Thursday, July 1, 2021

PJJ Asyik Bareng Ruangguru



Pandemi ini sudah mau 3 tahun ya, anak-anak kasian belajar di rumah terus atau PJJ. Bayangkan anak SMP dan SMU masuk ketika wabah Corona ada, keluar pas mau 3 tahun ini, selama ini PJJ terus, ntar reuninya virtual aja papasan kenal gak ya, so sad. 

Jaman ketika wabah belum menyerang, anak-anak semangat happy ke sekolah belajar bersama guru-guru dan ketika istirahat bermain bersama teman-temannya. Kalau sekarang belajar ya online via zoom hp dan laptop. Bikin stress dan bete anak juga ibunya terkadang.

Anak bosan mendengar materi di laptop dan hp, terus ibunya harus menemani belajar. Materi pembelajaran anak zaman now beda sama kita sekolah SD, SMP dan SMU dulu. Seiring perkembangan zaman tentu materi pembelajaran makin sulit dipahami. Guru jaman sekarang minimal harus bergelar Sarjana S1, bagus lagi bergelar Sarjana S2.

Sebagai orang tua yang sering kesulitan memahami materi sekolah saya tentu harus banyak belajar lagi, bapaknya juga WFH tentu tugas ibunya mendampingi anaknya. Saya cari nih aplikasi pembelajaran yang mudah juga harganya terjangkau. Nemu nih Ruangguru, materi di Ruangbelajar by Ruangguru untuk menemani dan membantu anak saya belajar di rumah dengan mudah.



Manfaat dari Ruangguru ini yang kita rasakan adalah : 

  1. Ruangguru bisa menjadikan anak menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter, metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh anak tidak bikin anak jenuh saat PJJ.
  2. Ruangguru tempatnya guru-guru terbaik, Ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anaknya, sebagai mantan seorang guru SMK aku merasakan guru jaman sekarang harus update ilmu pengetahuan dan gak boleh gaptek. Nah guru di Ruangguru kompeten banget.
  3. Persiapan saya sebagai orang tua dalam menyambut tahun ajaran baru Juli ini dengan ruangbelajar dari Ruangguru biar bisa menemani anakku belajar tanpa ribet tetep asyik.
  4. Ruangbelajar dari Ruangguru bagus baik dari segi fitur mudah dipahami, harga gak terlalu mahal, layanannya lengkap.
  5. Sebagai orang tua saya merasakan bahwa Ruangguru dengan ruang belajar mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran di sekolah. 
  6. Ruangguru sebagai solusi orangtua yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ, sehingga hubungan ortu anak jadi lebih harmonis, ibu gak senewen pusing ngajarin anaknya hehe.
  7. Orang tua yang memiliki anak SD terbantu dengan video animasi Dafa Lulu di ruangbelajar for SD.
  8. Fitur di ruangbelajar by Ruangguru yaitu :
  • ruangguru PET 
  • ruangguru adventure 
  • jadwal belajar 
  • asah otak 
  • bank soal 
  • laporan belajar 


Oh iya di awal bulan Juli ini ada fitur baru di ruangbelajar by ruangguru : 

Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.


Tujuan fitur

  • Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya

  • Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur

  • menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu

  • Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah

  • Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti 

Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan fitur

  • Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari diaplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran. Tujuan fitur ini menemukan materi belajar secara lebih cepat.

Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batue evolusihewan peliharaan.

Tujuan fitur ini Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar.

Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC.

Tujuan fitur:

● Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri anak.

● Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning.

● Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat anak yang ditunjang oleh bakat yang anak miliki.


Yuk ibu-ibu mari kita tetap semangat dan happy menemani anak kita belajar di rumah, kalau ibunya udah gak happy biasanya seisi rumah terdampak baik anak ma bapaknya hehe. Ya seorang ibu mah kudu multitasking, segala bisa, jadi dokter pribadi anak ma suami, jadi manajer keuangan rumah tangga, jadi guru buat anaknya, dan jangan lupa bahagiakan diri sendiri dulu baru bisa menularkan kebahagiaan ke anak dan suami. 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup