Saturday, October 13, 2018

UMAMI, EAT WELL and LIFE WELL

Dokpri. 

Hari Sabtu kemarin bertempat di Kapulaga resto Dayang Sumbi Bandung, ada acara blogger gathering eat well live well. Makanan berfungsi memberikan zat-zat gizi yang dapat membantu memelihara kesehatan dan memperpanjang usia serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Dalam mengolah citarasa makanan agar menjadi lezat diperlukan juga bumbu yang menguatkan rasa makanan. 

Dokpri.

Dalam rasa ada 5 rasa yaitu pahit, asam, manis dan asin juga ada Umami/gurih. MSG/monosodium glutamat telah digunakan lebih dari satu abad untuk memberikan rasa gurih/umami yang lezat dalam makanan. Komponen ini banyak terdapat di daging, sayur-sayuran, unggas dan susu. 

Dokpri. 

Ajinomoto adalah penyedap rasa yang dibuat melalui proses fermentasi (proses yang bisa digunakan untuk membuat tempe, kecap, terasi) dengan bahan baku utama tetes tebu pilihan. Berstandar internasional di bawah lisensi Ajinomoto, Jepang sebagai perusahaan pertama yang memproduksi penyedap rasa sejak1909.
Orang Jepang dulu meneliti untuk perbaikan gizi mereka dan rasa enak, berasal dari dashi atau kaldu dari rumput laut. 

Dokpri. 

Selama ini secara turun temurun dari nenek, mamah terus aku suka pakai produk Ajinomoto. Seringnya pakai saori saus tiram di tumis kangkung dan tepung bumbu sajiku buat bakwan, cumi dan ayam. Bumbu sayur asem dan ayam goreng juga praktis suka kupakai masak. Ada yang bilang kok lagi program hamil suka makan MSG sih, ternyata gak berbahaya kok untuk ibu hamil dan janin karena bumbu masak pengaruhnya ke kelezatan makanan berbagai masakan bergizi sehingga asupan ibu hamil pun jadi lebih baik. 
Ajinomoto mengandung asam glutamat, sedikit natrium dan air. Asam glutamat adalah salah satu asam amino penyusun protein yang ada di tubuh kita sendiri dan makanan sehari-hari. Terdapat di susu, daging, jamur, telur, tomat, kubis dan ikan. 

Dokpri. 

Kemarin profesor ahli gizi dari IPB juga menerangkan bahwa ajinomoto sesuai takaran secukupnya, bisa dikonsumsi oleh anak-anak karena komponen utamanya adalah asam glutamat yang ada di makanan sehari-hari dan ASI, ASI mengandung asam glutamat 50%.


Dokpri. 

Menurut mbak Datu sebagai parenting dan lifestyle blogger, ketika anaknya MPASI belum dikasih gula dan garam, tapi menu MPASI-nya yang agak langu ada kentang dan buncis, biar anaknya mau makan ditambahin sejumput sedikit msg agar kerasa umaminya, dan anaknya lahap. Dan makanan sehat juga perlu diperhatikan bahan masakan segar atau tidak, plus kalau makanan jangan dihangatkan berhari-hari, juga dalam pengolahan harus hygienis. 
Ajinomoto telah diakui aman dikonsumsi dalam batas wajar sebagai bumbu masakan, oleh Badan Kesehatan Dunia dan Departemen Kesehatan RI. 

Dokpri. 

Chef bersama mbak Anna seorang blogger mempraktekan menu masakan yang menggunakan Ajinomoto. Pembuatan Ajinomoto dari tebu menjadi tetes tebu, zat tebu diambil oleh bakteri fermentasi, fermentasi cara kerja bakteri fermentasi yaitu zat gula lalu bakteri mengeluarkan asam glutamat. Hasil fermentasi asam glutamat menjadi kristal monosodium glutamat lalu dikeringkan menjadi Ajinomoto. 

Dokpri. 

Masakan satu adalah plating ayam dengan keju mozarela plus beef smoked dengan sayuran wortel, buncis dan kentang dan kembang kol ala chef. Masakan kedua ada steak ayam sambel matah dengan sedikit ajinomoto agar lebih sedap. Masakan ketiga adalah mie kocok bandung dengan toge baso dan bawang goreng juga Ajinomoto. Dan makanan terakhir hasil platingku heuheu. 
MSG dengan sejarah terpanjang, diproduksi sejak tahun 1909, bersertifikat halal dari MUI yang selalu diperbaharui setiap  dua tahun sekali. Mempunyai standar kualitas international dengan beberapa sertifikat mutu yang diakui dunia (HACCP, ISO 9000,dll), dan telah dipercaya untuk melezatkan setiap masakan di lebih 100 negara. 

Aku memang pernah masak tanpa MSG rasanya hambar, suka pakai masako karena alami dan lengkap,  praktis, ekonomis dan bisa digunakan untuk menu masakan beragam. Proses pembuatan masako dari daging ayam dan sapi, lalu daging direbus, dipisahkan tulang dan penggilingan daging, penyeleksian bumbu dan rempah,  pencampuran dan granulasi,  pengeringan, pengemasan, pengemasan dalam karton juga penyimpanan dan pengiriman. 

Fungsi MSG pada makanan adalah :
  1. Memperkuat rasa pada makanan. 
  2. Menambah total intensitas rasa pada makanan. Kualitas rasa yang dibawa oleh MSG adalah berbeda dengan 4 rasa macam dasar. 
  3. Mempertinggi karakteristik rasa tertentu pada makanan dalam hal kontinuitas, pengaruh yang kuat, kelembutan dan kekentalan. 
  4. Mempertinggi rasa yang khas pada makanan jenis daging (sapi atau ayam) .
  5. Mempunyai efek rasa yang sama pada air kaldu daging meskipun dikatakan MSG tidak memberikan efek aroma. 
  6. Menambah kelezatan pada makanan. 
Dokpri. 

Asam glutamat merupakan salah satu asam amino pembentuk protein dalam tubuh, sedangkan monosodium glutamat merupakan asam glutamat bebas yang berionisasi dengan natrium membentuk garam sodium L-Asam glutamat. MSG memiliki peranan di otak, sekresi enzin dan hormonal di sistem pencernaan, usus besar dan hati. Penggunaan MSG tersebar di Cina, Eropa, Amerika Serikat, Korea, Jepang, Indonesia dan Thailand. 
MSG termasuk ke dalam BTP/Bahan Tambahan Pangan, MSG merupakan BTP penguat rasa yang telah diizinkan penggunaannya. Kajian keamanan MSG telah banyak dilakukan oleh berbagai lembaga international. Berdasarkan kajian ilmiah tersebut, disebutkan bahwa MSG aman dengan nilai ADI tidak dinyatakan. 

Keseruan acara kemarin, foto dua atas dokpri,  foto dua bawah kredit dari buncha dan mbak popo. 

Jadi sebetulnya buat yang diabetes, darah tinggi dan ingin sehat, yang benar adalah diet sesuai porsi makanan sehat dan seimbang gizinya, mau bumbu apa pun asal mengolahnya benar akan jadi bermanfaat untuk tubuh kita. Makan secukupnya jangan berlebihan dan perhatikan asupan gizi, bumbu juga kebersihannya dalam pengolahan.




4 comments:

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup