2hari 1malam di Dieng

Dari Semarang sampai Dieng kurang lebih 4jam, masuk tol lalu ke arah Ambarawa, kemudian Temanggung, Wonosobo lalu Dieng.
Dieng lukisan alamnya sangat indah, Maha Besar Allah yang telah menciptakan keindahan ini, udaranya pun segar sangat sejuk.

Memasuki kawasan wisata lembah Dieng, di gerbangnya kita bayar Rp.10.000.
Lalu jalan ke depan tidak jauh ada gardu pandang tieng, disini hanya bayar Rp.2000.

 
Pemandangan dari gardu pandang dieng

Lalu kita makan siang dulu dan shalat dzuhur, menu makan sate, sayur terong, sayur daun singkong dan tahu jamur dan jeruk hangat Rp.38.000.

 
Kita shalat di mesjid ini airnya dingin banget


Masuk ke Dieng, ke wana wisata, per orang ditarif Rp.9000 masuk gerbang wisata.

Disini ada telaga warna, telaga pengilon, batu tulis, goa jaran, goa sumur, goa pengantin, goa semar, batu ratapan angin dan bukit sidengkeng, tidak bayar lagi hanya naik bayar lagi Rp.3000 per orang naik bukit sidengkeng. Parkir Rp.5.000, disini juga bisa beli jaket wol, kupluk, baju buat anak-anak dan kaos untuk dewasa. Ada yang jualan makanan juga.

 
Telaga warna, warna hijau seolah terserap dari pohon-pohon.

 
Telaga warna, warna biru memantul dari langit yang biru.

 
Telaga pengilon


Batu tulis, konon mitosnya kalau punya anak belum bisa baca, kesini jadi bisa baca tulis.


 
Gua jaran, mitosnya kalau yang mau memiliki keturunan semedi disini bisa hamil karena jaman dulu ada kuda sendirian disini begitu keluar kudanya bunting.


 
Goa sumur, konon airnya bisa untuk pengobatan.

 
Peta wisata

 
Gua semar


 
Gua pengantin

 
Batu ratapan angin, lumayan nanjak dan capek naik sini, tapi dari sini indah banget.

 
Pemandangan dari atas batu ratapan angin indah kan.

 
Pemandangan setelah naik bukit sidengkeng.

 
Ya capek karena naik jadi hilang liat keindahan bukit sidengkeng ini.

Wah Subhanalloh indah-indah banget dan naik turun lumayan ngos-ngosan. Ke Dieng lebih enak pakai sepatu kets/sepatu olahraga lebih nyaman di kaki.
Nah selesai deh siang pe sore disini.

Lalu kita menginap di hotel Asri dieng 2, semalam Rp.250.000, fasilitas 2 kasur besar masing-masing 2 selimut, tv dengan antena parabola, kamar mandi di dalam kloset jongkok, 2 kran air dingin dan panas, tapi cuma panas sore hari aja. Disediakan teh, kopi dan gula juga 1 termos air panas.
Makan malam tinggal nyebrang penginapan beli nasi pecel lele seporsi Rp.14.000, atau nasi ayam goreng tempe tahu Rp.15.000 ada sambel dan lalapnya.

 
Hotel asri dieng 2

 
Kasurnya disimpan di bawah, lantainya kayu dikasih karpet, ada perapian tapi gak ada kayu bakar dan apinya.

 
hotel asri dieng2, menurut kami sih udah yang paling bagus dibandingkan homestay lainnya.

Besoknya kita sebelum subuh mandi dulu dan airnya gak hangat malah dingin banget, tapi setelahnya jadi hangat. Kita ke wisata sunrise gunung sikunir dan telaga cebong, nyampe sini adzan subuh jadi kita shalat dulu, airnya ketika wudhu kaya air es dingin, parkir Rp.10.000, dan tiket masuk wisata seorang Rp.10.000.
Naik puncak sikunir 800 meter ke atas total dengan turun 1.600 meter, lumayan olahraga, hawa sejuk bagus buat paru-paru dan jantung, naik kesini harus bawa senter karena masih gelap dan kita mau liat sunrise, pakai jaket karena dingin juga sarung tangan dan kupluk buat kepala, dan tentu saja karena mau naik bukit pakai sepatu kets dan kaos kaki. Rasa lelah ketika menanjak naik gunung terobati dengan semburat cahaya matahari sampai terbit indah banget.
 
 
Golden sunrise sikunir

 
Telaga cebong, banyak yang nginap di tenda sekeliling telaga cebong ini.

Nah turun kita bisa ngeteh dulu sambil menikmati pemandangan dan makan lontong, mendoan dan pisang, 2 porsi Rp.13.000 juga gandos 10 Rp.5.000. Dan mampir toko oleh2, susu teh purwaceng 1box isi 6sachet Rp.50.000. Carica 2bungkus isi 6 wadah kecil Rp.25.000, dan keripik carica Rp.15.000.

Lalu kita ke telaga cebong banyak kemah2 berdiri disini.

 
Ada mobil unik, di dalamnya ada kasur, meja, wah komplit cocok buat camping dan adventure ya.


Kemudian kita ke kawah sikidang dan candi arjuna,tiket masuk Rp.10.000 per orang dan parkir di tiap tempat ada Rp.5.000 dan Rp.2.000.

 
Dieng plateau theater

 
Kita mampir sini tapi tidak nonton ke dalam.

 
Dari sini juga bisa naik ke atas terus nyampe batu ratapan angin.


Wah pemandangannya eksotis hawanya sejuk banget, kalau tinggal disini gak usah pakai AC hemat listrik hee.

 
Biri-biri dieng lucu bulunya tebal

 
Di komplek candi arjuna bisa foto ma arjuna kw bayar sukarela

 
Ada teletubies juga sama bisa foto bayar sukarela

 
Ada mickey dan mini mouse, selain itu ada shaun the sheep, masha, hello kitty dan donald duck.

 
Banyak pohon cemara di komplek candi arjuna ini


 
Pemandangan di kawasan komplek candi arjuna

 
Kuda hitam putih di kawah sikidang

 
Candi Bima

 
Kawah sikidang
 

 
Candi gatot kaca

 
Candi arjuna

 
Candi srikandi


Di kawah sikidang ada kuda, hitam putih, burung hantu dan kelinci, kita beli comro cireng dieng Rp.12.000 dan bunga edelwis Rp.15.000.

Seneng banget deh, jalan-jalan berdua suami kaya pacaran lagi sekalian honeymoon, cuma maklum usia dah kepala 3 jadi cepet capek dan ada yang kelupaan gak difoto, gak jeli tiket wisata candi arjuna ama kawah sikidang malah bayar 2x, harusnya 1 tiket bisa untuk masuk candi arjuna ama kawah sikidang, gak baca bahwa itu satu tiket buat 2 tempat, tapi pas masuk telaga warna kita gak disuruh bayar lagi cuma bayar di depan, impaslah sudah hehe.

 
Kita ke tempat wisata yang dicentang, gunung prau dll. Kaki keburu gempor hee.
 
 
Kalau kesini siapin lembar 2ribuan, 5ribuan dan 10ribuan yang banyak, karena tiap tempat bayar-bayarnya lembaran uang itu, toilet juga Rp.2000






Komentar

  1. aku juga habis dari Dieng mbak..sudah lama sih..3-4 bulan yll.duingin banget y mbak?jam 3 sore aja sudah mulai dingin. dulu juga foto2 sama teletubbiesnya.

    BalasHapus
  2. Iya mbak dingin, tapi aku malah suka kaya garut waktu ku kecil pe smu dinginnya, tapi sekarang dah panas dah banyak perumahan dan jadi tempat wisata dimana2 macet, bagus dieng ya mbak prana

    BalasHapus
  3. keren Mba Vita, sebelum naik sikunir berani mandi di sana.

    bbrrbrbbrbr.. aku baca ini sambil bayangin dinginnya. pernah dlu nemenin keluarga tmn jalan2 ke Dieng pas hujan, kita shalat ashar sampe gigi gemelutuk.

    moga kapan2 pas mba Vita ke Wonosobo lagi pas aku di wsb jg, jd bisa kopdaran di sana hehe

    BalasHapus
  4. Mandi di hotel asri 2, kita cek in kamis sore jam 4, cek out jam 11 siang jumatnya, iya bilangnya ada air anget cuma ternyata anget sore aja, pagi kaya air es hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Operasi katarak di rsi sultan agung dengan bpjs

Miss Pink Kitty Cafe and Shop Semarang

Delman resto semarang