Monday, August 3, 2020

Syarat dan Ketentuan Masuk Dufan di Era New Normal


Tepat pada Bulan Juni 2020 kemarin, Taman Impian Jaya Ancol resmi dibuka kembali. Kabar ini memberi kebahagiaan bagi para pengunjung setia Ancol, termasuk Dufan. Namun, pembukaan kembali tidak lepas dari syarat dan ketentuan masuk Dufan di era new normal.

Memangnya, syarat apa saja yang harus dipatuhi oleh para pengunjung setia Dufan? Yuk, disimak agar kamu tidak melanggarnya.



1. Membeli tiket melalui website resmi Dufan

Sekarang pembelian tiket masuk Dufan dilakukan secaraonline, yaitu melalui website resminya. Pilih waktu berkunjung yang diinginkan, tentukan kuota pengunjung, lalu lakukan pembayaran sesuai instruksi yang ada diwebsite. Apabila tiket tidak bisa dipilih, itu artinya kuota untuk hari yang bersangkutan sudah habis.

Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi atau sewa bus pariwisata untuk masuk Dufan, wajib membeli tiket parkir secara online juga. Isilah data diri secara benar pada kolom pengisian yang disediakan, lalu lakukan pembayaran secara online.




2. Anak-anak tidak diperbolehkan masuk



Tidak seperti dulu, siapa pun bisa masuk ke Dufan. Pengunjung yang usianya di bawah 9 tahun dan di atas 50 tahun dilarang memasuki area Dufan. Pada rentang usia ini, kekebalan tubuh agak terganggu, jadi akan lebih mudah terserang virus.

Selain itu, para ibu hamil juga dilarang untuk memasuki Dufan. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi kondisi ibu hamil dan janin juga tidak cukup prima untuk melawan berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh.


3. Pengunjung harus memiliki KTP DKI




Sangat disayangkan memang, karena pengunjung yang bukan penduduk DKI Jakarta untuk sementara waktu tidak diizinkan memasuki Dufan. Tujuannya bagus yaitu untuk mengurangi jumlah pengunjung, jadi area Dufan tidak menjadi sarang penyebaran virus Covid-19.

Dengan minimnya jumlah pengunjung, protokol kesehatan bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Aturan untuk menjaga jarak pun terlaksana dengan baik, sehingga tidak ada yang namanya desak-desakan saat berada di suatu tempat.


4. Membawa peralatan masing-masing




Peralatan yang dimaksud adalah masker, hair cap, hand sanitizer, dan alat-alat makan serta minum sendiri. Saat ini kamu dilarang menggunakan peralatan umum karena terlalu berisiko terhadap penularan virus. Kebersihan peralatan umum juga tidak terjamin, jadi lebih baik bawa masing-masing saja.

Kamu bisa membungkus peralatan yang kamu bawa dari rumah sesuai fungsinya, lalu masukkan ke dalam tas jinjing atau tote bag. Pakailah sewaktu-waktu dibutuhkan, jadi kamu dapat meminimalisir penggunaan alat-alat umum selama di Dufan.



5. Wajib mematuhi protokol kesehatan




Namanya juga situasi belum kondusif, jadi kamu wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Memakai masker setiap saat, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak agar tidak mudah bersentuhan dengan orang-orang di sekitar.

Jika kamu menyewa bus, pastikan busnya sudah disemprotkan cairan disinfektan. Pengemudi juga sudah dicek suhu tubuhnya, memakai masker, dan meminimalisir kontak dengan penumpang demi kenyamanan bersama selama di perjalanan.

Bagi kamu yang ingin pergi bersama rombongan, kamu bisa pertimbangkan TRAC dalam menyediakan moda transportasi untuk liburan ke Dufan. Tidak perlu khawatir karena setiap bus di TRAC selalu dicuci dan diberi disinfektan, baik sebelum maupun sesudah pemakaian.



Demikian syarat dan ketentuan masuk Dufan yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol di era new normal. Ayo, dipatuhi demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Jika kamu mengetahui syarat dan ketentuan lain, boleh banget berbagi pada kolom komentar yang sudah disediakan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya
Mohon tidak meninggalkan link hidup