Tuesday, October 12, 2021

The Power Of Social Media Dan Manfaatnya Buatku


The Power Of Social Media sangat bermanfaat buatku. Sosmed yang aku punya ada 6, pertama   instagram, di instagram sekarang selain upload foto di feed dan story juga ada rells bisa video. Salah satunya adalah menyimpan kenangan berupa foto dan video, ketika hp kerestrat atau memori full foto dan video ada di instagram. Selain itu ada beberapa endorsed dapet di Instagram, ini lumayan banget nambah penghasilan, bisa buat beli susu pempers anak, bisa beli baju atau tas, atau nyambung buat sehari-hari ketika suami belum gajian. Dan ada lagi ketika mengajak orang lain untuk vaksin dan tetap prokes bisa juga di instagram.


Sosmed keduaku adalah twitter, kadangkala di twitter bisa curcol tapi tetep yang santun ada batasan ya, soalnya apa yang kita ucapkan dan tuliskan diminta tanggungjawabnya sampai akhirat nanti. Jadi gak asal jeplak babibu tapi menimbulkan efek negatif buat orang lain bahaya juga atau gak enak dibaca. Karena hal positif itu ya nular sama halnya dengan hal negatif. Dari twitter juga aku sebagai influencer bisa dapet penghasilan tambahan ketika membantu mempromosikan produk brand.




Yang ketiga blog, di blog aku bisa nulis walau ada curcolnya ada hikmah pelajaran yang aku selipkan disana, pengingat bagi diriku sendiri, untung juga jika bermanfaat untuk orang lain. Awal mula aku bikin blog nulis pengalaman program hamilku biar inget apa yang sudah dilakukan dan belum dicoba, sampai akhirnya berhasil setelah penantian 10 tahun. Nah adanya blog juga jika ada yang butuh info aku share link aja, daripada di whatsapp kudu diulang-diulang informasinya, dan kadang sudah ada beberapa bagian yang lupa.
Dari blog juga aku dapet penghasilan, jika harus menyebut angka aku total aja, karena dari 2016 sampai 2018 itu aku wanita karir kerja kantoran dan ngajar, jadi hanya sampingan, sekarang juga masih sampingan sambil momong anak, sekaligus nulis di blog itu bisa jadi self healing buatku. Bisa review hotel, restoran, wisata dan kuliner yang kadangkala bermanfaat buat orang yang lagi cari referensi, juga share tentang seputar imunisasi anak, tumbuh kembang anak juga kesehatan.



Yang keempat itu adalah youtube, kalau dari youtube aku belum dapet penghasilan karena yang subscribe baru dikit, tapi suka update sesekali, sama pernah menjual rumah di youtube lumayan jika ada pembeli yang nanya rumah detailnya kasih link youtubeku.




Yang kelima itu adalah tiktok, bikin karena ada kerjaan sosmed mengharuskan share di tiktok. Tapi suka juga bukan buat main, tapi dengerin ceramah ustadz ustadzah nambah ilmu baru deh.




Yang keenam facebook, sama juga buat share tulisan blog dan sesekali menyimpan memori pribadi juga sesuatu hal yang disponsori.

Penghasilanku dari sosmed total keseluruhan antara blog, instagram, twitter, facebook dan tik tok dalam setahun ya bukan per bulan, karena aku bukan selebgram atau artis hehe, 2016 sekitar 2jutaan, 2017 11jutaan, 2018 14jutaan, 2019 5jutaan, 2020 3jutaan, 2021 sampai bulan ini 2jutaan. Mungkin kecil bagi orang lain, tapi buatku pencapaian tersendiri, dengan basic anak IPA dan Farmasi mulai bikin sosmed dan blog dari nol sampai bisa nambah pundi-pundi walau recehan sangat bermanfaat buatku.

Ya memang social media tidak melulu tentang hal negatif, banyak positifnya juga tergantung kebijakan kita menggunakannya. Kalau kalian apa hal bermanfaat dari The Power Of Social Media . Ooh iya satu lagi bisa jadi hiburan ketika di rumah saat pandemi gini baca berita terupdate biar gak kudet, juga berselancar di sosial media. Aku juga suka buka situs Indozone disini banyak berita terpercaya, dengan sajian berita terkini, berita harian, hingga informasi secara global yang menarik untuk dibaca. Anakku suka minta screen time, agak susah gak pegang gadget sama sekali, tapi aku pakai youtube kids aja yang ada edukasinya. Tapi anakku masih mau main perosotan, sepedaan, gambar dengan crayon, playdough, masak-masakan dan main boneka juga puzzle, sesekali main ke taman perumahan juga. Aku sering update di sosial media dan blog, untuk merawat agar sosmed dan blog tak tenggelam, tetap eksis walau update tak banyak cuma konsisten kulakukan.


4 comments:

  1. Pokoknya tetap semangat menjalani keseharian ya mbak, meski sudah tidak kantoran lagi. Yang penting ada power of socmed yang bisa diandalkan untuk eksis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semangat apalagi udah anak mbak seru, eksis yang positif ☺️

      Delete
  2. Punya banyak akun sosial media memang asik ya, Mbak. Kalau aku paling suka lihat video resep masakan di Instagram, YouTube dan TikTok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asal digunakan dengan tepat dan bijak jadi manfaat..

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup