Thursday, January 31, 2019

Sarapan Sehat, Lezat dan Praktis dengan NESTUM

Dokpri. 

Tanggal 29 Januari 2019 lalu, bertempat di Ritz Carlton SCBD Pasific Palace, aku menghadiri acara NESTUM 101 Healthy Bowls. NESTUM adalah produk dari Nestle, dengan bahan utama multigrain alami dan rendah gula. Multigrain alami terdiri dari gandum utuh, beras dan jagung, yang diperkaya dengan vitamin dan mineral untuk memenuhi  kebutuhan mikronutrien. NESTUM ini lebih banyak serealnya, lebih bernutrisi, rendah gula dan lebih kenyang, lebih kaya serat, mineral dan vitamin.

Tagline NESTUM adalah 'Sarapan itu dimakan bukan diminum'. Dan ada 5 varian rasa dari NESTUM yaitu manis, original, susu, susu+pisang, susu+coklat.
Ada yang kemasan besar dan sachet, cara penyajiannya gampang yaitu dengan 135 ml atau 1/2 gelas susu hangat/ 50•C ke dalam mangkuk lalu tambahkan 30 g/ 5 sendok makan sereal Nestle Nestum Grain Smarta,  aduk rata dan siap disantap, cara ini untuk varian manis dan original. Cara kedua tuangkan 100 ml air matang hangat 50•C ke dalam mangkuk,  tambahkan 1 sachet sereal NESTUM Grain Smarta,  aduk rata lalu bisa dimakan, cara penyajian ini untuk varian NESTUM susu,  susu+pisang dan susu+coklat.

Dokpri. 

Kemarin juga ada cooking class with Chef Steby,  masak NESTUM Kari Ayam dan Lapis NESTUM. NESTUM ini bisa dikreasikan cita rasa manis atau gurih. Ada tips juga mengenai fotografi makanan yang disajikan agar menarik.  Ooh iya ada lomba terbuka untuk umum kreasi makanan dengan NESTUM ini berhadiah Trip ke Yogyakarta. Cek Instagram @nestumindonesia dan facebook Nestum Indonesia ya. 

Dokpri. 

Kemarin juga ada lomba kreasi 101 NESTUM Healthy Bowl,  jurinya chef Steby dan Tintin Rayner. Ini hasil kreasiku bareng mbak Mely,  ada jus buah NESTUM, terdiri dari manggis, semangka dan mangga, dan NESTUM juga jus tomat. Ada sereal NESTUM original ditambah air hangat ditambah semangka, mangga dan lemon juga alpukat. Satu lagi adalah bubur NESTUM dengan suwiran dan kaldu ayam yang asin gurih. Kita sih gak menang, cuma pas dimakan lumayan enaklah heuheu. 

Dokpri. 

Menurut Ahli Gizi Dr. Rita Ramayunus, DCN, M.Kes. (kanan di foto diatas),  dengan kesibukan sehari-hari kita hanya sempat meneguk minuman atau bahkan melewatkan sarapan, padahal mengonsumsi makanan saat sarapan memiliki banyak manfaat. Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih baik, baik dari sisi fisiologis maupun psikologi, dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja. Proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tetapi juga organ-organ lain termasuk jantung yang bertugas memompa darah. Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian kerja otak dan otot akan lebih baik. Makan tidak hanya mengurangi rasa lapar, tapi meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan fokus. 
Proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon Grealin yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan, dan meningkatkan hormon Cholecytokinin yang mampu menurunkan nafsu makan. Jika sarapan dengan makanan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin dan mineral, perut kita akan merasa kenyang lebih lama. 

Dokpri. 

Menurut Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia ibu Windy Cahyaning Wulan (di foto paling kanan),  orang Indonesia faktanya 51% menyadari sarapan adalah waktu terpenting dalam sehari untuk seharian beraktifitas. Tetapi sayang 76% orang yang mengonsumsi sarapan di pagi hari, belum memilih menu yang sesuai dengan golden standard breakfast, yaitu sarapan itu harus terdiri dari makanan dan minuman, bukan salah satunya saja. Nestle Nestum sejak tahun lalu sudah ada, bubur sereal sarapan dengan Grainsmarta yaitu kombinasi unik multigrain terdiri dari gandum utuh, beras, jagung, serat pangan, vitamin dan mineral. Dan tahun 2019 ini terinspirasi dari keragaman cita rasa kuliner Indonesia, gerakan Nestum 101 Healthy Bowls ini untuk mengajak semua keluarga Indonesia untuk membuat menu sarapan bergizi seimbang, praktis dan lezat, dengan mengkreasikan bubur Nestle NESTUM dengan aneka topping khas Nusantara seperti mangga, nangka, jeruk hingga tempe orek dan ayam suwir. 


Dokpri. 

Menurut Eka Herdiana Corporate Nutrionist Nestle Indonesia (paling kiri di foto), gizi yang terkandung dalam satu mangkuk Nestle NESTUM setara dengan protein dari satu gelas yoghurt, kalsium dari satu gelas susu,  dan serat makanan dari satu lembar roti gandum. 

Dokpri. 

Chef Steby Rafael (difoto di tengah),  juga memberikan 5 menu kreasi sarapan Nestle NESTUM yang lezat, sehat dan praktis untuk dibuat,  yaitu Nestle NESTUM Bubur Ayam Kari, Nestle NESTUM Uduk, Nestle NESTUM Ayam Jamur, Nestle NESTUM Lapis/ Parfaits,  dan Nestle NESTUM Penekuk.

Dokpri. 

Aku pun mencoba sarapan dengan NESTUM 2 hari ini, kemarin NESTUM original ditambah yoghurt blackcurrant, lalu nyobain NESTUM susu pisang ditambah susu plain, hmm yummy loh, nyaman di lambung dan benar kenyang lebih lama. Kamu mau nyoba sarapan sehat dengan NESTUM, yuk kreasikan dengan cita rasa Nusantara khas daerahmu,  siapa tahu menang ikutan lombanya NESTUM 101 Healthy Bowl. 












2 comments:

  1. Wahhh ternyata manfaat dari Nestum ini banyak sekali ya, selain sehat dan praktis terkandung manfaat yang begitu dalam...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup