Thursday, October 24, 2019

Kamu Bisa ke Paris dengan Tabungan Liburan Mulai dari Rp10.000


Ingin ke Paris tapi bingung harus menyiapkan tabungan liburan? Simak tips menabung mulai dari 10 ribu berikut ini!
Selain terkenal sebagai Capital of Fashion, Paris juga identik sebagai kota wisata yang sarat dengan romantisme. Menara Eiffel sebagai landmark utama adalah salah satu destinasi wisata romantis di dunia. Belum lagi dengan beragam tempat keren lainnya yang kian menjadikan ibu kota Perancis ini sebagai tujuan wisata populer.


Foto dari cometoparis.com

Namun tentunya, untuk bisa berkunjung ke kota ini dibutuhkan biaya yang tak sedikit. Anda harus bisa mengelola keuangan, termasuk dengan menyiapkan tabungan liburan dari sekarang. Tabungan ini pun bisa dimulai dengan nominal yang tidak terlalu besar, yakni hanya Rp10.000. Bagaimana bisa? Simak cara-cara berikut!
1. Rencanakan Tujuan dan Buat Anggaran
Sebelum mulai menabung, Anda harus terlebih dulu menyusun anggaran biaya/dana yang dibutuhkan agar nantinya bisa memperkirakan lamanya waktu untuk mencapai jumlah tabungan tersebut. Dengan sebelumnya, Anda juga telah membuat perencanaan terkait waktu, akomodasi, dan tujuan wisata.
Agar lebih hemat, sebaiknya hindari berkunjung ke Paris saat peak season, yakni pada masa liburan sekolah di akhir musim semi dan panas. Selain ramai oleh banyaknya wisatawan, bisa dipastikan biaya transportasi dan akomodasi juga cenderung lebih mahal.
2. Mulai Menabung Rp10.000/hari
Menyiapkan tabungan liburan sebenarnya bukan hanya soal nominal uang yang ditabung, melainkan lebih pada konsistensi dari menabung itu sendiri. Tak masalah jika Anda hanya mampu menabung 10 ribu setiap hari asalkan konsisten. Dengan cara seperti ini, Anda tidak akan terlalu terbebani namun juga bisa secara perlahan mewujudkan impian untuk berlibur ke luar negeri.
Agar lebih semangat, Anda bisa menuliskan kata-kata motivasi terkait destinasi impian, misal, "Paris, Menunggumu!" pada celengan atau tempat yang mudah dilihat. Kata-kata tersebut ibarat alarm yang akan selalu mengingatkan Anda untuk konsisten menabung demi sebuah impian.
3. Ikut Arisan sebagai Sarana Menambah Uang Tabungan
Sebenarnya, esensi dari arisan tak jauh berbeda dengan menabung. Hanya saja, arisan lebih melibatkan banyak orang sehingga konsistensi dan tanggung jawab lebih terbentuk. Karena ini pulalah, arisan juga sering dianggap sebagai tabungan 'tanpa sadar' karena seolah-olah Anda tidak menabung tetapi membayar iuran yang sifatnya wajib.
Anda bisa mengikuti arisan di keluarga besar, tempat kerja, atau bahkan kompleks perumahan. Sedangkan bagi para pria, bisa menitipkannya pada ibu, saudara, atau bahkan teman perempuan. Ketika Anda dapat giliran, uang hasil arisan bisa digunakan untuk menambah tabungan liburan. Lumayan, kan?
4. Memanfaatkan Sistem Tabungan Autodebet
Selain menabung dengan celengan dan arisan, sistem tabungan autodebet juga bisa Anda manfaatkan. Sistem ini akan secara otomatis memotong uang dari rekening Anda setiap bulan selama waktu yang ditentukan. Potongannya sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan sekaligus kebutuhan. Misal, jika Anda ingin menabung 10 ribu per hari, berarti akan terpotong kurang lebih 300 ribu setiap bulan. Hasil akumulasi beserta bunganya bisa Anda ambil ketika waktu sudah jatuh tempo.
Selain di bank, investasi ini juga bisa dilakukan melalui qazwa.id; sebuah platform investasi syariah yang sudah terdaftar di OJK. Di sini, Anda bisa berinvestasi tanpa riba dan sesuai dengan syariat Islam. Tak hanya berupa deposito, setidaknya terdapat 5 jenis investasi lain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jadi, bagaimana? Yuk, wujudkan impian berlibur ke Paris dengan menyiapkan tabungan liburan dari sekarang!

2 comments:

  1. Saya kepengen nabung 10rb perhari buat beli ps hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin menabung buat beli sesuatu atau untuk liburan itu bagus. .

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup