Tuesday, August 20, 2019

Quest Hotel Semarang

August 20, 2019 2 Comments

Semarang kota yang kutinggali bersama suamiku dari 2009 sampai awal 2018, dan dari 2013 tinggal di Kabupaten Demak. Kota Atlas dengan cuaca hot hot potato heuheu, Kalau dulu jarang nginep di hotel Semarang, terkecuali ada acara. Tetapi sekarang sejak pindah Jakarta dan tinggal di Kabupaten Bogor, pas ke Semarang karena rumah sudah kosong, kita ke Semarang suka nginap di hotel. Berbagai macam Hotel Semarang kita sempat inapi. 

Kita pernah menginap di Quest hotel Semarang, karena letaknya di pusat kota Semarang dan harganya lumayan terjangkau. Per malam hanya 378 ribu rupiah tanpa break fast/ sarapan. Jika dengan sarapan 410 ribuan rupiah jatuhnya, Quest hotel bintang 3. Dekat dengan landmark kota Semarang, Simpang Lima, dekat Segitiga Emas Jalan Gajah Mada Semarang.  Bisa jalan kaki ke Chinatown, kalau hari Jumat dan Sabtu malam ada Pasar Semawis. Ke Simpang Lima dan kawasan perbelanjaan juga hiburan sekitar 2km,  stasiun kereta api 3km, dan ke bandara Ahmad Yani 13km.


Fasilitas Quest Hotel Semarang ada Wifi,  shower di kamar mandi, tempat tidur desain khusus kualitas linen kelas atas,  AC, meja kerja, brankas dalam kamar, kulkas, alat pembuat teh dan kopi,  TV LCD,  toiletries di kamar mandi dan handuk. Ada makanan tradisional dan internasional,  layanan kamar 24 jam,  lobby lounge,  pijat dan spa, ada bantuan untuk pengaturan wisata seputar Semarang, dan layanan antar jemput bandara gratis sesuai jadwal. Ada balkon dan kolam renang terbuka untuk anak-anak dan dewasa. 
Alamat Quest Hotel Jl. Plampitan No.37-39, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138.


Jakarta Semarang dengan pesawat hanya 55 menitan, dari bandara Soekarno Hatta ke bandara Ahmad Yani. Kalau ke Semarang wajib ke tempat wisata dan icipin kulinernya, yang murmer dan terjangkau. 9 tahun tinggal disini merintis karir dan mengumpulkan pundi-pundi, dari hanya bawa barang seserahan dan kado nikah, sampai punya rumah dan kendaraan bahkan bisa ibadah umroh dan jalan-jalan ke luar negeri. Lumayan berkesan bagi kami berdua yang baru masuk 11 tahun pernikahan. Kamu sudah pernah ke Semarang belum nih. 


Wednesday, August 14, 2019

Ini Nih, 4 Jenis Hearing Aid Kit yang Perlu Kamu Ketahui!

August 14, 2019 0 Comments

sumber : vova.com

Telinga merupakan salah satu indera penting yang berfungsi untuk mendapatkan suatu informasi melalui sebuah suara. Namun terkadang, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan fungsi indera pendengar menjadi hilang atau berkurang. Untuk mengatasinya saat ini sudah tersedia hearing aid kit atau alat bantu pendengaran yang didesain seunik mungkin untuk membantu atau orang yang memiliki gangguan pendengaran. Berikut 4 jenis alat bantu dengar yang perlu kamu ketahui sebelum memakainya.


1. Alat di dalam telinga (in the ear / ITE)


Sumber: medicalogy.com

Seperti namanya, alat ini memang digunakan di dalam telinga. Alat ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Jenis alat ini pun ada dua yaitu, ada yang hanya dipasangkan sebagian telinga saja dan ada juga dipasangkan di seluruh telinga. Kelebihannya adalah pengguna tidak akan terlihat jika menggunakan alat bantu tersebut. Dalam alat ini pun terdapat telecoil yang berguna meningkatkan suara untuk mendengar segala suara apabila kamu sedang berada di suasana ramai.

2. Alat di belakang telinga (behind the ear / BTE)


Sumber: medicalogy

Alat bantu belakang telinga ini merupakan model umum bagi mereka yang memiliki indera pendengaran terganggu. Model ini lebih cocok untuk digunakan oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa daripada model in the ear yang hanya bisa digunakan oleh orang dewasa saja. Hal ini disebabkan karena pada masa pertumbuhan biasanya ukuran kuping telinga terus berubah. Namun model ini memiliki kekurangan yaitu dapat mendengar suara angin yang lebih banyak sehingga membuat lebih bising apabila kamu berada diluar ruangan.


3. Alat di dalam liang telinga (in the canal / ITC)



Sumber: medicalogy

Model ini letaknya bisa ditempatkan di liang telinga. Untuk ukurannya pun lebih kecil dibandingkan dengan ITE. Model ini cocok bagi kamu yang mengalami gangguan pendengaran pada tingkat ringan hingga sedang. Dan dapat dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa karena khusus model ini dapat dipesan sesuai yang diperlukan. Tetapi model ini rentan terhadap tersumbatnya speaker oleh kotoran telinga.


4. Alat sepenuhnya di dalam liang telinga (completely in the canal / CIC)


Sumber: medicalogy

Model alat ini merupakan model yang terlihat paling kecil, selain itu CIC mampu memfilter suara yang masuk sehingga terdengar tidak banyak suara angin dan tidak mencolok dibanding dengan model lainnya. Alat ini hanya cocok dipakai oleh orang dewasa yang mempunyai masalah tingkat pendengaran dari ringan hingga berat. Namun seperti model itc sebelumnya model ini pun sangat rentan dengan tersumbatnya speaker oleh kotoran telinga.

Nah guys, itulah ulasan tentang alat bantu pendengaran bagi kamu yang mengalami masalah pendengaran. Tapi ingat yah lakukan konsultasi terlebih dahulu oleh dokter yang ahli sebelum membelinya agar dapat lebih membantu menyarankan dalam memilih model apa yang akan kamu pakai nantinya. Sesuaikan tingkat masalah pendengaran yang kamu hadapi. Biasanya alat-alat ini bisa kamu temukan di apotik atau di toko alat kesehatan.

Baca juga tentang karsinoma sel basal/ksb ya. Kesehatan baik mata, telinga, wajah, badan dan organ di dalamnya seperti lambung, ginjal, jantung, hati memang harus kita jaga. 



Friday, August 9, 2019

Kelebihan yang Membuat Keju Parmesan Memiliki Harga Paling Mahal

August 09, 2019 2 Comments


Keju sudah bukan menjadi bahan makanan yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kita sudah mengenal berbagai jenis makanan dengan keju sebagai bahan pembuatnya. Keju sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari cara membuatnya. Dari beberapa jenis keju tersebut ternyata keju yang paling mahal adalah jenis keju parmesan. Bagi sebagian masyarakat mungkin belum pernah menggunakan jenis keju ini dan lebih familiar dengan keju cheddar atau mozzarella. Harga parmesan cheese mencapai 16 jutaan untuk satu gelondongnya atau sekitar 44kg yang menjadikannya jarang digunakan oleh masyarakat pada umumnya.

Apa yang membuat keju parmesan ini begitu mahal? Ternyata cara pembuatannya memang membutuhkan biaya yang mahal, berikut ini beberapa sebab yang menjadikannya keju paling mahal:

  • · Membutuhkan hingga 31 galon susu murni untuk membuat keju berkualitas.
  • · Setelah mengalami proses pembuatan keju yang teliti dan berkualitas, keju dicetak dan diberi tanda menggunakan cara yang unik yaitu proses stensil. Proses ini menghasilkan tulisan timbul yang berisi kode pembuatan serta nama produsennya. Terdapat informasi mengenai kandungan protein dan lokasi pembuatannya.
  • · Sebelum dipasarkan, keju terlebih dahulu melalui masa penyimpanan selama 2 - 10 tahun. Semakin lama penyimpanan maka harga keju akan semakin mahal. Untuk keju yang dijual di pasaran, rata-rata merupakan hasil penyimpanan selama 3 tahun dengan harga sekitar Rp. 250 ribu untuk tiap 0,5 kg.


Dengan bahan yang berkualitas dan cara pembuatan yang sangat teliti dan proses penyimpanan yang lama itulah mengapa harga keju cheddar menjadi sangat mahal dibandingkan dengan keju lainnya. Jenis keju ini lebih banyak digunakan untuk hidangan di hotel dengan variasi menu masakannya. Akan tetapi jika ingin mencicipi keju paling mahal ini, jangan khawatir, karena parmesan cheese juga bisa dibeli di Toko Wahab dengan berbagai bahan pembuat kue lainnya. Di sini bisa mendapatkan parmesan cheese asli dari Italia dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing.

Thursday, August 1, 2019

Perlukah Kita Menggunakan Tabir Surya?

August 01, 2019 24 Comments

Setiap wanita pasti suka menggunakan kosmetik bukan. Skin care perawatan wajah agar kulit gak kusam dan segar berseri. Siapa yang suka gunta ganti merk kosmetik, aku iya hehe. Biasanya aku tuh beli dan nyobain, jika reaksi di muka agak panas dan jadi kemerahan aku hentikan. Sisanya gak kubuang, biasanya dipakai suamiku, ya dia mah cocok pakai kosmetik apa saja hihi. 
Dulu jaman remaja aku sukanya bedak Pigeon dan Puteri saja. Setelah menikah pernah mencoba pakai Ponds, Loreal, Olay, Natasha. Lalu aku coba lagi Marcks, Venus, Clinique, Mazaya, Body Shop dan Ertos. Pernah nyoba Ristra,  Viva,  Ngmalang, Wardah dan Sariayu. Ya gimana selain cocok  disesuaikan budgetnya saja hehe. Tetapi dikasih jeda dulu ya pemakaiannya gak langsung ganti langsung pakai, agar kulit rehat dan adaptasi dulu. 

Kita tinggal di negara tropis,  dimana sinar Mataharinya cukup terik. Sinar matahari memang bagus buat kesehatan tulang, tetapi tidak semua sinar itu baik untuk kulit, terutama sinar matahari diatas jam 10 pagi sampai 4 sore. 
Ada 2 cara melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari :
1. Secara fisik, dengan menggunakan payung, topi lebar dan baju lengan panjang. 
2. Secara kimia,  dengan menggunakan kosmetik tabir surya. 

Tabir surya adalah zat yang dapat menyerap 85% sinar matahari pada panjang gelombang 290 nm sampai 320 nm (UV) , tetapi dapat meneruskan sinar pada panjang gelombang lebih dari 320 nm. 
Kenapa kita perlu menggunakan tabir surya,  karena sinar matahari sumber radiasi ultraviolet yang bisa merusak sel-sel tubuh. Pemaparan berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan luka bakar. Pemaparan jangka panjang menyebabkan penebalan lapisan kulit paling atas/epidermis dan peningkatan pembentukan pigmen/melanin oleh sel-sel penghasil pigmen/melanosit. Jadi tabir surya akan melindungi kulit dari pengaruh radiasi sinar ultraviolet. 

Melanin merupakan pigmen yang berwarna gelap yang diproduksi dalam sel melanosit kulit. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang merangsang pembentukan dan penyebaran melanin. Menurut data yang diperoleh kulit kaya melanin relatif lebih tahan terhadap proses penuaan dan kanker kulit. Berubahnya warna kulit disebabkan oleh genetik, hormonal, penggunaan obat-obatan, makanan, penyakit, pemakaian kosmetik yang tidak cocok. Aku mengalami pengaruh hormon kehamilan ada namanya topeng kehamilan, dimana area tertentu di wajah muncul bintik hitam dan agak gelap. 

Hiperpigmentasi adalah jumlah melanin dalam kulit bertambah sehingga menyebabkan kelainan warna kulit, diantaranya yaitu :

1. Melasma, berupa bercak-bercak coklat, biru, kelabu, atau coklat kelabu,  biasanya pada bagian wajah, leher, tangan dan lengan. Umumnya terjadi pada wanita yang hamil dan setelah melahirkan, pemakaian pil anti hamil, kosmetik dan obat-obatan lain, ganguan kelenjar endokrin dan fungsi hati serta faktor-faktor genetik/turunan.

2. Efelied/freckles, kelainan warna kulit akibat sinar matahari berupa bercak-betcak coklat kecuali yang umumnya terjadi pada orang berkulit putih/termasuk penyakit keturunan. Freckles malah sempat hits gegara Megan istrinya Pangeran Harry ya hehe. 

3. Lentigen, berupa bercak-bercak kecil warna coklat sampai hitam akibat sinar matahari/peningkatan melanosit pada bagian kulit hingga telapak kaki dan bersifat genetik. 

4. Hyperpigmentasi pasca radang, merupakan kelainan kulit setelah terjadinya peradangan pada kulit. Semakin gelap warna kulit, maka hyperpigmentasi juga semakin gelap. 

Kekuatan tabir surya dikelompokkan berdasarkan angka SPF/sun protection factor, makin tinggi angka SPF nya maka makin kuat perlindungannya. SPF menunjukkan kemampuan sediaan tabir surya untuk memproteksi kulit terhadap sinar matahari. Tabir surya dengan SPF 15 atau lebih bisa menghalangi sebagian besar sinar ultraviolet/UV. Kebanyakan tabir surya cenderung hanya menghalangi sinar UV B meskipun sinar UV A juga bisa menyebabkan kerusakan kulit. 
Radiasi UV A dari matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kendur dan mengalami penuaan dini. Sedangkan UV B dapat menyebabkan pigmentasi sehingga kulit menjadi lebih gelap. 

Tips menggunakan Tabir Surya :
  • Gunakan krim tabir surya setiap hari,  baik cuaca cerah maupun mendung, minimal yang mengandung SPF 15. Tunggu setengah jam sebelum keluar ruangan untuk memberi waktu tabir surya meresap ke dalam kulit. 
  • Ulangi kembali pemakaian tabir surya sesering mungkin, terutama bila anda berkeringat atau habis berenang. 
  • Gunakan tabir surya seefektif mungkin, oleskan merata pada permukaan kulit yang terekspos sinar matahari. 
  • Jika kita sedang dalam pengobatan, tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah obatnya meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Contoh beberapa jenis antibiotik dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. 
  • Intensitas sinar matahari paling kuat pada jam 1 siang. Jadi pastikan untuk mengenakan krim tabir surya 3 jam sebelum dan sesudah jam 1 siang bila akan aktifitas di luar rumah. 
  • Gunakan tabir surya pada leher, telinga, lengan, tangan, dan bahu selain pada wajah. 
  • Pilih tabir surya berspektrum luas yang memberi perlindungan terhadap sinar UV A dan UV B. 
  • Biasanya krim tabir surya akan terurai setelah satu tahun,  jadi pastikan untuk tidak menggunakan krim yang berusia lebih daru satu tahun. 
Tabir surya yang diijinkan yaitu : Avobenzan 5%, Octyl triazone 5%, Oktil salisilat 5%, Octyl dimethyl PABA 8%, Octocrylene 10%, PEG-25 PABA 10%, Sulizobenzone 5%, 4-Aminobenzoic acid 5%, Benzofenob 10%, Oktil metoksisinamat 10%, 4-Methylbenzylidene camphor 4%, 3-Benzylidene camphor 2%, Drometriazole,  Trisiloxane 15%, Homomentik salisilat 10%, Isopentil-4-metoksisinamat 10%, Benzylidine champor sulforic acid 6%.

Nah kan dalam keseharian kita perlu menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 15 dan dengan kandungan bahan yang diijinkan BPOM. 

Sumber : Permenkes RI No.  445/Menkes/Per/V/1998 tentang bahan, zat warna, substrarum, zat oengawet dan tabir surya oada kosmetika. Keputusan Kepala BPOM RI No. HK.00.05.4.1745 tentang kosmetik.