Monday, September 27, 2021

Kehamilan Pertama Dan Kedua


Kehamilan pertamaku di usia 37 tahun dan melahirkan SC jelang 38 tahun setelah menanti 10 tahun 3 bulan. 

Kontrol kehamilan dan melahirkan dengan dokter kandungan Florencia Lutfi. Waktu hamil pertama sempet program hamil dengan dokter Florencia di Hermina Taman Yasmin, kontrol dan melahirkan di Hermina juga Sentra Medika Cibinong. 

Kontrol kandungan pertama ketika usia kandungan 4 Minggu, dikasih resep asam folat 1 mg sehari 1x, Vitamin D3 400 IU Nature's Plus sehari 1x, duphaston 10 mg 2x sehari.

Kontrol kandungan kedua di usia kandungan 8 Minggu dikasih resep Ossoral 200 sehari 1x, asam folat sehari 1x, duphaston sehari 2x, vitamin D3 sehari 1x.

Kontrol kandungan ketiga 12 minggu, aku kontrol kandungan setiap bulan. Dikasih resep Cavit VIT D sehari 1x, Folavit 400mg sehari 1x. 

Kontrol kandungan keempat 16 minggu, dikasih Folamil Genio sehari 1x, Cavit D3 sehari sekali.

Kontrol kandungan kelima 20 minggu, dikasih Ferofort sehari sekali dan Osfit DHA sehari sekali.

Kontrol kandungan keenam 24 Minggu, dikasih Ferofort dan Osfit DHA sehari sekali.

Kontrol kandungan ketujuh 28 Minggu, dikasih Folamil Genio dan Cal 95 sehari satu tablet.

Kontrol kandungan kedelapan 32 Minggu, dikasih Folamil Genio, Sangobion ganti Maltofer juga Ossoral masing-masing diminum sehari sekali.

Melahirkan putri pertamaku di usia kandungan 36 Minggu, SC di jam 9 pagi lebih, senang banget walau seumur hidup baru ngalamin operasi buat ketemu anakku permata hatiku. Rasa dingin dan nyeri dengan bius setengah badan hilang setelah ketemu IMD ma bayiku, dan ketemu lagi di ruang rawat inap VIP setelah bayi dimandikan.

Waktu kehamilan pertama sempet dikasih penguat kandungan di trimester pertama, karena lebih sering mual muntah juga. Jangan didiamkan jika mual muntahnya sering bisa berakibat keguguran dan untuk menyeimbangkan hormon bumil dikasih penguat kandungan, selain itu untuk mengurangi mual muntah juga. Anak pertama ketahuan jenis kelaminnya perempuan saat usia kandungan 5 bulan, dan betul pas lahir juga perempuan. Sukanya jika eneg mual minum teh botol dan teh kotak, sukanya sariroti dan gak begitu suka nasi dan lauknya kecuali dimakan di restoran.



Kehamilan keduaku di saat anak pertamaku usia 21 bulan, usiaku 39 tahun. Mengetahui kehamilan di saat usia kandungan 6 Minggu. Sama dengan dokter kandungan Hj.Florencia Lutfi tapi di RSIA Assalam. Dikasih resep Folamil Genio sehari sekali saja tanpa penguat kandungan. Aku sempat bertanya kenapa kehamilan anak kedua gak dikasih penguat, tadi saya tanya ibu juga gak mual muntah kan, plus hasil USG juga janin lebih kuat tak ada masalah, menurut suster juga dikasih penguat kandungan jika ada masalah resiko buat tumbuh kembang janin. Iya memang ketika hamil aku selalu gak ngeh, hamil anak pertama kukira Gerd kumat mual muntah mulu, sempet pusing bahkan jatuh di tangga. Anak kedua aku sama sekali gak pusing apalagi mual muntah gak sama sekali, bahkan lompat-lompat dan lari-larian sama anak pertamaku heuheu. Tapi kata dokter yang bahaya itu jika mual muntah sudah sehari 10x, jika cuma eneg uwa uwe biasa gak lebih dari 3x sehari mah kategori wajar. Adiknya putri pertamaku ini mah cuma sekali aja muntah, seringnya eneg minum kopi ilang, tapi jangan banyak minumnya juga. Yang ini doyan ma nasi ma lauknya, malah bisa dibawa masak juga, kalau kehamilan pertama boro-boro masak mencium wangi masakan aja langsung mual muntah heuheu.



Bagiku walau sudah pengalaman USG kontrol kehamilan itu penting buat kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya, juga setiap anak sama perlu diperhatikan tumbuh kembangnya. InsyaAllah aman karena aku pun sengaja periksa di RSIA, di RS Sentra Medika suka rame banyak orang dan suka lama di konfirmasi asuransi plus tebus obatnya. Di Hermina sekarang udah bukan RSIA tapi jadi RSU rame juga, makanya yang penting buatku dokter kandungan sama dokter Florencia yang tahu riwayat kehamilan anak pertama dari program hamil alami dan proses SC-nya, jadi anak kedua juga sama beliau, cuma sayangnya di RSIA Assalam gak bisa gesek dengan kartu asuransi langsung karena belum kerjasama, jadi sistem reimbuse, reimbuse itu harus uang kita dulu, ntar kita kirim ke kantor suami dan asuransinya baru diganti uangnya seminggu kemudian asalkan ada surat diagnosa, kwitansi dan resep obat atau vitamin. Yang penting sehat dan selamat ibu dan bayi sampai lahiran juga seterusnya, di Assalam cepat dari daftar, periksa ma USG, bayar dan tebus resep vitamin.

Kontrol kandungan yang kedua anak keduaku di RS Hermina Bogor, tetap dengan dokter Florencia, di usia kehamilan 10 minggu. Dicover full asuransi, dikasih resep yaitu prove D3 1000, microgest 100 mg, becom zet, oscifit dan folamil genio setelah makan pagi dan siang masing-masing sehari 1 tablet/kapsul.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup