Thursday, May 2, 2019

RUMAH AIR BOGOR DEKAT DEVOYAGE

May 02, 2019 0 Comments

Rumah air Bogor dekat Devoyage Bogor, beralamat di Jl. Raya Boulevard CBD,  No. STA 00-02 Bogor Nirwana Residence Bogor Selatan Indonesia. Telpon 0251-8200444.
Sabtu lalu aku, suamiku dan ortuku jalan-jalan. Tadinya mau ke CCM makan mujigae, tapi masih pagi mall belum buka, dan nonton avenger endgames gak jadi nontonnya di aplikasi handphone aja udah ada kok hihi.  Hamil muda kudu dijaga, tetapi kemarin kan naik mobil dan gak terlalu banyak jalan kaki. Hanya dari parkiran mobil ke restoran rumah air Bogor. Suasananya enak, saung-saung di atas air,  musik Sunda mengalun. Dan tempat ini juga ramah anak. Arealnya cukup luas dan parkir pun luas. Aku hanya duduk di saung, sementara suamiku keliling rumah air bersama bapakku. 


Di Rumah Air Bogor selain restoran makanan khas Sunda, ada juga kafe De resto menyajikan pizza, dan aneka cemilan juga minuman. Ada mainan anak-anak, ada sepeda mobil mirip mobil mister Bean,  ada sepeda air juga. Ada bola air dan area bermain anak. Anak-anak dan dewasa bakalan betah disini. 


Tempatnya juga instagramable, banyak lukisan mural tematik dan suasana asri banyak pohon dan kolam air. Ikan emas gede-gede, dikasih nasi pada muncul ke permukaan, sayang air kolamnya agak keruh jadi gak begitu terlihat ikannya jika gak muncul ke permukaan. 


Yang kita pesan,  ayam goreng, gurame goreng,  karedok,  kurupuk, nasi 4 porsi,  pepes ikan asin peda, pepes jamur, pepes tahu. Minumnya juice sirsak, mangga, semangka dan stroberi. Segini abis sekitar 400 ribuan rupiah, pajak dan service aja hampir 50 ribuan rupiah heuheu. Harganya kehitung lumayan mahal, rasanya lumayan aja cukup. 

Aneka Menu di Restoran Rumah Air Bogor.

Menunya aneka macam masakan khas Sunda, dan aneka jus, bahkan bajigur dan kelapa muda aja tersedia. Cemilan seperti tempe, singkong dan pisang goreng juga ada. Harganya beragam dan seperti harga di mall standarnya. Nasi timbel juga ada, penyajian makanan cukup lama, mungkin karena yang disediakan fresh semuanya. Ada tulisan jika kita terlalu lama di saung dan pengunjung lagi rame, kita bisa kena denda. 


Ini ya daftar harga permainan di rumah air Bogor. Ada kolam pemancingan anak dan mini roaler coaster juga. Lokasinya masuk perumah BNR/Bogor Nirwana Residence,  dekat the Jungle dan mini zoo. Kalau ke rumah air Bogor tiket masuk gak bayar, hanya makan aja yang bayar dan ketika kita akan mencoba salah satu wahana permainan disini, ada ATV juga. Parkir mobil kemarin hanya bayar Rp 5.000 saja. 


Ternyata aku baru tahu bahwa Rumah Air Bogor dekat dengan Devoyage Bogor, tiket masuk devoyage Rp 25.000 weekdays, Rp 35.000 weekends dan libur tanggal merah. Tadinya mau masuk cuma takut kecapekan jalannya, karena dilihat suamiku lumayan luas. Isinya ada minuatur menara Eeifel dll. Akhirnya kita cuma foto depannya aja diantara Devoyage dan Rumah Air Bogor heuheu. Nah kalau kalian weekend ini mau makan sekaligus wisata ke Rumah Air dekat Devoyage Bogor aja ya. Ada paket juga devoyage-rumah air atau devoyage-deresto,  setelah selfie di devoyage bisa makan siang di rumah air atau deresto dengan bayar hanya Rp 65.000.




Tuesday, April 23, 2019

NGIDAM PADA BUMIL

April 23, 2019 0 Comments

Ngidam saat hamil itu wajar ya, aku ngidam banyak makanan. Entah kenapa kalau makan mah mau, dan gak terlalu mual muntah, karena suamiku juga sangat mendukung kehamilanku ini. Tetapi jika bau toilet, bau karbol RS dan bau bensin atau parfum suami dan parfum mobil, apalagi bau masakan dan gorengan wah bisa mual lalu muntah deh. Kata orang kalau sensitif bau-bauan bisa jadi bayinya perempuan, mau perempuan atau lelaki yang penting anaknya sehat dan sempurna tak kurang apapun juga. 

Ngidam menurutku yaitu ketika ibu hamil ingin sesuatu dan harus, katanya sih gak diturutin ntar anaknya ngeces mulu hihi, amit-amit deh.  
Ngidamku yang belum keturutan adalah mangga bangkok dan mangga kualalumpur, teh apel turki, kimchi asli korea, kurma beku depan mesjid quba. Jauh banget sih belinya, suamiku bingung belinya juga haha. 


Kalau cuma cilok, baso aci,  bapau, degan /kelapa muda dan pisang keju coklat mah suamiku bisa belikan hihi. Nah aku mah kalau pengen mesti dimakan. Aneh lagi pengen biskuit khong guan, padahal lagi gak hamil gak suka biskuit ini sukanya monde hehe. Donut j-co yang jpops juga doyan. Ada lagi combro ama rengginang, udah ada mah dimakan beberapa gak abis hihi, dan kolak singkong dimakan itu mah abis. Dan ada kue jahe alias bangket, suamiku udah muter nyari di semua toko kue kering di Cibinong gak ada, untung mamahku beliin dari Garut. 


Untung ya suamiku mah sabar, mau apa aja dibelikan buat dedek utun yang banyak maunya. Pengen karedok dan nasi timbel khas sunda ya dimakan dihabiskan, cuma ternyata selama hamil ini aku jadi gak suka ama ikan, bau amis rasanya, ikan asin mah masih suka wkwk. Anehnya lagi aku jadi suka sedikit pedas, padahal gak doyan pedas sama sekali tadinya. Nasi padang dengan lauk rendang dikasih emping wah doyan banget. Dorokdok alias kerupuk kulit katanya jangan dulu hihi. 


Ini pengen nasi lemak, roti canai dan teh tarik untung ada di CFD Pakansari. Nasi uduk ama goreng ayam plus lalapan pun mau asal hangat,  anehnya lagi jadi suka nasi rames yang dari warteg haha. 


Itu nasi bakar teri beli via go food dan tumpeng mini dari tetangga syukuran, nasi bakar abis kumakan. Tetapi nasi tumpeng kok jadi lebih suka nasi tumpeng pagi hari , ama dadar telur yang dibeli suami dari penjual, ama bakwan sayur alias bala-bala hehe. Aku gak bisa nyium bawang, mau bawang goreng, bawang mentah apalagi hii bikin mual muntah. Untungnya jika suamiku belikan tanpa bawang goreng. 


Nah ini dia nemu jus mangga asli waktu kontrol di rs, karena mangga sedang gak musim. Bahkan rujak beubeuk sempet beli dekat dukcapil, dan rujak buah cuma dimakan kedondong ama bengkoangnya dan jambu air hihi. Rujak cireng pas udah ada dengan minyak banyak jadi gak mau hehe. Jadi suka banget alpuket,  mau di es campur, bikin sendiri dikasih yoghurt atau di es kopyor, esnya mah gak mau dimakan alpuketnya aja. 


Ada lagi jadi pengen ramen, tuh dibelikan suamiku, abis sih walau abis itu muntah dikit, sepertinya sejak hamil itu eneg ama msg atau micin, jadi kudu sehat tanpa pengawet. Aku suka lagi sukro cikur ama endog lewo,  untung ada di ampera ama superindo hihi, cuma dimakan dikit, kebanyakan muntah. Aku tadinya kan gak suka kopi, nah kemarin pengen banget, untung masih ada kopi javara dibikin dengan sedikit susu kental manis enak banget rasanya hihi. 


Dan entah kenapa sama pizza dan bakso sekarang eneg, nyiumnya aja bikin mual pengen muntah. Masih mending mie yamin tanpa bawang goreng. Kalau kalian waktu hamil ngidam apa aja ya. Dan ada lagi entah kenapa pengen banget ke Mekah Madinah lagi, juga Korea dan Jepang atau Turki ingin pegang salju asli wkwk. Dan ada yang lucu kalau lagi pening selain dengerin solawat juga dibawa ngaji anteng ilang peningnya, juga lihat koleksi perhiasan emas dan berlian hihi. Wah dedek bayi jangan matre ya haha. Itu kurma ini mau dikit, es krim suka banget yang segar, yang ada susunya gak terlalu suka tapi jangan banyak-banyak ya, sesekali aja hihi. 

Pantes memang ya surga di telapak kaki ibu, karena ibu udah mengandung kita selama 9 bulan, menyusui dan melahirkan. Bapak juga mencari nafkah, belikan ini itu buat istrinya yang ngidam. Aku jadi makin sayang ama mamah bapakku dan suamiku.

Selama ngidam ini aku juga senang wangi-wangian buah dan bunga. Jadi abis mandi pakai bodyshop stroberi dan minyak telon my baby. Juga muka karena jerawatan pakai tea tree oil body shop. Kulitku jadi kering, makanya sabun mandinya jadi cussons kids yang anggur, gak pakai lux mawar lagi. Pokoknya memang ya demi anak mah apa yang enggak, asalkan kita mendidiknya dengan tauhid dan ahlak yang baik sejak dalam kandungan. Mengenai pakai gunting dan bawa bangle, aku gak lakukan selama hamil, takut musyrik, lebih percaya ngaji ma solat dan doa aja juga dokter secara medis. 
Kehamilanku sehat dan normal Alhamdulillah, cuma aku tetep gak boleh kemana-mana dulu dan ngapa-ngapain dulu, karena kehamilanku alami di usia 37 tahun dan di usia pernikahan 10 tahun. Lebih menjaga aja, daripada nanti nyesal kalau ada apa-apa. 


Wednesday, April 17, 2019

Yang Boleh dan Tidak Boleh Untuk Bumil

April 17, 2019 2 Comments

Kehamilan tentunya ditunggu oleh semua pasutri di dunia ini. Anak adalah anugerah terindah sekaligus amanah luar biasa dari Allah. Kehamilan dibagi menjadi 3 tahap :
- Trimester 1
Dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir sampai usia kehamilan 12 minggu.
-Trimester 2
Dimulai dari minggu ke-12 sampai minggu ke-28.
-Trimester 3
Dimulai dari minggu ke-28 sampai Ibu melahirkan. 

Bumil tentu mengalami namanya ngidam. 
Tetapi kondisi psikis dan psikologis bumil juga menentukan mual muntah dan pening atau tidak. Aku sendiri ketika awal kehamilan malah gak tahu bahwa hamil, yang aku rasakan hanya demam, batuk flu. Jadi aku periksakan ke dokter umum dan minta obat yang aman untuk program kehamilan. Nah baru tahu ketika hari ke-43 dihitung dari hari pertama haid terakhir tespack positif dan usg abdomen ada kelihatan janin. Ngalamin muntah waktu tiba di Melaka yang kukira masuk angin, dan mual ketika naik bus dari Melaka ke Kuala Lumpur. Hamil awal masih ke Karawang, Bandung dan Garut dan masih gendong balita keponakanku. 
Cuma rasanya gak nafsu makan dan gak enak badan. Eh tahunya udah ada janin yang selama ini dinanti Alhamdulillah.


Setelah tahu hamil memang ingin makan ini itu alias ngidam. Favoritku adalah alpuket ama pisang digoreng dan direbus, juga jeruk. Mau kue jahe yang belum nemu ampe sekarang, mau mangga nemu jusnya kemarin hehe. Mual muntah gak terlalu Alhamdulillah, cuma sedikit pening dan sensitif di area payudara. Tetapi minum vitamin dari dokter enakan. Cuma muntahku masih wajar kata dokter. Yaitu ketika nyium bawang, nyium masakan tetangga, bau karbol RS dan bau minyak di gorengan,  nyium bau yang menyengat pasti muntah. Jika gak ada bau-bauan tadi aku ya gak mual muntah. Ya suamiku mendukung mau apa aja dibeliin, pekerjaan rumah aku gak boleh, karena kata dokter mesti bedrest buat menjaga aja walau sehat aku dan janinnya. Suamiku yang jemur baju dari mesin cuci, nyetrika saat weekend, dan aku gak naik turun tangga rumah, jadi baju yang bawain suamiku dari atas ke bawah,  untuk ganti di rumah atau untuk kontrol ke dokter. Jadi makan dibeliin atau kadang dimasakin, aku cuma makan minum, tidur, solat, ngaji dan mandi hehe. Kata dokter kandungan gak boleh kemana-mana dulu trimester pertama ini, dan harus moyan atau berjemur abis mandi di bawah sinar matahari hihi. 

Yang Boleh untuk Bumil yaitu :
- Asam Folat
Bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi resiko kelainan susunan syaraf pusat janin. Harus dikonsumsi sejak persiapan kehamilan dan trimester pertama kehamilan. Asam folat selain tablet dari dokter, bisa didapat dari brokoli, gandum, kacang-kacangan, jeruk, stawberry dan bayam. 
- Kalsium
Aku dapat ossoral itu dari dokter tablet salut, bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Dikonsumsi trimester  2 dan 3. Kalsium ada di dalam telur, susu, ikan teri, salmon, sarden, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan dan wijen. 
- Zat Besi
Untuk mencegah anemia pada ibu hamil,  dikonsumsi trimester 2 dan 3. Zat besi terkandung dalam daging, hati, telur,  sereal, kacang-kacangan dan sayuran hijau. 
-Protein
Untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Dikonsumsi trimester 2 dan 3. Protein dibutuhkan bumil 70gr/kg berat badan/hari. Protein nabati dari kacang-kacangan, kedelai seperti tempe tahu. Protein hewani dari susu, telur, daging, dan ikan. 

Yang tidak boleh untuk bumil yaitu :
- Minum obat tanpa seizin dan sepengetahuan dokter kandungan. 
- Minum jamu-jamuan. 
- Pada usia kehamilan kurang dari 4 bulan, jangan mengkonsumsi sayuran dan daging yang mentah atau setengah matang. 
- Kontak dengan kucing, burung, anjing (termasuk kandang/tempat makanannya). 
- Minuman yang mengandung alkohol. 
- Merokok dan hindari asap rokok. 
-Kosmetika yang mengandung pemutih. 

InsyaAllah jika kita selama hamil mengikuti saran yang boleh dan tidak boleh, kehamilan akan sehat dan normal. Ketika hamil sebaiknya makin mendekatkan diri kepada Allah dengan solat wajib on time, solat dhuha, solat tahajud, dzikir, solawat,  ngaji dan tadabur Alquran. Karena membiasakan hal baik sejak dalam kandungan membentuk karakter anak kita nanti agar soleh atau soleha. Selain itu bisa bikin tenang dan happy bumil. Jalani kehamilan dengan ikhlas, riang gembira, agar sehat dan persalinan bisa normal dan lancar InsyaAllah. 






Thursday, April 11, 2019

Doa Dan Usaha Kita Gak Akan Ada Yang Sia-sia

April 11, 2019 18 Comments


Empat April 2019 hari dimana selama 10 tahun 2 bulan kita menanti, dan akhirnya testpack itu positif. Subuh itu aku terharu, malah suamiku belum yakin bahwa aku hamil karena tespacknya beli yang murah.
Banyak yang mendoakan, banyak juga yang japri rahasia dan resepnya. Gak ada yang aku rahasiakan, selama ini bahkan aku tulis di blog beberapa program hamil yang udah kita lakukan dan cek apa aja ya. Termasuk di instagram, kenapa aku tulis, itu untuk nyemangatin diri sendiri, dan orang lain yang sama sepertiku, menanti lama buah hati tercinta.


Percayalah selalu akan keajaiban doa, terutama jika yang mendoakan itu lebih dari 40 orang dan tulus.
Ini ya singkatnya proses perjalanan kita dalam menanti buah hati selama ini :
Dalam hal apapun selalu libatkan Alloh,  sedikit flasback soal resolusi, karena sudah menanti 10 tahun kehadiran buah hati. 
- 2009 mencoba konsul spog dikasih vitamin berdua suami. Nyobain juga klorofil, gamat dan serbuk kurma muda. 
- 2010 hasil analisa suami astheno. Dikasih vitamin ma dokter. 
- 2011 pernah SIS dengan hasil bagus cuma waktu proses tuba kanan agak tersendat tapi bisa lancar lagi saat SIS-nya. Hanya dikasih vitamin dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 
- 2013 sepulang umroh, HSG tuba kiri kanan patent tapi suspect hidrosalping mild. Lalu drainase dan terapi ozon V plus hidrotubasi 2x. Selain vitamin dikasih antibiotik. 
- 2013 2014 2015 hasil suami noormo. 2014 mulai dikasih obat penyubur kandungan dan vitamin untuk suami. 
- 2016 nyobain inseminasi dan masih belum positif.
- 2017 sering banget perut sakit katanya gerd tapi gak pernah endoskopi, banyak dikasih obat maag dan antibiotik untuk anti infeksi. Nyobain paket fertilaid yang lumayan sebesar 1 bulan gajiku waktu itu heuheu. Govem dan paket melilea. 
- 2018 nyobain herbal yang mahal seharga 1x inseminasi untuk paket berdua suami di klinik teh mayang, hasilnya belum juga. 

Akhirnya balik lagi ke dokter kandungan, ketika haid dikasih obat, lalu setelah haid diatermi 10x,  dan hasil suami karena tes hari ke-6 oligo. Aku HSG selepas haid,  Alhamdulillah hasilnya normal semua, sudah gak ada itu hidrosalping dan adnexitis. MasyaAlloh padahal Desember 2018 kepikiran aja gimana kalau masih ada kudu laparoskopi tapi takut,  atau kudu bayi tabung gak ada biayanya heuheu. 

Tapi Alloh mah Maha Baik banget, hasil HSG kedua baik dan bisa hamil secara alami. Sama dokter cuma dikasih vitamin buat berdua. #2019 ini resolusi terbesar adalah ingin punya kandung secara alami, karena hasil kita berdua baik. Yakin kuasa Alloh,  bagi Alloh tak ada yang gak mungkin. Hal disyukuri adalah Alloh selalu mendengar doa kita hanya di waktu yang terbaik menurut-Nya. 

Pengen rumah dikasih di 2013 ma 2018, pengen kendaraan dikasih di 2009, 2010, 2014, 2015, 2018. Pengen ke tanah suci dikasih di 2013, mau jalan ke LN terkabul 2015 dan 2019. Sesungguhnya Alloh selalu mendengar doa hambanya. Tak ada yang sia-sia. Nah ya temanku semua jangan berputus asa tetep usaha terus dan berdoa. 

Tentang honeymoon, dulu 2013 umroh ibadah bukan honeymoon.  2015 ke thailand honeymoon sayangnya haid waktu itu. 2019 maret tanggal 7-9 April ke malaysia, ini pas masa subur, sepulang dari sana tahu-tahu hamil 6 minggu di awal April. Bahkan Maret itu kita gak minum apa-apa malah cuma obat batuk flu aja heuheu karena kena batuk flu. Januari memang aku minum theragran m agar fit aja kata dokter flo. Dan suamiku minum oligocare ama vitan. Februari gak ada kita minum itu setiap hari, cuma ada seperempatnya di awal februari, tengah dan akhir februari enggak. 

Jadi jangan sangka kita rahasiakan ya, ini beneran dari Allah secara alamiah, jangan nyangka hasil bayi tabung, kasian anakku nantinya. Dan kita aja gak mampu uangnya untuk itu. Tetep sabar, berdoa dan berusaha ya bagi yang sama kaya kita. Sudah ditulis di Lauhul Mahfuz-Nya dan ada qodo qodar-Nya. 

Juga satu hal lagi kami bukan over excited ya, katanya ada yang bilang jangan share jika usia kandungan masih muda. Bagi pasutri yang menanti buah hati seperti kami serba salah, gak share nanti anaknya ujug-ujug lahir dikira anak angkat kan kasian ya. Terus wajar aja kami terharu bahagia, karena usaha kami selama 10 tahun 2 bulan, sampai udah tawakal dan ikhlas, dikasih secara alami bersyukur banget. Dan makin percaya atas kekuasan Allah, bukan pada manusia termasuk dokter. Dokter kandungan baik spesialis atau subspesialis hanya perantara. Yang menentukan dan ngasih tetep Allah Subhanahu Wataala ya. 

Banyak yang tanya Dr. Florencia Luthfi A,  SpOG, praktek dimana, prakteknya di RS Sentra Medika dan RSIA Hermina Bogor. Ingat kawan, aku minum apa vitaminnya dan terapinya apa saja bisa jadi berbeda dengan kalian. Karena kita pun sudah dalam kondisi normal semuanya. Bagi pasutri yang menanti teteplah berusaha terus dan berdoa ya. Dan tetep harus cek kondisi kalian berdua jika ada kendala jalani terapi, baru setelah normal semuanya bakalan hamil ya InsyaAllah. 

Kehamilanku hari ini 50 hari atau 7 minggu, doakan sehat selamat, tak kurang suatu apa juga sempurna ya sampai lahiran nanti. Di usiaku 37 tahun dan usia suamiku 39 tahun Alhamdulillah. 

Wednesday, April 3, 2019

Launching InfakID dan Lelangbintang Rumah Zakat Jelang Ramadhan Untuk Indonesia dan Dunia

April 03, 2019 0 Comments

Sebagai muslim, menunaikan zakat adalah rukun Islam yang ketiga. Hari ini Rumah Zakat bekerjasama dengan mitra payment channel yaitu LinkAja, OVO, Gopay, Kaspro dan Doku,  memudahkan berbagi di channel dan mitra marchen di seluruh Indonesia. Tahun 2018 rumah zakat menyampaikan amanah kepada 168.225 penerima manfaat di 1.183 Desa Berdaya di seluruh Indonesia, diantaranya melalui program berbagi buka puasa,  kado lebaran yatim, bingkisan keluarga pra sejahtera, janda berdaya dan bebas hutang. Menurut CEO Rumah Zakat Bapak Efendi,  tahun 2019 ini Rumah Zakat menguatkan campaign Ramadhan Berdaya untuk Indonesia dan Dunia. Tahun ini targetnya penerima manfaat 1.440 Desa Berdaya di seluruh Indonesia, dan di Dunia diharapkan naik 53% dari tahun 2018.

Program yang akan diadakan yaitu berbagi  buka puasa untuk 145.000 penerima manfaat,  kado lebaran anak yatim untuk 17.000 penerima manfaat, bingkisan keluarga pra sejahtera untuk 8700 penerima manfaat, syiar Quran untuk 14.000 penerima manfaat,  janda berdaya 3.000 penerima manfaat dan lebaran bebas hutang diharapkan naik 53% dari tahun 2018, kepada 319.700 penerima manfaat dan di 3 negara. 


Untuk memudahkan donatur dan masyarakat berbagi, Rumah Zakat launching 2 platform startup yaitu Infak.ID dan Lelangbintang.com, inovasi kemudahan donasi ini diharapkan akan semakin banyak donatur, milenials dan masyarakat memberikan manfaat kepada sesama. Berbagi tak pernah rugi, dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama dan lingkungan sekitarnya. 

Infak ID adalah platform donasi online dengan berbagai fitur pembayaran terkini yang memudahkan donatur, millineals dan masyarakat menitipkan dana infak/sedekah. Bisa scan kode barcode OVO, LinkAja, Gopay dan Kapro juga Doku, lalu kita bisa infak dengan menggunakan saldo Gopay atau OVO kita, jangan takut berbagi jika nominal yang kita berikan sedikit, daripada tidak sama sekali, sedikit kan lama-lama jadi bukit.


Lelangbintang.com adalah platform penggalangan dana online yang mendorong keberadaan fans menjadi semakin bermakna bagi public figur dan bagi kebaikan dunia. Lelangbintang dilatar belakangi oleh kesuksesan acara lelang konser amal Komunitas Tangan Di Atas dan Rumah Zakat Januari 2019 kemarin. Dana yang terkumpul 1 milyar, yang dilelang  ada Gaun Bridal Oki Setiana Dewi, Jaket dan Jas Pasha Ungu, Topi Tompi dan Gaun Adelia Pasha. Inovasi lelang bintang memudahkan publik figur berbagi lewat program lelang barang yang dimiliki untuk program pemberdayaan, kemanusiaan dan program kebaikan lainnya. Menurut mbak  Oki Setiana Dewi berbagi itu untuk menolong diri kita sendiri kelak di akhirat sebagai amal jariyah,  dan menolong orang lain. Karena zakat infak sedekah/zis adalah amal jariyah kita yang menyertai kita di akhirat selain ilmu yang kita amalkan dan anak yang soleh soleha.  Barang yang dilelang adalah barang baru, yang kita sayangi bukan barang bekas. Memberikan barang  yang berharga dan kita cintai lebih besar pahalanya, jangan barang bekas yang sudah tidak terpakai atau sudah tidak kita sukai. 


Acara kemarin juga ada penyerahan piagam dari Rumah Zakat kepada perwakilan dari LinkAja, OVO,  Gopay dan  Kaspro juga mbak Oki sebagai pihak yang mendukung Infak.ID dan Lelangbintang.com, juga penyerahan alat mendayung untuk bencana banjir dari  perwakilan OVO kepada Rumah Zakat secara simbolis.  Pak Nur Efendi juga berharap dua platform ini diharapkan bisa memudahkan donatur, millenials dan masyarakat untuk berbagi dibulan Ramadhan, yang transaksi donasinya bisa 5 kali lipat dibanding dengan donasi di bulan lainnya, dan menumbuhkan semangat berbagi bagi Indonesia. Kemarin juga ada lelang kaos dari atlet tanah air. Yuk kita gemar berbagi, karena zakat infak sedekah menambah keberkahan dalam hidup kita. Dan kita bisa langsung klik di smartphone di Infak.ID atau mau ikutan Lelangbintang.com, berbagi sekarang gak harus transfer via ATM atau datang ke Rumah Zakat, lebih mudah dengan 2 platform ini. 


Monday, April 1, 2019

Wanita Inspiratif Bersama Sophie dan Peluncuran Katalog April di Mall Cibinong

April 01, 2019 2 Comments

Sabtu lalu 30 Maret 2019, di Mall Cibinong diselenggarakan acara peluncuran Katalog April 2019. Bulan April di tanggal 21 April, di Indonesia diperingati hari lahir R.A.Kartini. Kemarin hadir juga wanita yang memiliki tujuan sama yaitu menjadi wanita mandiri dan mewujudkan mimpi-mimpi bersama Sophie. Aku punya tas Sophie warna abu-abu dari seserahan pas nikah, ada juga tas baju warna hitam, lumayan awet walau resletingnya ada yang dol, dan ada yang ngelupas kulitnya, wajarlah udah 10 tahun hehe. Sekarang tasnya udah dimana entahlah, tapi kan udah kenyang pakainya. 
Selain pemakai juga pernah menjadi penjual dulu waktu kuliah bareng adikku, yang beli temen-temen kuliah. Waktu kerja di Semarang juga pernah menjual produknya, yang laris kosmetiknya. 


Ini produk yang ada di katalog April 2019, tas hitam itu namanya Alanais Bag, warna hitam selalu diminati ya dan pegangan tasnya unik. Jam Behati yang ada paper box exclusive,  ada 3 tali jam bahan metal, PU dan satin,  garansinya 3 bulan. Eshala Bag dekat yang hitam itu, fanny pack, modelnya tren, dari bahan PVC desain diprint, bisa dijadikan sling bag dan waistbag ataupun crossbody. Sepatu Cherry, warna hitam, fleksible bisa dipaki casual atau formal, trendi dan nyaman ada aksesoris thin beads pada upped. 


Para model juga memperagakan tas-tas yang ada di katalog April, memang dominan hitam, tetapi ada pink dan biru juga. Jadi ingin punya yang hitam satu nih hehe. 


Di acara peluncuran katalog April Sophie kemarin juga ada member yang beli produknya yang didisplay, selain memperoleh diskon jika member, juga bisa bisa share link referral dapat diskon 20% lagi. Ada juga pemberian hadiah produk Sophie untuk member dan yang menjalankan bisnis Sophie yang meraih peringkat tertentu. Ada sambutan dari BC Cibinong juga, dan ada pemaparan tentang produk kosmetik baru Sophie Martin Loose Powder Natural dan Precision Eye Pen Waterproff. 


Ada juga pengundian doorprize untuk pembeli produk atau member Sophie yang rajin ngumpulin cap toko di Sophie CCM/Cibinong City Mall. 


Lima sosok wanita inspiratif, foto atas Ernawati  32 tahun, punya penghasilan tinggi,  keliling dunia dan meraih mimpi, kuncinya katanya fokus dengan Sophie, pakai tas Saphira. Foto tengah kiri Eti Susilawati 34 tahun, sosok wanita mandiri tangguh dan maju, single mother sekaligus entrepreneur yang berhasil membagi waktu dengan anak, tas yang dipakai Greysha. Foto kanan tengah Mela Oktapiani 19 tahun,  mewakili generasi milenial yang fashionable dan tech savvy juga memaksimalkan sosial medianya, pakai tas Meccayla. Foto kiri bawah Mayasari 23 tahun pakai tas Redilia, dan Nita Sumiati 27 tahun pakai jam Yaisel, kunci sukses berbisnis harus perbesar komunitas Sophie jaringan kita. Foto kanan bawah itu katalog Sophie April 2019.


Koleksi pribadiku, foto atas,  iris perfumed hand&body lotion, mengandung Niacinamide untuk mencerahkan kulit dan Aloe Vera agar kulit terasa lembut dan lembab.  Waterproof precision eye pen, eyeliner bentuk spidol dengan ujung ramping untuk mempertegas mata. Loose powder natural, bedak tabur dengan butiran lembut mengandung vitamin E dan C, untuk menjaga kelembaban dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Dompet Tourah  ada 6 kantong kartu dan tas Candeleria warna pink. 

Foto bawah,  dompet Silva ada 10 kantong kartu dan tas Sallaun warna pink. Blendable Lip&Cheek Color warna dan wanginya kusuka ketika dipakai di bibir jadi lembab. Blush on beads, paduan lembut dari butiran warna warninya memberikan rona kilau alami pada pipi, jadi pipi bersemu alami. 

Kamu suka produk Sophie juga gak, selain bisa beli langsung di outletnya di mall, bisa juga via websitenya www.sophieparis.com.



Monday, March 25, 2019

HONOR 8A COCOK BUAT ERA DIGITAL DAN MILENIALS

March 25, 2019 28 Comments
HONOR, salah satu brand smartphone terkemuka di dunia, meluncurkan  smartphone HONOR 8A. HONOR 8A ini cocok untuk era digital jaman now, dimana semua dilakukan via smartphone, mau naik kendaraan umum klik aplikasinya, pesan makanan klik aplikasinya, mau cek transferan atau nransfer klik aplikasi semua di smartphone. Kaum milenials usia 18 tahun sampai 35 tahun juga orang dewasa yang produktif, yang manfaatin teknologi digital di jaman serba canggih dan modern ini. 




Hadir di Indonesia sejak awal tahun 2018, HONOR menetapkan target untuk menjadi 3 besarsmartphone terbaik di Indonesia dalam waktu 3 tahun ke depan. Mau tahu gak harganya berapa dengan spesifikasi yang wow. 
HONOR 8A dibanderol dengan harga Rp1.899.000 dan dilengkapi dengan layar dewdrop 6,09 inci, dengan screen-to-body ratio sebesar 87% untuk memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik. Hadir dengan dua pilihan warna, Midnight Black dan Sapphire Blue, HONOR 8A dilengkapi dengan 3 GB RAM dan 32GB ROM. Aku mau midnight black yang elegan. 



Selain memberikan diskon untuk beberapa produk yang telah diluncurkan sebelumnya, Super Brand Day juga akan menjadi kesempatan bagi konsumen yang sudah tak sabar memiliki  HONOR 8A. HONOR 8A smartphone ini amat dicari saat Super Brand Day berlangsung, beberapa fitur utama seperti tampilan aplikasi, kolom pencarian, dan fitur daily prize dalam aplikasi Shopee akan didedikasikan untuk HONOR secara eksklusif. Sebagai bagian rangkaian dari kampanye, para pengguna juga dapat menikmati promosi serta penawaran eksklusif dari HONOR.
Selama program Super Brand Day berlangsung, beberapa fitur utama seperti tampilan aplikasi, kolom pencarian, dan fitur daily prize dalam aplikasi Shopee akan didedikasikan untuk HONOR secara eksklusif. Sebagai bagian rangkaian dari kampanye, para pengguna juga dapat menikmati promosi serta penawaran eksklusif dari HONOR.
Kunjungi Honor Officials Store di  Shopee ya
agar tak kehabisan. Wah mau beli satu buat dukung kerjaanku  di era digital ini, dan biar gak kalah sama kaum milenials. 

Friday, March 22, 2019

1 HARI 1 MALAM DI KUALA LUMPUR MALAYSIA

March 22, 2019 49 Comments
Menara kembar/ twin tower Petronas Kuala Lumpur. 

Dari Melaka tgl. 8 Maret 2019 kemarin, lanjut pakai bus ke Kuala Lumpur, baca postingan semalam di melaka ya. Nah dari stasiun bus kita memilih naik Kereta ke NU Central KLCC. Ongkosnya per orang 2.5RM. Tadinya mau ke Batu Caves, tapi kan bapak-bapak harus Solat Jumat, jadinya mending makan siang saja di NU Central KLCC. Nah di NU Cental ini kita cari food courtnya, setelah tanya petugas KTM,  baru kita ke atas menggunakan eskalator. Aku dan suamiku memilih nasi lemak, cuma suamiku lauknya tomyam ikan kembung, aku butter chicken,  nasi lemak 2.5RM, lauknya masing-masing 5RM,  jadi total berdua 15RM/Rp 53.250 dan tambah teh tarik 2.7RM. 

Ini tomyam ikan kembung, ayamnya mirip fried chicken gak kefoto, nasi lemaknya kaya nasi uduk ada kacangnya heuheu, teh tarik juga gak kefoto. 

Mangga manis dan aneka makanan yang dijual di depan mesjid Jameek hari Jumat waktu itu. 

Dari stasiun pemberhentian bus dari Melaka di Kuala Lumpur ke stasiun KTM drkat mesjid Jameek gak begitu lama. Karena belum masuk waktu solat Jumat kita melipir dulu ke aneka jajanan di dekat mesjid Jameek, aku beli mangga 4 buah 6RM, mangganya enak, mirip yang di Thailand,  dan suamiku pisang 1 sisir 5RM, minumnya air mineral saja, siang itu terik sekali, kami perempuan gak boleh masuk mesjid Jameek kalau lelaki boleh karena itu hari Jumat,  mau dipake Jum'atan, karena masih lama kami ke NU Central aja. Naik kereta lagi 2RM per orang. 

Menara Petronas ini disebut kembar karena 2 sama persis kiri kanan,  Menara kembar tertinggi abad ke-20 ikon negara Malaysia. Menara ini memiliki 86 lantai dirancang oleh Cesar Pelli arsitek Argentina. Dulunya fondasinya bekas pacuan kuda Kuala Lumpur, tahun 1998 dan butuh waktu 7 tahun untuk membangunnya. Di menara Petronas ada jembatan udara, di atasnya bisa melihat kota Malaysia. Aku sih gak naik dan gak masuk ke dalam menara, malah memilih masuk mall Suria untuk solat magrib dan makan malam hehe. Katanya bayar untuk wisata jembatan udara Menara Petronas sekitar 10 - 40RM tergantung mau ambil paket waktu berkunjung menaranya berapa lama. Kita ke menara Petronas ini sore hari setelah istirahat di apartemen.

Nah di depan menara kembar ada juga taman KLCC ada air mancurnya dan patung ikan. Taman yang dirancang oleh Roberto Burle Marx arsitek Brazil, dibuat untuk penghijauan di sekitar menara Petronas agar adem. Ada 1900 pohon sekitar 66 spesies. Makin malam akan ada Lake Symphony,  air mancur warna warni setinggi 42 meter, di atas jembatan menara Petronas dilihatnya bagus, cuma sayang kita gak keburu menyaksikannya, keburu ke Mydin. 

Apartemen Suasana di Bukit Ceylon Kuala Lumpur. 

Dari NU Central sementara suamiku dan babe ke mesjid dekat sana naik grab berdua, aku bersama Mara, mbak Wati dan mbak Dian ke apartemen. Nah menuju sini harusnya 14RM, cuma gegara muter 2x kita tambah 2RM karena daripada jalan kaki di siang bolong ya kan heuheu. Jadi 16RM dibagi 5, dan suamiku setelah jumatan berdua babe naik grab 13RM menuju ke apartemen Suasana Bukit Ceylon. Eh apartemen bagus ternyata, full furnished, di setiap kamar ada AC dan Kipas angin, juga lemari. Tapi kamarku paling kecil dan kamar mandi di luar, agak bau rokok pas masuk sih, jadi kubuka dulu pintu dan jendelanya, dan tiduran di sofa ruang tv.  Kamar Mara dan mbak Dian paling enak karena ada bathtubnya dan paling besar juga kamar mandinya di dalam. Yang mbak Wati ama Babe juga lumayan besar dengan view ke menara,  tetapi kamar mandinya di luar juga. Di setiap kamar mandi tersedia sabun dan samphoo, juga tissue dan handuk.
Aku lebih suka duduk di sofa sambil liat tv atau keluar balkon apartemen, kita gak masak tentunya, tapi peralatan masak juga makan komplit disediakan. Dan ada mesin cuci plus deterjennya, ada jemuran dan banyak gantungan baju, kita nyuci baju semua gantian jadi 3x mesinnya muter lalu kita jemur, kering kok besoknya, kecuali mbak Dian gak nyuci baju. Istirahat dan mandi sore, selepas ashar kita jalan kaki ke bukit bintang lalu naik KTM Komuter 2.5RM per orang. Asyik loh sore-sore jalan ke bukit bintang, sekalian beli air mineral dan yakult Malaysia aku mah. Di bukit bintang banyak toko termasuk toko emas pun ada disini, dan cafe makanan minuman. Sayang gak sempet memasuki toko atau cafenya dan icipin kuliner di bukit bintang heuheu. 

Di stasiun KTM Komuter Kuala Lumpur. 

Rutenya bisa kita baca di peta jalur KTM Komuter, jika masih bingung petugas disana juga mau jelasin kok, dan itu pojok kanan bawah adalah mesjid Jameek. Paling kita hanya naik eskalator dan lift menuju gate yang mau kita tuju. Disini komunikasi dengan bahasa Melayu dan bahasa Inggris. 

Dari Bukit Bintang ke stasiun KTM Komuter Kuala Lumpur. 

Kalau KRL di Jakarta Bogor pakai kartu emoney atau boleh beli kartu sekali jalan pulang pergi. Di Malaysia gak ada kartu sekali jalan adanya yang seumur hidup heuheu. Jadi kita belinya yang sekali pakai aja yaitu berupa koin biru itu,  harganya ada yang 2RM dan 2.5RM tergantung rutenya kita mau kemana. Begitu nyampe stasiun yang dituju,  untuk keluar pintu  stasiun kereta, koin dimasukkan ke dalam lubang dekat pintu agar pintu terbuka. Kalau mau masuk koin cukup ditap kaya kartu di Indonesia. 

Suasana di sekitar stasiun KTM Komuter dan di dalam KTM Malaysia. 

Walau ala ransel aku tetap bawa koper buat wadah baju,  ransel 1 dan koper 1, kopernya bisa masuk kabin cuma waktu itu kita masuk bagasi aja mumpung free heuheu. Di dalam KTM kita gak boleh makan minum, jika iya di denda, tapi waktu itu aku kena batuk flu, memang gak cocok kalau aku di udara panas hihi dan memang lagi gak fit, wara wiri acara blogger sebelumnya di Tangerang, Jakarta dan Bandung hihi. Tanpa sengaja aku lupa minum air mineral daripada batuk-batuk, untung gak didenda haha. Kuala Lumpur cuacanya lagi panas waktu itu, bener sama juga halnya Melaka dan Semarang Jateng udaranya, cuma Malaysia lebih kering. 

Nasi briyani/bariani.

Nasi bariani ini enak banget loh,  ini rasanya pas buatku kaya yang di Mekah dan Madinah, di Sentul gak begitu enak, enak lagi di Khoja Semarang hehe. Aku nasi bariani ayam 16.8RM, suamiku nasi bariani daging 17.9RM, ini di lantai 4 KLCC food arena. Total berdua 34.7RM. Minumnya air mineral. 

Watsons Suria KLCC. 

Sebelum makan malam selepas solat magrib di surau mall, aku dan suamiku beli obat batuk flu dulu karena badanku kok agak demam,  panadol untuk flu 16.3RM, dan obat batuk sirup 15.3RM. Ada juga kosmetik disini tapi gak beli hihi. Obatnya lumayan ampuh badanku enakan waktu itu, kaya infeksi saluran nafas atas atau radang tenggorokan, mungkin kurang minum dan kurang istirahat heuheu.

Mydin Masjid India Emporium 2 di Mydin Mohamed Holdings Berhad Malaysia. 

Aku beli gantungan kunci 3 pak, ada yang harganya 14.9RM dan 9.9RM, juga beli jam tangan pria untuk bapakku 29.9RM, di lantai 2 Mydin. Dan beli coklat juga puding di lantai 1 Mydin Barnsberry 2 x 3.9RM dan CDM/cadbury besar yang blackforest ini favoritku 5.6RM lagi promo dari harga biasa 7.95RM. Juga puding mangga rico 4.6RM. Kalau dirupiahkan total Rp 195.000 + Rp 64.000. Gak beli banyak karena lagi batuk, cuma keponakanku kebagian semua, kecuali ponakan yang di Jatim gak kebagian hehe. Menurutku rasa coklat barnsberry dan puding riconya terlalu banyak gula manis banget.  Tapi keponakanku yang 3 balita itu kok suka haha. Hari pertama di Kuala Lumpur jadi ke mesjid Jameek, makan mangga ama pisang, lalu ke NU Central makan siang, sorenya ke menara kembar juga taman KLCC dan mall Suria hingga makan malam harinya beli oleh-oleh di Mydin. Dan abis itu pulang ke apartemen pakai grab dari Mydin 13RM dibagi 6 tentunya. 

Batu Caves Malaysia. 

Tanggal 9 Maret 2019 hari Sabtunya, pagi hari setelah sarapan mangga dan pisang dikasih yakult orange aku dan suamiku, yang lain sarapan roti ma susu di apartemen, setelah rapi dan packing semuanya, sekalian chek out dari apartemen menuju Batu Caves dari apartenen, dilihat ongkos KTM per orang dan kita ngegrab dibagi 6 sama aja, kita pilih grab saja 100RM bagi 6. DiBatu Caves aku dan suamiku beli oleh-oleh lagi,  yaitu kaos dewasa untuk kita berdua 2, kaos balita 3, snow ball 1, tas kain 2, juga magnet kulkas 6, abis 115RM, aku sempet nuker rupiah Rp 100.000 cuma jadi 27RM di Batu Caves heuheu. Eh tapi dikasih bonus gantungan kunci 2 biji oleh penjualnya. Gancinya lebih bagus yang di Mydin, iyalah disini harganya 6 biji ganci itu cuma 8RM heuheu. 
Batu Caves itu di distrik Gombak,  13 km sebelah utara Kuala Lumpur Malaysia. Namanya diambil dari batu sungai di daerah Batu Caves.  Terbentuk dari bebatuan kapur 400 juta tahun lalu,  banyak imigran Cina disini. Tahun 1890  gua Batu Caves adalah tempat ibadat umat Hindu, mulanya oleh bangsa India K.Thamboosamy Pillai. Lalu dibuat kuil Sri Mahariamman dengan beberapa arca yang disebut Sri Subramania Swamy/ kuil gua. Untuk naik ke kuil gua ada 272 anak tangga, karena waktu itu banyak ketemu orang India lagi ibadat, aku mah gak naik karena memang badan gak enak plus panas terik,  lupa pakai sunblok wajah pulang dari sini perih kaya terbakar mukaku heuheu. Di Batu Caves ada gua Ramayana ada patung Hanoman juga,  ada museum gua dan galeri art, dan gua kuil/gua cathedral. 

Aneka oleh-oleh, kaos, tas kain, gantungan kunci, magnet kulkas, snow ball, puding mangga, dan coklat. 

Maaf ya cuma bawa oleh-oleh segini, dan biasanya keluarga lainnya hanya kebagian gantungan kunci, mau dari Mekah Madinah Jedah ditambah peci ama tasbeh juga kurma dan air zamzam juga magnet kulkas,  Korea juga ganci, snowball mah koleksi pribadi ama magnet kulkas hihi ada sendok dan sumpit besi, Australia jaket, kaos dan boneka juga ganci,   Turki sejadah, kaos ama magnet dan ganci juga, Singapura  kaos ma ikon singa kecil ma boneka juga ganci, Hongkong magnet dan ganci, Thailand tas kain, dompet kain, magnet dan ganci, sampai ada tuh kerabat yang nyeletuk kok ganci terus, gak apa ntar banyak rumahnya kataku hehe,  bisa buat tas sekolah atau kerja buat koleksi haha. 

Mesjid Putra Jaya Malaysia. 

Dari Batu Caves ke mesjid Putrajaya kita naik grab lagi, 66RM dibagi 6 lagi. Di mesjid Putra Jaya harus pakai baju muslim, jika ada lelaki pakai celana pendek dan perempuan gak berhijab harus sewa jubah yang menutupi aurat, warnanya merah marun,  panjang dan ada hodie penutup kepala. Di mesjid Putra Jaya ada perpustakaan juga, sayang gak sempat masuk ke dalam ada buku apa saja. Atau bukunya bisa sewa kali ya. Di beberapa sudut ada botol air mineral, tinggal masukan ke kotak 1RM lalu ambil 1 botol. 

Danau Putra Jaya dan Seri wawasan bridge dekat mesjid Putra Jaya. 

Mesjid Putra Jaya dibangun pada 1997-1999. Letaknya dekat danau Putra Jaya,  dan seri wawasan bridge. Sempet setelah dari toilet/tandas berfoto di mesjid ini latarnya danau putra jaya dan seri wawasan bridge. Mau solat dhuhur disini masih lama dan dhuha udah terlalu siang. 

Di alun-alun Putra Jaya yang banyak bendera, dan gedung Perdana Putra yang warna biru kehijauan kiri tas, juga dataran putra jalan kaki nunggu grab dekat tangga. 


Ada yang latihan karate apa judo di pelataran mesjid Putra Jaya, tangga atas kanan dan tengah adalah menuju tandas/toilet, Kiri bawah tempat sewa jubah.

Di Bandara KLIA. 

Waktu itu @marasolehah pesawat Malaysia airlinesnya dari bandara KLIA ke Soetta sore, dan kita berlima masih malam. Nah karena dari mesjid Putra Jaya ke bandara KLIA itu lumayan jika ngegrab sendiri, sekitar 64RM, jadi kita bagi 6, kita ngalah deh karena Mara juga yang booking tiket dan penginapan di Melaka dan Kuala Lumpur, lagi pula udah capek plus ngantuk, kalaupun kudu ke genting highland atau petaling, ringgit sudah habis, rupiah pun sudah abis, mau gesek atm visa,  dan sana sini lagi uang lagi ongkos lagi, akhirnya kita ke bandara check in, lalu makan siang di KFC. 
Pernah ya waktu di Semarang dan Jakarta memang KFC itu gak bisa semua kartu debet, tetapi kalau di Indonesia hanya bisa mandiri apa BCA aku lupa yang jelas gak bisa BNI. Nah waktu di bandara KLIA, BNI, BCA dan Mandiri gak bisa hanya bisa bayar pakai  BTPN Jenius di tap di mesin kasirnya, untung Mara ada, aku dan mbak Wati minjem Mara dulu, kecuali mbak Dian rupiah dan ringgitnya atau dolar singapuranya mungkin masih ada heuheu. 
Suamiku juga bilang non kenapa kita kalau ke luar negeri mesti minjem dulu hehe, dulu pas umroh minjem adikku dulu karena disana nambah hari kan jadi 12 hari dari tour travelnya nambah Rp 750.000 per orang. Mau nuker uang real lagi sayang, kena charge 25 ribu rupiah. Kecuali kita beli sesuatu biasanya gak kena charge, pernah BCA juga waktu di Jedah.  
Waktu ke Thailand minjem manajernya suamiku yang sama-sama dapet hadiah buat tour guide plus hotel di Pattaya termasuk makan, begitu mendarat di Soetta dan gajian dibayar suamiku. 
Di Malaysia kemarin minjem Mara Rp 210.000 termasuk bawang 1/2 kg buat mamahku dan aku di rumah, minjem mbak Wati Rp 78.000  ongkos grab dari mesjid Putra Jaya ke bandara KLIA. Begitu nyampai Soetta langsung suamiku tarik atm dan bayar mbak Wati, ke Mara ditransfer ke BCA begitu siang harinya setelah abis subuh tidur seharian hehe.  Ya aku bukan gak ada uang, atm yang isi tabungan selalu sengaja gak kubawa biar gak kepakai belanja saat travelling, dan karena dari  awal nikah sudah kita pos-poskan di atm suamiku itu biasanya buat sehari-hari ama untuk kebutuhan hehehe. Nah besok-besok aku kalau travelling bawa ah atmku khusus jeng-jeng mau bikin CIMB atau BTPN jenius ah haha. 
Hikmahnya dari travelling kemarin, kita jadi saling cerita aku ketemu mas annas dimana, babe ma mbak wati dimana juga mbak dian dan almarhum suaminya dimana, juga ujian hidup masing-masing. Dari solat Dzuhur, Ashar, Magrib juga Isya bahkan sempat ngaji Al'quran di surau aku dan mbak Dian,  barengan jamaah umroh yang transit KLIA pun iya. Kita nunggu di kursi duduk itu karena dekat surau dan tandas hihi. Setelah Isya kita baru masuk imigrasi bandara KLIA zona C gate G4 deh. Dan nyampe Soetta naik kereta bandara langsung di imigrasi  Indonesia, nyampe rumah Cibinong dengan selamat Alhamdulillah tengah malam, untung karena ada rombongan umroh, bus damri bandara Cibinong masih ada, biasanya hanya sampai jam 11 malam, hanya Rp 55.000 per orang x 2 aja dan dari pertigaan lampu merah Cikaret ke rumah hanya Rp 20.000 berdua, hemat bukan, daripada dari rumah ke bandara pakai blue bird Rp 320.000, untung masih ada vouchernya mayan kan. Bahkan aku sempat ketawa ama mbak Wati mungkin syahreino gak bakalan keabisan ringgit kaya kita hehe. Dan sama mbak Dian melihat ibu dan anak orang India nangis di bandara mungkin ada anggota keluarganya yang meninggal.
Seakan diingatkan dimana pun kita berada apalagi saat senang solatlah selalu on time, jika dalam keadaan senang kita ingat Allah, Allah akan segera datang ketika kita susah. 
Dalam hidup ini sesekali travelling bolehlah untuk menikmati hidup dan sebagai salah satu bentuk rasa syukur, asal gak berlebihan. 

Bumi Allah luas, rahmat-Nya luas, karunia-Nya tak terhitung, semua manusia juga banyak ujian-Nya jika ingin masuk surga-Nya, dan gak ada yang sempurna, sempurna hanya milik Allah. 















Wednesday, March 20, 2019

SEMALAM DI MELAKA MALAYSIA

March 20, 2019 27 Comments
Kota tua Melaka depan air mancur, suka disebut kota merah juga. 

Tanggal 7 Maret 2019 kemarin, aku dan suamiku bersama keempat temanku ke Kuala Lumpur, Alhamdulillah kami dapat tiket promo dibooking Mara November 2018 lalu. Waktunya singkat dari tanggal 7 sampai 9 Maret 2019, 3 hari 2 malam. Nah kami di Melaka 1 malam dan Kuala Lumpur 1 malam. Aku cerita dulu pas di Melaka  satu malam ya. Melaka terkenal dengan kota tuanya, atau ada yang suka sebut kota merah, karena warna bangunan merah semua, cuaca di Melaka sangat terik, panasnya kaya Semarang menurutku. Jadi ketika tiba sore hari di Medical Centre Melaka kami ke homestay dulu lalu keluar lagi jelang Magrib,  cari sunset dan biar solat Magrib di mesjid Selat Melaka. Bangunan dekat air mancur dan icon i love Melaka itu ada gereja dan jam dinding warna merah juga loh. Katanya bangunan di kota merah itu heritage yang diakui UNESCO, dan peninggalan Belanda tertua di Asia. 

Booking tiket pesawat di tiket dot com. 

Banyak yang tanya japri berapa sih abis biayanya, karena kami dapat promo dan pergi berenam, juga ala ransel alias backpacker, tentunya lebih hemat dan murah daripada ala koper. Tentunya keduanya ada plus minusnya, cuma tetep asyik kok. Aku pun baru nyobain ala ransel ini kali ini, waktu 2013 dan 2015 ke LN ala koper ke negara Arab dan Thailand. 
Nih ya totalnya 1 malam di Melaka dan 1 malam di Kuala Lumpur itu cuma abis 3.6 juta rupiah saja berdua, termasuk tiket pesawat, penginapan dan makan juga transportasi dan oleh-oleh heuheu. 
Tuh tiket pesawat Garuda Indonesia perginya dan pulangnya tiket pesawat Malaysia Airlines ekonomi, dapat makan juga snack di pesawat, baca artikelku sebelumnya ya tentang  tiket remaks ya, tiket pp Jakarta Kuala Lumpur berdua cuma abis 700 ribu rupiah, dengan maskapai yang lumayan, rezeki Alhamdulillah. 

Minimarket di dekat bandara KLIA. 

Sampai di bandara KLIA jelang dzuhur waktu Malaysia dari bandara Soetta Tangerang Banten gate 10. Dan kami pun naik kereta bandara dulu untuk menuju stasiun bas/terminal bis dekat KLIA,  sebelum ke stasiun bas, mampir minimarket dekat bandara untuk beli air minim, harganya kalau minuman rasa anggur dan mirip asam jawa 2 botol 9 RM, sementara 1 botol air mineral 2 RM. Kami pun berwudhu dan nunggu solat di musola/surau juga ada tandas/toilet dekat pembelian tiket bus. 

Stasiun bas/terminal bis dekat bandara KLIA tinggal nyebrang. 

Nyampe jam 11.30 waktu Malaysia, kami masih lama nunggu dzuhur, dan ternyata hanya ada bus yang berangkat ke Medical Centre Melaka itu jam 13.30 waktu Malaysia. Sambil nunggu kan bisa solat dzuhur dan ashar dijama sekalian takut gak sempat ashar. Bus dari KLIA lebih nyaman daripada bus dari Melaka Central ke stasiun KRL Kuala Lumpur. 

Tiket bas/bus dari KLIA ke Melaka, dan dari Melaka Sentral ke stasiun KRL Kuala Lumpur. 

Perginya harga tiket bus 35RM/ Rp 129.500, busnya ada AC, bisa selonjor kaki dan luas. Turunnya tepat di Medical Centre Melaka. Hanya 2 jam dari stasiun bus di dekat KLIA ke Medical Centre Melaka. Nah pulangnya kami menuju Kuala Lumpur pakai bus hanya 13.6RM/ Rp 50.000 saja, beda bus yang ini ngebut dan rada bikin eneg juga gak begitu nyaman heuheu. Ada harga ada rupalah ya kan. 1RM itu jika nuker di Cibinong Rp 3.550, kalau nuker di Malaysia 1RM = Rp 3.704 heuheu, lebih mahal 154 rupiah ya 1 RM-nya kalau nuker di negeri Jiran. Jadi harga tiket bus aku ambil yang 1RM = Rp 3.700 saja ya biar gampang hehe dibuletkan. 


Depan homestay, ini sebelah B' Your Home tempat menginap kita. 

Kalau liat homestay sebelah yang kita inapi, mayan bagus buat foto kan ya hehe, padahal begitu turun kok aku ngerasa horor nih homestay wkwkwk. Karena book homestay ini @marasolehah dan kita jelang berangkat hehe.

B' Your Home homestay di Taman Sri Bachang, Melaka Malaysia. 

Nih ya homestay kita itu yang biru sebelah kiri B'Your Home, semalam sekitar Rp 350.000/ 95RM, ternyata penginapan mahal di Melaka daripada Kuala Lumpur, ini udah dibooking Mara dan kita transfer ke Mara untuk dibayarkan pas Februari 2019. Kita book 3 kamar, 2 kamar di lantai 1 dan 1 kamar lagi di lantai 3, aku dan suamiku di lantai 3, sebelah gedung kaya abis kebakaran gitu, kamar juga dikasih wallpaper tetep lembab, dan kamarnya dekat pemakamam haha. Cuma tersedia air mineral 2 botol, tanpa teh dan tanpa kopi atau gula, naik ke atas sepatu kudu dilepas di bawah. Kamar mandi ada tissue toilet dan sikat gigi juga sampho, kagak ada sabun mandi heuheu, ada air hangat tapinya lumayan buat mandi penghilang penat.  Begitu nyampai suamiku solat Ashar, katanya gak dijama soalnya kan nyampe perkiraan 15.30 waktu Malaysia,  tapi ternyata tiba di Medical Centre pas terik panas dan agak sedikit lama nunggu grab, grab aplikasinya sama dengan di Indonesia, jadi suamiku tinggal pesan disitu, dari Medical Centre cuma 13RM/Rp 40.100, dibagi 5 dong, aku, suamiku, mbak Wati ama Babe suaminya mbak Wati dan mbak Dian, karena Mara udah duluan nyampe Melaka. Seorang urunan 2.5RM/ Rp 9.250, kita selalu pesan mobil besar sekelas innova atau mobilio di Indonesia mah, jadi bisa berlima bahkan berenam. 

Mesjid Selat Melaka

Setelah mandi sore dan ganti baju kita ke Mesjid Selat Melaka, terletak di Banda Hilir, dari homestay kesini 12 RM/ Rp 44.400  dibagi 6 masing-masing 2 RM/Rp 7.400.
Mesjid Apung ini berada di tengah lautan menghadap Selat Melaka. Konon katanya mesjid Apung ini berada di Selat terpanjang di dunia. Mengingatkan kami pada Mesjid Terapung di Jeddah Arab Saudi heuheu. Menikmati sunset di dekat Mesjid Selat Melaka ini bikin kami banyak bersyukur atas nikmat Allah. Dan kami pun ikut solat berjamaah Magrib disini. 1 Rajab taun ini berkesan sekali. 

Di sekitar Medical Centre Melaka Malaysia.

Di sekitar Medical Centre ini banyak klinik dan apotek, mungkin juga ada wisatawan yang sedang berobat. Ada juga nih seperti kapal laut,  bangunannya banyak Mesjid juga. Juga pertokoan dan gedung seperti apartemen. 

Suasana sekitar mesjid Selat Melaka. 

Ooh iya di Mesjid Selat Melaka kemarin tepat 1 Rajab, setelah solat Magrib ada pengajian malam 1 Rajab entah ustad/kyai siapa yang ceramah,  bahasa Melayu aku pun sedikit paham. Dan ada minuman serba 1 RM/ Rp 3.700 dengan mesin otomatis, masukan 1RM 1 lembar pencet minuman yang dipilih, nanti keluar minumannya. Makin malam bagus lampu kerlap kerlip disini, sebelum Isya perut kami terasa lapar, akhirnya kami milih balik ke kota tua Melaka. Niatnya mau cari makan sekalian nyobain kapal boat ngelilingi sungai Melaka/ Melaka River Cruise. 

Sungai depan kota tua Melaka.

Nyampe sungai Melaka ini terdengar suara adzan Isya, dan hanya 10RM/Rp 37.000 kesini dari mesjid selat Melaka, dibagi 6 hanya 1.5 RM per orangnya. Nah begitu kesini sungainya kok alirannya sepertinya deras ya airnya, dan dari kejauhan ada kapal boat yang sepertinya susah dihidupkan kembali, membuat kami urung naik ah serem, mana malam Jum'at lagi haha. Akhirnya kami hanya foto-foto depan sungai di deretan bendera,  dan nyebrang ke kota merah lagi hehe. 

Di kawasan kota tua dan pertokoan Melaka City. 

Ada hardrock cafe juga di jalan dekat sungai, juga gereja dan seperti surau dari kejauhan, tampaknya museum seni budaya Melaka. 

Ada AEON juga di Melaka dan jika mau beli kabel  universal ada di toko gadgets itu, juga hotel JW Mariots. 

Mampir beli kabel universal mbak dian dan mbak wati ke toko gadget,  tau dari supir grab yang akan mengantar kami balik homestay,  aku udah bawa dari rumah hadiah dari suatu acara. Harganya murah juga ternyata sekitar 4.5RM kalau gak salah. 

Makan malam di Asam Pedas Legenda Melaka. 

Kami makan malam di asam pedas legenda, dianter supir grab, dari dekat tomatos pertokoan Melaka kesini sekitar 13 RM dibagi 6 dong tetep. 
Aku memilih nasi goreng Cina gak pedas kiri atas 8.9RM dan suamiku nasi goreng kampung agak sedikit pedas 8.9RM, air kelapa muda/Degan utuh 5RM, dan teh tarik 2.7RM. Nah malam itu diakhiri makan malam dan beli kabel universal, lalu balik ke homestay B' Your Home Melaka untuk istirahat dan menginap disini. 

Melaka Central, Terminal Bis menuju Kuala Lumpur.

Pagi habis mandi dan solat Subuh kami sudah bersiap jam 6 pagi depan homestay, sambil nunggu grab ke Melaka Central, kalau gak salah 16RM berenam. Lalu kami pun sarapan dulu roti canai dan teh tarik di stasiun bas Melaka Central. Yang harga 1 tiket busnya 13.6 RM tadi buat balik ke Kuala Lumpur. Nyampe sekitar jam 10.30 kami di Kuala Lumpur langsung makan siang. 
Nanti ya aku tulis di postingan artikel 1 hari 1 malam di Kuala Lumpur Malaysia di postingan  berikutnya. 

Roti Canai dengan bumbu kari dan seperti kacang hijau yang satunya lagi, plus penjual kue putu di stasiun Melaka Central. 

2 piring roti canai untuk sarapan aku dan suamiku, dan 1 gelas teh tarik hanya gak ada 5RM, masih ada kembalian berapa sen gitu ya heuheu. Kalau air mineral dari 8 sen, 1RM sampai 1.5RM berbagai kemasan beda-beda di sepanjang toko roti dan minuman di stasiun bas Melaka Central. Nah itu kue putu mau beli tadinya aku ma mbak Wati, eh ternyata belum siap kuenya masih diadon, padahal penasaran putu Malaysia ama Indonesia sama apa enggak heuheu. 
Nah ini ceritaku semalam di Melaka Malaysia, bersambung ya masih ada nanti di Kuala Lumpur Malaysia.