Monday, November 6, 2017

Berinternet dengan baik bisa menghasilkan loh moms


Menjawab arisan Gandjel Rel periode 15 ini, yaitu tentang berinternet sehat dan baik menurut kita, dari mbak DEWI RIEKA dan mbak PRANANINGRUM.
Ooh iya mbak Dedew ini yang menginspirasiku buat ngeblog loh dan penulis favoritku, mbak Dewi ini penulis buku anak dan remaja juga komedi dan blogger juga, beliau juga sering jadi juri cerpen dan lomba blog.
Kalau mbak Ningrum seorang ibu rumah tangga sekaligus penjahit dan blogger.

Nah apa sih itu internet baik, Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif.

Bertanggungjawab dalam memanfaatkan internet dan media sosial secara tepat, sesuai dengan norma dan etika.

Aman dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk dari internet.

Inspiratif dengan mendorong pemanfaatan internet sebagai cara baru yang menjadikan hidup lebih mudah, produktif dan menyenangkan.

Kreatif menciptapkan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah dan pengembangan daya cipta serta kreasi.


Buku Antologi pertama saya bersama teman- teman blogger lainnya, hasil menang ikutan lomba blog, 8 hari menuju kematian, sebagai pengingat diri dan mengajak orang lain untuk tetap ingat Alloh Tuhan kita dalam setiap keadaan dan segala aktifitas kita.
Ini menurut saya positif, dari hobi bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Ada 5 prinsip cerdas berinternet yaitu Keep playing or stop, Think before posting, Saring before sharing, Wise while online, Click or close.
Dari dulu saya tidak suka online buat hanya sekedar becanda atau gosip tak manfaat.
Saya online pasti promosi, atau karena kewajiban sebagai blogger dan buzzer, dan untuk silaturahmi dengan keluarga, sahabat, tetangga dan komunitas.
Menurut saya ini mah bukan pamer coz kita dapat sesuatu dari sini dan memang harus soft selling juga harus komunikasi.



Ada yang suka bilang wah endorsed nih, iya memang kenapa, diendorsed pun kita kerja dengan promosi dan dibayar untuk ini, harus foto, video dan share di sosmed, capek tapi menyenangkan.
Kalau menurut saya mending gini daripada hanya curcol galau melow atau nyinyir dan menebar isu hoax, gak ada manfaatnya sama sekali, malah bisa merugikan orang lain dan diri sendiri.

Ada aplikasi KAKATU buat anak-anak, startup edukasi asal Bandung yang membuat solusi edukasi era digital dengan piranti teknologi. Saat ini sedang mengembangkan aplikasi kakatu parental control dan kakatu school, solusi untuk meminimalisir dampak negatif dari penggunaan internet siswa.



Prinsip saya dalam berinternet adalah THINK, True apakah postingan dan sesuatu yang kita share benar sesuai dengan fakta/kenyataan, Hurtful mungkinkah menyakiti perasaan orang lain?, Illegal apakah postingan dan sesuatu yang kita share mengandung segala sesuatu yang ilegal, Necessary apakah postingan atau sesuatu yang kita share penting untuk diri kita dan orang lain, Kind sudahkah postingan atau sesuatu yang kita share memiliki kebaikan di dalamnya.

Nah kalau bagi saya yang selain Apoteker juga blogger, internet banyak manfaatnya jika kita menggunakan dengan bijak.
Ada beberapa brand, hotel dan tempat wisata juga resto bahkan pemerintah yang sudah bekerjasama dengan baik selama setahun 7 bulan ini via blog dan sosmed saya.
Jadi kalau kalian menggunakan internet untuk apa nih, dan jangan sampai anak kita kecanduan main games di gadget ya moms.

Tetapi ingat kehidupan nyatamu, hindarkan diri dari kecanduan media digital ya.
Kalau internet digunakan bijak bisa menambah penghasilan, walau terkadang gak melulu materi alias money, dapat ilmu baru, teman baru, produk brand, dan menginap gratis juga icipin kuliner gratis, eh gak ada yang gratis loh ya di dunia ini, kita dikasih itu semua ya kudu promosi itu tadi 😀.


20 comments:

  1. Catet nih THINK iya bener bgt tu mbak..mksh dah ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yuk menggunakan internet dengan bijak dan baik, masama mbak 😀

      Delete
  2. Internet memang kayak 2 sisi mata uang ya mbak, ada bagusnya banyak juga jeleknya. Pinter2 kitanya sendiri menyaring dan memanfaatkannya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selama digunakan dengan positif akan menghasilkan yang positif, tetapi jangan sampai digunakan untuk hal negatif 😀

      Delete
  3. Sama seperti benda pada umumnya ya mbak tanggung jawab ada di pemakai. Pisau dipegang chef jd alat untuk bikin makanan enak tp dipegang manusia ga bertanggung jawab jd bahaya. Pun dengan internet selama kita bijak makenya insyaallah manfaat

    ReplyDelete
  4. Saya dong mbak Vit jarang sekali buka medsos kecuali WA karena untuk komunikasi sehari-hari dan menyangkut pekerjaan juga.

    Memang kita nggak bisa seenaknya posting tapi harus dilihat lagi ya mbak, pantas gak tulisan tsb dishare karena bisa-bisa ada yang tersinggung, nanti malah berabe bisa salah paham.

    Saya lagi belajar berinternet yang baik nih mbak Vit, supaya menghasilkan juga seperti mbak Vita :)

    ReplyDelete
  5. Iya mbak Anjar karena komunikasi sengan tulisan pun harus diperhatikan, kalau gak ada emoticon atau titik koma aja orang juga bisa salah paham dengan yang kita maksud 😀

    ReplyDelete
  6. Jadi inget waktu lomba nulis dulu, pas sesi presentasi temen q ngeblame social media gegara kelakuan anak kaman sekarang yang pada ga karuan dan argumen temen saya langsung dibantah sama juri :( kasihan sih sama dia karena lgsg diem gitu.. tapi aku juga ga setuju sama kesimpulan temen q itu..
    Baik butuknya social media, baik buruknya internet tergantung para user nya.. ya gak mbak Vita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jika digunakan dengan bijak baik dan benar internet bermanfaat asal perhatikan hal yang kushare di atas, insyaAllah terhindar dari dampak buruk internet 😁

      Delete
  7. Think before posting.. ini pecut banget mbak buat aku yg suka nyampah apalagi di socmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak chela, sebelum kita share harus dipikir dulu, kalau aku pribadi di sosmed juga udah kaya dunia nyata soalnya followersku ortuku, adikku, suamiku, kakakku, keponakanku, sepupu, tante, direktur, teman kantor, jadi kalau aku kehidupan nyata dan dunia maya ku sama 😀

      Delete
  8. Barakallah Mba Vita..
    Memang sangat perlu untuk berinternet secara cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Alhamdulillah, makasih mbak arin, rin aku belum sempat nengok debaymu adiknya hasna maafkan ya 😀

      Delete
  9. Konsep THINK nyaaa sutuju banget nih. True, Hurtful, Illegal Necessary dan Kind... siap diingat2 dan dipraktekan nih

    ReplyDelete
  10. Sepakat banget nih Mbak Vit :)
    Aku belum nulis uhuksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mbak wahyu, hayu atuh segera menulis 😊

      Delete
  11. Setuju banget vit, jangan sampai kita menebar hoax atau sharing yang ngga berfaedah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum mending yang manfaat dan menghasilkan saja 😊

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup