Monday, January 18, 2021

5 Trik Jitu Memilih Jasa Colocation Server Terbaik dan Andal

 

Gambar milik Ionos

Di era super modern seperti sekarang, bisnis di bidang IT/teknologi informasi memang banyak digandrungi masyarakat. Saat kita menghendaki website bisnis yang dimiliki berkembang dengan pesat namun tetap hemat dalam hal pengeluaran untuk keperluan perawatan data center, maka penggunaan colocation server jelas menjadi opsi terbaik untuk ditempuh.

 

Kenapa Harus Colocation Data Server?

Pada dasarnya, colocation data center adalah suatu layanan dimana penggunanya bisa menyimpan servernya pada data center miliki penyedia layanan. Dengan memanfaatkan jasa tersebut, kita dapat menghemat biaya perawatan data center lantaran tak perlu membangun konstruksi ruangan khusus untuk digunakan sebagai data center.

Selain itu, kita juga tidak membutuhkan keberadaan seorang jenius IT dalam hal pengelolaannya. Mengingat segala hal yang berhubungan dengan perawatan dan maintenance akan dilakukan oleh pihak penyedia itu sendiri. Terkecuali jika pengguna memilih untuk menggunakan unmanaged colocation.

 

Trik Memilih Jasa Colocation Data Server Terbaik

  1. Lokasi

Hal utama yang perlu kita perhatikan ialah lokasi dari layanan tersebut. Mengingat seluruh data center memiliki pengatur kelembaban dan sistem pendingin, akan sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menaruhnya di lokasi sejuk.

Disamping itu, lokasi dari layanan tersebut sebaiknya terhindar dari resiko paparan kerusuhan, banjir, gempa bumi, atau musibah tak terduga lainnya. Itulah kenapa data center terasa kurang pas bila diletakkan di area yang terlalu padat penduduk seperti Ibukota Jakarta.

 

  1. Keamanan

Tingkat keamanan yang baik akan menjaga server dari kemungkinan pencurian data penting. Seperti yang kita pahami, data-data di dalam server seperti itu sangatlah penting dan bahkan rahasia, tentu akan sangat rawan jika digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, pastikan untuk hanya memilih jasa data center dengan gedung sendiri dan memiliki sistem keamanan layak. Jangan lupa juga untuk memastikan agar lokasinya terus terpantau oleh tim security setempat.

 

  1. Cepat dalam Implementasi

Periksa kembali apakah jasa penyimpanan server tadi menyediakan kecepatan implementasi yang baik atau tidak. Misalnya saja ketika kita membutuhkan ruangan dengan rak tambahan atau kebutuhan lainnya.

Inilah mengapa memilih layanan penyedia data center dengan layanan unggul dan jadwal yang jelas sangat penting dilakukan.

 

  1. Tingkat Konektivitas yang Bagus

Hal lain yang juga penting untuk dipertimbangkan saat memilih penyedia jasa colocation data server ialah kecepatan konektivitas yang dipunyainya. Tentu, koneksi yang terputus secara tiba-tiba akan berdampak buruk pada keseluruhan aspek bisnis yang kita miliki bukan?

Berlanjut dari hal tersebut, Anda dianjurkan untuk memilih satu atau beberapa provider yang mampu menghubungkan seluruh perangkat yang ada di dalam data center. Selain itu, pastikan agar jasa tersebut menawarkan staf IT berpengalaman sebagai salah satu layanan utamanya. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan layanan colocation sebagai media konsultasi yang baik.

 

  1. Kinerja yang Baik

Sebenarnya, hanya dengan melihat performa dari data center saja sudah cukup untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Dimana dalam hal ini, pihak provider jasa diharuskan untuk mempunyai sistem penanganan dan pencegahan yang layak dari potensi bencana seperti kebakaran, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Bukan tanpa alasan, upaya tersebut dilakukan untuk mendukung ketersediaan layanan hingga bisa diakses dengan mudah. Lebih lanjut, pastikan kembali apakah colocation data center tersebut sudah menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum.

 

Bagaimana? Masih bingung untuk memilih jasa colocation server terbaik yang bisa diandalkan? Coba saja nexdatacenter.com yang memiliki reputasi bintang 5 dengan staf IT handal untuk menyelesaikan setiap persoalan yang Anda hadapi. Yakin masih mau menunda untuk berlangganan?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup