Sunday, January 3, 2021

Cara Atasi Pilek Dan Sariawan Pada Balita


Musim Pancaroba gini kadang tiba-tiba hujan, kadang panas, bikin kita rentan kena flu dan pilek. Balitaku usia 1 tahun lebih 1 bulan sekarang, Alhamdulillah hanya pernah disinar ketika usia 1 minggu selama 24 jam dan usia 8 bulan lebih gejala diare atau gastritis selama 2 hari. Kalau atasi diare baca di artikelku Gejala Diare dan Cara Mengatasinya. Nah kemarin itu anakku kuajak ke rumah Kakek Neneknya di kota Garut. Cuaca Garut sangat dingin, balitaku kena pilek, dengan gejala :
  • tangan balitaku kucek-kucek terus hidungnya seperti gatal.
  • bersin-bersin
  • rada rewel mau digendong terus
  • makannya tidak lahap seperti biasanya
  • keluar ingus bening dari hidungnya atau meler

Walau begitu anakku tetep main seperti biasa dan ceriwis juga aktif, aku tanya dsa anakku yang di Sentra Medika Cibinong Bogor. Dokternya kasih tahu pakai tetes hidung breathy, kalau gak membaik baru kontrol.
 

Tetes hidung breathy ini aman digunakan karena isinya NaCl, berfungsi mencegah hidung kering akibat meler, jadi menghidrasi agar tetap lembab hidungnya, aku teteskan pada lubang hidung anakku kiri kanan masing-masing 2 tetes, abis ditetesin ini bersin lalu keluar ingusnya rada banyak, dan abis itu jadi berhenti melernya.
Selain itu kasih sup hangat, seperti corn sup chicken kfc atau bikin sendiri, anakku mau makan ini, kalau minuman hangat dia susu aja gak mau anget, kecuali teh manis itu pun dikasih sangat dikit sekali. Mandinya dengan air hangat dikasih 3 tetes minyak telon lang atau konicare yang ungu, biar uapnya bisa sekalian terhirup dan bikin badan nyaman. Pakaikan baju hangat, dan abis mandi dibalur minyak telon, kalau transpulmim anakku gak terlalu suka panas, kulitnya sensitif suka merah.


Nih kalau anakku cocok dari new born konicare minyak telon plus ungu ini, selain hangatnya pas wangi lavender pula buat dibalurin abis mandi, nah kalau telon langnya buat air hangat mandinya ketika pilek.


Dan sekarang sudah ada sabun mandi dengan minyak telon dari zwitsal, pakai ini saat cuaca dingin bikin badan bayi balita hangat. Kalau pakai ini gak bikin rambut bayi lepek ketika mandi kan bayi biasanya mandinya berendam, nah kalau pakai sabun varian milky bath dan two in one, terus minyak telonnya diteteskan ke bak mandinya suka bikin rambut bayi lepek kaya berminyak heuheu.



Waktu aku kerja di Apotek sebagai Apoteker biasanya balita flu itu dikasih NIPE, cuma itu untuk balita 2 tahun keatas, akhirnya aku cari-cari sambil ingat-ingat, tanya asisten apoteker di Garut ada nih Pim Tra Kol syrup bisa untuk balita usia 1 tahun dengan dosis 2.5ml sekali minum. Memang anakku itu Mami Papinya Apoteker, tapi kalau minum langsung obat atau vitamin dia gak mau. Jadi setiap minum vitamin atau obat kucampur air mineral dikasih didotnya, jangan susu formulanya ya karena susu itu menetralkan efek samping obat. Minum ini hanya 3x Alhamdulillah mendingan. Kandungannya pun ada parasetamol, bisa menghilangkan nyeri badan atau demam akibat flu atau pilek, guanefisin dan efedrin  melancarkan hidung tersumbat dan mengurangi nyeri tenggorokan akibat flu. Alhamdulillah bayiku gak demam, rada rewel karena badannya gak enak aja. Ada ctm-nya bisa bikin ngantuk jadi anak bisa istirahat. Kalau sudah minum ini jangan kasih sanmol ya karena sudah ada parasetamolnya.


Sanmol juga bisa dikasihkan jika tidak ada obat flu 0.8ml atau sesuai BB anaknya. Fungsinya menghilangkan nyeri pada badan akibat flu. Cuma tidak bisa menghilangkan meler dan hidung tersumbatnya.



Biar tetep ada nafsu makan dan mempercepat proses penyembuhan flunya , dan meningkatkam daya tahan tubuhnya kasih vitamin juga, bayiku vitaminnya Zamel rekomendasi dsa-nya. Biasanya dikasih juga zat besi/ferro k dan zinc/orezinc, untuk daya tahan tubuhnya. Sama halnya ketika anakku diare padahal udah vaksin rotavirus 2x, aku pun berfikir udah vaksin influenza 2x tapi kok kena pilek tetep, tapi kata dokternya kalau udah vaksin bakalan ringan dan gak sering kena karena tubuhnya sudah punya antibodi.

 
Alhamdulillah baik waktu diare di usia 8 bulan hanya 2 hari, pilek pun balitaku hanya 2 hari. Nah abis itu tiba-tiba gak mau makan seharian, eh kulihat ada sariwan di bibir atasnya 2 sampai merah dan rada bengkak bibirnya, minum susu di dot pun rada gak mau, mungkin sakit. Aku whatssapp lagi dsa-nya anakku, dokter menyarankan kasih candistatin drops, ini kategori antibiotik dan biasanya harus habis, aku termasuk yang hati-hati kasih obat yang diminum. Dan kasian anakku udah minum vitamin, dan sempet sanmol 1x dan pim tra kol 3x, jadi gak kukasih candistatin drops, aku ingat-ingat lagi, pas kerja di apotek kenalog salep oral base ampuh atasi sariawan pada balita dan anak, bisa buat dewasa juga, aman jika tertelan. Aku akhirnya bilang suamiku, lalu beli kenalog, dioleskan ke bibir yang ada sariawan  2x sehari, Alhamdulillah dalam 3 hari udah sembuh. Ketika sariawan selain kasih kenalog dioles pada lukanya, makan puding dingin juga meringankan  nyerinya, kalau anaknya mau kompres es batu bisa juga, tapi anakku gak mau. Kasih jeruk peras dan yogurht juga, biar BAB-nya tetep lancar gak sembelit, karena kalau sariawan suka sembelit atau rada keras pupnya. Madu juga dioles kalau madu asli cepet nyembuhin, cuma nyatanya di pasaran madunya banyak gula jadi ketika dioleskan ke sariawan malah perih dan gak membaik lesi luka sariawannya.

Nah walau kita sudah mengusahakan kasih makan dan minuman yang sehat tetep aja kalau udah sakit mah ya, cuma ringan  Alhamdulillah. Nah satu lagi nih aku pun pakai esensial oil bonnels, buat imune booster dan atasi pilek pada balitaku.
Semoga jadi referensi buat ibu-ibu yang sama punya balita dan mengalami pilek juga sariwan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup