Monday, September 9, 2019

ISTILAH DALAM USG DAN TES DARAH YANG DISARANKAN UNTUK BUMIL


Ketika seorang Ibu Hamil, Dokter kandungan akan menyarankan kontrol via USG setiap bulannya, agar tahu perkembangan janin, juga berat badan dan tinggi badan janin. Selain itu untuk mengetahui plasenta ibu dan air ketuban. Agar kita makin paham hasil USG dan bisa membaca sendiri di rumah, selain penjelasan dari Dokter kandungan, berikut cara membaca hasil USG :
1. LMP/Last Menstrual Period
LMP, sama dengan HPHT/ Hari Pertama Haid Terakhir, untuk mengetahui perkiraan kelahiran bayi.
2. EDD/Estimated Delivery Date 
EDD, sama dengan HPL/Hari Perkiraan Lahir, HPL ditentukan berdasarkan HPHT, EDD akan  ditentukan berdasarkan LMP.
3. GS/Gestational Sac.
GS menunjukan ukuran kantung amnion di trimester awal, ukuran amnion ini diukur melalui ukuran bulatan hitam yang merupakan cairan amnion.
4. FHR/ Fetal Heart Rate
FHR yaitu frekuensi detak jantung bayi, jantung adalah organ pertama bayi yang mudah dideteksi sejak masa awal kehamilan.
5. FW/Fetal Weight 
FW berat janin yang menjadi indikator status pertumbuhan janin. Berat janin bisa diketahui bersamaan dengan nilai Indeks Cairan Amnion atau AFI/Amnion Fluid Indeks, dan beberapa ukuran kehamilan lainnya seperti BPD, FTA dan FL.
6. CRL/Crown Rump Length
CRL menunjukkan ukuran panjang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki bayi, untuk mengukur panjang janin pada trimester awal kehamilan.
7. GA/Gestasional Age 
GA perkiraan usia kandungan, GA diukur dari panjang lengan, panjang kaki dan diameter kepala janin.
8. HC/ Head Circumferencial 
HC, ukuran lingkar kepala janin. Lingkar kepala janin menjadi tolak ukur tumbuh kembang janin.
9. AC/ Abdominal Circumferencial
AC, lingkar perut janin.
10. BPD/ Biparietal Diameter
Nilai BPD menyatakan ukuran tulang pelipis kedua sisi janin, hasil BPD baru ada jika usia kehamilan masuk trimester 2 dan 3.
11. EFW/ Estimated Fetal Weight
EFW, perkiraan berat bayi dalam gram.
12. FL/ Femur Lenght
FL, indikator untuk mengukur panjang tulang paha bayi, FL baru terlihat di trimester 2 dan 3.
13. FTA/ Fetal Trunk Abdominal
FTA, untuk mengukur panjang badan di trimester 2 dan 3.

Jadi aku sejak usia kehamilan 1 bulan sampai 7 bulan ini rutin USG dan kontrol kehamilan dengan dokter kandungan, kadang di RS Sentra Medika Cibinong, kadang di RSIA Taman Yasmin Bogor.
Biaya konsul dokter kandungan di RS Sentra Medika Cibinong : Rp 130.000 kalau di RSIA Hermina Taman Yasmin Rp 205.000 , USG plus print : RS Sentra Medika Cibinong Rp 150.000, kalau RSIA Hermina Taman Yasmin lebih mahal, tetapi hasil USG lebih jelas dan komplit. Ketika bulan ke-5 dan ke-6 USG di Hermina, keliatan dedek bayi InsyaAlloh perempuan, tetapi selama USG di Sentra Medika tidak terlihat, bahkan usia kandungan 7 bulan kemarin hehe. 


Tes Darah untuk bumil di trimester 3 dianjurkan oleh dokter kandungan, untuk diagnosa klinis. Sehingga jika golongan darah dan ibu beda, tidak ada masalah buat kesehatan ibu dan bayinya.
Berikut 5 tes darah buat bumil  yang disarankan dokter kandungan :
1. Hematologi  seri DHF (Hb, Ht, leuko, trombo)
Tes ini untuk mengetahui apakah kadar hemoglobin dalam sel darah merah ibu hamil normal atau terlalu sedikit, jika terlalu sedikit berarti anemia. Juga untuk mengetahui jumlah sel darah putih, jika meningkat sel darah putih bumil, artinya ada infeksi.
2. Hematologi (golongan darah/ Rh)
Tes golongan darah dilakukan untuk mengetahui golongan darah (A, B, AB dan O) dan resus darah ibu hamil positif atau negatif. Jika resusnya bumil beda dengan janin maka ibu hamil akan diberi suntikan imunoglobulin, untuk mencegah pembentukan antibodi yang dapat menyerang darah janin.
3. Karbohidrat (gula sewaktu)
Pemeriksaan kadar gula darah ibu hamil biasanya dilakukan di trimester 2, tetapi jika bumil overweight dilakukan sejak trimester 1, aku di trimester 3 karena BB aku dan debay normal. Untuk cek apakah ada diabetes gestasional atau tidak.
4. Hepatitis (HBsAg)
Untuk mendeteksi virus hepatitis B sejak dini, dan mendapatkan pengobatan jika hasil tesnyanya positif. Jika bayi kena harus segera diimunisasi hepatitis B paling lambat 12 jam setelah lahir. Karena virus hepatitis B menyebabkan penyakit hati yang serius.
5. Infeksi Lain (Anti HIV)
Infeksi HIV penyebab AIDS bisa menular dari ibu ke janin, atau saat melahirkan dan menyusui. kenapa perlu dilakukan karena Indonesia termasuk negara dengan angka kasus HIV tinggi.

Total biaya 5 tes diatas kalau di RS Sentra Medika Cibinong sekitar 1,1 juta rupiah, kalau RSIA Hermina Taman Yasmin lebih mahal, tapi dapat diskon sebesar 10 persen jika kita sudah booking kamar VIP untuk lahiran sebesar 25 ribu rupiah.
Alhamdulillah kehamilan pertamaku setelah menanti 10 tahun ini, terjadi secara alami karena kuasa Alloh, dan mungkin usaha dan doa kami selama ini tidak ada yang sia-sia. So far so good kata Dokter Florencia dokter kandunganku mah, baik aku dan dedek bayi dalam kandunganku. 



32 comments:

  1. Tunggu hari kelahiran aja ya, semoga tetap sehat dan diberikan kelancaran proses kelahirannya nanti ya Vit

    ReplyDelete
  2. Banyak banget ya istilah penting gini, penting buat dicatet calon mommy nih. Jangan sampe salah ngerti soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jika kita ngerti baca hasil usg jadi lebih paham mengenai bayi kita :)

      Delete
  3. Semoga lancaaarrr berkah berlimpah
    sehaat2 semuanyaaa ya Mba
    aamiin aamiin ya robbal alamiin
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Semoga sehat selalu dan lancar lahirannya ya mba.
    Noted buat istilah-istilahnya, nanti suatu hari aku pun akan mengalami masa-masa kehamilan seperti mba. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allohumma Aamiin, iya mbak semoga bermanfaat ya, sekalian aku juga nyimpan catatan ini biar ingat selalu :)

      Delete
  5. MashaAllah...
    10 tahun penantiannya.

    Barakallahu fiikum.
    Sehat-sehat bayi dan ibunya. Lancar lahirannya..

    ReplyDelete
  6. Aku ga pernah perhatiin istilah2 kalo lagi di USG gini. Wah, udah ketahuan ya jenis kelamin debaynya. Semoga lncar dan sehat semuanya sampe lahiran nanti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ika aku mah saking antusias ampe diapalin kalau nanya dokter kandungan ini artinya apa aja heuheu..Iya InsyaAlloh, Aamiin :)

      Delete
  7. Tetehkuuu sayaaaangggg...
    Semoga selalu sehat ya buat teteh sama debaynya... kapan2 gantian teteh yang maon ke rumah aku hahahahahs

    ReplyDelete
  8. Banyak juga tesnya yang harus dilakukan ibu hamil, sampai 5 tes gitu. Memang tergantung dokternya juga ya, kadang ada juga bumil yang nggak disuruh tes kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di RSIA Hermina dan RS Sentra Medika sama dokter Florencia disuruh lakukan tes itu :)

      Delete
  9. Walahh banyak juga istilahnya yaa mbak.
    Yang begini ini emang harus dicari tau sih, biar paham & gak salah periksa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau salah periksa mungkin enggak kali ya, aku aja dijelaskan dokter kandunganku,makanya jadi ngerti dan paham arti istilah dalam usg :)

      Delete
  10. Wuah..bumil sudah memasuki bulan ke 7, sehat2 terus ya. Aku ga begitu paham istilah2 USG gitu, ternyata ada beragam rangkaian tes juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah kak Siti, aku aja baru paham sejak hamil dan diusg ini kok hehe.. Iya hanya untuk memastikan bahwa ibu dan bayi sehat tidak ada kendala apa pun juga :)

      Delete
  11. Sehat selalu ya mbak, semoga persalinannya nanti lancar jaya...

    ReplyDelete
  12. Aku sih ga paham istilah istilahnya mba. Cuma setiap usg aku bawel banget tanya: lingkar kepala, otak, tulang punggung, denyut jantung, kondisi semuanya, berat janin, dll yang kalau ada apa-apa segera ketahuan. Dan masa hamil ini memang paling ngeri, takut kenapa kenapa aku tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang istilah itu juga mewakili itu semuanya kok mbak. Iya bukan ngeri gimana lebih tepatnya was-was dikit kali ya, takut ada apa2 jika hamil setelah nunggu lama dan usianya diatas 35,aku juga ini 37 setelah 10 tahun menanti dan lahiran mau 38 :)

      Delete
  13. Sudah cek cek darah ya mba, biasanya nanti sama urine juga untuk lihat protein urinnya. Jadi belajar lagi nih istilah dalam USG. Kudu tau biar smp rumah gak pusing ini hasilnya apaan gitu ya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sudah tinggal ambil hasilnya kamis besok saja, ya aku suka aja belajar hal baru, jadi selain tanya dokter kucatet plus kutulis disini biar inget artinya apa, istilahnya hanya dalam bahasa inggris saja sebetulnya dan singkatan, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia ya mudah dipahami kok hasil usgnya heuheu. Iya semoga hasilnya bagus semua normal, Aamiin..

      Delete
  14. Alhamdulillah, ikut berbahagia membacanya. Setelah 10 tahun dan yang dinanti lahir ke dunia ya mba. Terima kasih info2nya ya. Sehat-sehat selalu yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih mbak ima, Aamiin, Alhamdulillah kalau infoku bermanfaat :)

      Delete
  15. wah, bermanfaat seklai tulisan ini, bsia buat ponakan aku yang baru hamil muda, butuh banget informasinya. kalo saya up dulu, biar tiga anak saja, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat mbak.. Iya Alhamdulillah anak itu rezeki, anugrah dan amanah ya mbak..aku mah baru anak pertama ini mbak :)

      Delete
  16. Sudah dua tahun lebih dan saya lupa sama semua istilah itu kecuali HPHT aja yang masih ingat mba. Duh, senangnya ibu hamil. Semoga sehat dan lancar sampai hpl nanti ya. Aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup