Monday, April 23, 2018

Tips Cemilan yang Sehat buat Anak

April 23, 2018 2 Comments

Aku memang belum punya anak kandung, tapi 3 keponakanku anak-anak adikku ini sudah seperti anak sendiri, Azka 2 tahun 8 bulan, Azkia 1 tahun 8 bulan dan Aruna 8 bulan.

Anak-anak ini sudah MPASI, dan selain ASI minum sufor.

Azka kesukaannya ngemil keripik tempe, pangsit dan kentang goreng juga es krim dan permen, buah sukanya cuma kelengkeng dan suka kue brownies.
Dan gak begitu suka sayuran dan buah lainnya.
Kacang-kacangan tapi suka.

Azkia kesukannya ngemil kue dan buah pepaya juga jeruk dan kerupuk kulit.
Suka sayur kacang dan ngemil kacang.
Es krim dan permen suka juga.

Aruna suka ngemil yang snack untuk batita yang gurih, makanan gak suka yang instan suka bubur bikinan sendiri dan suka semua sayur.


Nih ya kalau ketemu 3 bocah itu kalau minta permen kukasih Pindy Permen Susu.
Baca caption di instagram @pemenpindy_id
PINDY Permen susu ini sudah bersertifikat halal MUI. Dan sudah lulus uji BPOM, jadi aman dikonsumsi oleh anak-anak.
Rasanya juga gak terlalu manis.
Dan karena terbuat dari susu dan pewarna yang aman aku jadi gak was-was kasih permen pindy susu ke para keponakan tercinta.

Pindy Permen Susu ini pun rasanya ada coklat dan stroberi juga vanila sesuai dengan cita rasa anak, yang rata-rata doyan sama rasa ini.
Aku pun mencoba pindy permen susu ini,  enak dan empuk, pantesan Azka doyan.

Tapi kalau aku kasih permen sehari juga gak banyak dan harus setelah Azka abis makannya dengan lauk pauknya dan habisin cemilan buahnya.
Biar 4 sehat 5 sempurna dong ya.
Azkia lihat kakaknya makan permen ini juga mau kucoba kukasih satu dia bisa ngunyah loh dan tidak tersedak.
Kecuali Aruna aku belum berani kasih.



Ini Aruna belum boleh makan permen, karena lihat Azka dan Azkia makan permen dia hanya boleh mainin saja.
Karena sebaiknya agar tidak tersedak, anak mulai boleh makan permen saat usia 2 tahun.

Tips memilih cemilan yang sehat untuk anak :
1. Bahannya harus alami
2. Tidak mengandung bahan berbahaya
3. Pewarna makanannya aman
4. Jika cemilan yang digoreng, gunakan minyak sehat dan baru, bukan minyak bekas goreng sesuatu atau bukan minyak jelantah
5. Kalau bisa lebih banyak cemilan yang dikukus atau dipanggang
6. Jika kue pastikan bahan-bahannya yang berkualitas baik dan aman untuk anak
7. Kalau sayuran dan buah cuci bersih dahulu dan kalau sayur mending dikukus, tanpa msg
8. Jika ada bahan yang harus dicampur santan lebih baik ganti dengan susu yang sesuai umur anak
9. Hindari banyak jajan cemilan di pinggir jalan 
10. Jangan biasakan memberikan cemilan yang ada msg dan pengawet
11. Kalau buah-buahan, jika anak masih batita lebih baik diblender dulu dihaluskan, atau balita pun kasih buah yang lunak dan tanpa biji
12. Anak balita kasih cemilan buah yang manis jangan yang asam rasanya
13. Kalau bikin baso atau mie pastikan bahan yang dimasak berkualitas dan kalau bisa bikin kaldu sendiri, dan baso juga mie bikinan sendiri alami tanpa msg dan pengawet
14. Jika anak pengen ngemil es krim, kalau bisa juga bikin sendiri dari buah-buahan atau susu yang sesuai usia batita dan balita
15. Jika pengen permen kasih yang empuk dan tidak terlalu manis juga tidak berwarna mencolok dan dari susu atau buah.

Cemilan anak-anak memang gampang-gampang susah bikinnya ya. Terutama jika si anak picky eater.

Cuma kita ibunya kudu pinter berkreasi dan kreatif bikin cemilan sehat.
Keripik biasanya anak suka tuh.
Alangkah lebih baik kita bikin keripik bayam dan tempe sendiri, dengan tepung beras, no micin, dan sayur bayam juga tempe tentunya pilih yang segar dan digoreng dengan minyak baru.

Cemilan kurang sehat bisa menyebabkan anak sakit.

Kalau bikin puding pun sama alangkah lebih baik dengan air yang sudah matang atau air mineral, dikasih buah.

Kacang, daripada cemilan yang sudah ada perasa, pengawet dan micinnya mending kita beli kacang tanah atau mete sendiri dicuci bersih bumbuin sedikit garam dan bawang putih agar gurih. Gorengnya dengan minyak baru dikasih margarin atau mentega.

Kalau anak suka brownies coklat kita bikin aja beli tepung yang berkualitas, kasih susu, coklat yang bagus, manisnya bisa dikasih gula yang pas gak terlalu manis. Lalu panggang di oven atau dikukus.

Kita juga bisa loh bikin siomay dan baso kukus beli kulit pangsit dan daging cincang sendiri lalu diolah.

Kalau es krim nih ya bisa kita bikin jus buah dengan sedikit gula lalu bekukan freezer di cetakan es krim.
Bagi anak yang gak suka buah lumayan jadi doyan buah tapi berupa es krim.

Atau bikin es krim susunya anak dicampur buah yang manis dijadikan es krim.

Kalau anak doyan kentang goreng bisa kok kita bikin sendiri di rumah, beli kentang di pasar atau swalayan yang berkualitas bagus, iris sesuai potongan kentang goreng, goreng di minyak baru yang panas.

Jika anak doyan pizza atau roti juga kita bisa berkreasi beli tepungnya yang berkualitas, beli kejunya, mozarella kasih tomat atau sosis atau daging cincang.
Sehat dan enak juga.

Ya jajan di luar sesekali bolehlah, asal jangan keseringan.
Apalagi kalau tempat beli jajanan tidak bersih dan jauh dari keamanan pangan.
Dan kurangi junkfood.

Cuma kalau anak kita ingin sehat dan cerdas, selain asupan makanan yang sehat, pola asuh yang baik, pendidikan ahlak bagus dan perhatikan cemilannya, kita harus rajin bikin juga biar sehat.

Kalau kita beli cemilan harus perhatikan itu tadi, pewarna makanan, pengawetnya, bahan yang terkandung apa saja, halal atau tidak, sudah lulus uji BPOM atau belum.

Dan lihat label makanan dan tanggal kadaluwarsanya juga.

Yuk kasih cemilan yang sehat buat anak kita.





Thursday, April 19, 2018

Liburan Lebaran ke Luar Negeri untung ada JD.ID

April 19, 2018 8 Comments


Hari ini tanggal 19 April harusnya aku dan suamiku berangkat ke Penang.
Karena sempat tinggal di Semarang, kami putuskan berangkat dari Surabaya.
Kenyataannya berkata lain, hari ini suami rapat di kantor dan bertepatan dengan pemberian hadiah dari kantornya yang sedang ulang tahun, juga kita sudah berdomisili di Jakarta.

Tiket promo Air Asia sudah dibeli jauh-jauh hari yaitu Juni 2017, pulang pergi Surabaya Penang berdua hanya 660 ribu rupiah saja.
Selain suami rapat di kantornya dan penting, kemarin mamahku operasi di RS Harapan Bunda, masa iya kan mau liburan.
Pastilah lebih penting ngurusin orang tua yang sedang sakit termasuk kontrolnya nanti bulak balik ke rumah sakit sampai sembuh total.

Kemarin telfon ke custumer cervice Air Asia, dengan menyebutkan nama salah satu penumpang, dan kode booking pesawat, bisa direscedule ulang dan bisa refund airport tax bandara cuma kena potongan.
Cuma direschedule ulang harga jauh lebih mahal dari harga tiket promo dan yang dikhawatirkan pas hari keberangkatan malah gak bisa ada urusan mendadak lagi.

Dari 660ribu jadi 400ribuan rupiah dan tinggal masuk website air asia, masukkin kode booking dan nama salah satu penumpang juga nomer rekening salah satu penumpang dan alamat email.
Sebelum 6 bulan dan setelah tanggal kepulangan, pergi 19 april, pulang 23 april ,jadi bisa diklaim tgl.24 atau 25, nanti ditransfer ke rekening kita sebesar 400 ribuan.

Wah untung waktu itu belinya tiket pesawat Air Asia, walaupun cancel bisa balik lagi, tidak rugi kan jadinya.

Nah nih ya, setelah urusan kerjaan suami beres dan mamah sembuh, ingin liburan lagi.
Nanti rencananya, karena sudah domisili di Jakarta ingin berangkat langsung dari Jakarta saja.
Tentu dong belinya tiket pesawat Air Asia lagi.
Untung nih ada JD.id, pesan tiket pesawat mudah dan murah bisa dilakukan di aplikasinya lewat ponsel.


Mau pesan tiket pesawat ataupun hotel bisa dengan mudah di JD flight dan JD hotel.
Gak perlu repot cuma klak klik di hp bisa menentukan liburan kemana dan kapan saja.
Tetep ingin ke Korea atau Jepang, dan ke Singapura dan Kuala Lumpur.
Soalnya penasaran pas umroh 2013 lalu cuma mampir transit bandara Kuala Lumpur.
Semoga bisa liburan dan terlaksana seperti waktu ke Thailand 2015 lalu.
Semoga abis libur Lebaran tahun ini, kan panjang lumayan hari liburnya termasuk ngabisin sisa cuti tahunan.






Thursday, April 12, 2018

Mudik ke Jatim mending pakai Kereta Api

April 12, 2018 12 Comments

Bentar lagi bulan Ramadhan, dan tentunya Lebaran.
Dulu tinggal di Semarang, mudik ke Jatim tepatnya Ponorogo hanya 6 sampai 8 jam dengan mobil pribadi, dan mudik ke Jabar tepatnya Bandung hanya 10 sampai 12 jam dengan mobil pribadi.

Sekarang tinggal di Jakarta, mungkin kalau ke Bandung cukup 3 sampai 5 jam dengan mobil pribadi, tapi Jakarta ke Jatim jauh banget nih bisa 22 jam lebih kalau dengan mobil pribadi.

Kebiasaan keluarga kami, jika Lebaran selain silaturahmi, juga wisata bareng keluarga besar.

Pengen nih sekalian mudik ke Jatim, mampir lagi ke Malang.
Dulu ke Malang kita mampir ke Jatim Park 2, Museum angkut dan Taman Safari 2, pengen gitu ke Jatim Park 3 dan Bromo.

Setelah berembug dengan suami, nanti mau nyetir sendiri pakai mobil atau naik kereta nih. Kata suamiku capek kalau mau nyetir sendiri mah, belum lagi kalau di Jatim salam-salaman kudu jalan keliling ke rumah-rumah tetangga sana dan pengen jalan-jalan juga pan disana.

Akhirnya nyari-nyari Kereta Api Jakarta Malang. Nemu kereta Bima dan Gajayana, dua-duanya kereta eksekutif, dengan harga tiket kurang lebih 400 sampai 500 ribuan rupiah untuk satu orang. Dan ada juga kereta api ekonomi kurang lebih 100 ribuan sampai 200 ribuan rupiah, ada Majapahit, Jayabaya dan Matarmaja.

Lihat Jadwal Kereta Api di tokocash tokopedia, eh ada loh kereta Bima 16.30 dan Gajayana 11.40 WIB.
Wah lumayan beda beberapa jam dengan pakai mobil.

Yang penting sekarang sehat dan nabung dulu deh danana, soalnya tokocash itu sistem dompet digital tokopedia yang memudahkan kita untuk membayar dan membeli semua produk yang ada di Tokopedia termasuk tiket dan pulsa.
Selain Malang juga pengen menyusuri pantai di Pacitan, baru sempat ke pantai Klayar saja waktu itu.

Kalau kalian lebih suka pakai kereta api atau mobil sendiri kalau mudik dan liburan.
Dulu sebelum ada mobil kita pun sering menggunakan kereta api, bisa tidur di jalan, kalau pakai mobil berhenti-henti istirahatnya kurang. Dan pernah dari Garut ke Ponorogo 2 hari perjalanan dengan mobil capek banget.

Selain nyaman dan aman naik kereta api juga mempersingkat waktu perjalanan.

Kenapa tokopedia karena bisa bayarnya di Alfamart dekat rumah nih.
Caranya pun mudah tinggal masuk ke aplikasi tokopedia tokocash lalu cari tiket.



Mau Jakarta Bandung atau Jakarta Malang tinggal pilih deh.

Di Malang juga ada kerabat ibu mertuaku mungkin besok sekalian mampir sana.
Dan kalau ngajakin keponakan, anaknya adikku yang suka banget sama kereta api, pasti dia antusias banget deh senang naik kereta api.

Malang pun kenapa pengen kesana karena udaranya sejuk, dan kulinernya juga enak, apalagi keripik buahnya terutama apelnya ada minumannya juga.

Urusan tiket aman nih tinggal urusan ijin cuti nih biar agak lama liburan lebarannya.
Gak sabar nih untuk eksplore Malang, melihat Sunrise dan Sunset di Bromo.
Penasaran juga apa sih bedanya Jatim Park 2 dan 3 bagusan mana juga ama Jatim Park 1, dan tempat wisata ini bisa ngajakin seluruh keluarga dari ortu, mertua, kakak dan adik, ipar, para keponakan dari yang masih balita sampai yang SMP, seru deh kayanya.

Tinggal dua bulan lagi nih sabar menanti.
Selain uang buat tiket kereta api yang harus disiapkan selama mudik yaitu baju yang nyaman, karena kereta api biasanya dingin bawa jaket dan kaos kaki juga, kalau makanan minuman hangat sih pasti ada di resto kereta api.

Dan jangan lupa baju ganti disimpan di koper biar rapi, juga obat-obatan pribadi misal obat masuk angin, obat sakit perut dan obat batuk flu, sebaiknya bawa yang tablet atau sachet biar mudah dibawa dan dikonsumsi, bukan ngarepin sakit tapi untuk persediaan saja.

Bawa cemilan dan minuman ringan juga boleh, terus aromatherapy dan penghilang pegal untuk kaki biasanya kan tetep capek kalau mudik dan liburan itu karena banyak jalan kakinya heuheu. Dan air mineral agar kita tak dehidrasi dan daya tahan tubuh tetap terjaga.






Tuesday, April 10, 2018

Cara Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

April 10, 2018 51 Comments

Selama berkarir di dunia Farmasi.
Pernah jadi Apoteker Pengelola Apotek dua kali, jadi Apoteker Pengganti sementara di Klinik.
Jadi dosen pengampu D1 Keperawatan dan guru produktif di SMK Farmasi.
Menjadi Apoteker Penanggungjawab Teknis di Pedagang Besar Farmasi Obat jadi dan Bahan Baku Farmasi pun pernah.

Sepertinya sudah pindah kota 3 kali dari Bandung, Semarang dan sekarang Jakarta karena suami dipindahkan ke kantor pusat.
Diri ini sudah tidak berminat lagi untuk menjalani profesi Apoteker yang kerja sama dengan orang lain.
Kepengin punya toko obat atau apotek sendiri saja, sudah saatnya untuk bekal setelah suami pensiun juga.

Nah ya resign per 1 Maret kemarin dari PBBBF di Semarang, mengundurkan diri karena ikut suami pindah, BPJS Kesehatan udah distop oleh perusahaan  dan jadi ikut ke kantor suami plus asuransi.
Nah ya BPJS Ketenagakerjaan pun sudah distop oleh perusahaan, bisa dicairkan lumayan nih dan hak kita ini mah karena selama bekerja juga dipotong dari gaji kita sebagian, walaupun tidak ada belasan juta rupiah, cuma sekali gaji plus bayaran 1 artikel kalau ngeblog.

Akhirnya April ini kan udah non aktif selama 1 bulan ya sudah dicairkan  saja lumayan kan kalau diklaim.


Kamis lalu tgl.6 April lalu datang ke kantor BPJS di Ceger karena dekat dengan tempat tinggal sekarang di Cipayung.
Dateng jam 10 siang, ternyata kalau mau mencairkan klaim JHT secara manual harus dateng dari subuh kata pak satpamnya, sehari dibatasi 75 orang, dan kecuali online bisa dapet nomer antrian dan yang pensiunan sudah lansia.

Akhirnya hari Kamis pulang lagi, cuma dikasih syarat oleh pak satpam.

Syarat untuk klaim JHT.
1. Kartu peserta JHT asli beserta copynya, kartu JHT itu ada dua yang kartu peserta dan kartu pensiun, yang digunakan kartu peserta, jika mencairkan sebelum usia pensiun dan karena mengundurkan diri 
2. Kartu Keluarga asli dan copynya
3. KTP dan copynya
4. Surat Referensi Kerja yang ada kop perusahaan plus ttd Direktur perusahaan beserta materai dan cap perusahaan, isinya menerangkan  bahwa kita atas sepengetahuan Direktur  mengundurkan diri secara baik-baik, dan referensi dari perusahaan bahwa kita selama bekerja melakukan tugas dengan baik dan ada tanggal ketika kita mulai masuk dan tanggal mengundurkan diri dari perusahaan, beserta copynya
5. Buku Tabungan asli beserta copynya, lebih baik bank BUMN agar proses transfer lebih cepat seperti BRI, BNI dan Mandiri.


Hari Jumat dateng lagi, karena kukira jam 6 pagi masih kebagian nomer, jadi siapin bekal makanan dan minuman hangat dulu setelah mandi dan solat subuh.
Ternyata udah gak kebagian katanya maksimal jam 5 pagi, kursi 75 itu sudah penuh diduduki orang, wah makin banyak dong ya yang resign dan pensiun, udah dua hari penuh terus, kata satpam nyobain online saja.

Akhirnya dengan sedikit bete kembali ke rumah nyobain online.
Buka handphone dan laptop ngabisin 50ribu rupiah buat paket data internet buat login ke aplikasi dan webnya, hasilnya nihil makin bete deh.

Dan kata suami jangan pakai aplikasi banyak kasus ketika berhasil pun ada data yang disalahgunakan dan saldo jadi kosong.

Ya udah nyerah deh mending bobo siang dan mikirin weekend yang menyenangkan saja.
Kebetulan ada acara blogger dan kita ngemall deh besoknya pas malming.

Hari Minggu udah niat, gak usah masak dan sarapan dulu, abis mandi dan solat subuh langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan saja besok Senin.

Dan nyampe sana jam 5 kurang dikit kemarin Senin 9 April.
Oalah ternyata udah rame, tapi ada mbak yang bilang padaku, mbak cepet isi absen.
Oalah ternyata sekarang bapak-bapak dan ibu-ibu berinisiatif bikin absen di kertas sebelum pintu gerbang keluar agar adil ketika pintu gerbang dibuka bisa duduk sesuai absen, aku kebagian udah nomer 56 heuheu, gak apa deh kan quota sehari 75 orang.

Akhirnya jam 5 pagi lebih dikit pintu gerbang dibuka oleh pak satpam, menurut pak satpam sebetulnya gak ada absen, tapi kami kompak untuk menghindari adanya calo dan ujug-ujug suka ada yang dateng giliran pintu gerbang dibuka tetiba duduk aja, kan kasian yang udah dateng dari dini hari atau selepas adzan subuh ya kan.
Akhirnya satpam manut ke kita.
Satu-satu dipanggil sampai duduk hingga nomer 65, sisanya 10 orang baru deh yang baru dateng bisa masuk.


Setelah kebagian kursi duduk di luar yang ada 75 kursi, jam 7 lebih dikit kita dibagi formulir yang harus diisi dan ada cap tanggalnya, diusahakan ya dokumen syarat dilengkapi dulu asli dan fotocopynya, soalnya sudah dateng dari pagi dan capek antri dan lama menunggu, harus balik lagi  gegara syarat tidak sesuai sayang waktu kan.

Jika dokumen yang diisikan sesuai dengan syarat otomatis kita beres dan tinggal nunggu pencairan masuk ditransfer ke rekening kita 7 sampai 14 hari kerja.


Setelah dari rumah setengah 5 pagi dan sarapan dengan beli gorengan dan lontong di dekat kantor bpjs, air putih mah bekal dari rumah pakai tupperware heuheu, aku di dalam duduk lagi, kebagian nomer antrian 47, karena ada beberapa orang mungkin entah sarapan atau pulang dulu jadi sesuai map antrian di kursi lumayan maju 9 nomer.

Dan nomer 47 kebagian dipanggil jam 11 siang lebih dikit.
Alhamdulillah lega, berkasku komplit setelah diperiksa mbak petugas, KTP, KK dan buku tabungan asli dibalikin beserta tanda terima dan salinan formulir data yang kita isi tadi.

Kartu peserta BPJS asli diambil oleh petugasnya kan mau dicairkan.
Tinggal nunggu dana cair masuk ke rekening Mandiriku saja.
Dan mencairkan dana klaim JHT ini bisa di kantor BPJS Ketenagakerjaan mana saja, misal kaya aku nih kerja kemarin di Semarang, mencairkannya di BPJS Ketenagakerjaan Jakarta.
Asal syarat dipenuhi saja, dan hanya 5 hari kerja cairnya, senin antri masukin berkas, jumat dana yang dicairkan sudah ditransfer ke rekening mandiriku.

Ya hikmahnya untuk dapet sesuatu itu tidak ada yang gratis selalu butuh perjuangan dan pengorbanan.
Dan juga kesabaran yang ekstra dimana di depan nanti kita bisa mencicipi buah manis dari usaha dan doa yang kita lakukan dan panjatkan.



Sunday, April 8, 2018

Yuk Kenali, Cegah dan Obati TB Laten pada Anak

April 08, 2018 16 Comments

Sabtu kemarin bareng KEB/Kumpulan Emak-Emak Blogger, diundang ke acara Kenali dan Obati TB Laten pada anak.

Tempatnya di Penang Bistro Oakwood.
Wah jadi inget harusnya tanggal 19 sampai 23 April ini berangkat ke Penang bersama suami, tapi sayang suami harus meeting di 17 sampai 19 April karena ada penyerahan hadiah dan mengingat pentingnya meeting tersebut, terpaksa tiket promo yang sudah dibeli sejak Juni 2017 lalu dibatalkan, padahal sudah packing pun hehe, Alhamdulillah tiket bisa direfund nanti kata temenku setelah jadwal kepulangan.

Nah ya bukan karena ingin mencicipi kuliner khas Penang saja, tetapi walau diriku setelah menikah 9 tahun 3 bulan belum ada anaknya.
Aku pokoknya kalau kesehatan pasti tertarik, selain profesiku Apoteker yang sekarang baru resign, nambah ilmu buat kusebarkan kepada adik, adik ipar dan kakak ipar juga keluarga besar.


Ya akhir-akhir ini sudah giat tentang sosialisasi TB di Indonesia, agar masyarakat awam makin mengerti apa sih itu TB, TB menular pada anak dan dewasa, bagaimana mencegah dan mengobatinya.

TB atau TBC atau Tuberculosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang bisa menyebar lewat udara.

Hati-hati loh anak-anak sangat rentan tertular jika berdekatan dengan orang dewasa yang sudah positif TB.
Ya tentunya tidak mudah jika ada yang batuk dan bersin kita menghindar, memang seharusnya yang batuk dan bersin pakai etika ya.

Memang susah juga semisal ketika di tempat umum anak kita dijauhkan dari orang yang batuk dan bersin.
Hendaknya selalu melindungi anak dengan cuci tangan sebelum makan dan pakai masker jika ada anggota keluarga yang batuk dan flu, dan bersin atau batuk tutup dengan tisu atau sapu tangan.

Tetapi anak bisa tertular oleh pasien TB jika sang anak daya tahan tubuhnya lagi lemah.
Tetapi jika daya tahan tubuh sang anak kuat belum tentu juga bisa tertular.

TB menyerang anggota tubuh yaitu paru-paru, tetapi pada anak faktanya 20-30% menyerang kelenjar getah bening, usus dan tulang.
Respon tubuh jika kita sakit mungkin kelenjar getah bening akan membengkak. 

Harus segera periksa ke dokter jika batuk lebih dari 3 atau seminggu belum sembuh.
Anak memang gak bisa bicara apa yang dirasakan beda dengan orang dewasa yang bisa membicarakan apa yang dirasakan ketika sakit. Apalagi jika anak bayi dan balita. Terkecuali anak yang sudah beranjak remaja.

Tingkat penularan pasien TB dengan Bakteri Tahan Asam/BTA positif adalah 65%, sementara pasien TB BTA negatif dengan hasil kultur positif adalah 26%, sedangkan pasien TB dengan hasil kultur negatif foto toraks adalah 17%.

Jika batuk lebih dari dua minggu belum sembuh, jika periksa ke dokter bakalan disarankan untuk foto rongsen dada dan periksa dahak, atau tes Mantoux.

Nah batuk juga gak melulu TB loh, bisa jadi asam lambung meningkat naik ke kerongkongan dan tenggorokan jadi batuk, bisa karena alergi, bisa karena asma atau bronhitis juga bisa karena radang tenggorokan.

TB pada anak ada 2 macam yaitu TB laten dan sakit TB positif.

TB laten yaitu dimana anak terinfeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis tetapi tidak terkena penyakit TB, jadi bakteri ada di dalam tubuh anak namun tidak aktif dan tidak berkembang biak menyerang sistem kekebalan tubuh anak.

Gejala TB laten ini juga tidak ada yang spesifik.
Untuk mengecek anak kena atau tidak TB laten dengan pemeriksaan darah, atau tes kulit TB, menurut dokter Wahyuni sebagai narasumber dan dokter spesialis anak, sekarang skin test sudah hampir tidak dilakukan gantinya adalah tes hydra.

Anak dengan TB laten tidak menularkan kuman TB ke anak yang lain dan orang dewasa.
Tapi 5-10% anak dengan TB laten jika tidak diketahui sejak dini dan tidak ditangani dengan tepat bisa jadi sakit TB positif.

Menurut dokter Wahyuni TB positif suka ditemukan di public area yang kalau disingkat "Kumis Pa Joko" ( Kumuh, Miskin, Padat, Jorok dan Kotor).
Iya tentu anak kadangkala apa-apa dimasukkan ke dalam mulut, hendaknya kita ibunya melatih anak agar sebelum makan dibiasakan cuci tangan dengan sabun.

Rumah dan lingkungan  yang lembab dan jarang terkena sinar matahari juga waspada ya, karena kuman TB bisa hidup disini.
Makanya di rumah dibiasakan jendela dibuka agar sirkulasi udara bagus fresh  terus dan harus masuk sinar matahari.

Sakit TB pada anak, anak terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis dan bakteri tersebut aktif menyerang dan berkembang biak menyerang sistem kekebalan tubuh anak.

Gejala sakit TB pada anak yaitu :
- Berat badan turun tanpa sebab yang jelas, berat badan anak tidak naik secara signifikan dalm 1 bulan setelah diupayakan perbaikan gizi yang baik
- demamnya pada anak lama lebih dari 2 minggu, dan atau berulang tanpa sebab yang jelas, suhu tubuh demamnya tidak tinggi
- batuk lama lebih dari 3 minggu, batuk tidak pernah reda atau intensitas semakin lama semakin parah
- nafsu makan tidak ada atau berkurang
- lesu, anaknya kurang aktif bermain
- diare terus menerus lebih dari 2 minggu yang tidak sembuh dengan pengobatan dasar diare.



Nah ya menurut dokter Arya dari Sanofi, TB masih dianggap penyakit aneh karena batuk berdarah, tak jarang dianggap karena guna-guna, stigma di masyarakat.
Cara edukasi masyarakat adalah dengan kita menyebarluaskan dari komunitas , tetangga, kantor, dan keluarga, yang tahu cerita biar semuanya jadi tahu dan waspada.
Menurut dokter Arya juga lagi dilakukan penelitian agar pengobatan TB gak usah terlalu lama, bisa diobati dalam waktu singkat, tetapi lagi proses belum fix menghasilkan obatnya.

Pencegahan TB pada anak dengan cara ini :
- pemberian vaksinasi BCG (Bacille Calmette- Guerin)
- berikan makanan yang bergizi dan seimbang pada anak
- menjaga lingkungan rumah bersih, tidak lembab dan cukup sinar matahari
- TB dapat dengan mudah menular melalui udara, maka jauhkan anak dari kontak dengan pasien TB dewasa.

Memang faktanya banyak anak menderita TB yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan benar yang menyebabkan peningkatan dampak negatif pada morbiditas dan mortalitas anak.
Walaupun sudah vaksin BCG masih bisa kena TB laten karena daya tahan tubuh setiap anak dan orang dewasa itu berbeda-beda, ada yang kuat dan lemah.

Pengobatan TB pada anak terdiri dari terapi/pengobatan dan profilaksis/pengobatan pencegahan.

Profilaksis ada dua yaitu profilaksis primer diberikan pada anak yang kontak erat dengan pasien TB menular dan profilaksis sekunder untuk anak yang terinfeksi TB tanpa sakit TB.

3 hal penting dalam melakukan pengobatan TB pada anak yaitu:
1. Pengobatan dengan kombinasi 3-4 jenis obat TB
2. Pengobatan TB membutuhkan waktu 6-12 bulan, tergantung dari tingkat infeksi bakteri TB
3. Kuncinya harus patuh dan teratur dalam meminum obat, karena anak-anak, orangtuanya harus disiplin dan telaten dalam memberikan obat.

Yuk ibu-ibu, bunda-bunda, mamah-mamah, mami-mami, emak-emak, harus menyebarkan info kesehatan dan TB ini dengan baik dan benar, agar TB di Indonesia bisa dicegah penularannya juga bisa diobati dengan benar sampai sembuh total tuntas.

Dan jangan kucilkan pasien TB juga setelah sembuh, jangan sampai sang anak jadi menakutkan untuk temannya karena TB.
Semua penyakit ada obatnya agar ditangani secara tepat, demikian pula dengan TB.







Tuesday, April 3, 2018

Wardah Sinar dan Pijar di Plenary Hall JCC Indonesia Fashion Week 2018

April 03, 2018 28 Comments

Sabtu malam Minggu kemarin dapet undangan buat menghadiri Wardah Sinar dan Pijar di Plenary Hall JCC di laman Facebook Kumpulan Emak-Emak Blogger.

Pengumuman yang terpilih habis Magrib oleh mbak Sumarti/mak Icoel.
Abis solat dan ngaji ngajakin suami hayuk mas anterin, loh kan udah dibilang jangan ambil event malem, ini Jakarta, wong di Semarang aja gak keluar malem, kata suamiku. Tapi akhirnya mau nganterin juga dengan mobil kalau pakai motor serem udah malem hehe.

Ya udah besok-besok jangan ambil event malem dan hari kerja ya non kata suamiku, oke deh.


Eh rezeki lagi ketika nungguin mbak Wian yang masih di dalam nonton fashion show Ivan Gunawan buat ambil undangan, eh malah ketemu ama keluarga Gen Halilintar yang ramah dan kompak, dan pulangnya ketemu mbak Wulan Guritno yang cantik.

Dan ketemu mbak Metta malah dikasih tiket dua, malahan ditanya mau berapa heuheu, aku jawab cukup dua, kebagian C yang reguler, tapi  karena kita antri di bagian belakang hampir sejam pas duduk di dalam malah kebagian yang VVIP.
Nah inilah buah kesabaran menanti hehe.


Sebagai muslimah aku suka dengan busana muslim dan hijab.
Mbak Dian Pelangi, Ria Miranda dan Zaskia Sungkar kusuka karyanya.
Menutup aurat tapi tetap modis.
Rancangan fashion Dian Pelangi yang diperlihatkan warna hitam dan hijau yang dominan, dan bagusnya lagi payetnya nyala kaya lampu di gelapnya malam.


Karya Norma Hauri pun menampilkan warna hitam dan turban merah, apakah trend busana muslim 2018 hitam ya.


Zaskia Sungkar pun busana muslimnya hitam dan merah, hitam memang elegan dan anggun. Balutan busana muslim yang santun.


Ada kejutan lagi di fashion show Wardah Sinar dan Pijar ini, 3 finalis Indonesia Idol menyanyikan 3 buah lagu yang merdu dan wow suaranya bener bagus dengar langsung pun.
Wah rezeki lagi ini mah, malam minggu berdua suami yang indah.


Ria Miranda busananya ada coklat, silver dan hitam juga.
Bagus-bagus deh jadi kepengen punya satu hehe.


Selain busana muslim, ada busana wanita dari Malik Moestaram dengan hiasan payet yang ciamik.


Dan ada pula rancangan busana dominan silver dan broken white dari Barli Asmara dengan backsound sesuai ketika fashion show.

Ya bahagia itu sederhana, dapet tiket buat enjoy the show di fashion show Indonesia Fashion Week juga happy.
Pulang sudah larut jam 11 malam, mata sudah merah karena mengantuk.
Acara diakhiri dengan lantunan lagu yang dibawakan oleh penyanyi pria Jazz.
Makasih buat KEB, karena undangan sebagai blogger jadi bisa nonton fashion show 2x di Indonesia Fashion Week. Pengalaman baru buatku menonton langsung.




Monday, April 2, 2018

Destinasi Wisata di Nusantara yang Sudah dan Ingin Kujelajahi

April 02, 2018 22 Comments
Kalau destinasi wisata di Nusantara itu banyak, Indonesia memang keren pesona alamnya.
Sky Garden Paris Van Java


Tempat wisata yang sudah kujelajahi kebanyakan Pulau Jawa, Jawa Barat karena ortu tinggal di kota Garut, dan ortu juga ada rumah di Bandung.
Jawa Timur, karena mertua juga tinggal di Ponorogo.
Dan Jawa Tengah, karena domisili di Semarang Demak sebelum pindah ke Jakarta, seputar Solo dan Yogya.

Jadi sekalian pulang jengukin ortu dan mertua juga jelajah wisata di sekitarnya.

Jawa Barat tempat yang sudah kujelajahi dan beberapa kutulis di blogku.
Pantai Pangandaran Ciamis, Kampung Bali Garut, Floating Market dan Farm House Lembang, Kawah Putih Ciwidey, Tangkuban Perahu, Dago Dream Park, Taman Burung Pramesta dan Sky Garden Paris Van Java Bandung. Kebun Mawar, Darajat Pass dan Cipanas juga Sampireun Garut.

Jawa Tengah, Dieng dari area candi Arjuna, kawah Sikidang dan Bukit Sikunir, Santosa Stable Semarang, Curug Lawe dan Curug Benowo di Ungaran, Pantai Marina, Maroon dan Tirang Semarang, kawasan kota lama Semarang, pantai Indrayanti, Pok Tunggal Yogya juga lereng Merapi dan museumnya di Kaliurang, Kidfuns Yogya, Umbul Ponggok Klaten, Pantai Parangtritis, Kebun  Buah Mangunan, candi Borobudur dan Prambanan Yogya, grojogan sewu Tawangmangu.

Jawa Timur, Malang ke Jatim Park 2 dan Taman Safari 2 juga museum angkut.
Pantai Klayar Pacitan dan Telaga Ngebel Ponorogo dan Telaga Sarangan Madiun.

Di Jakarta dan Bogor aku sudah jelajah Kebun Raya Bogor, Kebun Buah Mekarsari, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Anggrek dan kawasan kota tua Jakarta beserta museum Fatahillah.

Kebuh Buah Mekarsari


Semuanya ditempuh dengan perjalanan darat dengan mobil pribadi.
Naik pesawat aku baru dua kali, waktu umroh ke Jedah, Mekah Madinah dengan transit di Kuala Lumpur.
Dan waktu ke Bangkok Pattaya Thailand, waktu ke Thailand naik pesawat Garuda dari Semarang ke Jakarta, lalu pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta ke Bangkok.
Tiket pesawatnya sudah dibelikan pihak kantor suami waktu itu, kita terima beres.

Nah pengen nih jelajah Nusantara dengan beli dan pesan Tiket Pesawat Garuda.
Wah Skyscanner juga menyediakan tiket pesawat garuda Indonesia loh.
Lihat-lihat di Skyscanner ada tiket pesawat ke beberapa tujuan destinasi wisata di Nusantara.
Aku ingin jelajah ke Raja Ampat, Pulau Bali dan Belitung.
Yang paling kuiingkan saat ini ke pulau Bali.
Ternyata di skyscanner Indonesia bisa beli tiket pesawat, hotel dan sewa mobil loh.
Lumayan murah sih, tapi tetap ya untuk jelajah nusantara itu lebih mahal untuk ukuranku daripada untuk beli tiket promo ke luar negeri.
Tapi pengen nih terutama jelajah Nusantara 3 tempat tadi, harus nabung dulu khusus untuk agenda jelajah Nusantara yang pesonanya tiada tara.

Kebun Mawar Garut


Hobiku adalah travelling, menjelajahi tempat indah di Indonesia apalagi yang baru pertama kali sensasinya itu beda, bikin bahagia, nambah wawasan dan tambah rasa syukur masih bisa diberi kesempatan buat menjelajah Nusantara dan bumi Allah yang luas, dan jadi makin mengenal bahasa dan adat dari setiap suku, menikmati kuliner ciri khas setiap daerah di Nusantara. Makin cinta Indonesia dengan keanekaragamannya yang makin memperkaya batin.

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner"