Saturday, February 4, 2017

Candi Borobudur Magelang


Siapa sih yang belum tahu candi Borobudur, aku sudah cukup sering kesini.
Dulu pertama kali sama mamah dan adik perempuanku waktu SD, lalu studi tour bersama teman dan guru SMP.


Pernah juga kesini itu tahun 2012 bareng suamiku, candi Borobudur salah satu keajaiban dunia.


Konon mitosnya, jika bisa menggapai tangan patung budha di dalam stupa ini, semua keinginan akan tercapai tentunya seiijin Allah Yang Maha Kuasa.


Menurutku candi Borobudur ini destinasi wisata yang abadi tak termakan zaman.


Terakhir ke candi Borobudur itu tahun 2014 silam, mamah dan bapakku pengen kesini katanya.


Naik tangganya untuk sampai puncak lumayan ngos-ngosan.



Candi Borobudur juga sudah dibersihkan dari abu vulkanik gunung merapi waktu meletus dulu.


Lumayan terawat menurutku, karena baik turis lokal maupun turis asing suka datang ke candi Borobudur, beberapa kali kesini, candi Borobudur tak pernah sepi pengunjung.


Cara pembersihan dari lumut yang menempel di candi dengan menyemprotkan air dengan tekanan tertentu seperti ini.


Ah walaupun udah berkali-kali ke candi Borobudur, gak pernah merasa bosan, besok-besok lagi ajak keponakan atau anak cucu kesini insyaAllah.


Jalannya hati-hati ya karena banyak orang naik turun harus gantian dan lihat batu candi yang kita tapaki jangan sampai terjatuh.


Ada museumnya juga lho di candi Borobudur, jadi ingat 2012 kesini masih langsing 😊.

Gimana sudah ke Candi Borobudurkah ?












29 comments:

  1. Aku jaman SD ke sini Mbak. wah sekarang tambah bagus ya. Udah lupa lupa inget, terlalu lama... padahal lewat kalo ke Yk. Aku mo follow blognya nggak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak wahyu, ayo kesana lagi ama keluarganya, ada mbak coba follow blogku di G+ 😊

      Delete
  2. Masih kuat ga yaa naik candi borobudur,...terakhir kesana thn 2011..
    Salam dr Blogger Pekalongan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah kuat mbak, hai mbak salam kenal juga 😊

      Delete
  3. Aku sudah Mbak. Seru ya di sana. Bisa befotoan cantik, jajan souvenir terus jadi ajang uji mental ngobrol sama bule. Haha. soalnya aku main ke Borobudur pas lagi study tour sama kawan kampus. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya betul itu bisa jadi cas cis cus bahasa inggris ama bule disana ☺

      Delete
  4. sudah tapi bisa keitung jari ..baru 2 kali. agak panas ya klo sampe diatas y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pagi atau sore gak panas mbak ningrum 😊

      Delete
  5. Aku ngos2an Vit klo naik mpe atas hahahaa... muatan beraaattt

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah ke Borobudur hiks malu2in ya? :(
    Moga bisa ke sana suatu saat nanti
    TFS ceritanya mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa mbak, gak ada kata terlambat, kan candinya masih ada berdiri kokoh, jadi masih bisa ke candi borobudur kok ☺

      Delete
  7. Suka dg suasana Candi Borobudur skg, kec jln keluarnya yg mbuleeet..gak hbs2..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang bagus liat sunrise dan sunset disana juga indah, iya jalan naik dan turunnya emang sempit2 kecuali kalau tiap pelataran luas hihi

      Delete
  8. Sudah mbaa dulu banget waktu sd
    Mpe skg blm pnah ke sana lagi.
    Ajak aku mrono mbaaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nyi kapan2 ama ajakin keluargamu ke candi borobudur pasti seru dan menyenangkan 😊

      Delete
  9. Trahir setaun lalu deh ke borobudur berhasil smp atas mbuh skr masih kuat ga ya hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masihlah insyaAllah mbak mun ama dek keumala dan kak nadia kesana lagi 😊

      Delete
  10. Pengen ajak bocaah kesini, moga bisa terwujud, aamiin..kaget pasti mereka liat candi gedeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, ayo mbak dew ajak nay ma alde, pasti mereka girang banget seneng liat candi borobudur yang gede dan ada museumnya lho disana gak usah bayar lagi dulu mah 😊

      Delete
  11. Aku sudah ke sana 3 kali Mbak. Memang gak bosen. Tempatnya yg di bawah sebelum masuk itu enak banget buat piknik. Gelar tikar terus buka bekal. Ih, nyamannya.

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah ke Candi Borobudur mbk, wahahaha kemana aja aku selama ini, wah kapan-kapan bisa ke Candi Borobudur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya segera ke candi Borobudur biar tau keajaiban dunia juga ada di Indonesia tepatnya Magelang Jateng

      Delete
  13. taun kemarin aku masih kuat sampe atas lo Vit, alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  14. Sudaaah waktu jaman SD tp kykny skrg udh mulai berubah ya krn gempa jogja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya agak banyak batu candi yang agak berubah susunannya, menurutku agak ke bawah deh turun, tapi masih kokoh berdiri megah

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup