Tuesday, November 8, 2022

CERITA ADE NIA RAMADHANI DARI KELUARGA BROKEN HOME


Hidup dengan orang tua yang sudah berpisah (bercerai) atau istilahnya  broken home tidak mudah. Mungkin jika bisa memilih sebagai anak ingin ortu kita komplit, gak cekcok mulu, dalam mendampingi kita sejak bayi, batita, balita, remaja dan dewasa mereka selalu harmonis. Menghadapi kenyataan bahwa keluarga tidak lagi utuh merupakan hal yang tidak mudah untuk anak, termasuk publik figur Nia Ramadhani. Anak akan terluka secara batin, makanya Nia bangun bonding kuat dengan suaminya Ardie Bakrie dan  tiga anaknya,  Mikhayla Zalindra Bakrie, Mainaka Zanatti Bakrie, dan Magika Zaliadrie Bakrie.

Apalagi jika tidak mendapat bantuan untuk menghadapi kenyataan bahwa ibu bapak berpisah, anak tersebut bisa menyimpan traumanya hingga dewasa. Terkadang menurut teori walau dulu kita dibentak, dimarahi, dipukul bahkan oleh ortu kita, akan mengendap di batin jadi luka. Jika sekarang kita dewasa dikit-dikit marah meledak karena hal sepele itulah inner child kita keluar. Tanpa kita sadari ketika ortu makin menua dan kita dewasa seperti ada dendam pribadi dengan ortu kita. Tapi di era kita generasi Milenials menghadapi anak-anak kita Alpha kita harus seperti sahabat, curhat seperti bestie. Beda dengan ortu kita generasi Baby boomers, ortu egonya tinggi ingin dinomorsatukan dihargai tapi tak memposisikan sebagai anak. Anak itu juga manusia harus dihargai, ortu ada kalanya salah, kalau generasi Milenials dan gen Z ke generasi Alpha ortu gak malu minta maaf ke anak. Tapi generasi Baby boomers selalu merasa bahwa dia ortu kuasa atas anak, berhak penuh atas anak dan kurang empati ke anak plus selalu merasa benar, tak pernah minta maaf ke anak dan anak tak diberi kesempatan berpendapat. Nah inilah banyak luka batin anak jadi trauma, trauma anak juga memiliki berbagai macam jenis. Ada yang dapat terselesaikan, ada juga yang tidak dapat terselesaikan. Semua hal itu ditentukan oleh kemampuan dan pemahaman sang anak. Sehingga, setiap anak memiliki caranya tersendiri untuk bangkit dan menerima kenyataan.

Trauma masa kecil inilah yang dialami Ade, tokoh utama dalam novel “Cerita Ade” karya Nia Ramadhani dan Pidi Baiq. Karena sering menyaksikan kedua orangtuanya bertengkar dan merasa diabaikan, Ade memiliki emosi yang tumpul dan mengalami kekosongan atau krisis eksistensialis. Yup betul anak itu harus diisi tangki hatinya penuh cinta dan kasih sayang, bukan semata kita besarin anak hanya kasih susu, beliin pempers, disekolahin, dinikahkan beres. Apakah cinta kita sebagai ortu penuhin gelas anak dengan cinta kasih. Ada ortu yang keukeuh menyalahkan anak ketika salah, seolah dia tak ikut berperan. Padahal luka batin trauma masa kecil membentuk karakter anak. Belajar ilmu parenting pun mungkin harus menyelesaikan luka batin, berdamai dengan diri sendiri dulu agar anak-anak kita juga bahagia, cerdas secara emosional gak secara otak  dan fisik saja. Jangan selalu menyudutkan atau membandingkan anak, tapi kita rangkul anak termasuk jiwa batinnya.



Nia Ramadhani masuk ke keluarga Ardie Bakrie yang utuh, formasi lengkap, ini melengkapi hidup Nia. Memang betul, ortu juga manusia bisa pilih bertahan dalam rumah tangga dan interospeksi saling perbaiki diri. Juga memilih berpisah demi ego diri, tapi tetep anak jadi korban utamanya. 

Dalam hidup ini memang gak ada yang sempurna, baik jodoh, rezeki dan maut sudah Tuhan takdirkan sejak kita berusia  empat bulan dalam kandungan ibu kita. Kita tak memilih dari rahim siapa kita dilahirkan, tapi yang jelas hadirnya kita di dunia ini adalah ada satu hal yang benar-benar bikin bahagia hidup di dunia ini. Dan satu hal lagi selain berdamai dengan luka atau diri sendiri, kita harus mencintai diri kita sendiri, ada me time buat diri sendiri, jika kita sebagai ibu bahagia, pasti seiisi rumah suami dan anak pun bahagia. Istri harus dipenuhi tangki cintanya oleh suaminya, baru nanti bisa isi tangki cinta anak- anaknya sebagai seorang ibu.

Salut ke Nia walau dari keluarga broken home, bisa menata hidupnya dengan menjadi publik figur dengan penghasilan lumayan. Dan ketemu dengan suami dan mertua yang baik, walau sempat salah kembali bangkit ke jalur yang benar. 

9 comments:

  1. Ya Allah, ternyata orang tua Nia bercerai saat dia kecil. Salut yaa gimana dia jadi artis cilik dengan kondisi keluarga yang tidak lengkap

    ReplyDelete
  2. Baru tau nih latar belakang seorang artis papan atas yg juga istri konglomerat kalau jalan hidupnya tak semulus yang kita pikirkan

    ReplyDelete
  3. Keren Nia udah bisa kembali sehat dan kumpul bareng keluarga. Ga gampang ya buat tetap sehat fisik dan mental. Tapi dapet support system dari keluarga dan teman yang baik pasti akan membantu proses pemulihan.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu nih kalau Nia Ramadhani berasal dari keluarga broken home soalnya sosoknya terlihat ceria dan keluarganya juga bahagia apalagi dunia keartisannya jga berjalan sukses gk nyangka ya dibalik senyum seseorang menyimpan luka

    ReplyDelete
  5. Memang yang paling menderita dari perceraian biasanya adalah anak2 ya. Nia terlihat baik2 di luar padahal ada kekosongan dalam hatinya. Semoga keluarga kecilnya bisa langgeng dan awer gak drama2 lagi aamiin.

    ReplyDelete
  6. Subhanallahu..
    Nia termasuk strong woman yaa.. Karena ujian yang menerpanya sejak kecil. Dan semoga dalam Bukunya yang berjudul Cerita Ade kelak akan banyak menggugah hati pembaca untuk bisa bangkit dari kesedihan dan keterpurukan bersama keluarga yang harmonis.

    ReplyDelete
  7. Jadi masih ada innerchild yang belum selesai ya.. semoga nanti Nia bisa berdamai dgn luka masa lalunya. Krn dia sosok ibu yg baik. Aku suka gaya parenting nya nia

    ReplyDelete
  8. Tentunya gak melulu harus terlihat ceria ya, karena kan tiap orang pasti ada masalah dan kesulitannya masing². Syukurlah Nia bisa kembali bangkit untuk masa depan yang lebih baik

    ReplyDelete
  9. Banyak kisah tentang kehidupan manusia, termasuk kehidupan Nia. Kita akan melihat hidupnya sebagai impian nan sempurna namun yang menjalani punya ideal sendiri.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup