Thursday, November 7, 2019

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Persalinan dan Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan


Para mamah atau mami atau umi atau amma juga ibu,  yang baru punya anak pertama pasti menyiapkan segala sesuatunya untuk dedek bayi lahir ke dunia ini.  Segala sesuatu perlengkapan bayi biasanya dibeli saat kehamilan masuk usia 7 bulan. Aku pun begitu soalnya katanya pamali kalau belum 7 bulan,  dan tentunya biasanya udah 7 bulan bahkan dari 5 bulan kehamilan jenis kelamin bayi ketahuan perempuan atau lelaki. 
Aku pun saat usia kehamilan 7 dan 8 bulan setengah mulai nyicil beli-beli perlengkapan bayi di baby shop, yang pertama bersama suamiku, yang kedua bersama ortuku. Baju-baju bayi yang lucu dan bahannya halus jangan sampai bikin kita kalap. Soalnya bayi cepat tumbuhnya, jadi beli baju new born/NB secukupnya saja. 

Dari RS tempat kita akan bersalin pasti diberi catatan yang harus dibawa dan dipersiapkan. Ini dia perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan :

Ada untuk admistrasi yaitu :
  • Buku medik ibu, catatan selama kontrol kehamilan bulan 1 sampai 9 dan usg dedek bayi plus catatan BB atau bila ada keluhan saat kehamilan dan alergi obat. 
  • Lembaran peraturan pelayanan rawat inap/registrasi.
  • Foto kopi KTP suami istri 1 lembar
  • Hasil pemeriksaan Lab,  EKG,  USG,  biasanya sudah ada di buku rekam medis kita di RS tempat kita kontrol dan temapt bersalin. 
  • Surat jaminan (jika pakai asuransi dan kita memilih kamar perawatan dan tindakan melebihi asuransi).
  • Kartu asuransi atau kartu BPJS jika tidak bayar dengan uang pribadi.
  • Atm dan uang tunai jika harus ada yang dibeli dan dibayar di luar asuransi. 

Perlengkapan Ibu untuk 3 atau 4 hari :

  • Blus dengan kancing depan 4 buah
  • Kain panjang/jarik atau sarung wanita 2 buah
  • Gurita atau korset 2-3 buah
  • Pakaian dalam
  • Handuk dan alat kecantikan
  • Pembalut dan perlengkapan mandi disediakan RS, tapi bawa saja buat persiapan.
Perlengkapan bayi :
Perlengkapan bayi biasanya disediakan RS pada saat akan pulang 2 set, 1 set untuk cadangan. 
Tetapi alangkah baiknya kita siapkan juga :
  • Baju bayi 6 stel NB, aku bawa 9
  • Popok kain bayi 6, aku bawa 9 karena di RS 4 hari dan karena lahiran SC.
  • Diapers NB
  • Sarung tangan dan sarung kaki 2 set
  • Bedongan 6
  • Selimut dan handuk bayi



Di rumah juga kita siapkan lagi popok kain kalau aku beli 20 lebih, jadi ke RS bawa 9 di rumah ada 11-an lagi,  baju bayi juga di rumah ada 5 stel NB,  tisu basah, kapas bulet,  tisu kering,  diapers bayi dan ibu (ini kubawa juga ke RS. Karena aku SC buat nifas kemarin nyari pembalut nifas gak nemu, aku beli popok dewasa, takutnya jika darahnya banyak dan aku masih kerasa nyeri biar di popok dulu hehe. 
Bak mandi bayi plastik dan baskom plastik, jika bayi ngompol dan pup di kamar buat ganti popok wadah air hangat. Wadah bedak bayi. Ooh iya siapkan juga baby oil, minyak telon, bedak bayi, sabun bayi, dan krim untuk ruam popok takutnya bayi lecet kena diapers. Jangan lupa perlengkapan bayi yang di rumah dan dibawa ke RS dicuci dulu dengan sabun khusus pakaian bayi, biar bayi tidak iritasi atau alergi. Gurita bayi aku bawa juga 6, gurita ibu 1, gurita ada yang pakai perekat ada yang pakai tali. 
Buat bapaknya juga kita bawa 2 stel baju,  1 handuk dan pakaian dalam, karena bapak bayi bakalan nemenin ibu dan bayi saat rawat inap di RS. 
Pertimbangkan juga saran dokter untuk lahiran normal atau SC, karena tentunya demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi. Jangan diperdebatkan karena kedua cara lahiran tersebut sama-sama berjuang mempertaruhkan nyawa dan berpahala   di sisi Alloh, juga menghapus dosa sang ibu. 

Biasanya dokter akan memutuskan untuk operasi caesar ketika kontrol kehamilan 37 minggu, dan SC dilakukan di usia kehamilan 38 minggu. Sebelum hari H operasi dilakukan, dokter menyarankan cek Laboratorium lagi, dan sang ibu didampingi bapak bayi,  konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam/internist dan dokter anastesi. 
Jika semua cek Lab. oke dan rekam jantung EKG juga tekanan darah oke, hari H yang sudah dijadwalkan sang ibu harus puasa dari jam 6 pagi sampai tindakan operasi. Aku pun demikian, dianjurkan sarapan dulu nasi plus lauk pauknya jam 5 pagi. Jam 6 pagi harus puasa makan dan minum. Aku dibius/anastesinya setengah badan, dengan biusan epidural di tulang ekor belakang InsyaAlloh.  
Kalau kepengen mah normal cuma karena usiaku 37 tahun mau masuk 38 tahun,  dan kehamilan pertama setelah 10 tahun lebih menanti dengan serangkain progmil, dianjurkan untuk SC karena walau sehat aku dan bayiku, posisi bayiku melintang saat usia 6 dan 7 bulan, 8 bulan sempat balik normal, pas 9 bulan balik lagi melintang. Dan semua sudah sesuai takdir yang tertulis di Lauhul Mahfuz-Nya. Yang penting sehat dan selamat ibu dan bayinya. 
Alhamdulillah BB debay, air ketuban dan posisi plasenta pun normal. 
Selain semua itu perlu persiapan mental agar kita happy dan tawakal menjalani semuanya. Bagiku dan suamiku segala sesuatunya sudah sesuai kehendak Alloh. Kita sebagai manusia berusaha yang terbaik dan berdoa yang maksimal. Bismillah InsyaAlloh SC selasa depan 12 Nopember 2019/15 Robiul Awal 1441 H,  ketemu dedek bayi cantik solehaku yang kami nanti selama 10 tahun 2 bulan, dan ini merupakan hadiah anniversary pernikahan kami yang ke-11 Desember nanti, ngepasin nanti saat dedek bayi usia 40 hari InsyaAlloh. 








4 comments:

  1. Saya dulu SC kedua santai karena SC pertama semua perlengkapan dari RS. Eh ga taunya beda RS beda aturan. Yang kedua, bayinya rawat gabung jadi pakai perlengkapan sendiri. Terpaksa suami wira wiri beli yang belum ada. ��

    Semoga diberi kelancaran, ibu dan debay sehat ya mbak. Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak setiap RS beda aturan, tadinya saya juga mau di Hermina lalu diputuskan yang sesuai bugdet asuransi dan dekat rumah jadi RS Sentra Medika..saya siapkan sesuai dari buku dafi RSnya heuheu.. Dan lebih baik prepare biar udah tersedia semuanya..Aamiin, makasih mbak..

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup