Thursday, February 28, 2019

Faktor Penentu yang Mempengaruhi Harga Sewa Bus Pariwisata

Bus pariwisata adalah kendaraan yang banyak diincar ketika musim liburan akan datang. Bahkan sebelum liburan tiba, berbagai kalangan pasti sudah memesan dari jauh-jauh hari agar mendapatkan bus yang diinginkan. Banyak kemudahan yang didapat kalau memakai bus pariwisata. Rombongan bisa berangkat dan pulang bersama-sama tanpa berpencar ke sana sini. Panitia juga lebih gampang mengatur rombongan ketika di dalam bus, sehingga tidak usah repot lagi untuk berkomunikasi. 


Tapi, kadang-kadang ada yang menjadi pertimbangan saat memilih bus pariwisata, salah satunya adalah harga. Harga sewa bus pariwisata tidak selalu sama, kadang ada yang murah ada juga yang mahal. Pertimbangan inilah yang membuat beberapa kalangan sungkan menggunakan bus, kecuali kalau memang membawa banyak rombongan. Ada faktor-faktor penentu yang membuat harga berubah-ubah, seperti di bawah ini :

1. Tanggal keberangkatan 
Tanggal keberangkatan menjadi faktor yang paling mempengaruhi harga sewa bus pariwisata apakah biayanya murah atau mahal. Sudah sewajarnya kamu mendapatkan harga tinggi ketika kamu menggunakannya saat akhir minggu atau hari libur nasional. Berbeda kalau kamu memakainya ketika hari biasa, mulai dari Senin sampai Kamis. Kebanyakan agen sewa bus memasukkan hari Jumat sebagai akhir minggu. Jadi, kamu yang mau menggunakan bus pariwisata harus bisa memastikan dulu kapan tanggal keberangkatannya. Permintaan bus pada akhir minggu memang lebih banyak daripada hari biasa, sehingga agen penyewaan pasti akan mengambil banyak keuntungan dari peluang itu. Saat tahun baru, musim liburan sekolah, atau hari-hari besar lainnya pasti permintaannya juga akan semakin banyak. Itulah yang membuat agen bus pariwisata tidak mau membuang kesempatan tersebut untuk menaikan harganya.  

2. Jarak tempat tujuan 
Jarak juga menjadi hal yang bisa mempengaruhi harga sewa bus pariwisata. Bisa dikatakan kalau semakin jauh tempat tujuannya, maka akan semakin mahal biaya yang kamu bayar nanti. Faktor ini memang sudah sangat wajar. Kalau tidak memakai cara ini, tentu agen penyewaan bus pariwisata akan merugi. Harga jarak biasanya sudah termasuk bensin. Penggunaan bensin pasti sangat penting agar bus bisa berjalan, apalagi setiap jarak tempuhnya memakai bensin yang tidak sedikit. Setiap bus pariwisata tentu memakai bensin dengan jumlah yang berbeda-beda, karena itu harganya bisa ada yang mahal kalau jarak tempat tujuan yang kamu mau jauh, terutama ke luar kota.

3. Jenis bus pariwisata 
Setiap agen penyewaan bus pariwisata pasti punya beberapa jenis bus yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Jenis-jenis itu tergantung dari jumlah rombongan yang mau kamu bawa, karena kapasitas kursinya yang berbeda-beda. Mulai dari kapasitas bangku 20-an sampai 59 bangku. Setiap kapasitasnya punya harga sewa bus pariwisata yang tidak sama. Maka dari itu, pastikan dulu jumlah peserta yang ikut, baru memesan busnya. Kalau kamu memesan busnya dulu, belum tentu jumlah pesertanya sesuai dengan kapasitas bangku yang kamu pesan. Kalau masih menyisakan banyak bangku, tentu kamu sia-sia mengeluarkan biaya penyewaannya. 

4. Fasilitasnya 
Tidak semua tipe bus pariwisata punya fasilitas yang sama. Fasilitas-fasilitas yang bisa mempengaruhi harga sewa bus pariwisata, antara lain wifi, toilet, ruang bebas rokok, karaoke, TV, serta bantal dan selimut. Semakin lengkap fasilitasnya, maka akan semakin mahal harga yang perlu kamu bayar. Kalau menggunakan AC, TV, dan karaoke, harga sewanya masih standar. Tapi kalau sudah dilengkapi dengan yang lain, tentu harganya menjadi semakin tinggi. Agar kamu tidak salah menghitung biaya pengeluaran sewanya, sebaiknya kamu pastikan dulu tujuanmu ke mana, tanggal berapa berangkat, dan jumlah peserta yang ikut. 

Untuk tempat pemesanannya, kamu bisa memakai jasa trac.astra.co.id. Banyak pilihan jenis bus yang bisa kamu pilih sesuai yang kamu butuhkan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup