Tuesday, October 1, 2019

Zuzhu dan Zazha Karakter Animasi Edukatif Frisian Flag Milky


Minggu tanggal 29 September 2019 kemarin di Theater Garuda TMII Jakarta Timur,  diadakan launching karakter animasi edukatif Frisian Flag yaitu Zuzhu dan Zazha. Zuzhu yang warna biru,  pangeran spesies dynamilk dari tetesan susu  terbaik mengandung vitamin dan mineral yang memiliki kekuatan super. Zazha warna pink pemimpin soopies,  memiliki kecerdasan tinggi, rambut super dan skiil pemimpin,  ayahnya spesies soopies, ibunya keturunan dynamilk jadi Zazha seorang hybrid. Susu cair Frisian Flag Stroberi dan Coklat tersedia dalam 2 kemasan kotak 115ml dan 180ml. Tokoh Zuzhu dan Zazha ini dibikin versi e-comic dan film animasi pendek, dengan kisah cerita inspiratif dan edukatif. Karakter animasi Zuzhu dan Zazha ini untuk menanamkan kebiasaan baik sejak dini kepada anak-anak. 
Ada juga tokoh megalond yang mewakili sifat buruk seperti pemarah, pemalas dan susah makan. Nanti Zuzhu dan Zazha melawan megalond di negeri Cowsmos. 


Menurut Ibu Aliah Shalihah (Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia), Frisian Flag sebagai perusahaan yang secara konsisten menghadirkan inovasi melalui rangkaian produk susu berkualitas dan terjangkau, inovasi dari FFI juga direalisasikan melalui ragam inisiatif yang dihadirkan. Dengan teknologi dan digitalisasi yang saat ini sangat lekat dengan anak-anak generasi Alfa dan digital, duo karakter Zuzhu dan Zazha hadir dalam bentuk cerita inspiratif, format cerita bergambar dan seri film pendek. Kehadiran Zuzhu dan Zazha diharapkan menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, agar tertanam pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan susu sebagai minuman yang sehat dan aman dikonsumsi, jadi penerapan gaya hidup sehat sejak dini. 

Menurut Ibu Putu Andani, M.Psi. (Psikolog), anak-anak dalam masa middle childhood/kurang lebih usia 6-12 tahun,  faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak mencakup orang tua, teman, guru, juga konten hiburan, anak-anak rata-rata menghabiskan  2-3 jam per hari untuk menonton konten digital, baik di televisi dan website internet. 
Orang tua wajib mendampingi anak dalam menikmati konten animasi dengan cara :
  1. Pastikan e-comic dan film animasi sesuai dengan usia anak.
  2. Cari tahu dan cermati terlebih dahulu gambaran singkat mengenai kisah dan karakter. 
  3. Fokus dan arahkan anak saat membaca e-comic dan menonton film animasi. 
  4. Ajak anak berdiskusi setelah membaca e-comic dan menonton film animasi. 
Agar anak menginternalisasi karakter positif yang terdapat pada konten animasi seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif. Ortu harus dampingi anak dengan pengawasan dan bisa jadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak. 


Menurut Pak Bambang Gunawan Santoso (animator Indonesia), karakter animasi bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. Dari segi visualisasi, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak. Tak kalah penting,  pemilihan alur cerita menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama, dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan,  agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Makanya FFI menciptakan dan mengembangkan karakter cerita Zuzhu dan Zazha. 


Menurut Rani Wijaya ( Senior Marketing Manager Alfamart)  karena era sekarang generasi Alfa cocok Frisian Flag kerjasama dengan Alfamart. Karena Alfamart merupakan jaringan ritel ternama di Indonesia.  Membantu orang tua menghadirkan asupan dan jajanan yang aman serta sehat bagi anak-anak. Dengan susu cair Frisian Flag Milky yang mengusung karakter Zuzhu dan Zazha, tersedia di 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia. 

FrieslandCampina, salah satu koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda,  FFI mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal,  agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang diperoleh dari susu. FFI produksi di Pasar Rebo dan Ciracas Jakarta Timur, dengan produk susu cair, susu bubuk dan susu kental manis. FrieslandCampina menyediakan produk gizi bayi dan balita, maupun industri makanan dan sektor farmasi di seluruh dunia. 

Kemarin di Theater Garuda juga diadakan aktivitas menggambar dan mewarnai yang melibatkan lebih dari 16.000 anak dan bersamaan dengan ini diselenggarakan juga di 16 kota di seluruh Indonesia. Dan acara ini mendapat penghargaan dari MURI. Seru ya acara launchingnya, anak-anak memang perlu minum susu, apalagi ada karakter animasi edukatif ini, anak kita makin aktif dan cerdas juga mempunyai sikap yang baik dalam kesehariannya.




28 comments:

  1. Waah lucu! Cocok nih, sekarang lg hits kan yah animasi yg isinya konten edukasi buat anak. Ada rencana kedepannya ngga ya zuzhu dan zazha dibikin series di youtube gitu misalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibikin e-comic dan film animasi, ada megalond tokoh jahat yang mewakili sifat buruk anak2, dan nanti negerinya negeri cowsmos heuheu..

      Delete
  2. Lucu banget karakter barunya... Namanya ngingetin sama lagunya Gen Halilintar. Hehe.

    Anak2ku juga suka susu siap minum gini.. Aku lebih prefer ini daripada yang bubuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu kemasan kotak, lebih praktis dan gizinya pun terpenuhi ya rin :)

      Delete
  3. Hai Zuzhu, Hai Zazha, salam kenal!

    Frisian Flag tahu banget kebutuhan anak-anak, dia bikinin karakter animasi gemes macam Zuzhu dan Zazha. Emang, kalo ada cerita dari tokoh animasi itu rasanya lebih ngena pesannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Zuzhu dan Zazha mewakili sifat baik anak2, nanti melawan megalond yang mewakili sifat buruk anak2 :)

      Delete
  4. wow, menarik banget ini, kayaknya arkaan juga pasti senang ya, apalagi animasinya positif buat anak kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak-anak pasti suka karakter Zuzhu Zazha ini, plus bakalan suka e-comic dan film animasinya juga susunya ya :)

      Delete
  5. Lucuuu pisan karakter2nya...pasti kalau produk ada karakter2 kayak gini teh, anak2 bakalan suka. Apalagi kalau si karakter hadir di acara pasti bakal dkerumini fans, alias anak2 hehehe. Seru ya, Teh jalan2 wae di Jakarta mah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Nia, kalau ada bonekanya juga lucu nyak. Huum Alhamdulillah we kan hobi jalan-jalan mah heuheu..

      Delete
  6. Karakter animasinya lucu ya.. anak2 pasti suka dan makin semangat deh minum susunya..

    ReplyDelete
  7. Wah lucu karakter animasinya buatan komikus Indonesia ya? Semoga bisa terkenal dan disukai anak-anak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dew, komikus terkenal pula, huum Aamiin..

      Delete
  8. Lucu banget ya konsepnya zuzhu dan zazha ini. Jadi pingin mantengin e-comicnya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pantengin e-comic dan film animasi pendeknya mbak ida :)

      Delete
  9. Zuzhu dan Zazha lucu juga namanya ya Mba Vit hahaha
    halo bumil sehat selalu ya, aduh gemay mbaaa udah lama tak jumpa
    Bumil banyak minum susu ya, makasih lho mba Vit. aku baru tahu karakter Zuzhu. FrisianFlag memang tahu kebutuhan anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya zuzhu dan zazha lucu juga, kalau dalam boneka aku aja pengen punya heuheu.. Masama Nyi.. Iya kalau kesini gak mampir terus Nyi mah..

      Delete
  10. Ada youtube seriesnya ga ya? Kalau ada pengen download. Biar si kecil makin gampang minum susu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ke depannya ada ya kali, sekarang dalam bentuk e-comic dan film animasi pendek dulu, iya susu penting buat tubuh, bahkan Rosul aja suka minum susu :)

      Delete
  11. Waah lucu nih ada karakter baru pasti anak-anak makin seneng dan rajin minum susu frisian flag ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih bikin semangat dan sifat baik Zuzhu dan Zazha juga jadi edukasi buat anak-anak :)

      Delete
  12. Penggunaan karakter2 semacam Zuzhu dan Zazha gini pas banget ya untuk menceritakan banyak hal yang bisa dicontoh oleh anak2. Mereka jadi lebih mudah untuk memahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak niek,Anak-anak harus meniru sifat baik Zuzhu Zazha dalam keseharian, tapi jangan ikutin sikap buruk megalond heuheu..

      Delete
  13. Karakternya lucu ya, cocok banget buat mengedukasi anak-anak. Bisa makin laris aja nih produknya

    ReplyDelete
  14. Lucu bgt karakternya mba zuzhu dan zazha, asal gak kepleset jd zigi zaga aja deh wkkk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup