Wednesday, August 14, 2019

Ini Nih, 4 Jenis Hearing Aid Kit yang Perlu Kamu Ketahui!


sumber : vova.com

Telinga merupakan salah satu indera penting yang berfungsi untuk mendapatkan suatu informasi melalui sebuah suara. Namun terkadang, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan fungsi indera pendengar menjadi hilang atau berkurang. Untuk mengatasinya saat ini sudah tersedia hearing aid kit atau alat bantu pendengaran yang didesain seunik mungkin untuk membantu atau orang yang memiliki gangguan pendengaran. Berikut 4 jenis alat bantu dengar yang perlu kamu ketahui sebelum memakainya.


1. Alat di dalam telinga (in the ear / ITE)


Sumber: medicalogy.com

Seperti namanya, alat ini memang digunakan di dalam telinga. Alat ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Jenis alat ini pun ada dua yaitu, ada yang hanya dipasangkan sebagian telinga saja dan ada juga dipasangkan di seluruh telinga. Kelebihannya adalah pengguna tidak akan terlihat jika menggunakan alat bantu tersebut. Dalam alat ini pun terdapat telecoil yang berguna meningkatkan suara untuk mendengar segala suara apabila kamu sedang berada di suasana ramai.

2. Alat di belakang telinga (behind the ear / BTE)


Sumber: medicalogy

Alat bantu belakang telinga ini merupakan model umum bagi mereka yang memiliki indera pendengaran terganggu. Model ini lebih cocok untuk digunakan oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa daripada model in the ear yang hanya bisa digunakan oleh orang dewasa saja. Hal ini disebabkan karena pada masa pertumbuhan biasanya ukuran kuping telinga terus berubah. Namun model ini memiliki kekurangan yaitu dapat mendengar suara angin yang lebih banyak sehingga membuat lebih bising apabila kamu berada diluar ruangan.


3. Alat di dalam liang telinga (in the canal / ITC)



Sumber: medicalogy

Model ini letaknya bisa ditempatkan di liang telinga. Untuk ukurannya pun lebih kecil dibandingkan dengan ITE. Model ini cocok bagi kamu yang mengalami gangguan pendengaran pada tingkat ringan hingga sedang. Dan dapat dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa karena khusus model ini dapat dipesan sesuai yang diperlukan. Tetapi model ini rentan terhadap tersumbatnya speaker oleh kotoran telinga.


4. Alat sepenuhnya di dalam liang telinga (completely in the canal / CIC)


Sumber: medicalogy

Model alat ini merupakan model yang terlihat paling kecil, selain itu CIC mampu memfilter suara yang masuk sehingga terdengar tidak banyak suara angin dan tidak mencolok dibanding dengan model lainnya. Alat ini hanya cocok dipakai oleh orang dewasa yang mempunyai masalah tingkat pendengaran dari ringan hingga berat. Namun seperti model itc sebelumnya model ini pun sangat rentan dengan tersumbatnya speaker oleh kotoran telinga.

Nah guys, itulah ulasan tentang alat bantu pendengaran bagi kamu yang mengalami masalah pendengaran. Tapi ingat yah lakukan konsultasi terlebih dahulu oleh dokter yang ahli sebelum membelinya agar dapat lebih membantu menyarankan dalam memilih model apa yang akan kamu pakai nantinya. Sesuaikan tingkat masalah pendengaran yang kamu hadapi. Biasanya alat-alat ini bisa kamu temukan di apotik atau di toko alat kesehatan.

Baca juga tentang karsinoma sel basal/ksb ya. Kesehatan baik mata, telinga, wajah, badan dan organ di dalamnya seperti lambung, ginjal, jantung, hati memang harus kita jaga. 



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup