Pulau panjang dari pantai kartini dan bandengan jepara


Pantai Kartini terletak di Kabupaten Jepara, dari rumahku Plamongan Indah Semarang kurang lebih 2 jam lewat jalan alternatif mranggen demak lalu jepara.
Ciri khas pantai Kartini ada kura-kura raksasa dimana isinya serba serbi tentang ikan dan hewan laut lainya, dan kura-kura ini pun menjadi ikon pantai Kartini.


Pantai Kartini jaraknya ke pantai bandengan kurang lebih 7 km, cukup dekat kalau ditempuh dengan motor atau mobil.


Di pantai Kartini disediakan perahu boat untuk menyebrang ke Pulau Panjang, 2015 lalu aku sudah pernah ke pantai bandengan, nah kali ini justru penasaran dengan Pulau Panjang, kita ke Pantai Kartini karena menyebrangnya lebih dekat daripada dari pantai bandengan.
Gerbang masuk pantai Kartini juga dekat dengan dermaga kapal laut yang mau ke Karimun Jawa.
Masuk ke Pantai Kartini cukup dengan 7 ribu per orang saja dan parkir mobil 5 ribu rupiah saja.


Satu orang naik perahu boat dari pantai Kartini ke Pulau Panjang hanya 20 ribu rupiah saja sudah pulang pergi, begitupun kalau kita naik perahu dari pantai bandengan sama harganya, tapi hal penting yang harus diperhatikan, jangan sampai kita lewat jam 4 sore pulang dari Pulau Panjang karena sudah tidak ada perahu, dan jangan sampai naik perahu jurusan salah, karena ada perahu ke pantai kartini dan pantai tirto samudro bandengan.


Kalau dari pantai Kartini ke Pulau Panjang sekitar 15 menit sampai 20 menit. 
Kalau dari Pantai Tirto Samudro Bandengan ke Pulau Panjang sekitar 25 menit sampai 30 menitan, karena jaraknya lebih jauh.


Di Pulau Panjang ini ada makam Syeikh Abu Bakar Bin Yahya Ba'Alawy, menurut penjual di sekitar makam, beliau termasuk yang menyebarkan agama Islam disini.


Di Pulau Panjang kita bisa juga camping dan snorkling.


Pantai Utara Jepara memang indah dengan pasir putihnya, birunya langit dan ombaknya yang tenang, tapi karena lautnya dalam tidak boleh berenang disini.


Selain perahu boat buat para wisatawan, ada juga perahu nelayan.


Di pesisir pantai ada gerai oleh-oleh seperti baju yang bertuliskan pantai Kartini sekitar 25 ribu sampai 35 ribu rupiah, topi 20 ribu sampai 30 ribuan rupiah, dan beraneka jenis ikan laut yang sudah diasinkan.


Banyak anak penduduk setempat yang udah biasa berenang dekat dermaga mereka biasanya memungut uang receh yang kita lempar.


Masuk ke Pulau Panjang bayar lagi 5 ribu rupiah per orang, di Pulau Panjang kita bisa eksplor hutannya juga. Asyik juga loh.


Ada hutan pinus juga.


Spot paling kusuka dari Pulau Panjang ini adalah jalan menuju Long Wooden Pier, cuma karena lagi kemarau daunya banyak yang sudah rontok.


Ini dia Long Wooden Piernya, disini betah banget memandang luas langit, melihat luasnya laut dengan angin sepoi-sepoi.
Alhamdulillah yaa sesuatu pisan, bikin fresh pikiran dan plong hati. Sayangnya kawat penahan batu kalinya sudah pada jebol, hati-hati kalau pakai sendal bisa tertusuk kawat.


Disini lautnya gak terlalu dalam, tapi di ujung sana sudah mulai dalam, tetap gak boleh berenang disini.
Indah ya ciptaan Alloh, Subhanalloh.


Nah ke pantai tirto samudro ini karena insiden salah naik perahu, sudah tanya tukang perahu mas tadi kita naik perahu no.15, ini kok pulang jadi no.6, dia bilang sama saja, sudah di tengah-tengah laut baru kita ngebatin dan berbisik kok rutenya jadi jauh dan gak kelihatan ikon kura-kura raksasa, kata prnumpang lain ini mah ke bandengan, waduk kita heboh dan panik heuheu mobil kan di kartini.
Tadinya pas naik perahu aku ngotot mau solat dzuhur dulu, cuma kata bapakku naik aja nanti lama lagi naik perahu hehe.


Nah sesampainya di tirto samudro bandengan ini kita langsung cari tempat buat solat dan toilet, plus minum kopi, Alhamdulillah ketika nanya sama bapak dan ibu penjual kopi ini, bapaknya nawarin nganter suamiku pakai motor buat ambil mobil ke kartini dengan tarif 25 ribu rupiah, tapi si bapak kenal dengan penjaga tiket, jadi kita gak usah bayar tiket masuk lagi.
Hikmahnya bisa menikmati 2 pantai sekaligus, dan ketika adzan berkumandang kita lebih baik solat dulu.
Dan si ibu pemilik musola, toilet dan kedai bilang, mbak, masnya dan ortunya termasuk bejo alias beruntung ketemu mereka katanya mau anter ke kartini, dan orang itu dimana pun berada jika suka baik sama orang lain, saat kesusahan pasti ada yang menolong lagi.
Apa yang kita tanam akan kita tuai, kata si ibu pemilik kedai, Alhamdulillah kami semua masih dalam lindungan Alloh.
Selama dalam perahu dan perjalanan, mamahku selalu mengingatkan untuk berdzikir, ya keadaan senang kita harus ingat Alloh, jangan pas lagi susah saja.

Nah gimana sahabat, mau ke pantai Kartini, pantai Bandengan dan Pulau Panjang bersama keluarga akhir pekan ini, wisata murmer tapi menyenangkan.







Komentar

  1. Wah ternyata cantik ya pantainya. Jadi pingin ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ada 3 pantai kartini, pulau panjang dan pantai bandengan

      Hapus
  2. Tempat wisata impian sekali ini. Saya belum pernah ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak semoga segera bisa kesini, biayanya pun terjangkau, tapi Pemandangan nya luar biasa

      Hapus
  3. Baru pernah sekali ke pantar Bandengan dari Blora tahun 2014, pantainya emang cantik banget. Pasirnya juga pasir putih kaya di Bali :D. Sayang waktu itu ga nyebrang ke pulau panjang karena salah satu temanku ada yang kecelakaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau bandengan kebih bagus dari kartini, paling bagus ya pulau panjang, semoga segera bisa kesini ya uzha 😉

      Hapus
  4. Beberapa kali ke Patai Kartini sama Bandengan tapi belum pernah ke Pulau Panjang, Mbak. Aku kok ngiler sama pemandangan Long Wooden Pier yo, Mbak. Kayak di luar negeri gitu. Kalau buat pemotretan kece abis itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus banget mbak ika, spot favoritku ini 😊

      Hapus
  5. Bulan depan mau ke Jepara, catet aaaah... mau datang ke tempat2 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak donna jangan samapi terlewatkan, murmer tapi indah pisan, sae pokokna mah moal kuciwa InsyaAlloh 😊

      Hapus
  6. Iya Vita, kudu nanya mau pulang ke Bandengan atau pantai Kartini. Aku dulu nanya2 dulu, takut kejadian kayak Vita. Tapi asik lah bisa dapat dua pantai tanpa sengaja ya.

    BalasHapus
  7. Wah tempat liburan yg asik ini
    Kunbal y

    BalasHapus
  8. bagus pantainya mbak, oya, itu banyak kapal nelayan ya?

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Hayu atuh mbak wuri, aku masih penasaran dengan Karimun Jawa nih

      Hapus
  10. Apik yo Mbak. Aku sering ke Jepara, tapi belum pernah mampir ke pantai2nya. Soalnya penuh banget kalo pas lebaran itu Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Wahyu, Jepara pantainya bagus, semoga lebaran taun depan atau liburan nanti bisa kesini ya

      Hapus
  11. Wah, pulau panjang makin kece! aku kesana udah 4 tahunan yang lalu waktu baru nikah, pengen kesana lagi deh jadinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Delman resto semarang

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang