Monday, January 7, 2019

DUA PULUH TEMPAT DI SEMARANG YANG KUDU DIKUNJUNGI

1. Mesjid Agung Jawa Tengah

Semarang kota yang kutinggali selama 9 tahun penuh kenangan, terutama tempat wisatanya. Harga tiket masuk yang murmer dan kalau di Semarang dari Timur ke Barat, Utara ke Selatan bisa ditempuh dalam satu jam perjalanan saja karena 2009 sampai 2017 gak begitu macet. Tetapi macet itu daerah Bandungan terutama kalau libur panjang. 
Setelah mengumpulkan foto kenangan tempat wisata dan dalam rangka menyambut ultah Gandjel Rel,  komunitas blogger perempuan Semarang,  aku tulis nih dua puluh tempat wisata yang kudu dikunjungi kalau ke Semarang. Yang pertama yaitu Mesjid Agung Jawa Tengah, mesjid yang payungnya mirip payung di Mesjid Nabawi Madinah,  sudah lima kali kesini,  pas solat Idul Adha dua kali,  bareng keluarga Garut satu kali dan keluarga Ponorogo satu kali dan ikutan pengajian.  Selain untuk solat dan ikut kajian di MAJT ini bisa juga naik lift di menara pandangnya, bisa lihat pemandangan dari atas menara, akan terlihat kota Semarang bawah dari atas sini. 

2. Gua Kreo dan waduk jatibarang

Di Waduk Jatibarang ada Gua Kreo, banyak kera disini, dan kalau gak salah ada wisata selfie wefie kaya di atas awan disini.

3. Pantai Tirang

Pantai Tirang berada dekat bandara Ahmad Yani Semarang, masuknya lewat perumahan Graha Padma,  pantainya bisa dipakai renang di pinggir pantainya atau main pasir di pesisir pantai kaya aku waktu itu. 

4. Pantai Marina

Pantai Marina, disini suka ada kapal pesiar yang berlabuh,   ada kuliner di pinggir pantai dan suka ada yang mancing ikan, juga menabur abu jenazah ke pantai Marina ini, istilahnya dilarung, sudah tiga kali kesini, berdua suami dan bersama keluarga Garut dan Ponorogo. Kalau mau lihat sunset saat jelang Magrib dan cuaca cerah bagus banget di pantai Marina. 

5. Pantai Maroon

Pantai Maroon waktu itu masih bisa kesini namun jalannya agak berdebu, entah sekarang mungkin sudah bagus. 

6. Kawasan Kota Lama

Kawasan kota Lama ikonnya adalah gereja Blenduk ini yang sudah ada sejak jaman Belanda dulu, dekat kawasan kota lama ada taman Srigunting dan pasar barang antik. Juga suka ada kegiatan Semarang night carnaval atau ikut komunitas jalan kaki menelusuri jalur segitiga emas dan jalur trem jaman dulu di dekat kawasan kota lama asyik loh walau capek heuheu. Di kota Lama aku suka gelatto buah Spiegel, dan banyak bangunan tua bersejarah juga museum disini. 

7. Curug Lawe dan Benowo

Curug Lawe dan Benowo di kabupaten Semarang, di desa Kalisidi tepatnya. Untuk menempuh curug Lawe dan Benowo lebih baik pagi hari atau siang, jangan sore jelang malam, karena waktu tempuh sangat lama untuk naik ke curug Lawe dan Benowo ini dan butuh waktu untuk turun sebelum gelap. Jalur trekking dan hiking curug Lawe dan Benowo beda,  walau capek keindahan curug mengobati rasa lelah itu. 

8. Eling Bening

Eling Bening di kabupaten Semarang ada kuliner,  pemandangan dari atas Eling Bening melihat ke bawah kabupaten Semarang, terlihat gunung, bisa menyaksikan sunset,  dan sawah. Ada juga kolam renang di Eling Bening.  Ngemil tempe mendoan dan goreng pisang nikmat dengan teh hangat atau kopi disini sambil menikmati suasana. 

9. Umbul Sidomukti

Kolam renang tertinggi ini sejuk udaranya,  ada flying fox dan bisa berkuda disini. Ada restoran juga penginapan disini. 

10. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco disebut TMII-nya Jawa Tengah,  selain ada anjungan rumah adat Jateng juga terdapat trekking mangrove disini. Bisa juga naik perahu kayu melewati jembatan harapan di Puri Maerokoco ini. 

11. Museum 3D Old City

Museum 3D old city ini berada di kawasan kota lama, bisa berfoto ria tiga dimensi disini. 

12. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm ini adalah kebun bunga krisan warna warni,  terdapat beberapa spot selfie dan gardu pandang disini. 

13. Kampung Krisan Clapar

Turun dari Setiya Aji bisa mampir kampung krisan Clapar, jenis bunga krisannya lebih sedikit dari Setiya aji,  cuma ada ternak kelinci dan hamster juga gardu pandang disini. 

14. Air terjun menari saat PRPP dan di BKB

Setahun sekali PRPP Semarang suka ada festival dan pameran, selama di Semarang kesini udah tiga kali. Dan yang menarik ada pertunjukan dancing fountain atau air mancur menari dengan lagu enak didengar di jam tertentu,  bagus pokoknya, setiap tahun beda lagu dan beda gerak tarian air mancurnya. Nah yang baru dibuka air mancur menari di BKB alias Banjir Kanal Barat,  aku belum lihat langsung yang di BKB ini. 

15. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia juga berada di kawasan wisata Bandungan,  terdapat miniatur wisata dunia di sini, seperti miniatur rumah hobbit, miniatur patung Marlion dan miniatur menara Eiffel dan kincir angin ada disini. 

16. Santosa Stable

Santosa Stable, untuk menuju kesini mobil bisa gantian karena cukup sempit, gerbang depannya ada seperti sungai unik,  dan bisa berkuda disini,  kudanya banyak dan ada kuda poni juga,   terdapat restorannya juga disini. 

17. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, mau berkuda mengitari ke sembilan candi yang dari satu candi ke candi lainnya itu cukup jauh dan menanjak, atau jalan kaki jauh juga naik ke atas dan ketika turun ke bawah. Konon katanya jika sampai dari candi yang pertama ke candi yang kesembilan segala keinginan kita bisa terkabul mitosnya. Disini ada  yang jual sate kelinci dan jagung bakar. 


18. Lawang Sewu

Pernah masuk ke dalam Lawang Sewu bareng tour guidenya dan keluargaku, kalau jelang magrib kita sudah harus keluar, disini dipercaya kuat aura mistisnya. Padahal dulunya kantor kereta api, ada penjara bawah tanah yang agak merinding kalau dekat tangganya aja gelap singup.


19. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong patilasan Laksamana Cheng Hoo,  orang tionghoa muslim,  dan kelenteng ini suka dipakai ibadah orang Kong Hu Cu. Sam Poo Kong melambangkan toleransi beragama. 

20. Taman Indonesia Kaya

Nah Taman Indonesia Kaya aku keburu pindah jadi belum sempet foto disini, nanti ya kalau ke Semarang lagi mampir sini. Dulunya disini adalah taman KB, sekarang dijadikan taman budaya.

Kalau GRes mau baca alamat lengkap sembilan belas wisata tadi bisa baca artikelku di blog ini dengan judul sama dan label travelling ya. Nah ini dia keduapuluh tempat yang kudu dikunjungi di Semarang.


30 comments:

  1. Wow ngeri mbak. 20 deatinasi, dirimu banyak menabung kenangan indah ya disini. Sama, aku juga susah move on dari Jakarta nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak yuli kan di Semarang lama 9 tahun, makanya udah kujelajahi 20 tempat wisata ini, buat kenangan karena memang ada rencana pindah, dan benar pindah di tahun ke-10 ke Jakarta, aku betah di Jakarta walau macet karena dekat ma ortu dan adik2ku heuheu

      Delete
  2. Vita baru berapa tahun di Semarang, tapi kompliiiit jelajah wisatanya. Aku ikut bahagia lihat foto-foto Vita dengan berbagai destinasi wisata di Semarang. Menjadi kenangan indah kota tercinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. 9 tahun mbak wati, huum lumayan itu 20 wisata di Semarang udah kujelajahi, beberapa di Yogya dan Solo heuheu, Alhamdulillah mbak wati :)

      Delete
  3. Aku banyak yang belum kudatangi vit dari 20 destinasi ini ntar ah ajak pak bagus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh mbak dedew kan dari ungaran dekat itu, iya ajakin pak bagus ama kak nai dan alde ya 😊

      Delete
  4. Ternyata banyak yg belum kukunjungi hahaha. Pengen banget ke air terjun kayaknya suasana asri dan sejuk. Kalo pantai maroon dah prnah kalo ga salah yg lewat bandara itu ya. Akses ke sana kurang bagus ya, pantainya juga kurang terawat. Moga sekarang udah lbh bagus lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum ayo jelaji mbak mi, pantai maroon memang kurang bagus aksesnya, pantai tirang mayan masuk dari graha padma, iya ayo ke curug ntar bayi sarah udah gede, soalnya capek jalannya itu ke curug lawe ma curug benowo mah heuheu..

      Delete
  5. Wah belum semua nih aku rasanya Pantai, Umbul Sidomukti, tamna taman bunga serta Candi nih yang bakal aku datangin. Ih indah dan menarik semua ini.

    ReplyDelete
  6. Selain tempat wisata, yg bikin kangen di Semarang itu kulinernya Mba.....banyak macamnya dan enak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul selain tempat wisata, juga kulinernya, ntar kutukis juga kulinernya, selain enak murmer kalau di Semarang mah heuheu..

      Delete
  7. Ternyata banyak juga tempat di Semarang yang belum kukunjungi. harus diagendakan kalau pulkam nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cuzz agendakan dan realisasikan rin bersama anak2 dan bapaknya anak2 heuheu. .

      Delete
  8. Kayakmya aku tertarik untuk jalan ke kota lama deh mbak. Pasti banyal makanan enak di sana. Ntah mengapa kok aku jadi ingat makanan ya ckckckckkck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kawasan kota lama sekarang makin ciamik dengan lampu kerlap kerlip di malam hari heuheu.. Iya kukinernya teko deko, gellato spiegel dan banyak sekitar gereja blenduk enak-enak dan terjangkau harganya :)

      Delete
  9. Aku juga banyak kenangan tertinggal di Semarang, Vit. Ah jadi pengen ke sana deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kapan-kapan ya mbak din kita mampir ke Semarang lagi dan semoga bisa ketemu lagi ya :)

      Delete
  10. Aduh mupeng banget lihat 20 tempat wisata di semarang. Kapan ya kesini? Masjid Agung Jawa Tengah, Pantai Tirang, Kota Tua duh pengen kesana bareng keluar. Wisata kota Semarang banyak juga ya. Semoga bisa kesana kapan-kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak, dan harga tiket masuk dan kuliner di tempat wisatanya juga terjangkau harganya :)

      Delete
  11. Aku sudah lama pengen banget ke Semarang karena katanya banyak tempat wisata yang bagus dan instagramable, kayak Lawnag Sewu, Masjid Agung, Sam Poo Kong

    ReplyDelete
  12. Banyak dan semuanya kece ya mbak vit, aku masih penasaran sama air mancur yg baru tuh. Belum nyampe sana euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kece dan murmer wisata semarang mah, aku pun air mancur BKB baru itu belum melihat secara langsung heuheu. .

      Delete
  13. WAh Semarang emang mantul ya mbak,,, mulai dari wisata alam sampai ke religi...
    foto foto saya yang pas di curug lawe hilang ditelan harddisk yang rusak. wkwkwkw.. padahal perjuangan buat bisa sampe ke curugnya ngga main main yaaa :D
    ..
    salam kenal dari kabupaten Kendal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul semarang dan kabupaten semarang banyak wisata alam dan religinya, wah sayang banget huum capek mayan naik turun curug lawe dan benowo itu heuheu..

      Delete
  14. Wuih mbak Vita, komplit banget. Aku cuma berapa ya yg ada di list itu, mungkin separonya nggak ada. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh mbak lulu dijelajahi lagi semarangnya heuheu..

      Delete
  15. Kalau wisata kotanya biasanya yang paling populer apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lawang sewu sam poo kong itu dekat kota semarangnya, semua yang kutulis ini juga hits di semarang dan kabupaten semarang..

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup