Sunday, September 16, 2018

PROSES BAYI TABUNG PILIHAN TERAPI MASALAH KESUBURAN

Jakarta, 15 September 2018 di Shophaus Jl.Teuku Cik Ditiro No.36 Menteng Jakarta Pusat, temu komunitas Cosmopolitan Soiree. Tema yang diangkat adalah Proses Bayi Tabung sebagai pilihan terapi masalah kesuburan.

Aku yang masih berjuang mendapatkan buah hati.

Masalah Infertilitas/ketidaksuburan yang digunakan WHO adalah sebuah permasalahan sistem reproduksi yang digambarkan dengan kegagalan untuk memperoleh kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual minimal 2-3 kali seminggu secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Usia pasutri/pasangan suami istri dan usia pernikahan juga berpengaruh terhadap kesuburan. Aku dan suamiku menikah di usia 27 tahun dan 28 tahun. Usia pernikahan kami sekarang sudah mau 10 tahun dan kini aku di usia 37 tahun dan suamiku 38 tahun. Sudah mencoba inseminasi di tahun 2016 tapi belum berhasil, sudah SIS di 2011, HSG di 2013 lalu hidrotubasi dua kali. Suami sudah analisa sperma sebanyak  4x. Dari disuspect pcos sampai sperma kurang gesit dan uneksplained infertility. Karena menurut teori tingkat kesuburan menurun dan akan semakin menurun secara drastis di usia 35 tahun dan dimulai diusia 30 tahun untuk perempuan, dan sperma pria menurun pada usia 40-45 tahun.

 Bersama teman blogger KEB/Kumpulan Emak-Emak Blogger,  dari kiri ke kanan mak Wita,  mak Icoel, mak Memes, mak Honey dan aku. 

PCOS adalah masalah ovulasi, tidak ada sel telur yang dibuahi karena tidak terjadi ovulasi, sindrom ovarium polikistik, sel telur banyak tapi kecil-kecil, tidak siap matang untuk dibuahi. Selain pcos juga penyebab ketidaksuburan pada wanita karena saluran tuba fallopi yang diblokir karena penyakit radang panggul, endometriosis, fibroid uterus yang merupakan jaringan-jaringan dan otot non kanker pada dinding rahim, juga karena masalah fisik dengan rahim dan pembedahan untuk kehamilan ektopik.

Masalah kesuburan pada pria karena varicocele, yaitu ketika pembuluh darah di testis pria terlalu besar. Hal ini memanaskan testis yang dapat mempengaruhi jumlah atau bentuk sperma. Olahraga yang salah dan stress, merokok, dan pergerakan sperma yang mungkin disebabkan oleh bentuk sperma.

Pembawa acara temu komunitas Cosmopolitan Soiree. 

Program bayi tabung atau In-vitro fertilization/IVF merupakan salah satu terapi kesuburan yang telah teruji keberhasilan dan keamanannya sejak 40 tahun yang lalu, ditandai dengan kelahiran bayi tabung pertama di tahun 1978. Sejak itu ada 2,5 juta bayi di dunia telah berhasil dilahirkan dengan bantuan teknologi bayi tabung oleh Merck. Semakin dini proses bayi tabung dilakukan, maka probabilitas memiliki keturunan akan semakin besar. PT.Merck Tbk sebagai salah satu pasar global di bidang perawatan kesuburan terus berinovasi dalam mengatasi masalah kesuburan, serta membuat perawatan kesuburan menjadi lebih mudah, aman dan nyaman.
Bersama Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia/PERFITRI PT. Merck Tbk berinisiatif  melakukan temu komunitas untuk mensosialisasikan program bayi tabung. Yang pernah IUI/Inseminasi dan IVF/bayi tabung pasti mengenal injeksi Gonal F. Gonal F ini yang  membantu terapi di program bayi tabung untuk pematangan sel telur dan hormon. Suamiku bekerja di  Merck tapi Chemical Life Sciencenya bagian bahan kimia, reagen, alat di industri Farmasi dan bahan baku obatnya. Kalau Gonal F diproduksi di Merck Serono, masih Merck Tbk grup.

Tujuan acara temu komunitas Cosmopolitan Soiree ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih memahami program bayi tabung, memberikan kesempatan untuk memiliki anak bagi pasutri yang menginginkan buah hati. Juga mengedukasi masyarakat tentang proses terapi kesuburan dalam program bayi tabung.
Kenapa penting terapi kesuburan, karena berdampak ke emosi, aku dan suami juga merasakan kadang depresi jika program hamil kami gagal, marah gak jelas saking bingung harus melakukan apa lagi. Karena program kehamilan butuh waktu, hati dan mental yang kuat juga biaya yang tidak sedikit. Merasa bersalah jika gagal lagi, belum positif hamil uang jutaan rupiah kok  seperti terbuang begitu saja, tapi di dunia ini tidak ada yang sia-sia, semua usaha dan doa kita menjadi pahala untuk kita, dan Allah pasti menguji kita sesuai kemampuan kita. Merasa tidak mampu dan sedih ketika ada yang nyinyir kok gak hamil-hamil, padahal mereka tidak tahu kita terus berusaha dan berdoa. 
Fakta tentang kesuburan, masalah kesuburan bukan hanya wanita tapi pria juga, contohnya kita, aku ada sedikit pcos dan infeksi hidrosalfing ringan, suamiku spermanya gerak kurang aktif dan kurang gesit tapi jumlah cukup, ditambah usia kami sudah di atas 35 tahun.

dr. Aida Riyanti, SpOG.

Menurut dr.Aida Riyanti SpOG, MSc Rep. PERFITRI berdiri tanggal 13 maret 2009, dimana fertilisasi melibatkan dokter spesialis obgin, dokter spesialis urologi, dokter spesialis andrologi, ahli embriologi/embriologis manusia, perawat khusus dan konselor.
Penyebab gangguan kesuburan bisa karena sumbatan saluran telur, gangguan sperma, gangguan pematangan telur dan unexplained infertility. 
Gaya hidup yang salah juga menyebabkan ketidaksuburan, seperti minum minuman beralkohol, merokok, olahraga berat dan stress. Konsumsi obat yang bisa menurunkan kualitas sperma yaitu obat asam urat seperti Alopurinol  dan Kolkisin.  Pekerjaan yang berat misal paramedis, berhubungan dengan temperatur tinggi misal tukang las, supir angkot. X-ray pada pekerja radiologi, getaran penggali misal pekerja mesin, pestisida dibromoklopropan misal petani, cadmium dan magnesium misal pekerja pabrik baterai. Pengaruh kemoterapi pada penderita kanker. Dari aseton, eter glikol misal pekerja laboratorium, kita berdua Apoteker suka suka mikir apa karena ini, karena dulu kuliah sering berhubungan dengan zat kimia ini dan sekarang kerjaan suami juga berhubungan dengan bahan kimia. Gas anastesi misal dokter dan penata anastesi, juga bisa karena kista coklat dan PCOS. Tapi tidak semua dengan profesi pekerjaan itu semua susah punya anak, ada juga yang mudah, menurutku terlepas dengan ini semua, ada takdir Allah yang Maha Kuasa.

Untuk meningkatkan kualitas sperma bisa dengan suplemen, minyak ikan, vitamin C, ubiquinon 10, selenium, glutation, asam folat, zinc dan vitamin B12. Jadi ketika pasutri susah hamil harus tahu kapan harus periksa kesuburan, kemana harus periksa dan apa penanganan yang harus dilakukan. 

dr.Aviela Beeleonie,  SpOG. 

Menurut dr.Aviela Beeleonie, SpOG, KFer. bayi tabung/IVF adalah salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan pada pasangan infertilitas/gangguan kesuburan, dengan cara mempertemukan sperma dan sel telur di luar manusia. Kemudian setelah terjadi pembuahan, sejumlah 2-3 embrio akan ditanam kembali ke rahim calon ibu. IUI/inseminasi adalah suatu teknologi untuk mendapatkan kehamilan dengan cara menyemprotkan sperma yang  sudah diseleksi ke dalam rahim calon ibu, sehingga pada inseminasi proses pertemuan antara  sperma dan sel telur tetap terjadi di dalam tubuh manusia. 

Total waktu proses bayi tabung adalah 6 minggu, tahap 1 ketika hari kedua haid konsul ke dokter kandungan USG dan cek hormon, tahap 2 hari ke-21 haid penyuntikan obat penekan hormon (10-14 hari), tahap 3 hari ke-2 haid penyuntikan obat untuk membesarkan sel telur 10-12hari, tahap 4-6 pengambilan sel telur (pembuahan dan pengembangan embrio), tahap 7 transfer embrio , tahap 8 menunggu hasil 14 hari.
Simpan beku embrio bila didapat lebih dari 3 embrio yang berkualitas baik, maka embrio yang tidak ditanam akan disimpan pada suhu -196 derajat celcius.
Keberhasilan program bayi tabung sangat dipengaruhi oleh : usia calon ibu, cadangan sel telur dan faktor penyebab infertilitas.
komplikasi program bayi tabung : hiperstimulasi ovarium/OHSS, kehamilan ganda, infeksi atau perdarahan saat pengambilan sel telur.

Perawatan IVF direkomendasikan untuk : pasien dengan percobaan inseminasi yang gagal, faktor wanita, seperti lesi atau tidak adanya tuba fallopi, endometriosis atau masalah ovulasi jika tidak ada kehamilan yang dicapai setelah stimulasi hormonal, faktor laki-laki infertilitas, dimana jumlah sperma, motilitas/kecepatan atau morfologi bentuk tidak memungkinkan konsepsi normal, infertilitas yang tidak dapat dijelaskan, kegagalan untuk hamil setelah beberapa tahun mencoba tanpa penyebab ilmiah untuk infertilitas.

Tim Merck Biopharma, dari Cosmopolitan FM dan para dokter SpOG. 

Klinik Fertilitas di Indonesia ada 32 klinik, tersebar di 13 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Magelang, Surakarta, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Padang, Makassar dan Pontianak.
Di Semarang aku dan suamiku sudah nyoba program kehamilan di Hermina Pandanaran, RSIA Gunung Sawo dan SMSC Telogorejo.
Di Jakarta kami ingin mencoba di Hermina Kemayoran atau Morula IVF, baru nanya di Morula biayanya untuk IVF dengan obat-obatan dari Merck itu sekitar 60- 90 juta rupiah, sudah termasuk dari cek Lab, pemeriksaan pasutri, konsul dokter dan tindakan IVF-nya.
Di Indonesia program bayi tabung harus dari sel telur istri dan sperma suami sahnya, karena biar jelas nasab keturunannya dan sah dimata hukum dan agama. Kalau bagiku dan suamiku, yang telah berupaya dan moncoba berbagai cara, program bayi tabung ini tak ada salahnya dicoba jika memang ini jalan terkahir bagi kami untuk mendapatkan keturunan/anak kandung, tetapi yang masih kami pertimbangkan adalah masalah biayanya dan kesiapan mental juga efeknya. Tetapi dengan mengikuti talkshow tentang program IVF, gathering temu komunitas program bayi tabung ini, makin membuka wawasan dan menambah ilmu agar kami makin siap lahir batin dan dimudahkan dari segi finansialnya, Aamiin.
Yuk para pejuang buah hati jangan patah semangat, Allah pasti memberi ujian dan solusinya, sebagai manusia yang berakal kita patut berikhtiar dan berdoa juga optimis dan semangat. Tak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Informasi lebih lengkap dan jelas bisa kunjungi website www.maupunyaanak.com.

6 comments:

  1. Bayi tabung solusi bagi yang sedang merindukan anak. Banyak faktor yang menyebabkan gagal mempunyai anak alami , salah satu nya adalah pekerjaan , kerja berat ,kimia dll

    ReplyDelete
  2. Ada yang mudah punya anak ada juga yang susah ya. Makanya bayi tabung adalah salah satu ikhtiar utk mendapatkan momongan yang sering dilakukan orang. Kalo inget bayi tabung aku koq jd inget proses kehamilan Inul ya, sukses kan program bayi tabungnya. Semangat selalu dan jangan mudah menyerah aja

    ReplyDelete
  3. Semoga segera hamil dan punya anak ya mbak vit, aamiin. Aku suka ngikuti IGnya artis tya, proses bayi tabung benar2 panjang dan konsisten, salut pokoknya.

    ReplyDelete
  4. Sama mba. Saya umur 37. Suami 44. Sudah 7 tahun nikah blm dikaruniai momongan. Kadang kepikir: ni kalo keburu tua ntar gmn ngurus anaknya? Tapi kan Allah lebih tau ya apa yg terbaik untuk kita. Jadi ya pasrah aja. Ikhtiar semampunya.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi inget ceritanya Hanum Rais sampai berkali2 bayi tabung dan inseminasi yaa. Semangat juga buat mba Vita yaa..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup