Thursday, August 2, 2018

BEKAM


Setiap penyakit ada obatnya, maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh Bekam dengan izin Allah SWT. (HR. Muslim).

Bekam adalah sunah Rosul, Rosul menyunahkan kalau sakit berbekam dan minum madu. Pernah bekam 3 kali di BRC/Bekam Ruqah Center Padalarang Bandung, di klinik sehat Semarang dan BRC Pasar Minggu Jakarta. Yang dianjurkan sebulan sekali berbekam. Kita mah sih jedanya tahunan hihi. 


Bekam ada yang menggunakan sayatan silet dan tusukan jarum.  Selama ini kita mah dengan tusukan jarum.  Jarum harus steril dan hyigenitasnya terjamin. Tempatnya harus tertutup antara wanita dan pria/akhwat dan ikhwan dipisah.  Terapisnya harus yang sudah bersertifikat dan berpengalaman.  Jarum yang digunakan sekali pakai.
Kenapa suka bekam di BRC karena tempatnya bersih, jarum sekali pakai dan sterilitasnya juga terjamin. Kenapa harus steril, bekam kan akan mengeluarkan darah di dalam skopnya, agar tak tertular penyakit atau kuman dari pasien lain makanya pilih jarum sekali pakai. Di BRC scopnya biasanya sisterilasi dengan klorin dan air panas. 
Tahapan bekam, biasanya titik yang dibekam di punggung, pinggang, belakang leher, dan betis, kecuali misalkan ingin untuk kesuburan atau sakit maag, ditambah di titik belakang perut dan tulang ekor. Jika lagi batuk flu ditambah sinar infrared di dada enak hangat bisa meredakan batuk flu. 

Sebelum dibekam dipukul-pukul di bagian punggung dan betis dengan sapu lidi atau rotan, pukulnya sama terapis gak nyeri kok cuma dipukul lembut. Lalu dipijat di punggung dan betis.  Setelah itu diolesi alkohol punggung pinggang dan betis kita, lalu baru dengan alat tusukan jarum seperti bunyi staples dan rasanya seperti digigit semut. Lalu setelah itu discop dengan alat seperti gelas plastik, nanti bakalan merah dan keluar darahnya, dan ada embunnya jika masuk angin. Kalau yang bagian tidak ada keluhan darah mengalir lancar, agak mengental itu di bagian ada keluhan. Misal seperti aku pas batuk dan maag yang agak kental itu di bagian dada dan perut dan pinggang belakang kiri. Habis itu suka plong,  kenapa suka berbekam kadang kalau maag kumat ke dokter lambung malah tambah sakit dikasih obat seabreg dan antibiotik, batuk radang tenggorokan juga gitu kepala pusing disakasih obat sakit kepala dan antibiotik sama dokter, badannya masih gak karuan gak enak badan. Kalau abis bekam plong rasanya bisa istirahat tidur dengan nyenyak. 


Bekam itu mengeluarkan darah kotor di dalam tubuh kita, agar peredaran darah lancar dan badan kembali fit.

Gejala tubuh kita banyak racun/toksin : 
- mudah mengantuk dan mudah letih,
- sering gak enak badan/ tidak fit,
- sembelit,
- cepat marah/emosi,
- sakit otot sendi,
- darah tinggi,
- asam urat tinggi,
- gula darah tinggi.


Manfaat Bekam :
- mengeluarkan angin, toksin dan kolesterol,
- menghilangkan rasa sakit, 
- memulihkan fungsi tubuh, 
- melancarkan peredaran darah, 
- menjernihkan penglihatan, 
- meningkatkan daya ingat, 
- meningkatkan sistem imunitas tubuh. 


Waktu bulan puasa kemarin kita bekam, pas puasa kemarin gerd kumat, udah ke spesialis lambung dan dokter umum, ditambah batuk flu gak kunjung sembuh, juga pulang mudik capek kena radang tenggorokan. Terus disambung obat herbal teh mayang. Nanti kutulis terpisah pengobatan herbal teh mayang di blogku ya. 
Bekam mah murah meriah,  suamiku ambil pengobatan bekam BTU, administrasi dan tambah 3 titik karena sering pusing dan pegal betis total 110 ribu rupiah.
Aku pengobatan BIM dan tambah 8 titik di dada karena batuk flu dan untuk maag di belakang pinggang menuju perut dengan administrasi  total 155 ribu rupiah. Setiap nambah satu titik nambah 5 ribu rupiah.  Paket BTU dan BIM bisa bilang di kasir dan bagian administrasi sebelum diterapi,  sesuai keluhan kita nanti akan dipilihkan terapi apa yang cocok untuk pengobatan kita sesuai yang kita keluhkan. Yuk mau nyoba bekam buat kesehatan ke BRC saja,  gak sakit dan aman karena sudah ada sertifikat dari Dinas Kesehatan. 
BRC health center
Pusat kesehatan Islami cara Nabi
www.klik-brc.com


8 comments:

  1. Enak nih mba di Bekam, sayangnya disekitar rumah aku ga ada . Pasar Minggu lumayan deket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aku baru 3x di bekam seumur hidupku :)

      Delete
  2. Kalau bs peralatannya harus steril nih say karena berhubungan sm darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kan emang aku bilang di artikel ini kenapa memilih bekam di BRC karena terjamin sterilitasnya ��

      Delete
  3. Bekam penhobatan yang akan membawa manfaat kesehatan yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  4. belum pernah nyoba, tp nganter temen di bekam, katanya hbis dibekam badannya jd lebih enteng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali, kalau abis dibekam segar dan fit, kalau lagi sakit juga badanya jadi cepet pulih enakkan

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup