Wednesday, November 29, 2017

Be A Healthy Hero dengan GERMAS


Senin kemarin kita diundang temu blogger kesehatan, dalam rangka desiminasi informasi kesehatan. Kami tiba jam 7 pagi di Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jalan Pandanaran 79.
Menunggu ibu dan bapak PNS apel pagi dulu.


Lalu kami pun menggunakan bis untuk menuju Puskesmas Halmahera dan The Wujil.


Nah ini dia Puskesmas Halmahera, puskesmas ini mempunyai visi 'menjadi puskesmas unggul dengan pelayanan kesehatan yang bermutu dan profesional menuju masyarakat mandiri untuk hidup sehat'.

Misinya : memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, mudah, cepat dan tepat, juga meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat. 

Nilai-nilai : humanis, empati, berani, akuntabilitas, tanggap, optimis, kemitraan, edukasi.

Keren ya visi misi dan nilai-nilainya, puskesmas halmahera ini tim medisnya sudah terlatih untuk ambulans hebat loh.


Ini dia cemilan sehat, ada jeruk, makanan trarisional seperti getuk singkong, lumpia rebung dan lemper ayam, juga air mineral, karena sesuai Germas harus ada buah dan sayur.


Upaya puskesmas halmahera ada UKM tingkat pertama terdiri dari UKM esensial dan pengembangan dan UKP tingkat pertama yaitu : rawat jalan, pelayanan gawat darurat, pelayanan satu hari/one day care, rawat inap, rawat inap bersalin/poned, dan home care.


Layanan yang tersedia di puskesmas halmahera yaitu poli umum, poli gigi, poli KIA/KB, poli imunisasi, poli sanitasi, poli MTBS, pemeriksaan laboratorium, pojok gizi, klinik laktasi dan poli lansia, juga poli IMS/HIV AIDS (VCT).

Pemaparan dibuka okeh bu Wiwi dari DKK, dan materi oleh Bapak kepala Puskesmas Halmahera bapak Nugroho Edy, juga dokter Vina dari DKK didampingi Ibu Yuli kepala bagian SDK DKK.


Pengendalian resiko pun dilaksanakan di puskesmas halmahera yaitu jadwal kegiatan kebersihan, pembuatan pegangan di kamar mandi bagi lansia, pembuatan saluran limbah dan pemantauan kelancaran saluran limbah, meningkatkan komitmen dan kerjasama agar dapat memberikan 'tiada hari tanpa pelayanan prima', pemindahan pelayanan gigi mulut di lantai 1 agar pasien lebih mudah, memperbaiki halaman depan agar pasien lebih nyaman dan aman.


Jenis pelayanan di puskesmas halmahera : pemeriksaan kesehatan gigi, pemeriksaan balita sakit, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, farmasi, laboratorium, layanan inovasi : klinik VCT/klinik rehabilitasi narkoba, klinik kesehatan tradisional.


Fasilitas ambulans hebat, si cepat dengan reaksi cepat, gratis 24 jam, call 1500-132, si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan.
Penyelamatan masyarakat ketika : kegawatdaruratan medis, kegawatdaruratan kehamilan, kecelakaan.



Dari Puskesmas Halmahera kita menuju The Wujil resort & conventions,  menyimak penjelasan dari Kepala DKK bapak Widoyono didampingi ibu Yuli, dan Bu Lilik Hanifah dari Puskesmas Gayamsari.

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis (pasal 1 UU 36/2009).
Untuk pembangunan sehat perlu kerjasama dari pemerintah pusat dan daerah, lintas sektor dan swasta, juga seluruh masyarakat.

Derajat kesehatan ditentukan oleh lingkungan, perilaku, pelayanan dan keturunan.

Siklus hidup : ibu hamil, bersalin dan nifas ➡ bayi ➡ balita ➡ anak-anak ➡ remaja ➡ dewasa ➡ lansia.
Kita semua akan melewati semua siklus ini.

Semua penyakit berasal dari pola pikir dan pola makan, jangan terlalu banyak makan micin atau msg karena juga jangan  konsumsi junkfood dan stress karena bisa memicu hipertensi, astherosklerosis, hiperglikemi, obesitas dan zat kanker.

Penyakit ada 2 yaitu menular dan tidak menular, penyakit menular : demam berdarah, TB paru, HIV/AIDS, diare, ISPA/infeksi saluran nafas atas.
Penyakit tidak menular : jantung koroner, diabetes melitus, penyakit paru, obstruksi kronik, kanker dan stroke.

Karena angka kematian di Indonesia disebabkan oleh : stroke, kecelakaan lalu lintas, jantung iskemik, kanker dan diabetes melitus.

Untuk perubahan perilaku, pemberdayaan masyarakat dan perbaikan lingkungan dimulai dari gizi pada ibu hamil, bayi, balita, dan remaja putri.
Kelompok strategis juga tentang perilaku hidup bersih dan sehat dimulai dari anak usia sekolah, pekerja wanita, lansia dan pengguna medsos.


Nah ini dia 12 indikator keluarga sehat : keluarga mengikuti KB, ibu bersalin di faskes, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi diberi ASI ekslusif selama 6 bulan, pertumbuhan balita dipantau tiap bulan (program gizi, kesehatan ibu dan anak), penderita TB Paru berobat sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan (pengendalian penyakit menular dan tidak menular), anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga memiliki/memakai air bersih, keluarga memiliki/memakai jamban sehat, sekeluarga menjadi anggota JKN/askes (perilaku dan kesehatan lingkungan).
Nah kalau sudah memenuhi semua ini itu tanda keluarganya sehat.

Karena PIS-PK adalah program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.
Ada keluarga inti yaitu keluarga yang dibentuk karena ikatan perkawinan yang direncanakan yang terdiri dari suami, istri, dan anak baik anak kandung ataupun anak adopsi.
Keluarga besar yaitu seluruh keluarga inti dalam satu rumah/bangunan.

Syarat kepesertaan UHC/universal health care yaitu memiliki dokumen kependudukan/KTP minimal domisili 6 bulan, juga bersedia mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di puskesmas se kota Semarang dan RS kelas 3.

UHC membantu masyarakat agar memiliki JKN/BPJS, harus langsung orang yang bersangkutan datang, kecuali sudah lansia tak bisa apa-apa diwakilkan oleh anggota keluarganya lain yang satu KK/Kartu Keluarga.



Ibu Purwanti menyampaikan bahwa gizi yang bagus dan setiap anggota keluarga dan lapisan masyarakat menerapkan Germas, Indonesia sehat dapat terwujud.

Jadi untuk sehat kita harus konsumsi makanan yang tinggi serat, hindari lemak, tidak merokok dan tidak konsumsi alkohol.

Sesuai prinsip Germas harus sehat, bugar dan produktif serta Cerdik yaitu Cek kondisi kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola Stres.

Dan satu lagi penurunan angka kematian ibu dan anak saat bersalin. Kalau ibu hamil sehat dan terpenuhi gizinya akan melahirkan bayi yang sehat, dan saat bersalin lebih baik di puskesmas, RS atau klinik bersalin yang ada dokter kandungan dan bidan bukan di dukun bayi.
Juga pemberian ASI ekslusif pada bayi selama 2 tahun.

Dan jika hamil jangan abaikan HB rendah karena bisa anemia sehingga menimbulkan pendarahan saat melahirkan bisa menyebabkan kematian.
Saat hamil diusahakan tekanan darah ibu hamil normal tidak tinggi atau rendah, karena tinggi bisa preeklamsia, dan rendah bisa menyebabkan gejala anemia, yang bahaya untuk ibu dan anak.



Sesi penyampaian materi tentang blog oleh mas Danang/Dhave.
Tujuan ngeblog adalah sebagai catatan pribadi, media promosi diri, tempat ekspresi, tempat berbagi, tempat belajar menulis, sumber penghasilan dan ajang mencari relasi.

Yang banyak ditemukan di blog yaitu mengenai apa itu, how-to/cara/tutorial, tips dan trik, download gratis, daftar, fakta yang mengejutkan/unik, posting yang menghibur, travelling dan kesehatan.

Menulis tentang kesehatan blogger harus sehat lahir batin, memiliki ilmu pengetahuan yang benar, memahami tentang topik yang hendak dibahas, menulis dengan gaya populer dan mudah dipahami juga dapat dipertanggungjawabkan.


Ooh iya kemarin juga dicek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan tes kebugaran.
Alhamdulillah tekanan darahku normal, gula darah juga normal kurang dari 140 mg/dl yaitu 107, kolesterol masih kelebihan dikit, harusnya  kurang dari 200 mg/dl, ini 206, itu pun baru turun seminggu ini dari 258 heuheu, setelah banyak konsumsi sayur dan buah dan olahraga dengan six pax care di rumah selama 30 menit, juga minum benecol setelah makan hehe.



Nah kalau ini tes kebugaran jantung-paru, dengan jalan cepat/jogging 1,6 km cara Rockport, cara ini dapat dijadikan panduan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani, dapat dilakukan perorangan atau kelompok, relatif aman bagi orang yang memiliki faktor resiko penyakit, mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat khusus, yang perlu disipakan adalah lintasan datar sepanjang 1,6 km, alat pencatat waktu dan sepatu olahraga, dilakukan semampunya dengan berjalan cepat atau berlari secara konstan.

Nah hasilnya adalah kurang bugar heuheu, hampir 75 persen yang hadir kemarin hasilnya kurang, hanya 25 persen yang baik heuheu.
Kalau tingkat kebugaran kurang harus dengan aerobik tipe 1 yaitu jalan santai, jalan cepat, jogging dan bersepeda.
Frekuensi latihan fisik cukup seminggu 2 x seminggu, intensitas latihan fisik dengan denyut nadi 100-120/menitm lamanya latihan cukup 20-30menit diluar waktu pemanasan dan pendinginan.


Yuk be a healthy hero dengan melakukan dan mensosialisaikan Cerdik Germas 😊.



20 comments:

  1. Pertamakalinya aku cek kolesterol dan gula darah kemaren dan hasilnya agak kurang baik huhuhuu. Banyak PR nih untuk hidup lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ketiga kali kemarin mbak mi, dulu pernah pas ada acara pemeriksaan pkk di pasadena udah lama banget, lalu senin lalu di acara kemenkes yogya dan di acara dinkes kota kemarin senin, iya kudu jaga asupan makanan dan olahraga ringan 😊

      Delete
  2. Wii.. Seru ya jalan2 sambil nambah wawasan. Langsung praktik lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru pisan mbak farida, iya prakteknya cek tekanan darah, gula darah dan kolesterol juga tes kebugaran jantung paru itu 😀

      Delete
  3. Asyiknya jalan2 dan dapet ilmu banyak. Plus cek kesehatan juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mun menyenangkan walaupun capek 😀, soalnya aku kalau event kesehatan suka ikutan karena basicku farmasi, jadi udah empat kali nih ikutan ecent blogger kesehatan, AKI, kemenkes yang di semarang, kemenkes yang di yogya, dan dinkes kota semarang yang di the wujil kemarin 😀

      Delete
  4. Wah aku kelebihan kolestrol ni mb vit, pernah test hiks. Tapi mmg jarang OR si hehe. Btw benecol itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benecol minuman buat menurunkan kolesterol, banyak kok di superindo, hypermart, giant, bahkan alfamart dan indomart, rasanya enak kaya yoghurt😄

      Delete
  5. Alhamdulillah, bermanfaat banget yaa acara kemarin. Seru..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sekarang makin digalakkan gerakan masyarakat sehat ya mbak. Semoga bisa diterapkan bersama-sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lulu mari kita sosialisasikan dan terapkan dalam keseharian 😊

      Delete
  7. Aku awalnya kuatir gula darahku tinggi karena masih suka minum dan makan makanan manis, tapi ternyata masih normal. Yang bikin kuatir malah kolesterolnya, huhu. Kelebihan dikit sih...tapi kudu hati2 juga. Pengen olahraga lagii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga dan pola makan dijaga mbak ika 😊

      Delete
  8. Wah acaranya padat bergizi y mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mechta hari pertama pe jam 10 malem, hari kedua pe jam 1 an siang 😊

      Delete
  9. Yang lagi gencar aku terapkan sama Wildan nih perbanyak buah dan sayur.. yang masih jadi PR banget adalah perbanyak aktivitas fisik alias olah raga :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup