Tuesday, November 21, 2023

Digitalisasi BRI Dan Pelaku UMKM


Inget BANK Rakyat Indonesia/BRI inget almarhum Bapakku, 
karena almarhum Bapak seorang Pensiunan Pegawai Negeri Sipil/PNS, dimana setiap bulan gajinya masuk ke rekening Bapak melalui BRI. Selain itu alasan Bapak almarhum pilih BRI, karena banknya dekat rumah jadi  tinggal jalan kaki ke depan kalau ambil gaji pensiunnya. Bapakku itu orangnya kreatif walau punya penghasilan tetap tiap bulan dari gaji PNS, dari sejak masih aktif sampai pensiun punya penghasilan sampingan dari sewa mesin molen untuk aduk semen, yang bangun rumah atau bangunan lainnya sering sewa ke Bapakku, dan karena hobinya permesinan, pernah juga buka bengkel di garasi rumah, dari jual beli mobil bekas sampai bengkel, dari perbaiki mobil, motor bahkan sepeda

Bahkan sampai Bapakku wafat di 2021 lalu, tak lepas dari urus-urus dokumen dan hak tunjangan almarhum melalui BRI. Dari uang tunjangan kematian, 3 bulan gaji full dan gaji pensiun diwariskan kepada Mamahku. Pokoknya Alhamdulillah dari ambulans, pemakaman, untuk batu nisan dan sampai tahlil 100 harinya ada cukup dari tunjangan itu. BRI pun sangat kooperatif bahkan urus-urus melalui online dan telfon, lalu lanjut dateng langsung semua proses dibantu sampai beres tuntas. Memang beneran deh slogan BRI untuk Rakyat Indonesia itu.


Dan ternyata BRI pun suka ada pinjaman modal untuk pegiat pengusaha UMKM loh. Banyak yang terbantu modal usaha dengan pinjaman dana dari BRI, contohnya pengusaha kerajinan lokal, pengusaha kuliner khas daerah dan sebagainya.

Sekarang itu udah zamannya serba digital, BRI pun digitalisasi, salah satunya adanya BRImo BRI aplikasi, tinggal instal mau hp android atau iphone bisa. Belanja lupa bawa dompet dan kartu ATM, ada Qris BRI, asal hp jangan lupa dibawa dan ada quota internetnya saja. Mau buka rekening BRI dan registrasi BRImo gak usah ke cabang BRI juga bisa langsung di aplikasi ini. Bisa transfer lintas negara dan isi saldo BRIZZI gak usah ke ATM atau bank. Mudah kan asal jangan lupa ada saldo pastinya di rekening BRI kita ya kan. BRImo ini Qrisnya bisa dipake transaksi di luar Indonesia yaitu Asia loh, makin memudahkan nasabah BRI kan.


Nah gimana jika ada kendala nih pas transaksi di BRImo, tinggal Tanya Sabrina aja ya, langsung ikuti panduannya di fitur chatnya. Ya kan membantu sekali sistem digitalisasi BRI ini, contohnya ketika kami ngurus uang pensiun dan tunjangan kematian almarhum Bapak, kita bertiga kakak adik tinggal di 3 kota berbeda dengan Mamah bisa lancar prosesnya dan uang langsung masuk rekening BRI Bapak. Bahkan sistem digitalisasi sangat bantu pelaku UMKM yang suka kirim barangnya ke luar negeri, pembayaran kan bisa lintas negara. Jadi BRI sekarang itu makin canggih gak hanya untuk gaji pensiun atau pencairan BLT saja.

BRI itu sudah ada di Indonesia selama 128 tahun loh, Sejak tahun 1895, BRI terus melayani dengan setulus hati memberikan pemberdayaan kepada UMKM untuk terus tumbuh menjadi hebat dan kuat. Di samping itu
BRI terus meningkatkan layanan dan melakukan transformasi digitalisasi untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia. Dan
BRI pun menjadi induk bagi ekosistem bisnis ultra mikro bersama Pegadaian untuk memberdayakan segmen ultra mikro dan UMKM di Indonesia, 35 juta nasabah BRI dari unbankable menjadi bankable, terus berkembang kan selama 128 tahun ini. Tak hanya itu BRI terus melakukan transformasi pada culture dan digital untuk menjadi bank yang memimpin laba terbesar di Indonesia.


Almarhum Bapakku nabung pensiun dan gajinya dulu di BRI Britama ini, sampai saat ini sisa setengah gaji hak Mamahku sebagai istri almarhum. MasyaAllah ya walau raganya sudah tiada kata Mamahku Bapak masih nafkahi Mamah melalui gaji pensiun PNS-nya. BRI sebagai bank yang komitmen melaksanakan ESG di Indonesia terus berinisiatif seperti green financing pemberdayaan masyarakat, BRI menanam dan sebagainya. Maka oleh karena itu BRI terus meningkatkan layanan dan melakukan tranformasi digitalisasi untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia. Met ultah yang ke 128 ya BRI, terus mempermudah dan membantu Masyarakat Indonesia dalam hal Perbankan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup