Anyang-anyangan jangan khawatir ada cranberry uricran

Para wanita dan perempuan tentu harus menjaga daerah kewanitaannya termasuk salurannya, karena dari rahim wanita keturunan kita dilahirkan.
Biar tetep sehat harus rutin merawat organ kewanitaan baik dari dalam maupun dari luar.
Pernah dengar kata anyang-anyangan bukan.

Anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih/ISK sering terjadi pada wanita usia produktif, suka disebut juga UTI/urinarius tractus infection. Ada juga yang bilang Sistitis/radang kandung kemih.



Nah taun 2013 aku itu sering banget pengen ke toilet buang air kecil, apa itu anyang-anyangan ya, waktu itu sampai diterapi ozon vagina, drainase vagina dan hidrotubasi, kata dokter karena sering menggunakan pantyliners, jadilah lembab memacu bakteri.
Dan hati-hati dalam penggunan toilet umum dimanapun baik di bandara, di mall, hotel sekalipun.
Nah waktu itu juga dikasih kapsul antibiotik dan ovula yang dimasukkan ke dalam vagina.

Ternyata mungkin itu sistitis ya, penyebab sistitis tidak diketahui secara pasti karena tidak ditemukan organisme infectious (yang bersifat menginfeksi) di dalam air kemih. Namun, bakteri dari vagina bisa berpindah dari uretra ke kandung kemih.

Infeksi kandung kemih bisa terjadi karena cedera saat berhubungan seksual, terjadi pada wanita yang sudah menikah.
Bisa juga akibat hubungan abnormal antara kandung kemih dan vagina/fistula vesikovaginal dan hubungan abnormal antara kandung kemih dan usus/fistula vesikoenterik, terkadang menyebabkan bakteri pembentuk gas masuk dan tumbuh di dalam kandung kemih, kentut keluar selain dari dubur juga vagina. Infeksi ini bisa mengakibatkan timbulnya gelembung-gelembung udara di dalam air kemih/pneumaturia.

Gejala sistitis:
1. Sering buang air kecil/nokturia,
2. Nyeri saat buang air kecil/disuria,
3. Nyeri saat melakukan hubungan seksual/dispareunia,
4. Air kemih mengandung darah, pada akhirnya kandung kemih menjadi kisut/keloid.

Diagnosis sistitis :
1. Rontgen untuk menggambarkan ginjal, ureter, dan kandung kemih, pernah ngalamin rontgen istilahnya HSG 2013,
2. Sistouretrografi untuk mengetahui adanya arus balik air kemih dari kandung kemih dan penyempitan uretra, pernah juga mengalami ini 2011, istilahnya SIS, waktu itu pemeriksaan dilakukan untuk program kehamilan tujuannya,
3. Uretrogram retrograde untuk mengetahui adanya penyempitan, divertikula atau fistula,
4. Sistoskopi untuk melihat kandung kemih secara langsung dengan serat optik.

Pengobatan sistitis :
1. Dilatasi/pelebaran kandung kemih dengan tekanan hidrostatik/tenaga air, nah pernah diobati dengan hidrotubasi 2x 2013, untuk mengobati infeksi radang kandung kemih dan tujuan mengecek saluran telur paten dan non paten juga, hasilnya paten alias tidak tersumbat saluran telurnya, tapi karena dengan cairan antibiotik jadi berfungsi mengobati radangnya, sakit waktu itu rasanya yang kedua kali mual pusing gitu,
2. Mengonsumsi obat-obatan (elmiron, nalmafen dll.),
3. Antidepresi/pemberian efek pereda nyeri,
4. Antispasmodis,
5. Klorapaktin (dimasukan ke dalam kandung kemih),
6. Pemberian antibiotik,
7. DMSO/dimetilsulfoksida untuk mengurangi peradangan,
8. Pembedahan, cauterisasi kalau ada indikasi menjadi keloid.

Pencegahan sistitis :
1. Rempah-rempah yang memperlancar buang air kecil (bunga dandelion dan jahe)
2. Buah-buahan yang bersifat meluruhkan urine/diuretik
(nanas, anggur dan cranberry)
3. Sayur-sayuran yang bersifat diuretik (bawang merah, bawang putih, asparagus, selada, buncis dan labu)

Nah ya bagi yang pengen praktis nih, tenang sekarang ada produk combiphar yaitu Uricran.


 Uricran mengandung cranberry yang bersifat meluruhkan urine atau diuretik. Dan Cranberry bisa mencegah anyang-anyangan atau sistitis.


Nah jadi jangan anggap sepele masalah anyang-anyangan ini karena bisa menyebabkan gangguan pada organ kewanitaan dan kesuburan kita.


Seperti pengalamanku tadi kata dokter kandungan, dari infeksi saluran kemih saja jika dibiarkan tidak diobati bisa menjadi keloid dan menutup saluran telur kita.
Wah untungnya sudah sembuh waktu 2013 lalu dan pengobatnnya cukup memakan waktu dan menguras kantong.
Nah tapi karena pernah mengalami, tentunya gak pengen deh ngalamin lagi, aku jadinya pengen konsumsi Uricran ini karena mengandung Cranberry, jujur saja kalau sering buang air kecil itu ganggu banget, apalagi kalau lagi gak di rumah, dalam perjalanan mudik, dan wisata waduh gak banget deh bulak balik toilet untuk buang air kecil, belum kadang merinding lihat kebersihan toilet umum yang gak terjamin kebersihannya.
Dan karena Uricran dibuat dari cranberry jadi aman kukonsumsi, tidak mengganggu program hamilku.

Waktu ikut seminar seputar infeksi kandung kemih dan kesuburan di SMC telogorejo, dokter kandungan menjelaskan kalau kita jangan sering menggunakan toilet duduk dan air yang flasback karena bisa menimbulkan infeksi, sekalipun di hotel dari handuk dan toilet jika kurang bersih dalam sanitasinya bisa menimbulkan bakteri Candida Albicans penyebab keputihan dan gas di perut dan diare E.Coli bisa nular.
Dan kata dokter jangan sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan karena menggangu keseimbangan pH normal organ intim wanita kita, jangan sering juga menggunakan cairan antiseptik karena itu keras justru memicu kekebalan terhadap bakteri yang tumbuh di organ wanita, dan menurut dokter juga jangan sering ratus, karena takutnya infeksi menular dari alat ratusnya, beda halnya jika pakai alat ratus sendiri di rumah.
Tapi salah juga jika membasuh organ kewanitaan dengan sabun mandi.


Rasa dari uricran sachet ini segar banger, ekstrak cranberry gak terlalu asam,  tapi tidak terlalu manis,  enak deh,  jadi jangan khawatir anyang-anyangan,  tenang ada uricran ya. 


Sumber dari pengalaman pribadi, web www.uricran.co.id, penyebabinfeksisalurankemih.com, buku Serangan penyakit-penyakit khas wanita paling sering terjadi + cara-cara pencegahannya.






Komentar

  1. Cocok bgt ni aku lg nyarii infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat dan pas buat mbak noorma 😊

      Hapus
  2. Paling ngga enak yaa klo pas kena anyang2an...huft bawaannya pengin pipis tp ngga bisa keluar. Duuh pisan lah rasana. Untung skrg mah udah ada obat yg praktis yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak nia, asa teu paruguh pisan pan 😁

      Hapus
  3. Lengkap sekali Mbak :) memang nggak enak banget anang2ngan ya. Pernah dulu bange. Alhamdulillah sekarang nggak pernah. SUkses lombana ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak wahyu, iya untung sudah sembuh dan bisa dicegah 😁

      Hapus
  4. Alhamdulillah, aku nggak pernah mengalami anyang-anyangan, Mbak. Ibuku tuh sering banget, Mbak. Gara-garanya, sering duduk di tanah yang panas. Mau tak tawarin pakai obat ini deh, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mbak ika, cobain uricran buat ibunya karena dari bahan alami, iya mbak aku pun dulu karena perjalanan jauh selama 2minggu terpaksa pakai pantyliners, ternyata bahaya kalau dipake tiap hari, sudah gak pernah pakai sekarang

      Hapus
  5. Vita nih ngerti banget ya mana obat yg cocok karena kerja di farmasi. Aku belum pernah anyang-anyangen, tapi sepupu ada yg pernah sakit ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Wati setelah terjun di dunia farmasi 10 taun ini 😃

      Hapus
  6. Pengalaman ngeliat mama kena anyang-anyangan itu gak enak banget, mama sekarang suka konsumsi yang tablet biar gak kambuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kena anyang-anyangan itu tidak enak, aku pun sama 2013 selepas umroh karena selama 12 hari disana pakai pantyliners terus hihi

      Hapus
  7. Kmr pas hamil sempet kena infeksi kandung kemih jg mbak vit trs dokterku ngasih obat ini. Alhamdhulilah manjur bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mun mengandung bahan alami dan aman buat bumil juga ya uricran ini ☺

      Hapus
  8. Anyang2en memang ndak nyaman y mb untung ada uricran

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Delman resto semarang

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang