Wednesday, August 15, 2018

BAJU KEMEJA WANITA YANG MODIS

August 15, 2018 2 Comments
Wanita dan fashion selalu erat kaitannya, penampilan busana agar selalu modis tapi tetap menutup aurat. Sejak berjilbab tahun 2000 lalu, waktu kuliah di Farmasi, harus berpakaian rapi, fakultas Farmasi mengharuskan kalau mahasiswi pakai rok dan kemeja yang sopan. Kalau mahasiswanya kemeja dengan celana kain. Ketika Ujian tengah Semester dan akhir Semester juga diharuskan pakai kemeja putih untuk atasan dan berdasi, dan bawahan celana kain atau rok hitam. Harus pakai sepatu tidak boleh sendal. Berbusana sopan dan rapi sebagai jati diri, menghargai diri sendiri dan orang lain.
Aku suka kemeja, untuk menghadiri acara yang formal atau event resmi juga kadang harus menggunakan kemeja putih. Tetapi sekarang kemeja putih pun banyak corak dan macamnya, ada yang pakai bordir dan ada aksen bunganya. Ada yang garis-garis dan motif kain tenun atau batik untuk baju kemeja wanita bisa beli online atau di mall.
dokpri.

OOTD-ku  di foto kiri dengan memakai kemeja kotak-kotak warna biru katun, corak putih di lengan  dengan aksen bunga mawar merah, dipadukan dengan bawahan celana kulot jeans biru dan jilbab segiempat corak batik putih biru. Di foto kanan kemeja katun polos warna abu-abu dengan akses rempel di tangan dan bawahannya, dipadukan dengan celana jeans abu-abu juga dan jilbab segiempat corak bunga putih abu.
Aku suka kemeja yang berwarna polos tapi panjangnya selutut seperti tunik, baju kemeja wanita sekarang tren untuk yang kerja kantoran, atau dipakai untuk menghadiri pertemuan di sekolah anak.
Jadi baju kemeja wanita sekarang sudah gak kaku modelnya seperti dulu, akan tetapi lebih modis.

Para wanita  memang bajunya beda-beda untuk di rumah dan aktifitas luar  rumah, untuk di rumah pakai daster batik atau baju bahan kaos dan katun. Untuk pengajian baju gamis bahkan sekarang dipakai untuk keseharian. Untuk acara kondangan dress gaun panjang yang bercorak. Untuk ngantor kemeja dengan celana kain, atau kemeja dengan rok  sebagai bawahannya. Jika kemejanya polos jilbabnya bercorak dan berwarna tapi tidak terlalu mencolok juga.

Aku suka bahan kemeja itu dari katun, ada akses bordir, bunga atau rempel, gak suka yang terlalu polos banget.
Kalau pakai kemeja sepinggang biasanya kupadupadankan dengan celana kulot atau rok. Jika kemejanya rada panjang kupadupadankan dengan celana panjang lurus.

mataharimalldotcom.

Selain bordir dan bunga, kusuka baju kemeja ada aksen pita di lengan dan motif salur garis-garis, tetap formal tapi manis seperti di foto kiri itu. Kemeja juga kalau bahan katun adem bisa dipakai untuk hangout dan jalan-jalan bersama pasangan kita atau sahabat, dipadupadankan dengan celana atau kulot bahkan rok jeans, seperti di foto sebelah kanan itu kemeja hitam polos dengan bordir bunga.
dokpri.

Di foto kiri aku pakai kemeja ungu polos, dengan aksen rompi di dada warna senada dan aksen kancing di tangan, juga rempel satu umpak di bawah kemejanya, kupakai celana jeans biru lurus dan jilbab corak bunga ungu. Di foto kanan aku pakai kemeja merah muda, ada tali serut bisa diikat membentuk pita di tangan dan aksen rempel di dada juga bentuk segitiga di bawahnya, dipadukan dengan celana katun lurus biru ada motif merah muda pink di bawahnya dan jilbab corak warna putih ada merah mudanya.
dokpri.

Di foto kiri  kupakai kemeja putih dipadukan dengan outer hijau sifon agar  warna putih tidak menerawang dan pasmina hijau lurik juga celana kulot kain model dua umpak untuk menghadiri undangan. Di foto kanan kemeja putih bordir dengan kulot batik merah dengan pasmina corak garis merah untuk ke kondangan.
Itu beberapa contoh OOTD-ku memakai baju kemeja wanita, tetep modis bukan. Yang penting untukku menutup aurat, rapi dan nyaman dipakai  bahannya adem, juga pas di kantong harganya.








BYE BYE STRES DAN POLUSI DENGAN TRAVELLING DAN NATSBEE

August 15, 2018 8 Comments

Sudah hampir 10 tahun usia pernikahan kami, tapi belum ada buah hati tercinta. Kami bahagia saja walau kadang baper jika lagi capek dan sensitif ketika ada yang menanyakan anaknya berapa dan sudah usaha apa saja. Sudah banyak usaha yang kami lakukan sejak 2009, 3 bulan setelah menikah belum adanya tanda kehamilan. Menikah di saat aku usia 27 tahun dan suamiku 28 tahun. Profesi kami berdua juga Apoteker yang tak lepas dari obat-obatan dan bahan kimia dalam kerjaan kami sehari-hari. 

Ikhitiar dari periksa HSG, SIS, hidrotubasi hingga dua kali pun sudah kulakukan di tahun 2011, 2013 dan inseminasi IUI 2016. Semuanya nihil,  sedih waktu itu iya, stress iya juga, karena seolah pertanyaan sana sini bikin program hamil kudu berhasil. Suamiku juga sudah ke androlog dan analisa sperma, tak ada kendala apa pun. Sperma bagus jumlah cukup hanya kurang gesit akibat kecapekan, sel telur banyak tapi kurang besar hingga susah ovulasi saat konsepsi. Saluran tuba paten lancar kiri kanan, cuma ada hidrosalping ringan akibat infeksi keputihan. 

Berbagai rumah sakit ibu dan anak di Semarang dan Bandung Garut sudah didatengi plus dokternya yang 3 sampai 6 kali konsul kita jabanin, no asuransi semua pakai uang pribadi.  Asam folat, vitamin E dosis tinggi, hingga suntikan hormon bulak balik ke RS. Lelah hati dan menguras tabungan kami tak mengapa.

Sampai dari akupresur, bekam, akupuntur sudah dilakoni hingga refleksi, bahkan herbal klinik teh mayang juga sudah dicoba, harga sepaket herbal untuk 2 bulan hampir sama dengan harga satu kali proses inseminasi. Berhasil belum juga nih, malah sempat akhir-akhir ini asam lambung naik tajam hingga GERD. Hikmahnya berobat herbal, lambungnya sembuh. 

Ya sejak pindah dari Semarang ke Jakarta, sempat stress dengan kemacetan kota ini belum lagi ganjil genapnya heuheu. Tapi polusi udara, stress harus dijauhkan. Karena setelah konsul dengan dokter di beberapa RS Jakarta kita harus rileks biar program hamil berhasil, stop aneka rentetan program hamil yang melelahkan dan obat-obatan yang bejibun. Banyak makan enak, travelling ke tempat wisata yang indah, tahajud dan puasa sunah saja begitu kata dokternya. 

Ya kita juga sekarang mending tawakal setelah berbagai ikhtiar dan doa terus selalu. Makanya hobi travelling, ketika mengalami kegagalan saat inseminasi, kita pergi honeymoon ke Dieng 2 hari 1 malam, cuaca dingin Dieng cocok banget buat honeymoon. Waktu dapet reward dari kantor suami ke Thailand Bangkok dan Pattaya 2015 sayang lagi haid, jadi kita menikmati wisatanya saja ke pantai Pattaya, kuil dan tempat perhiasan juga madu di Bangkok, juga shopping, happy banget deh. Umroh juga dalam rangka melepas lelah hati karena buah hati tak kunjung tiba, wisata rohani sekalian menambah keimanan atas takdir Ilahi Robbi. 

Tiap weekend selain di rumah pasti nyari tempat buat kita review sekaligus menikmati suasana dan kulinernya. Pantai Pangandaran Ciamis, Pantai Sigandu Batang, pantai Klayar Pacitan dan Pok Tunggal Yogyakarta pernah kita datengi untuk wisata. 

Staycation singkat sembari mudik sekaligus honeymoon suka kita lakukan, sesekali menikmati hotel beda suasananya dengan rumah. 


Setiap bepergian dengan mobil, kadang di AC terus bikin kita gak nyaman badannya karena udara di luar sangat panas. Stress akibat macet, makan dan jajan fast food, polusi lingkungan bisa membawa zat-zat tidak baik untuk tubuh. Cara membuang zat-zat tak baik itu adalah dengan mengkonsumsi madu dan lemon yang memiliki kebaikan alami dengan mengikat zat-zat berbahaya di dalam tubuh lalu membuangnya sehingga tubuh kembali bersih dan segar. 

Untung ada Natsbee honey lemon yang terbuat dari perpaduan madu dan lemon asli dibuat untuk menemani aktivitas kita yang padat. Jadi selama perjalanan dan travelling banyak minum air mineral dan natsbee honey lemon bikin segar dan selalu fit tidak mudah terserang virus dan bakteri. 


Pokka Nastbee Honey Lemon ini kusuka rasanya seperti perasan lemon asli beneran dikasih madu.  Jadi cocok diminum setiap hari. Komposisinya terdiri dari air,  gula,  pengatur keasaman (asam sitrat, natrium sitrat, antioksidan adam askorbat, lemon bubuk 0,03%), bubuk madu 0,02%, perisa sintetik lemon dan madu. Mengandung vitamin C rasanya lezat dan menyegarkan. 

Travelling membuat hati dan pikiran fresh, happy jadi menghilangkan stress. Selama mau 7 bulan di Jakarta kita sudah ke Little Venice Puncak, kota tua Jakarta, Ancol,  Jakarta Fair, TMII,  kuntum Farmfiled dan kebun raya Bogor juga festival kopi Bogor dan festival go food GBK, Kebun Buah Mekarsari, Ah Poong Sentul dan Kebun Mawar Garut. 

Penggunaan pestisida semprotan anti nyamuk di rumah dan gas untuk memasak atau parfum juga bisa menimbulkan polusi bahkan pemakaian AC. Makanya di rumah harus ada penghijauan dengan tanaman di teras. Kalau biaya hidup insyaAllah gak bikin stress selalu cukup Alhamdulillah.


Lingkungan rumah dengan udara yang masih bersih, kenapa kita memilih beli rumah di Cibinong karena udaranya masih segar, ini taman dekat rumah. Karena jalan kaki setelah solat subuh keliling perumahan juga menghasilkan oksigen untuk tubuh dan segar rasanya. 


Ketika pulang sekalian jenguk ortu di Garut, suka dengan udaranya yang masih bersih dan hawa dingin dan masih banyak sawah dan gunung bikin paru-paru bersih dan bikin fresh pikiran dan badan. 
Di Bandung juga selain mall kita suka ke farm house Lembang, floating market Lembang, Bird Pavilon Dago dan rooftop Paris Van Java. 

Travelling bersama pasangan dan keluarga menjauhkan stress.  Karena happy, tapi jangan sampai kelewat makan dan kurang minum. Dengan travelling kita makin bersyukur dan menikmati hidup dengan berbagai anugerah yang Allah kasih,  jadi sehat lahir batin insyaAllah. 




Sunday, August 12, 2018

Review Sinetron dan Film Si Doel

August 12, 2018 10 Comments

Malming kemarin, aku dan suamiku nonton Si Doel The Movie. Dari tahun 90-an hingga kini kita penggemar Si Doel. Menurutku ceritanya sederhana tapi banyak yang bisa diambil pelajaran dari sinetron dan filmnya. Para pemainnya juga piawai dalam memainkan peran watak hingga gak bosen buat ditonton berulang kali. 

Dulu dalam sinetronya dari bebrapa seri sequel 1 sampai 6, diceritakan Si Doel anak Betawi diperankan oleh Rano Karno. Anak pasangan Babeh Sabeni/Almarhum Benyamin Sueb,  dan Enyak/ Aminah Cendrakasih. Punya adik Atun/Suti Karno,  dan Encang Mandra. Sukanya lagi dalam sinetron dan film,  semua tokoh diperankan oleh orang yang sama gak diganti,  ketika tokoh meninggal di sinetron pun sama meninggal, Babeh meninggal di cerita karena kecelakaan bareng Andre pas wisata. Waktu Mas Karyo meninggal, diceritakan di Sinetron juga meninggal,  pun ketika Enyak sakit di fimnya juga sakit. 

Si Doel dikuliahin sampai jadi Insinyur mungkin sekarang Sarjana Teknik Mesin.  Babe sampai jual tanah, karena penghasilan cuma dari narik oplet. Enyak ibu rumah tangga punya kontrakan dengan Babe di samping rumahnya, yang ngontraknya Mas Karyo. Enyak juga punya warung kebutuhan sehari-hari seperti kopi, gula, susu dan roti. Tetapi Babe seperti orangtua kebanyakam ketika anak lulus kuliah diwisuda kerja kantoran dan punya penghasilan yang mapan. Namun kenyataan lapangan pekerjaan tak semudah itu didapatkan, menggambarkan cerita di masyarakat pada umumnya. 

Doel idealis dan jujur agak kesulitan mendapatkan kerja, sama halnya di keseharian kita kan yang jujur kadang malah tersingkir. Doel dicintai Sarah/Cornelia Agatha dan Zaenab/Maudy Koesnadi.
Sarah anak tunggal, orang kaya, di rumah ada pembantu, punya mobil, mamahnya sibuk arisan sosialita, papahnya pengusaha sukses tapi punya istri muda. 
Ketemu Doel di jalan karena mobil Sarah gak sengaja menyerempet oplet Doel. 
Doel punya teman Hans yang ternyata saudaranya Sarah.  Sarah suka museum, bikin skripsi tentang Papua tapi jadi nulis tentang kehidupan Doel mewakili masyarakat Betawi.

Sinetronya penuh liku-liku,  Engkong Doel/almarhum pak Tile, nikah ma Enyak Rodiah tapi tanahnya banyak, suka pakai sepeda ontel. Doel cucu kesayangan, di tengah kuliah tanah Babe juga sempat dijual dan yang beli papahnya Sarah dengan bantuan Hans. Kalau Atun gak dikuliahin, anggepan Babe perempuan urusan dapur, kasur juga sumur ujungnya.  

Ada Mandra yang putus cinta dengan Munaroh, juga sempet gagal menikah dengan Nunung,  sampai filmnya Bang Mandra masih sendiri. Mandra tetep kocak dengan tingkah lakunya baik di sintron dan film, karakternya kuat menghidupkan suasana.

Zaenab walau masih saudara jauhnya Doel, sudah suka sama Doel bahkan mereka sempat dijodohkan. Almarhum Babeh lebih suka Sarah,  apalagi ibu tirinya Zaenab matre banget lebih suka Koh Ahong dan orang kaya raya buat jadi suami Zaenab. 
Di sinetron keenamnya yang masih tayang di TV,  buat yang masih penasaran bisa nonton. Zaenab kan dari sinetron kesatunya sukanya kursus ini itu. Nah ketemu jodohnya dengan pria teman kursus yang lumayan cakep, anak orang kaya tetapi anak mami. Ketika menikah awalnya bahagia, tapi ketika Zaenab mengandung ibu mertuanya meninggal. Suami Zaenab jadi kasar, hobi mabuk dan KDRT, suatu malam Zaenab sakit hingga keguguran yang ditelfon Doel diminta bantuan. 
Salahnya Doel waktu itu langsung ke rumah sakit tanpa minta persetujuan Sarah atau mengabari Sarah. Ini alasan Sarah marah besar emosi hingga pergi ke Belanda. Zaenab setelah keguguran cerai dengan suaminya karena sedih kehilangan anaknya, sehingga sudah tak bisa memaafkan suaminya. 

Sarah ketika mau menikah dengan Doel sempat mau batal, karena Sarah cemburu menuduh Doel tidak jujur padanya. Ketika Zaenab mau menikah dengan pria pilihan ibu tirinya yang juga teman kursusnya ketemuan berdua ngobrol,  sementara waktu itu tengah mempersiapkan pernikahan dengannya. Cemburu buta memang tak baik ya, tetapi akhirnya pernikahan terjadi, ketika berumah tangga dengan Sarah, Sarah memang sering cemburu apalagi lagi hamil mungkin pengaruh hormon kali ya, sehingga Doel nolong Zaenab saja sampai kabur ke Belanda. Sarah suka bantu keuangan Atun dengan Mas Karyo,  dari awal kan memang baik sama keluarga Doel. 
Doel sempet mencari Sarah ke rumah mamanya, mamanya bilang Sarah pergi ke Belanda, tahun ganti tahun, Enyak menyarankan Doel nikah dengan Zaenab buat pendamping, Zaenab pun bahagia sambil bantu ekonomi keluarga jualan kue. Sayangnya karena Doel masih menikah dengan Sarah mereka nikah siri. 

Nyambung ke filmnya, Doel dengan Mandra diundang ke Belanda untuk membawakan barang khas Betawi di Tong-Tong Fair oleh Hans. Tetapi sebetulnya Hans dan Sarah merencanakan ini untuk mempertemukan Doel dengan anaknya yang dipanggil nama Doel juga. Yang memerankan anak Doel mirip Rano Karno waktu kecil. 

Mas Karyo sudah meninggal dan Mak Nyak sakit. Atun punya anak Ali panggilannya kalau gak salah, bongsor sama kaya Atun, kerjanya main warnet mulu manggil Atun Bunda. Atun gak diceritakan masih menjalankan salonnya apa enggak, di sinetron kan Atun punya salon. 

Nah sebelum berangkat Enyak berpesan agar Doel menghargai Zaenab untuk tidak mencari Sarah. Enyak buta dan lumpuh, tapi sayang ma Zaenab karena mengurusnya bersama Atun. 
Ketika sampai di Belanda Doel dan Mandra menginap di apartemen Hans. 

Ketika diajak jalan ke museum sempet Hans bilang Doel punya anak dari  Sarah,  dan Mandra bingung takut salah ucap ke Zaenab. 

Ketika ketemu Doel dan Sarah kaku sekali karena sudah 14 tahun gak bertemu. Pelajarannya kalau marahan dalam rumah tangga seperti dalam agama kita gak boleh lebih dari 3 hari kan, dan kalau suami istri sudah gak memberi nafkah lahir batin selama 3 bulan sudah dianggap cerai.
Emosi sesaat cemburu buta hanya akan merugikan, ketika pasangan menikah harusnya berpikir dewasa dengan logika dan syariat agama bukan hanya emosi sesaat. 
Apalagi ketika punya anak harusnya dikabari,  di adegan Doel berpisah dengan Sarah dan ketemu anaknya memang jaim. Mungkin situasi juga bikin galau antara bingung harus gimana dan harus apa. 

Nasab anak baik lelaki perempuan harus tahu bapak dan ibu biologis. Kalaupun berpisah jangan anak jadi korbannya. 
Satu lagi menurutku benar adanya jika menikah kudu dengan yang sequfu, artinya jika dari keluarga menengah dan biasa mending dengan yang menengah lagi, sarjana dengan sarjana lagi, tak salah memang jika salah satu lebih dominan dan lebih segalanya, cuma ketika ada konflik agak susah diselesaikan. Contoh Sarah kaya, Doel biasa saja, ketika emosi Doel mah solat, Sarah emosi malah pergi.

Zaenab juga kalau wanita secinta-cintanya jangan mau dinikahi siri gak ada kekuatan hukum walau sah dimata agama. 
Matre seperti ibu tirinya Zaenab tidak menjamin kebahagiaan,  lebih baik mulai dari nol dengan skill yang dipunya tapi pernikahan langgeng dan sukses. 
Pendidikan sangat penting, menuntut ilmu wajib, karena untuk bekal hidup. 
Menikah bukan soal mapan atau tidak, kaya atau miskin, tapi perlu pengelolaan emosi jiwa dan mental kuat, hati sabar juga komunikasi. Komunikasi itu sangat penting ketika dua kepala, dua insan beda didikan oleh ortunya, beda kebiasaan,  cinta memang harus rasional bukan hanya rasa tapi butuh logika. 
Dan jika ragu lebih baik tinggalkan, ketika Zaenab dan mantan suami, Doel dan Sarah ada keraguan untuk menikah, maka perlu istikharah dan keyakinan bahwa keputusan yang diambil benar. Keraguan dan terlalu buru-buru mengambil keputusan, akibatnya fatal dan menyesal belakangan di kemudian hari. 
Waktu amat berharga gak mungkin terulang. Pelajarannya jika cemburu harus dikonfirmasi ke suami curhat dari hati ke hati, bukan pergi lari dari masalah. 
Dan kalau sudah menikah jangan meminta bantuan ke orang yang sudah menikah juga apalagi curhat nanti jadi suka deh atau CLBK kaya Doel dan Zaenab. 

Intinya jagalah hati pasangan ketika sudah menikah, jangan emosi berlebihan dan  emosi sesaat sehingga merugikan diri sendiri dan pasangan juga anak di masa depan. Dalam pernikahan harus terbuka termasuk ketemu dengan siapa, ada apa cerita suami istri harus jadi teman sejati curhat. Dan selain emosi syariat agama dilaksanakan dan cari nafkah halal berkah, nanti pasti rezeki rumah tangga lancar. 
Mungkin Doel agak susah dapet rezeki karena sering kurang terbuka dan jaim pada perempuan termasuk istri, ini kurang komunikasi berakibat begini dan merugikan orang lain. 
Lelaki sebagai imam dalam rumahtangga harus tegas, dan jika cinta kejar atuh sampai ke ujung dunia. Uang mah bisa dicari asal tekad kuat. 
Memang 7 turunan karakter orang tidak bisa berubah begitu saja. Jangan menuntut pasangan berubah jika kita tidak bisa fleksibel, fleksibel sewajarnya sehingga seimbang dan harmonis. 

Rumah tangga dan kehidupan bermasyarakat adalah universitas kehidupan yang gak didapat di bangku kuliah,  tapi dengan ilmu, akal dan iman semuanya bisa bahagia. 
Di film juga ketika berpisah di Bandara Belanda Sarah kasih dokumen minta cerai ke Doel, sementara di Indonesia Zaenab lagi menangis takut Doel kembali ke Sarah walau katanya rela. Perempuan harus bisa mengemukan pendapat jangan rela tapi hati sakit heuheu. Jangan nerimo pasrah begitu saja walau tersakiti. 

Overall, kusuka sinetron dan film Si Doel ini walau penuh drama. Bang Mandra sukses bikin aku tertawa dari awal sampai akhir film. Sarah sukses bikin terharu saat dia nangis sesenggukan menyesal meninggalkan Doel dengan sountrack lagu yang pas. 
Zaenab sukses bikin kasian karena dia nangis Doel gak ada kabar dan takut ketemu Sarah di Belanda. Adegan artis cilik pemeran anak Doel juga sukses bikin merebes mili ketika memanggil Bapak/Papah ke Si Doel. 
Jadi penasaran sequel film keduanya, apakah jadi cerai sama Sarah, atau gimana nasib Zaenab karena cuma nikah siri, terus anaknya apakah tinggal ma Doel atau Sarah kedepannya. 
Jadi harus setia sama satu pasangan ya jangan mendua, apalagi statusnya belum jelas hehehe. 

Friday, August 3, 2018

SAMSUNG GEAR BIKIN GAK MAGER

August 03, 2018 19 Comments

Minggu lalu, 29 Juli 2018 di Mall Kelapa Gading tepatnya di gerai Samsung mkg 3, menghadiri talkshow Lifestyle with Gadget. 
Ada produk baru Samsung Gear dari Samsung Nasa yang masih anggota Erajaya grup. Acara dimulai dengan games seru main dengan fitur gadget samsung. Sayang games ini gak kebagian karena muter-muter cari parkir dan mallnya ikutin gps hihi. 
Sempat nyobain samsung gear 3 yang kece ini, samsung gear bikin kita gak mager, karena dia punya alarm untuk mengingatkan kita kalau kita kelamaan duduk atau tidur tanpa aktifitas fisik. Bisa menghitung langkah ketika lari. Bisa menghitung kalori berapa yang terbakar saat kita berolahraga. 


Talkshow dimulai jam 2 siang bersama mbak Resi founder BPlus,  dan mas trainer gym dan mbak mc dari samsung. Sebagai blogger seringnya duduk di event ketika acara, duduk menulis di rumah. Olahraga katanya nyetrika, jemur baju sama nyapu ngepel dan masak. Kalau kata dokter itu beda, rutinitas seperti ini bukan olahraga, karena kadang dalam rutinitas itu ada bosannya bisa stress. Kalau olahraga dijalani dengan riang gembira tanpa beban. Contohnya bisa jogging atau jalan cepat keliling komplek, keliling komplek perumahan dengan bersepeda. Atau lari saat car free day, dengan catatan ikutan senamnya atau larinya benar ya,  bukan icipin kulinernya saja hehe. 

Nah di era serba digital ini karena apa-apa tinggal pesan via gadget, jadi mager/malas gerak, adanya samsung gear membantu generasi millenial agar gak mager. Nanti kalau dipakai pasti diingatkan dengan alarm kita untuk gerak, untuk olahraga. Dengan olahraga bikin fisik bugar dan pikiran fresh loh. 


Ada games tredmill menggunakan samsung gear, jika paling banyak kalori yang terbakar diantara semua peserta dapet hadiah samsung gear nih, lumayan kan.
Ah aku mah tredmillnya di speed 4 aja ngos-ngosan jarang olahraga sih hehe. Dan kaloriku hanya terbakar 3 saja haha. 

Kelebihan samsung gear 3 ini adalah :
- stay in style,  bezel elegan yang didesain dengan teknik laser marking dan bahan stainless steel alloy 316L,  strap premium dan watch face yang dapat diganti-ganti dengan gaya kita. 
- stay active, tetap terhubung ketika beraktivitas di dalam air maupun di tempat penuh debu bahkan dalam kondisi ekstrim sekalipun, karena gear s3 dilengkapi IP68 & military grade MIL - STD-810G.
- stay connected, dapatkan kemudahan telepon dan memantau notifikasi serta membalas pesan masuk langsung dari Gear S3 anda. 
- stay on all day,  dengan daya tahan batere sampai dengan 4 hari membuat kita dapat terus aktif dan terkoneksi. 


Alat olahraga di rumah dibeliin suami slim fit care bfit tahun 2014, waktu di Semarang mah sering dipakai nih alat, bisa bikin langsing terutama daerah perut. Karena waktu itu ngantor, ngajar dan ngeblog juga gak sempet ikutan aerobic yang jamnya selepas magrib menuju isya sudah lelah, kalau untuk jalan ke depan perumahan dekat pos satpam ikutan senam. Tetapi ketika pindahan ke Jakarta rumah kontrakan sempit alatnya dilempit, jadi jarang dipakai,  nanti sudah pindah rumah Cibinong dipakai lagi deh. 
Kalau tredmill ortuku mau banget nih, katanya kadang kalau mau keluar rumah jalan kaki  gak sempet dan sudah kelelahan kalau jauhan jalannya mamahku , dan bapakku juga udah gak terlalu kuat sepedahan jauh. Semoga ada rezeki buat beliin tredmill dan lengkap dengan samsung gearnya ini, Aamiin. 
Yuk rajin olahraga biar bugar dan fit juga fresh. Jika kalian termasuk yang mager , kudu punya samsung gear ini biar ada reminder buat gerak. 

Thursday, August 2, 2018

BEKAM

August 02, 2018 8 Comments

Setiap penyakit ada obatnya, maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh Bekam dengan izin Allah SWT. (HR. Muslim).

Bekam adalah sunah Rosul, Rosul menyunahkan kalau sakit berbekam dan minum madu. Pernah bekam 3 kali di BRC/Bekam Ruqah Center Padalarang Bandung, di klinik sehat Semarang dan BRC Pasar Minggu Jakarta. Yang dianjurkan sebulan sekali berbekam. Kita mah sih jedanya tahunan hihi. 


Bekam ada yang menggunakan sayatan silet dan tusukan jarum.  Selama ini kita mah dengan tusukan jarum.  Jarum harus steril dan hyigenitasnya terjamin. Tempatnya harus tertutup antara wanita dan pria/akhwat dan ikhwan dipisah.  Terapisnya harus yang sudah bersertifikat dan berpengalaman.  Jarum yang digunakan sekali pakai.
Kenapa suka bekam di BRC karena tempatnya bersih, jarum sekali pakai dan sterilitasnya juga terjamin. Kenapa harus steril, bekam kan akan mengeluarkan darah di dalam skopnya, agar tak tertular penyakit atau kuman dari pasien lain makanya pilih jarum sekali pakai. Di BRC scopnya biasanya sisterilasi dengan klorin dan air panas. 
Tahapan bekam, biasanya titik yang dibekam di punggung, pinggang, belakang leher, dan betis, kecuali misalkan ingin untuk kesuburan atau sakit maag, ditambah di titik belakang perut dan tulang ekor. Jika lagi batuk flu ditambah sinar infrared di dada enak hangat bisa meredakan batuk flu. 

Sebelum dibekam dipukul-pukul di bagian punggung dan betis dengan sapu lidi atau rotan, pukulnya sama terapis gak nyeri kok cuma dipukul lembut. Lalu dipijat di punggung dan betis.  Setelah itu diolesi alkohol punggung pinggang dan betis kita, lalu baru dengan alat tusukan jarum seperti bunyi staples dan rasanya seperti digigit semut. Lalu setelah itu discop dengan alat seperti gelas plastik, nanti bakalan merah dan keluar darahnya, dan ada embunnya jika masuk angin. Kalau yang bagian tidak ada keluhan darah mengalir lancar, agak mengental itu di bagian ada keluhan. Misal seperti aku pas batuk dan maag yang agak kental itu di bagian dada dan perut dan pinggang belakang kiri. Habis itu suka plong,  kenapa suka berbekam kadang kalau maag kumat ke dokter lambung malah tambah sakit dikasih obat seabreg dan antibiotik, batuk radang tenggorokan juga gitu kepala pusing disakasih obat sakit kepala dan antibiotik sama dokter, badannya masih gak karuan gak enak badan. Kalau abis bekam plong rasanya bisa istirahat tidur dengan nyenyak. 


Bekam itu mengeluarkan darah kotor di dalam tubuh kita, agar peredaran darah lancar dan badan kembali fit.

Gejala tubuh kita banyak racun/toksin : 
- mudah mengantuk dan mudah letih,
- sering gak enak badan/ tidak fit,
- sembelit,
- cepat marah/emosi,
- sakit otot sendi,
- darah tinggi,
- asam urat tinggi,
- gula darah tinggi.


Manfaat Bekam :
- mengeluarkan angin, toksin dan kolesterol,
- menghilangkan rasa sakit, 
- memulihkan fungsi tubuh, 
- melancarkan peredaran darah, 
- menjernihkan penglihatan, 
- meningkatkan daya ingat, 
- meningkatkan sistem imunitas tubuh. 


Waktu bulan puasa kemarin kita bekam, pas puasa kemarin gerd kumat, udah ke spesialis lambung dan dokter umum, ditambah batuk flu gak kunjung sembuh, juga pulang mudik capek kena radang tenggorokan. Terus disambung obat herbal teh mayang. Nanti kutulis terpisah pengobatan herbal teh mayang di blogku ya. 
Bekam mah murah meriah,  suamiku ambil pengobatan bekam BTU, administrasi dan tambah 3 titik karena sering pusing dan pegal betis total 110 ribu rupiah.
Aku pengobatan BIM dan tambah 8 titik di dada karena batuk flu dan untuk maag di belakang pinggang menuju perut dengan administrasi  total 155 ribu rupiah. Setiap nambah satu titik nambah 5 ribu rupiah.  Paket BTU dan BIM bisa bilang di kasir dan bagian administrasi sebelum diterapi,  sesuai keluhan kita nanti akan dipilihkan terapi apa yang cocok untuk pengobatan kita sesuai yang kita keluhkan. Yuk mau nyoba bekam buat kesehatan ke BRC saja,  gak sakit dan aman karena sudah ada sertifikat dari Dinas Kesehatan. 
BRC health center
Pusat kesehatan Islami cara Nabi
www.klik-brc.com


Sunday, July 29, 2018

FESTIVAL KOPI BOGOR 2018 JILID 2

July 29, 2018 15 Comments

Festival Kopi Bogor Jilid 2 2018 ini diselenggarakan di stadion Pakansari Cibinong Bogor. Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bogor ke-536 dan hari Krida Pertanian ke-46, dan mendukung para petani kopi di Indonesia. Kopi di Indonesia,  ada kopi Gayo dari Aceh, kopi Bogor, kopi Garut,  kopi Lembang Bandung, kopi Sumedang pun ada.  Semua ada stand kopi daerahnya dengan cita rasa kopi khas daerah masing-masing di Festival Kopi Bogor ini. Harga kopi bubuk dan kopi biji yang sudah kering dari sekitar 13 ribuan sampai 50 puluhan ribu bahkan  100 ribuan rupiah loh. Beli juga nih kopi Bogor penasaran sama rasanya. 


Selain kopi tersedia stand aneka makanan lengkap dengan lauk pauknya, juga cemilan ringan seperti aneka es dan sosis bakar. Soto mie bogor dan batagor siomay juga ada di Festival Kopi Bogor ini. Mau mencicipi kopi dan menikmati kuliner khas pas kesini nih. Festival kopi Bogor ini berlangsung dari hari Jum'at tanggal 27 Juli 2018 sampai hari ini Minggu 29 Juli 2018.


Aneka sayuran dan buah-buahan segar juga ada di stand pameran dan bisa dibeli dengan harga murah dan sangat terjangkau. Bahkan bibit tanaman pun bisa dibeli, seperti tomat, pok coy, jeruk juga nangka. Aku pun membeli telur ayam kampung, buncis, tomat, cabe merah,  bawang daun dan seledri bonus selada air hanya total 32 ribu rupiah saja loh. 


Ada juga bibit bunga dan buah nanas,  madu dan bibit biji jagung juga kedelai. Dan hasil ternak susu sapi dan kambing. Bahkan display buah-buahan dan sayur juga dipajang di pameran Festival kopi Bogor ini. 


Karena mendukung pertanian Indonesia, stand sayur mayur banyak di Festival Kopi Bogor ini,  jamur pun ada lengkap dengan bumbu dapurnya. Ada stand roti unyil dan lapis bogor juga loh, kita beli roti unyilnya, tetep enak, lapis bogor udah pernah mencicipi suka rasa keju setiap suamiku pulang dari Bogor ke Semarang oleh-olehnya lapis bogor ini, enak suka yang talas keju. 


Dan ada butternut juga pare nih dibikin kebun mininya di festival kopi bogor ini, bahkan aneka cemilan seperti brownies coklat kress, peyek kacang, rengginang, dodol garut, keripik pisang, seblak tulang ayam kering dari Cirebon ada juga disini. Harganya sekitar 10 ribu rupiah,  15 dan 18 ribu rupiah saja, rasanya enak, jadi nyesel kemarin cuma beli satu peyek dan brownies kressnya. Bahkan ada rekor MURI Lapis Bogor beli satu gratis satu rasa kopi susu hanya seharga 29 ribu rupiah.  Sayang kita mah sukanya rasa keju dan keju coklat yang harga normal beli satu kotak 29 ribu rupiah dan 30 ribu rupiah, jadi gak ikut antri hehe. 


Di festival kopi bogor ini jika mau solat ada musola truck dan toilet portable. Dan masuk festival kopi bogor ini gratis hanya bayar parkir mobil 10 ribu rupiah.  Yuk dukung petani dan hasil pertanian Indonesia kita beli untuk dikonsumsi sehari-hari, agar para petani makin sejahtera. Yang belum kesini mau minum kopi Indonesia dan icip kulinernya juga borong sayur buahnya, buruan mumpung masih ada festival kopi bogor sampai hari ini.




Friday, July 27, 2018

SUPERQURBAN RUMAH ZAKAT

July 27, 2018 22 Comments
Rendang dan Kornet Superqurban.

Kemarin tanggal 26 Juli 2018, ikut menghadiri milad rumah zakat yang ke-20. 
Rumah zakat sudah menyalurkan amanah Zakat, Infak,  Shadaqah (ZIS)  para donatur kepada penerima layanan manfaat (PLM)  yang terdiri dari berbagai bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Saat ini rumah zakat sudah memiliki 8 klinik Pratama, 51 ambulance, 20 mobil klinik, 18 sekolah juara, dan 2 mobil juara,  menurut CEO rumah zakat Bapak Nur Efendi.  
Rumah Zakat juga konsen di bidang ketahanan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat melalui optimalisasi program ibadah qurban. 

Qurban berasal dari kata qaruba wa qurbaanan/masdhar, qaruba/fi'il madhi, yaqrabu/ fi'il mudhari artinya mendekati atau menghampiri (Matdawam 1984). Menurut istilah qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah baik berupa hewan sembelihan maupun yang lainnya (Ibrahim Anis et.al 1972). 
Hewan qurban di Indonesia biasanya sapi dan kambing. 

Dalam Al Quran qurban dilatarbelakangi dari satu rasa penghambaan, kecintaan, kepeduliaan dan kasih sayang. Ketika seorang ayah yaitu nabi Ibrahim diuji oleh Allah keimanan dan ketakwaannya harus memotong kepala nabi Ismail, putra semata wayangnya yang ditunggu lama hadirnya.  Ketika mau dipenggal kepalanya Allah gantikan dengan seekor domba/kambing. Nabi Ibrahim lulus ujian kepatuhannya terhadap Allah, dan Allah tetap mengijinkan nabi Ismail hidup. Setelah itu ketika umat muslim ibadah haji, di hari tasyrik selepas Idul aqdha ada pemotongan hewan qurban. Satu orang muslim bisa satu ekor kambing, dan 7 orang muslim dengan satu ekor sapi. 


GBK Go Food Festival.

Momen Idul Adha dapat menjadi saat yang tepat bagi umat muslim.  Sejak jaman nabi Yusuf umat manusia sudah diajarkan pengelolaan pangan agar kebutuhan masyarakat ketika musim paceklik masih bisa menikmati makanan. Teknik pengawetan makanan dan sirkulasi pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan negara. 

Protein hewani masih rendah di Indonesia yakni 11.6 kilogram per kapita per tahun. Idealnya harusnya 34,19 kilogram per kapita per tahun. Salah satu upaya yang dilakukan rumah zakat sejak tahun 2000 adalah mengolah daging qurban menjadi kornet dan rendang, dikenal dengan Superqurban. Daging qurban dioptimalkan menjadi makanan olahan rendang dan kornet, sehingga awet untuk waktu lama dan bisa disebarluaskan ke seluruh pelosok Indonesia. 

Selain disalurkan di 34 provinsi di Indonesia,  termasuk ke Ambon yang sedang mengalami bencana kelaparan. 3000 kornet dan rendang Superqurban dikirim  ke Ambon kemarin 26 Juli 2016. Tepatnya kepada warga suku Amuse Ane di gunung Morkelle Maluku Tengah.  Dan sudah menjangkau Palestina, Filipina, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Somalia dan Syria. Dari Jakarta menuju Ambon  menggunakan pesawat, perjalanan laut 3 jam dari pelabuhan Tulehu ke Pelabuhan Amahe di Maluku Tengah. Lalu relawan melakukan perjalanan 8 jam menuju lokasi penyaluran kepada suku Mause Ane di Gunung Morkelle kabupaten Maluku Tengah.  Didoain semua biar semua lancar, ujar Bapak Nur. Semoga tidak ada lagi yang meninggal dunia seperti 1 lansia dan 2 balita karena busung lapar. 


Aneka produk binaan rumah zakat.

Di Tasikmalaya juga ada fasilitator desa berdaya rumah zakat di desa gunung sari kabupaten Tasikmalaya. Supaya anak balita tercukupi gizinya, tidak ada lagi kasus seperti Bion balita yang mengalami gizi buruk, setelah pemantauan gizi selama 3 bulan Bion jadi berangsur membaik. 

Bersama bapak ketua MPR dan bapak Menteri Desa PDTT juga CEO rumah zakat.

Acara milad rumah zakat ini dihadiri juga oleh Bapak Ketua MPR yaitu Zulkifli Hasan, dan diberikan anugerah sebagai tokoh peduli zakat dan pemberdayaan Ekonomi dari Rumah Zakat. Dan beliau aktif mendukung gerakan membayar zakat untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan. Juga bapak Eko Putro Sandjojo Menteri Desa Pengembangan Daerah Tertinggal/PDTT dan Transmigrasi.
Superqurban siaga bencana, siaga gizi dan penyerahan langsung kepada peserta dan yang berhak menerima qurban.  

Kelebihan dari Superqurban adalah: 
  1. Sesuai syariah.
  2. Praktis, mudah dibawa dan dibuka. 
  3. Kesehatan hewan qurban terjamin, di bawah pengawasan dokter hewan. 
  4. Kornet tahan lama hingga jangka waktu 3 tahun.
  5. Aksi distribusi dilakukan sepanjang tahun, tidak hanya habis sepekan hari raya kurban. 
  6. Mengjangkau pelosok Indonesia hingga daerah terpencil. 
  7. Memberdayakan petani lokal.
  8. Solusi efektif bantu korban bencana.
  9. Cocok sebagai tools atau alat bantu perusahaab dalam menggelar aksi kepedulian lingkungan. 


Bersama teman-teman blogger. 

Zakat itu wajib hukumnya, sedekah infak juga tidak akan mengurangi harta, malah Allah kasih berlipat ganda nanti dan rezeki kita makin berkah. Bentar lagi Idul Adha, yuk  beli hewan qurban untuk berbagi dan insyaAllah dapat pahala. Rumah, mobil, motor, baju, tas dan sepatu branded juga emas bisa kita beli, jika setahun sekali berqurban,  hanya mengeluarkan uang sebanyak Rp 2.375.000 untuk seekor kambing,  sebanyak Rp 2.575.000 kalau retail per orang.  Sapi kalau untuk 7 orang sekitar Rp 17.250.000.

Kalau mau berqurban lewat Rumah Zakat,  bisa ke Rekening Qurban. 
Mandiri 1320004819745
BNI Syariah 1555555589 
A.n. Yayasan Rumah Zakat Indonesia. 
Instagram @rumahzakat.