pemuda adalah yang mempersatukan bangsa Indonesia. Hendaknya Sumpah Pemuda kita wujudkan dalam kesehariaan kita. 

Dokpri. 
Bapak Arbain Rambey dikasih kenangan boneka Anjani Putra maskot TMII. 

Dalam acara kemarin juga talkshow dari bapak Arbain Rambey, ilmu tentang fotografi,  yang katanya kalau ingin menang lomba foto kita harus unik beda dengan yang lain dan pelajari keinginan juri. Selain itu dalam fotografi kita harus memperhatikan 4 elemen penting yaitu indah, bagus, menarik dan bicara. Jika foto sudah indah terus bagus dan menarik juga foto itu bisa bicara alias gak usah nulis caption orang sudah bisa terhanyut ke dalamnya dan seolah ikut merasakan apa yang ada di foto itu. Pemilihan angle dan background yang tepat juga bikin foto tambah unik dan ciamik.  Dan acara ditutup dengan pengumuman lomba fotografi museum yang diselenggarakan pada pagi hingga siang harinya. 

Dokpri. 
Museum Pusaka TMII

Aku dan suamiku sudah 3x ke TMII, pertama mengelilingi dan masuk ke dalam anjungan rumah adatnya juga keliling danau yang menyerupai peta Indonesia dan ada acara BKKN di museum penerangan. Kedua waktu keponakan ultah ke Taman Legenda Keong Mas juga petualangan dinosaurus, Istana anak dan museum transportasi TMII. Ketiga Kemarin keliling ke museum TMII dan dunia air tawar dan serangganya. Karena TMII itu luas,  waktu sehari dari pagi sampai sore juga pasti gak bakalan puas bermain dan nambah wawasan disini. 
Di dalam museum pusaka berisi keris-keris pusaka dari seluruh daerah Nusantara yang berada di Indonesia, makanya gedungnya juga ada ikon kerisnya diatasnya. Keris juga termasuk warisan budaya dari leluhur kita. Letak museum pusaka dekat dengan dunia air tawar dan dunia serangga. 

Dokpri. 
Museum Telekomunikasi

Banyak museum di TMII ini, terdapat juga musium telekomunikasi berisi alat peraga futuristik seperti pesawat videophone,  phone cellurar,  dan sistem satelit iridium,  diorama pemancar pejuangan,  panel misi visi Mustel TMII.  Ada juga teater film dokumenter teknologi telekomunikasi dan film animasi si Ponix. 

Dokpri. 
Museum Olahraga

Museum olahraga bangunannya mirip bola menghadap ke arah teater Keong Emas. Berisi  berbagai alat olahraga dan penghargaan berupa medali dan piala para atlit Indonesia. Ada diorama permainan olahraga tradisional Indonesia,  seperti loncat batu dari Nias. Ada juga sejarah singkat olahraga anggar, atletik, bulu tangkia, panahan, pencak silat,  sepak bola, tenis lapangan dan bola voli. 

Dokpri. 
Museum Indonesia

Museum Indonesia ini bergaya aksitektur Bali dengan hiasan ukiran dan patung Bali yang etnik unik juga indah. Museum ini berisi koleksi seni,  hasil kerajinan, pakaian tradisional dan kontemporer dari berbagai daerah Nusantara. 

Dokpri. 
Museum Penerangan

Pernah masuk ke museum penerangan untuk menghadiri peringatan hari Keluarga Nasional yang diselenggarakan oleh BKKBN. Di museum penerangan memang sering diadakan acara dengan tema tertentu.  Karena museum penerangan merupakan media yang mengumpulkan, mempelajari, menggelar dan merawat objek.

Dokrpi. 
Museum Migas dan Geo Fisika

Museum Migas dan Geo Fisika ini dibangun untuk memperingati 100 tahun industri minyak dan gas bumi,  dan adanya gambaran tentang stuktur geologi bawah permukaan bumi.

Dokpri. 
Museum listrik dan energi baru

Dokpri. 
Museum listrik dan energi baru

Museum listrik dan energi baru, berisi tentang sains dengan koleksi peragaan tentang energi dan suka ada pengetahuan dan teknologi robotik. 

Dokrpi. 
Museum Hakka

Museum Hakka ini berisi benda antik seperti uang jaman baheula dan keramik juga alat rumah tangga unik jaman dulu kala, juga daftar orang thionghua yang berjasa untuk bangsa Indonesia. 


Dokpri. 
Museum Perangko

Museum perangko bangunananya dipenuhi ukiran Bali dan Jawa, suka dipakai acara pertunangan dan pernikahan juga disini karena bangunannya unik. Di dalamnya berisi koleksi perangko, yang pecinta Filateli masuk kesini pasti bungah banget deh. 

Dokpri. 
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil

Dari depan museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil ini saja sudah berbentuk komodo. Tiket masuknya 15 ribu rupiah per orang. Isinya ada reptil yang diawetkan dipajang,  ada 500 spesimen fauna Indonesia yang diawetkan,  56 jenis reptil dan 200 ekor reptil di taman reptilia. Banyaknya kura-kura dan ular di taman reptilnya. 

Dokrpi.
Museum Keprajuritan

Masuk ke Museum Keprajuritan hanya 5 ribu rupiah saja, terdapat kapal laut yang boleh kita masuk ke dalamnya. Museum keprajuritan bangunannya berbentuk segi lima dikelilingi air laksana benteng pertahanan. Sejarah tentang prajurit Indonesia juga ada disini. 

Dokpri. 
Museum Transportasi

Museum Transportasi berisi tentang berbagai transportasi umum di Indonesia, seperti kereta api dan pesawat terbang. Tiket masuknya hanya 4 ribu rupiah saja, dan kalau kita mau naik ke dalam pesawatnya dan keliling dengan kereta apinya bayar lagi 5 ribu rupiah. Keponakanku senang loh masuk ke dalam pesawat dan kereta api asli  tapi sudah tak beroperasi ini. 

Nah kalau kalian suka museum yang mana nih, aku dan suamiku jadi suka museum, baru ke museum penerangan, museum pusaka dan museum transportasi masuk ke dalamnya di TMII dan museum Fatahillah di kota tua Jakarta. Dengan mengunjugi museum kita jadi tahu sejarah bangsa kita.
Rasanya pengen balik lagi  ke TMII untuk masuk ke museum lainnya dan ke taman fauna juga reptil dan taman burung, balik lagi ke taman legenda keong emas naik mata legenda,  kemarin sudah magrib bahkan kami solat di mesjid Diponegoro waktu magrib, karena tutupnya di TMII ini jam 5 sore. 
Nanti akan kuulas juga tentang dunia air tawar, dunia serangga, taman legenda keong mas dan istana anak di artikel lainnya ya. 










Wednesday, October 24, 2018

FLAMOUSH DENIM REBOOT BY HANNI HANANTO

October 24, 2018 38 Comments
Dokpri. 

Senin lalu berkesempatan menghadiri fashion show di Senayan City,  22 Oktober 2018 pukul 15.00-15.30 WIB.  Fashion shownya pakaian muslimah dan hijab dari Flamoush x Hannie Hananto,  baju rancangan Anggia Mawardi juga Medina syar'i dari Lina Sukijo. Sudah ketiga kalinya menghadiri acara Jakarta Fashion Week, 2x kali di Jakarta Convetion Center dan kemarin di Senayan City.   Setiap fashion show punya ciri khas dan keunikan tersendiri dari setiap perancang busananya. 

Dokpri. 

Bersama teman-temanku lihat fashion show apalagi baju muslimah kaya gini bikin kami penasaran, kira-kira trend apa di tahun 2019 nanti,  selain dress syar'i, celana dan tunik juga jilbab segiempat dari bahan dan model apakah yang nanti bakalan hits. Karena trend fashion setiap tahunnya hits dengan model bahan dan warna tertentu. Apalagi perempuan kan ya bajunya masih banyak dengan berbagai model pun, suka beli lagi beli lagi ya pan. Kalau lelaki biasanya bajunya sedikit dan itu lagi itu lagi gak masalah, tetapi aku pribadi beli baju terkadang karena yang lama sudah beladus atau kesempitan, jika yang masih bagus layak pakai mending disumbangkan lebih bermanfaat untuk orang lain. 

Dokpri. 

Flamoush ini bertema Denim Street Style and for casual look. Walaupun berbahan denim tetap feminim kan. Bahan denim ini dari serat bahan alami katun dan campuran katun viscose. Ada hiasan patchwork, hand print dan sablon mempermanis baju Flamoush Denim Re:Boot ini.

Dokpri. 

Mbak Hanni Hananto dulunya arsitek tapi karena passion di fashion, beliau akhirnya mulai dikenal di bidang fashion. Edisi S/S /2019 ini mengusung Denim Re:Boot dipercayakan kepada designer Hanni Hananto, yang terinspirasi dari strett wear di Tokyo Jepang. Bahan Denimnya dipilih mbak Hannie yang lembut, nyaman dan lentur, cocok untuk dipakai di daerah tropis seperti kota-kota di Indonesia. Bahannya juga menyerap keringat dan nutupin seluruh tubuh juga berlapis. 

Dokpri. 

Ini dia baju-baju rancangannya mbak Hannie Hananto, walaupun berbahan denim tetap adem kok. Warnanya dominan biru, kuning dan merah. Koleksi Flamoush Denim Re:Boot menggabungkan maskulinitas material denim sengan karakter busana berhijab yang feminim. 

Dokpri. 

Dengan alunan musik dan warna warni biru, merah, kuning benar-benar casual ya, tapi tetap menutup aurat itu yang paling penting. Kalau dikata pakai baju denim melawan arus, dibuktikan dengan  Flamoush Denim Re:Boot ini yang tetap mengikuti kaidah berhijab dengan bahan berlapis dan menutupi aurat. 

Dokpri. 

Sekarang para muslimah bisa tetap memakai baju berbahan denim salah satunya Flamoush Denim Re:Boot ini,  terutama yang suka gaya casual. Jangan khawatir cara mencucinya pun agar bahan dan keindahan bajunya gak rusak dengan proses enzyme, bio wash dan cringle resin. 
Kalau aku pribadi mungkin tetap dengan mesin cuci biasa asal gunakan deterjen yang tepat dan atur kecepatan mesin cucinya.

Dokpri. 

Mau punya salah satu koleksinya, bisa dibeli di outletsnya yaitu :
  • Yogya DS : Kepatihan, Tasik, Cimanggu bogor,  Bogor Junction. 
  • Matahari DS : Atrium, Pejaten, Mall of Serang,  Met. Mall Bekasi, Ekalokasari, Cirebon Superblock, Grage Cirebon, Pekalongan, Panakukang dan TP1 Surabaya. 
  • Centro : Plaza Semanggi, Karawang, Ambarukmo Plaza, Margo City Depok. 
  • Sogo : Kota Kasablanka. 
  • Citrus : Botani Square Bogor. 
  • Cek Instagramnya :@flamoushhijab. 

Dokpri. 
Baju rancangan Anggia Mawardi. 

Dokpri. 
Baju rancangan Lina Sukijo. 

Dari ketiga perancang ini suka semuanya, apalagi aku karena dapat dua bahkan tiga undangan dari komunitas 1 dan 2 dijapri langsung oleh penyelenggara, lihat fashion shownya berdua suamiku juga. Kata suamiku juga bagus-bagus nih bajunya :).



Saturday, October 13, 2018

UMAMI, EAT WELL and LIFE WELL

October 13, 2018 12 Comments
Dokpri. 

Hari Sabtu kemarin bertempat di Kapulaga resto Dayang Sumbi Bandung, ada acara blogger gathering eat well live well. Makanan berfungsi memberikan zat-zat gizi yang dapat membantu memelihara kesehatan dan memperpanjang usia serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Dalam mengolah citarasa makanan agar menjadi lezat diperlukan juga bumbu yang menguatkan rasa makanan. 

Dokpri.

Dalam rasa ada 5 rasa yaitu pahit, asam, manis dan asin juga ada Umami/gurih. MSG/monosodium glutamat telah digunakan lebih dari satu abad untuk memberikan rasa gurih/umami yang lezat dalam makanan. Komponen ini banyak terdapat di daging, sayur-sayuran, unggas dan susu. 

Dokpri. 

Ajinomoto adalah penyedap rasa yang dibuat melalui proses fermentasi (proses yang bisa digunakan untuk membuat tempe, kecap, terasi) dengan bahan baku utama tetes tebu pilihan. Berstandar internasional di bawah lisensi Ajinomoto, Jepang sebagai perusahaan pertama yang memproduksi penyedap rasa sejak1909.
Orang Jepang dulu meneliti untuk perbaikan gizi mereka dan rasa enak, berasal dari dashi atau kaldu dari rumput laut. 

Dokpri. 

Selama ini secara turun temurun dari nenek, mamah terus aku suka pakai produk Ajinomoto. Seringnya pakai saori saus tiram di tumis kangkung dan tepung bumbu sajiku buat bakwan, cumi dan ayam. Bumbu sayur asem dan ayam goreng juga praktis suka kupakai masak. Ada yang bilang kok lagi program hamil suka makan MSG sih, ternyata gak berbahaya kok untuk ibu hamil dan janin karena bumbu masak pengaruhnya ke kelezatan makanan berbagai masakan bergizi sehingga asupan ibu hamil pun jadi lebih baik. 
Ajinomoto mengandung asam glutamat, sedikit natrium dan air. Asam glutamat adalah salah satu asam amino penyusun protein yang ada di tubuh kita sendiri dan makanan sehari-hari. Terdapat di susu, daging, jamur, telur, tomat, kubis dan ikan. 

Dokpri. 

Kemarin profesor ahli gizi dari IPB juga menerangkan bahwa ajinomoto sesuai takaran secukupnya, bisa dikonsumsi oleh anak-anak karena komponen utamanya adalah asam glutamat yang ada di makanan sehari-hari dan ASI, ASI mengandung asam glutamat 50%.


Dokpri. 

Menurut mbak Datu sebagai parenting dan lifestyle blogger, ketika anaknya MPASI belum dikasih gula dan garam, tapi menu MPASI-nya yang agak langu ada kentang dan buncis, biar anaknya mau makan ditambahin sejumput sedikit msg agar kerasa umaminya, dan anaknya lahap. Dan makanan sehat juga perlu diperhatikan bahan masakan segar atau tidak, plus kalau makanan jangan dihangatkan berhari-hari, juga dalam pengolahan harus hygienis. 
Ajinomoto telah diakui aman dikonsumsi dalam batas wajar sebagai bumbu masakan, oleh Badan Kesehatan Dunia dan Departemen Kesehatan RI. 

Dokpri. 

Chef bersama mbak Anna seorang blogger mempraktekan menu masakan yang menggunakan Ajinomoto. Pembuatan Ajinomoto dari tebu menjadi tetes tebu, zat tebu diambil oleh bakteri fermentasi, fermentasi cara kerja bakteri fermentasi yaitu zat gula lalu bakteri mengeluarkan asam glutamat. Hasil fermentasi asam glutamat menjadi kristal monosodium glutamat lalu dikeringkan menjadi Ajinomoto. 

Dokpri. 

Masakan satu adalah plating ayam dengan keju mozarela plus beef smoked dengan sayuran wortel, buncis dan kentang dan kembang kol ala chef. Masakan kedua ada steak ayam sambel matah dengan sedikit ajinomoto agar lebih sedap. Masakan ketiga adalah mie kocok bandung dengan toge baso dan bawang goreng juga Ajinomoto. Dan makanan terakhir hasil platingku heuheu. 
MSG dengan sejarah terpanjang, diproduksi sejak tahun 1909, bersertifikat halal dari MUI yang selalu diperbaharui setiap  dua tahun sekali. Mempunyai standar kualitas international dengan beberapa sertifikat mutu yang diakui dunia (HACCP, ISO 9000,dll), dan telah dipercaya untuk melezatkan setiap masakan di lebih 100 negara. 

Aku memang pernah masak tanpa MSG rasanya hambar, suka pakai masako karena alami dan lengkap,  praktis, ekonomis dan bisa digunakan untuk menu masakan beragam. Proses pembuatan masako dari daging ayam dan sapi, lalu daging direbus, dipisahkan tulang dan penggilingan daging, penyeleksian bumbu dan rempah,  pencampuran dan granulasi,  pengeringan, pengemasan, pengemasan dalam karton juga penyimpanan dan pengiriman. 

Fungsi MSG pada makanan adalah :
  1. Memperkuat rasa pada makanan. 
  2. Menambah total intensitas rasa pada makanan. Kualitas rasa yang dibawa oleh MSG adalah berbeda dengan 4 rasa macam dasar. 
  3. Mempertinggi karakteristik rasa tertentu pada makanan dalam hal kontinuitas, pengaruh yang kuat, kelembutan dan kekentalan. 
  4. Mempertinggi rasa yang khas pada makanan jenis daging (sapi atau ayam) .
  5. Mempunyai efek rasa yang sama pada air kaldu daging meskipun dikatakan MSG tidak memberikan efek aroma. 
  6. Menambah kelezatan pada makanan. 
Dokpri. 

Asam glutamat merupakan salah satu asam amino pembentuk protein dalam tubuh, sedangkan monosodium glutamat merupakan asam glutamat bebas yang berionisasi dengan natrium membentuk garam sodium L-Asam glutamat. MSG memiliki peranan di otak, sekresi enzin dan hormonal di sistem pencernaan, usus besar dan hati. Penggunaan MSG tersebar di Cina, Eropa, Amerika Serikat, Korea, Jepang, Indonesia dan Thailand. 
MSG termasuk ke dalam BTP/Bahan Tambahan Pangan, MSG merupakan BTP penguat rasa yang telah diizinkan penggunaannya. Kajian keamanan MSG telah banyak dilakukan oleh berbagai lembaga international. Berdasarkan kajian ilmiah tersebut, disebutkan bahwa MSG aman dengan nilai ADI tidak dinyatakan. 

Keseruan acara kemarin, foto dua atas dokpri,  foto dua bawah kredit dari buncha dan mbak popo. 

Jadi sebetulnya buat yang diabetes, darah tinggi dan ingin sehat, yang benar adalah diet sesuai porsi makanan sehat dan seimbang gizinya, mau bumbu apa pun asal mengolahnya benar akan jadi bermanfaat untuk tubuh kita. Makan secukupnya jangan berlebihan dan perhatikan asupan gizi, bumbu juga kebersihannya dalam pengolahan.




Monday, October 8, 2018

ASIAN PARA GAMES 2018

October 08, 2018 25 Comments
Dokpri. 
Obor Asian Para Games yang sudah dinyalakan. 

Pembukaan Asian Para Games 2018 ini di Main Stadium Gelora Bung Karno Jakarta, mengusung tema We Are One. Sebuah kisah tentang bangsa yang memiliki keberagaman dalam darahnya dan berlimpah perbedaan di atas tanahnya.  Semangat acara pembukaan yang merangkul perbedaan menjadi persembahan awal sebagai bentuk penghargaan. Perjalanan kemudian berlanjut ke dunia para leluhur untuk menyaksikan keberagaman terukir dalam sejarah, mekar layaknya bunga,  dan terus berdenyut di jantung kita.

Dokpri. 
Pembukaan ini mengusung tema kelautan Indonesia. Memberi jalan pada perspektif baru, hidup yang merangkul perbedaan dan memberi sinar bagi keberagaman. 

Bagiku dan suamiku menonton langsung acara pembukaan Asian Para Games ini sungguh pengalaman luar biasa. Makasih kepada mbak Raiyani yang telah memberi tahu acara ini di grup Indonesia Corners. Walau perjalanan dari Cibinong lewat tol macet luar biasa, tiba di FX Sudirman setengah enam sore. Dan cari parkir kukurilingan 30 menit lebih, dan akhirnya malah parkir di Plaza Senayan, lumayan jalan kaki dari Plaza Senayan ke gate 5 dan main stadium GBK. Dan karena kebagian di Zone 3 Door 44 dekat VVIP pak Presiden dan para menteri kita diarahkan lewat atas heuheu mayan naik turun tangga, dan akhirnya telat 30 menit hihi,  kita terlewat Ikon keberagaraman yang menampilkan mahakarya seni batik dipadu dengan atraksi drum dhol yang penuh energi dan juga cambuk bercahaya yang melingkari alam semesta, menjadi kulminasi keberagaman budaya dan kepercayaan yang ada. Lalu semangat keberanian dan kesucian hati ketika bendera dikibarkan oleh Paskibra, Shanna Shannon diiringi lagu Indonesia Raya bersama anak-anak Jakarta dan desa Bengkala dengan bahasa isyarat. Juga refleksi Pancasila oleh Reza Rahardian Matullessy dan Surya Sahetapy. 

Dokpri. 
Parade atlet didukung oleh kekuatan, dedikasi dan cinta yang mendalam, atlet Asia  Para Games akan bertanding sekuat tenaga. 

Parade para atlet dari 43 negara  disambut masuk ke stadion dan kemudian menempati tempat duduk. Setiap negara yang masuk stadion diiringi lagu hits dari negara masing-masing. Ketika Palestina masuk sorak haru menyeruak seiisi stadion dan ketika Indonesia masuk sontak semua berdiri dan ikut menyanyi Garuda di dadaku. 

Dokpri. 

Momem tarian bunga Wijaya Kusuma oleh penari di atas kursi roda memukau para hadirin di GBK,  karena bunga wijaya kusuma melambangkan kelangkaan sesuatu yang berharga dan juga kemenangan. Menciptakan gerakan harmonis sebagai perlambang kemenangan dari sebuah persatuan. 

Ada sesi panggilan matahari, dimana Surya Majapahit adalah penjaga energi alam yang tak berkesudahan, Gong yang dipukul Michael Rosohan Yacub  menggetarkan seluruh stadion, membawa cerita tentang atlet Olimpiade Spesial yang dirangkul oleh keluarga Para Atlet, suatu bukti bahwa di bawah matahari kita satu. 

Dokpri. 
Setelah perahu berlayar menunjukan semangat keajaiban, muncul tulisan Disability. 

Setiap manusia baik normal dan berkebutuhan khusus itu istimewa diciptakan Allah Yang Maha Kuasa, tidak ada manusia yang tak berguna, setiap insan manusia punya bakat sendiri jika digali potensi dalam diri pasti bisa berkarya dan menjadi sesuatu yang berharga. 

Dokpri. 
Tulisan Ability muncul setelah dipanah oleh Pak Jokowi bersama Bulan anak yang duduk di kursi roda. 

Momen ini bikin suasana mengharu biru, dan para hadirin yang berada di stadion GBK berdiri semuanya ketika pak Jokowi turun ke panggung untuk menghampiri Bulan. Ya pesan moralnya adalah merubah ketidakmampuan menjadi kemampuan, dari tidak bisa menjadi bisa. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini ketika kita mau berusaha dan berdoa. 

Dokpri. 
Obor Asian Para Games dibawa oleh ketua umum National Paralympic Committee Senny Marbun, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, mantan pemenang medali cabang atletik Soeharto,  Sekretaris umum National Paralympic Committee Pribadi SH dan perenang paralympic Jendi Panggabean. 

Kaldron dinyalakan oleh wayang sebagai simbolisasi bahwa sekarang tak ada manusia yang akan hidup di bawah bayangan manusia lain. Kita mampu berdedikasi dan berdikari di atas kaki kita sendiri. 

Dokpri. 

Malam minggu tanggal 6 Oktober 2018 kemarin sungguh berkesan, lihat senyum sumringah kita selepas nonton acara pembukaan kemarin. Bersyukur banget dapat tiket platinum seharga Rp 2.500.000 per orang, kita hanya membayar tiket festival masuk GBK Rp 10.000 saja per orangnya,  rezeki seolah Allah tahu kita lagi kurang bersemangat karena program hamilnya belum berhasil. Allah Maha Tahu memang dan selalu tahu yang terbaik untuk kita. Melihat para atlet disabilitas bikin kita tak mau mengeluh, tapi banyak bersyukur dan terus berkarya. Karena di dunia ini tak ada sesuatu yang sia-sia dan tak ada kebetulan, semua sudah tertulis di Lauhul Mahfuz-Nya, kita sebagai manusia tinggal menjalani takdir Allah dengan sebaik-baiknya. 

Dokpri.

Lagu kemenangan oleh Armand Maulana,  Once Mekel, Vidi Aldiano, Lesti,  Zara Leola, Ariani Nisma Putri, Regina Poetiray dan Maudy Ayunda mengajak semua bergandengan dan membuat sejarah baru melalui lagu yang merayakan keberagaman dan inklusifitas.
Yuk dukung Asian Para Games 2018, tiket nonton pertandingan bisa dibeli di GBK di loket tiket, dimana ada Go Food festival juga, cukup beli tiket festival 10 ribu rupiah per orang, dan tiket untuk nonton pertandingan 25 ribu rupiah saja per orang, juga tiket terusan 100 ribu rupiah per orangnya.