Wednesday, February 12, 2020

5 Peralatan yang Cocok Banget Dipakai Untuk Woodworking


Sumber : pcc.edu

Jika kamu ingin menekuni sebuah hobi kerajinan kayu, maka diperlukan beberapa peralatan yang bisa mendukung hobi kamu tersebut. Beberapa peralatan ini biasanya dipakai untuk menghasilkan kerajinan kayu yang lebih presisi dan berkualitas. Semakin lengkap peralatan yang kamu miliki maka akan lebih bagus hasil kerajinan kayu tersebut, karena kamu bisa mempercantiknya dengan ukiran dan bentuknya.
 Apa sajakah itu? Simak artikelnya berikut ini.


1. Roll meter

Sumber : bangkusekolah.com

Roll meter atau yang biasa disebut dengan meteran ini memiliki konstruksi khusus, sehingga kamu bisa menggulungnya kembali secara otomatis setelah dipakai. Ada juga meteran yang cara menggulungnya secara manual dengan menggunakan tuasnya. Pada umumnya rol meter / meteran ini terbuat dari bahan plat baja tipis atau plastik, sehingga mudah patah. Meteran ini juga tersedia dalam berbagai jenis ukurannya mulai dari 5 meter, 10 meter, 30 meter hingga 50 meter dengan satuan mm, cm, feet atau inchi. Roll meter yang memiliki satuan hingga 0,5 mm ini biasa digunakan untuk mengukur panjang, jarak hingga lingkaran sebuah benda.

2. Pengukur sudut


Sumber : inkuiri.com

Alat pengukur sudut ini merupakan peralatan dunia perkayuan yang digunakan secara khusus untuk mengetahui sebuah kemiringan sudut kayu dengan akurat. Pada umumnya alat ukur ini memiliki sudut siku-siku silang 90 derajat. Alat ini memiliki sebuah konstruksi mati sehingga kamu hanya bisa menggunakannya untuk membuat atau memeriksa garis sudut 90 derajat serta kerataan permukaan kayu. Selain itu, ada juga alat ukur sudut lain yakni siku putar. Alat ukur sudut ini lebih fleksibel dalam penggunaannya, sehingga kamu bisa memutar sesuai dengan kemiringan sudut pada kayu. Dengan melibatkan sudut pada kayu, siku putar sangat membantu segala pekerjaan kamu.

3. Gergaji

Sumber : fixcomart.com

Hand Saw atau gergaji ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk memotong kayu. Kamu bisa memotong kayu yang sudah ditentukan ukurannya dengan mudah menggunakan gergaji ini. Gergaji tangan ini terbuat dari baja kualitas tinggi dengan variasi panjang mulai 200 mm hingga 300 mm. Jarak antara puncak gigi gergaji tangan ini mencapai 0,8 hingga 1,8 mm.
Selain gergaji tangan ada juga gergaji yang cara kerjanya menggunakan mesin yakni gergaji jigsaw dan gergaji circular. Gergaji jigsaw merupakan alat potong kayu yang memiliki mata pisau tipis dengan pergerakan naik turun pada matanya. pisau tipis dengan pergerakan naik turun pada matanya. Oleh sebab itu, gergaji cocok banget dipakai untuk memotong kayu tipis seperti triplek untuk bisa mendapatkan bentuk lingkaran, oval maupun bentuk yang paling sulit. Dengan kegunaannya tersebut tak heran jika Harga Jigsaw lebih mahal.

4. Mesin bor

Sumber : fixcomart.com

Mesin bor atau drilling machine ini merupakan peralatan yang bisa digunakan untuk melubangi kayu dengan diameter kecil hingga besar. Kamu akan membuat lubang mur, lubang kunci atau lubang nagel dengan mudah menggunakan mesin bor ini. Dalam pengerjaan kerajinan kayu ada beberapa jenis hingga ukuran mata bor yang sering dipakai, misalnya saja mata bor baja soft low carbon steel dan mata bor baja high speed. Mata bor baja soft low carbon ini biasa digunakan untuk melubangi kayu-kayu yang tidak terlalu keras, sedangkan mata bor baja high speed dipakai untuk melubangi kayu keras.

5.    Alat serut kayu


Sumber : ohayo.com

Wood planer atau yang biasa disebut dengan alat serut kayu ini merupakan sebuah mesin yang memiliki pahat pemotong bolak-balik. Jika kamu menggerakkannya secara menyilang, maka akan mendapatkan permukaan kayu yang rata dan halus. Penyerutan ini menjadi tahapan paling penting sebelum kayu masuk ke tahapan finishing.
Nah, itulah peralatan yang kamu perlukan untuk mendapatkan hasil kerajinan kayu menjadi lebih maksimal. Dengan begitu banyak peralatan yang lebih lengkap tentunya hasil kerajinan kayu buatanmu menjadi lebih bagus, kan?
Biasanya kelima alat ini juga dipakai saat bangun rumah atau renovasi rumah. Kalau ada yang cari rumah di sekitar Semarang Timur, Plamongan Indah Mranggen Demak ada nih rumahku di Permata Batursari.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup