Friday, December 15, 2017

WANITA dan LIPSTICK juga LIPCREAM

December 15, 2017 6 Comments

Kaum wanita sekalipun gak dandan pasti suka lipstickkan dan bedakkan, karena apa, biar gak keliatan pucat.
Konon katanya lipstick sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu, sejak zaman sebelum Masehi.
Zaman dulu pewarna untuk lipstick dari buah dan tanaman.
Awal munculnya di peradaban Turki, Timur Tengah dan Afrika.
Era Mesir Kuno yang mengenalkan warna carmine yang merah menyala, zaman adanya Neferititi dan Cleopatra.
Kalau zaman nenekku pakai lipstick itu pakai pewarna dari daun sirih dikasih kapur sirih dikunyah jadi warna merah bibirnya plus gigi kuat heuheu.
Warna ungu dari rumput laut dan minyak juga lilin.
Jadi inget jaman kuliah Farmasetika, pernah bikin lipstick di Laboratorium.


Selain tentunya kalau yang suka dandan mesti suka pakai pensil alis, foundation, pelembab, maskara, blasson dan eye shadow.
Nah kalau aku dan mamahku juga adikku palingan Cuma bedak dan lipstik.
Banyak varian lipstick sekarang ini dengan berbagai warna, lipstick atau kadang disebut gincu, sudah ada sejak zaman baheula nih, dengan berbagai merk.
Kalau aku lebih suka warna ngepink atau peach lebih soft, kalau suamiku malah suka warna merah jreng heuheu.
Eh aku mah penganut sesuai syariah kudu pakai gincu yang sesuai warna bibir soft gak terlalu mencolok.
Kalau wanita tanpa lipstick bagai sayur tanpa garam halah hehe.


Nah yang perlu diperhatikan jika kita menggunakan kosmetik juga hati-hati jika kosmetik termasuk lipstick ada bahan pewarna berbahaya, jadi harus beli di toko yang resmi atau olshop terpercaya.
Perhatikan juga kode expirenya, karena yang kadaluarsa bisa menyebabkan iritasi bahkan kanker.
Dan cara menyimpan, kosmetik boleh digunakan 2 tahun biasanya, jika sudah berubah jangan dipakai lagi ya, gak usah eman-eman.
Kalau lipstik tandanya  sudah tak layak pakai adalah bau apek, mencair dan meleleh, ada embun air sekitar permukaan lipstick, sudah tidak menempel di bibir warnanya.
Cara membuang lipstick jika sudah kadaluarsa juga harus dihancurkan ya biar tidak disalahgunakan jadi kosmetik palsu nantinya.


Ooh iya pernah dandan maksimal pas jadi pengantin, MUA-nya tanteku sendiri nih kebetulan.
Ini nih pas dandan jadi pengantin, bisa diintip di ceritaku pas menikah (http://www.pusvitasari.com/2017/12/kilas-balik-pernikahanku-9-tahun-lalu.html).
Ooh iya selama ini aku pakai lipstik wardah yang jelas harganya terjangkau dan halal.
Tetapi sekarang nih temanku ngabarin wardah ada yang lip cream, huum sih liat iklannya di tv.
Ooh iya lipcream itu lebih soft dan merata di bibir loh, jadi matte.
Untuk harganya bisa cek harga lipcream wardah di Mataharimall.com.
Dalam lip cream wardah mengandung vitamin E, warnanya ada fruit punch, honey bee, rosy cheek, saturday night, red dicted, fuschionately, see you latte, hingga pinkcredible.
Wardah lip cream ini selain hasil akhir velvet matte, teksturnya creamy tidak begitu kental., pakainya tipis-tipis saja biar gak tebal di bibir dan bibir tak terasa kaku.
Awalnya terasa creamy dan basah tetapi jadi mengering setelah diaplikasikan.





Kalau yang jago dandan selain buat bibir, lipstick ada yang diaplikasikan jadi eyeshadow dan blush on loh, ini liquid lipstik, caranya ambil sedikit liquid lipstick taruh di punggung tangan pulaskan ke mata dengan jari tangan, jadi deh eye shadow.
Jadi conturing wajah, ambil liquid lipstick dengan shade nude atau kecoklatan, pulaskan sedikit di  tulang pipi, blend dengan sponge hingga warnanya menyatu.
Kadang ada juga yang dipakai untuk eyeliner dan blush on, jadi hemat kan ya heuheu.

Wednesday, December 13, 2017

Review Film Olaf adventure dan Coco

December 13, 2017 14 Comments
Tadi siang menuju sore nonton film olaf adventure dan coco.
Disney selalu sukses bikin film keluarga nih.
Film ini untuk kategori semua umur.

Gak tahu kenapa sebelum coco mulai, olaf adventure muncul dulu durasi 20 menitan.
Olaf masih inget frozen kan, boneka salju yang idungnya wortel dan tangannya ranting.
Lucu banget si olaf, disini masih ada elsa dan anna juga kristof dan rusanya.
Menceritakan bahwa olaf berusaha keras mencarikan tradisi pas hari raya di negerinya untuk elsa dan anna.
Nah setiap keluarga pasti punya tradisi kan kalau di Indonesia pas lebaran,  setiap keluarga punya kebiasaan khusus dan sajian makanan istimewa.
Nah tetapi anna dan elsa lupa tradisi apa di keluarga mereka.

Olaf dibantu rusa dari rumah ke rumah mencatat dan membawa barang hadiah, sayangnya gerobaknya terbakar dan jatuh ke jurang,  olaf merasa gagal dan kecewa hingga enggan pulang,  padahal di istana elsa dan anna menemukan tradisi mereka adalah membuat olaf baik dari es dan gambar.
Nah pelajaran yang diambil adalah mungkin kita jarang menyadari yang istimewa dan dicari itu sebenarnya ada di dekat dan hadapan kita sendiri.

Dan film coco dimulai,  dari keluarga suka musik,  imelda dan hektor dan punya putri coco.
Hektor pergi dengan gitarnya dan menciptakan lagu, imelda sebagai istri jadi kecewa marah kepada suaminya hektor gak pulang-pulang,  dan dia memulai usaha membuat sepatu rivera dan sukses jadi bisnis keluarga turun temurun.
Sehingga punya cucu miquel seorang anak laki-laki yang senang musik.

Puncaknya miquel minggat dari rumah karena sang nenek merusak gitarnya.
Buyutnya miquel adalah coco yang sudah mulai pikun.
Nah miquel ditemani dante anjing liar mengambil gitar di makam penyanyi ternama.
Nah sehingga di hari peringatan kematian arwahnya melayang ke negeri orang mati,  disana miquel bertemu hektor,  imelda,  paman dan bibinya yang fotonya terpajang di tempat persemayaman keluarganya.

Miquel akhirnya ketemu ibunya coco, imelda yang gak bisa nyebrang karena fotonya diambil dirinya,   miquel malah yakin karena gitarnya ada di foto yang disobek itu adalah penyanyi legendaris yang dipuja banyak orang.

Imelda, paman bibinya menyuruh miquel pulang ke dunia nyata asal tidak bermain musik.
Tapi beberapa menit kemudian miquel masuk lagi ke negeri mati karena mengambil gitarnya lagi di makam.
Nah akhirnya miquel ketemu hektor yang hampir dilupakan karena fotonya tak dipajang dan gak diingat orang di dunia.

Miquel meminta bantuan hektor agar ketemu penyanyi terkenal yang mati tertimpa lonceng.

Nah hektor mendukung karena miquel bilang gak punya keluarga di negeri mati dengan imbalan dia kasihkan fotonya di dunia agar diingat dan bisa menyebrang dunia mati.

Karena miquel hanya dikutuk bukan meninggal harus sebelum pagi berhasil mendapat restu dan bisa bermusik.

Miquel akhirnya menyanyi sambil bergitar Gitarnya dia dapatkan dari seorang kakek yang arwahnya hilang gak bisa nyebrang karena tidak ada yang ingat dan mendoakannya, di acara lomba musik di alun-alun dengan hadiah ketemu penyanyi itu.

Tapi imelda dan paman bibinya keburu datang,  sehingga dia lari sampai mengusir dante anjingnya.
Nah akhirnya miquel ketemu penyanyi ternama itu,  cuma sayangnya jadi tau karakter aslinya jelek, bahkan ternyata dia yang meracuni hektor hingga tewas dan dilupakan keluarganya

Padahal hektor saat itu ingin ketemu coco, tapi si penyanyi licik itu membunuhnya dan mengakui hasil karyanya hingga tenar.
Hektor dan miquel dimasukkan sumur, hingga akhirnya ditemukan kucing pengantar arwa, imelda dan dante anjing miquel.

Adegan hektor menyanyikan lagu remember me buat coco sangat menyentuh, aku pun menitikkan air mata.

Akhirnya ketauan bahwa hektorlah kakek buyut aslinya dan coco adalah putri yang mau ditemui saat itu.

Nah masalahnya sekarang hektor sudah mau hilang karena coco sudah pikun dan mau meninggal.
Akhirnya foto berhasil direbut kembali dan ketauan sifat aslinya penyanyi tenar itu bahwa dia jahat.

Film ini keren menurutku, walau ada adegan kiss di saat miquel melihat film lama dibintangi penyanyi tenar yang awalnya dia kira kakek buyutnya.

Pesan moralnya adalah keluarga tetap nomer satu, di atas segalanya, baik karir dan materi.
Apalah arti ketenaran jika tak punya keluarga.
Apalah arti kelimpahan materi jika hidup sendiri tanpa keluarga pasti hampa.
Dan yang terpenting kelak di alam baka dan akhirat hanya doa dari orang tercinta dan keluarga kitalah yang menghantarkan kita ke surga.
Dan setiap perbuatan jahat pasti ada balasannya di akhirat nanti.



Wednesday, December 6, 2017

Aku dan mamahku

December 06, 2017 31 Comments
Aku bersama mamah dan adikku. 

Mamahku yang melahirkanku di hari ibu tanggal 22 Desember,  36 taun silam. 
Mamahku asli orang Garut. 
Mamah yang jadi PNS dari gadis sampai pensiun 2012 lalu. 
Mamahku selama dinas jadi bendahara keuangan terus. 
Mamahku yang luar biasa,  yang surgaku ada di telapak kakinya. 
Mamahku juga lahir di Desember tanggal 29.

Pas nih membahas ini dengan tema arisan gandjel rel ke - 17, yaitu 'Hari Ibu dan Kenangan bersama Ibu'. 
Dari mbak Noorma, seorang guru dan blogger yang berdomisili di Pekalongan dan punya dua putri, dan mbak Chela seorang guru dan blogger dan ibu dari seorang putri yang berdomisili di Purwodadi. 

Aku dan mamahku, dulu kita belum berjilbab heuheu. 

Waktu kecil aku sebetulnya lebih dekat sama bapakku, karena mamah galak pernah mukul aku gegara jengkel aku mau baso banyak hahaha. 
Tapi menginjak remaja dan dewasa aku lebih nyaman curhat ama mamahku, tetapi sama bapak dulu masih suka anter jemput pas kuliah di Bandung pulang ke Garut. 
Ingat waktu kecil mamah yang ngantor paling sering nganter sekolah pas TK karena nyebrang jalan, karena bapak sering tugas di lapangan kalau ada bencana longsor, bapakku juga PNS,  pensiun 2010 lalu. 
Kalau SD yang dekat rumah kami jalan kaki sendiri, SMP ma SMU naik angkot juga sendiri. 

Mamahku itu kadang ya berantem adu argumentasi denganku gegara masalah sepele, tetapi tak jarang kami ketawa bareng dan nangis bareng. 
Mamahku suka galak ama cowok yang mendekatiku sesari SMP,  SMU dan kuliah apalagi yang gak beliau sreg. 
Sifat overprotective nya bagus sih menurutku, daripada anaknya kenapa-napa mending jaga-jaga kan. 

Kalau masalah belajar mamah dan bapakku termasuk keras, kami kudu berprestasi di sekolah, kalau bisa masuk tiga besar dan juara kelas maksimal sepuluh besar. Mereka mengajarkan harus pintar dan berakhlak agar kelak sukses, kudu jadi sarjana karena kita bukan orang kaya banget di bidang materi. 

Selain kudu juara kelas kita juga diajarin mengaji Al Quran dari kecil udah masuk TPQ,  gak heran memang hasil didikan mamah dan bapak aku selalu juara kelas,  dan gagal hanya pas UMPTN masuk negeri, tapi profesinya juga Alhamdulillah negeri.
Dan kebiasaan solat on time dan mengaji walau dua lembar sehari itu udah dari kecil,  kebawa sampai sekarang. 

Nah mamahku orangnya rajin,  walau bekerja tak lupa pekerjaan rumah seperti masak,  bersihin dan rapiin rumah juga mencuci baju dan nyetrika. 
Nurun juga nih sama aku dan adik-adikku,  sudah biasa walau kerja mencuci dan menyetrika sendiri dan masak di rumah.
Nah kebiasaan yang diterapin dalam keseharian sampai kami berumahtangga dan menularkannya pada pasangan kami. 



Aku dan mamahku depan MAJT Semarang september lalu. 

Ingat dulu mamah yang optimis bisa mengkuliahkan sampai profesi, sementara bapak hampir nyerah takut gak kebayar,  nah kebiasaan nabung dan beli perhiasaan dan jika sudah gak cukup dipakai juga butuh dijual bisa buat kuliah,  aku dan adikku pun menirunya. 
Jadi kebiasan nyimpen uang untuk sesuatu yang penting sudah terbiasa sejak kecil. 
Bukan berarti gak makan di restoran atau piknik dan tidak ngemall. 
Tapi harus nabung diluar semua kebutuhan pokok dan jalan-jalan. 
Terbukti kok kita sampai saat ini bisa menerapkan dalam keseharian. 


Mamah bersama bapakku, kedua adikku dan dua ponakanku.

Kata mamah sedekah utama, solat dan ngaji wajib, hemat gak pelit,  tapi beli tas, baju dan perhiasaan boleh setelah semua terpenuhi. 
Kalau sibuk dengan pekerjaan dan urusan lainnya jangan lupa juga untuk ke pengajian. 
Dunia akhirat kudu saimbang,  ya bener.
Mamahku juga teman curhatku dari dulu pe sekarang,  nyaman aja kalau curhat ama beliau. 

Dan kadang mamahku ini suka seperti tak perhatian tapi memperhatikan. 
Contoh jika anak-anaknya gak ada wa atau sms atau telfon,  mamah akan wa kemana nih,  sibuk ya. 
Eh jangan kelewat makan ya,  jaga kesehatan, jangan lupa ngaji. 
Mas kemana gak keluar kota kan, promil gimana, hati-hati kalau di rumah sendirian jangan kemana-mana, di rumah aja penuhi kulkas, pintu kunci pagar digembok hehe. 

Ya seorang ibu walau anaknya udah dewasa,  tetep sayang ya, soalnya 9 bulan di kandungannya. 
Mamahku aja masih suka nangis jika berpisah sama aku misal pulang ke Bandung Garut,  atau mamah ke Semarang,  pasti menangis heuheu.
Kok jauh sih rumah tth, pindah aja, kata mamahku,  terus suka bilang gini semoga cepat punya anak ya,  didoain banyak rezekinya,  rumah tangga awet sampai ke surga. 
Terus sabar dan solat ya, semoga di Semarang banyak yang sayang tth, yah memang kasih ibu sepanjang masa ya 😊.

Dan bikin terharu huhu,  tth ma ena dan aguh nikah kudu di gedung,  mamah bapak mah dulu di rumah. Alhamdulillah kelakon kami bertiga jadi sarjana dan menikah di gedung. 
Lucu lagi kalau pulang ke rumah garut bandung kok cuti bentar amat,  padahal udah seminggu, sebulan atuh disini teh, wah gimana atuh mah ntar dipecat wkwk.

I love you full mamah deh,  bapak juga,  semoga harapan mamah bapak jadi Amih Apih dari anak tth dan mas diijabah Alloh,  sekarang Alhamdulillah udah punya cucu 3 dari adik-adik 😊.
Semoga mamah dan bapak juga diberi kesehatan, umur panjang dan berkah,  selamat dan bahagia dunia akhirat. 
Kalian ortu yang luar biasa bagi kami anak-anak kalian 😀.






Friday, December 1, 2017

Kilas balik pernikahanku 9 tahun lalu dengan prosesi adat sunda

December 01, 2017 13 Comments

Alhamdulillah tidak terasa pernikahanku sudah akan memasuki angka 9, tepatnya 20 Desember nanti,  dulu tanggal ini dipilih karena hari Sabtu libur, waktu itu ortuku masih dinas sebagai PNS belum pensiun, dan tanggal 22 Desember ultahku. 
Yah pertemuan kita singkat kenal tahun 2006 waktu kuliah profesi di Bandung,  kedua ortu kita dipertemukan di hotel Muria Semarang Juni 2008, menikah di gedung Sasakadana Garut. 


Jumatnya tanggal 19 Desember 2008, pengajian dulu dilaksanakn biar berkah, dan acara besoknya lancar, dengan mengaji, solawat, dan tausyiah oleh ustadzah, tetangga dan kerabat dekat diundang.

Tausyiah tentang keutamaan menikah, dan kewajiban juga hak suami istri dalam aturan Islam.

Pada acara pengajian tamu yang hadir dikasih buku pandun doa dan apa yang yang harus dibaca saat pengajian berlangsung juga ada air berisi bunga-bunga untuk dipakai mandi oleh calon pengantin pria dan wanita. Biar air itu dipake mandi setelah ada doa banyak dari ortu, kerabat dan tamu yang hadir.
Waktu itu atas saran para sesepuh dan ortu siraman ditiadakan jadi mandi sendiri-sendiri aja pakai air bunga yang sudah didoain tadi, biar mencrang atau manglingi katanya.

Sebelumnya juga kita disunahkan puasa senin kamis biar aura pengantin keluar dan barokah.
Para tamu dan kerabat disuguhi cemilan dan nasi beserta lauk pauknya.


Hari H tiba, pengantin pria beserta keluarga sudah menginap di hotel Sasakadana, yang letaknya dekat dengan gedung tempat ijab kabul.

Ada acara mapag panganten oleh ki lengser dan tari merak, serta pengalungan bunga kepada penganten pria oleh ibu pengantin wanita.

Filosofinya Ki Lengser adalah panutan dan panduan di tengah masyarakat sunda, sebagai utusan dari Raja Pasundan, dengan gaya unik, khas dan lucu juga sederhana tapi bijaksana, juga tokoh yang dituakan.
Ki lengser memalai ikat kepala, baju pangsi hitam, berjanggut putih dan pakai asesoris kalung dan gelang kayu.

Filosofi Tari Merak, yang menari gadis-gadis yang luwes mengekspresikan  kehidupan burung merak, puncaknya gerakan burung merak mengibas-ngibaskan bulu indahnya untuk menarik hasrat bercinta burung merak betina.

Dan ada pagar bagus dalam prosesi ini memayungi pengantin pria dan mengawal ki lengser juga para penari, iringan pengantin pria juga membawa kerabat beserta seserahan untuk pengantin wanita. Seserahan harus Sapangadeg alias dari alat mandi, kosmetik, tas, sepatu, baju sampai pakaian dalam wanita, emas kawin, cincin kawin dan uang serta seperangkat alat solat juga buah-buahan dan kue manis, juga kain samping/jarik dan sutera khas Garut.
Yang artinya pihak calon pengantin pria sudah siap untuk menikah dan menafkahi istrinya kelak.

Dan ibu dari calon pengantin wanita mengalungkan bunga ke calon pengantin pria, tandanya sudah diterima oleh pihak keluarga wanita.

Prosesi adat sunda dan hiburan ini merupakan kado dari paman dan bibiku adik dari bapakku.



Dan kemudian ada prosesi serah terima uang dari ibu pihak pria kepada ibu pihak wanita, sebagai simbol bahwa kedua keluarga membaur dan untuk membantu biaya pernikahan.
Waktu itu ortuku mengeluarkan biaya 25 jutaan, dan dari ortu suamiku kasih 10 juta rupiah.
Mengenai bugdet disesuaikan antara kedua pihak keluarga ya biar sama-sama enak.
Ini semua untuk sewa gedung, penginapan, baju akad dan resepsi pengantin, pager ayu dan bagus, rias pengantin, jamuan makanan prasmanan dari makan nasi beserta lauk pauknya sup, sate, gurame asam manis, hingga makanan ringan bakso, es krim, puding dan buah juga air mineral tentunya, dekor ruangan gedung dan pernak perniknya dll.
Dan tentu saja untuk foto dan videografi, yah ini juga penting karena dokumentasi momen yang abadi bisa dikenang sepanjang masa, buat cerita anak cucu kelak.

Lalu calon pengantin wanita dipanggil keluar, dan pihak lelaki dipersilahkan duduk, dari pihak pria menyampaikan maksud tujuannya datang, dan dari pihak perempuan menyambutnya.
Lalu dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran beserta artinya oleh para pihak yang sudah dipasrahi tugasnya.
Dan ada nasehat dari ulama setempat sekaligus dari KUA untuk dua orang calon pengantin.


Ooh iya dalam menikah uang ipekah atau untuk urus KUA harus dari pihak pria, waktu itu suamiku kasih aku 15 juta, untuk beli seserahan, urus KUA, emas kawin 33 gram emas kuning dan putih (2set perhiasan terdiri dari anting, cincin, kalung dan liontinnya, gelang), cincin kawin sepasang emas putih  11 gram.
Ini pun terserah mempelai ya, kalau suamiku milih karena 33 gram itu seperti untaian tasbih, biar kita ingat Alloh terus sehingga pernikahan barokah, 33 plus 11 jadi 44, simbolnya jika dibagi 2 jadi 22, artinya, pernikahan ini juga hadiah cintanya buat ultahku di tanggal 22 yang tinggal 2 hari lagi.
Alhamdulillah pelafalan ijab kabul hanya sekali satu tarikan nafas dan sah di mata para saksi, bahagia campur haru, dan semua tersenyum bahagia.
Memang ketika ijab kabul itu malaikat pun hadir, itulah berkahnya menikah.



Di usiaku yang ke 27 dan suamiku 28 tahun lebih, kami sah menjadi sepasang suami istri, ijab kabul antara bapakku dan suamiku, menyiratkan tanggung jawab terhadapku dari bapakku diambil alih oleh suamiku.
Pernikahan itu suci dan kelak pun semoga sesurga di akhirat, Aamiin.



Nah berikutnya adalah prosesi Kadeudeuh, suapan terakhir dari ortu masing-masing, menyiratkan kesetiaan, kejujuran, seiya sekata, sapapait samamanis (dalam bahagia dan duka), sareundeuk saigel (harmonis), ka cai jadi saleuwi kadarat jadi salebak (setelah menikah jadi nambah rezeki, nambah keluarga, karena dua keluarga jadi satu, dua insan jadi satu), sauyunan ( jangan berantem atau cek cok mulut suami istri kudu akur ayem tentrem).

Sungkeman, tanda bahwa baik ortu kandung atau mertua sama-sama harus dihormati dan disayangi seperti orang tua sendiri.



Prosesi selanjutnya adalah Meuleum Harupat, acara membakar lidi oleh kedua mempelai, dan secepat mungkin api di lidi dipadamkan dicelupkan ke kendi berisi air, lalu dipecahkan bersama.
Artinya baik suami atau istri emosi selama berumah tangga, haruslah segera diredakan, dan diselesaikan berdua baik menghadapi kesulitan harus disikapi dengan hati yang dingin jangan emosi yang bisa merusak rumah tangga. Dan jika mendapatkan kebahagiaan jangan tergoda oleh pihak lain yang bisa merusak rumah tangga.

Kalau prosesi nincak endog ditiadakan karena para sesepuh di keluarga berpendapat takutnya mubazir karena telur masih bisa dimakan, dan mencuci kaki suami pun ditiadakan, karena dalam Islam asal istri sesuai syariat Islam posisinya sederajat, kan tulang rusuk posisinya sejajar, jadi suami jangan seenaknya pada istri, demikian sebaliknya.

Prosesi Saweran mengandung makna kemakmuran dan kesejahteraan,  dengan menyawerkan uang logam, beras yang diberi warna dari kunyit dan permen simbol dari manisnya rumah tangga.


Yang berikutnya adalah Huap Lingkung dan Tarik Bakakak Hayam, artinya saling mendukung dan menunjang dalam usaha menjemput rezeki dan menggunakan rezeki berdua dalam rumah tangga.

Dalam menyuapi artinya siap lahir batin menafkahi istri lahir batin, juga suapan ortu masing-masing artinya sah baik anak kandung dan menantu sama seperti anak sendiri.

Tarikan ayam yang dibakar ini filosofinya jika bagian yang ditarik lebih besar suami, istri sebagian, bakalan banyak rezeki mengalir lewat suami daripada istrinya, begitupun sebaliknya, tetapi lewat siapa jalan rezeki nantinya, itulah rezeki berdua suami istri dan anaknya juga keluarganya.



Alhamdulillah  9 tahun pernikahan kami bahagia, walaupun masih terus berdoa untuk menunggu hadirnya buah hati, setelah ikhtiar dilakukan tentunya, harus tawakal. Barang seserahan dan emas kawin harus dipakai selama keseharian, tandanya rasa syukur kepada pemberian suami, ada beberapa baju yang sudah dihibahkan karena daku gendut sekarang heuheu, kalau perhiasaan yang sempit bisa ditukar tambah jadi yang besar ukurannya, kecuali cincin kawin disimpan, dan ada baju sutera yang disimpan untuk kenangan.

Setelah beres serangkaian prosesi adat dan akad nikah, acara dilanjutkan dengan resepsi, para tamu undangan dan kerabat bersalaman dengan kedua mempelai dan berfoto bersama, juga diiringi musik electon dengan lagu pop hits taun 2008, dan dipersilahkan menikmati prasmanan hidangan dari makanan berat, ringan sampai kudapan, serta minuman segar. 


Kenapa foto pernikahan posisi ortunya dituker, karena biar gak kaku antara menantu dan mertua, sudah seharusnya menantu dan mertua diperlakukan sama layaknya anak dan ortu kandung.


Foto bersama nenek dan almarhum kakekku, dan keluarga besar dari pihak mamahku.


Foto bersama keluarga besar dari pihak bapakku.


Foto keluarga bersama keluarga suamiku, yang datang hanya satu mobil waktu itu .

Inilah kilas balik akad dan resepsi pernikahanku 9 taun lalu, tak ada ngunduh mantu, karena jauh antara Garut Ponorogo, dan sanak saudara harus kembali bekerja dari cutinya yang dari Bandung, Lampung, demikian dengan ortu dan bumerku yang belum pensiun waktu itu, dan suamiku cutinya abis hehe, tak ada honeymoon khusus, tapi udah sering honeymoon dadakan baik dari kita sendiri atau hadiah, yaitu umroh dan ke thailand, nanti april aja honeymoonnya ke penang.
Eh tiap hari, minggu, bulan juga kita mah honeymoon terus wkwkk.
Dan genap berdomisili di Semarang 9 taun ini, dari cuma bawa barang seserahan plus kado, dari handuk, seprei, mukena, sampai radio, tv dan kompor gas kita bawa pakai kereta lalu taksi 1 januari 2009 lalu hahaha. Syukur tiada henti atas semua nikmat yang Alloh berikan, rumah, kendaraan dll, terutama nikmat masih bisa solat, ngaji dan sedekah, dan telfonan sama ortu, dan keluarga besar itu merupakan nikmat kuar biasa dalam hidupku.

Ada beberapa foto dengan tetangga, teman, kerabat lainnya gak diposting disini kebanyakan hehe, sebagai ucap syukur, dan semoga di anniversary yang ke 10 sudah bisa cerita tentang anakku ya, Aamin.
Usia 36 kelahiran di tanggal 22 besok, dan usia ke 9 pernikahan tanggal 20 besok, semoga hoki giliranku dapat hadiah terindah momong anak kandung sendiri yang lucu, sempurna lahir batin Aamiin.







Wednesday, November 29, 2017

Be A Healthy Hero dengan GERMAS

November 29, 2017 20 Comments

Senin kemarin kita diundang temu blogger kesehatan, dalam rangka desiminasi informasi kesehatan. Kami tiba jam 7 pagi di Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jalan Pandanaran 79.
Menunggu ibu dan bapak PNS apel pagi dulu.


Lalu kami pun menggunakan bis untuk menuju Puskesmas Halmahera dan The Wujil.


Nah ini dia Puskesmas Halmahera, puskesmas ini mempunyai visi 'menjadi puskesmas unggul dengan pelayanan kesehatan yang bermutu dan profesional menuju masyarakat mandiri untuk hidup sehat'.

Misinya : memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, mudah, cepat dan tepat, juga meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat. 

Nilai-nilai : humanis, empati, berani, akuntabilitas, tanggap, optimis, kemitraan, edukasi.

Keren ya visi misi dan nilai-nilainya, puskesmas halmahera ini tim medisnya sudah terlatih untuk ambulans hebat loh.


Ini dia cemilan sehat, ada jeruk, makanan trarisional seperti getuk singkong, lumpia rebung dan lemper ayam, juga air mineral, karena sesuai Germas harus ada buah dan sayur.


Upaya puskesmas halmahera ada UKM tingkat pertama terdiri dari UKM esensial dan pengembangan dan UKP tingkat pertama yaitu : rawat jalan, pelayanan gawat darurat, pelayanan satu hari/one day care, rawat inap, rawat inap bersalin/poned, dan home care.


Layanan yang tersedia di puskesmas halmahera yaitu poli umum, poli gigi, poli KIA/KB, poli imunisasi, poli sanitasi, poli MTBS, pemeriksaan laboratorium, pojok gizi, klinik laktasi dan poli lansia, juga poli IMS/HIV AIDS (VCT).

Pemaparan dibuka okeh bu Wiwi dari DKK, dan materi oleh Bapak kepala Puskesmas Halmahera bapak Nugroho Edy, juga dokter Vina dari DKK didampingi Ibu Yuli kepala bagian SDK DKK.


Pengendalian resiko pun dilaksanakan di puskesmas halmahera yaitu jadwal kegiatan kebersihan, pembuatan pegangan di kamar mandi bagi lansia, pembuatan saluran limbah dan pemantauan kelancaran saluran limbah, meningkatkan komitmen dan kerjasama agar dapat memberikan 'tiada hari tanpa pelayanan prima', pemindahan pelayanan gigi mulut di lantai 1 agar pasien lebih mudah, memperbaiki halaman depan agar pasien lebih nyaman dan aman.


Jenis pelayanan di puskesmas halmahera : pemeriksaan kesehatan gigi, pemeriksaan balita sakit, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, farmasi, laboratorium, layanan inovasi : klinik VCT/klinik rehabilitasi narkoba, klinik kesehatan tradisional.


Fasilitas ambulans hebat, si cepat dengan reaksi cepat, gratis 24 jam, call 1500-132, si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan.
Penyelamatan masyarakat ketika : kegawatdaruratan medis, kegawatdaruratan kehamilan, kecelakaan.



Dari Puskesmas Halmahera kita menuju The Wujil resort & conventions,  menyimak penjelasan dari Kepala DKK bapak Widoyono didampingi ibu Yuli, dan Bu Lilik Hanifah dari Puskesmas Gayamsari.

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis (pasal 1 UU 36/2009).
Untuk pembangunan sehat perlu kerjasama dari pemerintah pusat dan daerah, lintas sektor dan swasta, juga seluruh masyarakat.

Derajat kesehatan ditentukan oleh lingkungan, perilaku, pelayanan dan keturunan.

Siklus hidup : ibu hamil, bersalin dan nifas ➡ bayi ➡ balita ➡ anak-anak ➡ remaja ➡ dewasa ➡ lansia.
Kita semua akan melewati semua siklus ini.

Semua penyakit berasal dari pola pikir dan pola makan, jangan terlalu banyak makan micin atau msg karena juga jangan  konsumsi junkfood dan stress karena bisa memicu hipertensi, astherosklerosis, hiperglikemi, obesitas dan zat kanker.

Penyakit ada 2 yaitu menular dan tidak menular, penyakit menular : demam berdarah, TB paru, HIV/AIDS, diare, ISPA/infeksi saluran nafas atas.
Penyakit tidak menular : jantung koroner, diabetes melitus, penyakit paru, obstruksi kronik, kanker dan stroke.

Karena angka kematian di Indonesia disebabkan oleh : stroke, kecelakaan lalu lintas, jantung iskemik, kanker dan diabetes melitus.

Untuk perubahan perilaku, pemberdayaan masyarakat dan perbaikan lingkungan dimulai dari gizi pada ibu hamil, bayi, balita, dan remaja putri.
Kelompok strategis juga tentang perilaku hidup bersih dan sehat dimulai dari anak usia sekolah, pekerja wanita, lansia dan pengguna medsos.


Nah ini dia 12 indikator keluarga sehat : keluarga mengikuti KB, ibu bersalin di faskes, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi diberi ASI ekslusif selama 6 bulan, pertumbuhan balita dipantau tiap bulan (program gizi, kesehatan ibu dan anak), penderita TB Paru berobat sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan (pengendalian penyakit menular dan tidak menular), anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga memiliki/memakai air bersih, keluarga memiliki/memakai jamban sehat, sekeluarga menjadi anggota JKN/askes (perilaku dan kesehatan lingkungan).
Nah kalau sudah memenuhi semua ini itu tanda keluarganya sehat.

Karena PIS-PK adalah program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.
Ada keluarga inti yaitu keluarga yang dibentuk karena ikatan perkawinan yang direncanakan yang terdiri dari suami, istri, dan anak baik anak kandung ataupun anak adopsi.
Keluarga besar yaitu seluruh keluarga inti dalam satu rumah/bangunan.

Syarat kepesertaan UHC/universal health care yaitu memiliki dokumen kependudukan/KTP minimal domisili 6 bulan, juga bersedia mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di puskesmas se kota Semarang dan RS kelas 3.

UHC membantu masyarakat agar memiliki JKN/BPJS, harus langsung orang yang bersangkutan datang, kecuali sudah lansia tak bisa apa-apa diwakilkan oleh anggota keluarganya lain yang satu KK/Kartu Keluarga.



Ibu Purwanti menyampaikan bahwa gizi yang bagus dan setiap anggota keluarga dan lapisan masyarakat menerapkan Germas, Indonesia sehat dapat terwujud.

Jadi untuk sehat kita harus konsumsi makanan yang tinggi serat, hindari lemak, tidak merokok dan tidak konsumsi alkohol.

Sesuai prinsip Germas harus sehat, bugar dan produktif serta Cerdik yaitu Cek kondisi kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola Stres.

Dan satu lagi penurunan angka kematian ibu dan anak saat bersalin. Kalau ibu hamil sehat dan terpenuhi gizinya akan melahirkan bayi yang sehat, dan saat bersalin lebih baik di puskesmas, RS atau klinik bersalin yang ada dokter kandungan dan bidan bukan di dukun bayi.
Juga pemberian ASI ekslusif pada bayi selama 2 tahun.

Dan jika hamil jangan abaikan HB rendah karena bisa anemia sehingga menimbulkan pendarahan saat melahirkan bisa menyebabkan kematian.
Saat hamil diusahakan tekanan darah ibu hamil normal tidak tinggi atau rendah, karena tinggi bisa preeklamsia, dan rendah bisa menyebabkan gejala anemia, yang bahaya untuk ibu dan anak.



Sesi penyampaian materi tentang blog oleh mas Danang/Dhave.
Tujuan ngeblog adalah sebagai catatan pribadi, media promosi diri, tempat ekspresi, tempat berbagi, tempat belajar menulis, sumber penghasilan dan ajang mencari relasi.

Yang banyak ditemukan di blog yaitu mengenai apa itu, how-to/cara/tutorial, tips dan trik, download gratis, daftar, fakta yang mengejutkan/unik, posting yang menghibur, travelling dan kesehatan.

Menulis tentang kesehatan blogger harus sehat lahir batin, memiliki ilmu pengetahuan yang benar, memahami tentang topik yang hendak dibahas, menulis dengan gaya populer dan mudah dipahami juga dapat dipertanggungjawabkan.


Ooh iya kemarin juga dicek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan tes kebugaran.
Alhamdulillah tekanan darahku normal, gula darah juga normal kurang dari 140 mg/dl yaitu 107, kolesterol masih kelebihan dikit, harusnya  kurang dari 200 mg/dl, ini 206, itu pun baru turun seminggu ini dari 258 heuheu, setelah banyak konsumsi sayur dan buah dan olahraga dengan six pax care di rumah selama 30 menit, juga minum benecol setelah makan hehe.



Nah kalau ini tes kebugaran jantung-paru, dengan jalan cepat/jogging 1,6 km cara Rockport, cara ini dapat dijadikan panduan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani, dapat dilakukan perorangan atau kelompok, relatif aman bagi orang yang memiliki faktor resiko penyakit, mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat khusus, yang perlu disipakan adalah lintasan datar sepanjang 1,6 km, alat pencatat waktu dan sepatu olahraga, dilakukan semampunya dengan berjalan cepat atau berlari secara konstan.

Nah hasilnya adalah kurang bugar heuheu, hampir 75 persen yang hadir kemarin hasilnya kurang, hanya 25 persen yang baik heuheu.
Kalau tingkat kebugaran kurang harus dengan aerobik tipe 1 yaitu jalan santai, jalan cepat, jogging dan bersepeda.
Frekuensi latihan fisik cukup seminggu 2 x seminggu, intensitas latihan fisik dengan denyut nadi 100-120/menitm lamanya latihan cukup 20-30menit diluar waktu pemanasan dan pendinginan.


Yuk be a healthy hero dengan melakukan dan mensosialisaikan Cerdik Germas 😊.



Saturday, November 25, 2017

Cerita bersama guru dan dosen juga ortu yang berkesan

November 25, 2017 18 Comments

Guru itu adalah figur yang kudu digugu dan ditiru, pengalamanku mengajar anak mahasiswa semester pertama di D1 Keperawatan selama setaun 2009 lalu, mengajar anak Smk Farmasi selama setaun setengah 2013-2014, dan ikutan Kelas Inspirasi ngajar kelas 2, 3 dan 5 SD 2017 ini.
Semua pengalaman itu makin memperkaya batin dan pengalamanku.

Dan dari pengalaman mengajar itu aku tahu betapa sabar bapak dan ibu guru, jadi guru kudu update sama perkembangan ilmu pengetahuan, kudu menerapkan metoda pengajaran yang asyik, bikin murid anteng dan gak bosan di kelas.

Ooh iya nih ngepasi tema arisan gandjel rel yang ke-16.
dari mbak Relita, seorang ibu rumah tangga dengan seorang putri, suka liqo dan mengajar iqro juga blogger yang sudah beberapa kali menangin lomba blog dan mbak Yuli yang seorang psikolog, punya putri kembar, ibu rumah tangga juga blogger.
Temanya adalah 'Pengalaman Berkesan bersama guru dan terima kasih guru'.



Nah ya aku ingat nih guru SD yang sangat berkesan yaitu namanya Bu Tati dan Bu Nining, dulu bu Tati kenalnya saat kelas 3 SD ketika pindah dari SDN Siliwangi Garut ke SDN Tarogong 2 yang sekarang namanya jadi Gentra Masekdas, beliau wali kelasku, yang tegas tapi luwes juga cantik mungil.

Kalau bu Nining kenalnya pas kelas 6 SD, wali kelasku yang agak galak kalau sama murid yang nakal dan malas.
Mereka guru paling berkesan buatku saat SD dulu, karena cara mengajarnya enak dan mereka baik kepadaku.


Saat SMPN 1 Garut, guru matematika dan bahasa Indonesia yang paling berkesan, karena cara mengajarnya gak bikin bosan, tapi lupa namanya maafkan, wajahnya masih ingat sih.

Dan SMU ibu guru bahasa Indonesia dan guru sejarah favoritku, selain baik metoda ngajarnya masih kuingat, sama juga lupa namanya tapi masih ingat wajahnya.

Dan saat kuliah Farmasi UNJANI, guru yang paling berkesan adalah bu Dewi almarhumah dan bu Yesi, mereka dosen pembimbingku saat skripsi S1 yang baik dan cantik, mengajar kimia farmasi dan farmakognosi.

Dan saat kuliah profesi Apoteker ITB, dosen yang berkesan untukku adalah Bu Heni dosen farmasetika dan teknologi farmasi juga Bu Any dosen farmakognosi.

Bener deh ngalamin sendiri jadi guru itu selain kudu pintar dan enak dalam menyampaikan materi pembelajaran, juga kita harus bisa jadi teman curhat murid loh, tentu sebagai guru suka sama murid yang pandai dan rajin, tetapi kita kudu perhatikan murid yang malas dan suka cari perhatian biar dia bisa naik kelas dan lulus juga.

Kudu sabar dan jembar ati, karena kadang saat kita lelah menghadapi murid yang nakal, saat gak enak badan atau ada masalah sepele kita kudu stay cool dan membuat sesi pembelajaran tetap menyenangkan.

Wah makasih kepada semua guru TK Persit Garut, guru SDN Tarogong 2, guru SMPN 1 Garut, guru SMUN 1 Garut, dosen Farmasi UNJANI, dosen program profesi ITB, semua jasa kalian semua biar Alloh yang membalas.

Dan semua ilmu dari bapak ibu guru dan bapak ibu dosen sangat berarti, sampai aku mempunyai gelar S.Si, Apt.
Gelar yang berguna untuk mencari nafkah bekerja sesuai profesiku saat ini, Alhamdulillah.
Kalian semuanya adalah orang yang kuhormati setelah orangtuaku.

Ya guru pertama sampai sekarang yang membayar pendidikan dari TK sampai jadi Apoteker, Mamah dan Bapakku, yang dipanggil ama cucunya sekarang Amih Apih, kalian guru sejatiku dan betapa mulia kalian yang hanya lulusan SMEA dan STM, bisa mengantarku dan kedua adikku menjadi sarjana.
Semoga Alloh selalu menjaga kalian, sebagaimana kalian menjagaku saat kecil dulu sampai menghantarkan ke gerbang pernikahan.
Semoga kelak kita semua dikumpulkan Alloh dalam surga-Nya, Aamiin.



Thursday, November 23, 2017

Yuk cermat dalam menggunakan obat

November 23, 2017 12 Comments
Selasa lalu di Grand Aston Yogyakarta, menghadiri acara temu blogger kesehatan, acara ini diselenggarakan oleh Kemenkes RI dan Gema Cermat dalam rangka Germas/gerakan masyarakat sehat.

Sebelum acara dimulai, kita diperiksa dulu lingkar perut, berat badan, tinggi badan, cek kolesterol dan gula darah sewaktu.
Kenapa harus diperiksa ini semua, untuk skrining faktor resiko penyakit tidak menular.
Tekanan darahku normal, tinggi badan ideal, tapi berat badan udah agak melebihi batas normal hehe.
Lingkar perut juga harus dikecilkan nih sudah melebihi batas normal.
Gula darah normal walau cek setelah sarapan, dan kolesterol harus mulai waspada, karena melebihi batas normal.
Cara mensiasatinya kata dokter harus olahraga atau banyak aktifitas fisik, kurangi karbohidrat dan lemak, banyak protein dan sayur juga buah.


Acara dimulai oleh mbak dari Kemenkes RI, temanya adalah gunakan obat secara tepat, baca informasi dengan cermat.


Bapak Indra Rizon dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI sebagai Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga,  juga memberikan sambutannya, tentang cara cerdas gunakan obat, karena obat bisa berbahaya jika salah menggunakannya. Agar informasi kesehatan dan obat benar tidak hoax. Dan Gerakan masyarakat sehat ini harus didukung oleh semua pihak agar Indonesia Sehat bisa terwujud.



Ibu dra. Hardiyah Djuliani, Apt. M.Kes dari Dinkes DIY juga menyampaikan sambutannya, dan tentang cara menyimpan obat dan khasiatnya.
Perhatikan khasiat dalam obat dan zat yang terkandung di dalamnya, punya alergi atau tidak, kondisi hamil, berencana hamil atau menyusui, bentuk sediaannya juga.

Golongan obat ada obat Keras yang ada tulisan huruf K dalam lingkaran dan warna merah hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, obat Bebas Terbatas dengan lingkaran warna biru obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter namun penggunaannya harus sesuai aturan pakai dan peringatan pada kemasan, dan obat Bebas dengan lingkaran hijau, bisa dibeli di toko obat berijin dan apotek tanpa resep dokter.
Jadi obat itu sebetulnya tidak boleh dijual di warung.

Cara menggunakan obat, perhatikan dosis misal gunakan sendok takar yang tersedia, rentang waktu misal antibiotika 3x1 artinya diminum setiap 8 jam, lama penggunaan obat misal antibiotika digunakan 3-5 sehari.

Obat ada paten dengan nama dagang merek diikuti nama zat berkhasiat, misalkan panadol zat berkhasiatnya parasetamol.
Dan obat generik adalah nama zat berkhasiatnya, misal parasetamol.



Ibu Dra. Arrosianti Zahrul Falah, Apt.  pun memberitahukan bahwa jika menyimpan obat di rumah tidak melepas etiket pada wadah obat, perhatikan dan ikuti aturan penyimpanan pada kemasan, letakkan obat jauh dari jangkauan anak, simpan obat dalam wadah tertutup rapat, jangan simpan obat dalam mobil, dan perhatikan kadaluwarsa obat.

Tablet dan kapsul tidak disimpan di tempat panas atau lembab, obat untuk vagina/ovula dan anus/suppositoria disimpan di kulkas tapi bukan freezer, obat bentuk aerosol/spray tidak disimpan di suhu tinggi karena bisa meledak.
Insulin yang belum digunakan disimpan di lemari pendingin, setelah digunakan disimpan di suhu ruangan.
Perhatikan pula indikasi atau khasiat obat dan efek sampingnya.

Jika membuang obat harus pisahkan isi obat dari kemasan, lepaskan etiket dan tutup dari wadah/botol/tube, buang kemasan obat (dus,blister,strip,bungkus lain) setelah dirobek atau digunting, buang obat tablet atau kapsul di tempat sampah setelah dihancurkan, buang isi obat sirup ke saluran pembuangan air (jamban) setelah diencerkan, hancurkan botolnya dan buang di tempat sampah.
Gunting tube salep/krim terlebih dahulu dan buang secara terpisah dari tutupnya di tempat sampah.
Buang jarum insulin setelah dirusak dan dalam keadaan tutup terpasang kembali.

Aturan pakai obat misalnya tablet, kapsul atau kaplet ditelan dengan bantuan air minum.
Sirup kering dilarutkan dulu dengan air matang sesuai volume yang ditentukan sebelum digunakan sesuai takaran.
Salep dioleskan pada bagian tubuh yang sakit, Suppositoria dimasukkan ke dalam anus.
Obat tetes mata diteteskan secara tegak lurus pada kelopak mata.


Ibu Mariyatul Qibtiyah, S.Si., Sp. FRS, Apt. pun menjelaskan tentang Antibiotik hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Batuk pilek atau flu tidak perlu antibiotik, karena flu itu disebabkan oleh virus.
Antibiotik itu untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri jahat, sehingga jika tidak ada infeksi, antibiotik malah bisa mengganggu keseimbangan flora normal bakteri baik.
Diare tanpa darah tidak perlu antibiotik, karena demam dan diare merupakan suatu simptom atau gejala adanya suatu penyakit.

Tidak menggunakan obat orang lain meski gejala sakitnya sama.
Obat antibiotik harus dihabiskan, jika tidak terjadi reaksi alergi, jika ada efek samping bisa menghubungi fasilitas pelayanan kesehatan.
Antibiotik ada yang sifatnya hanya menghambat pertumbuhan bakteri ada yang membunuh, jika pemakaian antibiotik tidak tepat bisa menimbulkan resitensi.
Misal jika radang tenggorokan karena adanya flu dan demam ya minum obat penurun panas dan flu saja beserta istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi.
Jika terjadi resisten antibiotika, kedepannya akan tidak mempan dengan golongan antibiotika golongan satu sehingga harus ditingkatkan dengan golongan dua, dan tiga juga dosisnya harus diperhatikan.
Misal plasmid untuk bakteri tak gampang mati, dari Amphisilin jadi Cefotaksim, terus Seftriaksol jadi Merofenem.


Ibu Giri pun menambahkan bahwa blogger adalah kepanjangan tangan dari Kemenkes dan Dinkes untuk menyampaikan hal yang benar tentang obat agar tak ada penyalahgunaan obat.
Karena kekuatan sosial media untuk menyampaikan sesuatu sangat berperan penting saat ini.


Sesi tanya jawab juga seru.
Cara mendapatkan obat halal bagaimana, setahuku sebagai Apoteker yang bergerak di bidang bahan baku obat, sudah ada kok beberapa sertifikasi halal dari beberapa bahan obat.
Bahan baku obat di Indonesia 70% diimpor, termasuk alkes dari luar negeri.
Betul sih, aku aja bekerja di distributor bahan baku obat yang produsennya dari prinsipal impor dari Jerman, nah suamiku bekerja di prinsipalnya.

Drugs of choice, kalau impor pun sudah ada COA/certificate of analisys, MSDS/ material safety data sheet, dan sertifikat halal.
Jadi gak usah khawatir jika ada bahan obat tak halal karena dari strain yang muslim tak boleh konsumsi.
Sudah banyak kok perusahaan asing juga memperhatikan agar aman dan halal dikonsumsi oleh muslim.

Obat tradisional bisa gagal ginjal, misal jamu, bisa jadi karena reaksi alergi tubuh atau ada yang nakal jualan jamu tapi ditambahkan analgetik atau obat kimia ke dalam jamu itu biar cespleng atau tokcer.
Ini yang salah jamu jika dikonsumsi berlebih ada endapan di ginjal susah diuraikan tubuh, apalagi jika ditambahkan zat kimia atau obat, ya sudah salah karena obat itu sendiri bisa rusak khasiatnya.

Pembuatan dan distribusi obat harus sesuai CPOB/cara pembuatan obat yang baik dan CDOB/Cara Distribusi obat yang baik.
Urutan yang betul dari produsen/pabrik obat lalu ke pbf/pedagang besar farmasi baru ke apotek dan toko obat berijin.
Nah kita sebagai pasien atau konsumen harus beli obat di apotek atau toko obat berijin bukan di warung ya.

Nah ada istilah MDR/multi drug resisten, misal jika berobat ke dokter kandungan program hamil, gak jarang dikasih metronidazole antibiotik oleh dokter kandungan karena dikhawatirkan adanya infeksi di saluran kencing sehingga menghambat terjadinya pembuahan.
Dan dalam kasus pcos suka dikasih metformin karena diharapkan agar insulin dalam tubuh seimbang jadi sel telur di rahim jadi tumbuh normal tidak kecil-kecil padahal metformin adalah obat diabetes.



Selain seperti merefresh ilmu farmasi waktu kuliah dulu, aku pun mendapatkan ilmu tentang dunia blogging, yaitu netiket dari kang Pepih Nugraha. 
Netiket itu adalah sopan santun di internet, dasar ahlak, mbak Wardah menambahkan. 
Menurut kang Pepih ada 8 yaitu Think before you post,  Remember people, Lurk before leap, Do not shit where you eat,  Stop the fighting,  Do not misuse the power dan Forgive. 

Dan tambahan dari para blogger senior yaitu jika share di instagram perhatikan komposisi foto dan caption harus seimbang, dan tipe story telling dan blog personal itu punya ciri khas sehingga kalaupun dijiplak akan ketahuan, karena setiap orang punya karakter dan ciri khas yang berbeda. 
So show it don't tell it 😊.